Feb 12, 2013

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika




Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1:

Intuisi dalam Matematika

Oleh Marsigit


Saya nukilkan pendapat Thompson bagaimana peran intuisi dalam matematika berikut ini:

"Any satisfactory analysis of the role of intuition in mathematics should recognize it as a versatility in measuring up new situations, or even conjecturing them, using a rich repository of recurrent and strategically-important schema or conceptual structures, painstakingly abstracted from sensory experience by the intellect, constrained by the languages available to us at the time, and influenced by the accumulated resources of our cultural and scientific heritage: what intuition does not do is constitute an insight gained by reason, through some remarkable clairvoyant power that is an insight, which, for Gödel, seemingly paved the way towards a crystal-clear apocalyptic vision of mathematics, or, for Descartes, paved the way into the ultimate structure of the human mind"

References:
Thompson, P.,1993, The Nature And Role Of Intuition In Mathematical Epistemology, University College, Oxford University, U.K,

64 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Intuisi dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Inilah tugas kita untuk memilih pendapat mana yang paling mendekati pemikiran kita dan manakah yang paling mendekati kebenaran yang sebenarnya. dan bagaimana memanfaatkan keberagaman pendapat tersebut dan menjadikannya sebagai pendukung teori yang kamu inginkan, bukan untuk merusak peradigma matematikamu. Peran intuisi dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. Jika intuisi tidak lakukan maka itu merupakan suatu wawasan yang diperoleh dengan berbagai alasan, padahal intuisi itu berasal dari beberapa wawasan yang luar biasa

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Intuisi matematika tidak muncul begitu saja tetapi dari hasil belajar matematika. Intuisi biasanya muncul saat menghadapi suatu permasalahan matematika. Intuisi matematika muncul karena seringkali menghadapi, atau dapat dikatakan karena suatu pengalaman. Guru dan siswa sama-sama memiliki intuisi. Bagi peserta didik yang masih dalam tahap mempelajari matematika sekolah, intuisi matematika-nya adalah karena sering menghadapi permasalahan matematika, sehingga ketika menghadapi persoalan yang setipe, intuisi tersebut akan muncul dengan sendirinya tanpa alasan yang rasional. Peran guru adalah membelajarkan matematika agar intuisi siswa dapat muncul sehingga intuisi itu dapat bermanfaat bagi siswa dalam belajar matematika, setidaknya untuk membuat dugaan sementara.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Intuisi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghadapi sesuatu hal dimana hal tersebut baru dan bersifat langsung. Intuisi sangat penting dalam matematika. Hal ini karena dalam matematika ketika mendapati sesuatu hal yang baru pasti kita akan mencoba atau menerka hal tersebut sesuai dengan intuisi kita yang diabangun atas pengetahuan-pengetahuan kita. Intuisi yang dilatih terus menerus bisa mempertajam ilmu kita. Apalagi ditambah dengan reflektifkan hal tersebut maka kan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  4. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pendidikan Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah.Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. Seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika. Intuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain.
    Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaum Wr.Wb.
    In my opinion, intuition in mathematics is very useful and important thing in learning process. Like we know, mathematics is a subject that needs "special understanding". Not all of question can be solved in the same way. Eventhough the type of question is same, but there are different way to solve that problem. That is use of intuition. Intuition can be used to solve the problem. With concept understanting, we can solve the problem easily. Understanding concept is the first step to solve the problem. And that can be got by intuition. Mathematics experience is important too to get understanding mathematics. That is my opinion. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  7. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Intuisi adalah salah satu unsur yang penting dalam proses belajar seseorang. Dalam proses belajar apapun, secara sadar atau tidak manusia membutuhkan intuisi. Dalam matematika pun intuisi penting sebagai tanda seseorang "telah mengerti konsep yang dipelajari". Hal ini juga bisa diistilahkan dengan skema belajar seseorang yang ditanamkan matang dalam belajar matematika. Seperti halnya siswa memecahkan masalah tentang geometri tanpa melupakan konsep aljabar yang telah dipelajari sebelumnya. Oleh karena pentingnya intuisi, maka bangunlah intuisi matematika dalam dirimu dengan membuat pengalaman dalam matematika. Karena dengan pengalaman itu, akan membangun intuisi diri seseorang dalam proses belajar matematika.

