Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition




Oleh Marsigit

Sekalian saya sampaikan masih menurut Thompson, secara timbal balik maka kompetensi matematika ternyata juga menghasilkan mathematical intuition, seperti dikatakan berikut ini:

"With increasingly abstract material, it seems that the ability to reason formally, which requires the explicit formulation of ideas, together with the ability to show ideas to be logically derivable from other and more generally accepted ideas, are great assets in broadening the scope and range of the schemas which become second nature to us, and are instrumental in extending the familiar territory of our intuition"

Demikianlah maka sebetulnya masih banyak hal tentang before dan after the competences of mathematics yang dapat dipikirkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Selamat berjuang guru matematika Indonesia. Semoga sukses. Amin.

44 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dengan adanya media yang abstrak, maka akan tampak bahwa kemampuan untuk berpikir secara formal, yang memerlukan formulasi eksplisit ide, bersama-sama dengan kemampuan untuk menunjukkan ide-ide untuk menjadi logis ini diturunkan dari ide-ide lain dan lebih berlaku umum, ini merupakan kesempatan besar dalam memperluas cakupan dan jangkauan dari skema yang menjadi sifat kedua bagi kita, dan berperan penting dalam memperluas wilayah intuisi matematika siswa.

    Dari pernyataan Thompson diatas, dapat dikatakan bahwa sebagai calon pendidik kita semampunya untuk meningkatkan materi abstrak dalam pengajaran agar kemampuan berpikir siswa berjalan secara formal. dengan begitu kita dapat membangun skema skema yang dapat melekat baik dalam intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Kompetensi matematika turut berperan dalam menghasilkan intuisi matematika. Intuisi matematika muncul karena pengalaman, pengalaman dalam menyelesaikan berbagai persoalan atau pengalaman melakukan riset riset matematika. Selain pengalaman, diperlukan pemahaman konsep, juga diperlukan kemampuan-kemampuan matematika, terutama dalam matematika formal yang sering menggunakan asumsi. Kemampuan matematika (kompetensi matematika) menurut NCTM ada lima, yaitu : 1) Kemampuan penalaran dan pembuktian;2) kemampuan komunikasi matematis; 3) kemampuan koneksi matematis; 4) kemampuan representasi matematis; 5) kemampuan pemecahan masalah matematis.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kompetensi matematika akan menghasikan intuisi matematika, hal ini seperti yang dikatakan oleh Thompson bahwa dengan materi yang abstrak maka akan terlihat kemampuan berpikir secara formal. Ini merupakan kesempatan yang besar untuk memperluas cara pandang berpkir siswa. Materi yang abstrak juga penting untuk siswa agar siswa perpikir dengan luas, karena pada materi-materi tertentu memang tdak bisa dikaitkan dengan hal-hal yang konkrit.

    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Dalam komptensi matematika banyak sekali yang bersfiat abstrak muntuk materi-materi yang dipelajari. Di sini dibutuhkan juga yang namanya intuisi matematika. Karena semua berasal dari hal-hal yang baru yang membutuhkan pengetahuan kita dalam memjawab persoalan yang ada. Dengan materi abstrak akan memaksa siswa untuk berpikir lebih dalam dan luas untuk bisa memecahkan masalah matematika yang abstrak.

    ReplyDelete
  5. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pendidikan Matematika Internasionanl

    Assalamualaikum.wr.wb
    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari.
    Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak.
    Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik".
    Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?"
    Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  6. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Intuition? Intuition is something that would not be endless if we are discussed about it. There are many function of intuition that can be used to solve the problem of mathematics. Example, in mathematics competition, there are many question or problem that need intuition to solve it. Intuition teaches us to think further and to open our mind. Because question in mathematics competition is usually abstract, so intuition helps us to get idea to solve it. In other words, mathematics competition helps us to studies mathematics intuition that can helps to gets idea because there are many kind of mathematics problem. If we understand the concept, so we can solve mathematics problem in many type. There are many benefit from mathematics competition. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  7. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Kompetensi adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang untuk menunjukkan dan mengaplikasikan ketrampilannya. Kompetensi matematika adalah kemampuan berpikir dan mengaplikasikan matematika yang dimiliki seseorang yang dibangun dari pengalaman-pengalaman belajar yang dilalui, dengan objek kajian matematika yang umumnya bersifat abstrak dalam kenyataan dan hanya konkret dalam pikiran maka nantinya siswa akan mendapatkan kebebasan untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang dimiliknya agar dapat membangun pola pikir secara formal

    ReplyDelete
  8. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    intuisi lahir dari proses pemikiran abstrak yang apabila terus dikembangkan akan menjadikan sebuah ide-ide yang menjadi suatu alternatif baru dalam proses pengimplementasian secara lebih luas. Sehingga dari ide-ide tersebut apabila di aplikasikan dalam pembelajaran matematika bisa saja menjadikan suatu inovasi baru yang dapat diterima lebih luas dan enjadi alternatif-alternatif baru.

