Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

43 comments:

  1. menurut saya tujuan dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika sangat bagus sekali dimaana ada tujuan secara umum dan kusus. para guru ememng sudah seharusnya sudah mandiri dalam perencanaan pembelajaran. kebutuhan akan pentingnya perencanaan sudah seharusnya dirasakan oleh guru sehingga guru sudah berupaya untuk meninggalka metode konvensional yang tentunya sudah tertinggal. perencanaan menjadi penting agar apa yang akan dilakukan tepat dan efisien. untuk bisa tepat dan efisien maka diperlukan perencanaan yang matang. kemudian untuk membuat perencanaan yang tepat dan baik tentunya yang memahami adalah guru sendiri, sehingga akan sangat baik jika perencanaan yang dibuat adalah perencanaan yang dikembangkan oleh guru itu sendiri dari mulai RPP, metode, tujuan, alat peraga dll. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.

    Sdyoko Susanto
    NIM.15709259006
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  2. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tergantung pada perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran dibuat sebelum guru melaksanakan pembelajaran, apa yang kita kenal dengan RPP itulah rencana yang akan menjadi acuan guru selama pembelajaran berlangsung. semoga dengan guru membuat Perencanaan Pembelajaran Matematika senelum mengajar diharapkan 2 tujuan umum dan 15 tujuan khusus dapat tercapai, dan menurut saya jika guru tidak membuat perencanaan pembelajaran di khawatirkan guru akan mengalami hal hal yang sebagai berikut:
    1. Waktu yang dialokasikan terasa lama
    2. Materi yang disampaikan berproses secara berulang-ulang
    3. Guru akan tampak tidak menguasai materi yang disampaikan
    4. Kepercayaan siswa terhadap guru menjadi berkurang
    5. Dapat meruntuhkan kewibawaan guru dimata siswa
    6. Guru mudah terbawa emosi yang tidak mendasar bahkan grogi didepan kelas
    7. Lebih banyak waktu yang terbuang
    8. Pembelajaran berlangsung tidak efektif
    9. Guru kesulitan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran
    10. Tidak tercipta situasi pendidikan didalam kelas
    11. Guru mengalami kesulitan pada pertemuan berikutnya
    12. Guru dapat kehilangan kontrol pengelolaan dan penguasaan terhadap kelas yang dibinanya
    13. Dapat menurunkan motivasi mengajar guru
    14. dan lain sebagainya.

    Mahasiswa P-Mat P2TK 2015

    ReplyDelete
  3. Theresia Veni Tri Nugraheni
    15709251090
    PM D PPS UNY

    Hendaknya RPP dan LKS perlu dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar, paradigma dan teori belajar-mengajar. Skema pencapaian kompetensi perlu didukung dengan pengembangan berbagai variasi media, variasi metode dan variasi interaksi di dalam kelas. Bahkan LKS hendaknya dibuat sendiri oleh guru, karena sejauh ini sebagian besar LKS yang digunakan berasal dari penerbit yang sebenarnya kurang sesuai dalam aktivitas pembelajaran. Seperti yang disampaikan Prof. Marsigit, LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan. LKS dibuat guna melayani kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  4. Asep Tatan Rifa'i
    15709259012
    P.Mat P2TK 2015

    Dalam mendidik itu terdapat interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Proses interaksi itu melibatkan satu komponen lagi, yaitu apa yang disampaikan dalam proses mendidik itu. Apa yang disampaikan oleh seorang pendidik seharusnya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pendidikan itu, dimana terjadi interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Baik interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung. Perencanaan Pembelajaran Rencana yang dibuat harus disesuaikan dengan tersedianya sumber-sumber Organisasi pembelajaran harus senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat sekolah. Perencanaan pembelajaran yang baik akan berimbas pada hasil belajar siswa yang baik. Guru selaku pengelola pembelajaran harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab. Dengan Mempersiapkan metode, bahan ajar juga evaluasi agar perencanan perencanaan sesuai tujuan.