    ReplyDelete
  8. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Intuisi dalam matematika memiliki peran penting untuk membangun cara berpikir produktif siswa untuk memecahkan persoalan-persoalan matematika, intuisi diperoleh dari pengalaman masing-masing siswa dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan bermatematika siswa. Sehingga diharapkan guru dalam proses pembelajaran dapat menjadikan siswa sebagai sumber belajar (student center) dan menghindari memberikan soal yang hanya memiliki satu alternatif penyelesaian agar siswa mampu mengembangkan secara maksimal setiap intuisi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  9. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    analisis dilakukan untuk memuaskan peran dalam intuisi-intuisi yang terjadi dalam pemikiran kita, hingga dalam pengaplikasiannya kita dapat mengetahui hasil-hasil analisis tersebut, secara berkesinambungan intuisi dalam matematika juga dipengaruihi oleh budaya-budaya yang ada sehingga faktor tersebut juga akan mempengaruhi proses perkembangan pemikiran kita.

    ReplyDelete
  10. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Intuisi dalam melakukan suatu hal, menurut saya itu perlu. Begitupun dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, seorang murid atau siswa diperlukan pengembangan kemampuan intuisi, dengan membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi. Dengan begitu, siswa akan mmiliki suatu pengalaman, yang akan digunakan dalam kondisi2 yang memerlukan pemecahan masalah matematika secara spontan dan cepat.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  11. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Saya kira berpikir intuitif dalam bermatematika merupakan gagasan yang bagi sebagian bahkan kebanyakan orang pada zaman sekarang ini menganggap sebagai sebuah kontroversi. Karena berpikir intuitif menghilangkan salah satu mata rantai dari serangkaian proses ilmiah yaitu analitik yang kritis. Namun jika intuisi matematik dipilih ketika struktur deduktif matematika formal tidak mampu menjawab permasalahan yang ada maka saya kira lompatan imajinasi intuitif itu menjadi baik. misal jika kita ingin menghitung waktu tempuh dalam mendayung sebuah sampan dari tempat a menuju b di lautan maka akan sulit ditempuh dengan cara logis dan teoritis maka intuisi matematika dapat menjadi pilihan yang tepat dalam menentukan waktu tempuh tersebut.



    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan artikel di atas, intuisi adalah sesuatu yang terjadi tanpa belajar terlebih dahulu sebelumnya. Seperti bayi baru saja lahir dan mampu mengedipkan mata tanpa harus diajari. Mampu menangis tanpa harus diajarkan. Dan seperti itulah dalam matematika. Sama halnya dengan hidup, kita memiliki intuisi juga dalam bermatematika.

    ReplyDelete
  13. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Peran intuisi yang fleksibel sangat penting dalam matematika. Dengan intuisi, segala pengetahuan baru akan disarikan dari pengalaman sensori oleh intelek menggunakan repositori berulang dan struktur konseptual.

    ReplyDelete
  14. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Intuisi dalam matematika sebenarnya dapat bergerak jika kita bisa lebih membuka terhadap matematika itu sendiri, dan mendapatkan pengalaman – pengalaman dari banyak pihak, maka akan lebih berusaha untuk mengerti sehingga mengubah dari pandangan sebelumnya mengenai matematka merupakan pelajaran yang menakutkan dan membuat pusing, menjadi pandangan terhadap matematika itu asik untuk dipelajari dan bukan menjadikan sebuah ketakutan.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Intuisi sangat diperlukan dalam matematika. Karena dengan intuisi, maka siswa dapat berpikir untuk bagaimana menyelesaikan setiap permasalahan dalam pembelajaran matematika. Intuisi itu akan muncul ketika siswa mengalami permasalahan dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menggunakan intuisi untuk memecahkan masalah tersebut dengan caranya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Intuisi dalam matematika. Sebenar-benar hidup adalah intuisi. Jadi sebenar-benar belajar matematika adalah intuisi. Immanuel Kant menekankan bahwa intuisi amatlah penting dalam hidup (apriori). Matematika sendiri haruslah dipahami dan dikonstruksi sesuai dengan ruang dan waktunya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Intuisi merupakan kemampuan untuk mengetahui sesuatu tanpa melalui proses reasoning. Sehingga intuisi ini mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Intuisi siswa hendaknya dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu memunculkan dan menyeleksi sebuah skema yang ada di pikirannya dengan akurasi yang tinggi. Guru sebagai fasilitator menjadi satu hal penting untuk menumbuhkan siswa yang belum cukup mampu menggunakan intuisinya. Pembelajaran yang inovatif dari guru yang student center akan mengembangkan intuisi siswa dalam mengerjakan soal matematika ataupun pertanyaan matematika yang butuh spontanitas dalam menjawabnya.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Bagi peserta didik yang masih dalam tahap mempelajari matematika sekolah, intuisi matematika-nya adalah karena sering menghadapi permasalahan matematika, sehingga ketika menghadapi persoalan yang setipe, intuisi tersebut akan muncul dengan sendirinya tanpa alasan yang rasional. Peran guru adalah membelajarkan matematika agar intuisi siswa dapat muncul sehingga intuisi itu dapat bermanfaat bagi siswa dalam belajar matematika, setidaknya untuk membuat dugaan sementara.Dengan intuisi, segala pengetahuan baru akan disarikan dari pengalaman sensori oleh intelek menggunakan repositori berulang dan struktur konseptual.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Intuisi adalah salah satu unsur yang penting dalam proses belajar seseorang, Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru, Seorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika. Dalam pembelajaran matematika, seorang murid atau siswa diperlukan pengembangan kemampuan intuisi, dengan membekali pengetahuan, keterampilan, dan motivasi.

