Feb 12, 2013

Elegi Guru Menggapai Perubahan




Oleh Marsigit

Guru:
Wahai perubahan, perkenankanlah aku ingin bertanya. Apakah perubahan itu?. Apakah aku sebagai seseorang diri perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Wahai guru, tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Engkau tidak memikirkanpun, maka engkau senantiasa berubah. Apakah engkau masih ragu tentang hal itu? Jika engkau masih ragu, maka tunjuklah siapa dirimu itu. Sebenar-benar yang terjadi adalah bahwa engkau tidak akan pernah bisa menunjuk dirimu itu. Begitu engkau selesai menunjuk dirimu maka dirimu telah berubah menjadi dirimu yang lain. Mengapa? Karena dirimu semula yang engkau tunjuk telah dimakan oleh ruang dan waktu.

Guru:
Jika aku berubah tanpa aku sadari maka apakah pada diriku itu yang berubah? Sedangkan jika aku menyadari dan aku ingin berubah maka apakah pada diriku itu yang berubah dan bagaimana melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun engkau tidak menyadarinya. Sedangkan jika engkau mengiginkan perubahan maka engkau harus tambahkan “arah” pada perubahan dirimu. Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar untuk berubah, maka engkau dapat menambahkan “makna’ pada perubahan dirimu. Perubahanmu akan bermakna jika perubahanmu bermakna pula bagi yang lainnya. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “positif bagi dirimu dan yang lainnya” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain” . Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan dunia”. Sedangkan jika keinginanmu semakin besar lagi untuk berubah, maka engkau dapat tambahkan “bermanfaat bagi dirimu dan yang lain di dunia dan akherat”. Maka setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian engkau sadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akherat.

Guru:
Kemudian bagaimanakah aku dapat melakukan perubahan itu?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimanakah tentang diriku? Aku adalah seorang guru. Apakah aku sebagai guru perlu melakukan perubahan? Jika perlu maka apakah yang harus berubah pada diriku? Dana bagaimana melakukan perubahan pada diriku?

Perubahan:
Ada syarat-syarat bahwa engkau sebagai guru itu bisa melakukan perubahan. Pertama, guru harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, guruharus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, guru harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, guru harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, guru harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.

Guru:
Wahai perubahan, jika aku ingin melakukan perubahan pada cara mengajarku, maka bagaimanakah caranya itu?

Perubahan:
Pertama, lakukan perubahan itu dengan bekerja-sama dengan orang lain. Kedua, lakukan perubahan secara sistemik. Ketiga, bekerjasamalah dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan. Keempat, rencanakan perubahan itu. Kelima, sadarlah bahwa perubahan itu memerlukan waktu. Keenam, kenalilah dirimu sendiri dan kenalilah pula semua aspek dari pekerjaanmu sebagai guru. Ketujuh, selalu renungkanlah hakekat perubahan pada dirimu itu dan temukanlah makna di balik dari setiap perubahan mu itu. Kedelapan, tetapkanlah hatimu sebagai komandan pada setiap perubahan dirimu.

Guru:
Wahai perubahan, bagaimana cara membangun kerjasama untuk melakukan perubahan?

Perubahan:
Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.



Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, kenalilah faktor pendukungnya. Kedua, Kenalilah segala informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Ketiga, berkomunikasilah dengan referensi dan nara sumber. Keempat, carilah orang-orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama. Kelima, pelajarilah atau lihatlah model-model inovasi pembelajaran yang telah ada, misalnya video pembelajaran. Keenam, tetapkanlah skala prioritas. Ketujuh, kenalilah dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan. Sesuaikan paradigma mengajarmu. Maka sebenar-benar kelas pembelajaranmu adalah laboratorium. Kedelapan, kenalilah hakekat keilmuan. Kesembilan, kenalilah hakekat siswa. Kenalilah hakekat penilaian, Kenalilah hakekat alat peraga, dst. Kesepuluh, kenalilah konteks pembelajaran, kenalilah budaya, kenalilah kebiasaan, kenalilah individu siswa, kenalilah ..dst.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pertama, pahamilah arah dan tujuan pendidikan atau pembelajaran. Itulah yang disebut misi pendidikan. Kedua, pahamilah bagaimana cara mencapai misi tersebut. Itulah visi pendidikan. Ketiga, lakukanlah kegiatan penelitian pendidikan. Keempat, kenalilah masalah, dari mana masalah, dan kepada siapa masalah itu. Kelima, kembangkanlah skema pembelajaran yang fleksibel. Keenam, kembangkan interaksi belajar bagi semua siswa. Ketujuh, kembangkanlah sumber belajar. Kedelapan, kembangkanlah teknologi pembelajaran. Kesembilan, keterampilan menyelesaikan masalah. Kesepuluh, promosikanlah bekerja bersama dalam belajar. Kesebelas, kembangkanlah pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah. Duabelas, kembangkanlah pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

Guru:
Wahai perubahan, secara lebih khusus dan khusus lagi, bagaimana cara melakukan inovasi pembelajaran?

Perubahan:
Pelajarilah lesson study dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah Penelitian Tindakan kelas dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.Pelajarilah model-model dan strategi pembelajaran dan implementasikan aspek-aspeknya sesuai dengan konteksnya.

Guru:
Kenapa semua itu musti terjadi?

