Feb 12, 2013

Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika




Peran “intuisi” di dalam matematika dapat dikaji dalam lingkup ontologi maupun epistemologi. Peran ontologis dari “intuisi” di dalam matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis “intuisi” meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

Secara historis, kita dapat menelusuri peran “intuisi” dari Platonisme, Kantianisme sampai “intuisi”onisme Brouwer. Masalah mendasar dari pembahasan peran “intuisi” dalam matematika adalah kenyataan bahwa terdapat pandangan yang berbeda sebanyak aliran yang ada pada perkembangan matematika dalam sejarahnya. Di era filsafat matematika kontemporer sekarang ini kiranya kita masih dapat menguji relevansi pembahasan peran “intuisi” dalam matematika. Setidaknya, Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Dari diskripsi intuitionisme Brouwer dapat ditarik kesimpulan bahwa peran “intuisi” dalam matematika memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis. (Marsigit)

56 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Intuisi memiliki kemiripan dengan insting, kesamaan dari keduanya adalah sama-sama tanpa alasan yang rasional dan langsung muncul dalam pikiran. Menurut Skemp, kecerdasan intuitif adalah kemampuan untuk memunculkan atau menyeleksi ide/konsep/skema yang sudah diketahui untuk merespon stimulus secara otomatis dan spontan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Namun, kespontanan respon tersebut belum tentu bernilai benar. Dalam matematika, intuisi biasanya muncul saat menghadapi suatu permasalahan matematika, atau dalam memahami suatu konsep. Apabila dikaitkan dengan pemahaman matematika maka proses tersebut bisa dimanfaatkan oleh pendidik melalui rangsangan berupa pemberian soal yang dilakukan secara berulang. Intuisi matematika muncul karena seringkali menghadapi, atau dapat dikatakan karena suatu pengalaman. Intuisi dikatakan berperan dalam pendidikan matematika dikarenakan peserta didik dapat menduga seperti apa penyelesaian dari suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dalam wikipedia Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Saya kira Intuisi memegang peranan penting dalam pembelajaran Matematika. Intuisi membantu siswa dengan memunculkan dugaan-dugaan perkiraan dalam permasalahan-permasalahan Matematika. Dugaan-dugaan tersebut mendorong siswa untuk tidak menyerah dan tetap melakukan proses pemecahan permasalahan Matematika. Selayaknya kita yang mengandung unsur vatal dan vital, maka unsur vatal dan vital juga ada dalam intuisi matematika. Selain internal siswa, strategi guru dalam didaktik dan pedagogic matematika amat diperlukan dalam membangun intuisi siswa karna intuisi juga perlu diasah dan dilatih.


    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Intuisi adalah kemmapuan yang dimiliki seseorang untuk menghadapi sesuatu hal dimana hal tersebut baru dan bersifat langsung. Intuisi sangat penting dalam matematika. Hal ini karena dalam matematika ketika mendapati sesuatu hal yang baru pasti kita akan mencoba atau menerka hal tersbut seusi dengan intuisi kita yang diabngun atas pengetahuan-pengetahuan kita. Intuisi yang dilatih terus menerus bisa mempertajam ilmu kita. Apalagi ditambah dengan reflektifkan hal tersebut maka kan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  5. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Intuisi berkaitan erat dengan pengalaman. Seseorang memiliki intuisi ketika ia telah pernah atau berkali-kalimengalami sesuatu. Sehingga menurut saya intuisi memiliki peran dalam pembelajaran matematika, yaitu sebagai awal untuk menduga. Seperti halnya science, berawal dari keragu-raguan akan berlanjut pada perumusan hipotesis dan pembuktian. Hingga diperoleh suatu kebenaran berlakunya hukum/teorema dalam matematika.