    ReplyDelete
  20. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Setiap analisis membutuhkan peranan intuisi di dalamnya. Jika dalam pembelajaran matematika dan siswa dihadapkan kepada sebuah permasalahan maka pada tahap ini intuisi diperlukan. Intuisi digunakan untuk mengetahui, bagaimana awal mula seorang siswa melakukan perencanaan dalam tahap untuk menyelesaikan sebuah permasalahan entah itu berdasarkan pengetahuan atau pengalaman yang dimilikinya. Dan merupakan modal awal dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

    ReplyDelete
  21. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Intuisi berperan penting bagi anak saat belajar matematika. Sebenar-benarnya belajar bagi anak adalah menggunakan intuisi. Sebagai guru tidak sepantasnya kita mendewakan 'definisi' untuk anak-anak. Karena dunia nya anak-anak adalah dunia intuisi. Dengan intuisi mereka dapat memahami dan mengkonstruksi matematika. Pembelajaran matematika lebih baik dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari anak, biarkan mereka sendiri mengkonstruksi pengetahuannya pemahamannya, dan guru memfasilitasinya.

    ReplyDelete
  22. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki seseorang. Intuisi dalam matematika juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Intuisi akan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Intuisi tidak dapat dipelajari hanya dari berbagai konsep dan buku- buku. Intuisi dapat diperoleh melalui pengalaman- pengalaman. Oleh karena itulah sedini mungkin seorang guru harus memberikan pengalaman- pengalaman tentang matematika kepada siswa agar nantinya mereka memiliki intuisi yang baik. Guru harus memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan sehingga siswa memiliki pengalaman tentang matematika dan sekaligus membangun intuisi mereka.

    ReplyDelete
  23. Fleksibilitas dalam matematika berarti pemenuhan fungsi analisis dari intuisi sampai pada situasi baru atau bahkan pada masih-masing konjungtornya. Pengalaman inderawi juga memiliki berbagai aspek, seperti intelek yang dibatasi oleh diri sendiri yakni bahasa yang tersedia atau bahasa yang dimampui.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP 2016

    ReplyDelete
  24. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    INTUITIONis an approach where mathematics is considered to be purely the result of the constructive mental activity of humans rather than the discovery of fundamental principles claimed to exist in an objective reality. That is, logic and mathematics are not considered analytic activities wherein deep properties of objective reality are revealed and applied but are instead considered the application of internally consistent methods used to realize more complex mental constructs, regardless of their possible independent existence in an objective reality. Finally, intuition is needed in the teaching of mathematics because it is the basic step for thinking logically.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Menurut Thompson, intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Namun dalam dunia sekolah, pengalaman dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika siswa. Sebuah intuisi itu dapat dipengaruhi oleh fenomena berfrekuensi tetap dan kontinu. Tetapi semuanya itu tidak mungkin tercapai jika tidak didukung oleh sikap dan metode matematika dan sikap pendukung serta motivasi internal (rasa senang dan matematika yang menyenangkan). Jika guru sebagai fasilitator tidak bisa menumbuhkan mathematical experiences pada siswa maka akan menyebabkan para siswa menjadi miskin mathematical intuition. Padahal hal tersebut sangat penting terutama bagi perkembangan kreativitas matematika siswa.

