Feb 12, 2013

Perencanaan Pembelajaran Matematika




Uraian berikut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para guru yang sedang mengikuti Program Sertifikasi Jalur Pendidikan di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY Yogyakarta, September-Desember 2008.
Dosen: Marsigit


Salah satu mata kuliah Program Sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan Pembelajaran Matematika. Persiapan pembelajaran matematika dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu : Persiapan Umum dan Persiapan Khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Persiapan Khusus dimulai dengan analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Hal-hal yang perlu mendapat perhatian pada persiapan Khusus pembelajaran matematika adalah perlu dikembangkannya beberapa skema meliputi: Struktur Pembelajaran (Pendahuluan, kegiatan Inti, dan Penutup), Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience), Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu), Skema Variasi Metode (Induksi-Deduksi) dan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)dan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT). Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebuthan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting. Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.
Kemampuan guru mengembangkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri.
Dengan demikian jika ingin ditulis secara explisit, apa yang hendak dicapai dalam perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut:
Tujuan Umum (Standard Competency):
1. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan umum pembelajaran matematika.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan persiapan khusus pembelajaran matematika.
Tujuan Khusus (Basic Competency):
1. Mahasiswa guru dapat melakukan Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya.
2. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat matematika sekolah.
3. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tujuan pendidikan matematika,
4. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat tugas dan fungsi guru matematika,
5. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat siswa belajar matematika,
6. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat metode pembelajaran matematika,
7. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat penilaian pembelajaran matematika,
8. Mahasiswa guru memahami dan dapat mengimplementasikan hakekat sumber belajar matematika.
9. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Struktur Pembelajaran matematika,
10. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Pencapaian Kompetensi (Will, Attitude, Knowledge, Skill dan Experience),
11. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Interaksi (Klasikal, Kelompok dan Individu),
12. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Metode Pembelajaran.
13. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Skema Variasi Media atau alat bantu pembelajaran (LKS dan Alat Peraga)
14. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan Variasi Sumber Belajar (Buku Text, Internet atau Blog dan ICT)
15. Mahasiswa guru dapat merencanakan dan dapat mengimplementasikan RPP sesuai dengan skema dan skenario yang telah dikembangkan.

46 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Perencanaan merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Persiapan khusus maupun persiapan umum menuntut guru untuk menguasai segala seluk beluk yang berkaitan dengan pembelajaran kelas. Persiapan khusus dalam pembelajaran haruslah guru siap untuk selalu update dalam mengembangkan dan membuat inovasi. Dalam membuat perangkat pembelajaran, guru harus memahami karakter peserta didik, melakukan variasi metode, serta memperbaiki berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Penting bagi guru membuat siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, karena pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik akan menjadi pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  2. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Saya setuju bahwa “Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa”. Namun letak wilayah Indonesia seperti ini tentu bukan hal yang sederhana dalam merubah pola pikir atau paradigma pengajaran dan pembelajaran matematika terutama luar jawa. Pada era sekarang penting untuk mencari hal-hal yang menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Yang pertama dan utama adalah bersediakah guru/kita untuk menyusun sebuah perencanaan dan memaksimalkan unsur vitalnya dalam rangka menggapai guru ada, mengada dan pengada.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Perencanaan pembelajara matematika sesuai yang sudah disampaikan di atas merupakan contoh yang sangat baik dan idel menurut saya untuk menjadi guru matematika yang baik. Masalahny apada kenyataan semua itu hanya dituliskan saja pada rencana yang dibuat. Saat ini yang lebih diperlukan oleh pendidikan di Indonesia adalah pelaksanaan pendidikan yang sudah dipersiapakan dengan baik selama ini. Utamanya pada guru yang mengikuti program sertifikasi.

    ReplyDelete
  4. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Perncanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Baik persiapan khusus maupun umum perlu diperhatikan para guru agar pembelajaran berjalan sesuai rencana. Guru hendaknya memahami perannya sebagai guru yang memfasilitasi siswa. Sehingga dalam merencanakan pembelajaran, memilih materi, sumber belajar (textbook, ict, dll), menggunakan metode pembelajaran bisa disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, baik secara psikologis maupun intelektual.