Orang tua berambut putih:
Wahai guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswamu. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat engkau lakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunatullah. Amien

72 comments:

  1. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Setiap manusia ingin mengalami perubahan. Tentunya perubahan ke arah yang lebih baik. Banyak cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah muhasabah (refleksi) diri kita sendiri. Karena dengan kegiatan tersebut, kita akan mengetahui hal apa saja yang perlu untuk dirubah. Sebenar-benar perubahan diri adalah menjadi manusia yang setiap aktivitasnya diridhoi oleh Allah dengan berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

    Begitupula dengan inovasi pembelajaran, maka perlu untuk belajar dari orang yang lebih pandai dan orang tersebut akan mengoreksi kesalahan kita. Salah satunya dengan melaksanakan Lesson Study. Harapannya, agar pembelajaran di kelas dapat membentuk karakter siswa yang shalih dan menguasai IPTEK.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  2. 16709251041
    PPs PMat B 2016

    Dunia ini selalu berubah, diriku yang sekarang aka berbeda dengan diriku yang besok, yang nanti bahkan satu detik yang akan datang diriku tidaklah sama. Bagaimana manusia berubah tentu saja dipengaruhi oleh bnyak faktor, tapi tentu saja ada alur yang sama ketika perubahan itu terjadi, yaitu selalu melalui perubahan pikiran. Kita tidak mungkin berubah dalam melakukan sesuatu tana diawali dengan perubahan pemikiran terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  3. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Perubahan selalu terjadi setiap waktu, baik perubahan kearah positif ataupun negatif, perubahan yang disadari ataupun tidak disadari, perubahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Setiap perubaahan itu pasti akan memberikan makna dalam kehidupan setiap individu. Untuk dapat melakukan perubahan maka orang harus mempunyai kesadaran tentang perubahan tersebut, mempunyai niat dan kesadaran untuk melakukan perubahan, menemukan alasan untuk melakukan perubahan, paham tentang perubahan, harus mencoba berlatih dan terbiasa melakukan perunahan, dan bercermin pada diri sendiri. Artikel “Elegi Guru Menggapai perubahan” benar-benar memberikan inspirasi dan motivasi para guru untuk melakukan perubahan. Guru diharapkan mampu membawa perubahan dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Perubaha itu perlu dan dihendaki untuk yang lebih baik. dunia yang selalu berkembang tentunya harus dibarengi dengan perubahan positif juga, siswa 10 tahun yang lalu sangat berbeda dengan siswa yang sekarang, dan bahwa siswa kemaren berbeda dengan siswa yang sekarang, sehingga perlu suatu invasi baru dalam menyikapi hal tersebut. invasi dalam pembelajaran adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh guru, karena dengan begitu kita dapat mengoptimalkan peran kita sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Segala yang ada di dunia ini yang terikat oleh ruang dan waktu, pasti akan selalu beruba, termasuk dalam bidang pendidikan matematika.Penggerak perubahan dalam pembelajaran matematika di kelas adalah guru karena guru memegang kemudi pembelajaran. Perubahan dalam konteks ini merupakan perubahan ke arah yang baik dan agar bermanfaat bagi siswa. Perubahan dalam bidang matematika lebih kepada inovasi pembelajaran misalnya metode dan media pembelajaran. Untuk melakukan perubahan tidak serta merta dalam waktu singkat dan terjadi begitu saja. Guru perlu mengkaji terlebih dahulu terhadap apa yang ingin diubah. Kemudian guru merencanakan langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu, akan lebih baik jika saling bekerja sama karena akan tercipta pertukaran ide-ide sehingga didapat hasil yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  6. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Perubahan adalah sesuatu yang pasti di dunia ini. Tentunya peruabahan yang baik adalah perubahan yang mampu menembus dimensi ruang dan waktu. Guru tentunya juga perlu mengadakan perubahan dalam pembelajaran. Hal ini karena karateriktis siswa dari tahun ke tahun pasti berbeda-beda. Sebagai gur kit aharus bisa mengatasi keadaan itu. Dan selalu bisa mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  7. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    perubahan adalah sesuatu yang terus kita lakukan dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini, perubahan haruslah mengandung unsur postif agar perubahan yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi yang lain. Begitu pula dalam halnya melakukan pembelajaran di kelas, seoang guru haruslah melakukan perubahan atau inovasi-inovasi dalam pembelajarannya agar sifat pembelajaran dikelas tidak monoton, ketika guru telah melakukan inovasi maka sebenar-benarnya guru pun telah mendorong siswa untuk melakukan inovasi dalam belajarnya sehingga dari inovasi-inovasi itu akan menjadikan siswa terus berkembang.

    ReplyDelete
  8. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Saya pikir perubahan adalah suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Semua orang tentu saja melakukan perubahan baik itu secara sadar maupun tidak sadar. Salah satunya adalah guru, guru dituntut untuk dapat membuat perubahan yang disebut inovasi.

    ReplyDelete
  9. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Perubahan di sini bukan hanya untuk guru sendiri tetapi juga untuk siswa dan perubahan tentu saja yang mengarah ke yang lebih baik. Dengan inovasi guru, pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa dan mengaktifkan siswa.

    ReplyDelete
  10. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Syarat melakukan perubahan yaitu adanya kesadaran, niat dan motivasi, alasan melakukan perubahan, pemahaman tentang perubahan, mencoba, berlatih agar terbiasa melaksanakan perubahan, dan bercermin pada diri sendiri. Dari elegi di atas dapat diketahui bahwa terdapat beberapa langkah guru untuk melakukan inovasi pembelajaran yaitu dengan :
    • memahami tujuan
    • cara mencapai tujuan
    • mengenali masalah dan asal masalah
    • mengembangkan interaksi belajar dan keterampilan pemecahan masalah siswa

    ReplyDelete
  11. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Untuk mencapai perubahan tidak semudah yang dipikirkan. Diperlukan kerja keras yang lebih untuk mencapai semua itu. Proses yang dialami pun tidak mudah. Kadang butuh kesabaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, dalam melakukan perubahan guru harus mengetahui inovasi dalam pembelajaran, sehingga dengan mudah dapat melakukan perubahan proses pembelajaran di kelas. Dengan memahami tujuan, bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, mengenal masalah dan sumber masalah, serta mengembangkan interaksi belajar dan keterampilan memecahkan masalah merupakan beberapa langka yang harus dilakukan guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  12. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Menurut saya, perubahan selalu terjadi setiap saat. Perubahan bisa ke arah postitif dan juga bisa ke arah negatif. Setiap perubahan pada diri sendiri, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap orang lain di sekitar kita. Oleh karena itu, sebagai calon guru kita harus selalu melakukan perubahan ke arah yang positif terutama dalam memberikan motivasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  13. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B (Angkatan 2016)