    ReplyDelete
  26. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Intuisi adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah.
    Pembelajaran matematika yang tidak menggunakan intuisi akan menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja apa yang diajarkan oleh guru. Seseorang yang kreatif dan aktif dalam mencari penyelesaian suatu masalah matematika.Intuisi ini dapat memperluas pengetahuan siswa. Intuisi ini dapat diperoleh dengan banyak membaca dan bertukar pikiran dengan teman lain. Diharapkan guru-guru saat ini dapat mengajak siswa untuk menggunakan intuisi dalam pembelajaran matematika agar hasilnya menjadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  27. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Saat kita menghadapi soal matematika, mungkin kita bingung bagaimana menyelesaikannya. Namun ada suatu keadaan dimana kita langsung terpikir bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. Mungkin dalam hal ini, itulah yang disebut intuisi matematika. Intuisi tidak hanya didapatkan begitu saja, tetapi melalui pengalaman dan kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang.

    ReplyDelete
  28. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dalam Kamus besar Bahsa Indonesia, Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Intuisi di artikan sebagai kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  29. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, hal mana menunjang kesuksesan mereka. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. Tidak jarang, intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil.
    Dalam matematika pun seperti itu, seseorang yang selalu mengasah intuisi nya maka, dia akan mampu menganalisa, memecahkan masalah dan atau bahkan bisa mendapatkan penemuan baru di dalam bidang matematika.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Intuisi dalam matematika sangat diperlukan. Misalnya saat di hadapkan pada sebuah soal yang belum pernah di kerjakan, kita akan menerka kemana arah cara penyelesaian soal tersebut. Nah saat proses inilah intuisi itu bekerja. Tentu saja intuisi ini memiliki tingkat yang berbeda pada setiap orang, tidak sekadar muncul begitu saja, ada pembiasaan dan pengalaman yang berperan penting juga.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Intuisi berasal dari dalam pikiran kita. Thompson (1993) menyimpulkan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Untuk itu guru harus memberikan pengalaman matematika kepada siswa dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari agar intuisi matematika siswa akan muncul dan siswa akan mudah memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  32. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Intuisi matematika timbul dari mengenal matematika, sering berlatih dalam pemecahan masalah matematika. Semakin banyak pengelaman tentang pemahaman konsep dan pemecahan masalah dalam situasi-situasi baru maka akan meningkatkan intuisi tentang matematikanya juga. Setiap anak memiliki intuisi yang berbeda dalam belajar matematika perbedaan ini terletak pada sejauh mana ia mengenal matematika, berlatih, menemukan hal-hal baru dalam matematika serta memahami konsep matematika.

    ReplyDelete
  33. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    "Intuisi adalah tidak lain hasil dari pengalaman berpikir atau dalam hal ini adalah insting untuk menemukan suatu pemecahan masalah. Dalam adab berpikir matematika hal ini diperlukan karena ilmu matematika yang luas dan dinamis. Pengalaman berpikir ini lah yang dapat membangun kita untuk berpikir lebih fleksibel, terkonsep, dan ilmiah. Intinya menurut saya intusi dapat dibangun dari pengalaman berpikir secara luas disertai pengalaman atau wawasan dan didukung oleh kecerdasan masing-masing pemikir ( individu ). Dan dalam pendidikan matematika intinya adalah proses berpikir untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi akhir dari proses tersebut.
    "

    ReplyDelete
  34. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dari artikel di atas, saya menyimpulkan bahwa intuisi sangat berperan dalam pembelajaran matematika karena intuisi membuka jalan ke dalam struktur utama dari pikiran manusia. Seperti pendapat Thompson yang menyatakan bahwa peran intuisi matematika sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual. Intuisi dapat tercipta melalui adanya pengalaman sensori yang diabstraksikan atau disaring oleh intelek. Intuisi ini sebaiknya dilatih terus-menerus sehingga seseorang tidak kehilangan intuisinya.

