Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

126 comments:

  1. Winda Nur Akhadya
    12313244029
    P Mat Int 2012

    Dari postingan diatas saya dapat mengambil satu kalimat yaitu "Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri". Saya sangat setuju dengan kalimat tersebut, bahwa sumber belajar yang baik itu adalah yang dapat dikembangkan oleh seorang guru sendiri. Guru dapat mengembangkan LKS yang berisi aktifitas-aktifitas siswa dalam mempelajari matematika, guru juga dapat mengembangkan modul pelajaran matematika sendiri, guru dapat membuat RPP sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, guru dapat membuat media yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi matematika, dan masih banyak lagi. Dengan begitu guru dapat mengembangkan pembelajaran matematika yang baik, mengembangkan kemampuan guru dalam membuat sumber belajar yang baik, serta memfasilitasi siswa dalam pembelajaran matematika sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  2. Faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian yang harus dikuasai oleh guru, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran. Pembelajaran matematika yang direncanakan akan lebih maksimal hasilnya dalam keberhasilan siswa atau prestasi yang didapat siswa. Sehingga, apapun yang akan kita ajarkan baiknya harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran. Sasaran tersebut harus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

    Titin Rusmawati
    15709251092
    PPs Pend.Matematika 2015 UNY
    PM_B

    ReplyDelete
  3. Lisa Febrianti
    12313244024
    Pendidikan Matematika Inter 2012

    I think this should be a concern not only for the teacher in certification program, but also all the good teachers and prospective / next teachers of mathematics and also non-mathematics teachers.
    I agree with what was stated in the article above. I suppose everything needs a good preparation and planning. Similarly, the study of mathematics also requires good preparation for the general preparation and specific preparation. Then, the implementation of learning mathematics need to be adjusted to what had been previously planned. Because sometimes in learning, there is a teacher who does not fit with the lesson plan that was created, and then spin out the time until finally at the end of the lesson there is material which is not conveyed or may be not evident in the present it.

    ReplyDelete
  4. Perencanaan pembelajaran matematika perlu dipersiapkan dengan matang, baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan ini juga termasuk pengembangan materi ajar baik berupa buku, internet, lks, dsb. Namun dalam pelaksanaannya persiapan yang telah dibuat berfungsi sebagai acuan guru, guru tetap dituntut untuk fleksibel, bagaimana mengkondisikan lapangan bila terjadi hal-hal yang bertentangan dengan rencana pembelajaran sebelumnya.

    Ricky Antonius Leohani
    15709251048
    PPs Pmat A

    ReplyDelete
  5. Menurut saya, apa yang diuraikan dalam artikel di atas sangat penting untuk dipahami, tidak hanya bagi guru yang mengikuti program sertifikasi, tetapi bagi semua guru dan calon guru. Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa terdapat 2 kategori persiapan, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum penting dilakukan agar guru memahami berbagai kajian, teori-teori pendidikan dan pembelajaran, serta implementasinya, sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan perannya sebagai guru. Sedangkan persiapan khusus berkaitan dengan persiapan pembelajaran di kelas yang pada akhirnya akan menghasilkan RPP.

    ReplyDelete
  6. PutriSolekhah
    12313244008
    Pend. Matematika Inter.

    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik, para guru atau calon guru harus mampu: 1. Memahami dan mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika, 2. Melakukan kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, 3. Mampu mengimplementasikan hakekat matematika sekolah, 4. Dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar di sekolah, 5. Dapat mengimplementasikan metode, penilaian, sumber belajar, struktur, skema pencapaian, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, variasi sumber belajar, dan RPP yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  8. Perencanaan sebelum perencanaan diperlukan untuk mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan dapat berupa pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Perencanaan yang maksimal juga akan mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali hal yang perlu direncanakan untuk melaksanakan pembelajaran matematika. Berbagai persiapan perlu dilakukan seperti menganalisis kurikulum hingga pembuatan RPP dan LKS. Perencanaan pembelajaran yang baik salah satunya dengan menggunakan media yang bervariasi. Guru dapat membuat beberapa jenis LKS yang digunakan dalam satu kali tatap muka.

    ReplyDelete
  10. Guru yang baik adalah guru yang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebelum ia mengajar. RPP ini berfungsi sebagai skenario proses pembelajaran agar lebih mempermudah, dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah pada tujuan pembelajaran. Selain itu persiapan yang baik bisa dalam pemilihan metode mengajar karena hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu anak didik, tujuan, situasi, fasilitas dan guru. Karena itu, guru harus kreatif dalam pemilihan metode yang tepat dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Guru harus merumuskan tujuan pembelajaran bukan sekedar membuat suatu tujuan, tetapi harus dirumuskan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sehingga diharapkan pembejaran akan berjalan dengan lancar, lebih efektif dan efesien, serta siswa mampu menangkap semua yang telah dipelajarinya.

    Titin Rusmawati (15709251092
    PPs Pend.Matematika 2015 UNY PM_B

    ReplyDelete
  11. Seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Ketika seorang guru dinyatakan telah memiliki keempat kompetensi ini dengan baik, maka dapat dikatakan ia sudah mampu mengenali dirinya sendiri dan mengendalikan dirinya ketika di kelas. Dari keempat kompetensi ini hendaknya dikuasai dengan baik dan digunakan untuk mengajar sebaik mungkin, dan tentunya berkat kompetensi tersebut, seorang guru akan mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang bermakna.

    ReplyDelete
  12. Karena melalui pembelajaran yang bermaknalah guru dapat menggapai siswanya. Makna yang mendalam tak melulu dari dalamnya materi yang diajarkan , namun lebih kepada prosesnya, yang mengajarkan banyak pengalaman serta wawasan baru bagi peserta didik, sehingga pikiran peserta didik menjadi lebih luas dan semakin dewasa.

    ReplyDelete
  13. Dalam melaksanakan pembelajaran diperlukan adanya perencanaan yang benar-benar matang dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, disini diperlukan adanya pembuatan RPP sebagai rancangan atau struktur pembelajaran didalam kelas. RPP dalam matematika sangatlah penting untuk membangun pengetahuan siswa. guru harus mengatur strategi kedalam RPP agar bisa memenuhi tujuan tersebut. Dalam pembelajaran yang terpenting adalah proses bagaimana siswa mendapatkan ilmunya, karna hal tersebut adalah hal yang menentukan berhasil atau tidaknya guru dalam membangun pengetahuan siswa. maka dari itu guru harus benar-benar memperhatikan penyusunan RPP. (Tri kurniah lestari/15709251065/p.mat kelas a/ PPs UNY)

    ReplyDelete
  14. Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik. Dengan adanya mata kuliah ini, para calon pendidik akan belajar untuk membuat RPP, LKS, silabus, program semester, program tahunan, dll. Tujuan adanya perancangan perangkat pembelajaran ini agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang direncanakan, dan target yang ingin dicapai dapat tercapai.

    ReplyDelete
  15. Sebelum menjadi guru, mahasiswa calon guru telah diberi bekal mengenai persiapan umum maupun khusus dalam pembelajaran matematika. persiapan umum berupa pemberian pemahaman mengenai hakikat matematika disekolah. Harapannya calon guru dapat mengimplementasikan pembelajaran dengan cara-cara sebagaimana mengajarkan matematika pada anak-anak sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya.

    ReplyDelete
  16. Seorang guru matematika tentunya harus cinta akan matematika itu sendiri meskipun sebagai manusia kita memiliki kekurangan dengan apa yang kita pegang atau ajarkan. Untuk bisa mengurangi kekurangan pada diri kita dalam mengajarkan matematika yaitu belajar dan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar. Persiapan yang kita lakukan setidaknya sebagai rencana awal dalam mengajar dan mengevaluasi persiapan yang pernah kita lakukan, bukan hanya mengevaluasi peroses atau hasil saja.

    Edi Wahyudi_15709251086
    PPS_PMat_B_2015

    ReplyDelete
  17. Latifatul Karimah
    12301241007

    Setiap pembelajaran haus meiliki perencanaan dan persiapan yang matang agar pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat berjalan secara optimal. Saat ini, peran guru adalah sebagai fasilitator bagi siswa untuk mencapai pengetahuannya. Pembelajaran bukan hanya transfer of knowledge saja melaikan juga transfer of value. Guru harus mampu mengembangkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran agar proses transfer nilai dapat berjalan secara optimal.

    ReplyDelete
  18. Pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan hal yang sangat pengting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengqan baik dan lancar. Hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan sebuah pembelajaran adalah kondisi siswa, kondisi guru, fasilitas, dan hal lain yang berkaitan dengan siswa maupun guru.

