Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika

Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit



Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

108 comments:

  1. Eka Sulistyawati 13709251025
    PPs UNY Pendidikan Matematika 2013 Kelas B

    Sejalan dengan artikel ini, berikut ini saya nukilkan pendapat Ebbut dan Straker yang saya nukilkan dari http://marsigitpsiko.blogspot.com. Menurut (Ebbut and Straker, 1995) guru tidak seyogyanya menggunakan definisi matematika aksiomatis, melainkan mendefinisikan matematika sebagai matematika sekolah. Hakekat matematika sekolah meliputi :
    a. Matematika merupakan kegiatan penelusuran pola dan hubungan
    1) Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan
    2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan berbagai cara
    3) Mendorong siswa untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengekompokan dsb
    4) Mendorong siswa menarik kesimpulan umum
    5) Membantu siswa memahami dan menemukan hubungan antara pengertian satu dengan lainnya.
    b. Matematika adalah kreativitas yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan
    1) Mendorong inisiatif dan memberikan kesempatan berpikir berbeda
    2) Mendorong rasa ingin tahu, keinginan bertanya, kemampuan menyanggah dan kemampuan memperkirakan
    3) Menghargai penemuan yang di luar perkiraan sebagai hal bermanfaat daripada menganggapnya sebagai kesalahan
    4) Mendorong siswa menghargai penemuan siswa yang lainnya
    c. Matematika adalah kegiatan problem solving
    1) Menyediakan lingkungan belajar matematika yang merangsang timbulnya persoalan matematika
    2) Membantu siswa memecahkan persoalan matematika menggunakan caranya sendiri
    3) Membantu siswa mengetahui informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan matematika
    4) Mendorong siswa untuk berpikir logis, konsisten, sistematis dan mengembangkan sistem dokumentasi/catatan
    d. Matematika merupakan alat berkomunikasi
    1) Mendorong siswa mengenal sifat matematika
    2) Mendorong siswa membuat contoh sifat matematika
    3) Mendorong siswa membaca dan menulis matematika
    Berdasarkan pendapat Ebbut dan Straker ini hendaknya seorang guru mampu merancang dan mengadakan kegiatan pembelajaran yang di dalamnya memuat hal-hal di atas. Dimana pada intinya siswa dilibatkan aktif dalam pembelajaran, sedangkan guru hanya memfasilitasi siswa untuk belajar, bereksporasi untuk menyediakan sumber belajar yang seluas-luasnya, dll.

    ReplyDelete
  2. ا ﻠسلا م عليكم و ر حمة ﺍﷲ و بر كا ﺗﮫ

    Ketika membuat perencanaan untuk pelajaran matematika, perlu mewujudkannya dengan kreatif, membentuk pelajaran matematika interaktif yang melibatkan para siswa dalam proses pembelajaran. Jika memungkinkan, rencanakan aktifitas yang akan menjadikan siswa-siswa berdiri dan bergerak di dalam atau di sekitar kelas. Beberapa tips untuk perencanaan (pembelajaran) matematika sebagai berikut: Pertama fokuskan pada satu kemampuan matematika guna menjamin kedalaman pembelajarannya. Kedua antisipasi perlunya menyediakan bantuan tambahan untuk siswa-siswa yang memiliki kesulitan belajar. Ketiga rencanakan kegiatan tambahan untuk menjamin bahwa siswa-siswa berkemampuan maju memperoleh sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Keempat rencanakan permainan-permaian matematika jika memungkinkan. Kelima rencanakan kerja kelompok yang memberikan kesempatan bagi yang siswa-siswa yang maju membantu siswa-siswa yang lambat belajarnya.

    Wallahu a’lam bish-shawabi…

    ReplyDelete
  3. uki suhendar
    pps UNY PM D
    13709251057
    sangat setuju dengan apa yang ditulis pada postingan ini, sepandai apapun seorang siswa jika ada seorang guru yang membimbingnya dengan benar maka kepintarannya akan cepat membawa sang siswa sukses dan tepat mencapai tujuan. semoga perencanaan tersebut di atas dapat terlaksana dengan baik dan benar dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia oleh semua manusia khususnya guru matematika.amiiin.

    ReplyDelete
  4. Hanna Filen Sopia (13709251052)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas B

    Tujuan pembelajaran matematika di sekolah mengacu kepada fungsi matematika serta kepada tujuan pendidikan nasional. Tujuan umum diberikannya matematika pada jenjang pendidikan umum dan menengah adalah sebagai berikut, yaitu:
    Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
    Tujuan ini memberikan penekanan nalar dan sikap siswa pada keterampilan dalam penerapan matematika, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam mempelajari ilmu pengetahuan yang lainnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Raoda Ismail (13709251060)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas D

    Ketika akan melaksanakan pembelajaran, seorang guru harus terlebih dahulu melakukan persiapan. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS.Kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran karena satu-satunya orang yang mengetahui kebutuhan siswanya adalah guru itu sendiri. Guru hendaknya tidak hanya membeli LKS yang berisi kumpulan soal-soal saja tetapi juga mengembangkannya menjadi sumber informasi, teori atau temuan terbimbing yang khusus di desain untuk siswa agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Ekarani Mintarica
    10301241022
    Pendidikan Matematika 2010

    Setiap guru tentu sebelum mengajar membutuhkan persiapan sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar. Pada saat ini peran guru adalah sebagai fasilitator untuk siswa sehingga pada saat perencanaan guru akan mempersiapkan bagaimana cara agar siswa aktif. Selain itu banyak perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan dan juga metode yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Guru juga harus memaksimalkan sumber belajar sebagai penunjang belajar.

    ReplyDelete
  7. Reni Sundari (10301241011)
    Pendidikan Matematika Sub 2010

    Rencana pengajaran merupakan perencanaan yang disusun guru untuk menyusun berbagai tindakan yang akan dilalakukan dikelas atau diluar kelas. Perencanaan pembelajaran dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yakni kompetensi dasar, indikator hasil belajar, dan penilaian.

    ReplyDelete
  8. NIM:13709251016/PPs UNY P-Mat.A

    Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Dalam kenyataannya sekarang ini, guru matematika di sekolah lebih fokus kepada persiapan khusus. Padahal persiapan umum jauh lebih penting dari pada persiapan khusus. Apa sebab? Sebab persiapan umum merupakan paradigma atau filosofi dari pembelajaran matematika. Seorang guru tidak memiliki pemahaman yang benar mengenai persiapn umum ini, akan cenderung tidak mampu menciptakan pembelajaran matematika yang inovatif. Bahkan akan lebih cenderung memberikan persepi yang salah kepada siswa bahwa matematika itu menakutkan, sulit dan membosankan.

    ReplyDelete
  9. Tyas Aditya Ningrum
    10301241017
    Pend. Matematika 2010

    Sebelum menyelenggarakan pembelajaran di kelas, guru hendaknya melakukan persiapan. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran juga dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan media atau LKS yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Dewi Mardhiyana (13709251043)
    PPs UNY Pendidikan Matematika kelas B

    Perencanaan pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses atau cara berfikir mengenai sesuatu hal yang akan dilakukan dengan tujuan agar seorang dapat berubah. Perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
    Dalam pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap siswa yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum. Guru harus menentukan strategi atau langkah-langkah pembelajaran matematika dengan baik agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  11. SAMSUL BAHRI (13709251051)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas B

    Assalamualaikum,,,wr,,,wb
    Pembelajaran yang bagus adalah pembelajaran yang perencanaannya matang. terkait dengan perencanaan pembelajaran ini, saya setuju dengan pendapat bapak Prof Marsigit yang menggolongkan persiapan pembelajaran matematika menjadi dua kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan).

    ReplyDelete
  12. Samsul Feri Apriyadi
    10301241009
    Pendidikan Matematika 2010

    Ketika akan melaksanakan pembelajaran, seorang guru harus terlebih dahulu melakukan persiapan. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya.
    Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS. Karena LKS dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi, teori atau temuan terbimbing yang khusus di desain untuk siswa agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Muhammad Rizal Fahlevi (13709251011)
    Pendidikan Matematika PPs UNY 2013

    inti menjadi seorang guru yang profesional adalah ketika guru sudah memahami secara mendalam terkait persiapan umum dan khusus menjadi guru yang baik dan bijak. ketika guru sudah menguasai kedua persiapan guru tersebut, insya ALLAH guru tersebut bisa mengemban amanah dalam melakukan pembelajaran matematika dimanapun guru tersebut ditempatkan bekerja. memang sulit mencari, membuat seorang guru menjadi sempurna yang memiliki kemampuan sempurna di Indonesia, akan tetapi semua hal kegiatan positif yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan di Indonesia patut di apresiasi untuk mencari guru yang mendekati sempurna.... s mengadalah satu ajang menemukan guru yang mendekati sempurna dari pemerintah yaitu mengadakan PLPG ini atau sertifikat guru.

