Feb 12, 2013

The anxiety of Mathematics Teachers and Their Problems




By Marsigit
The respondent teachers indicated that their anxieties were related closely to their problems of teaching. Furthermore, the teachers expressed that the following reflects their difficulties and expected problems in conducting teaching learning of mathematics at secondary school:
1. Some teachers do not expect to produce the text book by themselves. From the available text-books the teachers want to have criteria how to choose them appropriately.
2. Some teachers have questioned about the effectiveness of the component of innovative teaching e.g. they expressed their experiences that group discussion has not contributed quickly to the achievement on national examination.
3. There was a teacher wish to in-depth study on how to develop Lesson Plan for Team Teaching. However, some teachers acknowledged that they had not a clear the picture of the implementation of the team teaching yet.
4. Some teachers acknowledged that their styles of mathematics teaching were much influenced by their obligation to prepare their students to get high achievement on national examination.
5. Some teachers felt still to have difficulties on determining time allocation. They felt to have more time for teaching mathematics.
6. There are more teachers expected to be able to develop more practical and more effective students’ worksheet. How about their structure, their form, and the minimum requirement should be put on them.
.....to be continued........

37 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Beberapa permasalahan atau kegelisahan yang dihadapi oleh guru mengenai pembelajaran seperti yang dipaparkan pada artikel, menurut saya kuncinya ada pada keinginan guru itu sendiri. Kebanyakan kegelisahan guru adalah mengenai inovasi pembelajaran dan persiapannya terkait dengan paradigma baru pendidikan yaitu berorientasi pada siswa (student centered). Inovasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik jika guru memahami betul karakter siswa, peka mengenai kekurangan pada pembelajaran sebelumnya seingga berusaha memperbaiki pada perencanaan berikutnya, selain berusaha untuk selalu memperbaiki dan membuat variasi, guru harus bisa menyiapkan materi sendir. Menyiapkan materi sendiri seperti text book, yang dimaksudkan adalah sesuai dengan materi pokok pembelajaran hanya dikembangkan sesuai karakteristik siswa. Membuat siswa agar bisa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya bukanlah perkara yang mudah, mengingat perbedaan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, kuncinya adalah kemauan guru itu sendiri. Jika guru ingin dan mau, maka guru akan berusaha secara maksimal untuk selalu membuat inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Kecemasan dan permasalahan guru matematika. Kecemasan guru matematika kebanyakan adalah tentang bagaimana mereka mengajar. Masalah-masalah yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran matematika adalah guru perlu melakukan inovasi dan menggunakan model-model pembelajaran mutakhir, namun guru dituntut pula untuk mempersiapkan siswa agar memperoleh hasil yang tinggi dalam ujian nasional. Selain itu, problematika ditambah dengan alokasi waktu pembelajaran yang kurang untuk mencapai targetan yang menjadi tuntutan. Terdapat harapan oleh guru untuk memperdalam studi tentang bagaimana megembangkan pembuatan RPP dan team teaching. Beberapa guru mengakui bahwa cara mengajar yang dilakukannya adalah lebih mengarah pada tujuan keberhasilan pencapaian nilai ketika Ujian Nasional. Beberapa guru masih kesulitan untuk menentukan alokasi waktu ketika mengajar. Serta ada lebih banyak harapan untuk para guru dapat mengembangkan lembar kerja siswa yang lebih praktis dan lebih efektif.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Permasalahan yang ada pada dunia pendidikan memang sangat banyak. Banyak sekali hal yang bisa didiskusikann oleh para pendidik saat ini. Sesama pendidik atau guru bisa saling bekerjasama dalam menciptakan pembelajaran . Hal ini akan menambah ilmu pengetahuan guru yang memberikan pengalaman ataupun yang mendengarkan pengalaman tesebut.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Berikut ini akan dibahas mengenai kecemasan yang dirasakan oleh seorang guru matematika dan beberapa permaslahan yang lainnya, antara lain: 1) Beberapa guru tidak mengharapkan untuk membuat buku teks sendiri, 2) Beberapa guru telah mempertanyakan keefektifan pembelajaran inovatif ketika siswa dihadapkan dalam Ujian Nasional, 3) Terdapat harapan oleh guru untuk memperdalam studi tentang bagaimana megembangkan pembuatan RPP dan team teaching, 4) Beberapa guru mengakui bahwa cara mengajar yang dilakukannya adalah lebih mengarah pada tujuan keberhasilan pencapaian nilai ketika Ujian Nasional, 5) Beberapa guru masih kesulitan untuk menentukan alokasi waktu ketika mengajar, 6) Ada lebih banyak harapan untuk para guru dapat mengembangkan lembar kerja siswa yang lebih praktis dan lebih efektif. Dalam hal – hal tersebut sehingga dapat kita ambil hikmahnya ketika munculnya kecemasan dan permasalahan yang dialami oleh guru dapat menjadikan suatu perspektif lebih baik lagi ketika nantinya dalam menerapkan dalam pembelajaran matematika dengan Kurikulum 2013 yang sekarang telah diimplementasikan.