    ReplyDelete
  19. ARLINA LILI FATIMAH
    12301241043

    Perencanaan pembelajaran matematika perlu didesain sedemikian sehingga pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Tidak hanya menyiapkan rencana pembelajaran (RPP) guru hendaknya juga menyiapkan LKS serta alat peraga yang mendukung siswa mengkonstruksikan pengetahuannya. Lima belas hal di atas sudah mencakup apa yang harus guru lakukan atau rencanakan sebelum pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  20. Sebelum melakukan pembelajaran di kelas terlebih dahulu seorang guru harus melakukan persiapan. Persiapan tersebut adalah membuat rencana pembelajaran dimana rencana pembelajaran tersebut adalah prosedur atau langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang nantinya akan diterapkan di kelas. Rencana pembelajaran berupa perangkat pembelajaran yang bisa mencakup LKS atau media pembelajaran atau modul. Namun dalam membuat perangkat pembelajaran kita harus bisa menekankan letak inovasi dari perangkat yang kita kembangkan. Sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa.

    ReplyDelete
  21. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika, tentunya diperlukan proses perencanaan yang matang. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran merupakan suatu yang penting dalam pencapaian keberhasilannya. Persiapan ini bukanlah suatu hal yang sederhana. Guru membutuhkan banyak pemahaman demi terwujudnya persiapan yang matang. Memang situasi di kelas tidak sepenuhnya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan, namun persiapan yang kita lakukan akan sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran karena dapat memberikan kerangka yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajran itu sendiri. Maka, tidak semestinya seorang guru meremehkan makna RPP, karena sebenar-benar RPP ialah buah kesungguhan dari persiapan seorang guru untuk mencapai keberhasilan mengajarnya.

    Tria Utari
    15709251069
    Pendidikan Matematika PPS UNY kelas B

    ReplyDelete
  22. Isti Handayani
    12301241045
    Pend. Matematika 2012
    Bagi setiap guru tentunya diperlukan adanya perencanaan pembelajaran matematika. Dikarenakan ilmu matematika itu sangat luas sehingga perlu adanya rencana pembelajaran untuk menambah persiapan guru dalam mengajar. Dari elegi di atas pula dikatakan bahwa "kemampuan guru mengembangkan materi ajar menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri." Hal itu dikarenakan setiap guru memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu yang telah mereka peroleh serta pengalaman yang mereka dapatkan untuk kemudian diberikan kepada siswa-siswanya melalui proses pembelajaran.

    ReplyDelete

  23. Before we are teaching especially in mathematics, we must have some plans. The important thing that we have to plan is our self, how far we know about mathematics it self, about our task and our function as a mathematics teacher, what method and how to scoring in mathematics learning, understanding why students are studying mathematics, what reference that we want to use, and many things. In the other case, we must remember that what we will plan next is not only to prepare what material that we will give to facilitated the students, but we also prepare what things that we will give to. If we are already to understand this, we will be expected to move the old paradigm where teachers are always presenting the material and the student are only listening become a paradigm where teachers are only the facilitator and the students must trying to grow and developed by our self.

    ReplyDelete
  24. Ernawati
    12301241011

    Dalam perencanaan pembelajaran matematika, terdapat dua kategori persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum berkaitan dnegan teori-teori pendidikan dan pembelajaran serta implementasinya yang digunakan sebagai landasan bagi seorang guru. Sedangkan perdiapan khusus berkaitan dnegan rencana pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  25. Guru yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan bahan ajar dapat lebih menunjang keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Sumber belajar yang dikembangkan oleg guru adalah sumber belajar yang paling baik. Hal ini karena seorang guru dapat lebih menyesuaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan karakter siswa di kelas.

    ReplyDelete
  26. Salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagiaan dari silabus. Perencanaan pembelajaran akan memprediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Secara garis besar dalam pembelajaran tentu penting dilakukannya perencanaan atau persiapan. Dimana ada 2 hal yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum yang berkaitan dengan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas.

    ReplyDelete
  28. Secara realitasnya maka persiapan ini akan tertuang dalam bentuk RPP yang mana seharusnya RPP ini dikembangkan dan dibuat oleh guru sekolah. Namun yang saya dapatkan dilapangan RPP yang dipakai oleh guru adalah RPP yang didapat dari kegiatan perkumpulan guru matematika sedaerah, yang menurut saya tentu ini akan berbeda jika diterapkan pada sekoalah tertentu, karena karakter siswa yang diajarkan dan kebutuhannya berbeda. Realisasi yang lainnya yaitu berupa LKS dan alat peraga lain yang semestinya juga dikembangkan oleh guru matapelajaran sendiri.

    ReplyDelete
  29. Rusi Ulfa Hasanah
    15709251078
    Pendidikan Matematika PPS UNY Kelas B

    Perencanaan pembelajaran adalah salah satu kewajiban seorang guru yang harus dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan PBM di kelas. Biasanya perencanaan ini sselalu dibuat oleh guru setiap awal tahun pelajaran. Namun nyatanya, banyak guru yang mempersiapkan perencanaan ini asal-asalan atau asal jadi, atau hanya mengambil perencanaan pembelajaran yang tersebar di internet. Padahal perencanaan ini harus dibuat sebaik-baiknya oleh guru demi lancarnya kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Perencanaan ini sebaiknya terus direvisi tiap tahunnya, tergantung apa yang telah dialaminya selama satu tahun.

    ReplyDelete
  30. Fitriana Nurhidayati
    12301241027

    Perencanaan pembelajaran adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembelajaran dikelas. Hal-hal tersebut meliputi RPP, SIlabus, LKS, soal-soal ulangan atau evaluasi pembelajaran, kuis, dsb. Sebeleum memasuki kelas guru matematika harus menyiapkan hal-hal tersebut sehingga arah pembelajaran matematika akan lebih jelas dan termanajemen dengan baik.

    ReplyDelete
  31. Rusi Ulfa Hasanah
    15709251078
    Pendidikan Matematika PPS UNY Kelas B

    Perencanaan ini juga dapat menjadi acuan guru mengenai alokasi waktu yang ditentukan sehingga setiap materi dapat diselesaikan tepat waktu. Perencanaan ini juga dapat menjadi penolong ketika guru tiba-tiba tidak dapat masuk ke kelas sehingga harus digantikan oleh guru lain. Guru pengganti bisa melihat perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sebagai pedoman untuk mengajar di kelas yang akan digantikan. Namun hal-hal ini sering dipandang sebelah mata oleh guru-guru.

    ReplyDelete
  32. Memang seharusnya RPP dibuat menyesuaikan kondisi siswa pada saat itu dan guru harus benar-benar mengikuti RPP yang sudah dibuat. Akan tetapi, saat ini terutama guru-guru yang sudah sepuh membuat RPP hanya sebagai formalitas saja, jarang menggunakan media pembelajaran dan memberikan pembelajaran matematika yang konvensional. Harapannya guru-guru saat ini lebih termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan serta persiapan ketika memberikan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  33. Kholifatun Nur Rokhmah
    12301241039
    Pendidikan Matematika Sub 2012
    Filsafat Pendidikan Matematika

    Sudah menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang guru termasuk dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan yang baik adalah RPP yang mampu memfasilitasi siswanya untuk berkembang dan hidup, artinya mereka mendapat kesempatan mendapat pengalaman yang bermakna.

    ReplyDelete
  34. Guru yang baik adalah guru yang mau dan mampu untuk menjadi guru yan tidak biasa-biasa saja, artinya dia mau berusaha untuk mengenal karakteristik siswanya dan memberikan pembelajaran yang sesuai. Selain itu dia mau untuk membuat media pembelajaran seperti LKS dengan sungguh-sungguh agar sesuai dengna kebutuhan siswanya. Bukan sekedar LKS yang berupa kumpulan soal.