    ReplyDelete
  5. 15709259015/P.MAT-P2TK

    Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dan menunjang keberhasilan pembelajaran matematika di kelas. Telah disampaikan di atas dengan adanya progam sertifikasi guru akan mendapatkan banyak wawasan yang diterima seperti cara mempersiapan pembelajaran matematika yang dapat digolongkan menjadi 2kategori : persiapan umum dan persiapan khusus. Banyak hakekat yang hendak para pendidik ketahui yang akan membantu untuk mengembangkan perangkatnya sendiri dalam pembelajaran menjadi inovatif dan kreatif utamanya dalam menyusun Lesson Plan. Dari hasil sertifikasi guru tersebut ada harapan yang besar agar guru dapat mengembangkan sumber belajarnya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Theresia Veni Tri Nugraheni
    15709251090
    PM D PPS UNY

    Sebagai guru kita perlu sangat perlu melakukan perencanaan pembelajaran yang baik guna melayani kebutuhan para siswa, hal ini dikarenakan kita perlu memotivasi siswa dengan menyusun pembelajaran yang menyenangkan, para siswa belajar dengan cara yang berbeda dan dengan kecepatan yang berbeda, latar belakang sosio-budaya mereka juga mungkin berbeda, dan terkadang siswa memerlukan konteks dan situasi yang berbeda-beda dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  7. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor, salah satu diantaranya adalah proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang baik, di pengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif maka manfaat dari perencanaan pengajaran adalah: Petunjuk arah dalam mencapai tujuan, Pola dasar dalam mengukur tugas dalam wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam pengajaran, Pedoman kerja bagi setiap unsur meliputi guru siswa, Alat ukur efektifitas pelaksanaan pengajaran. Menghemat waktu, tenaga, alat dan juga biaya dalam pengajaran. Menghindari duplikasi dalam pemberian materi pengajaran.

    Burhanuddin
    15709259007
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  8. Dari elegi di atas dapat diketahui bahwa agar pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan perencanaan pembelajaran matematika yang baik pula. Dalam perencanaan pembelajaran matematika terdiri dari dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
    Tujuan Umum (Standard Competency) terdiri dari:
    1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
    2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
    Sedangkan Tujuan Khusus (Basic Competency) terdiri dari:
    1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
    2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
    3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
    4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
    5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
    6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
    7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
    8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
    9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
    10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
    11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
    12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
    13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
    14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
    15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.


    M. Ihsan
    NIM. 15709259005
    PM P2TK 2015 PPs UNY

    ReplyDelete
  9. Pembelajaran merupakan seperangkat kejadian yang didalamnya meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang mempengaruhi siswa dalam situasi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses atau cara berfikir mengenai sesuatu hal yang akan dilakukan dengan tujuan agar diri seorang dapat berubah. Perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien

    ReplyDelete
  10. Salah satu persiapan pembelajaran matematika adalah persiapan khusus, dalam persiapan khusus lebih kita kenal dengan RPP (Lesson Plan). RPP merupakan Rencana pelaksanaan pembelajaran, terkadang apa yang guru rencanakan tidaklah sesuai dengan kenyataannya, akan tetapi dengan adanya rencana, maka kegiatan dapat terstruktur dengan baik. Apapun yang terjadi di kelas, setidaknya Guru telah membuat perencanaan yang baik dengan membuat RPP.

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  11. Dwi Muryanto
    15709251015

    Mengajar bolehlah dikatakan sebagai rekayasa pengetahuan melalui pendidikan. oleh karenanya dibutuhkan panduan. Dengan demikian RPP sebaiknya dipersiapkan dengan lebih matang. Kompetensi dan tujuan yang hendak dicapai jelas, metodenya menarik dan variatif, sehingga pmebelajaran yang akan dilaksanakan bermanfaat dan bermakna bagi murid-murid