    ReplyDelete
  6. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Intuisi merupakan kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu yang mana menjadi bekal dalam menghadapi masalah. Intuisi ini muncul karena adanya pengalaman lebih dulu diajukan, sehingga pengalaman berkaitan erat dan penting dalam membangun intuisi. Perancis intuisi dalam matematika pun perlu ketika siswa yang sedang belajar matematika. Ketika ia dihadapkan dengan permasalahan soal tentang aljabar, seketika ia bisa menyelesaikannya tanpa waktu yang lama karena ia sudah memahami konsep dari materi tersebut. Kemudian, ketika ia lanjut pada permasalahan berikutnya yang berbeda topik, maka ia pun juga bisa menyelesaikannya dengan tangkas cekatan (tanpa ia melupakan cara penyelesain yang pertama) karena ia pun juga telah memahami materi tersebut. Semua proses saat ia mengerjakan ialah pengalaman. Dan pengalaman - pengalaman yang ia susun nantinya akan menimbulkan intuisi dalam matematika kapan pun dan dimana pun ia berhadapan dengan matematika.

    ReplyDelete
  7. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Intuisi merupakan suatu proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melalui proses penalaran secara rasional, menurut Brouwer dasar dari intuisionisme adalah pikiran. Brouwer memandang matematika sebagai aktivitas berpikir secara bebas yang artinya dalam bermatematika intuisi memiliki peran penting karena dalam bermatematika harus melalui proses berpikir sehingga boleh dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Maka proposisi hanya berlaku ketika subjek dapat dibuktikan kebenarannya. Sehingga Brouwer menyimpulkan bahwa dalam matematika tidak ada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian.

    ReplyDelete
  8. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Namun yang terjadi sekarang ini, guru seringkali mengabaikan pentingnya intuisi bagi para siswanya. Guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Misalnya saja dengan memberikan latihan soal yang begitu banyak tanpa melalui proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi. Intuisi diperoleh setelah pengalaman dimana pengalaman tersebut berasal dari keterampilan matematika yang diperoleh dari pengetahuan matematika dan didukung oleh metode, sikap, dan motivasi yang ada pada diri siswa itu sendiri. Apabila siswa kehilangan intuisi maka siswa akan kesulitan menemukan ide-idenya. Sehingga siswa memiliki ketergantungan kepada gurunya. Maka dari itu pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan karena pembelajaran inovatif berpusat pada siswa dan guru memfasilitasi siswa-siswanya untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki siswanya. Sehingga dengan pembelajaran yang inovatif diharapkan siswa tidak lagi kehilangan intuisi karena intuisi sangat diperlukan dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  9. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dari apa yang dikemukakan diatas Peran intuisi dalam pembelajaran matematika terbagi atas dua sifat yaitu ontologis dan epistemologis. Ontologis menyangkut kedudukan obyeknya, konsep dan struktur matematika itu sendiri. Sedangkan apabila kita lihat dari sifat Epistemologisnya maka intuisi matematika meliputi sumbernya, metode, dan pengambilan keputusan dari matematika itu sendiri. dengan kata lain apabila secara epistemologis maka hakekat dari matematika itu sendiri yang perlu kita lihat dan menjadi peranan penting dalam intuisi kita.

    ReplyDelete
  10. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Intuisi adalah keterhubungan kita ke pikiran bawah sadar, yakni bagaimana pikiran bawah sadar berkomunikasi dengan pikiran sadar. Itu sebabnya mengapa intuisi seperti sumber kreatif yang menakjubkan, mengandung kebijaksanaan dan pemahaman. Intuisi melampaui pengalaman atau penalaran. Terkait perannya dalam proses pembelajaran peran intuisi bagi menurut saya tentu sangat bermanfaat misalnya Salah satu manfaat adanya intuisi dalam diri seseorang adalah dapat mengeluarkan kreatifitas dan imajinas maka adanya intuisi dalam seorang guru dapat menciptakan sebuah pembelajaran yang inovatif, kreatif dan efektif terhadap siswanya mulai dari RPP, LKS, Metode, Media, dll.