    ReplyDelete
  35. Tri Rahmah Silviani
    15709251035
    PPs PMat A
    RPP atau lesson plan merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting karena didalamnya tertuang kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan cerminan dari RPP yang disusun oleh guru. Matakuliah ini sangat penting bagi calon guru, karena disinilah calon guru dapat menemukan roh dari pembelajaran yang sebenarnya dan disinilah guru dapat memahami proses belajar mengajar yang sebenarnya. Proses belajar mengajar yang baik ditentukan oleh RPP yang baik pula, dan RPP yang baik disusun atas karakter siswa serta permintaan siswa yang sesuai dengan paradigma sekarang maksudnya bahwa sebelumnya guru menyusun beberapa RPP kemudian ditanyakan kepada siswa metode apa yang diinginkan siswa, maka selanjutnya guru memilih RPP yang sesuai dengan permintaan siswa. Ini diarapkan bahwa proses pembelajaran dapat menyenangkan dan memotivasi siswa dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  36. Hernestri Anggraheni
    12301241040

    Seorang guru memiliki tugas untuk menjadi fasilitator dalam belajar bagi siswanya. Untuk dapat memfasilitasi dengan maksimal, maka pebelajaran yang akan dilaksanakan perlu direncanakan. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.

    ReplyDelete
  37. Selain membuat RPP sebagai perencanaan pembelajaran, guru juga mempersiapkan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran, seperi LKS. Guru yang baik akan membuat LKSnya sendiri yang sesuai dengan karakteristik siswanya. LKS yang baik pun tidak hanya erisi soal-soal namun juga dapat menuntun siswa menemukan konsep matematika yang sedang ia pelajari. Pada intinya, semakin baik persiapan yang dilakukan oleh guru maka proses pembelajaran akan semakin baik.

    ReplyDelete
  38. Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Sebuah persiapan itu adalah aspek penting dalam suatu proses. Persiapan itu berarti kita mencoba menggambarkan apa-apa saja yang menjadi penunjang sudatu hal dan mencoba meraencang proses terbaik untuk hasil yang terbaik pula. Pun dalma pembelajaran matematika. Sebuah persiapan bagi seorang guru adalah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai persiapan terbaik yang sudah dilakukan.

    ReplyDelete
  39. Dalam persiapan itu ada beberapa bagian. Pun dalam persiapan pembelajaran matematika, dapat dibagimenjadi dua kategori, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Jadi, pada persiapan ini dibutuhkan perhatian lebih pada masalah paradigma, inovasi, dan hakikat yang ada.

    ReplyDelete
  40. Kuliah Persiapan Pembelajaran Matematika ini mengupas tuntas semua persiapan pembelajaran mulai dari persiapan umum hingga khusus. Persiapan umum berupa penyusunan perangkat pembelajaran dari target pencapaian SK/KD yang kemudian ditelusuri hingga RPP hingga penyusunan media pembelajaran, persiapan sebelum masuk kelas, apa saja yang perlu dibawa, apa yang perlu disiapkan dan lain-lain. Kegiatan persiapan belajar mengajar di jelaskan disini, mungkin terkadang perlu ada praktik persiapan khusus dan sebagainya.

    Novia Nuraini
    12301241018

    ReplyDelete
  41. Selain persiapan umum di atas, ada pula mengenai persiapan khusus. Persiapn khusus ini lebih fokus pada persiapan pembelajaran di dalam kelas yang lebih riil di dalam kelas. Seperti analisis kurikulum. Dimana analisis itu akan menghasilkan RPP (Lesson Plan). Dimana RPP yang menjadi panduan selama pembelajaran di dalam kelas dan sebagai usaha seorang guru agar pembelajaran di kelas dapat berjalan lebih maksimal dan terarah.

    ReplyDelete
  42. hanifah aabidah f
    12301241038
    pendidikan matematika 2012

    Banyak hal yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang guru yang sebenarnya. Berbagai persiapan dialakukan baik persiapan umum maupun khusus. Hal ini dimaksudkan aga guru dapat mewujudkan suatu pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa. Dalam persiapan khusus guru harus mengambangkan kemampuannya mulai dari menganalisis kurikulum, menyusun RPP, LKS, dan menentukan sumber belajar. salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah internet. Hal tersebut telah dicontohkan oleh Prof. marsigit yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan fasilitas blog. Dengan demikian pembelajaran menjadi lebih fleksibel untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  43. hanifah aabidah f
    12301241038
    pendidikan matematika 2012

    Dalam persiapan khusus salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah Skema pencapaian kompetensi terdiri dari will, attitude, knowledge, skill, dan experience. Will merupakan upaya yang dilakukan guru untuk merancang suatu RPP yang dapat membangkitkan kemauan atau kehendak siswa untuk belajar. Attitude adalah upaya guru dalam merancang suatu pembelajaran matematika yang dapat memunculkan sifat positif siswa, seperti sabar, tekun, teliti, disiplin, jujur, dan sebagainya. Knowledge adalah bagaimana upaya guru dalam merancang suatu pembelajaran yang dapat membangkitkan kesadaran siswa akan pentingnya membangun pengetahuan mereka sendiri dengan cara dan kemampuan mereka masing-masing. Skill adalah bagaimana upaya guru untuk merancan suatu pembelajaran yang dapat mengasah ketrampilan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Experience adalah bagaimana guru merancang suatu pembelajaran matematika sebagai suatu pengalaman penting, berkesan, dan bermakna bagi siswa. (http://marsigitpsiko.blogspot.co.id/2009/01/kualitas-kedua-dalam-rpp-pada-skema.html)

    ReplyDelete
  44. Marissa
    12313244026
    Pendidikan Matematika Internasional 2012

    Di dalam proses pembelajaran, kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting karena hal ini akan memengaruhi tingkatan pemahaman dari masing-masing siswa dalam menerima materi pelajaran yang disajikan guru, yang mana memengaruhi hasil dari kegiatan pembelajaran. Penyajian materi pelajaran di dalam pembelajaran yang inovatif berkaitan dengan seperti apa struktur pembelajaran, skema pencapaian kompetensi, skema interaksi, skema variasi metode yang digunakan, skema variasi media serta skema sumber belajar.

    ReplyDelete
  45. Marissa
    12313244026
    Pendidikan Matematika Internasional 2012

    Dalam pengembangan sumber belajar yakni LKS, sebenarnya guru inovatif dituntut mampu mengubah paradigma awal LKS hanyalah berisi kumpulan soal, menjadi suatu sumber belajar yang dapat dikembangkan sekreatif mungkin sesuai dengan perkembangan zaman yang diiringi pesatnya teknologi saat ini. Hal ini tentu tidak lepas dari pengembangan materi ajar yang berorientasi kepada siswa. Sehingga tujuan awal pembelajaran yang telah direncanakan sesuai dengan standar kompetensi, maupun kompetensi dasar akan tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  46. Marissa
    12313244026
    Pendidikan Matematika Internasional 2012

    Seorang guru memiliki tugas untuk melayani, dan menjadi fasilitator dalam belajar siswa. Untuk dapat melayani dengan maksimal pembelajaran harus direncanakan. Dengan demikian pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang inovatif. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbagi atas dua persiapan yaitu persiapan umum dan persiapan khusus.dalam persiapan khusus yang pada akhirnya menjadi RPP guru dapat merancang pembelajaran yang inovatif dan berfariasi yang sesuai dengan kurikulum dan karakter siswa.

    ReplyDelete
  47. Untuk mendapatkan pemahaman matematika yang lebih baik, dianjurkan kepada seorang guru matematika tentunya harus cinta akan matematika itu sendiri meskipun sebagai manusia kita memiliki kekurangan dengan apa yang kita pegang atau ajarkan. Untuk bisa mengurangi kekurangan pada diri kita dalam mengajarkan matematika yaitu belajar dan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar. Persiapan yang kita lakukan setidaknya sebagai rencana awal dalam mengajar dan mengevaluasi persiapan yang pernah kita lakukan, bukan hanya mengevaluasi peroses atau hasil saja

    ReplyDelete
  48. Tangguh Yudho Pamungkas
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012
    12301241021
    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan).
    Terimakasih

    ReplyDelete
  49. Tangguh Yudho Pamungkas
    Pendidikan Matematika Subsidi 2012
    12301241021
    Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  50. perencanaan pembelajaran adalah hal sangat diperlukan. Dengan perencanaan yang baik maka diharapkan akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik pula. Dengan perencanaan yang matang dan akurat, akan dapat diprediksi seberapa besar keberhasilan yang akan dicapai.
    Oleh karena itu akan terhindar dari keberhasilan yang sifatnya masih menebak-nebak akan keberhasilan pembelajaran tersebut. Sehingga guru masih dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang akan mengakibatkan kegagalan. Dalam perencanaan, guru harus paham tujuan apa yang akan dicapai, strategi apa yang tepat dilakukan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, dan dari mana sumber belajar yang dapat digunakan.

    ReplyDelete
  51. Guru yang baik adalah guru yang merencanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi analisis kurikulum, penyusunan skema kompetensi, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, penilaian, yang terangkum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru harus merancang sendiri pembelajaran di kelas disesuaikan dengan karakteristik siswa, kurikulum, materi, dsb.

