Feb 12, 2013

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)




Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika.


Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat pada ersiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Berikut merupakan contoh bagaimana Bapak Faizin (Blora) peserta Sertifikasi Guru jalur pendidikan berusaha mengembangkan RPP dan mencoba mempraktekannya dalam sinopsis pembelajaran matematika (ke persiapan peer teaching) dimana kawan satu kelas berlaku sebagai muridnya. Kompetensi Pembelajaran adalah siswa SMP Kelas IX dapat mencari Volume Kerucut. Indikator: Siswa dapat menemukan Rumus Volume Kerucut.
Tanggapan saya sebagai Dosen/Pembimbing antara lain adalah: Pembelajaran masih bersifat tradisional dengan metode tunggal ekspositori dan beorientasi kepada guru. Semua kalimat dan tindakan pedagogik guru diarahkan untuk mengendalikan kelas agar guru mampu mendeliver ilmunya kepada siswa. Guru belum percaya bahwa siswa mampu melakukan kegiatan matematika secara mandiri. Lks dan skema pembelajaran belum dikembangkan. Siswa masih bersifat pasif dan guru mendominasi kegiatan dan inisiatif. Metode pembelajaran juga masih bersifat transfer of knowledge dimana siswa dianggap sebagai Empty vessel (Tong Kosong). Pembelajaran bersifat directed teaching dan belum memberi kesempatan melakukan aktivitas secara mandiri. Kegiatan siswa bersifat semu karena masih belum riel dan hanya pengandaian.
Saya mengundang Bapak Faizin dan teman-teman yang lain untuk memberikan tanggapannya atas tanggapan yang telah dilakukan dikelas. Saya menunggu tanggapan-tanggapan (Marsigit, 18 Nopember 2008)

35 comments:

  1. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Mungkin bukan hanya Bapak F yang melakukan hal tersebut, masih banyak di luar sana yang masih seperti itu, termasuk juga saya. Astaghfirullah. Kebanyakan guru hanya mengejar sertifikasi. Namun dari hasil data bank dunia bahwa sertifikasi tidak mendorong secara signifikan kualitas guru dalam mengajar. Ini merupakan PR besar bagi kita semua. Tetaplah belajar dan terus belajar agar kita menjadi guru yang baik. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Perencanaan / persiapan dalam pembelajaran matematika memang sangat diperlukan. Saat ini telah diterapkan kurikulum 2013 dengan berbasis pendekatan saintifik yang berorientasi pada siswa, sehingga perlu dilakukan inovasi pembelajaran oleh guru. Guru haruslah menguasai matematika formal. Sedangkan siswa SMP baru mengenal matematikakonkret dan semi formal. Karena tidak sedikit persepsi bahwa matematika itu sulit maka persepsi tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk membuat matematika yang menyenangkan. Menurut saya, pendekatan kooperatif dapat menjadi pilihan awal untuk mulai mengaktifkan peserta didik, sehingga peserta didik juga berperan serta dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, ada banyak modelnya. Selanjutnya guru harus membuat LKS yang dapat membimbing peserta didik untuk mengkonstruksi ilmunya, dengan menerapkan pendekatan kontekstual atau problem solving dalam LKS. LKS dibuat beberapa macam untuk memfasilitasi siswa yang cerdas, sedang, dan lemah.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Lesson Plan atau yang biasa kita sebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran selama ini hanyalah berkutat pada kertas saja. Tidak semua RPP dilaksanakan seperti pada apa yang sudah dituliskan. “Yang penting ada dulu administrasinya”, begitulah kasarnya. Hal ini sangat perlu kita ubah, RPP sebaiknya dibuat dengan baik dan dilaksanakan dengan baik pula. RPP saat ini adalah RPP yang memuat keaktifan siswa. Bukan lagi guru yang aktif dalam pembelajaran. Itu sangat perlu untuk dilakukan dilaksanakan bukan hanya direncanakan saja.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Idealnya memang apa yang dilaksanakan selama proses pembelajaran di kelas sudah dipersiapkan dan dirancang terlebih dahulu dan secara administrasi disebut dengan lesson plan atau sering kita kenal dengan istilah RPP. Penyebab masih belum berkembangnya lesson plan adalah kekurangsiapan guru pada sajian proses belajar matematika. Bisa jadi karena ketidakpahaman guru akan hakekat RPP itu sendiri, sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ada pula guru yang beranggapan bahwa RPP hanya sebatas tuntutan administrasi saja. Sehingga seringkali apa yang tertulis di RPP tidak dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung.

