Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

39 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Lesson study merupakan hal yang baru bagi Saya. Berdasarkan postingan ini lesson study adalah salah satu terobosan yang digunakan oleh para pendidik, dan semua pihak yang ada dalam dunia pendidikan yang bertujuan semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam postingan ini dijelaskan bahwa lesson study bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang di dalamnya ada metode pembelajaran, alat peraga, dan lain sebagainya. Lesson study itu penting dilakukan dalam segala pembelajaran yang terjadi disekolah, baik itu sekolah regular maupun sekolah luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya workshop dan symposium Internasional oleh jurusan PLB Universitas Negeri Yogyakarta. Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lesson study merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Profesionalitas dalam bidang pendidikan sangat diperlukan. Perangkat pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus masih jarang/belum banyak dikembangkan. Dengan adanya lesson study dalam pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif berdasarkan tuntutan profesionalitas pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb
    Lesson study merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Unsur dasar dalam leson study adalah kerjasama. Lesson study ini pada pembahasan ini dikhususkan bagi siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika. Siswa berkebutuhan khusus mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Mereka lebih susah dalam memahami pelajaran dibandingkan dengan siswa yang tidak berkebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajarannya juga lebih memerlukan perhatian. Apalagi siswa yang mempunyai kendala fisik dan lainnya, mereka akan susah membaca dengan baik, tidak mengerti simbol, tidak dapat fokus, dan lain sebagainya. Peran guru disini sangat penting. Guru harus sabar dalam mengajarkannya, sering mengulang pelajaran yang sudah diajarakan, menggunaka metode pembelajaran yang menarik, serta dapat melayani kebutuhan siswa di kelas. Dalam hal ini penting adanya lesson study, sebuah penelitian yang dilaksanakan untuk memperoleh manfaat dan perbaikan pembelajaran berikutnya sehingga dapat meningkatkan profesionalitas

    ReplyDelete
  4. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Di Jepang, Lesson study sudah berkembang sejak awal tahun 1960-an. Meskipun lesson study merupaka suatu ide sederhana, akan tetapi lesson study merupakan sebuah proses yang kompleks. Lesson study merupakan suatu proses yang mengkolaborasikan guru di dalam grup kecil untuk merencanakan, mengobservasi, mengajar, dan meninjau kembali serta melaporkan hasilnya pada aplikasi dalam pengajaran individu. Inovasi proses belajar mengajar pada kegiatan lesson study ini dirancang dan dikembangkan secara aktif, praktis, menyenangkan, dan efektif bagi pembelajaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Saya tertarik dengan siswa berkebutuhan khusus. Saat ini sekolah inklusi mulai berkembang dan pertanyaanya mampukan universitas memberikan guru yang mampu di sekolah inklusi?

    ReplyDelete
  6. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pendidikan untuk semua, sehingga setiap anak memperoleh hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Proses perbaikan pembelajaran melalui lesson study tidak hanya untuk siswa pada umumnya, tapi anak berkebutuhan khusus juga perlu mendapatkan hak yang sama, dimana dengan harapan lesson study ini guru dapat bekerja sama untuk mencari solusi terbaik agar dapat memenuhi segala kebutuhan dan menanggulangi kesulitan siswa berkebutuhan khusus tersebut selama pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Memiliki kebutuhan khusus bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan pendidikan karena pendidikan seyogyanya harus dirasakan secara menyelurh untuk setiap warga Indonesia. Pengalaman saya pernah melakukan magang di SMP dimana SMP tersebut merupakan sekolah inklusi yang menerima siswa-siswa dengan kebutuhan khsuus. Awal mula saya merasa ragu apakah mereka dapat melakukan proses pembelajaran dengan mudah tetapi saya memahami betapa mereka juga memiliki semangat untuk belajar. Hanya saja memang kemampuan berpikirnya tidak secepat siswa pada umumnya. Tapi dengan adanya sekolah inklusi seperti itu dapat membuat siswa dengan berkebutuhan khusus menjadi terfasilitasi dengan baik.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  8. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Lesson study dalam pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus bisa menjadi jalur pengembangan pendidikan matematika di Indonesia dan bisa menciptakan dampak positif untuk pendidikan di Indonesia. Lesson study memberikan kesempatan kepada guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan, dan sekaligus merfleksikan. Lesson study dapat menjadi suatu solusi perlakuan pedagogik yang tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  9. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Menurut saya, lesson study ini sangat membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah karena para guru dapat bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson study ini juga akan membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Dengan bertukar informasi dari proses pembelajaran sampai denganproses belajar anak berkebutuhan khusus dengan berbagai tantangan yang ada akan membantu guru dalam menanggapi anak dengan tepat dan efisien sehingga anak berkebutuhan khusus pun dapat menikmati pembeljaaran dengan menyenangkan. lesson study banyak manfaatnya dari bertukar informasi dan pengetahuan dan juga saling bersilaturahmi dan bercerita tentang pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  10. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Saat ini penelitian untukm pembelajaran di sekolah inklusi mulai banyak dilakukan. Sehingga, harapannya semoga guru mulai mampu mempersiapkan diri dengan berkembangnya pendidikan di era ini.