    ReplyDelete
  6. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika adalah sesuatu yang perlu dipersiapkan secara matang dalam suatu proses pembelajaran matematika di sekolah, dan seperti yang dipaparkan pada artikel diatas sebagai seorang guru ataupun calon guru kita perlu mengetahui persiapan umum dan persiapan khususnya. akan tetapi dibalik semua persiapan yang kita lakukan yang palng terpenting adalah bagaimana kita dapat mengembangkan apa yang telah menjadi persiapan kita menjadi sesuatu yang menarik bagi diri siswa-siswa yang kita ajarkan dan itu semua butuh inovasi dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas, perencanaan merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Persiapan khusus maupun persiapan umum menuntut guru untuk menguasai segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Penting bagi guru membuat siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, karena pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik akan menjadi pembelajaran yang bermakna. Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa”. Pada era sekarang penting untuk mencari hal-hal yang menunjang keberhasilan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  8. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam proses pembelajaran, perlu ada persiapan yang harus dilakukan agar terwujud tujuan pendidikan. Banyak upaya dari praktisi pendidikan dan pembuat peraturan pendidikan untuk melakukan persiapan yang maksimal. Dari upaya tersebut diantaranya berkaitan dengan regulasi, infrstruktur meliputi sarana dan prasarana pendidikan.
    Dalam regulasi pendidikan saat ini, menurut saya belum stabil, hal itu diantaranya masih akan terus mengalami pro-kontra pergantian kurikulum. Dalam proses pergantian ini, guru dan siswa yang langsung merasakan dampaknya. Bagaimana tidak, siswa dipaksa untuk menyesuaikan dengan kondisi kurikulum yang terus berganti. Hal; ini akan membuat siswa “jengah” dan sulit beradaptasi. Maka bisa langsung berdampak kepada motivasi dan prestasi belajarnya.

    Maka membutuhkan kurikulum yang absolut dan yang pasti, yang tentunya sesuai dengan fitrah dan kemampuan siswa. Adapun solusi yang ditawarkan adalah kurikulum pendidikan islam, yang akan mengcounter bakat dan minat siswa, serta pemebalajaran yang sesuai dengan fitrah manusia.