    ReplyDelete
  14. Ulfa Arisa Eka Cahyani (10301241008)
    Pendidikan Matematika 2010

    Saya sangat setuju dengan postingan bapak ini. Setiap kali guru akan mengajar sangat perlulah adanya persiapan yang matang. Penguasaan materi dan mempersiapakan keperluan siswa sangatlah penting. Salah satu yang harus dilakukan guru adalah mempersiapkan RPP yang termasuk di dalamnya adalah LKS. LKS yang biasanya ada hanya berisi soal-soal saja, maka yang guru harus lakukan adalah membuat LKS yang berisi banyak informasi bagi siswa bahkan siswa mampu belajar mandiri menggunakan LKSnya dan tidak melulu siswa diberikan materi dalam bentuk jadi, namun siswa mampu belajar dengan penemuan mereka sendiri dan guru hanya sebagai fasilitator dan pembimbing saja.

    ReplyDelete
  15. Lina Dwi Astuti
    10301241030
    P. Matematika 2010

    Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru mempersiapkan semua yang dibutuhkan siswa baik secara meteri maupun emosional. Persiapan materi bisa berupa RPP, LKS, alat peraga, dan lain-lain. Sedangkan persiapan yang menyangkut emosional adalah motivasi-motivasi yang membangun bagi siswa. Dengan motivasi tersebut, pembelajaran tidak hanya menyangkut materi tetapi lebih melibatkan siswanya. Siswa yang merasa dilibatkan dalam pembelajaran akan lebih semangat untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  16. Zuli Nuraeni
    13709251059
    PPs UNY Pend. Matematika Kls D

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Setiap kali mengajar guru harus mempuyai persiapan yang matang untuk mengajar. Jangan sampai pembelajarannya tidak mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Diantaranya dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP itu juga harus dibuat dengan memperhatikan kondisi kelas sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Tidak hanya RPP yang dipersiapkan tetapi juga mempersiapkan bahan ajar, alat peraga, dan lembar kerja siswa dengan baik. Mengajar itu tidak bisa langsung instan, harus dengan persiapan yang baik, agar hasilnya juga maksimal.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  17. Melania Eva Wulanningtyas _PMat A_ 13709251007

    Artikel ini menunjukkan bahwa setiap akan melakukan segala sesuatu kita pasti membutuhkan suatu rencana. Begitu juga di dalam kegiatan pembelajaran matematika, sebagai guru kita tentu memiliki suatu rencana untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Rencana tersebut tentunya kita persiapkan dengan baik sehingga dapat dilakukan dan dilaksanakan dengan baik pula. Salah satu rencana yang dilakukan oleh guru untuk dapat melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran matematika ini adalah pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. RPP memiliki tujuan agar kegiatan pembelajaran matematika yang akan kita lakukan dapat tersusun dengan baik, agar kegiatan pembelajaraan yang akan kita lakukan sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita lampaui. Jika kita tidak memiliki rencana dalam kegiatan pembelajaran matematika, maka kegiatan pembelajaran matematika akan menjadi kegiatan pembelajaran matematika yang tidak memiliki arah, tujuan, dan makna. Disamping silabus dan RPP hendaknya guru juga menyiapkan bahan ajar serta media – media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran matematika agar kegiatan pembelajaran tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan.

    ReplyDelete
  18. Erwin Kurniawati (10301241013)
    Pendidikan Matematika 2010

    Salah satu hal yang penting yang harus dilakukan guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas adalah membuat perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran ini akan membantu mematangkan kesiapan guru. Adanya rencana pembelajaran ini bertujuan agar pelaksanaan pembelajaran di kelas lebih terarah dan jelas tujuan serta langkah-langkah pencapaiannya. Selain itu perencanaan ini juga dapat menghindarkan guru dari kesalahan-kesalahan seperti lupa materi, tugas, dsb yang seharusnya diberikan pada hari itu. Perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat juga akan bisa menjadi bahan evaluasi guru untuk terus memperbaiki cara atau metode mengajarnya.

    ReplyDelete
  19. Mega Eriska R.P.(13709251064)
    PPS Pend Mat, Kelas C

    Sebelum guru melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika, guru perlu melakukan perencanaan yaitu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelaksanaan proses pembelajaran agar tujuan yang diharapkan dari pembelajaran dapat tercapai. Persiapan yang dilakukan meliputi 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematikainovatif dan implementasinya. Sementara persiapan khusus meliputi persiapan pembelajaran matematika di kelas seperti menyusun RPP, mengembangkan materi ajar, menggunakan variasi sumber belajar, dsb.

    ReplyDelete
  20. Febriana Nurrokhmah
    10313244010
    Pend. Matematika (Int.)

    Bahwa persiapan memegang peranan penting dalam pembelajaran matematika, sehingga guru sebagai ujung tombak pendidikan harus membuat persiapan sebaik-baiknya. Dalam pembelajaran matematika, terdapat dua kelompok besar persiapan yang harus dilakukan oleh guru, yaitu persiapan umu dna persiapan khusus. Persiapan umum yang dapat dilakukan guru adalah melakukan kajian mengenai apa yang ada dan yang mungkin ada dalam pembelajaran matematika yang dapat membuat pembelajaran matematika menjadi inovatif. Sedangkan persian khusus adalah persiapan yang dilakukan guru mengenai pembelajaran yang dilakukan dikelas.
    Persiapan ini dilakukan oleh guru guna membuat pembelajaran matematika menjadi lebih inovatif. Tentunya, hal ini dapat membuat siswa menjadi lebih mudah untuk menemukan matematikanya guna membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran menjadi berpusat pada siswa, siswa menjadi aktif, serta peran guru yang memfasilitiasi siswa belajar akan tercapai dengan baik.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  21. Linda (13709251040)
    PPs Pendidikan Matematika Kelas B

    Postingan ini menambahkan pengetahuan saya, perencanaan pemebelajaran matematika dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. RPP yang dibuat oleh guru termasuk kategori persiapan khusus. Karena pada persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  22. St. Rahmah Sami Ahmad
    PPs UNY Pendidikan Matematika 2013
    13709251077 [Kelas D]

    Bismillah...

    Artikel ini menambah pengetahuan baru lagi bagi saya, dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran ada dua persiapan , yaitu , persiapan umum dan persiapan khusus . Persiapan sangat penting untuk membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Yang penting dalam proses belajar mengajar sekarang adalah mengubah paradigma dari teacher center ke student center. Oleh karena itu, guru hanya sebagai fasilitator diharapkan mampu memenuhi kebutuhan siswa . Komponen lain yang mendukung student center adalah skema interaksi, media variasi, dan lembar kerja siswa . Lembar kerja siswa tidak hanya kumpulan pertanyaan tapi lembar kerja ini dapat membangun pengetahuan siswa. Variasi madia juga sangat penting. Guru dapat menggunakan ICT , internet atau alat bantu visual lainnya untuk mendukung proses belajar mengajar. Guru harus mengembangkan sumber daya materi karena sumber daya materi terbaik adalah sumber daya materi yang dikembangkan oleh guru. Jadi, untuk membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik , kita harus membuat mempersiapkan sumber daya materi, variasi media, lembar kerja siswa , dan skema interaksi .