    ReplyDelete
  5. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Saya setuju dengan hal tersebut. Namun jika menilik keadaan real di lapangan maka perlu upaya yang membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk merealisasikan cita-cita tersebut. Perlu perbaikan diberbagai sisi, lini, jenjang, dan harus terstruktur dan sistematik. Paradigma dan praktek pembelajaran transfer ilmu yang diterapkan oleh guru memang harus mulai dirubah minimal ada keinginan dan cita-cita untuk mengupayakan hal tersebut dan salah satunya dengan mengembangkan rpp yang sesuai dan tidak kaku dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dari artikel di atas dapat ditarik gambaran umum bahwa antara persipan umum dan persiapan khusus dalam sebuah pendidikan saling bersinergi, Persiapan umum menyangkut kajian, teori, tujuan serta implementasi yang kesemuanya dapat dicapai tergantung kematangan persiapan khusus dalam pembelajaran seperti penyusunan RPP. Sehingga diharapakan guru dalam upaya mesukseskan sebuah pembelajaran dapat menyusun dan mengimplementasi RPP yang di dalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran yang bervariasi mecakup metode pembelajaran, ada media belajar yang inovatif serta LKS yang mampu meningkatkan kompetensi siswanya.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan artikel di atas, persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khusus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan).

    ReplyDelete
  8. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan khusus bertujuan untuk membuat dan mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan. Dalam era globalisasi ini, guru dituntut untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. jadi hendaknya guru dapat mengembangkan RPP(lesson plan) sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasarnya yang dikaji dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga diharapkan dapat merubah paradigma tersebut menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Dengan demikian akan menjadikan siswa kreatif dan mandiri dalam menyelesaikan persoalan.

    ReplyDelete
  9. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    menjadi guru yang tangguh adalah menjadi guru yang terpelajar, dari artikel diatas kita bisa nyatakan bahwa persipan umum dan persiapan khusus dalam sebuah pendidikan saling bersinergi, Persiapan umum menyangkut kajian, teori, tujuan serta implementasi yang kesemuanya dapat dicapai tergantung kematangan persiapan khusus dalam pembelajaran seperti penyusunan RPP atau bahan ajar. di era globalisasi sekarang sudah seharusnya pembelajaran telah berorientasi kepada siswa (student center) dan guru menjadi fasilitatornya dengan lesson plan yang baik dan terencana dengan efektif

    ReplyDelete
  10. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Kemampuan guru mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mempelajarai materi mata pelajaran. Guru lebih baik menyediakan LKS yang tidak hanya dapat mengukur kemampuan siswa, namun juga memberikan arahan atau sumber informasi dalam pemahaman materi oleh benaknya sendiri. Media yang digunakan juga bervariasi, misalkan dalam materi tertentu, guru matematika menggunakan LCD untuk menampilkan peragaan yang menarik sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Maka, kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar maupun media belajar menjadi penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  11. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Persiapan umum dan persiapan khusus merupakan persiapan pembelajaran dalam matematika. Persiapan umum lebih meliputi pembelajaran yang kreatif dan inovatif (kajian teori, tujuan, dan mengimplementasikan) sedangkan persiapan khusus lebih pada persiapan pembelajaran di kelas. Seperti menganalisis kurikulum, yang pada akhirnya menghasilkan RPP serta mengembangkannya yang dapat digunakan dalam lesson study. Selain itu, dapat menggunakan LKS untuk meningkatkan kompetensi siswa.

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dari artikel di atas dapat ditarik gambaran umum bahwa antara persipan umum dan persiapan khusus dalam sebuah pendidikan saling bersinergi. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika.

    ReplyDelete
  13. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran selama ini hanyalah berkutat pada kertas saja. Tidak semua RPP dilaksanakan seperti pada apa yang sudah dituliskan. Penyebab masih belum berkembangnya lesson plan adalah kekurangsiapan guru pada sajian proses belajar matematika. Bisa jadi karena ketidakpahaman guru akan hakekat RPP itu sendiri, sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kemampuan guru mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mempelajarai materi mata pelajaran.