    Hal ini perlu dilakukan agar nantinya tidak ada “korban” lagi dalam setiap ergantian kurikulum tersebut.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Tujuan dari program sertifikasi adalah untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru, sehingga nantinya akan berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia. Adapau banyak sekali manfaat dari sertifikasi guru antara lain untuk melindungi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompeten, yang dapat merusak citra profesi guru. Dan juga meningkatkan kesejahteraan guru. Selain melindungi guru, juga melindungi masyarakat dari praktik-praktik pendidikan yang tidak berkualitas dan tidak profesional.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Segala yang bertujuan memang seharusnya direncanakan dengan sangat baik agar dapat mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan begitu pula dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika juga perlu perencanaan baik dari segi persiapan umum meliputi hakekat dari proses-pembelajaran-matematika itu sendiri dan persiapan khusus yang terkait dengan persiapan pembelajaran di kelas mengenai perangkat. Contoh di atas merupakan contoh yang cukup ideal dalam perencanaan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  11. misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016
    Dalam proses perencanaan pembelajaran matematika harus memperhatikan strategi tentang pengajaran dan implementasinya. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran harus dapat mengkreasikan fasilitas atau media yang ada dalam mendukung dalam aktivitas pembelajaran peserta didik. Dan dalam melaksanakan pembelajaran matematika guru harus mempunyai persiapan yang benar-benar matang baik itu persiapan umum maupun persiapan khusus. Persiapan umum meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran matematika inovatif dan implementasinya. Sedangkan persiapan khusus dimulai dengan analisis kurikulum yang pada akhirnya menghasilkan RPP. Tapi walau bagaimanapun perencanaan pembelajaran juga harus disesuaikan dengan konsep pendidikan, system pendidikan, ataupun kurikulum yang dianut, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berlangsung efektif dan inovatif. Semoga perencanaan pembelajaran matematika yang memadai dapat megubah menjadi pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  12. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam perencanaan pembelajaran matematika sebaiknya dapat memahami dan mengimplementasikan persiapan pembelajaran. Jadi, harus memersiapkan persiapan umum yang menyangkut hakekat matematika sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber belajar matematika. Untuk persiapan khusus meliputi analisis kurikulum (KTSP) yang meliputi Standard Isi, Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan, Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian. Persiapan Khsus pada akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan). Persiapan-persiapan tersebut sudah cukup membimbing guru dalam mempersiapkan pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Untuk memahami perencanaan dalam pembelajaran matematika diperlukan berbagai persiapan agar dapat mencapai hakekat matematika itu sendiri. Hal ini lebih mengarah pada persiapan umum. Tetapi untuk persiapan khusus diperlukan kurikulum sebagai sistem sebagai pedoman dalam mempersiapkan pembelajaran. Hal-hal tersebut digunakan guru untuk membimbing mereka dalam mempersiapkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  14. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pada era sekarang penting untuk mencari hal-hal yang menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Yang pertama dan utama adalah bersediakah guru/kita untuk menyusun sebuah perencanaan dan memaksimalkan unsur vitalnya dalam rangka menggapai guru ada, mengada dan pengada. Dalam membuat perangkat pembelajaran, guru harus memahami karakter peserta didik, melakukan variasi metode, serta memperbaiki berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Penting bagi guru membuat siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, karena pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik akan menjadi pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  15. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pembelajaran matematika juga perlu perencanaan baik dari segi persiapan umum meliputi hakekat dari proses-pembelajaran-matematika itu sendiri dan persiapan khusus yang terkait dengan persiapan pembelajaran di kelas mengenai perangkat.Baik persiapan khusus maupun umum perlu diperhatikan para guru agar pembelajaran berjalan sesuai rencana. Guru hendaknya memahami perannya sebagai guru yang memfasilitasi siswa. Sehingga dalam merencanakan pembelajaran, memilih materi, sumber belajar menggunakan metode pembelajaran bisa disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, baik secara psikologis maupun intelektual.

    ReplyDelete
  16. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Agar tujuan pembelajaran yang seperti diharapkan guru tercapai, maka guru harus melakukan persiapan sebelum turun ke lapangan. Persiapannya menjadi penunjang pembelajaran sehingga adanya sinkronisasi antara apa yang guru sampaikan dalam pembelajarannya sama dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Perencanaannya harus tersusun secara sistematis. Sehingga materi yang diajarkan akan menjadi penentuan dalam pemilihan metode yang baik dlaam penyampaian konsep matematika.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dari artikel di atas secara jelas dijabarkan bahwa perencanan dalam proses pembelajaran memberikan sumbangsih terbesar sebagai faktor keberhasilan meningkatkan mutu/kualitas kompetensi siswa. Maka bisa dikatan perencanaan berbanding lurus terhadap keberhasil proses pembelajaran sehingga seorang guru tentu harus mempersiapkan perencanaan secara matang terkait persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum secara garis besar dikatakan sebagai sebuah konsep/gambaran mengenai perencanaan persiapan khusus sedangkan persiapan khusus disini adalah wujud implementasi dari konsep persiapan umum berupa proses pembuatan media, RPP, worksheet, LKS dll.