    ReplyDelete
  11. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Kegiatan lesson study sangat bermanfaat, baik baik guru maupun bagi lingkungan sekolah secara keseluruhan. terkait dengan pembelajaran pada anak/siswa yang berkebutuhan khusus tentu pembelajarannya harus dapat disesuaikan dengan kbutuhan khusus yang dibutuhkan karena kekurangan-kekurangan peserta didik berkebutuhan khusus adalah berbeda-beda.

    ReplyDelete
  12. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Lesson study merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Secara sederhana lesson study merupakan sarana belajar bagi guru, karena waktu terus berputar dan zaman terus berubah, pengetahuan pun senantiasa berkembang, jika yang dilakukan guru hanya terus mengajar tanpa melakukan evaluasi dan perbaikan atas apa yang ia ajarkan maka proses belajar mengajar tidak akan pernah berkembang menjadi lebih baik. Oleh karenanya lesson study merupakan sarana belajar terbaik bagi guru, karena jika hanya mengikuti workshop, seminar dan pelatihan-pelatihan tanpa adanya praktek langsung proses belajar tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan. Semoga kedepannya Lesson Study terus terlaksana dan berkembang di Indonesia hingga menjadi bagian dari kebutuhan guru Indonesia. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Ebutt dan Straker 1995 menyebutkan bahwa matematika sekolah adalah kreativitas dan kegiatan sosial. Matematika sekolah ahrus dibuat semenyenangkan mungkin.Bentuk kreativitas bisa bermacam-macam. Slaah satu kegiatan sosial dalam matematika sekolah adalah kelompok diskusi.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Lesson study dikaitkan dengan pendidikan matematika dan pendidikan luar biasa. untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dalam lesson study ini dilakukan atas dasar keterbukaan guru untuk melakukan reflex dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Bagi saya lesson study ini sangat menarik untuk diterapkan di Indonesia dengan syarat guru harus bersedia untuk dievaluasi dan peneliti melakukan penelitian murni atas dasar penelitian, sehingga ada simbiosis mutualisme antara guru dan peneliti.

    ReplyDelete
  15. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Lesson study memiliki banyak sekali manfaatnya seperti yang telah disebutkan bahwa untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Lesson study akan sangat bermanfaat untuk dikembangkan dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus .

    ReplyDelete
  16. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Lesson Study untuk para guru dari anak berkebutuhan khusus memang pendekatan yang dipakai tidak seperti pada umumnya. Hal ini dikarenakan guru dari anak berkebutuhan khusus harus menghadapi 2 persoalan sulit yaitu pertama anak berkebutuhan khusus sendiri dan cara mangajarnya sendiri. Maka dari itu lesson study dengan pendekatan tidak menggurui guru tetapi bekerja sama dengan guru memang sangat bagus. Hanya saja harus dilakukan secara continue agar pendidikan anak berkebutuhan khusus diIndonesia bisa setara dengan siswa yang mendapat pendidikan formal. Karena setiap anak mempunyai hak yang sama dalam dunia pendidikan sehingga tidak ada kata diskriminasi bagi mereka.