    ReplyDelete
  11. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika dapat dilihat menurut ontologisnya, yaitu mengenai kedudukan obyek, konsep, dan struktur matematika. Selain itu juga dapat dilihat menurut epistemologinya, yaitu mengenai sumber – sumber pengetahuan matematika, metode, dan pengambilan keputusan matematika. Intiusi mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika yaitu ntuisi membantu siswa dalam memahami matematika. Selain itu, Intuisi membantu siswa dengan memberi dugaan dari permasalahan matematika sehingga dapat memotivasi siswa dan mendorong siswa untuk memecahkan masalah. Dengan menggunakan intuisi siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi dan dapat menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas, intuisi merupakan suatu proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melalui proses penalaran secara rasional. Menurut Brouwer matematika sebagai aktivitas berpikir secara bebas yang artinya dalam bermatematika intuisi memiliki peran penting karena dalam bermatematika harus melalui proses berpikir sehingga boleh dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Namun yang terjadi sekarang ini, guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Misalnya saja dengan memberikan latihan soal yang begitu banyak tanpa melalui proses-proses yang harus dilalui. Sehingga siswa kehilangan intuisi.

    ReplyDelete
  13. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Intuisi muncul ketika seseorang diberi suatu stimulus tertentu, kemudian merespon hal tersebut secara spontan. Hal tersebut disebabkan karena pengalaman yang ada dalam diri orang tersebut dan interaksi antara pemikiran bawah sadar dengan alam sadar.
    Intuisi diperlukan dalam pembelajaran matematika, karena ketika menghadapi suatu permasalahan matematika memerlukan respon yang cepat.

    Namun, kondisi sekarang, siswa kurang dilatih dalam melakukan proses berpikir ini, disebabkan banyaknya materi yang wajib dikuasai oleh siswa. Patut disayangkan jika kondisi ini berlangsung terus menerus. Kemampuan siswa banyak yang tidak tereksplor dengan baik.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  14. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Misalkan dalam menjawab pertanyaan 16 x 25. Lingkungan luar dapat ditanggapi secara otomatis tanpa kesadaran apapun dari proses-proses pikiran perantara yang bersangkutan. Intuisi dapat merupakan jawaban sesaat menggunakan pengalaman yang sudah dilakukan. Bila jawaban masih salah maka disa dikategorikan dalam intuisi tidak ahli. Dengan adanya kecerdasan refleksi yang dilakukan berkali-kali maka akan mengjasilkan intuisi ahli/intuisi yang baik dengan jawaban yang benar.

    ReplyDelete
  15. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Intuisi merupakan kemampuan seseorang untuk memahami sessuatu tanpa perlu mengetahui apa definisi daru suatu hal tersebut. Manusia hidup berdasarkan intuisa. Sebagai contoh intuisinya anak kecil dalam matematika. Seorang ana kecil yang belum memasuki bangku sekolah tentunya sudah mengenal dan memahami bilangan 1, tanpa harus mengenal definisi bilangan tersebut terlebih dahulu.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Pandangan Kant tentang peran intuisi dalam matematika telah memberikan gambaran yang jelas tentang landasan, struktur dan kebenaran matematika. Lebih dari itu, jika kita mempelajari lebih lanjut teori pengetahuan dari Kant, yang di dalamnya didominasi pembahasan tentang peran dan kedudukan intuisi, maka kita juga akan memperoleh gambaran tentang perkembangan landasan matematika dari masa Plato hingga filsafat matematika kontemporer, melalui benang merah filsafat intutionism dan constructivism.
    Menurut Kant (Kant, I., 1781) matematika merupakan suatu penalaran yang berifat mengkonstruksi konsep-konsep secara synthetic a priori dalam konsep ruang dan waktu. Intuisi keruangan dan waktu secara umum yang pada akhirnya dianggap mendasari matematika.

    ReplyDelete
  17. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    Pendidikan Matematika C 2013

    Dalam matematika juga terdapat materi yang memerlukan adanya peragaan dan media yang berupa alat peraga yang bertujuan untuk memberi gambaran nyata bagi siswa agar memahami materi dengan baik. Namun, tidak selamanya alat peraga tersebut akan digunakan, karena pada masanya nanti, ketika ujian, siswa tidak lagi dibantu dengan alat peraga. Disinilah peran dari imajinasi dan intuisi siswa, karena imajinasi akan membuat siswa mengingat bentuk-bentuk yang pernah diberikan. Intuisi juga berperan dalam hal ini, karena dengan intuisi siswa akan dapat memilih cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

    ReplyDelete
  18. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari artikel diatas disebutkan Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, artinya tiada objek matematika yang luput dari intuisi, membangun intuisi yang baik adalah awal kebermaknaan matematika yang sebenar-benarnya. intuisi menjadi faktor penentu keberhasilan belajar matematika.