    ReplyDelete
  5. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Artikel di atas membahas tentang kecemasan Guru Matematika terkait dengan masalah mereka mengajar. Wajar saja jika guru masih mencemaskan masalah mereka mengajar, berarti guru itu peduli dan ingin menemukan solusi. Masih adanya masalah di kelas seharusnya mampu memacu para guru untuk berkembang menjadi lebih baik dengan mencari solusi dari permasalahannya.

    ReplyDelete
  6. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016


    Kecemasan guru matematika sebagai salah satu masalah dalam pembelajaran merupakan hal yang lumrah. Hal ini dikarenakan guru harus berusaha untuk mengajarkan konsep yang sesuai agar dipahami siswa secara menyeluruh. Selain itu, pendidik juga harus memotivasi siswa agar siswa dapat berkembang dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  7. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Permasalahan yang menimbulkan kecemasan dari para guru misalnya permasalahan mengenai buku ajar, mengetahui bagaimana komponen pengajaran untuk menuju pembelajaran yang inovatif, mengalokasikan waktu dengan efektif. Terkadang waktu yang terbuang karena ada siswa yang belum mengertinya lama. Maka peran guru disini terlihat dalam pengambilan model pembelajaran yang cocok untuk materi tersebut. Guru sebaiknya berusaha mengatasi kecemasan dirinya saat pembelajaran berlangsung agar pembelajaran terlaksana dengan baik.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Banyak sekali hal yang bisa didiskusikann oleh para pendidik saat ini, Sesama pendidik atau guru bisa saling bekerjasama dalam menciptakan pembelajaran.Masalah-masalah yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran matematika adalah guru perlu melakukan inovasi dan menggunakan model-model pembelajaran mutakhir, namun guru dituntut pula untuk mempersiapkan siswa agar memperoleh hasil yang tinggi dalam ujian nasional. Selain itu, problematika ditambah dengan alokasi waktu pembelajaran yang kurang untuk mencapai targetan yang menjadi tuntutan.

    ReplyDelete
  9. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Kebanyakan kegelisahan guru adalah mengenai inovasi pembelajaran dan persiapannya terkait dengan paradigma baru pendidikan yaitu berorientasi pada siswa (student centered). Inovasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik jika guru memahami betul karakter siswa, peka mengenai kekurangan pada pembelajaran sebelumnya seingga berusaha memperbaiki pada perencanaan berikutnya.Beberapa guru mengakui bahwa cara mengajar yang dilakukannya adalah lebih mengarah pada tujuan keberhasilan pencapaian nilai ketika Ujian Nasional.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Berbagai kekhawatiran dan permasalahan guru dalam mengajarkan matematika telah disebutkan di atas. Berbagai kekhawatiran dan permasalahan tersebut membutuhkan peran dari pemerintah untuk mengatasinya. Salah satu contohnya adalah guru ingin mempelajari secara mendalam bagaimana mengembangkan rencana pembelajaran pengajaran tim, namun mereka tidak memperoleh gambaran yang jelas tentang hal tersebut. Ketidakjelasan guru terhadap pengajaran tim yang digagas pemerintah harusnya tidak dibiarkan begitu saja. Harusnya ketika menggagas harus disertai sosialisasi, pelatihan, dan penerapan yang disupervisi secara jelas oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  11. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Berdasarkan kesulitan yang dialami guru diungkapkan oleh Prof. Marsigit tentang kecemasan dan kesulitan dalam pembelajaran matematika. Saya akan mencoba memberikan komentar dari setiap poin yang diberikan

    1. Some teachers do not expect to produce the text book by themselves. From the available text-books the teachers want to have criteria how to choose them appropriately.

    Saya berpendapat bahwa memang guru lebih banyak langsung menggunakan textbook yang diberikan. Tapi saya kurang setuju kalau mereka tidak membuat buku pegangan sendiri karena setahu saya ada forum MGMP di tingkat kabupaten yang merupakan ajang untuk berdiskusi tentang pembelajaran matematika yang disajikan dalam sebuah buku pegangan. Akan tetapi saya tidak mengetahui sejauhmana efektivitas buku pegangan itu.