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Persiapan umum dan persiapan khusus seperti apa yang dijabarkan pada artikel di atas dari sisi bahasa saya merupakan the trick and tool of magic. Jadi guru dalam kelas adalah pesulap dimana layaknya seorang pesulap agar mampu membuat audience (siswa) senang, terhibur, antusias, tertarik, tidak bosan maka tema magic (materi pelajaran) yang akan direpresentasikan harus dibarengi dengan alat dan trik sulap yang fantastk juga (meliputi; Analisis Kurikulum, RPP, LKS, Media, Metode,pembawaan guru)

    ReplyDelete
  19. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak rambu-rambu yang harus dipatuhi agar menjadi guru yang sebenar-benarnya. Program sertifikasi guru merupakan program yang bagus, karena dapat memberdayakan guru dan memotivasi agar terus belajar hingga menjadi guru yang profesional. Namun pada saat sekarang ini, banyak guru yang hanya ingin mengejar sertifikasi saja tetapi tidak berbanding lurus dengan hasil kinerjanya. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Bank Dunia menyatakan bahwa sertifikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.

    ReplyDelete
  20. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    In my opinion, plan of mathematics learning is really important thing. As a teacher, we have to make plan of mathematics learning before we can teach students. We must have plan of mathematics learning to know our goal. Every activity that we do in the class definitely have many function for lesson. Just like the text above, there are 2 plan of mathematics learning, general plan and special plan. I agree with that statement. Teacher should prepare to make plan of mathematics learning. Mathematics is really complicated subject. Therefore, mathematics teacher must really prepare plan of mathematics learning to make learning become fun and enjoy. As candidates of teacher, we already study to make plan of mathematics learning at university. But, there is problem about use of ICT in mathematics learning. I seldom see mathematics teacher use technology to explain their material. Explain material of mathematics use technology is really difficult thing. Students also feel can not understand if teacher do it. So, mathematics teacher is more like to explain manually than to explain with technology. But as a teacher, we should try to use technology to explain our material. Lastly, As candidates of teacher, we have to prepare everything include plan of mathematics learning. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  21. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Saya setuju bahwa penyusunan RPP atau Lesson plan sangat penting untuk memulai suatu pembelajaran yang memiliki misi dan tujuan yang jelas. Dengan adanya RPP maka proses pembelajaran menjadi lebih terararh dan memiliki tujuan yang jelas. Hal ini akan berdampak bagaimana metode pembelajaran tersebut akan berlangsung, dan memberikan bagaimana tujuan atau target hasil pembelajaran yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  22. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Guru harus mampu melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika memanglah sangat penting. Guru dapat melayani atau memberikan fasilitas kepada siswa dengan LKS, media pembelajaran interaktif atau yang lainnya yang akan membantu siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  23. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Guru harus dapat mengenali setiap karakter dari siswanya, dengan mengetahui karakter siswa, guru dapat mengetahui apakah yang perlukan atau dibutuhkan oleh siswa sehingga guru dapat mengembangkan sumber belajar yang terbaik sesuai dengan karakter siswa.

    ReplyDelete
  24. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan Matematika C 2013

    Guru merupakan salah satu pihak dalam dunia pendidikan yang memegang peran penting untuk mengarahkan siswa agar berhasil dalam kegiatan proses belajarnya. salah satu tugas guru adlah membuat perencaan pembelajaran. Pentingya perencaan ini adlah guna mencapai tujuan pembelajaran yang dapat dicapai dan efektif.

    ReplyDelete
  25. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Skema Interaksi dan Variasi Media yang digunakan oleh guru sangat mendukung dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru disesuaikan pula dengan materi yang dipelajari. Pemberian LKS pada siswa juga menunjang proses pmebelajaran matematika, namun LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi juga menjadi sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi juga dapat dikembangkan menjadi banyak ragam dalam satu kali pertemuan. Untuk dapat mengembangkan media pembelajaran tersebut tentunya guru mengembangkan materi ajar serta penggunaan sumber belajar yang tidak hanya berasal dari buku pegangan saja.

    ReplyDelete
  26. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Basing on what is written in the writing above, the teaching of mathematics is divided into two targets. the specific preparation and the common preparation. but according to my opinion, the specific preparation is completely included in the common one because, the content or explainations i find in the text by Prof MARSIGIT shows that both are closely interacted. the teacher is the guide of teaching, it is forbidden to start the lesson without preparation. the teacher should take time to think about the material he is teaching and make sure that the learners understand or not. the use of social media is also important because the interaction about some concepts goes on even outside the class.