    ReplyDelete
  9. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    intuisi lahir dari proses pemikiran abstrak yang apabila terus dikembangkan akan menjadikan sebuah ide-ide yang menjadi suatu alternatif baru dalam proses pengimplementasian secara lebih luas. Sehingga dari ide-ide tersebut apabila di aplikasikan dalam pembelajaran matematika bisa saja menjadikan suatu inovasi baru yang dapat diterima lebih luas dan enjadi alternatif-alternatif baru.

    ReplyDelete
  10. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    intuisi lahir dari proses pemikiran abstrak yang apabila terus dikembangkan akan menjadikan sebuah ide-ide yang menjadi suatu alternatif baru dalam proses pengimplementasian secara lebih luas. Sehingga dari ide-ide tersebut apabila di aplikasikan dalam pembelajaran matematika bisa saja menjadikan suatu inovasi baru yang dapat diterima lebih luas dan enjadi alternatif-alternatif baru.

    ReplyDelete
  11. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B
    Intuisi matematika diperoleh dari pengalaman seseorang terhadap matematika. Pengalaman matematika bisa diperoleh dari kebiasaan atau budaya seseorang dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat diterapkan kepada siswa dalam mengembangkan intuisi, salah satunya memberikan pengetahuan kepada anak bahwa matematika sangat erat hubungannya dengan aktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  12. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari elegi ini diketahui bahwa ternyata untuk membangun intuisi matematika juga dihasilkan dari kemampuan atau kompetensi matematika. kemampuan matematika ditunjukan dengan memahami sifat abstrak matematika yang terlihat dari kemampuan penalaran formal matematika sebagaimana menurut Thompson. Saya kira sejauh ini untuk membangun intuisi matematika perlu secara sadar diupayakan dimulai dari membangun keyakinan bermatematika, olah keterampilan matematika secara akumulatif menjadi pengalaman matematika, membudayakan matematika hingga kompetensi matematika diperoleh yang berdampak pada lahirnya intuisi-intuisi matematika sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  13. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016
    Dengan bahan semakin abstrak, tampaknya bahwa kemampuan untuk berpikir secara resmi, yang dibutuhkan formulasi eksplisit ide. Semakin tinggi tingkatan sekolah semakin mampu untuk berpikir absrak.

    ReplyDelete
  14. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Terjadi hubungan timbal balik antara kompetensi matematika yang dikuasai dengan budaya matematia dalam menghasilkan mathematical intuition. Anak dapat menerapkan kompetensi matematika yang dimiliki ke dalam budaya untuk menghadapi dunia nyata. Namun dalam menghadapi dunia nyata (dalam budaya) anak harus memiliki bekal berupa pengetahuan (kompetensi matematika) yang benar sehingga bisa dapat lebih memaksimalkan untuk mengolah pikiran dan kemampuannya dalam memecahkan masalah kehidupan nyata.