    ReplyDelete
  12. Bila diperhatikan sepertinya dalam perencanaan saja banyak hal yang perlu disiapkan dan dipikirkan oleh guru. Itu apa yang saya pikirkan. Perencanaan membantu guru untuk memahami kompetensi yang dapat siswa kuasai, menjadi tugas guru yang harus dilakukan. Dengan mebuat perencanaan yang baik maka pembelajaran dikelas akan menjadi kegiatan siswa bukan transfer ilmu dari guru. Siswa tidak melulu mendengarkan penjelasan guru, tetapi siswa belajar menemukan dan mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Hal ini mungkin dilakukan dengan pemberiakan lembar kegiatan siswa, media peraga, sumber belajar yang relevan, dan situasi siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  13. NOVALINDA PUSPITA AYU
    15709251085
    Pmat PPS UNY 2015 Kelas D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Tantangan menjadi seorang guru sangatlah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat teknologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang belum mampu menggunakan internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi, seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian teknologi informasi.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  14. NOVALINDA PUSPITA AYU
    15709251085
    Pmat PPS UNY 2015 Kelas D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Perencanaan pembelajaran yang baik dan terstruktur akan dapat mengakomodasi kebutuhan yang dinginkan siswa selama proses belajar mengajar, sehingga siswa menjadi termotivasi dalam belajarnya. Guru sebagai fasilitator haruslah mampu menghadirkan dan mewujudkannya dalam proses pembelajaran didalam kelas.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  15. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasioanal 2013

    PEmbelajaran yang baik dan bermakna tentunya berawal dari rencana pembelajaran yang baik pula, untuk itu sebagai pendidik harus mempersiapkan secara matang hal-hal yang perlu dikaji untuk mendapatkan rencana yang baik untuk hasil yang baik pula.

    ReplyDelete
  16. Elmaini
    15709259004/P.MAT-P2TK
    Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, seorang guru harus mempunyai persiapan, baik persiapan khusus maupun persiapan umum. Persiapan umum dan persiapan khusus tersebut juga diharapkan dapat mempermudah guru dalam memberikan pelayanan kepada siswa. Persiapan khusus pada akhirnya akan menghasilkan Lesson Plan. Dalam Lesson Plan ini, terdapat tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi, metode pembelajaran, media, alat dan sumber belajar yang digunakan oleh guru. Guru harus mampu membuat Lesson Plan atau RPP agar kegiatan pembelajaran lebih terorganisir dan agar kegiatan pembelajaran dapat lebih berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu, Lesson Plan mempunyai andil yang besar dalam kelancaran proses mengajar yang dilakukan guru karena dengan membuat Lesson Plan terlebih dahulu berarti guru telah membuat perencanaan untuk kegiatan mengajarnya di kemudian hari.

    ReplyDelete
  17. Gity Wulang Mandini
    15709251054
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D

    Apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran matematika, hendaknya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai seperti dengan yang diharapkan, maka guru harus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang pembelajaran. Dengan adanya persiapan, suatu pembelajaran akan tersusun secara sistematis. Sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang akan disampaikan kepada siswa untuk memahami konsep matematika guna mencapai tujuan belajar yang telah dirumuskan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  18. NURFARAHIN FANI
    15709251008
    P MAT KELAS D
    Dari uraian artikel ini dapat menjadi panduan dalam merencanakan pembelajaran matematika. semua kegiatan perlu perencanaan yang baik agar situasi dan kondisi yang akan dihadapi dapat diarahkan pada tujuan yang telah ditentukan. Hal yang perlu dilakukan dalam pertimbangan dan pemikiran yang dalam adalah tujuan khusus.

    ReplyDelete
  19. Mengajarkan matematika butuh persiapan khusus mulai dari perencanaan yang dikenal dengan Rencana pembelajaran matematika. Didalam RPP di pikirkan metode pembelajaran yang cocok materi pelajaran yang akan diajarkan sehingga cocok juga dengan karakter siswa yang akan di ajar. Metode pembelajaran pun harus dipikirkan alat atau media yang akan digunakan sehingga tujuan utama materi pelajaran pertemuan itu tersampaikan. Tidak saja terlaksana tapi bagaimana materi itu masuk dalam benak siswa dengan harapan siswa siswa sendiri mengkonstruksi sehingga akan lama terekam dalam pikiran siswa. Persiapan yang panjang dan membutuhkan kretivitas pemikiran dan inovasi dalam media pembelajaran.