    ReplyDelete
  52. Pada artikel perencanaan pembelajaran matematika di atas, disebutkan bahwa terdapat persiapan umum dan persiapan khusus yang perlu dilakukan guru dalam merancang pembelajaran. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan).

    ReplyDelete
  53. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdapat beberapa komponen, diantaranya adalah sumber belajar. Sumber belajar terdiri dari buku panduan, modul, media, atau Lembar Kegiatan Siswa(LKS). Guru sebaiknya tidak hanya mengembangkan RPP saja, tetapi juga menyusun sendiri LKS sebagai sumber belajar siswa. LKS ini disesuaikan dnegan kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  54. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam merencanakan pembelajaran. Dalam merancang pembelajaran tersebut diperlukan persiapan yang matang serta kemampuan dan keterampilan yang baik dari guru. Pembelajaran seharusnya dirancang sedemikian rupa sehingga baik RPP, LKS, maupun media yang digunakan dapat menunjang pembelajaran yang berorientasi pada siswa dan membantu siswa mengkesplore dan mengembangkan kemampuannya secara maksimal.

    ReplyDelete
  55. Perencanaan dan persiapan dalam pembelajaran matematika sangat penting. Sebagai guru harus merencanakan pembelajaran yang bagaimana yang akan diajarkan kepada siswa. Dalam pembelajaran juga penting menggunakan suatu metode mengajar. Sebaiknya metode yang digunakan merupakan metode yang inovatif bukan metode tradisional sehingga dalam pembelajaran siswa aktif untuk menyelesaikan masalahnya dan menarik kesimpulan sendiri. Untuk membantu mengajar, guru juga membutuhkan LKS, sebaiknya LKS tersebut dibuat sendiri tetapi tetap berdasarkan kompetensi yang diajarkan dan bukan sebagai kumpulan soal tetapi untuk latihan siswa dan membuat siswa lebih paham. Oleh karena itu, perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  56. Agar pembelajaran berjalan dengan baik diperlukan perencanaan dan persiapan yang baik pula, sehingga tidaklah mudah menjadi guru. Penting dan wajib bagi guru untuk membuat rancangan pembelajaran supaya pembelajaran yang dilakukan tidak keluar dari jalur. Guru harus bisa memilah-milah dari sekian banyak metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tidak perlu ekstrim harus menggunakan metode saintifik, apapun metodenya yang penting kebutuhan siswa dalam belajar harus terfasilitasi.

    ReplyDelete
  57. Sebenar-benar pembelajaran adalah interaksi antara siswa dengan sumber belajar. Sumber belajar pada zaman modern seperti saat ini tidak hanya guru, melainkan buku teks, internet(website dan blog), teman, bahan ajar, modul. Akan tetapi tidak sembarangan dalam memilih sumber belajar, karena ada juga oknum-oknum yang sengaja memberikan informasi/konsep yang keliru. Oleh karenanya sumber belajar yang digunakan haruslah diseleksi dan dianalisis oleh guru. Setelah dianalisis, guru dapat menyarankan siswa untuk membuka dinternet atau buku yang dapat dijadikan referensi untuk belajar. Jadi tidak serta merta guru lepas tangan terhadap siswa, bisa jadi siswa yang terjerumus mengingat banyak diinternet sumber-sumber belajar yang tidak bertanggungjawab atas kebenarannya.

    ReplyDelete
  58. Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Pembelajaran matematika yang dilakukan guru akan berjalan baik bila guru sendiri yang merancang dan mengembangkannya. Ini perlu dilakukan mengingat karakter siswa yang berbeda-beda. Jadi kebutuhan siswa dalam belajar bisa tercover dengan baik.

    ReplyDelete
  59. Tita Ayu K
    12301241024
    P.Mat 2012

    Perencanaan pembelajaran harus didasari dengan tujuan yang jelas dan benar. Sama seperti sebuah perjalanan, jika kita memiliki kendaraan yang bagus, namun tidak memilik tujuan, maka kita tidak akan perpindah. Dengan menentukan tujuan pembelajaran, guru dapat mengetahui bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut, dan siswa mengetahui tujuan ia belajar, hingga pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  60. Tita Ayu K
    12301241024
    P.Mat 2012

    Dalam tahap perencanaan, pedoman penting untuk dimiliki guru agar tidak melenceng dari tujuannya. Pedoman yang paling sering digunakan adalah RPP beserta skema interaksi unttuk membantu guru memberikan pemelajaran yang bertahap dan sistematis pada siswa. Variasi Media pembelajaran juga penting. Salah satu media yang lazim digunakan adalah LKS. Mengutip pendapat Prof.Marsigit, bahwa LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
    Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Sehingga sebagai fasilitator yang baik, guru tidak boleh malas untuk kreatif dan berinovasi mengembangkan sumber belajar bagi siswanya.

    ReplyDelete
  61. Mata kuliah persiapan pembelajaran matematika ini sangat bermanfaat bagi para calon pendidik.Di jurusan matematika untuk program S1 sendiri, pengenalan mengenai perangkat pembelajaran sudah cukup baik bila dibandingkan dengan jurusan lain.

    ReplyDelete
  62. Mahasiswa jurusan matematika dilatih utnuk membuat perangkat pembelajaran yang benar sesuai dengan kurikulum 2013.
    Sementara saya menemukan dari jurusan lain di fakultas lain, pengenalan dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran ini masih sangat minim.

    ReplyDelete
  63. Dalam mata kuliah yang diajarkan pada semseter 4 dan 5, mahasiswa mempelajari pembuatan RPP, LKS, silabus, program semester dan program tahunan sesuai dengan kurikulum 2013. Maka dalam program sertifikasi guru, alangkah lebih baik jika mata kuliah mengenai persiapan pembelajaran ini juga diajarkan kembali agar informasi yang diperoleh guru lebih up to date sesuai dengan kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  64. Segala sesuatu haruslah direncanakan dengan baik. Orang berkata sukses merencanakan adalah merencanakan sukses. Terlepas bagaimana nanti hasil akhirnya, kewajiban kita adalah mengusahakan yang terbaik. Perencanaan adalah salah satu jalan untuk itu. Termasuk juga dalam pembelajaran, guru haruslah membuat perencanaan yang matang. Bahkan kalau mungkin, tidak hanya rencana tunggal, namun ada alternatif B, C, dan seterusnya untuk mengantisipasi keadaan yang tidak sesuai dengan rencana awal. Maka mata kuliah ini sangatlah penting bagi calon guru.

    ReplyDelete
  65. Dalam perkuliahan ini ahasiswa /guru diharapkan dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika; memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika; dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika; dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience); dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu); dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran; dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga); dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT); dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan

    ReplyDelete
  66. Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  67. Dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, guru senantiasa berusaha merencanakan proses pembelajaran sebaik-baiknya dengan memperhatikan karakteristik siswa, waktu yang tersedia, kurikulum yang dipakai, tujuan pembelajaran sesuai indicator yang akan dicapai dan menjelaskan prosedur pembahasan suatu Kompetensi dasar tententu.

    Retno Kusumadewi
    15709251059
    S2.Pend.Mat.KL. A/D
    Retnodewimath.blogspot.com

    ReplyDelete
  68. Persiapan untuk melaksanakan proses pembelajaran seharusnya dipahami dan dikuasai oleh guru agar menjadi guru yang berkompeten. Sebelum menyusun rencana pembelajaran guru perlu mengetahui bagaimana tujuan pendidikan matematika, hakikat belajar mengajar, peran guru di dalam pembelajaran atau hakekat belajar siswa. Setelah mengetahui hal itu barulah guru mempersiapkan persiapan-persiapan seperti mengetahui kurikulum, standar isi, tujuan pembelajaran maupun strategi belajar.

    ReplyDelete
  69. ERIF AHDHIANTO
    15703261018
    IP DIKDAS 2015
    Sebelum mengajar sebaiknya guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu. RPP ini sebagai skenario proses pembelajaran agar lebih mempermudah, dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah pada tujuan pembelajaran. Seorang guru harus mampu memilih metode mengajar yang sesuai dengan karekteristik siswa hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu anak didik, tujuan, situasi, fasilitas dan guru. Karena itu, guru harus kreatif dalam pemilihan metode yang tepat dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

    ReplyDelete
  70. Sri ulfa insani
    15709251071
    PPs PMAT C
    Sebelum dimulainya proses belajar mengajar ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh guru, seperti bahan ajar, materi ajar, silabus, RPP, LKS dan sebagainya. Semua itu dipersiapkan untuk menunjang proses belajar mengajar agar proses belajar tidak menjadi monoton dan lebih bervariasi. Guru hendaknya bisa mengatur waktu dan menghidupkan suasana belajar. Tentunya dengan menggunakan metode yang bervariasi hingga dapat membuat siswa lebih semangatdalam belajar, oleh karena itu disini sangat dituntut peran guru serta kreativitasnya.