    ReplyDelete
  15. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Selain memberikan materi pada siswa, guru juga berusaha agar semua siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Hal tersebut nampak dari bagaimana cara guru dalam menjelaskan materi sesuai dengan daya serap siswa, sehingga guru sebaiknya mengerti dan menggunakan metode pembelajaran yang cocok untuk siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  16. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Intuisi juga dapat menghasilkan kompetensi dalam matematika jika digunakan dengan baik. Dengan budaya dalam pembelajaran matematika yang telah diterapkan sebelumnya diharapkan dapat menghasilkan kompetensi yang lebih baik dari guru matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kompetensi matematika diantaranya kemampuan dalam pemecahan masalah matematika, kemampuan dalam menggabungkan fakta-fakta yang ada menjadi sebuah kesimpulan, dan kemampuan mengkomunikasikan matematika itu sendiri entah melalui tulisan maupun ucapan. Apabila siswa memiliki kemampuan-kemampuan tersebut atau memiliki kompetensi dalam matematika, teantunya akan menghasilkan intusisi amtematika dalam diri siswa.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  18. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari pemaparan di atas, maka seyogyanya guru dapat membantu siswa dalam kemampuan berpikir abstrak dengan memberikan media-media abstrak. Agar siswa mampu untuk berpikir abstrak dan dapat ketika siswa mampu untuyk berpikir abstrak maka ia bisa juga mengembangkan intuisinya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kompetensi matematika juga menjadi faktor bagaimana intuisi matematia muncul. Dengan adanya pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh siswa, dapat memicu kuatnya intuisi dari siswa sehingga memiliki keterampilan dalam menghadapi persoalan matematika. Sehingga intuisi sangat dibutuhkan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki siswa dalam melakukan kompetensi matematika, maka intuisi pada siswa akan semakin berkembang.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Thompson mengatakan bahwa dengan materi yang abstrak maka akan terlihat kemampuan berpikir secara formal. Ini merupakan kesempatan yang besar untuk memperluas cara pandang berpkir siswa. Materi yang abstrak juga penting untuk siswa agar siswa perpikir dengan luas, karena pada materi-materi tertentu memang tdak bisa dikaitkan dengan hal-hal yang konkrit.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Kompetensi matematika adalah kemampuan berpikir dan mengaplikasikan matematika yang dimiliki seseorang yang dibangun dari pengalaman-pengalaman belajar yang dilalui, dengan objek kajian matematika yang umumnya bersifat abstrak dalam kenyataan dan hanya konkret dalam pikiran maka nantinya siswa akan mendapatkan kebebasan untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang dimiliknya agar dapat membangun pola pikir secara formal.Dalam komptensi matematika banyak sekali yang bersfiat abstrak muntuk materi-materi yang dipelajari. Di sini dibutuhkan juga yang namanya intuisi matematika. Karena semua berasal dari hal-hal yang baru yang membutuhkan pengetahuan kita dalam memjawab persoalan yang ada.

    ReplyDelete
  22. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs PM B

    Bukan hanya intuisi meningkatkan kompetensi matematika, secara timbal balik kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Hal ini menarik karena intuisi di dalam pembelajaran matematika berarti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kompetensi matematika yang dimiliki. Intuisi yang berkembang tersebut penting untuk mengembangkan kompetensi matematika lainnya yang lebih tinggi. Demikian seterusnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memfasilitasi siswa agar intuisinya berkembang sehingga kompetensi matematikanya pun akan berkembang.

    ReplyDelete
  23. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi matematika dan kompetensi matematika merupakan dua hal yang saling berhubungan. Dalam proses perkembangan, keduanya baik intuisi matematika dan kompetensi matematika melakukan timbal balik. Intuisi matematika yang baik akan membantu siswa untul lebih meningkatkan kompetensi matematikanya. Sedangkan kompetensi matematika yang baik akan meningkatkan intuisi matematika siswa karena dengan kompetensi yang baik memberikan kesempatan untuk siswa memperoleh pengalaman- pengalaman baru yang dapat meningkatkan kemampuan intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  24. martin/Rwanda
    pps 2016 pep B
    I agree with what is said in the writing above, but I would like to emphasize that the following requirements should be fulfilled to have maths intuition happening:

    Equity:
    Excellence in mathematics education requires equally high expectations and strong support for all students.


    Curriculum:

    A curriculum is more than a collection of activities; it must be coherent, focused on important mathematics, and well articulated across the grades.


    Teaching:

    Effective mathematics teaching requires understanding of what students know and need to learn and then challenging and supporting them to learn it well.


    Learning:

    Students must learn mathematics with understanding, actively building new knowledge from experience and prior knowledge.


    Assessment:

    Assessment should support the learning of important mathematics and furnish useful information to both teachers and students.


    Technology:

    Technology is essential to teaching and learning mathematics; it influences the mathematics that is taught and enhances students' learning.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dikarenakan pentingnya intuisi matematika pada siswa, penting bagi kita mengetahui cara memperolehnya. Menurut Thompson, intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh dari kompetensi matematika. Maka diperukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika yang dibutuhkan bagi siswa dalam bermatematika.