    ReplyDelete
  23. Fadiah Khairina Pertiwi
    10313244027
    P. Matematika Int 2010

    Sebelum melaksanakan pembelajaran matematika, terdapat berbagai hal yang harus dipersiapkan oleh guru meliputi persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum berkaitan dengan paradigma yang akan digunakan, sedangkan persiapan khusus berkaitan dengan persiapan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pada dasarnya, persiapan-persiapan tersebut dilakukan agar pembelajaran matematika berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Juang Hasdya Firmansyah
    (10301241039)
    Pend. Matematika Sub 2010

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP menurut saya adalah hal yang penting bagi guru, dan guru juga harus dapat mengembangkannya pula, agar tercipta pembelajaran yang inovatif. alasan pentingnya RPP disusun oleh guru adalah menurut saya adalah yang pertama RPP adalah merupakan bukti kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh guru yang kedua dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang disyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi tersebut. tang ketiga RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan aktivitas KBM di kelas. yang keempat dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran.

    terimakasih

    ReplyDelete
  25. Dewi Nasiroh/10301241037
    Pendidikan Matematika 2010

    Untuk menghadapi kebutuhan di dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan sebuah program penunjang sebagai upaya untuk menyelesaiakan persoalan pendidikan, misalnya dengan program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan. Pada perkuliahan tersebut terdapat adanya mata kuliah Persiapan pembelajaran matematika yang memiliki tujuan yang sangat jelas untuk perbaikan pendidikan khususnya perbaikan yang dapat diupayakan oleh seprang guru. Semoga saja program ini dapat terlaksana sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya dan terbuka lebar peluang untuk semua pihak yang ingin menjadi guru, sehingga kedepannya ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat. amin

    ReplyDelete
  26. Tri Purwanto (13709251084)
    PPs UNY pendidikan Matematika 2013 kelas C
    Assalamualaikum Wr Wb
    di dalam RPP memuat tentang tujuan dari pembelajaran yang mana setiap pokok bahasan akan memiliki tujuan yang berbeda. Selain itu RPP juga memuat tentang perencanaan bahan, perencanaan alat peraga, metode pengajaran dan prosedur-posedur pembelajaran. Minimal dengan guru membuat RPP guru akan tau materi apa yang akan ia ajarkan untuk siswa-siswinya. Sehingga RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Upaya tersebut perlu dilakukan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran, yakni kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian

    ReplyDelete
  27. Anis Senja Arsita (10301241012)
    Pendidikan Matematika Subsidi 2010

    Perencanaan Pembelajaran Matematika menjadi penting mengingat proses pembelajaran matematika itu sendiri. Proses yang tidak mudah bagi guru untuk mentransfer ilmu matematika, juga tidak mudah bagi siswa menerima materi matematika begitu saja apalagi untuk materi yang asing atau baru bagi siswa. Sebagai calon guru, terkadang kita lupa menempatkan diri kita sebagai siswa dan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Hal tersebut membuat kita merasa yakin akan kebenaran perencanaan tersebut. Padahal sebaiknya dalam membuat perencanaan pembelajaran, kita dalam keadaan menempatkan diri kita sebagai siswa dengan pemikiran seperti siswa. Dengan demikian kita dapat memperkirakan apakah materi yang kita sajikan nantinya terlalu memberatkan atau sulit bagi siswa. Setelah melakukan hal tersebut, harapannya apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan kondisi siswa.
    Membaca banyak RPP, LKS dan melihat proses KBM juga dapat menjadi salah satu jalan untuk melatih dan memperkaya pengetahuan dalam mengajarkan sesuatu. Kita dapat belajar banyak dari apa yang dibaca dan dilihat. Namun, pengalaman individu adalah guru yang terbaik. Jangan takut mencoba.

    ReplyDelete
  28. Chairun Nisa Zarkasyi (10301241003)
    Pendidikan Matematika

    Seorang pendidik, khususnya matematika harus mempunyai empat kompetensi, dua diantaranya yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi professional. Kompetensi pedagogik menyangkut kemampuan seorang pendidik dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh siswa melalui berbagai cara dapat diimplementasikan melalui persiapan umum. Kompetensi profesional yaitu cara penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam dapat diimplementasikan melalui persiapan khusus.

    ReplyDelete
  29. Harry Syafutera (13709251056)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas C

    Dengan adanya perencanaan yang matang tentunya juga diharapkan akan didapat hasil yang maksimal. Seorang pendidik sudah selayaknya dan seharusnya mampu memberikan yang terbaik yang dimilikinya kepada para siswa termasuk dalam proses pembelajaran disekolah dan dengan diadakannya sertifikasi ini juga diharapkan bahwa kemampuan guru akan meningkat dan menjadi lebih baik dan sesuai dengan apa yang dicanangkan pada kurikulum 2013 dan cita2 bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  30. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Okky Riswandha Imawan (13709251050), PPs UNY, P. Mat. 2013, Kelas D.
    Berdasarkan sumber yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa baik Persiapan Umum (berhubungan dengan hakekat pendidikan/pembelajaran) maupun Persiapan Khusus(berhubungan dengan metode/model pembelajaran, sumber belajar, materi, dll) tujuannya untuk menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menjadi paradigm baru yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. LKS yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. Kemampuan guru mengembangkan materi ajar baik dari buku atau pun dari internet sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri, dengan menyesuaikan dengan perkembangan kognitif siswa yang diajarnya dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa untuk kedepannya. Terimakasih kepada Pak Marsigit dan teman-teman karena berkenan membaca dan mengomentari tulisan saya. Mohon maaf jika saya melakukan kesalahan.

    ReplyDelete
  31. Irma Septina Pratiwi
    10301241007
    Pendidikan Matematika Subsidi 2010

    Persiapan sebelum mengajar ternyata tidak dimulai sekedar dari saat akan berlangsungnya pembelajaran. Namun lebih dari itu. Persiapan pembelajaran yang akan dilakukan harus dipelajari terlebih dahulu. Untuk mempersiapkannya, kita perlu mempelajari persiapannya, barulah bisa seorang guru mempersiapkannya. Jadi, dari tahap inilah, saat menjadi mahasiswa pendidikan, seorang guru telah benar-benar memulai persiapan pembelajarannya. Bukan saat sudah mengajar nanti. Tapi mulai sekarang, saat ini juga. Oleh karena itulah, kita sebagai calon guru memang sudah sepantasnya mulai mempersiapkan pembelajaran secara serius dan benar-benar memperhatikan setiap langkah yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran nantinya. Bukankah tidak ada salahnya kita bersiap sedari awal?

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anisya Septiana 13709251063
      PPS PMAT C UNY 2013

      Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor, salah satu diantaranya adalah proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang baik, di pengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif maka manfaat dari perencanaan pengajaran adalah: Petunjuk arah dalam mencapai tujuan, Pola dasar dalam mengukur tugas dalam wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam pengajaran, Pedoman kerja bagi setiap unsure meliputi guru siswa. Alat ukur efektifitas pelaksanaan pengajaran. Menghemat waktu, tenaga, tenaga, alat dan juga biaya dalam pengajaran.
      Menghindari duplikasi dalam pemberian materi pengajaran.

      Delete
  33. Melda Ariyanti
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas C (13709251039)

    Perencanaan Pembelajaran Matematika
    Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika idealnya adalah guru harus mempunyai persiapan yang benar-benar matang baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus. Dengan adanya persiapan dan perancanaan sebelumnya guru akan sangat terbantu dalam proses mengajar. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus dalam proses pembelajaran matematika akan mampu menggeser paradigm lama yaitu, pembelajaran yang berorientasi pada guru menuju pada pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Kemampuan guru dalam melayani siswa dalam proses belajar sangatlah penting karena dapat meningkatkan prestasi siswa. Guru diharapkan dapat menggunakan lebih dari satu LKS dalam proses pembelajaran untuk mendukung tercapainya pembelajaran matematika agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

    ReplyDelete
  34. Uun Yuni Armita
    13709251005
    PPs UNY 2013 Pendidikan Matematika A

    Peranan Pembelajaran Matematika

    Berikut ini adalah pembahasan persiapan pembelajaran matematika untuk program serifikasi guru, yaitu meliputi: 1) persiapan umum seperti: kajian dan penyesuaian paradigma dengan teori pendidikan & pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika; 2) persiapan khusus seperti: persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas, analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Persiapan pembelajaran matematika tersebut akan menjadi penting ketika kita mampu mengarahkan pembelajaran matematika ke student centered, mampu mengembangkan bahan ajar, dan mampu mengembangkan LKS yang dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pemebelajaran matematika.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  35. Pasttita Ayu Laksmiwati
    09313244017
    PPs Pendidikan Matematika 2013 Kelas B

    Dalam merencanakan pembelajaran guru harus mau mempersiapkan pembelajaran yang variatif dan inovatif. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif yang berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  36. Edi Susanto (13709251078)
    PMat Kelas D PPs UNY 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Setiap aktivitas yang direncakan akan lebih sistematis jika dibandingkan dengan tindakan tanpa perencanaan. Begituhalnya pembelajaran, sebelum melakukan pembelajaran guru harus merencanakan terlebih dahulu pembelajaran yang akan dilakukan yang dituangkan dalam bentuk RPP. Pembelajaran yang direncanakan dapat membantu guru sebagai panduan dalam pembelajaran sehingga dalam pembelajaran guru telah mengetahui arah pembelajarannya.