    ReplyDelete
  19. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Intuisi diperlukan dalam pembelajaran. Karena dengan intuisi, maka siswa dapat membangun pengetahuannya lewat pengalaman belajar yang dialaminya. Dengan demikian, intuisi memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika itu sendiri. Lewat intuisi, maka pembelajaran matematika yang begitu kompleks dapat diatasi dengan baik. Karena siswa dapat memecahkan setiap persoalan yang terjadi dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dalam matematika, intuisi biasanya muncul saat menghadapi suatu permasalahan matematika, atau dalam memahami suatu konsep. Apabila dikaitkan dengan pemahaman matematika maka proses tersebut bisa dimanfaatkan oleh pendidik melalui rangsangan berupa pemberian soal yang dilakukan secara berulang. Intuisi matematika muncul karena seringkali menghadapi, atau dapat dikatakan karena suatu pengalaman. Intuisi dikatakan berperan dalam pendidikan matematika dikarenakan peserta didik dapat menduga seperti apa penyelesaian dari suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  21. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Menurut Brouwer matematika sebagai aktivitas berpikir secara bebas yang artinya dalam bermatematika intuisi memiliki peran penting karena dalam bermatematika harus melalui proses berpikir sehingga boleh dikatakan tidak ada penentu kebenaran matematika diluar aktivitas berpikir. Namun yang terjadi sekarang ini, guru cenderung memakai cara yang instan dan mengambil jalan pintas dalam memberikan matematika kepada siswanya. Sebagai contoh intuisinya anak kecil dalam matematika. Seorang ana kecil yang belum memasuki bangku sekolah tentunya sudah mengenal dan memahami bilangan 1, tanpa harus mengenal definisi bilangan tersebut terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  22. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Berpikir intuitif artinya seseorang mampu mengeluarkan gagasannya secara langsung karena proses yang cepat didalam pikiran. Siswa yang berpikir intuitif mampu berpikir mengenai gabungan bentuk dan isi dari sebuah konsep yang yang dipunya. Sehingga jika siswa pada tahap mempelajari materi A, maka ia sudah mampu menguasai materi B. Intuisi akan membantu siswa membuat dugaan-dugaan atau perkiraan sementara dari permasalahan matematika pada materi A karena adanya penguasaan materi terdahulu.

    ReplyDelete
  23. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Intuisi merupakan dasar dari pembelajaran matematika. Pemahaman maupun konstruksi dalam pembelajaran matematika diperoleh dengan cara menemukan intuisi pada akal atau pikian terlebih dulu. Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Intuisi bisa menjadi modal dasar bagi siswa untuk membangun pengetahuannya. Jika intuisi siswa telah muncul maka selanjutnya dilakukan analisis atas masalah yang diberikan. Hal ini menjadi tugas bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif guna mengembangkan intuisi siswa.

    ReplyDelete
  24. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi erat hubungannya dengan dunia matematika, karena matematika merupakan pola proses berpikir seseorang dalam menentukan pola hubungan, menyelesaikan masalah, penggunaan strategi, menggunakan logika dan mengomunikasikan dala bentuk matematis. Hal ini sangat memerlukan adanya intuisi, karena matematika yang sifatnya tidak semata-mata menghitung bilangan saja, Matematika memerlukan strategi untuk dapat menyelesaikannya. Oleh karena itu, inutisi dalam pikiran manusia sangat berperan dalam matematika. Intuisi ini merupakan suatu akal atau momen di mana manusia bisa saaja menyebut kata "aha" ,,, saat sedang berpikir, ini artinya ia telah menemukan sebuah jalan yang dapat mengantarkannya pada solusi permasalahan.