    ReplyDelete
  71. Saya setuju dengan pernyataan sebaik-baiknya bahan ajar adalah yang dikembangkan oleh guru sendiri, karena dengan mengembangkan bahan ajar sendiri maka secara langsung guru akan lebih menguasai materi dan juga lebih mudah mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru jjuga akan memikirkan bagaimana model pembelajaran yang cocok untuk mengajar materi tertentu.

    ReplyDelete
  72. Dian Permatasari
    15709251070
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Perencanaan pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses atau cara berfikir mengenai sesuatu hal yang akan dilakukan dengan tujuan agar seorang dapat berubah. Perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
    Dalam pembelajaran matematika, perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Guru harus terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap siswa yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum. Guru harus menentukan strategi atau langkah-langkah pembelajaran matematika dengan baik agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  73. Perencanaan pembelajaran di kelas sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, hendaknya perencanaan pengajaran disusun atau direncanakan dengan baik dan matang sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Manfaat yang didapat dari perencanaan pengajaran yang baik antara lain:
    - Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan
    - Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
    - Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik guru maupun murid
    - Sebagai alat ukur keefektifan suatu proses pembelajaran sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambanan kerja
    - Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
    - Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya

    ReplyDelete
  74. Fitri Ratnasari
    15709251032
    PPS Pmat C 2015

    Guru dituntut memiliki kemampuan dalam mengembangkan sumber belajar agar dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran matematika. Contohnya dalam pengemabangan LKS yang semula sering dianggao dan hanya berisi kumpulan-kumpulan soal, guru dapat mengembangkannya lebih dari itu, disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Disesuaikan dengan minat serta semangat mereka agar siswa pun bisa lebih menikamati beajar matematika, menyadari pentingnya belajar matematika melalui praktekk di kehidupan sehari-hari mereka.

    ReplyDelete
  75. KUSNO IP S3 2015
    NIM 1540326104
    Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Perlunya memilih paradigma pendidikan yang relevance dengan kebutuhan peserta didik.Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting.

    ReplyDelete
  76. Sri ulfa insani
    15709251071
    PPs PMAT C
    Untuk menghasilkan hasil belajar yang baik, maka dibutuhkan instrument yang baik pula. Oleh karena itu guru seharusnya memiliki kemampuan dalam berkarya. Perencanaan pembelajaran dipergunakan agar tercapainya tujuan dari pembelajaran. Oleh karena itu sebelum mengajar guru harus mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Guru hendaknya harus memiliki berbagai macam sumber bahan ajar agar lebih bervariasi baik dari berbagai sumber buku maupun internet.

    ReplyDelete
  77. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    Perencanaan (Planning) merupakan suatu fungsi manajemen yang paling utama. Pada urutan kegiatan, perencanaan merupakan awal kegiatan. Maka dalam praktek mengajar sangat diperlukan perencanaan. Yang nanti akan menentukan arah pembelajaran dan juga tujuan pembelajaran serta keberhasilan dalam prosesnya. Tanpa perencanaan yan baik, rasany sulit mewujudkan keberhasilan pembelajaran. Dan dalam postingan ini sudah sangat dibagi kedalam perencanaan umum dan khusus.

    ReplyDelete
  78. Perencanaan pembelajaran matematika, ternyata tidak hanya dapat dipahami sebagai pembuatan RPP dan penyiapan media pembelajaran, lebih dari itu perencanaan pembelajaran mencakup persiapan khusus dan umum. RPP merupakan hasil akhir dari persiapan khusus yang persiapannya membutuhkan pertimbangan yang mendalam dari struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Kegiatan yang baik, didesain melalui persiapan yang matang pula.
    Pika Merliza
    15709251029
    PPs. PMAT 2015/D

    ReplyDelete
  79. Danu J. P.
    15709251030
    PPs Pmat C 2015

    Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap berhasilnya proses pembelajaran. Penguasaan materi merupakan hal terpenting bagi seorang guru dalam mengajarkan matematika kepada siswa. Siswa akan paham ketika guru bisa menyampaikan materi yang dikuasai dengan baik. Variasi metode dan media juga akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. sehingga kemampuan guru dalam melayani siswa untuk belajar matematika merupakan hal yang penting.

    ReplyDelete
  80. perencanaan yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang menarik, karena guru telah mempunyai gambaran apa yang akan dilakukan oleh siswa. guru menyiapkan yang diperlukan untuk pembelajaran materi yang akan diberikan, metode pembelajaran yang digunakan, kegiatan yang dilakukan siswa, lembar kegiatan untuk siswa, penilaiannya bagaimana. Untuk itu guru harus mengetahui dan paham dengan hal-hal tersebut. setiap tahun ada peningkatan pembelajaran dengan cara guru meningkatkan kompetensinya. guru jangan puas dengan apa yang telah atau yang sering dilakukan tapi harus ditingkatkan dengan sesuatu yang baru atau malah dapat menemukan sesuatu yang baru dan dapat dibagi dengan yang lainnya

    ReplyDelete
  81. Eka Hedayani
    15709259008
    P2TK PMat

    Perencanaan pembelajaran matematika perlu dipersiapkan dengan matang, baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Kemampuan guru mengembangkan materi ajar menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru dapat mengembangkan LKS, mengembangkan modul pelajaran matematika, guru dapat membuat RPP, guru dapat membuat media yang dapat membantu pemahaman siswa terhadap materi matematika, dan masih banyak lagi. Yang terpenting guru harus merumuskan tujuan pembelajaran karena dengan adanya tujuan pembelajaran maka proses pembelajaran akan lebih terarah.

    ReplyDelete
  82. Siti Nurhayati S2 PMAT-D
    NIM 15709251077
    Menurut (Ebbut and Straker, 1995)Hakekat matematika sekolah adalah (1) Matematika merupakan "kegiatan" penelusuran pola dan hubungan (2)Matematika adalah "kreativitas" yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan (3)Matematika adalah "kegiatan" problem solving (4)Matematika merupakan alat "berkomunikasi".

    ReplyDelete
  83. Siti Nurhayati S2 PMAT-D
    NIM 15709251077
    Dari pendapat Ebbut and Straker di atas maka jelas bahwa pada hakekatnya matmatika itu adalah suatu wadah kegiatan siswa untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam mengkomunikasikan ide atau gagasan matematika. Jadi model pembelajaran yang dilakukan di jenjang sekolah bagi siswa adalah pembelajaran yang melibatkan kegiatan dan atau aktifitas siswa dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  84. NIM 15709259014 (PMat P2TK PPs UNY)

    Perencanaan pembelajaran yang baik akan berimbas pada hasil belajar siswa yang baik. Saya sangat yakin bahwa, jika kita mempersiapkan pembelajaran di kelas dengan baik, kemudian berusaha melaksanakannya dengan baik maka prestasi belajar siswa juga akan baik. Persiapan umum dan khusus yang diutarakan Prof. Marsigit memang sangat penting dalam mengembangkan RPP kita. Sejauh yang saya ketahui, selama ini guru kurang mempersiapkan pembelajaran. Persiapan yang sungguh-sungguh hanya dilakukan di saat-saat tertentu, misalnya jika ada pengawas, ataupun ada kunjungan. Jadi kesadaran guru masih perlu ditingkatkan. Kemudian, format RPP yang tertentu menurut saya malah membuat guru kurang kreatif. Alangkah baiknya jika format tidak terlalu dipersoalkan, agar guru dapat membuat RPP dengan baik sesuai apa yang dia inginkan sehingga dalam pelaksanaan pun dapat memudahkan guru. Terimakasih.

    ReplyDelete
  85. menurut saya tujuan dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika sangat bagus sekali dimaana ada tujuan secara umum dan kusus. para guru ememng sudah seharusnya sudah mandiri dalam perencanaan pembelajaran. kebutuhan akan pentingnya perencanaan sudah seharusnya dirasakan oleh guru sehingga guru sudah berupaya untuk meninggalka metode konvensional yang tentunya sudah tertinggal. perencanaan menjadi penting agar apa yang akan dilakukan tepat dan efisien. untuk bisa tepat dan efisien maka diperlukan perencanaan yang matang. kemudian untuk membuat perencanaan yang tepat dan baik tentunya yang memahami adalah guru sendiri, sehingga akan sangat baik jika perencanaan yang dibuat adalah perencanaan yang dikembangkan oleh guru itu sendiri dari mulai RPP, metode, tujuan, alat peraga dll. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.