    Tiadalah sesuatu itu tanpa perubahan. Ada syarat-syarat bahwa engkau itu bisa melakukan perubahan. Pertama, engkau harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, engkau harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, engkau harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, engkau harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, engkau harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, engkau harus selalu bercermin pada dirimu sendiri.
    Cara guru menggapai perubahan diuraikan sebagai berikut; Pertama, budayakanlah kerjasama untuk tujuan kebaikan di dunia dan akherat. Kedua, lakukanlah percobaan secara terbatas tentang aspek perubahan itu dan implementasikanlah pada masalah-masalah yang nyata. Ketiga, tetapkan harapan-harapanmu dari perubahan yang engkau lakukan. Keempat, jujurlah dan bersifat terbuka dalam kerjasamamu. Kelima, kembangkanlah sikap peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Keenam, selalu temukanlah hikmah dari segala kejadian yang engkau alami. Ketujuh, berpikiran positiflah terhadap sesama dan lingkungan. Kedelapan, selalu ikhlaslah dalam setiap tindakanmu. Kesembilan, belajarlah mengambil keputusan yang tepat atas segala aspek kehidupanmu. Kesepuluh, lakukanlah semuanya itu dengan semangat dan tawadu’.

    ReplyDelete
  14. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari elegi diatas, dapat dilihat bahwa salah satu untuk melakukan inovasi pembelajaran dengan melakukan berbagai penelitian. Perubahan atau inovasi menuju ke arah yang lebih baik dapat ditempuh melalui melaksanakan penelitian. Sebagai seorang pengajar sudah sepatutnya kita melakukan berbagai penelitian, dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu melaksanakan PTK atau penelitian tindakan kelas. Penelitian ini sangat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang biasa terjaid di dalam proses pembelajaran. Namun tentunya harus disadari bahwa dalam melakukan penelitian untuk memperbaiki permlasahan yang ada membutuhkan waktu yang tidak singkat.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Berubah secara sederhana adalah berbeda dari yang sebelumnya. Entah itu struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-faktamu itulah yang selalu berubah walaupun kadang kita atau bahkan sering kita tidak menyadarinya. Berubah menjadi apa, sebesar apa, sebaik apa tergantung besar keinginan dan usaha tiap kita sebagai individu, atau kelompok. Saya setuju bahwa perubahan yang paling tinggi adalah yang mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia dan akhirat. Termasuk dalam pembelajaran matematika, berusahalah agar tercapai perubahan paling tinggi sebagaimana disebut diatas. Saya kira jika ruang dan waktu memungkinkan maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berubah lebih kihusus dalam membelajarkan matematika.

    ReplyDelete
  16. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Perubahan merupakan segala sesuatu yang berubah dari keadaan semula. Seorang pendidik perlu melakukan suatu penelitian untuk melakukan perubahan atau dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan di sekolahnya. Dalam hal ini, siswa juga dituntut untuk berubah ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  17. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Perubahan dalam pembelajaran bisa dikatakan sebagai suatu inovasi pembelajaran. Untuk melakukan inovasi, diperlukan analisis terhadap faktor pendukung perubahan tersebut terlebih dahulu, menggali informasi tentang sesuatu yang akan dilakukan perubahan, mempelajari, serta mencari sumber-sumber referensi tentang perubahan yang akan dilaksanakan. Selalu menerapkan ikhlas dalam setiap tindakan, senantiasa belajar memutuskan sesuatu dengan pikiran yang jernih, dan selalu semangat dalam melaksanakan setiap kegiatan.

    ReplyDelete
  18. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas, perubahan meliputi struktur, bentuk, sifat-sifat, potensi, serta fakta-fakta itu selalu berubah walaupun tanpa disadari. Sedangkan jika menginginkan perubahan maka tambahkan “arah” . Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta.

    ReplyDelete
  19. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Saya setuju dengan pernyataan bahwa untuk berinovasi maka kita harus memahami arah dan tujuan inovasi terlebih dahulu dalam artian masalah dalam suatu pendidikan kita harus pelajari terlebih dahulu dimana letaknya. Barulah memikirkan apa yang seharusnya dilakukan untuk membuat masalah tersebut terselesaikan atau yang disebut dengan inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    Pendidikan Matematika C 2013

    Inovasi pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika di sekolah sangatlah diperlukan, apalagi dalam masa-masa sekarang ini, di mana siswa cenderung merasa bosan dan dihampiri rasa kantuk di dalam kelas, hal ini karena konten materi pembelajaran matematika yang sarat akan angka dan perhitungan yang rumit, sehingga membuat siswa merasa enggan dan bahkan sampai takut menghadapi pelajaran matematika ketikas di sekolah. Oleh karena itu, masing-masing guru matematika hendaknya mengembangkan kreativitasnya dalam menggunakan metode pembelajaran tertentu agar meminimalisasikan hal-hal yang seperti itu.

    ReplyDelete
  21. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Karena perkembangan segala sesuatu semakin pesat, seperti teknologi, ilmu pengetahuan, alat peraga, dan banyak lagi, maka tak akan bisa dihindari kita pun harus mengikuti arus untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap apa yang kita jalani. Seorang guru haruslah melakukan perubahan-perubahan terhadap proses pembelajarannya yang mungkin dari tahun ke tahun tak pernah berubah, maka haruslah adanya kesadaran dari diri pribadi. Jangan takut untuk melakukan perubahan jika niatnya sudah baik, maka akan ada hal baik dari sebuah niat yang baik. Diperlukannya mencoba segala hal metode pembelajaran, alat peraga, dan lainnya, sehingga adanya kebiasaan untuk terus memperbaiki diri untuk terciptanya sesuatu yang baik dimasa depan untuk generasi masa depan.

    ReplyDelete
  22. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sebuah perubahan atau inovasi diperlukan dalam kehidupan untuk menjadi lebih baik. Perubahan atau inovasi yang dilakukan haruslah memiliki arah, makna positif dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Guru dalam pembelajaranpun begitu juga, perlu mengadakan inovasi model, strategi, metode, ataupun teknik yang digunakan agar dapat mencapai kompetensi pembelajaran tertentu secara maksimal. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk bisa berinovasi adalah dengan 1) memiliki kesadaran tentang perubahan yang harus dilakukan, 2) memperkuat niat dan motivasi untuk mengadakan perubahan, 3) menemukan alas an mengadakan perubahan, 4) mempunyai pemahaman mengenai perubahan yang hendak dilakukan, 5) mencoba, berlatih dan terbiasa akan perubahan.