    ReplyDelete
  25. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Peran intuisi dalam pembelajaran matematika itu memang sangat penting apa lagi matematika untuk anak sekolah. Namun yang terjadi pada saat sekarang ini banyak guru maupun stakeholder yang mengabaikan tentang intuisi matematika ini. Matematika yang diajarkan di sekolah bukan lagi matematika yang sesuai dengan perkembangan mereka, matematika yang diajarkan adalah matematika murni bukan matematika sekolah. Hal tersebut manjadi salah satu penyebab mengapa matematika sekarang ini menjadi pelajaran yang paling menyusahkan.

    ReplyDelete
  26. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Menurut saya, Intuisi merupakan olah pikir manusia yang berlandaskan hati jadi neskipun kita tidak punya pengetahuan awal dari masalah yang kita hadapi, tapi kita bisa menggunakan intuisi kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. Intuisi itu bisa dilatih dengan pengalaman karena experience is the best teacher for us. Terkadang intuisi hasilnya lebih presisi dan mengandalkan apa yang diketahui disekitarnya.

    ReplyDelete
  27. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Kemampuan intuisi dalam pembelajaran matematika mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan pengetahuan siswa. Semenjak SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi kita pasti menggunakan intuisi kita untuk menyelesaikan masalah baru yang belum pernah kita temui. Akan tetapi peran intuisi lebih berperan ketika kita masih SD atau SMP sedangkan ketika SMA dan di tingkat universitas, kita lebih menggunakan penalaran kita secara dominan daripada intuisi kita.

    ReplyDelete
  28. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Menerapkan intuisi dalam pembelajaran dapat diterapkan dalam perangkat pembelajaran matematika. Tetapi, guru harus memperhatikan landasan filosofis dari hakikat intuisi secara ontologis dan epistemologi agar dalam membuat perangkat tidak hanya sekedar mengkaji tetapi tidak diintegrasikan.

    ReplyDelete
  29. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    I think intuition is really important in mathematics learning. Intuition can help student to solve mathematics problem without formula. Just like analysis the problem and problem solving. Students dont need formula to solve the problem if they use their intuition. They will find their own formula to solve their problem. With intuition, our brain is trained to think criticaly. If we think criticaly, we will can solve every mathematics problem without formula. Even better if we can find our own formula or find new formula in mathematics education. Intuition must be studied by students. Intuition can make us to be creative because intuition invite us to think criticaly. Teacher also have support their students to use intuition. So, I think intuition is really important in mathematics learning. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamulaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  30. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan Matematika C 2013

    intuisi memiliki peran yang penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi ini dapat membantu siswa dengan memberi dugaan-dugaan perkiraan dari permasalahan-permasalahan Matematika, sehingga siswa akan termotivasi untuk dapatmenyelsaikan permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  31. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan Matematika C 2013

    Intuisi seseorang akan dapat bekerja dengan baik jika selalu berupaya untu berfikir kritis. kekuatan intuisi seseorang akan melemah jika tidak pernah mencoba untuk memikirkan hal-hal yang berada di luar nalarnya. oleh karena itu, guru dapat menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan Matematika dengan menggunakan intuisi sampai siswa dapat menangkap permasalah sebenarnya yang dihadapi.

    ReplyDelete
  32. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    To my opinion, intuition is needed in the teaching of mathematics because it is the first step to think critically. the meaning of intuition is:An impression that something might be the case. when the students are helped to use their intuition, their minds become wide in terms of thinking and prediction but most importantly, they find the way to find solutions to the problems. the teacher must carry in mind that his/her role is to facilitate.

