Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

17 comments:

  1. Muhammad Kamaluddin
    12301241035
    Pendidikan Matematika Sub 2012

    Sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika yang tengah dipersiapkan untuk menjadi seorang guru atau pendidik nantinya, saya sangat tertarik dengan apa yang dipaparkan dalam postingan ini. Setelah membaca dan memahami tujuan yang dicanangkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa untuk menjadi seorang guru yang baik tak cukup dengan penguasaan materi saja, diperlukan pula kemampuan dan keterampilan lain untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Misalnya guru harus memiliki keterampilan untuk mengembangkan sumber belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, serta beberapa hal lain yang mampu menarik siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran Matematika. Selain itu guru haruslah mampu memahami dan mengimplementasikan secara baik fungsi, tugas, serta tanggung jawabnya.

    ReplyDelete
  2. Sri Indhah NIM 14712259012 S2 P2TK DIKDAS
    Membahas tentang persiapan seoranv guru seperti yang disebutkan di atas memang benar. Seorang guru terlebih dahulu harus merubah paradigma tentang mengajar matematika. Guru juga harus memiliki banyak referensi tentang metode mengajar. Kemudian guru harus mempersiapkan proses pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan seluruh siswa. Proses pembelajaran juga menuntut adanya penyusunan LKS dengan berbagai bentuk untuk melayani kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  3. mei wahyuni dikdas
    Seperti apa yang telah dijelaskan pada tulisan diatas. benar memang seorang guru meski pandai dalam pengelolan kelas.hal awal yg mesti diaiapkan yaitu persiapan mengajar. dengan memiliki persiapan yang baik maka akan dapat memacu untuk mengajar dengan baik. Selain persiapan pembelajaran, penguasaan materi pun penting dimiliki oleh seorang guru. Sehingga ketika smua komplit dimiliki harapan memiliki siswa dengan prestasi yang tinggi pun mudah diraih.

    ReplyDelete
  4. Perencanaan pembelajaran merupakan hal yang mutlak dan wajib dilakukan oleh guru. Guru menuangkan ide dankreativitasnya dalam perencanaan tersebut. Guru sudah mempunyai bayangan akan seperti apa pembelajarannya nanti. Dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, guru akan dapat menyusun perencanaan yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Dengan adanya perencanaan , guru akan mempunyai pandangan dan langkah-langkah pembelajaran yangharus dia lakukan dalam pembelajaran. Perencanaan yang dilakukan guru bersifat fleksibel sesuai dengan perkembangan yang terjadi di kelas.

    ReplyDelete
  5. Pendidikan Dasar P2TK 2014

    Perencanaan sebuah pembelajaran sangat penting dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran. Rencana atau skenario harus dipersiapkan secara matang. Kompetensi dasar (Basic Competence) di atas harus mampu dipahami serta di terapkan dalam sebuah pembelajaran oleh guru. Perencanaan pembelajaran diharapkan dapat membantu kelancaran guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. tetapi yang perlu di ingat , bahwa kadang-kadang guru harus selalu siap dengan segala perubahan atau kejadian yang tidak disangka-sangka dalam proses pembelajaran. Guru dituntut agar tetap tenang, dan sigap sehingga tujuan pembelajaran tercapai

    ReplyDelete
  6. p2tk dikdas
    Perencanaan pembelajaran memainkan peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi rumusan tentang apa yang akan diajarkan pada siswa, bagaimana cara mengajarkannya, dan seberapa baik siswa dapat menyerap semua bahan ajar ketika siswa telah menyelesaikan proses pembelajarannya. Perencanaan tersebut sangat penting bagi guru karena kalau tidak ada perencanan yang baik, tidak hanya siswa yang akan tidak terarah dalam proses belajarnya tapi guru juga tidak akan terkontrol, dan bisa salah arah dalam proses belajar yang dikembangkannya pada siswa.