    ReplyDelete
  23. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan fakta. Dan setinggi-tingginya perubahan adalah jika demikian kita menyadari bahwa perubahan itu mempunyai arah, makna positif, dan bermanfaat baik untuk dunia maupun akhirat. Syarat-syaratnya untuk melakukan perubahan adalah kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri, memperbaharui niat dan motivasi, menemukan alasan, mempunyai pemahaman, mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan, selalu bercermin pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  24. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Saya sepakat bahwa tiadalah sesuatu apapun tanpa perubahan. Saat kita berhenti berpikir, berhenti belajar maka, kita pun senantiasa berubah. Namun, Perubahan negatif seperti itulah yang harus kita hindari agar kita senantiasa menjadi orang yang beruntung. Orang yang hari ini lebih baik dari kemarin. Bukannya orang yang merugi di mana hari ini sama saja dengan hari kemarin. Terlebih menjadi orang yang celaka di mana harinya hari ini lebih buruk dari pada hari kemarin.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  25. ANDI SRI MARDIYANTI SYAM
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah
    Assalamu Alaikum Wr. Wb.,

    Sebagai seorang guru, menggapai suatu perubahan tentu merupakan hal yang penting. Tentunya menjadi pendidik yang semakin berkualitas dari waktu ke waktu. Olehnya itu, penting bagi seorang pendidik melakukan muhasabah atau introspeksi diri. Membekali diri dengan informasi yang berkenaan dengan inovasi pembelajaran. Juga memahami makna sebenarnya dari visi dan misi pendidikan.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  26. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seoang guru haruslah melakukan perubahan atau inovasi-inovasi dalam pembelajarannya agar sifat pembelajaran dikelas tidak monoton, ketika guru telah melakukan inovasi maka sebenar-benarnya guru pun telah mendorong siswa untuk melakukan inovasi dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  27. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Untuk melakukan inovasi, diperlukan analisis terhadap faktor pendukung perubahan tersebut terlebih dahulu, menggali informasi tentang sesuatu yang akan dilakukan perubahan, mempelajari, serta mencari sumber-sumber referensi tentang perubahan yang akan dilaksanakan.Perubahan merupakan segala sesuatu yang berubah dari keadaan semula. Seorang pendidik perlu melakukan suatu penelitian untuk melakukan perubahan atau dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan di sekolahnya.

    ReplyDelete
  28. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Elegi ini menyiratkan bahwa perubahan akan selalu terjadi dalam kehidupan kita dimana perubahan itu terikat ruang dan waktu. Ada jenis dua perubahan, perubahan yang tanpa kita sadari dan perubahan karena keinginan kita. Perubahan yang kita sadari seperti perubahan fisik dari bayi sampai tua, meliputi perubahan rambut, perubahan tinggi dan lain sebagainya selama sel-sel masih hidup, maka perubahan akan terus terjadi. Sedangkan bagaimana dengan perubahan yang berdasarkan pada keinginan?

    ReplyDelete
  29. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Sedangkan perubahan karena keinginan, menurut pendapat saya, dipengaruhi adanya stimulus yang ada di lingkungan sekitar. Jika di lingkungan sekitar terdapat banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk memuaskan hasrat belanja, maka akan mempengaruhi perubahan gaya hidup seseorang. Apabila stimulus yang yang diberikan itu positif maka perubahan yang akan terjadi juga positif. Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Marsigit bahwa perubahan yang didasarkan pada keinginan akan menghasilkan arah, makna atau manfaat bagi diri sendiri, orang lain serta dunia akhirat bergantung kepada seberapa besar keinginan akan perubahan itu.

    ReplyDelete
  30. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Berdasarkan elegi diatas sang perubahan mengatakan ada 6 Syarat yang harus dipenuhi yaitu sadar mau melakukan perubahan. Contohnya siswa ingin melakukan perubahan dalam pembelajaran matematika yang dilakukan , maka dia harus sadar akan perubahan yang akan dicapai. Kemudian, adanya niat atau motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik misalnya untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Setelah itu, guru menemukan alasan untuk mengubah pembelajaran matematika dan paham bagaimana melakukan perubahan mulai dari faktor metode pembelajaran, inovasi pembelajaran dll. Latihan dalam. melakukan perubahan seperti pepatah menyatakan "practice make perfect". Terakhir melakukan refleksi atas kegiatan yang dilakukan apakah membawa perubahan ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya.

    ReplyDelete
  31. Salah satu ciri makhluk hidup, bukannya berubah? Bahkan kuman, bakteri, dan para virus pun berubah. Bagaimana dengan manusia sebagai pemeran utama drama seri duniawi? Pastilah ia berubah dalam tiap dimensi yang sengaja ia buat, sampai pada dimensi yang tidak sengaja. Bagaimana dengan profesi yang manusia desain?
    Dalam persepsi yang pernah Prof. Igit sampaikan mengenai mitos dan logos yang menyatu dalam satu gelombang dan frekuensi yang sama. Manusia bertugas penting sebagai pemerannya. Pengaruh besar keberadaan manusia bisa berdampak vertikal maupun horisontal.
    Pengembangan rencana kelas juga bentuk perubahan dari persepsi tiap subjek kelas.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  32. Pada proses pengembangan keilmuan, saya ingin mengimplementasikan tujuh langkah penting, "kenalilah faktor pendukungnya" Butuh lebih banyak waktu untuk memelajari mengenai faktor-faktor apa saja yang mendukung pembelajaran yang ingin saya kembangan dengan keberterimaan masyarakat pengguna ilmu. Aspek yang lebih sulit adalah mengenali "segala informasi yang berkenaan dengan inovasi keilmuan" Sebagai ilmu yang telah menjulang dan melebar, penting mengetahui kepentingan dan tujuan yang pertama diingin untuk dicapai. Berinteraksi dengan referensi dan nara sumber yang ada dan akan dikembangluaskan.