    ReplyDelete
  33. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dalam pembelajaran matematika, intuisi murni dijadikan sebagai landasan dari semua penalaran dan pengambilan keputusan. Jadi jika matematika tidak berlandaskan pada intuisi, maka matematika dikatakan bukan ilmu karena hanya dibangun dengan Pure Logic yang bersifat Analitik A Priori. Dalam bukunya Kant berpendapat bahwa matematika dibangun di atas intuisi murni yaitu intuisi ruang dan waktu dimana konsep-konsep matematika dapat dikonstruksi secara sintetis. Matematika akan menjadi Ilmu jika dia bersifat sintetik a priori. Dengan demikian sungguh penting peran intuisi dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, sebagai guru atau calon guru, hendaknya kita mampu menghidupkan intuisi siswa-siswa, bukan malah mematikan intuisi mereka karena sifat dewa yang melekat pada diri kita.

    ReplyDelete
  34. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dalam Kamus besar Bahasa Indonesia, Intuisi diartikan sebagai daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Dari Elegi diatas, Intuisi merupakan proses melihat dan memahami sesuatu secara spontan tanpa melaui proses penalaran secara rasional. Dalam bermatematika, Intuisi juga memiliki peranan penting. Misalnya saat mendapati soal, awalnya kita akan mencoba menerkanya menggunakan intuisi, setelah itu barulah kita memasuki ranah penalaran secara rasional.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Mengasah intuisi sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, seorang anak yang telah memiliki intuisi yang kuat bagaikan memiliki indera keenam dalam penyelesaian soal di dalam matematika. Mereka dengan mudah dapat mengawang jawaban dan penyelesaian tanpa menuliskan nya dikertas seperti yang dapat kita lihat pada lomba-lomba olimpiade matematika baik tingkat nasional maupun di tingkat internasional. Disinlah tugas seorang guru dalam memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya intuisi mereka.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  36. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Intuisi adalah pengetahuan tanpa kita sadari. Matematika itu sintetik apriori, sangat membutuhkan intuisi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Tahapan pertama intuisi adalah penginderaan terkait objek yang diamati/dipikirkan. Kedua adalah pemikiran/akal, atau mensintesiskan dari penginderaan ke otak. Ketiga adalah memutuskan melalui pemikiran yang telah dilakukan.

    ReplyDelete
  37. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Dengan sumber pengetahuan yang benar, pembelajaran akan lebih bermakna, penggunaan metode yang tepat juga sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan matematika.

    ReplyDelete
  38. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pembelajaran matematika menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika merupakan dasar yang sangat penting dalam pembelajaran matematika itu sendiri. Jika ini dapat dikuasai oleh siswa, pengaplikasiannya pada materi lanjutan akan mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  39. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Intuisi terbentuk melalui pengalaman. Dengan adanya intuisi yang kuat, maka seseorang akan semakin cepat dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu intuisi memeiliki peran penting dalam pembelajaran. Seseorang harus memperbanyak pengalaman yang dilaluinya untuk memperkuat kemampuan intuisinya.

    ReplyDelete
  40. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Intuisi berasal dari pengalaman tentang pembelajaran matematika. Intuisi ini menyangkut dari pemahaman tentang objek, konsep, struktur, sumber sumber pengetahuan, metode, pemecahan masalah dan lain sebagainya. Intuiti matematika bermacam macam sesuai dengan pengalaman belajarnya mulai dari intuisi aljabar, intuisi persamaan linier, persamaan kuadrat, statistika, intuisi matrik, intuisi peluang dan seterusnya dari yang ada dan mungkin ada serta jumlahnya tak terhingga. Semakin banyak pengalaman maka semakin banyak intuisi yang dibangun maka semakin banyak cara yang digunakan dalam pemecahan masalah matematika.

    ReplyDelete
  41. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 penddikan matematika c 2013

    intuisi itu akan mempengaruhi dalam mempelajari materi yang akan dipelajari, matri yang akan dihadai, ojek yang akan diketahui dst, dengan mngathui intuisi yang baik, maka akn mempermudh kita dalam mepelajri khusuny mempelajar matematika, menurut saya intuisi bisa filosofis bisa materialis,tapi jika dalam filsafat material adalah objek filsafat ya semua yang ada adalah objek filsafat, termasuk intuisi.