    ReplyDelete
  12. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    2. Some teachers have questioned about the effectiveness of the component of innovative teaching e.g. they expressed their experiences that group discussion has not contributed quickly to the achievement on national examination.

    Saya setuju dengan kecemasan yang diuraikan disini, karena guru merasa bahwa innovative teaching membutuhkan waktu yang lama untuk meningkatkan kemampuan siswa. Selama sistem Ujian Nasional masih menggunakan drill dan berpijak pada hafalan, maka pembelajaran yang guru lakukan akan berbasis drill dan latihan. Sehingga mereka menggunakan innovative teaching kalau hanya ada kunjungan atau supervisi.

    ReplyDelete
  13. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    3. There was a teacher wish to in-depth study on how to develop Lesson Plan for Team Teaching. However, some teachers acknowledged that they had not a clear the picture of the implementation of the team teaching yet.

    Menurut fungsi pembentukannya, team Teaching merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan yang ada. Team Teaching merupakan salah satu bentuk strategi pembelajaran yang melibatkan dua guru atau lebih dalam proses pembelajaran siswa, dengan pembagian peran dan tanggung jawab secara jelas dan seimbang. Akan tetapi, menurut saya, pada prakteknya team teaching hanya ke pembagian tugas guru semata jadi penyusunan lesson plan hanya diberikan ke satu guru yaotu guru junior karena kesibukan guru senior. Sehingga diskusi untuk mendapatkan lesson plan yang efektif tidak terpenuhi.

    ReplyDelete
  14. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    4. Some teachers acknowledged that their styles of mathematics teaching were much influenced by their obligation to prepare their students to get high achievement on national examination.

    Memang diakui bahwa cara mengajar guru masih berkutat pada persiapan ujian nasional. Karena yang ditekankan adalah bagaimana agar semua anak lulus semua dan nama baik sekolah bisa terjaga. Sehingga cara mengajar pun mengikuti tipe soal ujian nasiona sehingga guru hanya menekankan hafalan-hafalan dengan metode drill.

    ReplyDelete
  15. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    5. Some teachers felt still to have difficulties on determining time allocation. They felt to have more time for teaching mathematics.

    Saya rasa time allocation bukanlah problem bagi guru SMP saja, bahkan dosen perguruan tinggi pun mengalaminya. Sehingga, sangat diperlukan pengalaman dan jam terbang yang tinggi untuk membuat time allocation yang sesuai dan juga mempersiapkan perangkat pembelajaran sebaik mungkin dengan memperkirakan problem-problem yang mungkin muncul sehingga perangkat yang digunakan bisa mengcover problem-problem tersebut.

    ReplyDelete
  16. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    6. There are more teachers expected to be able to develop more practical and more effective students’ worksheet. How about their structure, their form, and the minimum requirement should be put on them.

    Worksheet atau LKS kalau bisa dimanfaatkan dengan baik maka akan jadi senjata yang powerful untuk mengkonstruksi pengetahuan siswa. Karena memang pada praktiknya LKS yang dibuat di sekolah Indonesia hanya berisi soal-soal atau latihaan lanjutan yang harus dikerjakan oleh siswa. Sebenarnya hal itu dapat diatasi pada saat MGMP, mereka saling berkumpul, mencari literatur dan berdiskusi untuk membuat LKS yang powerfull terutama di pembelajaran matematika SMP.

    ReplyDelete
  17. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    In my opinion, I think that become a teacher is really difficult thing. Teacher, especialy mathematics teacher must have some problem about teaching mathematics. Mathematics is really complicated subject that need more time to understand it than another subject. Mathematics teacher try their best to explain it eventhough that needs more time. The anxiety of mathematics teacher is usual thing. Mathematics teacher also want to do practical about their material. But the problem is time. There is no time enough. So, mathematics teacher must feel satisfied with explain material without do practical. Another problem, Mathematics teacher want to teach their students about "problem solving" with group discussion, but in another condition, they are required to get high achievement on national examination. There are many anxiety of mathematics teacher and their problem. As candidates of mathematics teacher, we should really try our best to become a good mathematics teacher. Not easy, right? But keep fighting. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  18. martin/rwanda
    pps2016pep B
    I would like to stress more on the following anxieties: Some teachers do not expect to produce the text book by themselves. From the available text-books the teachers want to have criteria how to choose them appropriately. there are many reasons that can make them not produce some text book, publishing a book is expensive, when the govewrnment does not invest in writing, of course the teachers remain using the old books and the innovation we are talking about collapses.
    Some teachers have questioned about the effectiveness of the component of innovative teaching e.g. they expressed their experiences that group discussion has not contributed quickly to the achievement on national examination. this is a problem, the teacher who is contra that group discussion is fruitful, he has a problem of not understanding the use of group discussion. when the students are discussing among themselves, the strong ones hold the hands of the novice ones and the latter feel free to ask questions to their peers in the same group. this results in quick understanding of the material and then swift preparation of the national examination.