    ReplyDelete
  26. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Semakin tinggi jenjang sekolah, maka akan semakin abstrak pula materi matematika yang dipelajari. Sebagai seorang guru, kita harus bisa membawa siswa dari alam real ke alam abstrak. Misalnya saja pada materi persamaan linear, sebelum kita memperkenalkan anak pada "x" , terlebih dahulu kita menggunakan kata-kata "titik-titik". Misalnya saja ketika kita mengatakan "x+2=4", kita akan mengatakan "titik-titik ditambahkan dengan dua maka hasilnya empat. Berapakah nilai dari titik-titik tersebut?" Seperti itulah contoh membawa siswa ke alam abstrak.

    ReplyDelete
  27. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Kompetensi matematika yang dapat melahirkan intuisi dalam matematika sangatlah diperlukan. Strategi belajar yang bagaimanakah yang dapat melatih intuisi matematika pada siswa. Hal tersebut tentunya menjadi pertanyaan seorang pendidik. Karena di satu sisi seorang pendidik juga diharuskan mentransfer materi yang akan di UN kan, disatu sisi seorang pendidik juga harus selalu mengasah daya intuisi matematika siswa. Memperluas wilayah intuisi dengan banyak membaca ide-ide dan hasil penemuan orang lain juga sangat diperlukan sebagai tambahan refrensi siswa di dalam membangun intuisinya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  28. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dari Elegi ini, ditekankan pentingnya kompetensi matematika untuk memperoleh dan mengasah intuisi Matematika. Menurut Thompson, Intuisi matematika tidak hanya diperoleh dari pengalaman, tapi juga kompetensi matematika, aik adari guru maupun siswa sendiri.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  29. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Kompetensi matematika adalah kemampuan dalam mempelajari konsep-konsep dalam matematika. Konsep dalam matematika dapat dikembangkan. Kita dapat mengembangkannya melalui skema awal yang kita miliki, kemudian kita mempelajari hal-hal yang baru dalam matematika sehingga kita akan memiliki skema yang baru tentang apa yang kita pelajari. Dari proses itu lah intuisi matematika kita juga berkembang.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  30. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Semakin banyak materi yang abstrak dalam matematika maka masalah akan semakin lebih kompleks. Oleh Karena itu diperlukan olah piker yang lebih dalam pemecahan masalah yang kompleks tersebut. Dalam pemecahan masalah itu diperlukan mengaitkan berbagai macam pengalaman yang seblumnya, mengaitkan intuisi-intuisi yang ada. Hal ini akan mengembangkan dan mempererat jaringan antar intuisi dan pengalaman sehingga dapat memunculkan intuisi-intuisi yang lain dalam pemecahan masalah yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  31. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Kompetensi matematika juga menghasilkan intuisi matematika. Sebagai guru, tentunya harus memperhatikan ini. Guru harus kreatif dengan cara-cara atau metode mengajar sehingga siswa tidak hanya mengembangkan keterampilan tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan ide atau gagasan misalnya dalam pemecahan masalah sehingga akan menghasilkan intuisi matematika siswa.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Thomson mengemukakan bahwa intuisi matematika selain diperoleh setelah adanya pengalaman, juga dapat diperoleh melalui kompetensi matematika. Maka diperlukan adanya kompetensi matematika baik dari guru maupun siswa sendiri untuk menghasikan intuisi matematika. Dengan intuisi matematika tersebut maka dapat menghasikan ide-ide terkait matematika. Semakin tinggi dimensi kompetensi matematika yang dimiliki oleh seseorang, maka dimungkinkan akan semakin tajam pula intuisi seseorang. Wallau a’lam..

    ReplyDelete
  33. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Kemampuan berintuisi diperlukan untuk memunculkan ide-ide atau gagasan inti pemikiran. Kemampuan itu juga perlu diperluas ruang lingkupnya agar terus terlatih dan berkembang. Pengalaman merupakan peran penting dalam mengembangkan intuisi.

    ReplyDelete
  34. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidiknan matematika c 2013

    beberap dari kompetesni matematika yang bisa memunculkan intuisi adalah kemampuan logika, dengan logika siswa bisa menurunkan sesautu dengan ogis dan masuk akal, sehingga seblum masuk pelajaran matematika atau dalam mengahdapi samalsah sswa telah memiliki intuis yang benar dalam membaca materi tersbut atau membaca atau mengidentifikasi masalh yang baru ditemuinya.

    ReplyDelete
  35. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Materi pembelajaran yang semakin abstrak, membutuhkan kemampuan berpikir formal yang diperoleh dari formulasi ekspilisit ide. Intuisi selalu memerankan peranan penting, dan menuntut peran kita untuk mengembangkannya. Maka, tidak hanya budaya matematika, kompetensi matematika juga dapat menghasilkan intuisi matematika.