    Martini, PM P2TK
    15709259003

    ReplyDelete
  20. ABSORIN PPs Pmat P2TK 2015
    NIM : 15709259013
    Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian yang harus dikuasai oleh guru, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran. Persiapan umum penting dilakukan agar guru memahami berbagai kajian, teori-teori pendidikan dan pembelajaran, serta implementasinya. maka dapat dikatakan ia sudah mampu mengenali dirinya sendiri dan mengendalikan dirinya ketika di kelas, oleh karena pembelajaran meliputi hal seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan hal yang sangat pengting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengqan baik dan lancar.

    ReplyDelete
  21. seorang guru matematika tentunya harus cinta akan matematika itu sendiri meskipun sebagai manusia kita memiliki kekurangan dengan apa yang kita pegang atau ajarkan. Untuk bisa mengurangi kekurangan pada diri kita dalam mengajarkan matematika yaitu belajar dan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar. Persiapan yang kita lakukan setidaknya sebagai rencana awal dalam mengajar dan mengevaluasi persiapan yang pernah kita lakukan, bukan hanya mengevaluasi peroses atau hasil saja

    ReplyDelete
  22. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Permasalahan dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika sangat banyak dan sangat kompleks. Permasalahan itu antara lain terdapat pada aspek kurikulum, metode belajar mengajar, sumber-sumber belajar, dan lain-lain. Maka dari itu, perlu adanya penelitian yang relevan dari berbagai aspek tersebut agar dapat menyelesaikan masalah. Melalui penelitian, diharapkan mampu memberikan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan memberikan jawaban atas berbagai masalah yang belum dapat diatasi. Dunia ini selalu berubah tanpa disadari oleh manusia, termasuk dunia pendidikan. Adanya perubahan-perubahan tersebut harus diikuti dengan kesiapan dari masyarakatnya untuk berubah. Melalui penelitian, diharapkan pendidikan di Indonesia mampu berubah ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  23. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Guru professional merupakan guru yang mampu memahami karakteristik siswanya dan mampu melakukan persiapan sebelum menghadapi pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah menyiapkan metode pembelajaran di kelas. Hendaknya guru mampu memilih metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan materi pembelajaran yang hendak disampaikan. Dan dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, seperti halnya memyampaikan materi melalui macromedia, menggambarkan kurva dengan software matematika, maupun memberikan tugas melalui internet. Namun, agar pembelajaran sesuai dengan RPP (Lesson Plan), semua persiapan tersebut harus dapat terintegrasi dengan baik dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia.

    ReplyDelete
  24. Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa Materi pembelajaran(instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Dengan adanya perencanaan materi pembelajaran bagi para mahasiswa tersebut diatas, dapat mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  25. Salah satu cara untuk mengubah paradigma lama yaitu pembelajaran berpusat pada guru ke paradigmma baru yaitu pembelajaran berpusat pada siswa salah satu caranya adalah dengan menggunakan media LKS. Tetapi perlu diingat disini bahwa LKS jangan hanya berisi kumpulan-kumpulan soal saja, tetapi bisa berisi sumber informasi, teori, dan penemuan terbimbing. Untuuk itu guru dituntut untuk kreatif juga tidak hanya dalam mengajar tetapi dalam membuat media pembelajaran juga.

    ReplyDelete
  26. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu perencanaan pembelajaran memiliki beberapa manfaat:
    1. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan alat untuk menemukan dan memecahkan masalah.
    2. Perencanaan pembelajaran dapat mengarahkan proses pembelajaran.
    3. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan dasar dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif.
    4. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan alat untuk meramalkan hasil yang akan dicapai.
    Dapat dipahami bahwa perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
    Seorang pendidik perlu terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran. Karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap individu yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum.

    ReplyDelete
  27. Widi Astuti
    15709259009
    PMat P2TK 2015

    Tugas seorang guru agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menyiapkan suatu perencanaan pembelajaran, baik persiapan khusus maupun persiapan umum. Persiapan khusus maupun persiapan umum menuntut guru untuk menguasai segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran kelas. Dalam membuat perangkat pembelajaran, guru harus memahami karakter siswa, melakukan variasi atau inovasi pendekatan, metode, model maupun media pembeljaran, dan juga mau memperbaikinya berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Hal ini dilakukan agar siswa tertarik untuk belajar, sehingga guru dapat mudah membimbingnya untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, karena pembelajaran yang berorientasi pada siswa akan menjadi pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  28. 15709251055 / PM D

    Salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran.