    ReplyDelete
  19. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Permasalahan-permasalahan yang muncul di sistem pembelajaran membuat guru menjadi khawatir dan cemas atas permasalahan tersebut sehingga mereka bingung apa yang akan dilakukan dalam menindak hal tersebut. Sebagai guru pasti mempunyai permasalahan dalam pembelajarannya, oleh karena itu guru harus mempersiapkan mental dalam menghadapinya. Problematika itu dapat di atasi jika guru mempunyai solusi yang benar dan tepat. Selain ini perlunya perencanaan yang bertahap dan mapan sehingga permasalahan satu persatu dapat di selesaikan dengan baik.

    ReplyDelete
  20. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    maalah guru diantaranya adalah kurang bisa dalam menatur alokasi waktu dnegan sebaik-baiknya dari waktu ang tersedia. guru berharap pembelajran dilakukan dalam waktu yang ebih banyak. namun bisa kita ketahui bersama bahwa pembelajaran dengan wktu yang terlalu banyak juga akn mengurangi efektivitas pembelajaran dkarenakan siswa yang juga jenuh dalam belajar jika dilakukan dalam waktu yang terlalu lama.

    ReplyDelete
  21. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Masalah yang dihadapi guru memang semakin kompleks. Hal ini karena guru memerlukan beberapa pelatihan dalam mengajar. Kegiatan lesson study bermanfaat bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajarannya.

    Selin itu, sistem pendidikan yang masih “labil” juga ikut andil dalam kegelisahan guru dalam mengajar. Bagaimana tidak, kurikulum yang terus berubah akan menjadi beban tersendiri bagi guru, karena harus menyesuaikan dengan kurikulum yang ada, belum lagi kompetensi-kompetensi yang harus dicapai, maka guru akan berpikir keras bagaimana agar pembelajaran tersebut dapat terlaksana dengan baik.

    Kurikulum saat ini masih tergantung kepada permintaan negara adidaya saat ini, sehingga kita belum bisa menerapkan kurikulum yang memang sesuai dengan fitrah manusia itu sendiri. Negara adidaya saat ini mengemban ideologi kapitalisme, sehingga mau tidak mau indonesia pun mengikuti keputusan tersebut. Indonesia sejatinya juga menganut ideologi kapitalisme, karena pandangan-pandangan hidup yang diambil sangat berkaitan erat dengan kapitalis dalam memandang kehidupan yaitu untuk kesenangan materi. Sehingga, solusinya adalah menerapkan ideologi yang mampu menyeimbangkan bahkan mengalahkan ideologi kapitalisme yang destruktif tersebut dengan ideologi yang shahih dari Allah SWT, yaitu ideologi islam yang mampu memenuhi fitrah manusia. Karena bagaimanapun, hanya Allah sajalah yang mengetahui seluk beluk manusia itu sendiri.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  22. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Kecemasan guru dalam pelaksanaaan pembelajaran dapat disebabkan karena adanya permasalahan dalam mengajar yang mereka hadapi. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas mengajar guru dan menurun kualitas guru dalam mengajar. Sehigga ada penelitian yang dilakukan untuk mengatasi kecemasan guru agar hal tersebut tidak menurunkan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  23. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Terdapat beberapa kecemasan dan permasalahan guru matematika dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu sebagian besar guru terpengaruh oleh metode pembelajaran yang mengarahkan pada suksesnya siswa untuk ujian nasional. Dimana guru tidak bisa bebas mengembangkan atau membuat inovasi pembelajaran matematika. Padahal guru dianjurkan untuk membuat inovasi pada pembelajaran.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dalam hidup selalu ada masalah, tak terkecuali masalah guru dalam pembelajaran. Mereka cemas dengan cara mengajar, cemas dengan keaktifan siswa yang kurang dan masalah lain sebagainya. Maka dari sini, guru harus menemukan solusi akan permasalahan tersebut dengan belajar dan mencari solusi terbaik. Hal inilah yang seharusnya memacu guru untuk menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  25. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    not only for national exam, som time teacher must give the quick method and ignore to create meaning ful lerning, for example, teacher feels that to contruct the konowladge is more wasting time than transfer knowkadge, student cantered is take longer time than student centered, because of that there is dillema, whic is the teacer must run to get the target in national exam or other exam.