    ReplyDelete
  42. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Hers (1997) mengingatkan bahwa disebabkan “intuisi” mempunyai peran yang penting di dalam matematika, maka tidak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Oleh karena itu, intuisi penting dimiliki oleh siswa dalam pemecahan masalahan matematika dan sebagai guru harus dapat membangun intuisi pada siswa.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  43. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B


    Intuisi matematika seseorang dapat diasah dengan semakin banyaknya pengalaman. Intuisi ini mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikannya. Intuisi setiap individu berbeda karena dibangun atas dasar pengalaman yang berbeda-beda pula. Maka dapat pula dikatakan bahwa pengalaman juga penting dalam matematika. Intuisi tentu saja dapat dikembangkan. Bagaimana cara mengembangkan intuisi matematika? Tentu saja dengan memperbanyak pengalaman kita dalam bermatematika. Dalam matematika, peran intuisi tersebut memang lebih bersifat filosofis dari pada matematis.

    ReplyDelete
  44. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Intuisi secara bahasa adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intuisi dapat diperoleh dari pengalaman dan dapat diperoleh juga dari berlogika. Tetapi perlu diingat bahwa berlogika juga merupakan bagian dari pengalaman. Semakin banyak pengalaman seseorang maka intuisi nya pun akan semakin terasah dari waktu ke waktu. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah karena dengan adanya intuisi maka siswa dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimiliki. seperti disebutkan sebelumnya intusis dapat diperoleh melalui pengalaman, maka siswa juga harus mengalami sendiri menemukan konsep dalam proses pembelajaran. Maka seorang guru hendaklah membuat siswa aktif ikut serta dalam pembelajaran supaya siswa mengalami sendiri dan mereka akan menjadi lebih mengerti.

    ReplyDelete
  45. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Kehidupan manusia memiliki banyak intuisi pengetahuan, salah satu nya juga dalam pengetahuan matematika. Peran intuisi di dalam matematika terdapat dua lingkup yaitu lingkup ontologi dan epistemologi. Peran ontologis menyangkut kedudukan obyek, konsep dan struktur matematika. Sedangkan peran epistemologis meliputi sumber-sumber pengetahuan matematika, metode dan pengambilan keputusan matematika.

    ReplyDelete
  46. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Intuisi erat kaitannya dengan kesadaran dan pengalaman yang membentuk. Sejak bangun sampai tidur lagi hidup kita dipenuhi oleh intuisi. Maka dalam pembelajaran matematika, intuisi dijadikan dasar sebagai dugaan lalu kemudian dicari solusi atas dugaan tersebut. Selain itu, juga digunakan untuk tidak langsung percaya akan sebuah rumus atau teori. Siswa mencari tahu pembuktiannya.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  47. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Saya tertarik mengomentari peran intuisi dalam pembelajaran matematika menurut pandangan Immanuel Kant. Menurut Kant, matematika sebagai ilmu adalah mungkin jika konsep matematika dikonstruksi berdasarkan intuisi ruang dan waktu yang akan menghasilkan matematika sebagai ilmu yang bersifat “sintetik a priori”. Singkatnya, menurut Kant bahwa intuisi menjadi inti dan kunci bagi pemahaman dan konstruksi matematika. Secara ontologi maupun epistemologi, setelah era Kant, matematika dikembangkan dengan pendekatan-pendekatan yang sedikit banyak dipengaruhi oleh pandangan Immanuel Kant.

    ReplyDelete
  48. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Masih dari sudut pandang Immanuel Kant, dimana intuisi sebagai dasar matematika. Menurut Kant, pemahaman maupun konstruksi matematika diperoleh dengan cara terlebih dulu menemukan “intuisi murni” pada akal atau pikiran kita. Matematika yang bersifat “sintetik a priori” terlebih dulu dijabarkan ke dalam tiga tahap intuisi yakni:
    1. Intuisi penginderaan (objek matematika dicerap sebagai unsur a posteriori)
    2. Intuisi akal (mensintesiskan hasil intuisi penginderaan ke dalam intuisi ruang dan waktu)
    3. Intuisi budi (rasio kita dihadapkan pada putusan-putusan argumentasi matematika)