    ReplyDelete
  29. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
    Ketika melakukan perencanaan dengan menggunakan buku teks perlu memperhatikan materi pembelajaran yang ada dalam buku tersebut. Biasanya ada terjadi kesalahan konsep dalam buku teks, seperti yang banyak terjadi dan yang banyak ditemuakan kesalahan-kesalahan. Kemudian dalam memakai ICT, perlu diperhatikan bahwa siswa jangan sampai tergoda atau siswa menjadi bermain dalam belajar atau kecenderungannya siswa tidak memiliki catatan penting, dan biasanya ketika disuruh membuat catatan siswa malas. Mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  30. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Untuk menghadapi kebutuhan di dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan sebuah program penunjang sebagai upaya untuk menyelesaiakan persoalan pendidikan, misalnya dengan program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan. Pada perkuliahan tersebut terdapat adanya mata kuliah Persiapan pembelajaran matematika yang memiliki tujuan yang sangat jelas untuk perbaikan pendidikan khususnya perbaikan yang dapat diupayakan oleh seprang guru. Semoga saja program ini dapat terlaksana sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya dan terbuka lebar peluang untuk semua pihak yang ingin menjadi guru, sehingga kedepannya ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat. Amin.

    ReplyDelete
  31. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Sebelum menyelenggarakan pembelajaran di kelas, guru hendaknya melakukan persiapan. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran juga dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan media atau LKS yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  32. DIFIA ESA BUNGA
    15709251083
    PPs UNY PMAT-D

    Tantangan menjadi seorang guru tidaklah sedikit, tugas yang dibebankan oleh para guru bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru harus bisa menjadi panutan dan idola untuk siswa. Guru yang kreatif dan inovatif serta komunikatif akan sangat mudah diterima oleh siswa. Suasana belajar yang menyenangkan menumbuhkan minat belajar yang tinggi untuk para siswa. Proses pembelajaran seperti ini akan memberikan pengalaman yang sulit dilupakan oleh peserta didik. Selain itu, peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang dikonstruksi berdasarkan pengalaman belajarnya.

    ReplyDelete
  33. Sugiyantoro
    15703269005
    IP konsentrasi P Mat

    Yang bagus, yang ideal, yang bermanfaat harus semua dibuat dan disiapkan sendiri agar dapat disesuaikan dengan kondisi dan sumber daya yang ada. Namun kenyataan dilapangan banyak guru yang hanya copy-paste.

    ReplyDelete
  34. Brigita Wahyu M
    15709251089
    PPS 2015 PM.D

    Assalmu'alaikum wr. wb.
    Terima kasih Prof. Marsigit, telah bersedia membagi sumber untuk belajar kami. Saya sudah mencoba berkunjung ke alamat url tersebut namun alamat tidak valid. Dengan demikian saya tidak tau informasi yang tersedia maupun informasi penting yang dimaksud. Padahal saya masih penasaran dengn informasi yang hendak Bapak sampaikan melalui link tersebut. Terimakasih.
    Wassalmu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  35. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Perencanaan Pembelajaran Matematika menjadi penting mengingat proses pembelajaran matematika itu sendiri. Proses yang tidak mudah bagi guru untuk mentransfer ilmu matematika, juga tidak mudah bagi siswa menerima materi matematika begitu saja apalagi untuk materi yang asing atau baru bagi siswa. Sebagai calon guru, terkadang kita lupa menempatkan diri kita sebagai siswa dan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Hal tersebut membuat kita merasa yakin akan kebenaran perencanaan tersebut. Padahal sebaiknya dalam membuat perencanaan pembelajaran, kita dalam keadaan menempatkan diri kita sebagai siswa dengan pemikiran seperti siswa. Dengan demikian kita dapat memperkirakan apakah materi yang kita sajikan nantinya terlalu memberatkan atau sulit bagi siswa. Setelah melakukan hal tersebut, harapannya apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan kondisi siswa.
    Membaca banyak RPP, LKS dan melihat proses KBM juga dapat menjadi salah satu jalan untuk melatih dan memperkaya pengetahuan dalam mengajarkan sesuatu. Kita dapat belajar banyak dari apa yang dibaca dan dilihat. Namun, pengalaman individu adalah guru yang terbaik. Jangan takut mencoba.