    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  33. Proses perkembangan keilmuan yang keempat, dalam mencari subjek yang memiliki satu visi dan misi untuk mengembangkan satu ilmu tertentu, butuh upaya yang lebih maksimal. Hal tersebut berdasar pada seleksi yang akan dicapai. Visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama akan mendorong kemajuan berpikir yang lebih terstruktur dan lebih berkembang. Mempelajari atau melihat model-metode dan media yang akan diinovasikan pada pembelajaran. Ilmu yang berkembang tentu memiliki banyak aspek yang bisa jauh lebih berkembang dengan adanya struktur dan pengembangan metode yang akan dipakai. Metode sebagai bentuk proses inovasi perlu diperhatikan sebagai bentuk keluasan pandangan dari pengguna. Melakukan konstruk dan pelajarilah teori-teori dan paradigma pendidikan yang sudah berkembang sebelumnya merupakan langkah praktis dalam melakukan perkemangan keilmuan pada aspek ontologis, epistimologi, dan aksiologi secara bersama-sama.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  34. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Seorang guru ketika mau melakukan perubahan, maka dirinya senidir harus bisa menyesuaiakan dengan ruang dan waktu dimana dia berada. Setiap siswa pada setiap kelas pastilah berbeda-beda. Dari melihat keadaan siswa-siswayang berbeda ini kita sebagai guru pasti akan mengalami perubahan juga dalam bersikap. 5 tahun pertama adalah tahapan mencari pola mengajar kita. Berikut akan berlanjut secara terus menerus. Guru haruslah mau berubah untuk kebaikan diri dan siswanya.

    ReplyDelete
  35. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Perubahan yang dimulai dari dalam diri yaitu bermula dari niat. Niat tersebut berasal dari suatu kejadian yang mana si diri merasa harus berubah. Motivasi yang besar dibutuhkan untuk berubah. Motivasi tersebut bermacam – macam, khususnya diri sendiri. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan menuju kebaikan dengan proses yang dilalui dan secara sadar untuk berubah. Menjadi seseorang yang berubah dengan mencoba dan berlatih serta terbiasa melakukan perubahan dan pada akhirnya bercermin pada diri sendiri. Tentunya menjadi seseorang yang berubah menjadi lebih baik tidaklah mudah. Tidak hanya menjadi diri yang lebih baik lagi, namun berubah menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain bahkan bagi dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  36. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Inovasi pendidikan yang harus dilakukan pada saat ini yaitu bertujuan agar pelaksanaan pendidikan dapat mengikuti pembelajaran yang trend guna menjadi lebih baik lagi. Inovasi pendidikan tersebut dengan mengenali faktor pendukungnya, segala informasi yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran, lebih banyak mencari referensi dan narasumber, mencari orang – orang yang mempunyai visi, persepsi, kepentingan dan tujuan yang sama, mempelajari atau melihat model –model inovasi pembelajaran yang telah ada, menetapkan skala prioritas, mengenali dan mempelajari teori – teori dan paradigma pendidikan, mengenali hakekat keilmuan, siswa, penilaian, alat peraga, mengenali konteks pembelajaran, budaya, kebiasaan, individu siswa, dan lain – lain.

    ReplyDelete
  37. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pembelajaran dapat dikembangkan dengan memahami arah dan tujuan pendidikan dan bagaimana cara untuk mencapainya, melakukan kegiatan penelitian pendidikan, mengenali masalah, dari mana masalah itu muncul, dan kepada siapa masalah itu harus dipecahkan, mengembangkan skema pembelajaran yang fleksibel, mengembangkan interaksi belajar bagi semua siswa, mengembangkan sumber belajar, mengembangkan teknologi pembelajaran, mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah, menggerakan siswa untuk bekerja bersama dalam belajar, mengembangkan pendekatan pemecahan masalah dan inovasi pada level sekolah, mengembangkan pangkalan data berkaitan dengan pemecahan masalah dan inovasi.

    ReplyDelete
  38. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Tiadalah sesuatu tanpa perubahan. Tanpa memikirkan, bahkan tanpa berbuat pun, kita senantiasa berubah. Entah itu perubahan ke arah yang baik atau sebaliknya. Sebagai pendidik, kita wajib berusaha merubah cara mengajar kita ke arah yang baik, dengan melakukan inovasi pembelajaran. Dengan banyak-banyak membaca jurnal kita akan terinspirasi bagaimana mensetting pembelajaran yang inovatif agar murid-murid kita dapat belajar jauh lebih bermakna dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  39. MARIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Acording to the writing, the main point is chane, the change which is positive. by focusing on the message in the elegi, the writer is giving a message to the teachers. when you want change, you need to understand the following things. knowing that the learning class for learners is simply laboratory whereas the process of teaching learning is absolutely research. so all the teachers must focus on the practice and the reaasearch to reach the change.

    ReplyDelete
  40. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Banyak tahapan yang harus kita lalui dalam menggapai perubahan dalam hal apapun. Kita harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Maka jika seorang guru ingin berubah, langkah pertama adalah harus mempunyai kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Lalu harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Guru harus senantiasa memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan.Langkah selanjutnya kita harus menemukan alasan melakukan perubahan. Jadi seorang guru harus tahu alasan ia melakukan perubahan. Selanjutnya, kita harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu. Jadi guru harus mempunyai pemahaman tentang perubahan itu.Kemudian kita harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Ini berarti seorang guru harus berusaha keras untuk mencoba, berlatih, dan terbiassa melakukan perubahan. Selanjutnya kita harus selalu bercermin pada diri kita sendiri. Dalam hal ini guru harus selalu bercermin dan instropeksi diri mengenai perubahannya. Jika kita sudah megikuti langkah-langkah diatas semoga kita bisa menggapai perubahan menjadi guru yang lebih baik yang bisa berguna dan berperanserta mencerdaskan masa depan bangsa.