    ReplyDelete
  27. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    perencanaan pembelajaran matematiika meeupakan hal yang memang harus benar benar dikuasai ole guru karena pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang sudah direncanakan dengan baik dan matang. selain itu jga terdapat banyak tujuan dari perencanaan pembelajaran ini yang akan sangat berguna bagi berlangsungnya kegiatan pembelajaran di kelas, karena itulah ini dijadikan sebagia matakuliah wajib bagi sertifikasi guru.

    ReplyDelete
  28. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Tantangan menjadi seorang guru sangat lah banyak, mereka bukan hanya mengajar, tetapi juga sebagai fasilitator dalam hal mentrasfer ilmu kepada siswa. Seorang guru selain memahami hal-hal di atas tetapi juga harus mampu mengoperasikan perangkat tekhnologi. Menurut pengalaman pribadi saya, misalnya seorang guru harus mampu menyusun RPP dan perangkat pembelajaran, namun pada kenyataannya banyak guru yang belum mampu mengetik pada microsoft word, masih banyak guru kita yang buta internet, bagaimana cara mendownload bahan dari internet, dsb. Jadi menurut hemat saya , seorang guru selain diberi materi kuliah seperti di atas juga harus dibarengi dengan pelatihan penguasaan pengoperasian tekhnologi informasi.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  29. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Perencanaan dibuat untuk mengonsep ide terhadap apa yang akan dilakukan demi suksesnya tujuan yang diinginkan. Dalam proses pembelajaran, perencaan sangat perlu dilakukan tentunya agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Perencanaan pembelajaran merupakan tanggung jawab guru,. Dalam perencaan memuat tujuan pembelajaran, materi yang akan disampaikan, kemudian metode yang akan disampaikan, terakhir adalah evaluasi. guru harus mengonsep pembelajaran sedemikian rupa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, juga suasananya, agar siswa dapat belajar dengan nyaman.

    ReplyDelete
  30. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Baik Persiapan Umum maupun Persiapan Khusus pada umumnya dikehendaki agar praktek pembelajaran mampu menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Oleh karena itu kemampuan guru dalam melayani kebutuhan siswa dalam belajar matematika menjadi sangat penting.

    ReplyDelete
  31. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Guru akan sangat dibantu dengan Skema Interaksi dan Variasi Media. LKS tidak hanya merupakan kumpulan soal tetapi dapat merupakan sumber informasi, teori atau penemuan terbimbing. LKS juga tidak harus selalu satu macam, tetapi dapat dikembangkan banyak ragam dalam satu kali pertemuan.

    ReplyDelete
  32. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Merencanakan pembelajaran merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Bukan tanpa sebab, pembelajaran akan berjalan dengan baik dan bermanfat saat pembelajaran tersebut direncanakan dengan menentukan tujuan pencapaiannya dan juga langkah-langkah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian kebermanfaatan pembeljaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  33. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Bila ditinjau dari pengajarnya,terkadang, beberapa pengajar matematika juga kurang menyampaikan materinya dengan baik dan dapat dipahami oleh para pelajar. Ada juga pengajar yang pilih kasih karena memerhatikan dan melibatkan anak-anak yang terlihat pintar saja dalam mengerjakan suatu soal matematika,dan mengabaikan yang lemah dalam matematika. Padahal setiap anak butuh perhatian dan dilibatkan agar anak-anak dekat dan menyukai guru tersebut. Jika awalnya saja sudah tidak menyukai gurunya, bagaimana mereka bisa menyukai pelajaran tersebut?
    Jadi bila dikaji lagi...semua juga kembali kepada para pengajarnya,mulai dari merencanakan,sampai evaluasi, dari penampilan, cara penyampaian dan media-media pendukung yang digunakannya ketika pembelajaran berlangsung.....