    ReplyDelete
  37. deny sutrisno (13709251074)
    PMat Kelas C PPs UNY 2013

    Adalah unutk mengetahui hakikat dari pembelajaran matematika dan komponen-komponennya sebagi tujuan khusus dalam perkuliahan yang dimaksud di atas. Seorang guru tidak hanya perlu untuk mengetahui, mepersiapkan dan melaksanakan semua kegiatan pembelajaran dengan begitu saja. akan tetapi seorang guru harus mengetahui hakikat dari mengapa ia melakukan itu dan mengepa ia menempum cara itu dan mengapa ia menggunakan instrumen itu. Dengan begitu guru memiliki arah dan tujuan dalam melaksanakan tugasnya bukan seperti robot yang hanya mematuhi perintah dan prosedur.

    ReplyDelete
  38. MUSLIM (13709251061)
    PPs UNY KELAS C P. MAT

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah perangkat pembelajaran yang menjadi alat ukur keberhasilan dua komponen, yaitu keberhasilan guru dalam mengajar dan membimbing, serta keberhasilan siswa dalam proses belajar. RPP merupakan acuan sebagai alat kontrol bagi guru dalam proses belajar mengajar. Berhasil dan gagalnya guru dalam proses belajar mengajar tergantung muatan yang terkandung dalam RPPnya, karena di dalam RPP itu tercakup semua yg akan dilakoni oleh ia bersama siswanya selama proses pembelajaran. Itulah perlu adanya RPP, agar tindakan yg akan dilakukan terarah dan berhasil sesuai harapan bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaitan dengan perencanaan pembelajaran Matematika, guru harus menyiapkan segala perangkat yg kaitannya dengan matematika. Menyesuaikan dan memilih metode/pendekatan/model yang erat kaitannya dengan materi yang akan disampaikan supaya rencana tersebut dapat terwujud. Dalam matematika tidak hanya monoton pada satu cara dalam menyampaikan materi, ada materi-materi tertentu yg membutuhkan media khusus sebagai alat bantu agar siswa merasa tertarik dan mudah menyerap materi yang disampaikan.

      Delete
  39. Ely syafitri 13709251065 PPs UNY PMAT C
    Assalammu'alaikum....

    Perencanaan Pembelajaran Matematika pada Tujuan khusus poin 2 di atas menyebutkan bahwa Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.

    Hakekat matematika sekolah adalah seperti yang diungkapkan oleh Sudah sejak dahulu, banyak siswa mengalamai ketidakharmonisan dengan matematika. Mengapa? Karena selama ini siswa banyak yang merasa tidak nyaman dengan matematika. Ketidaknyamanan ini disebabkan oleh banyak hal yang diantaranya adalah faktor guru dan juga faktor proses pembelajaran dalam kelas. Selama ini banyak guru, masih menerapkan sistem ceramah dan konvensional dalam proses pembelajaran dikelas. Padahal seharusnya hal ini sudah tidak dilakukan atau setidaknya sudah jauh lebih kecil porsinya.

    Berdasarkan Sisdiknas jelas disebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Selain itu, menurut Ebbutt dan Straker juga jelas dikatakan bahwa matematika itu sebagai matematika sekolah yang secara garis besar adalah sebagai sebuah pendekatan konstruktivisme sehingga proses pembelajaran dikelas memang student center dimana pembelajaran lebih ditekankan pada siswa berfikir kreatif. Dalam pendidikan matematika tujuan akhirnya adalah siswa memiliki life skill dan mampu memecahkan persoalan dalam kehidupannya di kelas sehingga kita dapat memberikan kesempatan kepada anak yang belajar mengasah intuisinya sejak dibangku sekolah.

    ReplyDelete
  40. Pendidikan Matematika
    kelas C
    13709251054

    Sebagau seorang guru kita harus memiliki persiapan, baik persiapan umum maupun khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Untuk memahami dan smeakin mematangkan persiapan kita maka sebaiknya kita banyak belajar dan memperoleh banyak pengetahuan tentang hal-hal tersebut diatas yang menunjang kita sebagai guru untuk meningkatkan profesionalisme.

    ReplyDelete
  41. Rusnilawati PM D 13709251037
    Assalamu'alaikum wr. wb.

    Setiap kali guru akan mengajar sebelumnya guru perlu melakukan persiapan yang matang. Penguasaan materi dan mempersiapakan keperluan siswa sangatlah penting. Salah satu yang harus dilakukan guru adalah mempersiapkan RPP yang termasuk di dalamnya adalah LKS. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. LKS yang biasanya ada hanya berisi soal-soal saja. Oleh karena itu, guru perlu membuat LKS yang berisi banyak informasi bagi siswa sehingga siswa mampu belajar mandiri. Selain RPP guru juga harus mempersiapkan bahan ajar, alat peraga, dan lembar kerja siswa dengan baik. Perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat juga bisa menjadi bahan evaluasi guru untuk terus memperbaiki cara atau metode mengajarnya.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  42. Nafi' Fauzi (13709251033)
    P.Mat B - PPs UNY

    Perencanaan pembelajaran merupakan hal yang penting dalam pembelajaran. karena perencanaan, berarti dilakukan sebelum proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik dan sesuai dan dilaksanakan dengan sesuai berarti tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai pula.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  43. Novferma (13709251042)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas B
    Asalamualaikum,wr.wb
    Menurut pendapat saya, sebelum kita melaksanakan pembelajaran sebaiknya direncanakan terlebih dahulu. Jangankan pembelajaran tetapi segala sesuatu itu butuh perencanaan. Dimana tanpa adanya perencanaan biasanya hasil yang akan dicapai itu tidak sesuai atau tidak maksimal dengan harapan dan tujuan kita. Misalkan saja seorang guru harus memiliki perencanaan pembelajaran, misalkannya pembelajaran matematika. Perencanaan ini sangat efesien didalam proses pembelajaran karena hal ini akan mempengaruhi tingkatan pemahaman dari masing-masing siswa dalam menerima materi pelajaran yang disajikan guru, yang mana mempengaruhi hasil dari kegiatan pembelajaran. Maka dengan adanya perencanaan suatu kegiatan pembelajaran akan tersusun secara sistematis, sehingga guru tahu mana materi yang harus dan sudah disampaikan kepada siswa. Guru juga perlu melakukan persiapan baik dari segi fisik maupun mental karena guru sering dihadapkan dengan berbagai macam problema yang menjadi hambatan belajar siswa. Diperlukan persiapan fisik untuk memberi bimbingan yang lebih kepada siswa yang kurang mampu dalam menerima pelajaran karena kemampuan siswa itu tidak sama. Disini peran guru sebagai fasilitator sangat diperlukan. Guru memfasilitasi segala sesuatu yang dibutuhkan siswa dan menjadikan siswa sebagai subyek bukan obyek.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  44. susanti_13709251080_pmatD

    dalam setiap proses pembelajaran gurus harus memperhatikan beberapa hal berikut yaitu isi dari materia apa yang akan disampaikan, bahan apa yang diperluakn unutk mendukung proses pembelajaran itu sendir dan proses pembelajaran seperti apa yang akan dilaksanakan dikelas sehingga tujuan umum dan khusus pembejaran dapat terlaksana

    ReplyDelete
  45. 13709251068
    P. Mat C

    Perencanaan Pembelajaran Matematika
    Sebelum mengajar di kelas, seorang guru terlebih dahulu membuat perencanaan pembelajaran matematika. Ini bertujuan agar guru mampu melaksanakan pembelajaran matematika di kelas dengan baik dan meminimalisir kekurangan-kekurangan yang akan terjadi seperti penggunaan waktu yang banyak. Perencanaan ini dapat dilakukan dengan cara membuat RPP, membuat bahan ajar seperti LKS, serta menyiapkan alat peraga yang mungkin dapat digunakan pada materi yang akan dipelajari. Melalui pembuatan RPP, guru dapat mengetahui metode yang akan digunakan selama pembelajaran, kemudian guru juga dapat mengetahui soal-soal yang akan dibahas selama pembelajaran. Hal ini merupakan aktivitas yang penting bagi seorang guru.

    ReplyDelete
  46. Fauzia Rahmawati (13709251062)
    PPs UNY Pendidikan Matematika 2013 Kelas C

    Assalamualaikum wr.wb.