    Sdyoko Susanto
    NIM.15709259006
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  86. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tergantung pada perencanaan yang disusun oleh guru. Perencanaan pembelajaran dibuat sebelum guru melaksanakan pembelajaran, apa yang kita kenal dengan RPP itulah rencana yang akan menjadi acuan guru selama pembelajaran berlangsung. semoga dengan guru membuat Perencanaan Pembelajaran Matematika senelum mengajar diharapkan 2 tujuan umum dan 15 tujuan khusus dapat tercapai, dan menurut saya jika guru tidak membuat perencanaan pembelajaran di khawatirkan guru akan mengalami hal hal yang sebagai berikut:
    1. Waktu yang dialokasikan terasa lama
    2. Materi yang disampaikan berproses secara berulang-ulang
    3. Guru akan tampak tidak menguasai materi yang disampaikan
    4. Kepercayaan siswa terhadap guru menjadi berkurang
    5. Dapat meruntuhkan kewibawaan guru dimata siswa
    6. Guru mudah terbawa emosi yang tidak mendasar bahkan grogi didepan kelas
    7. Lebih banyak waktu yang terbuang
    8. Pembelajaran berlangsung tidak efektif
    9. Guru kesulitan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran
    10. Tidak tercipta situasi pendidikan didalam kelas
    11. Guru mengalami kesulitan pada pertemuan berikutnya
    12. Guru dapat kehilangan kontrol pengelolaan dan penguasaan terhadap kelas yang dibinanya
    13. Dapat menurunkan motivasi mengajar guru
    14. dan lain sebagainya.

    Mahasiswa P-Mat P2TK 2015

    ReplyDelete
  87. Theresia Veni Tri Nugraheni
    15709251090
    PM D PPS UNY

    Hendaknya RPP dan LKS perlu dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar, paradigma dan teori belajar-mengajar. Skema pencapaian kompetensi perlu didukung dengan pengembangan berbagai variasi media, variasi metode dan variasi interaksi di dalam kelas. Bahkan LKS hendaknya dibuat sendiri oleh guru, karena sejauh ini sebagian besar LKS yang digunakan berasal dari penerbit yang sebenarnya kurang sesuai dalam aktivitas pembelajaran. Seperti yang disampaikan Prof. Marsigit, LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan. LKS dibuat guna melayani kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  88. Asep Tatan Rifa'i
    15709259012
    P.Mat P2TK 2015

    Dalam mendidik itu terdapat interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Proses interaksi itu melibatkan satu komponen lagi, yaitu apa yang disampaikan dalam proses mendidik itu. Apa yang disampaikan oleh seorang pendidik seharusnya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pendidikan itu, dimana terjadi interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Baik interaksi secara langsung maupun secara tidak langsung. Perencanaan Pembelajaran Rencana yang dibuat harus disesuaikan dengan tersedianya sumber-sumber Organisasi pembelajaran harus senantiasa memperhatikan situasi dan kondisi masyarakat sekolah. Perencanaan pembelajaran yang baik akan berimbas pada hasil belajar siswa yang baik. Guru selaku pengelola pembelajaran harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab. Dengan Mempersiapkan metode, bahan ajar juga evaluasi agar perencanan perencanaan sesuai tujuan.

    ReplyDelete
  89. 15709259015/P.MAT-P2TK

    Kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dan menunjang keberhasilan pembelajaran matematika di kelas. Telah disampaikan di atas dengan adanya progam sertifikasi guru akan mendapatkan banyak wawasan yang diterima seperti cara mempersiapan pembelajaran matematika yang dapat digolongkan menjadi 2kategori : persiapan umum dan persiapan khusus. Banyak hakekat yang hendak para pendidik ketahui yang akan membantu untuk mengembangkan perangkatnya sendiri dalam pembelajaran menjadi inovatif dan kreatif utamanya dalam menyusun Lesson Plan. Dari hasil sertifikasi guru tersebut ada harapan yang besar agar guru dapat mengembangkan sumber belajarnya sendiri.

    ReplyDelete
  90. Theresia Veni Tri Nugraheni
    15709251090
    PM D PPS UNY

    Sebagai guru kita perlu sangat perlu melakukan perencanaan pembelajaran yang baik guna melayani kebutuhan para siswa, hal ini dikarenakan kita perlu memotivasi siswa dengan menyusun pembelajaran yang menyenangkan, para siswa belajar dengan cara yang berbeda dan dengan kecepatan yang berbeda, latar belakang sosio-budaya mereka juga mungkin berbeda, dan terkadang siswa memerlukan konteks dan situasi yang berbeda-beda dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  91. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi banyak faktor, salah satu diantaranya adalah proses pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran yang baik, di pengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Karena adanya perencanaan maka pelaksanaan pengajaran menjadi baik dan efektif maka manfaat dari perencanaan pengajaran adalah: Petunjuk arah dalam mencapai tujuan, Pola dasar dalam mengukur tugas dalam wewenang bagi setiap unsure yang terlibat dalam pengajaran, Pedoman kerja bagi setiap unsur meliputi guru siswa, Alat ukur efektifitas pelaksanaan pengajaran. Menghemat waktu, tenaga, alat dan juga biaya dalam pengajaran. Menghindari duplikasi dalam pemberian materi pengajaran.

    Burhanuddin
    15709259007
    PPs PMat P2TK 2015

    ReplyDelete
  92. Dari elegi di atas dapat diketahui bahwa agar pembelajaran matematika dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan perencanaan pembelajaran matematika yang baik pula. Dalam perencanaan pembelajaran matematika terdiri dari dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
    Tujuan Umum (Standard Competency) terdiri dari:
    1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
    2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
    Sedangkan Tujuan Khusus (Basic Competency) terdiri dari:
    1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
    2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
    3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
    4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
    5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
    6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
    7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
    8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
    9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
    10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
    11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
    12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
    13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
    14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
    15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.


    M. Ihsan
    NIM. 15709259005
    PM P2TK 2015 PPs UNY

    ReplyDelete
  93. Pembelajaran merupakan seperangkat kejadian yang didalamnya meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang mempengaruhi siswa dalam situasi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses atau cara berfikir mengenai sesuatu hal yang akan dilakukan dengan tujuan agar diri seorang dapat berubah. Perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien

    ReplyDelete
  94. Salah satu persiapan pembelajaran matematika adalah persiapan khusus, dalam persiapan khusus lebih kita kenal dengan RPP (Lesson Plan). RPP merupakan Rencana pelaksanaan pembelajaran, terkadang apa yang guru rencanakan tidaklah sesuai dengan kenyataannya, akan tetapi dengan adanya rencana, maka kegiatan dapat terstruktur dengan baik. Apapun yang terjadi di kelas, setidaknya Guru telah membuat perencanaan yang baik dengan membuat RPP.

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  95. Dwi Muryanto
    15709251015

    Mengajar bolehlah dikatakan sebagai rekayasa pengetahuan melalui pendidikan. oleh karenanya dibutuhkan panduan. Dengan demikian RPP sebaiknya dipersiapkan dengan lebih matang. Kompetensi dan tujuan yang hendak dicapai jelas, metodenya menarik dan variatif, sehingga pmebelajaran yang akan dilaksanakan bermanfaat dan bermakna bagi murid-murid

    ReplyDelete
  96. Bila diperhatikan sepertinya dalam perencanaan saja banyak hal yang perlu disiapkan dan dipikirkan oleh guru. Itu apa yang saya pikirkan. Perencanaan membantu guru untuk memahami kompetensi yang dapat siswa kuasai, menjadi tugas guru yang harus dilakukan. Dengan mebuat perencanaan yang baik maka pembelajaran dikelas akan menjadi kegiatan siswa bukan transfer ilmu dari guru. Siswa tidak melulu mendengarkan penjelasan guru, tetapi siswa belajar menemukan dan mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Hal ini mungkin dilakukan dengan pemberiakan lembar kegiatan siswa, media peraga, sumber belajar yang relevan, dan situasi siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  97. NOVALINDA PUSPITA AYU
    15709251085
    Pmat PPS UNY 2015 Kelas D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Tantangan menjadi seorang guru sangatlah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat teknologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang belum mampu menggunakan internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi, seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian teknologi informasi.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  98. NOVALINDA PUSPITA AYU
    15709251085
    Pmat PPS UNY 2015 Kelas D

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Perencanaan pembelajaran yang baik dan terstruktur akan dapat mengakomodasi kebutuhan yang dinginkan siswa selama proses belajar mengajar, sehingga siswa menjadi termotivasi dalam belajarnya. Guru sebagai fasilitator haruslah mampu menghadirkan dan mewujudkannya dalam proses pembelajaran didalam kelas.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  99. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasioanal 2013

    PEmbelajaran yang baik dan bermakna tentunya berawal dari rencana pembelajaran yang baik pula, untuk itu sebagai pendidik harus mempersiapkan secara matang hal-hal yang perlu dikaji untuk mendapatkan rencana yang baik untuk hasil yang baik pula.