    ReplyDelete
  41. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Sebenar-benarnya guru menggapai perubahan adalah guru yang sustainable dimana guru dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran. Melakukan inovasi sesuai dengan tujuan pendidikan. Sebenar-benar inovasi adalah berawal dari penelitian tentang pendidikan dimana kita menganalisis dan memahami masalah di dalam pendidikan. Dari masalah tersebut kita mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kemudian menemukan solusi dari masaah tersebut dengan cara melakukan inovasi dalam pendidikan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  42. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Perubahan adalah suatu hal yang pasti terjadi dalam kehidupan kita. Dalam hal ini adalah perubahan seorang guru yang harus mampu berubah untuk menyesuaikan diri dengan keadaan pendidikan saat ini. Dan perubahan itu selayaknya adalah perubahan yang positif dengan misalnya membuat inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  43. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Cara guru mengajar memang harus disesuaikan dengan kondisi jaman dan kurikulum yang sedang berjalan. Pendidik tidak boleh memaksakan pengajaran yang statis dan tidak bersifat fleksibel karena hal tersebut akan menjadi kejenuhan siswa dan guru tersebut tidak mengembangkan cara mengajarnya yang akan berdampak langsung kepada siswa.

    ReplyDelete
  44. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Allah Tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang akan merubahnya. Ayat tersebut sebenarnya hanyalah merupakan suatu penumbuh semangat bagi hamba-hamba Allah SWT, karena sebenarnya ada yang disebut TAKDIR, dan takdir itu datang setelah adanya suatu ikhtiar. Dalam melakukan perbahan itu perlu ada suatu ikhtiar yang maksimal dan harus bersifat komprehensif terhadap segala hal-hal yang akan menunjang terjadinya perubahan itu, sehingga nantinya akan menimbulkan perbahan baik secara sedikit demi sedikit (evolusi), maupun perubahan yang terjadi secara cepat (revolusi). Dalam hal ini jika guru ingin melakukan suatu perubahan maka sangat diperlukan dukungan secara komprehensif dari para stakeholder pendidikan agar niat untuk melakukan perbahan tersebut dapat terlaksana beserta dengan pengaplikasiannya.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  45. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Pendidikan akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman yang menuntut guru juga harus selalu up to date bagaimana cara mengajar yang tepat dan inovatif bagi siswa. Namun terkadang dalam melaksanakan perubahan tersebut terdapat beberapa kendala, kendala itulah yang harus dipecahkan oleh seorang guru inovatif untuk menggapai suatu perubahan. Untuk dapat menggapai perubahan, maka langkah awal guru adalah selalu bercermin atau instrospeksi diri, apa yang kurang dalam diri dan cara pengajarannya.

    ReplyDelete
  46. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Dalam pembelajaran matematika kejenuhan menjadi momok utama yang terus membayangi. Banyaknya formula dan aturan-aturan membuat siswa menjadi jenuh. Apalagi jika siswa hanya diajarkan untuk menghitung saja tanpa mengetahui apa manfaat dari materi yang dipelajarinya. Sebagai seorang guru, mencari inovasi-inovasi untuk melaksanakan proses pembelajaran menjadi penting. Pengajaran juga harus disesuaikan dengan kurikulum dan perkembangan jaman. Pengajaran haruslah mengajak siswa untuk bersikap aktif dan kooperatif. Semoga menjadi guru yang benar-benar inovatif tidak hanya berhenti ditataran wacana dan kita mampu merealisasikannya.

    ReplyDelete
  47. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ilmu selalu berkembangan dan melakukan perubahan seiring perkembangan jaman. Sehingga dalam belajar tak akan pernah kehabisan suatu ilmu.
    Dalam pembelajaran matematika maka sudah menjadi keharusan siswa mengalami perubahan dari pembelajaran pertama, kedua dan seterusnya. Perubahan yang dimaksud adalah bahwa siswa semakin meningkat pengetahuan yang dimiliki.
    Guru juga demikian. untuk mengakomodasi kebutuhan siswa akan belajar maka guru harusnya selalu meningkatkan dimensi keilmuannya serta melakukan inonasi-inovasi supaya pembelajaran matematika di sekolah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan mampu menstimulus siswa untuk menggapai pengetahuannya sendiri. Selain itu kurikulum yang senantiasa berkembang ini harus bisa di ikuti oleh guru, maka guru haruslah melakukan perubahan pada dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  48. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    guru adalah orang yang menjarakann, orang bisa mengajrkan karena dia selalu belajar, orang yang belaar suatu ilmu tida lepas dari kontradiksi, kontardiksi-kontradiski ini lah ang mengiring guru unuk terus melakukan pengemabngan dan kemjuan untuk menutupi kontradiksi yang setipa waktu muncul, oleh krena nya diadakan penelitian, oleh karenanya guru mau tidak mau harus melakukan penelitian agar kontradiks yang mmuncul bisa diungkapkan dan dapat dipecahkan baik secara invidu maupun masukn dari para ahli.

    ReplyDelete
  49. Sebagai seoarang guru kita harus terus melakukan perubahan. Perubahan itu haruslah ke arah yang lebih baik tentunya, seperti perubahan metode belajar agar lebih inovatif. Perubahan itu diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri tapi juga untuk orang lain bahkan jika memungkinkan tidak hanya berguna bagi dunia tapi juga bagi akhirat kita. Teruslah belajar untuk berubah agar menjadi guru yang semakin profesional.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  50. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Perubahan yang perlu dilakukan guru diantaranyanadalah melalui pengembangan inovasi atau pengembangan kreativitas dalam pemanfaatan teknologi pendidikan yang mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi mutakhir. Perubahan yang dilakukan guru memerlukan adanya dukungan dari semua pihak yang terkait agar benar-benar terwujud.

    ReplyDelete
  51. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Sebagai manusia dari waktu ke waktu kita harus menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan tersebut dapat kita capai dengan beberapa cara. Kita harus memiliki niatan dan tekad kuat untuk berubah, dan juga benar-benar mencoba berusaha melakukannya, mengimplementasikan niat kita, jangan hanya sebatas rencana dan keinginan saja. Kita harus selalu terbiasa melakukan perubahan, tentunya perubahan yang membawa kebaikan kita baik di dunia maupun di akhirat.