    ReplyDelete
  34. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Perlu disadari dan dipahami para guru bahwa setiap pelajar mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, terutama dalam menyerap materi-materi yang diajarkan. Untuk itu, perlu kesabaran dari para guru dalam mengajarkan bagi para pelajar yang memiliki berbagai macam perbedaan tersebut. Dekati dan ajaklah mereka untuk berpartisipasi dalam setiap materi yang sedang diajarkan secara bergilir dan jangan hanya melibatkan anak yang terlihat pintar saja, buatlah matematika menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mereka......

    ReplyDelete
  35. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari artikel ini kita mengetahui bahwa ada beberapa persiapan yang perlu dipersiapkan ketika seorang calon guru akan melaksanakan pembelajaran. Ada dua persiapan, yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum lebih menitikberatkan pada pemahaman guru mengenai hakikat belajar itu sendiri. Sedangkan persiapan khusus yaitu persiapan alat-alat atau fasilitas yang digunakan untuk membantu kelancaran pembelajaran di sekolah. Dan keduanya saling berkaitan, sehingga tidak boleh ada salah satu yang dilupakan.

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    perencanaan pembelajran, perencanaan pembelajran itu sangat penting perannya dalam pembelajaran, perencanaan pembelajran sangat dan harsu di ketahui dan dipahami bagi guru pemula atau calon gru seperti saya, terutama untuk mengilangkan keraguan dan ke gugupan dalam mengajra di keas karena apa yang akan kita lakuan dan apa yang ingin kita capai sudah ada di perecanaan pemeblajran, baik secara filosofis nya dan secara praktisnya.

    ReplyDelete
  37. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dalam pembelajaran matematika guru harus bisa membuat persiapan, baik persiapan umum maupun persiapan khusus. Salah satu tujuan melakukan persiapan umum dan persiapan khusus untuk mempersiapkan pembelajaran matematika dapat lebih berpusat pada siswa. Guru juga harus dapat memaksimalkan media yang digunakan dan dapat mengembangkan materi ajar dalam pembelajaran demi kesuksesan pembelajaran matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  38. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum program pembelajaran Matematika. Persiapan perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan mempersiapkan dengan matang segala sesuatunya untuk mengajar, maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar. Fungsi guru sebagai fasilitator juga harus kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan perangkat belajar bagi siswa agar proses pembelajaran tidak membosankan dan siswa menjadi semangat untuk belajar di sekolah setiap harinya.

    ReplyDelete
  39. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Planning is everything. Seorang guru harus mempersiapkan pembelajaran sebaik mungkin mulai dari merencakan segala sesuatunya dengan baik pastinya. Guru harus menyiapkan RPP yang didalamnya berisi ringkasan akan dibawa kemana sebuah pembelajaran berlangsung. RIngkasan tersebut berisi metode, media, waktu, tempat, materi dan tujuan yang paling penting dalam sebuah KBM.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  40. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Rencana mengajar atau persiapan mengajar atau lebih dikenal dengan satuan pelajaran adalah program kegiatan belajar mengajar dalam satuan terkecil
    Secara sistematis rencana pembelajaran dalam bentuk satuan pelajaran adalah sebagai berikut :
    1. Identitas mata pelajaran
    2. Kompetensi dasar dan indicator
    3. Materi pokok
    4. Media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
    5. Strategi pembelajaran
    Tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran meliputi :
    a. Kegiatan awal
    b. Melaksanakan apersepsi atau penilaian kemampuan awal.
    c. Menciptakan kondisi awal pembelajaran melalui upaya :
    d. Kegiatan inti
    e. Penutup
    6. Menentukan jenis penilaian dan tindak lanjut . tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari tahapan pembelajaran yang dilakukan. Berbagai contoh bentuk penilaian antara lain : tes, tes tulis, kinerja, penugasan tergantung aspek apa yang akan diukur.
    7. Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

    ReplyDelete
  41. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Awalnya saya mengira “perencanaan pembelajaran” yang dimaksud adalah penjelasan tentang penyusunan atau pengaplikasian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Namun setelah membaca isi artikel tersebut, ternyata perencanaan pembelajaran matematika merupakan salah satu mata kuliah program sertifikasi guru di Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY.
    Artikel di atas tentu snagat membantu para guru yang sedang menempuh program, dijelaskan pula pembelajaran umum dan khusu serta tujuan yang ingin dicapai. Semangat para guru yang sedang dan akan terus belajar!