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Salah satu tujuan lesson study adalah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar matematika dan guru mengajar. Kemudian hasil-hasil tertentu tersebut dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi guru matematika yang mengajar siswa berkebutuhan khusus. Karena matematika mempunyai karakteristik tertentu, maka hambatannyapun juga khusus. Salah satu hambatan siswa berkebutuhan khusus dalam memperoleh konsep-konsep yang berkaitan dengan jumlah/ kuantitas dan penggunaan simbolnya. Jumlah dan simbol adalah konsep yang selalu diperlukan dalam matematika. Konsep itu diperlukan untuk mendukung perhitungan dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  18. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tujuan pembelajaran di kelas adalah tidak lain agar siswa memahami materi yang dipelajari. Agar siswa dapat memahami dengan baik maka diperlukan suatu pembelajaran yang inovatif, dimana pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk mempelajari suatu materi. Namun terkadang suatu guru menemukan suatu kesulitan dalam menghadapi siswa-siswa dengan karakteristik tertentu. Lesson study merupakan suatu model untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul ketika pembelajaran. Melalui lesson study dapat menambah pemahaman seorang guru tentang bagaimana cara yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran dalam menghadapi karakteristik siswa yang berbeda. Selain itu, Lesson Study juga memberikan guru suatu kesempatan untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran sampai perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan dalam pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Lesson Study adalah salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif oleh sekelompok guru/dosen dan berkelanjutan berlandaskan prinsi-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif. Lesson study memfokuskan pada materi atau bahan pelajaran yang dianggap penting dan menjadi titik lemah dalam pembelajaran siswa serta sangat sulit untuk dipelajari siswa

    ReplyDelete
  20. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Lesson study merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki proses dan kualitas pembelajaran agar lebih baik. Siswa berkebutuhan khusus memiliki cara atau metode sendiri dalam belajar matematika. Mereka tidak diperlakukan sama seperti siswa normal lainnya. sebagai calon pendidik yang mendidik siswa berkebutuhan khusus memiliki jiwa yang sangat amat sabar. Serta melakukan pembelajaran dengan hati dan niat yang ikhlas, dan dengan metodologi yang berbeda. Karena siswa yang berkebutuhan khusus memiliki tingkat kendala yang lebih tinggi untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  21. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Anak-anak berkebutuhan khusus mempunyai beragam kemampuan, potensi, dan kesulitan yang dialaminya di dalam proses pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Salah satu alternatif solusi untuk mengembangkan pembelajaran matematika bagi anak-anak berkebutuhan khusus yaitu dengan melalui lesson study. Lesson study akan menghasilkan suatu solusi untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yg sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  22. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu masalah penting yang perlu mendapatkan perhatian serius ialah adanya perbedaan individual peserta didik. Terlebih dengan banyaknya siswa yang berkebutuhan khusus. Permasalahan ini perlu dicarikan solusinya agar masing-masing siswa mendapatkan haknya untuk belajar. Lesson study dapat menjadi sarana yang cocok dalam menemukan cara yang dapat ditempuh guru untuk dapat memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan itu memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan, dan sekaligus merefleksikan. Dengan adanya lesson study, guru-guru dapat berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan alat bantu belajar, memanfaatkan sumber-sumber belajar, melayani perbedaan karakteristik pada siswa termasuk siswa yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  23. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Lesson study merupakan salah satu upaya perbaikan pembelajaran yang diadopsi dari Jepang. Menurut pendapat saya, lesson study menjadi salah satu metode yang tepat untuk mengungkap permasalahan-permasalahn pembelajaran serta mencari solusi untuk mengatasi-mengatasi masalah tersebut. Selain memperbaiki pembelajaran, menurut pendapat saya, lesson study juga efektif untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi guru, dibandingkan dengan pelatihan, training, atau penataran. Pelatihan, training, atau penataran sifatnya lebih teoritis, padahal masalah-masalah yang dihadapi selama pembelajaran sangatlah kompleks dan tidak sesederhana teori. Oleh karena itu, lesson study bisa menjadi salah satu program yang patut dipertimbangkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan artikel diatas, lesson study merupakan suatu proses mengkolaborasikan antar guru ke dalam grup kecil untuk merencanakan, mengobservasi, mengajar, dan meninjau kembali serta melaporkan hasilnya pada pengaplikasian di pengajaran individu. Lesson study dalam pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus dapat menjadi jalan indonesia untuk mengembangkan pendidikan matematika dan menciptakan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia. Dengan adanya lesson study, guru mempunyai kesempatan untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan, dan sekaligus merefleksikan. Selain itu, lesson study juga dapat menjadi suatu solusi untuk anak berkebutuhan khusus dengan memberikan perlakuan pedagogik yang tepat pada kegiatan belajar tertentu.