    ReplyDelete
  52. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Guru juga harus melakukan perubahan yang lebih baik lagi, dari cara mengajarnya jangan hanya monoton dengan menerapkan satu strategi pembelajaran saja, karena peserta didik dapat menjadi bosan. Lakukanlah inovasi pembelajaran, gunakanlah berbagai media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, beserta berbagai model pembelajaran, kembangkanlah teknologi pembelajaran, dan jangan lelah untuk terus belajar.

    ReplyDelete
  53. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Maka sebenar-benarnya perubahan adalah kesadaran akan ruang, waktu, arah, potensi dan faktamu. Sedangkan jika keinginan semakin besar untuk berubah, maka kita dapat menambahkan “makna’ pada perubahan pada diri kita. Perubahan akan bermakna jika perubahan bermakna pula bagi yang lainnya.

    ReplyDelete
  54. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Kesimpulan untuk guru, sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa-siswa. Maka sebenar-benar kegiatan pembelajaran adalah kegiatan penelitian. Maka tiadalah perubahan dan inovasi dapat dilakukan tanpa pemahaman-pemahaman tersebut. Sesungguhnya perubahan atau inovasi itu betul-betul sunnatullah.

    ReplyDelete
  55. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Ada banyak cara untuk guru melakukan inovasi. Selama guru itu benar-benar berniat untuk membuat siswanya lebih baik, guru akan senantiasa belajar untuk memahami kebutuhan para siswanya. dengan niat yang tulus akan pendidikan sorang guru bisa memanfatkan apapun yang bisa ia lakukan untuk mengembangkan siswanya, bisa saja dengan memanfaatkan teknologi, atau dengan terus merefleksi pembelajaran-pembelajaran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  56. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Tidak bisa menyalahkan sistem dan kondisi yang terjadi dewasa ini dalam dunia pendidikan. Guru menjadi kunci atau dititik beratkan atas pencapaian hasil belajar siswa. Meskipun diketahui bahwasanya keberhasilan bukan karena apa apa saja yang perlu dipersiapkan guru sebelum proses pembelajaran dimulai melainkan ada banyak hal yang berperan salah satunya adalah aturan atau pedoman yang perlu dicapai dari proses pembelajaran. Sehingga guru perlu benar benar mempersiapkan dirinya serta keihklasan dalam batin untuk melakukan perubahan. Banyak yang harus ditingkatkan baik dari segi kompetensi pedagogik, kemudian attitude guru dikelas terhadap siswa, mengembangkan inovasi instrumen belajar dan sebagainya. Disisi lain guru sibuk harus melakukan perubahan dalam dirinya, sebaiknya guru melibatkan siswa dalam perubhan ini yaitu mengubah cara pandang belajar yang berpusat pada dirinya menjadi berpusat kepada siswa. Dengan artian dengan cara dan metode yang tepat.

    ReplyDelete
  57. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Setiap saat semua hal mengalami perubahan meskipun tanpa disengaja dan juga tanpa disadari. Guru yang bijak ialah guru yang mau berusaha untuk melakukan perubahan, baik melakukan perubahan paradigma pembelajaran, perubahan cara pandang, perubahan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Tentu perubahan yang dimaksud ialah perubahan untuk perbaikan, yaitu untuk benar-benar menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu upaya perubahan yang penting dilakukan oleh guru adalah selalu melakukan inovasi. Dalam melakukan inovasi, guru harus benar-benar memahami hal-hal yang berkaitan dengan pembelajarannya. Inovasi yang dilakukan oleh guru juga harus disesuaikan dengan dinamika perubahan siswa. Setiap inovasi yang dilakukan pun perlu dilakukan refleksi dan evaluasi agar perubahan yang dilakukan selalu lebih baik. Dengan demikian, pendidikan akan benar-benar mampu menjawab tantangan perubahan zaman.

    ReplyDelete
  58. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Setiap lini kiehidupan merupakan suatu perubahan. Perubahan adalah terkait dengan ruang dan waktu. Maka setiap saat perubahan itu pasti terjadi. Kita yang sekarang berubah dari kita sedetik yang lalu dan akan berupah pula pada detik kemudian. Hal ini menunjukkan bahwa setiap saat perubahan itu ada.

    ReplyDelete
  59. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Perubahan dapat bersifat positif maupun bersifat negatif. Perubahan bersifat positif apabila perubahan tersebut membawa kearah yang lebih baik berupa kemajuan. Sedangkan perubahan bersifat negatif ketika perubahan tersebut membawa kemunduran pada suatu proses perbaikan.

    ReplyDelete
  60. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Perubahan yang bersifat positif didasari oleh tiga hal, yaitu memilikii kesadaran pada proses perubahan tersebut, memiliki niat dan motivasi untuk berubah, serta menemukan alasan mengapa melakukan perubahan tersebut. Jika ketiga hal tersebut dimiliki, tentu seseorang akan berhati-hati dan memikirkan dampak dari perubahan yang dilakukannya.

    ReplyDelete
  61. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Perubahan yang bersifat positif didasari oleh tiga hal, yaitu memilikii kesadaran pada proses perubahan tersebut, memiliki niat dan motivasi untuk berubah, serta menemukan alasan mengapa melakukan perubahan tersebut. Jika ketiga hal tersebut dimiliki, tentu seseorang akan berhati-hati dan memikirkan dampak dari perubahan yang dilakukannya.

    ReplyDelete
  62. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Perubahan pada kegiatan pembelajaran merupakan salah satu proses perubahan yang tidak dapat dilakukan secara spontan. Perubahan yang dilakukan pun memiliki beberapa aspek yang harus dimiliki. Seperti: perubahan dilakukan dengan bekerja-sama dengan orang lain,lakukan perubahan secara sistemik, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perubahan, merencanakan perubahan itu, perubahan itu memerlukan waktu., memgenali diri sendiri dan mengenali pula semua aspek dari pekerjaan sebagai guru, selalu merenungkanhakekat perubahan pada diri dan menemukan makna di balik dari setiap perubahan mu itu, tetapkanlah hati sebagai komandan pada setiap perubahan diri.