    ReplyDelete
  42. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Planning atau perencanaan ialah suatu rangkaian persiapan tindakan untuk mencapai tujuan. Perencanaan merupakan pedoman, garis-garis besar atau petunjuk-petunjuk yang harus dituruti jika menginginkan hasil yang baik sebagaimana direncanakan.
    Pertama-tama harus memusatkan apa yang ingin dikerjakan, tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang untuk organisasi serta memutuskan alat apa yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam rangka melakukan hal tersebut, ia harus meramalkan sejauh mana kemungkinan tersebut dapat dicapai. Begitu pula perencaan pembelajaran, sangat perlu diperhatikan dari segala aspek, meskipun pelaksaanannya nanti berbeda dari apa yang sudah direncanakan. Dengan adanya perencanaan pembelajaran seperti RPP, maka guru dapat mengestimasi waktu, dan kondisi yang akan dibentuk nantinya. RPP menjadi pegangan meskipun sifatnya tidak harus absolut mutlak untuk dijalankan. Semua kembali tergantung pada karateristik siswa , materi dan waktu. Yang utama tujuannya adalah siswa dapat belajar dengan sebaik baiknya dan guru menjadi fasilitator yang sebaik baiknya.

    ReplyDelete
  43. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Perencanaan penting dibuat untuk melakukan suatu kegiatan, apalagi kegiatan pembelajaran. Jika rencana pembelajaran seperti RPP sudah ada maka kegiatan pembelajaran akan terarah dan terkoordinir. Tujuan pembelajaran tidak luput menjadi perhatian, sehingga rancangan pembelajaran semua tertuju kepada tujuan pembelajaran. Guru boleh dikatakan wajib membuat RPP sebelum pembelajaran dilakukan

    ReplyDelete
  44. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A
    Adapun komponen penting dalam RPP salah satunya adalah merencanakan evaluasi pembelajaran. evaluasi bisa dijadikan sebagai alat ukur dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru dikatakan berhasil melaksanakan proses pembelajaran dapat dilihat dari evaluasi pembelajaran. Begitu juga dengan siswa, mereka dapat melihat sampai di mana mereka dapat menguasai materi pembelajaran dapat dilihat dari evaluasi

    ReplyDelete
  45. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    Begitu pentingnya RPP, sehingga guru diharapkan sedemikian rupa dapat merancang RPP dengan baik. Guru dapat berlatih dan berkolaborasi dengan guru lain dalam pembuatan RPP. Namun yang harus diperhatikan adalah pembuatan RPP disesuaikan dengan kondisi siswa pada sekolah masing-masing tempat guru mengajar. sehingga RPP Pendidikan Matematika pada Sekolah A tidak mesti sama dengan RPP pada Sekolah lainnya.

    ReplyDelete
  46. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Perencanaan pembelajaran matematika yang perlu dilakukan oleh guru meliputi berbagai macam hal. Berdasarkan elegi ini, persiapan tersebut dapat digolongkan menjadi 2 kategori utama yaitu persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan Umum meliputi Kajian dan Penyesuaian Paradigma dan Teori Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Inovatif dan implementasinya. Sedangkan Persiapan Khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran matematika dikelas. Perencanaan pembelajaran ini penting untuk diperhatikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tanpa perencanaan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik akan lebih efektif karena guru telah memiliki persiapan mengenai apa yang harus dilakukan mulai dari membangkitkan motivasi pada siswa hingga melakukan refleksi. Maka kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan pembelajaran karena gurulah yang lebih memahami karakteristik dan keutuhan masing-masing siswa.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id