    ReplyDelete
  7. p2tk dikdas
    Perencanaan pembelajaran memainkan peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi rumusan tentang apa yang akan diajarkan pada siswa, bagaimana cara mengajarkannya, dan seberapa baik siswa dapat menyerap semua bahan ajar ketika siswa telah menyelesaikan proses pembelajarannya. Perencanaan tersebut sangat penting bagi guru karena kalau tidak ada perencanan yang baik, tidak hanya siswa yang akan tidak terarah dalam proses belajarnya tapi guru juga tidak akan terkontrol, dan bisa salah arah dalam proses belajar yang dikembangkannya pada siswa.

    ReplyDelete
  8. Dikdas P2TK 2014

    Kedudukan sebuah perencanaan pembelajaran sangatlah strategis dan penting bagi suksesnya sebuah pelaksanaan pembelajaran. Apabila perencanaan pembelajaran dipersiapkan secara baik dan sistematis maka dalam pelaksanaan pembelajaran pun akan lebih sistematis pula. Guru akan lebih siap dengan semua metode, bahan ajar, media dan sumber belajar. Sehingga siswa akan lebih terfasilitasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. ARIFAH NUR (PD P2TK)
    14712259017

    Assalamualaikum wr.wb.
    Bismillahirrahmanirrahim...
    Sebuah perencanaan pembelajaran merupakan hal yang penting dan harus dipersiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dengan adanya perencanaan pembelajaran, diharapkan pembelajaran menjadi lebih terarah, jelas dan tercapai tujuan-tujuan pembelajarannya. Perencanaan pembelajaran merupakan pedoman bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran. Selain mempersiapkan perencanaan pembelajaran, guru juga harus mempersiapkan Lembar Kerja Siswa atau LKS yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswanya.
    Sekian dan terimakasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  10. Ketika akan melaksanakan pembelajaran, seorang guru harus terlebih dahulu melakukan persiapan. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS.Kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran karena satu-satunya orang yang mengetahui kebutuhan siswanya adalah guru itu sendiri. Guru hendaknya tidak hanya membeli LKS yang berisi kumpulan soal-soal saja tetapi juga mengembangkannya menjadi sumber informasi, teori atau temuan terbimbing yang khusus di desain untuk siswa agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. abiy risabethe S2 P2TK 14712259016

    perencanaan pembelajaran merupakan hal yang penting dan wajib dibuat bagi seorang guru. rencana pembelajaran memuat banyak sekali komponen di dalamnya yaitu konpetensi yang akan dicapai, tujuan pembelajaran, metode, bahan ajar, langkah-langkah pembelajaran, media, alat dan sumber belajar, instrumen penilaian, dan LKS. kelengkapan ini dibuat agar guru dapat menyampaikan materi dengan baik sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. guru haruslah mampu mengembangkan bahan ajar seperti LKS menjadi sebuah pedoman kegiatan bagi para siswa. perencanaan ini memang harus benar-benar dilakukan termasuk pemilihan metode yang tepat, media yang tepat sesuai materi dan kebutuhan. bila perlu guru dapat menggunakan multimedia interaktif agar pembelajaran semakin baik.

    ReplyDelete
  12. HARINI PUJI ASTUTI
    14712251011
    Dikdas
    Konsentrasi Praktisi

    Rencana pembelajaran adalah suatu hal yang mendukung guru dalam pembelajaran. Merencanakan terlebih dahulu sebelum menyampaikan suatu materi adalah tanda bahwa guru memiliki tujuan dalam melaksanakannya. Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan juga menyenangkan dapat menjadikan siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Ika Noviana
    14712251002
    Pendidikan Dasar
    Konsentrasi Praktisi

    Guru sebagai pendidik harus mampu memahami dan mengimplementasikan tentang persiapan-persiapan sebelum mengadakan proses pembelajaran matematika guna mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus memahami, merencanakan dan mengimplementasi semua hal yang dibutuhkan untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sesuai dengan kebutuhan siswa seperti media belajar, sumber seperti bahan ajar. Jika guru tidak ada persiapan sebelum proses pembelajaran maka guru itu tidak tahu arah pembelajaran, tidak mempunyai alur proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak sistematis, efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  14. Ratna Winahyu Hadiyanti
    14712251007
    Pendidikan Dasar Konsentrasi Praktisi