    Seorang guru yang akan mengajar, terlebih dahulu harus melakukan persiapan, baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Dalam melaksanakan pembelajaran matematika guru harus mempunyai persiapan yang benar-benar matang baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus. Dengan adanya persiapan dan perancanaan sebelumnya guru akan sangat terbantu dalam proses mengajar. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus dalam proses pembelajaran matematika akan mampu menggeser paradigm lama yaitu, pembelajaran yang berorientasi pada guru menuju pada pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Kemampuan guru dalam melayani siswa dalam proses belajar sangatlah penting karena dapat meningkatkan prestasi siswa. Guru diharapkan dapat menggunakan lebih dari satu LKS dalam proses pembelajaran untuk mendukung tercapainya pembelajaran matematika agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Guru juga harus dapat mengembangkan sumber belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  47. Nadya Armintia 13709251067
    PPs Pendidikan Matematika Kelas D

    Ass. Wr. Wb.
    Persiapan guru dalam pengajraan sangat menentukan kemana arah pembelajarannya nanti. Untuk itu persiapan harus telah disusun sebaik-baiknya, benar-benar direncanakan agar siswa mampu mengikuti dan menerima pelajaran yang disampaikan.

    ReplyDelete
  48. Megita Dwi Pamungkas 13709251081

    Dalam artikel perencanaan pemeblajaran matematika ini, guru harus menyiapkan segala perangkat yg kaitannya dengan matematika. Menyesuaikan dan memilih metode/pendekatan/model yang erat kaitannya dengan materi yang akan disampaikan supaya rencana tersebut dapat terwujud.

    ReplyDelete
  49. Siti Rochana / 13709251079
    PPs Pend. Matematika Kelas D
    Assalammualaikum
    Perencanaan guru dalam pembelajaran sangat penting dilakukan karena hal ini akan menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Hasil yang baik ditentukan oleh perencanaan yang baik pula. Jadi seorang guru harus mampu membuat rencana terbaik yang akan ditampilkan agar pembelajaran dapat lebih bermutu dan bermakna.

    ReplyDelete
  50. M.Masruri Burhan
    P.Mat C
    13709251058

    Sebelum mengajar, guru hendaklah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam mengajar. Persiapan di sini terangkum dalam RPP. Dimana RPP mengacu dari silabus yang sesuai dengan kurikulum yang ada. Tetapi menurut postingan di atas, sebelum mengajar guru mempunyai persiapan umum dan persiapan khusus. sepintas, terlihat untuk persiapan khusus guru sebelum mengajar, terlihat bahwa guru harus menyiapkan segala aspek yang berkaitan dengan aspek filsafat dalam matematika. Mungkin ini penting untuk dilakukan karena guru akan mampu menentukan segala macam kebijakan dalam mengajar matematika setelah dia mengetahui segala macam aspek filsafat matematika. Misal bagaimana guru itu memandang matematika. Maka guru perlu belajara apa itu ontologi dari matematika, perlu belajar epistimologi dari matematika, dan aksiologi dari matematika. Setelah itu akan mempermudah guru dalam mengajar matematika.

    ReplyDelete
  51. Aep Sunendar (13709251082)
    PPs UNY Pendidikan Matematika C
    kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikelas haruslah dipersiapakan terlebih dahulu yaitu mencakup persiapan umum maupupun persiapan khusus, Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting, guru harus memiliki banyak strategi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan dengan menarik dan bermakna.

    ReplyDelete
  52. Siti Umi Rokhani / 13709251048
    PPs UNY Pend.Matematika Kelas D
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Suatu perencanaan sangat membawa peran penting dalam keberhasilan sesuatu. Pembelajaran yang direncanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dicapai akan lebih mendekatkan pembelajaran tersebut kepada suatu titik keberhasilan. Guru dalam membuat perencanaan pembelajaran matematika seyogyanya menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa, tentunya tanpa meninggalkan konsep yang diacu dari penelaahan kurikulum.
    Terima kasih.
    wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  53. Meita Fitrianawati
    13709251017
    PPs P.Matematika A

    Perencanaan sangat diperlukan guna kita mengetahui jalan mana yang akan kita tuju untuk mencapai tujuan. berdasarkan sebuah penelitian guru yang tak mempunyai perencanaan dalam pembelajaran akan lebih banyak waktu menghabiskan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif, oleh karena itu, guru setidaknya mempunyai 2 persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Guru profesional harus mempunyai 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik berkaitan dengan ilmu kependidikan, profesional berkaitan dengan profesi yang ditekuni , sosial yaitu hubungan serta komunikasi dengan orang lain, dan kepribadian berkaitan dengan kepribadian guru tersebut. Terima Kasih

    ReplyDelete
  54. Ria Wijayanti 13709251008
    Pendidikan Matematika Kelas D

    Sebelum mengajar sebaiknya guru harus merencanakan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan di depan kelas nanti, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Mengajar butuh persiapan yang matang, jangan sampai guru tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengajar nanti sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  55. Nidya Ferry Wulandari (13709251072)
    Pend. Matematika Kelas C PPs UNY 2013

    Rencana pengajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperkirakan berbagai tindakan yang akan dilakukan dikelas atau diluar kelas. Perencanaan pembelajaran itu perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi atau berbasis pada pembentukan kompetensi siswa yakni kompetensi dasar, indikator hasil belajar, dan penilaian berbasis kelas. Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap kompetensi dasar. Indikator hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai.

    ReplyDelete
  56. Andi Kusumayanti 13709251047
    Pendidikan Matematika B
    PPs UNY 2013

    Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian.
    Menguasai Kurikulum,Hal yang paling penting yang di ketahui oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran adalah menguasai kurikulum agar pembelajaran yang di laksanakan sesuia dengan tujuan yang di inginkan.
    Menguasai Materi, guru harus mampu menguasai materi sebelum mengajar dalam kelas
    Menguasai Metode dan Teknik Penilaian
    Komitmen Terhadap
    Tugas Disiplin

    ReplyDelete
  57. Yeni Fitriah
    10301241029
    Pendidikan Matematika Sub 2010

    Sebagai seorang tentulah perlu suatu persiapan dalam mengajar walaupun guru tersebut sudah mengajar cukup lama. Persiapan ini penting dilakukan untuk dapat mengondisikan suasana kelas sehingga akan tercipta kelas yang kondusif. Guru dalam mempersiapkan pembelajaran perlu memerhatikan kebutuhan siswa dan perangkat pembelajaran yang lain yang dapat menunjang aktivitas siswa di dalam kelas sehingga tujuan belajar yang akan dicapai dapat terpenuhi.

    ReplyDelete
  58. Anisah (13709251006)
    PPs UNY P.Mat A

    Perencanaan adalah menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berkenaan dengan perencanaan, perencanaan mengandung rangkaian-rangkaian putusan yang luas dan penjelasan-penjelasan dari tujuan, penentuan kebijakan, penentuan program, penentuan metode-metodedan prosedur tertentu dan penentuan kegiatan berdasarkan jadwal sehari-hari.

    ReplyDelete
  59. 13709251045 P.Mat D.
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Saya simpulkan dari postingan diatas adalah persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT).
    Wallaahu a’alamu bishshawaabi.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  60. Wita Ratna Puspita 13709251021
    PPs UNY Pend. Matematika Kelas A

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Dibutuhkan persiapan umum dan khusus untuk memulai sebuah proses pembelajaran. Agar semua kompetensi-kompetensi yang diinginkan dapat tercapai secara maksimal. Dengan adanya perencanaan suatu kegiatan pembelajaran akan tersusun secara sistematis, sehingga guru tahu mana materi yang harus dan sudah disampaikan kepada siswa. Guru juga perlu melakukan persiapan baik dari segi fisik maupun mental. Karena guru akan dihadapkan dengan berbagai macam problema yang menjadi hambatan belajar siswa.

    ReplyDelete
  61. Alfyanti Cahyaningsih 10301241036
    Pend Matematika '10

    Perencanaan pembelajaran merupakan langkah pawal untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi perangkat pembelajaran dan persiapan diri guru. Jika rencana pembelajaran disusun dengan baik, tujuan pembelajaranpun akan memenuhi indikator pencapaian siswa. Dalam pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran sangatlah penting untuk dilakukan. Guru harus pandai dalam mengkomunikasikan matematika dengan bahasa yang lebih mudah untuk diterima siswa, karena matematika bersifat abstrak. Oleh karena itu persiapan pembelajaran matematika juga meliputi metode dan pendekatan appa yang sesuai untuk menyampaikan suatu materi, sehingga siswa merasa nyaman menerima materi tersebut.