    ReplyDelete
  26. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Salah satu kecemasan guru matematika dan masalah yang dihadapi dari elegi ini adalah :
    Some teachers do not expect to produce the text book by themselves. From the available text-books the teachers want to have criteria how to choose them appropriately. Kondisi ini memang mencerminkan realita yang ada pada dewasa ini. Guru lebih cenderung membuat pilihan yang tepat dalam memilih buku yang sudah tersedia daripada menciptakan sendiri buku yang akan digunakan. Berdasarkan telaah secara singkat hal ini terjadi karena beberapa kondisi berikut:
    1. Terbatasnya waktu yang dimiliki guru, karena beban guru dalam mengemban tugas sangat besar
    2. Kurangnya motivasi dalam diri guru membuat sesuatu yang sulit, karena guru merasa sudah banyak beban dalam mewujudkan pembelajaran yang baik.
    3. Kurangnya pengetahuan dan ide yang inovatif dalam menciptakan buku.

    Kondisi diatas mengakibatkan guru cenderung berfikir praktis, padahal dengan membuat buku sendiri yang didukung oleh sarana dan prasarana dan dukungan eksternal, guru memiliki kesempatan yang besar menciptakan inovasi buku yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan karakteristik siswa tersebut. Dan tentunya buku yang dibuat diuji nilai baik kuantitas maupun kuaitas dan divalidasi dengan baik.

    ReplyDelete
  27. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Membelajarkan siswa bukanlah merupakan suatu pekerjaan yang mudah. Banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang baik. Beberapa masalah masing sering ditemui guru sehingga menimbulkan kecemasan pada guru. Misalnya, masalah dalam penyediaan sumber belajar, pengelolaan kelas, pengelolaan materi, perencanaan pembelaaran termasuk penyusunan RPP, pemilihan metode pembelajaran, tuntutan untuk dapat lulus UN, mengalokasikan waktu, kurangnya waktu, pemahaman tentang perbedaan karakteristik siswa dan masih banyak lagi. Mengingat perbedaan karakteristik siswa penting untuk diperhatikan, guru harus menggunakan variasi di dalam pembelajaran agar dapat memfasilitasi semua siswa. Namun, siswa di dalam kelas terlalu banyak sehingga guru yang hanya seorang diri akan kewalahan dalam memfasilitasi seluruh siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal ini ialah dengan melakukan kerja sama antar guru untuk menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  28. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Melihat poin nomor dua diatas, ternyata salah satu kecemasan guru terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran kelompok diskusi atau pembelajaran kooperatif tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap performa siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Hal itulah yang menyebabkan siswa hanya diberikan dirill terus-menerus akibat kecemasan guru dalam mempersiapkan siswanya menghadapi ujian nasional.

    ReplyDelete
  29. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    permasalahan yang timbul dalam pendidikan saat ini sangatlah banyak terkhusus pada pembelajaran matematika para guru memiliki kecemasan yang patut diperhatikan oleh pemerintah. Semisal beberapa guru mempertanyakan pembelajaran inovatif yang dilakukannya akan tetapi secara kontradiksi siswa pada akhirnya akan menghadapi UN, kecemasan ini lah yang akan menimbulkan efek yang buruk pada proses pendidikan apabila tidak segera diselesaikan, untuk itu perlu ada inisiatif dari guru pula untuk mendiskusikan hal itu kepada sesama guru, dan pemerintah membuka pintu untuk dapat mendengar aspirasi-aspirasi dari para guru tersebut, sehingga apabila terselesaikan maka proses pendidikan yang ada di Indonesia akan lebih berkembang lagi.

    ReplyDelete
  30. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Dalam pengajaran matematika tidak selalu berjalan dengan mulus, pasti ada permasalahan yang ditemukan oleh guru pada tingkat sekolah menengah. Guru banyak memeprtanyakan tentang efektivitas pengajaran yang inovatif. Beberapa guru mengakui bahwa gaya mereka mengajar matematika yang banyak dipengaruhi oleh kewajiban mereka untuk mempersiapkan siswa mereka untuk mendapatkan prestasi yang tinggi pada ujian nasional.