    Salah satu tugas guru adalah membuat perencanaan pembelajaran. Namun sebelum melakukan kegiatan tersebut alangkah baiknya apabila seorang guru merubah paradigma lamanya menjadi paradigma baru yang lebih mengorientasikan kegiatan belajar ke siswa. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa menjadi tokoh utamanya bukan guru yang mendominasi kegiatan pembelajaran. Kemudian seorang guru juga harus mengembangkan kreativitasnya, untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Apabila semua sudah direncanakan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran akan lebih terorganisir.

    ReplyDelete
  15. Nugraheni Intan Saputri
    10301241038
    Pendidikan Matematika

    Perencanaan pembelajaran matematika, dalam penjelasan di atas terlihat bahwa begitu banyak persiapan yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum memulai proses belajar mengajar. Sehingga perlu diperhatikan bahwa peran guru tidak hanya mengajarkan materi pada siswa, tetapi peran guru adalah sebagai fasilitator untuk belajar siswa. Agar siswa mampu untuk aktif dan kreatif selama proses belajar mengajar, sehingga pembelajaran yang dihasilkan berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  16. Awal Nur Kholifatur Rosyidah
    14712251021
    Pendidikan Dasar
    Konsentrasi Praktisi (Guru Kelas)

    Begitu banyak komponen yang harus dipersiapkan oleh seorang guru dalam merencanakan pembelajaran matematika. Guru tidak hanya mempersiapkan materi yang akan diajarkan pada hari itu, tetapi guru juga perlu untuk menyiapkan komponen-komponen terkait yang dibutuhkan pada saat akan mengajar dan selama proses pembelajaran. Bagaimana cara guru membelajarkan siswanya dengan penuh inovasi sehingga pembelajaran yang dihasilkan akan menarik dan menumbuhkan motivasi bagi siswa juga penting untuk diperhatikan. Guru harus memikirkan bagaimana teknik yang sekiranya dapat digunakan agar menjadikan pembelajaran matematika itu sebagai sesuatu yang menyenangkan bagi siswanya dengan tujuan menghasilkan pembelajaran bermakna. Bagaimana cara guru melakukan evaluasi atau penilaian juga tak kalah pentingnya. Alangkah baiknya jika dalam melakukan proses penilaian kemampuan siswa tidak hanya kognitifnya saja yang diukur melainkan juga harus memperhatikan afektif dan psikomotornya. Kesungguhan dan ketekunan guru untuk merencanakan atau menyiapkan pembelajaran matematika dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan perubahan paradigma mengajar akan sangat menentukan kualitas pembelajaran yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  17. Sasi Mardikarini
    14712251004
    Pendidikan Dasar Konsentrasi Praktisi


    Kesimpulan yang dapat saya ambil pertama kali adalah bahwa untuk menjadi seorang guru tidaklah mudah dan sesimpel yang dibayangkan. Untuk menjadi pendidik yang profesional, diperlukan kesiapan yang matang, pengetahuan yang cukup, niat yang kuat, serta keikhlasan yang tulus untuk selalu melakukan persiapan pembelajaran, dan menjalankan pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan siswa dan generasi bangsa yang berkualitas. Banyak hal etrnyata yang harus dipersiapkan gruu antara lain adalah variasi metode, model, dan strategi pembelajaran. Menemukan, menciptakan, dan membuat media pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan memudahkan siswa, menyiapkan kegiatan pembelajaran yang menarik, serta menguasai ilmu pengetahuan yang ada dan dapat menyampaikanya dengan cara yang sesuai dengan taraf pemikiran siswa. Khusunya dalam matematika, guru harus seslalu mampu membuat siswa senang belajar matematika, menggunakan media di setiap pembelajaran.dll. Tanpa niat yang tulus ikhlas, semua kegiatan tersebut mustahil dapat dilaksanakan dengan baik.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com