    ReplyDelete
  35. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Berkenaan dengan intuisi matematika, Thompson menyatakan bahwa intuisi matematika akan muncul setelah adanya pengalaman. Pengalaman dalam hal ini adalah proses dan hasil-hasil riset matematika. Dalam lingkungan sekolah sekolah, pengalaman dibangun di atas akumulasi keterampilan matematika yang didukung oleh pengetahuan atau pemahaman matematika siswa. Pengalaman siswa dalam pembelajaran matematika (mathematical experiences) yang minim akan menyebabkan para siswa menjadi miskin intuisi. Padahal mathematical intuition memiliki peran penting untuk dapat mengembangkan kreativitas siswa.

    ReplyDelete
  36. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dari artikel diatas saya belajar bahwa intuisi adalah sesuatu yang sadar kita lakukan tanpa perlu belajar. Ini berlawanan dengan berpikir analitik. Intuisi disini akan muncul ketika siswa mengalami permasalahan dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menggunakan intuisi untuk memecahkan masalah tersebut dengan caranya sendiri.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  37. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Intuisi matematika adalah sebagai produk dari pengalaman dan penalaran ketika berhadapan dengan matematika. Intuisi akan muncul untuk menjadi solusi saat permasalahan atau kesulitan matematika juga muncul berdasarkan pengalaman dan penalaran yang sebelumnya telah dialami. Jadi, intuisi juga merupakan proses dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  38. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    intuisi dalam belajar matematika angat berkaitan dengan skema dalam anak/pesrta ddik dengan budaya dan warisan budaya yang diterima oleh siswa karenaintuis adalah pengetahuan awala yang dimiliki oleh siswa untuk mengahdapi hal/materi baru dalam belajar

    ReplyDelete
  39. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Intuisi penginderaan merupakan representasi yang tergantung dari keberadaan obyek. Dalam matematika, intuisi sudah secara jelas memainkan peranan penting. Seperti yang dikatakan oleh Thompson, dari slah satu kalimat pada artikel di atas yakni “Apa yang intuisi tidak lakukan adalah merupakan suatu wawasan yang diperoleh dengan alasan”. Oleh sebab itu, intuisi lah yang memainkan perannya.

    ReplyDelete
  40. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Intuisi diartikan sebagai sebuah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektualistas. Intuisi berasal dari bahasa latin "intueri" yang dimaknai sebagai melihat kedalam atau merenungkan. (Wikipedia)
    Intiusi sebenarnya memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dalam memahami Matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut memotivasi siswa untuk tidak menyerah dan mendorong siswa untuk tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika tersebut. Oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  41. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    intuisi matematika dapat dilihat sebagai keampuan mengukur situasi baru atau bahkan menduganya, menggunakan skema penting atau struktur konseptual, mengabstraksi pengala sensori melalui inteletualitas, keterdesakan akan bahasa pada waktu itu, dan terpengaruhi oleh sejumlah sumber dari kearifan saintifk dan kebudayaan.

    ReplyDelete
  42. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    jika kita memahami bahwa intuisi matematika datang secara alamiah berdasarkan apengalaman. Contoh seseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat memberikan beberapa pendekatan alternative untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut.

    ReplyDelete
  43. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Intuisi, khususnya dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Intuisi tidak datang begitu saja, intuisi seseorang akan berkembang jika ia terus memperkaya ilmu dan berusaha dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, doa kepada Sang Khalik juga sangatlah penting dalam membangun intuisi manusia. Intusi mencoba mengaitkan apa yang ada di benak manusia kemudian menuangkannya dalam bentuk nyata, misal dalam upaya memecahkan soal matematika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitri Wulandari
      16701261018
      S3 PEP Kelas A

      saya setuju bahwa intuisi dapat berkembang jika kita melatih intuisi kita dengan ketampilan dan pengalaman yang kita punya.

      Delete
  44. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Intuisi dalam diri manusia muncul tanpa disadari dan tidak diketahui kapan munculnya, namun seseorang dapat merasakannya, intuisi matematika merupakan perkembangan intuisi-intuisi dalam diri ketika menghadapi situasi baru, bagaimana seseorang bersikap matematis untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  45. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Saya dapat menyimpulkan bahwa intuisi memainkan peran penting dalam matematika, intuisi adalah ide untuk memecahkan masalah. Matematika dibangun pada intuisi murni yang mana matematika dapat dibangun secara sintetis.