    ReplyDelete
  31. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Kecemasan dan problem guru matematika dalam mengajar ialah terletak pada tuntutan bagaimana agar siswa bisa mampu mengerjakan soal UN matematika dan bisa mewakili sekolah sebagai peserta olimpiade dst, ini menjadi tekanan tersendiri bagi seorang guru, karena hal tersebut akan mengikis nilai dari belajar matematika tersebut, karena akan lebih berfokus pada pengerjaan soal dengan cepat dan tepat buka kepada konteks real matematika dan kebermaknaannya. dan hal ini tidak lepas dari tuntutan sekolah, sehingga guru mengajar tidak lepas dan leluasa mengembangkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  32. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Kecemassan yang lain ialah tuntutan sekolah kurikulum, dimana PBM harus sesuai dengan tuntunan kurikulum, dan hal ini tidak tercapai dengan baik karena keterbatasan waktu, sehingga sebagian guru merasa risau bagaimana caranya supaya dengan waktu yang sedikit dapat mencapai dari tujuan belajar tersebut, inilah masalah lainnya, bahwa waktu dan ruang itu mempengaruhi gaya belajar, sehingga dengan waktu yang singkat itu guru tidak bisa atau kurang efektif dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif, sehingga PBM pun hanya sekedar mengerjakan soal semata.

    ReplyDelete
  33. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dari artikel di atas kita dapat mengidentifikasi beberapa persoalan yang terjadi dalam Proses Belajar Mengajar pada guru matematika di kelas. Kecemasan guru matematika dan masalah yang mereka hadapi tentu menjadi permasalahan yang menuntut solusinya. Disinilah terlihat bahwa matematika juga membutuhkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari guru. Agar pembelajaran matematika yang “ramah” bagi siswa dapat terwujud dan PBM berlangsung interaktif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  34. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya tertarik mengomentari permasalahan nomor 5, “Some teachers felt still to have difficulties on determining time allocation. They felt to have more time for teaching mathematics”. Permasalahan waktu terkadang juga menjadi kendala tersendiri bagi guru. Ada materi yang membutuhkan waktu lebih dari 1x pertemuan dan ada pula yang dapat diselesaikan dalam kurun 1x pertemuan. Maka, kembali lagi pada fungsi RPP yang telah dibuat. Tentu guru telah memiliki pengalaman dan menerapkannya dalam RPP agar alokasi setiap materi dapat efektif dan efesien.

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Artikel tersebut memaparkan tentang kecemasan-kecemasan yang dialami guru ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Guru menjumpai berbagai masalah yang kompleks ketika pembelajaran. Masalah tersebut meliputi sistematika jalannya KBM, tentang pemilihan sumber belajar, tentang alokasi waktu pembelajaran matematika yang kurang, penggunaan alat peraga ketika pembelajaran matematika. Guru perlu memperbanyak referensi baik terkait sumber belajar atau metode-metode mengajar yang efektif digunakan.

    ReplyDelete
  36. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Permasalahan dalam proses pembelajaran menimbulkan kecemasan pada guru.
    Salah satu masalah yang disebutkan adalah mengenai fokus guru terhadap UN sehingga mengesampingkan proses pembelajaran.
    Guru menilai bahwa kerja kelompok tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama siswa yang akan mengikuti ujian nasional.
    Menurut saya, kerja kelompok justru dapat meningkatkan pemahaman siswa karena dalam kerja kelompok siswa dapat bertukar pengetahuan dan informasi.
    Selain itu kerja kelompok juga dapat meningkatkan rasa sosial siswa. Kecemasan yang dialami guru harus segera diatasi dengan cara berkonsultasi pada ahli agar para guru tdak terlalu berfokus pada UN sehingga mengabaikan aspek lain yang lebih penting.

    ReplyDelete
  37. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dalam proses pembelajaran, banyak hal yang menjadi masalah dan kecemasan guru. Antara lain kurikulum sangat kompleks yang tidak diimbangi dengan alokasi waktu dan sarana prasarana yang memadai, serta adanya UN yang dirasa menjadi distraction dalam mencapai tujuan sebenarnya dari pembelajaran. Hal-hal tersebut semestinya menjadi perhatian pemerintah untuk mencari solusi. Jangan hanya menuntut guru untuk mencari solusi atas peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan yang seringkali malah dirasa tidak menguntungkan guru.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id