    ReplyDelete
  62. Mahasiswa PPs Pendidikan Matematika Kelas D
    NIM. 13709251066

    Membaca elegy ini membuat saya semakin paham bahwa dalam merencanakan pembelajaran matematika merupakan aspek yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika dilihat dari persiapannya (baik umum maupun khusus) perencanaan pembelajaran matematika menentukan sukses tidaknya suatu pembelajaran matematika di kelas. Dengan membaca tulisan ini saya juga memahami sejumlah kompetensi prasyarat yang harus dimiliki seorang guru agar dapat dikatakan sebagai guru professional. Sungguh mulianya profesi seorang guru jika dilihat dalam tugas dan tanggung jawab yang embannya.

    Terima kasih & Tuhan Memberkati !

    ReplyDelete
  63. Nevi Narendrati (13709251009)
    PPs UNY P.Mat A

    Perencanaan berarti suatu proses atau cara berfikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan. Rencana persiapan pembelajaran dapat digolongkan menjadi dua yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Perencanaan pembelajaran memuat pedoman kerja bagi setiap unsur proses tersebut, meliputi guru, siswa, dll. Perencanaan pembelajaran perlu dilakukan agar guru tahu sistematis pengajaran seperti apa yang akan dilakukan di kelas, sehingga perkiraan durasi waktu dengan implementasinya dapat disesuaikan, pembelajaran berjalan secara terurut, dan proses pelaksanaan pembelajaran dapat efektif.

    ReplyDelete
  64. Dedi Saputra
    13709251014
    PPs P.Mat A

    Setelah saya membaca wacana di atas saya memberikan komentar bahwa Baik persiapan umum maupun persiapan khusus dalam proses pembelajaran matematika akan mampu menggeser paradigm lama yaitu, pembelajaran yang berorientasi pada guru menuju pada pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Kemampuan guru dalam melayani siswa dalam proses belajar sangatlah penting karena dapat meningkatkan prestasi siswa.
    Dalam pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap siswa yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  65. Fitri Nurhayati
    PPs UNY Pendidikan Matematika
    13709251020

    Dalam melaksanakan pembelajaran matematika diperlukan persiapan. Persiapan pembelajaran matematika digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu: persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum. Persiapan umum dan persiapan khusus diharapkan dalam prakteknya berorientasi pada siswa. Guru harus mampu melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika. Oleh karena itu guru dituntut untuk mengembangkan materi ajar untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru sendiri.

    ReplyDelete
  66. Juliana Untayana
    P. Mat A. (13709251015)

    Seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu melakukan persiapan. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. Salah satu rencana yang dilakukan oleh guru untuk dapat melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran matematika ini adalah pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. RPP memiliki tujuan agar kegiatan pembelajaran matematika yang akan kita lakukan dapat tersusun dengan baik, agar kegiatan pembelajaraan yang akan kita lakukan sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita lampaui. Jika kita tidak memiliki rencana dalam kegiatan pembelajaran matematika, maka kegiatan pembelajaran matematika akan menjadi kegiatan pembelajaran matematika yang tidak memiliki arah, tujuan, dan makna. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS.Kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran karena satu-satunya orang yang mengetahui kebutuhan siswanya adalah guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  67. Juliana Untayana
    P. Mat A. (13709251015)

    Seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu melakukan persiapan. Baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. Salah satu rencana yang dilakukan oleh guru untuk dapat melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran matematika ini adalah pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. RPP memiliki tujuan agar kegiatan pembelajaran matematika yang akan kita lakukan dapat tersusun dengan baik, agar kegiatan pembelajaraan yang akan kita lakukan sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita lampaui. Jika kita tidak memiliki rencana dalam kegiatan pembelajaran matematika, maka kegiatan pembelajaran matematika akan menjadi kegiatan pembelajaran matematika yang tidak memiliki arah, tujuan, dan makna. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS.Kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran karena satu-satunya orang yang mengetahui kebutuhan siswanya adalah guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  68. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing.
    Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
    Terima kasih, atas pencerahan ini Pak Marsigit.

    Sriyanta (13709251034)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas B

    ReplyDelete
  69. Anastasia Shinta Wirasasmita (13709251001)
    Pend. Matematika PPs UNY 2013 Kelas A

    Perencanaan Pembelajaran Matematika
    Seorang guru sebaiknya menyampaikan RPP yang telah disusunnya kepada siswa-siswanya, sehingga siswa dapat dapat terbantu dan mudah dalam belajar. Dengan adanya perencanaan umum maupun khusus ini diharapkan dapat merubah paradigma pendidikan, yang semula hanya berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat kepada siswa juga, sehingga tercipta pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Seorang guru juga diharapkan dapat mengembangkan LKS sebagai sumber bahan ajar yang tidak hanya berisi kumpulan soal-soal, namun LKS dapat di gunakan sebagai sumber informasi sesuai dengan kebutuhan siswa dalam belajar.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  70. Linda Liana (10301241006)
    Pendidikan Matematika 2010

    Sebelum memasuki kelas atau melakukan proses pembelajaran tentu seorang guru memerlukan persiapan mengenai materi yang akan diberikan. Dengan begitu diharapkan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Karena pada saat ini yang digunakan adalah student center maka guru sebagai fasilitator mempersiapkan cara agar siswa bisa aktif. Selain itu sebelum melakukan peoses pembelajaran ada banyak perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan. Guru juga harus menentukan metode mana yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  71. Tri Hidayati (13709251073)
    Pendidikan Matematika Kelas C
    PPS UNY 2013

    Seorang guru yang akan mengajar, terlebih dahulu harus melakukan persiapan, baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan tersebut dilakukan agar dapat merubah paradigm lama mengenai metode mengajar yang berorientasi guru menjadi berorientasi pada siswa. Metode yang berpusat pada guru tersebut merupakan metode yang masih tradisional. Dimana siswa hanya sebagai objek belajar yang hanya mendengarkan gurunya saat menyampaikan materi dengan metode ceramah. Metode tersebut hanya membuat siswa menjadi pasif. Untuk itu perlu dirubah paradigma tersebut, yaitu dengan melakukan persiapan umum dan persiapan khusus. Dengan demikian, guru akan dapat meningkatkan kualitas mengajarnya dan menambah variasi metode mengajarnya. Kegiatan tersebut juga dapat membantu guru dalam menyiapkan RPP dan bahan ajar atau LKS yang menunjang pembelajaran bagi siswanya. Diharapkan akan menjadikan guru lebih inovatif demi tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih baik.

    ReplyDelete
  72. PM A (13709251024)
    PPs UNY

    Bismillaahirrahmaanirrohiim,
    Dalam melaksanakan sebuah pembelajaran, tentunya seorang guru perlu malakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, dll. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, dll.

    ReplyDelete
  73. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi dua, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP yang penyusunannya disesuaikan dengan pedoman. RPP berisikan tentang skenario dalam pembelajaran yang kemudian dibantu dengna LKS untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  74. Susanah Wati (NIM. 13709251070)
    PPs. P.Mat D

    Manfaat perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar, yaitu:

    1. Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
    2. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
    3. Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid.
    4. Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
    5. Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
    6. Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.

    ReplyDelete
  75. Margaretha Madha Melissa
    13709251071
    Pend.Matematika PPs UNY Kelas C

    Pembelajaran hendaknya dipersiapkan sebaik mungkin oleh pendidik. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Semoga sebagai calon pendidik kita kelak juga dapat mempersiapkan pembelajaran yang baik dan menarik bagi siswa kita.

    ReplyDelete
  76. Denny Pritianto (10301241005)
    S1 Pendidikan Matematika UNY 2010

    suatu pembelajaran idealnya telah direncanakan secara matang dan terarah. tujuan pembelajaran dan alur kegiatan telah jelas dikemukakan dalam RPP, selain itu, media pembelajaran yang digunakan juga mestinya telah dipersiapkan guna membantu jalannya pembelajaran

    ReplyDelete
  77. Desutri Ulantari 13709251012
    Pendidikan Matematika Kelas A

    Perencanaan Pembelajaran Matematika
    Dijelaskan dalam artikel di atas bahwa, persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi dua kategori yaitu persiapan umum dan pesiapan khusus.
    Dalam hal ini diharapkan paradigma lama yaitu pembelajaran yang berpusat kepada guru bisa digantikan dengan paradigma baru yaitu pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Harapannya tentu agar pendidikan yang ada saat ini menjadi lebih baik dan terus lebih baik.