    ReplyDelete
  46. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Intuisi sering dilakukan dalam beberapa macam hal dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya dalam rasa suka misalnya. Suka bisa dirasakan tanpa harus dibuktikan misalnya seperti itu. Dalam matematika kemampuan intuisi diperlukan. Dalam mempelajari matematika siswa akan mendapatkan pengalaman. Dari pengalaman apabila siswa menemui suatu permasalahan yang diberikan, siswa bisa menggunakan intuisinya dari pengalaman yang telah dipelajarinya. Intuisi menjadikan siswa lebih cepat dalam menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  47. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Peran intuisi dalam matematika membuat manusia berfikir bahwa matematika itu merupakan bagian dari budaya sopan santun dan bagian dari warisan ilmu pengetahuan untuk kehidupan mendatang. Menurut Godel dan Descartes matematika merupakan kekuatan yang luar biasa yang pada kenyataaanya menjadi dasar pemikiran untuk ilmu-ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karena itu matematika sering disebut sebagi ratunya ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  48. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Immanuel Kant berpendapat bahwa intuisi berperan penting dan berdampak pada kehidupan pribadi dan professional. Intuisi adalah salah satu fungsi utama dari pikiran manusia disamping ada perasaan. Matematika harus dipahami dan dikonstruksi menggunakan intuisi ruang dan waktu, namun terlebih dahulu melalui tahap intuisi penginderaan terkait dengan objek matematika.

    ReplyDelete
  49. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Belajar matematika disekolah adalah suatu interaksi yang memerlukan intuisi. Bagi anak-anak yang belum mengerti hakekat tentang kegiatan yang dilakukan, maka intuisi ini menjadi sangat penting. mereka mengatakan mengetahui sesuatu, tetapi mengetahuinya dengan cara tidak menggunakan pemikiran rasional. Karena intuisi anak adalah sesuatu yang penting maka penting juga sebagai guru untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif guna mengembangkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  50. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A


    Intiusi memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika, yang membantu siswa untuk memahami matematika. Dengan menggunakan intuisinya siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan matematika. Dengan dugaan-dugaan tersebut siswa terus mencoba dan termotivasi untuk memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah yang sebenarnya dihadapi.

    ReplyDelete
  51. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Salah satu bentuk pembelajaran yang dapat mengembangakan intuisi anak adalah pembelajaran dengan menggunakan model konstruktive, yaitu model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat dan subjeknya atau yang dikenal dengan student centered. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, sedangkan guru hanya berperan sebagai mediator dan fasilitator.

    ReplyDelete
  52. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Intuisi matematika berawal dari pengalaman matematika. Pengalaman diperoleh ketika kita membuka pikiran kita dan membiarkan pengetahuan-pengetahuan baru masuk ke dalam pikiran kita. Intuisi tidak bisa diperoleh secara langsung. Intuisi diasah dan dikembangkan dengan melibatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan khususnya dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  53. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Intuisi siswa merupakan suatu insting yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang disajikan, persoalan yang dimaksud adalah persoalan baru yang belum diketahui siswa sebelumnya. Insting ini sangat diperukan dan penting keberadaannya dalam pembelajaran matematika. Apabila siswa tidak memiliki insting pemecahan masalah, maka siswa tersebut cenderung pasif dalam pembelajaran dan hanya menerima apa yang disajikan oleh guru sebagai suatu kebenaran mutlak.

    ReplyDelete
  54. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Mengingat pentingnya intuisi siswa dalam pembelajran, maka intuisi ini harus senantiasa dilatih untuk ada. Guru dapat memberikan persoalan-persoalan yang menantang, memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi serta memberikan respon dan rewards hasil kerja siswa.