    ReplyDelete
  100. Elmaini
    15709259004/P.MAT-P2TK
    Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, seorang guru harus mempunyai persiapan, baik persiapan khusus maupun persiapan umum. Persiapan umum dan persiapan khusus tersebut juga diharapkan dapat mempermudah guru dalam memberikan pelayanan kepada siswa. Persiapan khusus pada akhirnya akan menghasilkan Lesson Plan. Dalam Lesson Plan ini, terdapat tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi, metode pembelajaran, media, alat dan sumber belajar yang digunakan oleh guru. Guru harus mampu membuat Lesson Plan atau RPP agar kegiatan pembelajaran lebih terorganisir dan agar kegiatan pembelajaran dapat lebih berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu, Lesson Plan mempunyai andil yang besar dalam kelancaran proses mengajar yang dilakukan guru karena dengan membuat Lesson Plan terlebih dahulu berarti guru telah membuat perencanaan untuk kegiatan mengajarnya di kemudian hari.

    ReplyDelete
  101. Gity Wulang Mandini
    15709251054
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D

    Apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran matematika, hendaknya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Bagaimana agar tujuan pembelajaran tercapai sesuai seperti dengan yang diharapkan, maka guru harus melakukan berbagai persiapan untuk menunjang pembelajaran. Dengan adanya persiapan, suatu pembelajaran akan tersusun secara sistematis. Sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran seperti apa yang akan disampaikan kepada siswa untuk memahami konsep matematika guna mencapai tujuan belajar yang telah dirumuskan yang berorientasi kepada siswa.

    ReplyDelete
  102. NURFARAHIN FANI
    15709251008
    P MAT KELAS D
    Dari uraian artikel ini dapat menjadi panduan dalam merencanakan pembelajaran matematika. semua kegiatan perlu perencanaan yang baik agar situasi dan kondisi yang akan dihadapi dapat diarahkan pada tujuan yang telah ditentukan. Hal yang perlu dilakukan dalam pertimbangan dan pemikiran yang dalam adalah tujuan khusus.

    ReplyDelete
  103. Mengajarkan matematika butuh persiapan khusus mulai dari perencanaan yang dikenal dengan Rencana pembelajaran matematika. Didalam RPP di pikirkan metode pembelajaran yang cocok materi pelajaran yang akan diajarkan sehingga cocok juga dengan karakter siswa yang akan di ajar. Metode pembelajaran pun harus dipikirkan alat atau media yang akan digunakan sehingga tujuan utama materi pelajaran pertemuan itu tersampaikan. Tidak saja terlaksana tapi bagaimana materi itu masuk dalam benak siswa dengan harapan siswa siswa sendiri mengkonstruksi sehingga akan lama terekam dalam pikiran siswa. Persiapan yang panjang dan membutuhkan kretivitas pemikiran dan inovasi dalam media pembelajaran.

    Martini, PM P2TK
    15709259003

    ReplyDelete
  104. ABSORIN PPs Pmat P2TK 2015
    NIM : 15709259013
    Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian yang harus dikuasai oleh guru, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran. Persiapan umum penting dilakukan agar guru memahami berbagai kajian, teori-teori pendidikan dan pembelajaran, serta implementasinya. maka dapat dikatakan ia sudah mampu mengenali dirinya sendiri dan mengendalikan dirinya ketika di kelas, oleh karena pembelajaran meliputi hal seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan hal yang sangat pengting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengqan baik dan lancar.

    ReplyDelete
  105. seorang guru matematika tentunya harus cinta akan matematika itu sendiri meskipun sebagai manusia kita memiliki kekurangan dengan apa yang kita pegang atau ajarkan. Untuk bisa mengurangi kekurangan pada diri kita dalam mengajarkan matematika yaitu belajar dan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar. Persiapan yang kita lakukan setidaknya sebagai rencana awal dalam mengajar dan mengevaluasi persiapan yang pernah kita lakukan, bukan hanya mengevaluasi peroses atau hasil saja

    ReplyDelete
  106. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Permasalahan dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika sangat banyak dan sangat kompleks. Permasalahan itu antara lain terdapat pada aspek kurikulum, metode belajar mengajar, sumber-sumber belajar, dan lain-lain. Maka dari itu, perlu adanya penelitian yang relevan dari berbagai aspek tersebut agar dapat menyelesaikan masalah. Melalui penelitian, diharapkan mampu memberikan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan memberikan jawaban atas berbagai masalah yang belum dapat diatasi. Dunia ini selalu berubah tanpa disadari oleh manusia, termasuk dunia pendidikan. Adanya perubahan-perubahan tersebut harus diikuti dengan kesiapan dari masyarakatnya untuk berubah. Melalui penelitian, diharapkan pendidikan di Indonesia mampu berubah ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  107. MONICA RIZKI APRICILIA
    15709251068
    PPS PMAT-D

    Guru professional merupakan guru yang mampu memahami karakteristik siswanya dan mampu melakukan persiapan sebelum menghadapi pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah menyiapkan metode pembelajaran di kelas. Hendaknya guru mampu memilih metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan materi pembelajaran yang hendak disampaikan. Dan dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, seperti halnya memyampaikan materi melalui macromedia, menggambarkan kurva dengan software matematika, maupun memberikan tugas melalui internet. Namun, agar pembelajaran sesuai dengan RPP (Lesson Plan), semua persiapan tersebut harus dapat terintegrasi dengan baik dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia.

    ReplyDelete
  108. Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa Materi pembelajaran(instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Dengan adanya perencanaan materi pembelajaran bagi para mahasiswa tersebut diatas, dapat mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  109. Salah satu cara untuk mengubah paradigma lama yaitu pembelajaran berpusat pada guru ke paradigmma baru yaitu pembelajaran berpusat pada siswa salah satu caranya adalah dengan menggunakan media LKS. Tetapi perlu diingat disini bahwa LKS jangan hanya berisi kumpulan-kumpulan soal saja, tetapi bisa berisi sumber informasi, teori, dan penemuan terbimbing. Untuuk itu guru dituntut untuk kreatif juga tidak hanya dalam mengajar tetapi dalam membuat media pembelajaran juga.

    ReplyDelete
  110. Perencanaan pembelajaran merupakan langkah penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang harus dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran. Apabila rencana pembelajaran disusun secara baik, akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu perencanaan pembelajaran memiliki beberapa manfaat:
    1. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan alat untuk menemukan dan memecahkan masalah.
    2. Perencanaan pembelajaran dapat mengarahkan proses pembelajaran.
    3. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan dasar dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif.
    4. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan alat untuk meramalkan hasil yang akan dicapai.
    Dapat dipahami bahwa perencanaan pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
    Seorang pendidik perlu terampil dalam merencanakan suatu proses pembelajaran. Karena dalam proses pembelajaran memerlukan acuan atau landasan yang jelas agar perilaku setiap individu yang melakukan aktivitas pembelajaran akan terkendali serta terarah ke arah pencapaian tujuan, baik tujuan pembelajaran secara khusus, maupun tujuan pembelajaran secara umum.

    ReplyDelete
  111. Widi Astuti
    15709259009
    PMat P2TK 2015

    Tugas seorang guru agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menyiapkan suatu perencanaan pembelajaran, baik persiapan khusus maupun persiapan umum. Persiapan khusus maupun persiapan umum menuntut guru untuk menguasai segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran kelas. Dalam membuat perangkat pembelajaran, guru harus memahami karakter siswa, melakukan variasi atau inovasi pendekatan, metode, model maupun media pembeljaran, dan juga mau memperbaikinya berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Hal ini dilakukan agar siswa tertarik untuk belajar, sehingga guru dapat mudah membimbingnya untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, karena pembelajaran yang berorientasi pada siswa akan menjadi pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  112. 15709251055 / PM D

    Salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang materi pembelajaran. Materi Pembelajaran pada hakekatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran.