    ReplyDelete
  36. Eko Hidayati
    15709259011
    PMat P2TK
    Merancang dan menyiapkan materi pembelajaran adalah salah satu faktor keberhasilan pembelajaran di kelas. Sebagai guru harus mempunyai keterampilan pedagogi. Dari keterampilan pedagogi tersebut guru diharapkan dapat membuat perencanna pembelajaran. Pembelajaran matematika yang direncanakan akan lebih maksimal hasilnya dalam keberhasilan siswa atau prestasi yang didapat siswa. Sehingga, apapun yang akan kita ajarkan baiknya harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai tujuan

    ReplyDelete
  37. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika Inter.

    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  38. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika Inter.

    Agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik, para guru atau calon guru harus mampu: 1. Memahami dan mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika, 2. Melakukan kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, 3. Mampu mengimplementasikan hakekat matematika sekolah, 4. Dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar di sekolah, 5. Dapat mengimplementasikan metode, penilaian, sumber belajar, struktur, skema pencapaian, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, variasi sumber belajar, dan RPP yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  39. Untuk menjadi guru yang profesional dan bersertifikat ternyata tidak mudah, banyak sekali kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki, selain guru harus bisa mengajarkan dengan baik, guru juga dituntut untuk bisa mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran dalam rangka menunjuang pembelajaran, guru juga dituntut untuk bisa mengembangkan bahan ajar sendiri. Tetapi semua hal tersebut sangat baik untuk kemajuan pendidikan kelak. Semoga guru-guru yang sudah bersertifikasi memang mempunyai kemampuan yang sepadan.

    ReplyDelete
  40. Persiapan pembelajaran menjadi suatu step yang harus dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran di kelas. Mengapa persiapan menjadi sesuatu yang penting? Tentu persiapan ini lah yang nantinya mendukung pembelajaran yang bermakna. Sesuatu yang dilakukan dengan persiapan tentu akan menghasilkan output yang lebih baik daripada dilakukan serta merta tanpa persiapan. Karena dalam proses persiapan itu lah guru mempunyai keleluasaan waktu untuk merancang strategi pembelajaran dan lain sebagainya. Persiapan yang matang tentu harapannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu penting adanya semangat dan ikhlas hati bagi guru dalam menjalani perannya agar proses pembelajaran yang dilakukan mengahsilkan output yang maksimal.

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  41. NURFARAHIN FANI
    15709251008
    P MAT KELAS D
    Mengenai “Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.” Skema adalah alur yang telah direncanakan sebelumnya dan scenario merupakan aktifitas dan perlakuan apa saja akan dilakukan karena hal ini mengarahkan pada mempraktekkan ke depan siswa. Semua harus dilakukan dengan baik, agar terhindar dari pengaruh-pengaruh diluar perencanaan.

    ReplyDelete
  42. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.
    Melakukan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dirancang terkadang terasa sulit, terlebih jika siswa tidak mau diajak kerjasama. Intinya perlu mempersiapkan siswa sedini mungkin, menyiapkan pikiran mereka dengan apa yang akan dipelajari. Siswa harus fokus dan guru harus mampu memusatkan perhatian siswa. Sehingga apa yang direncanakan bisa berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  43. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Terdapat dua macam penggolongan dalam persiapan pembelajaran matematika, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum meliputi pengetahuan guru tentang hakekat dan dasar-dasar pendidikan maupun pendidikan matematika. Persiapan ini lebih bersifat kesiapan guru dalam mengetahui alasan dan tujuan keberadaannya dalam pendidikan serta pembelajaran. Di lain sisi, terdapat persiapan khusus yang menyiapkan tentang pembelajaran matematika dengan siswa. Persiapan ini lebih berisi hal-hal yang perlu guru siapkan secara terinci untuk digunakan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com