    ReplyDelete
  63. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Segala sesuatu yang bersinggungan dengan ruang dan waktu itu pasti berubah. Tidak ada namanya yang abadi. Maka sebagai seorang guru, kita harus terus berubah dengan terus belajar, memperbaiki pengajaran di kelas supaya bisa lebih baik di masa yang akan datang.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  64. Tiada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Segalanya berubah. Jika kita tengok ke dalam diri, ada banyak sekali yang berubah. Dari bentuk fisik, usia, sampai pola pikir. Perubahan adalah sebuah keniscayaan yang mutlak kita butuhkan. manusia dibekali akal, hati, nurani dan perasaan untuk bisa menciptakan berbagai perubahan. Manusia itu hidup dalam perubahan karena manusia adalah produk Tuhan yang luar biasa. Manusia diberi akal, hati, nurani dan perasaan untuk bisa berhijrah ke arah yang lebih baik. Agar tidak terombang-ambing, maka tentukanlah arah dan makna perubahan itu sendiri. Bagian mana yang perlu diubah, untuk siapa perubahan itu, dan apakah manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain yang tentu akan mengambil dampak dari perubahan. Oleh karena itu, sebagai guru mutlak menciptakan perubahan positif dalam tatanan pendidikan. Segala bentuk inovasi pembelajaran perlu direalisasikan sebagai upaya membimbing siswa dan mengarahkannya menjadi manusia yang luhur dan mampu mengaplikasikan ilmunya ke masyarakat kelak tanpa ada sifat angkuh. Pelaksanaan PTK merupakan bentuk menggapai perubahan positif bagi guru. Dimana guru terus melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswanya dan memastikan metode mana yang tepat untuk diterapkan.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  65. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Elegi di atas menjelaskan tentang bagaimana seorang guru yang sedang berjuang untuk menggapai perubahan yang lebih baik. Banyak hal yang harus diperbaiki oleh sang guru dalam metode mengajarnya. Guru harus memiliki jiwa kreatif dan inovatif dalam menentukan metode/ strategi pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah guru yang berusaha melibatkan siswa untuk berperanaktif di dalam pembelajara. Sebaik-baiknya pembelajaran ialah guru yang selalu memahami karakteristik siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  66. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Sebenar-benar kelas pembelajaran adalah laboratorium bagi siswa. Oleh karena itu sebenar-benar guru adalah yang tidak hanya melakukan pengajaran di kelas, tetapi juga melakukan penelitian yang hasilnya digunakan untuk melakukan inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  67. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Perubahan adalah sunnatullah, hal yang sudah pasti terjadinya. Perubahan dalam proses pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas, baik proses maupun hasil belajar. Oleh karena itu sebagai pengajar hendaknya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pengajarannya, yang secara langsung akan berakibat pada baiknya kualitas hasil belajar para siswanya.

    ReplyDelete
  68. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Perubahan dalam proses pembelajaran tidak boleh dilakukan secara spontan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang terkait. Melakukan assessmen secara komprehensif dan menerapkan hasilnya untuk evaluasi proses dan hasil belajar adalah salah satu bentuk penelitian seorang pengajar. Penelitian lainnya adalah penelitian tindakan kelas dan lesson study, karena keduanya secara langsung dpat memberikan masukan terhadap kegiatan belajar-mengajar.

    ReplyDelete
  69. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perubahan merupakan suatu hal yang tidak dapat kita hindari. Dan kita memang harus selalu berubah karena ruang dan waktu pun juga terus berubah. Tak terkecuali seorang guru. Guru juga dituntut untuk terus berubah. Berubah disini adalah terus memperbaharui metode pembelajaran, instrumen, dan perangkat pembelajaran lainnya melalui inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini dapat diterapkan dalam kelas melalui penelitian tindakan kelas. Maka guru juga harus melakukan persiapan dengan mempelajari inovasi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas. Guru juga harus meniatkan setiap perubahan yang dilakukannya agar bermanfaat bagi dirinya dan siswanya didunia dan diakhirat.

    ReplyDelete
  70. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Perubahan itu tidak dapat dihindari, maka jelas dikatakan bahwa di dunia ini tidak ada yang sama, aku yang sekarang berbeda dengan aku yang nanti, maupun yang tadi. Pandangan mengenai suatu hal itu juga begitu, berubah-ubah sesuai ruang dan waktu. Karena manusia itu sifat, selalu berubah, karena yang kekal hanya Tuhan. Kemudian jika dikaitkan dengan pendidikan, maka guru itu juga manusia, yang tentu setiap saat berubah. Siswa juga manusia. Manusia itu sifat, maka guru itu sifat, siswa sifat, sifat ketemu sifat. Maka akan muncul berbagai masalah disana sejalan dengan terjadinya perubahan. Maka peran guru disini adalah selalu melakukan perubahan yang diseuaikan dengan perubahan siswa, dari metode, penyampaian, sikap, dll untuk dapat memahami siswa dan menciptakan pembelajaran yang maksimal.

    ReplyDelete
  71. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Ilmu selalu berkembangan dan melakukan perubahan seiring perkembangan jaman. Sehingga dalam belajar tak akan pernah kehabisan suatu ilmu. Dalam pembelajaran matematika maka sudah menjadi keharusan siswa mengalami perubahan dari pembelajaran pertama, kedua dan seterusnya. Perubahan yang dimaksud adalah bahwa siswa semakin meningkat pengetahuan yang dimiliki. Guru juga demikian. untuk mengakomodasi kebutuhan siswa akan belajar maka guru harusnya selalu meningkatkan dimensi keilmuannya serta melakukan inonasi-inovasi supaya pembelajaran matematika di sekolah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan mampu menstimulus siswa untuk menggapai pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  72. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Ada 6 syarat yang harus kita miliki agar dapat melakukan perubahan. Pertama, kita harus memiliki kesadaran tentang perubahan itu sendiri. Kedua, kita harus memperbaharui niat dan motivasi untuk melakukan perubahan. Ketiga, kita harus menemukan alasan melakukan perubahan. Keempat, kita harus memiliki pemahaman tentang perubahan itu. Kelima, kita harus mencoba, berlatih dan terbiasa melakukan perubahan. Keenam, kita harus selalu melakukan refleksi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id