    ReplyDelete
  36. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Kompetisi bisa membangun motivasi dalam belajar, kemdian motivasi dapat membangkitkan rasa senang, membangkitkan keingin tahuan serta membangkitkan semngat dalam melakukan proses latihan. Latihan akan membangkitkan intuisi siswa dalam belajar matematika dikemudian hari atau disaat itu juga ketika siswa belajar matematika. Latihan menyebabkan siswa terbiasa dalam memecahkan masalah, jadi ketika siswa dihadapkan lagi masalah yang berbeda yang berhubungan dengan pengalamannya, maka disitulah muncul intuisi yang kemudian membangitkan kemana siswa harus berfikir, secara tidak sadar untuk menemukan peneyelesaian dari permasalahan yang dihadapkan.

    ReplyDelete
  37. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dengan terus menerus mengembangkan nalar siswa, mereka secara tidak menumbuhkan kemampuan berpikir formal yang membutuhkan kemampuan untuk memformulasikan gagasan dan menyampaikannya secara logis kepada yang lain. Selain itu keterbuakaan dala menerima ide dan gagasan yang secara alami akan membentuknya menjadi skema akan memperluas jangakuannya dalam menumbuhkan intuisi matematikanya.

    ReplyDelete
  38. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa berpikir rasional. Kalau terus diasah, intuisi dan budaya pembelajaran yang baik dapat juga menghasilkan kompetensi matematika yang baik. Kompetensi memecahkan masalah, komunikasi matematika, kalkulasi dll akan semakin berkembang.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  39. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Fischbein merupakan pelopor kajian intuisi dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika dan sains. Fischbein (1987) mengelompokkan intuisi berdasarkan proses terbentuknya ke dalam dua kelompok yaitu intuisi primer dan intuisi sekunder. Intuisi primer mengembangkan secara individu perintah yang sistematis secara bebas sebagai akibat dari pengalaman mereka masing-masing. Intuisi sekunder dapat ditata ulang atau dikontruksi, dan menjadikan pembelajaran sebagai suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan intuisi seseorang. dan intuisi skunder inilah yang akan terkait dengan kompetensi matematika juga menghasilkan mathematical intuition.

    ReplyDelete
  40. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Mengenai kompetisi, khusus mengenai matematika. Menurut saya, matematika itu mengajarkan kebermaknaan dan kesederhanaan. Dengan adanya kompetensi, maka seseorang dapat mereduksinya ke dalam intuisi matematika yang akan menuju pada pembelajaran yang bermakna. Kebermaknaan merupakan ilmu nya dapat digunakan diberbagai bidang baik secara ekplisit maupun implisit. Seperti yang telah dijelaskan pada awal tulisan ini, matematika juga memberikan kontribusi konstruksi logika dalam berpikir dengan intuisi dalam matematika.

    ReplyDelete
  41. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Intuisi diperoleh dari adanya pengalaman dalam mempelajari matematika. Selain itu, intuisi juga dapat diperoleh dari adanya kompetensi matematika. Matematika berangkat dari pemikiran abstrak yang melahirkan ide-ide dan intuisi. Dengan mengasah kompetensi kita dalam matematika, kita akan memperoleh intuisi yang dapat kita gunakan untuk membangun dunia dan konsep matematika.

    ReplyDelete
  42. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Matematika sebagai ilmu yang abstrak karena matematika ilmu tentang pola, bentuk, dan struktur-struktur termasuk juga sistem-sistem yang ada di dalamnya maka secara implisit intuisi akan berperan dalm memecahkan segala persoalan mateamtika seperti contoh dengan intuisi kita dapat memahami suatu konsep matematika pada dimensi tiga berdasarkan bangun fisik atau gambarnya.

    ReplyDelete
  43. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Menurut Thompson bahwa dengan semakin meningkatnya materi abstrak akan menjadi aset besar dalam memperluas ruang lingkup dan berbagai skema untuk meningkatkan intuisi siswa. Karena materi abstrak dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa secara formal dan kemampuan untuk menunjukkan ide tersebut agar diterima secara logis.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  44. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Materi yang dipelajari anak semakin lama akan semakin abstrak. Seiring dengan hal tersebut, kemampuan siswa untuk memberikan alasan atau gagasan akan semakin meningkat. Hal itu merupakan aset besar untuk memperluas skema dalam benak siswa dan merupakan instrumen untuk menghasilkan intuisi.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id