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


    proses pembelajaran seyogyanya dapat dipersiapkan dengan baik. Persiapan ini meliputi persiapan umum dan persiapan khusus. Tentunya hal itu dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Namun, segala infrastruktur pendidikan perlu diperhatikan bagi para pembuat kebijakan. Mengingat banyak sekolah yang belum mendapatkan fasilitas dan sarana serta prasarana yang memadai. Adapula sekolah yang perlu untuk direnovasi agar tidak membahayakan siswanya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Sebelum seorang guru melakukan proses pembelajaran, sebaiknya guru harus membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, RPP dapat dijadikan acuan bagi guru dalam penyampaian materi, penggunakan media yang sesuai, membuat bahan ajar atau LKS, dan membawa alat peraga. Dengan persiapan tersebut, maka seorang guru dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Persiapan umum dan persiapan khusus diharapkan dapat membantu mengubah paradigma lama menjadi pradigma baru, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  16. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Agar pembelajaran dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, seorang guru seharusnya membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan bisa bersifat umum yang menekankan pada hakikat matematika dan bersifat khusus yang menekankan pada perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran abad keduapuluh satu ini haruslah berpusat pada siswa, jangan seperti yang dilakukan pada contoh artikel di atas. Dengan pembelajaran yang bersifat pada siswa dan guru sebagai fasilitator maka akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif mengkontruksi pengetahuan baru dengan pengetahuan yang dimiliki sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  17. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP/B
    Lesson plan of mathematics is not far from other lesson plans. what the teacher should focus on is SPECIFIC PREPARATION rather than GENERAL preaparation. specific preparation takes place in class.i mean its effect is direct to the learners. the teacher should routinely evaluate his/her teaching and the student's activities as well.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Agar dapat mengefisienkan waktu dan materi yang akan diajarkan, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai silabus guru harus sudah mempunyai persiapan pembelajaran sebelum guru memasuki kelas, guru harus tahu akan melakukan apa saja di dalam kelas. Sehingga semuanya terencana agar dapat mengefisienkan waktu dan materi yang akan diajarkan, sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai silabus. Oleh karena itu guru haruslah pandai dalam membuat RPP agar tercipta pembelajaran yang inovatif dan bermakna bagi siswa. Dengan demikian, kita sebagai calon guru tidak boleh malas membuat RPP. Selain itu juga RPP tidak hanya dijadikan formalitas semata yang tidak disesuaikan dengan pelaksanaan pembelajaran. Hendaknya antara RPP dan pembelajaran yang dilaksanakan sinkron atau sesuai. Sehingga dapat diciptakan pembelajaran yang bermakna jika kita melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yng sudah disiapkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  19. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari uraian persiapan pembelajran sangat mencakup secara kesluruhanutuk mempersiapkan pembelajran yang maksimal. karen dengan mengathui dari general hingga umum kan menbahkan kemantapan ita dalam megjara, menjar aynga teat sasaran, pmeblajran yang bermakna, meblajaran yang menjcapai tujuan belajarr, mencapai kompetensi yang diatur oleh aturan pemerintah.sehingga denga npersiapan yang telah disaiapkan dan dilakuakn akan memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien,.

    ReplyDelete
  20. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Materi pembelajaran matematika di SMP sudah cukup kompleks. Dengan demikian banyak guru yang mngembangkan LKS dengan berbagai macam pendekatan pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan juga kebermanfaatan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang digunakan juga bervariasi. Bahkan untuk siswa SMP, banyak juga yang tedah mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT.

    ReplyDelete
  21. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Program sertifikasi guru yang digalakkan oleh pemerintah, selain untuk meningkatkan kesejahteraan guru juga sebagai motivasi bagi guru untuk melakukan pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif lagi. Setelah menerima sertifikasi, guru dituntut untuk lebih mengembangkan kemampuan dan skill nya dalam mengimplementasikan pembelajaran di kelas. Guru dituntut untuk mampu menguasai beragam media informasi yang mampu menunjang pembelajaran yang inovatif. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa guru kencing berdiri dan murid kencing berlari, dalam hal ini guru harus menjadi teladan yang baik siswa-siswanya, guru harus memmberikan contoh yang positif terhadap perkembangan karakter siswa itu sendiri melalui interaksi di dalam pembelajaran.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  22. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dari Elegi di atas, ternyata persiapan pembelajaran dapat dibagi dalam 2 yakni, persiapan Umum dan Khusus. Persiapan Umum terdiri dari Kaian dan Penyesuaian paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran inovatif serta implementasi (Hakekat matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian matematika, dan hakekat sumber belajar). Sedangkan persiapan khusus terkait meliputi persiapan pembelajarn matematika di kelas (Analisis kurikulum demi menghasilkan RPP)