    ReplyDelete
  113. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
    Ketika melakukan perencanaan dengan menggunakan buku teks perlu memperhatikan materi pembelajaran yang ada dalam buku tersebut. Biasanya ada terjadi kesalahan konsep dalam buku teks, seperti yang banyak terjadi dan yang banyak ditemuakan kesalahan-kesalahan. Kemudian dalam memakai ICT, perlu diperhatikan bahwa siswa jangan sampai tergoda atau siswa menjadi bermain dalam belajar atau kecenderungannya siswa tidak memiliki catatan penting, dan biasanya ketika disuruh membuat catatan siswa malas. Mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  114. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Untuk menghadapi kebutuhan di dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan sebuah program penunjang sebagai upaya untuk menyelesaiakan persoalan pendidikan, misalnya dengan program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan. Pada perkuliahan tersebut terdapat adanya mata kuliah Persiapan pembelajaran matematika yang memiliki tujuan yang sangat jelas untuk perbaikan pendidikan khususnya perbaikan yang dapat diupayakan oleh seprang guru. Semoga saja program ini dapat terlaksana sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya dan terbuka lebar peluang untuk semua pihak yang ingin menjadi guru, sehingga kedepannya ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat. Amin.

    ReplyDelete
  115. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Sebelum menyelenggarakan pembelajaran di kelas, guru hendaknya melakukan persiapan. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan mempermudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran juga dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan media atau LKS yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  116. DIFIA ESA BUNGA
    15709251083
    PPs UNY PMAT-D

    Tantangan menjadi seorang guru tidaklah sedikit, tugas yang dibebankan oleh para guru bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru harus bisa menjadi panutan dan idola untuk siswa. Guru yang kreatif dan inovatif serta komunikatif akan sangat mudah diterima oleh siswa. Suasana belajar yang menyenangkan menumbuhkan minat belajar yang tinggi untuk para siswa. Proses pembelajaran seperti ini akan memberikan pengalaman yang sulit dilupakan oleh peserta didik. Selain itu, peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang dikonstruksi berdasarkan pengalaman belajarnya.

    ReplyDelete
  117. Sugiyantoro
    15703269005
    IP konsentrasi P Mat

    Yang bagus, yang ideal, yang bermanfaat harus semua dibuat dan disiapkan sendiri agar dapat disesuaikan dengan kondisi dan sumber daya yang ada. Namun kenyataan dilapangan banyak guru yang hanya copy-paste.

    ReplyDelete
  118. Brigita Wahyu M
    15709251089
    PPS 2015 PM.D

    Assalmu'alaikum wr. wb.
    Terima kasih Prof. Marsigit, telah bersedia membagi sumber untuk belajar kami. Saya sudah mencoba berkunjung ke alamat url tersebut namun alamat tidak valid. Dengan demikian saya tidak tau informasi yang tersedia maupun informasi penting yang dimaksud. Padahal saya masih penasaran dengn informasi yang hendak Bapak sampaikan melalui link tersebut. Terimakasih.
    Wassalmu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  119. Uke Ralmugiz
    15709251052
    PMat D 2015 PPs UNY

    Perencanaan Pembelajaran Matematika menjadi penting mengingat proses pembelajaran matematika itu sendiri. Proses yang tidak mudah bagi guru untuk mentransfer ilmu matematika, juga tidak mudah bagi siswa menerima materi matematika begitu saja apalagi untuk materi yang asing atau baru bagi siswa. Sebagai calon guru, terkadang kita lupa menempatkan diri kita sebagai siswa dan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Hal tersebut membuat kita merasa yakin akan kebenaran perencanaan tersebut. Padahal sebaiknya dalam membuat perencanaan pembelajaran, kita dalam keadaan menempatkan diri kita sebagai siswa dengan pemikiran seperti siswa. Dengan demikian kita dapat memperkirakan apakah materi yang kita sajikan nantinya terlalu memberatkan atau sulit bagi siswa. Setelah melakukan hal tersebut, harapannya apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan kondisi siswa.
    Membaca banyak RPP, LKS dan melihat proses KBM juga dapat menjadi salah satu jalan untuk melatih dan memperkaya pengetahuan dalam mengajarkan sesuatu. Kita dapat belajar banyak dari apa yang dibaca dan dilihat. Namun, pengalaman individu adalah guru yang terbaik. Jangan takut mencoba.

    ReplyDelete
  120. Eko Hidayati
    15709259011
    PMat P2TK
    Merancang dan menyiapkan materi pembelajaran adalah salah satu faktor keberhasilan pembelajaran di kelas. Sebagai guru harus mempunyai keterampilan pedagogi. Dari keterampilan pedagogi tersebut guru diharapkan dapat membuat perencanna pembelajaran. Pembelajaran matematika yang direncanakan akan lebih maksimal hasilnya dalam keberhasilan siswa atau prestasi yang didapat siswa. Sehingga, apapun yang akan kita ajarkan baiknya harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai tujuan

    ReplyDelete
  121. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika Inter.

    Dalam perencanaan pebelajaran matematika terdapat 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapa umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma, teori pendidikan, pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika di kelas yang pada akhirnya menghasilkan RPP(Lesson Plan). Baik persiapan umum maupun persiapan khusus diharapkan mampu menggeser paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sebagai fasilitator siswa dalam proses pembelajaran, peran guru sangat penting agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  122. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika Inter.

    Agar dapat melayani kebutuhan siswa dengan baik, para guru atau calon guru harus mampu: 1. Memahami dan mengimplementasikan persiapan umum dan khusus pembelajaran matematika, 2. Melakukan kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya, 3. Mampu mengimplementasikan hakekat matematika sekolah, 4. Dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar di sekolah, 5. Dapat mengimplementasikan metode, penilaian, sumber belajar, struktur, skema pencapaian, skema interaksi, skema variasi metode, skema variasi media, variasi sumber belajar, dan RPP yang sesuai dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  123. Untuk menjadi guru yang profesional dan bersertifikat ternyata tidak mudah, banyak sekali kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki, selain guru harus bisa mengajarkan dengan baik, guru juga dituntut untuk bisa mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran dalam rangka menunjuang pembelajaran, guru juga dituntut untuk bisa mengembangkan bahan ajar sendiri. Tetapi semua hal tersebut sangat baik untuk kemajuan pendidikan kelak. Semoga guru-guru yang sudah bersertifikasi memang mempunyai kemampuan yang sepadan.

    ReplyDelete
  124. Persiapan pembelajaran menjadi suatu step yang harus dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran di kelas. Mengapa persiapan menjadi sesuatu yang penting? Tentu persiapan ini lah yang nantinya mendukung pembelajaran yang bermakna. Sesuatu yang dilakukan dengan persiapan tentu akan menghasilkan output yang lebih baik daripada dilakukan serta merta tanpa persiapan. Karena dalam proses persiapan itu lah guru mempunyai keleluasaan waktu untuk merancang strategi pembelajaran dan lain sebagainya. Persiapan yang matang tentu harapannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu penting adanya semangat dan ikhlas hati bagi guru dalam menjalani perannya agar proses pembelajaran yang dilakukan mengahsilkan output yang maksimal.

    Novita Indah Saputri
    15709251023
    PPs PMAT C

    ReplyDelete
  125. NURFARAHIN FANI
    15709251008
    P MAT KELAS D
    Mengenai “Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.” Skema adalah alur yang telah direncanakan sebelumnya dan scenario merupakan aktifitas dan perlakuan apa saja akan dilakukan karena hal ini mengarahkan pada mempraktekkan ke depan siswa. Semua harus dilakukan dengan baik, agar terhindar dari pengaruh-pengaruh diluar perencanaan.

    ReplyDelete
  126. Eki Rahmad
    NIM. 15709251049
    S2 P.Mat (KELAS C)
    http://eki-rahmad.blogspot.co.id/

    15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.
    Melakukan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dirancang terkadang terasa sulit, terlebih jika siswa tidak mau diajak kerjasama. Intinya perlu mempersiapkan siswa sedini mungkin, menyiapkan pikiran mereka dengan apa yang akan dipelajari. Siswa harus fokus dan guru harus mampu memusatkan perhatian siswa. Sehingga apa yang direncanakan bisa berjalan dengan baik.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com