    ReplyDelete
  78. 13709251046/ PM B/ PPs UNY 2013

    Segala sesuatu yang direncanakan dengan lebih baik, biasanya akan berjalan dengan lebih baik dibandingkan yang tidak direncanakan, maka perencanaan pembelajaran matematika juga sudah seharusya dilengkap dengan pengalaman si guru, dan teori yang mendukung. Untuk memperoleh hal-hal tersebut guru tidak bisa berdiam diri saja, guru harus melengkapi dirinya dengan berbaga senjata, banyak membaca, banyak meneliti, banyak mengikuti seminar, workshop, dan lesson study, serta memperhatikan suasana dan lingkungan kelas dan sekolah. Terimakasih.

    ReplyDelete
  79. ANDRIANI SUZANA (13709251003)
    PENDIDIKAN MATEMATIKA KELAS A
    PPS UNY 2013

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Pembelajaran matematika di sekolah tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat material, yaitu untuk membekali siswa agar menguasai matematika dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun lebih dari itu, pembelajaran matematika juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat formal, yaitu untuk menata nalar siswa dan membentuk kepribadiannya. Pembelajaran matematika hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan dalam ranah kognitif, tetapi juga untuk mencapai tujuan dalam ranah afektif dan psikomotor. Pembelajaran matematika yang baik tidak hanya dimaksudkan untuk mencerdaskan siswa, tetapi juga dimaksudkan untuk menghasilkan siswa yang berkepribadian baik. Hal ini dapat dimengerti, tidak semua siswa yang menerima pelajaran matematika pada akhirnya akan tetap menggunakan atau menerapkan matematika yang dipelajarinya. Padahal hampir semua siswa memerlukan penalaran dan kepribadian yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, tugas guru matematika sangat strategis. Ia dituntut untuk dapat merancang pembelajaran matematika sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa dalam mengembangkan sikap dan kemampuan intelektualnya, sehingga produk dari pembelajaran matematika tampak pada pola pikir yang sistematis, kritis, kreatif, disiplin diri, dan pribadi yang konsisten.

    Terimakasih ^_^
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  80. Lilik fauziah
    13709251028

    Segala hal untuk mencapai tujuan yang baik adalah mempunyai sebuah perencanaan. Sama hal nya dalam perencanaan pembelajaran matematika,dalam hal ini guru sebagai pencana untuk dapat melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran matematika ini adalah pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. RPP memiliki tujuan agar kegiatan pembelajaran matematika yang akan kita lakukan dapat tersusun dengan baik, agar kegiatan pembelajaraan yang akan kita lakukan sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita lampaui. Jika kita tidak memiliki rencana dalam kegiatan pembelajaran matematika, maka kegiatan pembelajaran matematika akan menjadi kegiatan pembelajaran matematika yang tidak memiliki arah, tujuan, dan makna.

    ReplyDelete
  81. Siti Nurrochmah Dani
    10313244004
    Pend. Matematika Int’10

    Sebagai guru hendaknya mengetahui persiapan umum dan persiapan khusus dalam pembelajaran matematika. Selain itu perlu pula mengatahui tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran. Sehingga persiapan yang dilakukan sesuai dengan tujuannya. Tidak hanya sekedar mengetahui namun juga mengimplementasikan sehingga apa yang diharapkan pemerintah dalam pembelajaran matematika terwujud. Semoga kita sebagai bagian yang mampu mengimplementasikannya dan mendorong pertumbuhan generasi bangsa yang berkualitas.

    ReplyDelete
  82. persiapan umum dan khusus perlu diperhatikan oleh seorang guru agar pelaksanan pembelajar berlangsung dengan baik,
    pembelajaran dikelas terkonsep dengan baik dan rapih.

    ReplyDelete
  83. Veny Sri Astuti (13709251029)
    Pend. Matematika Kelas B

    AssaLamu’aLaykum Wr. Wb.

    Perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap siswa yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum.

    Salah satu rencana yang dilakukan oleh guru untuk dapat melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran matematika ini adalah pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. RPP memiliki tujuan agar kegiatan pembelajaran matematika yang akan kita lakukan dapat tersusun dengan baik, agar kegiatan pembelajaraan yang akan kita lakukan sesuai dengan tujuan dan target yang akan kita lampaui.

    ReplyDelete
  84. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu: Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khusus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan).

    Baru saja tadi pagi saya mendapatkan materi kuliah metode pembelajaran matematika, di pertemuannya yang terakhir, sang dosen berkata bahwa apa yang telah dipelajari selama satu semester ini baru sebatas pada teori, setelah itu ada tahap selanjutnya yakni tahap praktek atau pelaksanaannya. Inilah tahap dimana seorang guru dituntut untuk mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai teori pembelajaran yang diterima sehingga mewujud dalam RPP secara tepat dan benar. selanjutnya RPP tersebut dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Sang dosen berkata masih banyak penerapan metode pembelajaran yang tidak sesuai, oleh karena itu tugas ini bukanlah tugas yang mudah, para guru harus selalu aktif untuk terus mengupdate dan memperbaharui cara pembelajarannya, sehingga sesuai dengan apa yang telah ditentukan dan diharapkan.

    ReplyDelete
  85. Nuraini mustika sari dewi (137 0925 1035)
    Pendidikan matematika kelas D

    Hakekat matematika sekolah yaitu: Matematika merupakan kegiatan penelusuran pola dan hubungan, Matematika adalah kreativitas yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan, Matematika adalah kegiatan problem solving dan Matematika merupakan alat berkomunikasi

    ReplyDelete
  86. Perencanaan pembelajaran merupakan sesuatu yang penting bagi guru maupun siswa. Perencanaan yang matang ini sangat diperlukan untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Guru harus mempersiapkan segala sesuatunya dari awal sampai akhir untuk pembelajaran yang akan dilakukan. Semuanya harus dipersiapkan sebaik mungkin baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum yang meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya harus dipersiapkan guru dengan baik. Begitu pula persiapan khusus yang harus membuat RPP pada setiap proses pembelajaran. Seluruh persiapan ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar serta menghindari kesalahan dan ketidakefektifan dalam pembelajaran. Bisa dibayangkan apabila guru tidak melakukan persiapan terlebih dahulu tentu proses pembelajaran akan berlangsung tidak karuan tanpa ada tujuan dan langkah yang jelas. Jadi inilah pentingnya perencanaan dalam suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  87. Puput Wahyu Hidayat (13709251013)
    Pendidikan Matematika Kelas A PPs UNY 2013

    Assalammu’alaikm wr wb

    Perncanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    Wassalammu’alaikm wr wb

    ReplyDelete
  88. Berta Apriza (13709251023)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas A (2013)

    Assalamu'alaikum, Wr, Wb,,,
    Bahasan dalam postingan ini mengenai Perencanaan Pembelajaran Matematika. Melakukan rencana pembelajaran sebelum pembelajaran sebuah hal yang penting diperhatikan oleh guru. Perencanaan pembelajaran yang baik, menghasilkan pembelajaran yang baik pula (mungkin bisa siswa/i lebih mudah memahami materi yang disampaikan saat pembelajaran). Peran guru (umpan balik) pada siswa/i, sesuai dengan rencana yang telah dibuat (apakah hal ini dapat membuahkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, atau apakah materi yang disampaikan mudah untuk dipahami oleh siswa/i), hal ini yang menjadi tantangan guru dalam mengevaluasinya. Mungkin demikian,, Terimakasih,,, :-)
    Wassalamu'alaikum, Wr, Wb,,,

    ReplyDelete
  89. Maprokhi
    Pmat PPs P2TK 2013 13709259014

    Perencanaan memiliki peran penting dalam mencapai tujuan, karena perencanaan dapat dijadikan guidance dalam melaksanakan kegiatan agar tidak melenceng dari jalur. Sehingga tidak mengherankan apapun kegiatannya pasti ada perencanaan. Begitu juga pada proses belajar dan mengajar hendaknya perencanaan disusun dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik pula.