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Masih banyak pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, masih bersifat tranfer of knowledge dari guru kepada siswa, siswa belum dipercaya untuk bekerja dan mencari pengetahuannya secara mandiri. Ini mungkin saja karena persiapan pembelajaran belum dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu, guru dianjurkan mempersiapkan pembelajaran secara maksimal, baik persiapan umum maupun khusus.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Sebuah perencanaan pembelajaran yang baik akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik pula. Perencanaan berarti mempersiapkan. Ada dua macam persiapan dalam pembelajaran, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan pembelajaran inovatif dan implementasinya dan lain-lain. Sedangkan oersiapan khusus yang meliputi persiapan terkait dengan proses pembelajaran di dalam kelas. Persiapan khusus nantinya akan menghasilkan sebuah RPP. Persiapan dilakukan agar mampu menghasilkan proses pembelajaran yang bermakna dan yang lebih berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  25. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum program pembelajaran Matematika di SMP. Persiapan perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompe­tensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembela­jaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. Persiapan yang matang akan menghasilkan ketercapian tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    RPP menjadi poin penting dalam KBM. Maka seyogyanya pembelajaran sudah dipersiapkan secara administrasi maupun yang lainnya. DIharapkan guru bisa membuat RPP yang baik dan mengimplementasikannya sesuai RPP baik secara metode, media, waktu, tempat dan lain sebagainya.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  27. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Kembali lagi bagaiamana manusia menempatkan apa yang harus dilakukan sesuai dengan nurani dan ikhlasnya. Mungkin tak dapat dipungkiri atau dihindari bahwa segala sesuatu dilakukan atas dasar material yang akan diperoleh, namun sebaiknya jika tujuan dan niat baik menjadi lebih dominan didalamnya. Fungsi pemerintah mengadakan program PLPG adalah salah satu bentuk memajukan kualitas guru yang kemudian dimotivasi dengan adanya sertifikasi.
    Adapun tujuan dilaksanakannya PLPG adalah sebagai berikut.
    1. Untuk meningkatkan kompetensi guru yang belum lulus dalam penilaian portofolio.
    2. Untuk menentukan kelulusan peserta sertifikasi guru dalam jabatan yang belum lulus dalam penilaian portofolio.
    Adapun manfaat yang bisa di dapat dari pelaksanaan PLPG ini adalah sebagai berikut.
    1. Wawasan dan pengetahuan guru di bidang pembelajaran dapat ditingkatkan dengan adanya pelatihan ini.
    2. Guru bisa mempraktekkan bagaimana cara mengajar di depan para peserta lainnya.
    3. Menambah wawasan cara membuat karya ilmiah, modul dan penelitian lainnya.

    ReplyDelete
  28. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari tanggapan Prof. Marsigit pada mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika, dapat kita simak bahwa beberapa atau mungkin secara keseluruhan guru yang menjadi partisipan masih menganut gaya tradisional dalam mengajarkan matematika, seperti yang dituliskan bahwa pemebelajaran masih berpusat pada guru diana guru berusaha mentarnsfer ilmunya ketimbang menuntun siswa dalam melakukan sendiri kegiatan matematika. Hal ini bisa berakibat fatal karena bisa mengikis kemampuan intuisi matematika siswa sehingga siswa nanti bisa menjadi pasif dan apatis terhadap pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  29. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam melakukan pembelajaran diperlukan rencana pembelajaran agar dapat melakukan management pengajaran baik itu waktu, strategi, metode atau hal-hal yang perlu dilakukan demi terjadinya efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  30. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pend Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.
    Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.
    Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  31. Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.
    Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013.
    Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  32. Idealnya proses pembelajaran yang baik ialah pembeajaran yang berorientasi kepada siswa. Dimana guru berperan sebagai fasilitator dan tidak serta merta mentransfer pengetahuannya kepada siswa. Hal ini terkesan memaksa siswa dalam memperoleh pengetahuan. Siswa menjadi audience dan guru sebagai pembicara. Tentu kebosanan akan timbul dalam situasi seperti ini. Paradigma lama dimana pembelajaran dari guru ke siswa harus diubah menjadi pembelajaran dari siswa untuk siswa. Guru perlu mengupgrade kemampuannya dalam menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Akan tetapi, faktanya masih minimnya pengetahuan tentang penerapan strategi belajar mengajar menjadi kendala sendiri. Hal inilah yang mungkin menjadi kendala yang dihadapi guru tersebut.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  33. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Pada dasarnya semua apa yang kita lakukan butuh persiapan yang baik dan terencana untuk memenuhi target yang diinginkan. Pada proses pembelajaran mateatika juga butuh persiapan yang matang. Persiapan digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu; persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian.

    ReplyDelete
  34. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Persiapan pembelajaran merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan seorang guru. Dalam hal ini, dibagi menjadi 2 tahap persiapan yakni persiapan umum dan persiapan khusus.
    Perencanaan pembelajaran diimplementasikan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang merupakan hasil dari persiapan khusus. Penting bagi seorang guru untuk menyiapkan perencanaan dengan baik agar ruang kelas berjalan sesuai dengan tujuan dan rancangan yang diharapkan dan ditetapkan.

    ReplyDelete
  35. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Mengutip kalimat dalam artikel di atas, “Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri”.

    Ya, saya sangat sepakat bahwa dalam pembelajaran apapun sumber belajar terbaik adalah yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Karena guru adalah pemandu jalannya ruang kelas, maka arah dan tujuan bergantung padanya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id