    ReplyDelete
  49. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Sesuai dengan hakekat berpikir itu sendiri maka pemikiran manusia itu dimulai dari kategori, sedang kategori dimulai dari intuisi. Proses membentuk kategori dalam pikiran tanpa kita sadari dan tidak ada seorangpun yang tahu kapan kita memperoleh kategori dalam pikiran kita karena itu bersifat pribadi, bersifat personal, bersifat konteks, dikatakan demikian karena itu berlaku pada semua orang dan diperoleh dari interaksi atau kegiatan. Oleh karena itu belajar matematika di sekolah didefinisikan sebagai interaksi maka penting sekali intuisi. Bagi anak intuisi itu penting karena dia melakukan kegiatan tapi tidak mengerti hakekat yang dikerjakan. Sama hanya dengan kita sebagai seorang guru kita harus tahu hakekat mengajar, sebagai seorang guru atau calon pendidik kadang kita tidak tahu kenapa kita mengajar demikian, kita hanya melaksanakan pembelajaran tanpa memikirkannya, sehingga guru maupun pendidik hanya sebagai pelaksana saja belum sebagai pengembang. Padahal setiap guru adalah researcher. Dan dalam matematika peran intuisi itu sangat penting.

    ReplyDelete
  50. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Intuisi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Intuisi dapat membantu siswa untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi dapat mengembangkan kompetensi matematika yang lebih tinggi. Semakin baik intuisi yang dimiliki, semakin mudah juga siswa untuk belajar. Intuisi ini dapat dikembangkan dengan membiasakan siswa menggunakan intuisi dalam belajarnya. Maka penting bagi guru untuk dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa dengan menggunakan intuisinya sendiri agar intuisinya dapat berkembang.

    ReplyDelete
  51. Peran intuisi dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan karena dengan adanya intuisi maka siswa akan dapat mengembangkan kreativitas dan potensi-potensi yang dimilikinya. Guru harus jeli dan teliti dalam melihat intuisi yang dimiliki oleh siswanya sehingga dapat dikembangkan secara optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  52. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Peran intuisi sangat penting sekali dalam belajar matematika. Intuisi siswa membantunya memperkirakan, membuat dugaan awal dalam menyelesaikan masalah matematika. Guru sebagai fasilitator tidak boleh mengabaikan kemampuan intuisi siswa, siswa harus dilatih, dan kemudian dibimbing.

    ReplyDelete
  53. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Intuisi menurut saya adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk memahami sesuatu tanpa diketahui atau dipelajari terlebih dahulu, jadi ini adalah kemampuan alamiah yang sudah diberikan Allah SWT kepada kita untuk memahami sesuatu berdasarkan bisikan hati atau gerakan hati. Kemampuan pemahaman tersebut dapat datang secara tiba-tiba dan diluar kesadaran kita

    ReplyDelete
  54. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Dalam pembelajaran matematika, intuisi memegang peranan yang cukup penting, karena intuisi membantu siswa dalam memahami matematika, membantu siswa dalam membuat dugaan atau perkiraan dari suatu permasalahan. Dari dugaan tersebut akan timbul suatu dorongan untuk menyelesaikan permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  55. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Intuisi setiap siswa akan berbeda dengan siswa lainya, hal ini akan mempengaruhi pemahaman siswa dalam belajar matematika. Intuisi ini dapat dianggap sebagai emosi potitif yang akan menghasilkan solusi tertentu. Peran guru sebagai pembimbing dan fasilitator harus memahami kondisi ini, bahwa dengan intuisi yang dimiliki siswa, mereka akan memecahkan masalah matematika, mereka akan memahami matematika dengan cara mereka sendiri

    ReplyDelete
  56. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Seperti yang pernah dibahas pada postingan yang lain, saya menganggap bahwa peran intuisi sebenarnya memberikan dampak tersendiri bagi matematikawan. Intuisi dalam matematika tidak bisa hanya sekedar dianggap pengambilan keputusan dengan asal meraba-raba melalui sense atau perasaan, namun intuisi dalam matematika lebih cenderung mengarah ke prediksi-prediksi dalam pengambilan keputusan suatu masalah.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id