    ReplyDelete
  90. I Ketut Loka Santi / 13709259008
    PPs PMat P2TK 2013

    Salam Sejahtera,

    Perencanaan pembelajaran adalah rencana yang dibuat oleh guru untuk memproyeksikan kegiatan-kegiatan, tujuan dan evaluasi daari pengajaran. Sebagai seorang guru, hendaknya kita memahami dan mampu mengimplementasikan perencanaan pembelajaran dengan baik. Dengan demikian, tujuan pengajaran yang akan dicapai mempunyai arah yang jelas. Terima kasih
    Semoga kebaikan datang dari segala penjuru dan seluruh mahluk hidup berbahagia.

    ReplyDelete
  91. Khikayah/NIM 13709259005
    PPs P.MAT P2TK 2013
    Assalamu'alaikum Wr Wb
    Persiapan dalam pembelajaran matematika terdiri dari dua, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus seperti yang disebutkan di atas. Yang terpenting dari semuanya adalah kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Semoga kita bisa melakukan yang terbaik dalam proses sehingga bisa dicapai tujuan pembelajarannnya. Amin
    Wassalamu'alaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  92. ABDUL KHAMID
    PPS UNY - PMat P2Tk 2013
    NIM. 1370 925 9003

    Sebelum mengajar guru sebaiknya membuat RPP( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) atau Lesson Plan ( LP )
    ini dibuat agar dalam mengajar ada acuannya dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
    Praktek pembelajaran sekarang ini adalah menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke paradigma baru yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada siswa.
    Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting.

    ReplyDelete
  93. Esti Rahayu (13709259004)
    Pendidikan Matematika P2TK 2013

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Persiapan pembelajaran matematika meliputi 2 macam yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. keduanya menghendaki adanya pergeseran dari paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu guru harus dituntut agar bisa melayani kebutuhan siswa. guru diharapkan bisa membuat dan mengembangkan bahan/materi ajar sendiri. Karena sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  94. HESTI SETIANINGSIH
    PEND. MATEMATIKA P2TK 2013
    NIM 13709259015

    Sebenarnya pembelajaran matematika di sekolah memang membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang sehingga dalam prosesnya dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Dari perencanaan tidak hanya sekedar mencapai tujuan saja yang diharapkan, tetapi melalui perencanaan pula diharapkan kemampuan guru untuk mengembangkan sendiri sumber belajar akan meningkat melalui penggunaan teknologi, pemanfaatan buku dan lingkungan; dapat melayani siswa yang heterogen; dan kesesuaian materi dengan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  95. Septi Puji Rahayu
    13301241028
    Pend. Matematika A 2013

    Math lesson plans by teachers is important, because then teachers are willing to carry out the direction of their learning. and students so they better understand the purpose of learning mathematics.

    ReplyDelete
  96. assalamualaikum
    FEBRINA RIKI DWIYANA
    13301241044
    MATH EDU - C
    teacher certification are eligible to receive a teacher who has real quality and professionalism in the teaching and learning activities in the school and community environment. teacher preparation really need for this..

    ReplyDelete
  97. PARJO (13709259001)
    PPs Pendidikan Matematika UNY P2TK 2013

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kegiatan pembelajaran tanpa adanya perencanaan pembelajaran tentunya tidak akan menghasilkan pelaksanaan pembelajaran yang baik. Karena pada hakikatnya perencanaan pembelajaran merupakan proses mengelola, mengatur dan merumuskan unsur-unsur pembelajaran seperti merumuskan indikator ketercapaian, tujuan, materi atau isi, metode pembelajaran dan merumuskan evaluasi pembelajaran serta sistem penilaiannya. Sehingga dengan perencanaan pembelajaran seorang guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan terarah dan sistematis.
    Sekian terima kasih

    ReplyDelete
  98. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    pendidikan Matematika A 2013

    in the mathematics learning activities, as a teacher we certainly have a plan to implement the mathematics learning activities. The plan we must prepare well so that it can be done and done well too. The existence of the lesson plan is intended that the implementation of learning in the classroom more focused and clear objectives and measures of achievement. In addition, this plan can avoid teachers from mistakes such as forgetting the material, assignments, etc. should be given on that day. Lesson plans that have been made ​​will also be the subject of teacher evaluations to continually improve the way or method of teaching. One example of a plan that is done by the teacher to be able to carry out activities in learning mathematics are manufacture syllabus and lesson plan.

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  100. Harna Yulistiyarini_(NIM 13709259011)_PPs PMAT P2TK 2013

    Pembelajaran matematika perlu di rencanakan dengan baik. Sangat bagus jika secara kontinyu dilaksanakan pendidikan/ pelatihan guru agar persiapan guru dalam mengajar semakin bagus. Jadi bukan hanya pada saat akan sertifikasi saja tetapi juga secara periodik ataupun insidental setelah mendapat sertifikasi. Hal ini karena perencanaan pembelajaran dari tahun ke tahun semakin berkembang. Banyak ilmu baru yang harus dikuasai guru ataupun diketahui guru sehingga dapat mengajar sesuai ruang dan waktunya. Sangat jelas mengajar murid di tahun 1980-an harusnya berbeda dengan mengajar murid tahun 2010-an karena paradigma, perkembangan zamannya sudah snagat berbeda.

    ReplyDelete
  101. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    After reading this post i now know it turns preparation of mathematics education for a teacher very much. Especially if you want to be a professional and proficient teachers in teaching and understand what is required of each student. The ability of teachers to develop teaching materials is critical to support the success of learning because the only people who know the needs of their students are teachers themselves. These preparations should be done carefully and clearly, with the aim to facilitate students in developing abilities to the maximum.

    ReplyDelete
  102. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    preparations were written in the post it should be done by the teacher. in implementing the existing curriculum, teachers must trying to make learning more oriented to students , so that the learning process is not as before with the manual. but, now teachers have to be more creative and smart. for example, teachers who were not concerned with the development of technology, inevitably now should be able operate a computer and even the Internet. curriculum that now wants to make teacher can be in all aspects, not just smart in the field alone.

    ReplyDelete
  103. ARI AKHIRNI
    PPS PENDIDIKAN MATEMATIKA P2TK 2013
    NIM. 13709259007

    Tujuan pembelajaran adalah rumusan perilaku siswa (pengetahuan, sikap maupun keerampilan) yang harus terjadi pada setiap selesainya proses pembelajaran. Oleh karena itu, rumusan pembelajaran harus mencerminkan perubahan yang spesifik, mudah dikontrol dan terukur dalam setiap jenis perubahan yang telah dimiliki oleh siswa dari hasil belajar yang telah dilakukannya.
    Tercapainya tujuan pembelajaran dengan indikator perubahan yang terukur baik dari segi pengetahuan, sikap maupun keterampilan, tidak berarti bahwa hanya sebatas itulah tujuan pembelajaran tersebut. Tercapainya tujuan pembelajaran, merupakan merupakan tahap awal atau sebagai perantara untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih luas, komplek dan lebih tinggi lagi. Dengan demikian tujuan pembelajaran dalam urutan tujuan, merupakan penjabaran dari tujuan yang ada diatasnya, yaitu tujuan kurikuler, tujuan lembaga, atau institusional, dan tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  104. Siti Muzaro’ah, S.Pd.Si
    P.Mat P2TK Dikdas 2013
    NIM. 13709259012

    Bismillah..

    Ilmu baru tentang pendidikan sebagai guru saya peroleh lagi melalui artikel ini. Selama ini kita hanya mengetahui jika persiapan untuk mengajar ya RPP atau Silabus, ternyata ada yang namanya Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. RPP harus disusun secara sistematis agar mudah dalam pelaksanaannya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru hendaknya dapat mengembangkan media atau alat bantu pembelajaran misalnya LKS.Kemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran karena satu-satunya orang yang mengetahui kebutuhan siswanya adalah guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  105. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    I agree with the mathematics lesson planning by the teachers. With the lesson plans, the teachers and the students will be more understand the learning destination which be achieved during a certain period, and so on.

    ReplyDelete
  106. Dessi Kristiyani
    PPs PM P2TK 2013_NIM 13709259010

    Assalamuálaikum..

    Dalam KBM, khususnya sebelum memulai KBM, seorang guru harus melakukan persiapan persiapan pembelajaran, baik secar khusu maupun umum. persiapan - persiapan itu tidak hanya persiapan administrasi dalam bentuk perangkat pembelajaran, akan tetapi juga segala aspek yang menunjang KBM juga harus tetap dipersiapkan dnegna sekasama, baik itu yang berasal dari diri guru sendiri, aspek dari siswa, maupun dari linkgungan tempat belajar.

    Wassalamuálaikum..

    ReplyDelete