    ReplyDelete
  55. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP KELAS A

    Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang seharusnya mengembangkan intuisi siswa. Intuisi akan selalu berkembang sesuai dengan pengalaman. Tugas guru adalah menumbuhkan atau memupuk intuisi siswa dalam proses pemebelajaran matematika. Kenapa demikian, karena Intuisi bisa tumbuh dan bisa mati. Di sinilah peran guru dalam pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  56. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP KELAS A
    Pikiran manusia di mulai dari kategori, sedang kategori dimulai dari intuisi. Proses kategori tidak ada seorangpun yang tahu dari mana, kapan dan mengapa itu menjadi sebuah pengetahuan karena mikik personal yang berasal dari kegiatan dan intereaksi. Dengan demikian pembelajaran di kelas sudah semestinya memandang pembelajaran sebagai sebuah intereaksi,maka begitu lah pentingnya intuisi

    ReplyDelete
  57. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP KELAS A
    Intuisi adalah salah satu fungsi pikiran manusia selain perasaan. Dengan menyeimbangkan segala fungsi yang ada di dalam diri kita berarti kita sudah mengembangkan potensi diri kita sendiri. Kita mempunyai kemampuan untuk mengembangkan potensi kita masing-masing. Intuisi berfungsi sebagai psikologis dasar yang menengahi persepsi secara tidak sadar. Immanual Kant membedakan intuisi analitik dengan intuisi sintetik.

    ReplyDelete
  58. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP KELAS A

    Pikiran manusia berasal dari kategori, kategori berasal dari intuisi. Intuisi merupakan salah satu fungsi utama pikiran selain perasaan. Begitu pentingnya intuisi maka diharapkan guru mampu mengembangkan intuisi siswa dalam aktivitas pembelajaran matematika di kelas.

    ReplyDelete
  59. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Beranjak dari asal kata intuisi (intuition dalam bahasa Inggris) ditelusuri berbagai definisi intuisi. Intuisi berasal dari kata intueri dalam bahasa Latin yang secara harafiah berarti melihat jauh lebih kedalam (insight), sehingga intuisi memaknai tidak terbatas pada apa yang dapat dipersepsi oleh indera seseorang tetapi jauh lebih dalam pada makna yang tersirat. Intuisi sebagai suatu kesadaran (awareness) yang cepat tanpa bantuan indera ataupun penalaran untuk memperoleh pengetahuan. Intuisi dapat timbul dari sumber-sumber Ilahi dan dari bawah sadar kolektif, dan bukan hanya dari pengalaman kita yang didasarkan pada skema kognitif tertentu.

    ReplyDelete
  60. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Bruner memaknai intuisi sebagai suatu tindakan untuk mendapatkan suatu makna, signifikansi, struktur atau situasi dari masalah tanpa ketergantungan secara eksplisit pada peralatan analitik yang dimiliki seorang ahli. Bruner memberikan contoh situasi dalam matematika bagaimana intuisi dimaknai. Contoh pertama, adalah seseorang dikatakan berpikir secara intuitif, bila ia telah banyak bekerja dalam suatu masalah dalam periode waktu lama. Ia dapat segera memberikan solusi masalah didasarkan atas sesuatu yang pernah ia buktikan secara formal sebelumnya. Contoh kedua, seseorang disebut matematikawan intuitif yang baik bila orang lain datang menyodorkan masalah padanya, dia akan dengan sangat segera memberikan tebakan yang baik untuk solusi masalah, atau dapat dengan segera memberika beberapa pendekatan alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  61. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Thompson P., 1993 menuntut adanya analisis kombinasi kognitif dan aspek psikologi yang sering disebut sebagai intuisi merupakan hal pokok dalam pembuktian pernyataan-pernyataan dalam matematika. Menurut Thompson, dalam pembuktian matematika diperlukan peran intuisi di mana harus berpikir dua kali untuk menemukan ide jalan keluar pembuktian dengan mempertimbangkan semua kemungkinan yang mungkin dan layak.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  62. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Intuisi memiliki peran penting dalam matematika, sehingga perlu dilatih dan dikembangkan melalui pengalaman matematika yang dapat mengonstruksi pengetahuan dan pemahaman siswa. Pengalaman tersebut diperoleh siswa melalui pembelajaran matematika. namun sayangnya, seperti disebutkan dalam artikel di atas, bahwa banyak guru yang cenderung memberikan drill (latihan soal) dan kurang memperhatikan proses prasaratnya sehingga terjadi lompatan-lompatan dalam benak siswa.

    ReplyDelete
  63. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Dari elegi di atas dapat disimpulkan bahwa intuisi memiliki peran dalam mengukur situasi dan kondisi baru atau bahkan memberikan dugaan atas situasi tersebut. Intuisi tersebut didasarkan atas struktur konsep atau skema yang ada dalam benak siswa. Dan intuisi itu tidak diperoleh berdasarkan alasan.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id