    ReplyDelete
  25. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Lesson study merupakan sebuah sarana untuk memperbaiki atau merefleksi kegiatan pembelajaran di kelas. Lesson study juga dapat dilakukan di kelas berkebutuhan khusus ini sangat baik dan penting sekali diterapkan dimana guru dapat melihat dengan jelas momen demi momen siswa berkebutuhan khusus belajar. Sehingga guru dapat terbantu untuk memahami tingkah laku, gerak gerik siswa saat belajar. Guru dapat belajar langsung dengan melihat bagaimana siswa berkebutuhan khusus belajar. Ini merupakas suatu refleksi yang sangat membantu guru. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Saya sependapat bahwa releksi dan komunikasi guru penting untuk perbaikan pembelajaran. Terlebih pembe;ajaran dimana ada siswa berkebutuhan khsuus disana. Tidak mudah memang membimbing siswa berkebutuhan khusus karena mereka memiliki keunikannya masing-masing. Perlu adanya komunikasi yang baik dengannya, memahami sifat dan karakternya, dan tahu sejauh mana kemampuannya mengikuti pembelajara. Saya sangat mengapresiasi apabila ada lesson study pada kelas yang ada siswa berkebutuhan khsuus. Studi ini akan sangat membantu guru dalam mengevaluasi pembelajarannya.

    ReplyDelete
  27. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Semua orang berhak memperoleh pendidikan tanpat terkecuali anak berkebutuhan khusus. Akan tetapi , perlu perlakuan yang berbeda dalam mengomunikasikan pembelajaran kepada siswa berkebutuhan khusus. Perlu metode khusus untuk memfasilitasi belajar mereka. Lesson study ini sagat bermanfaat untuk mengevaluasi atau mencari metode yang tepat untuk pengajaran pada anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  28. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Dalam pengajaran untuk kelas berkebutuhan khusus, kualitas guru perlu diperhatikan, karena guru memiliki peran utama dalam memberikan pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Salah satu cara untuk mengembangkan metode pembelajaran kebutuhan khusus karena pastilah pembelajaran akan sangat berbeda dengan kelas biasa pada umumnya. Lesson Study sangat membantu dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  29. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, Wr. Wb.
    Dalam pembelajaran matematika, siswa juga perlu dikembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas. Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Untuk itu, dengan lesson study guru dapat belajar bagaimana memberikan pembelajaran yang tepat dengan mengembangkan kemampuan siswa yang memiliki kebutuhan khusus ini.

    ReplyDelete
  30. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Telah disebutkan diatas jika beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus. Adanya masalah yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera. Sebagai soulusinya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  31. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Setiap anak bangsa di Indonesia mempunya hak yang sama yaitu memperoleh pendidikan yang layak. Terlebih lagi untuk anak bangsa berkebutuhan khusus. Lesson study merupakan salah satu cara untuk mencari solusi terbaik dalam rangka memenuhi kebutuhan para siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  32. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    PEP A S2 2019

    Assalamua'alaikum wr.wb
    Lesson Study berguna untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih kreatif dan inovatif untuk anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki kamampuan dan potensi yang berbeda dari anak lainnya. Dalam hal ini kehadiran guru sebagai fasilitator adalah untuk mengembangkan kemampuan dan potensi tersebut. Dengan adanya lesson study, diharapkan anak berkebutuhan khusus tidak merasa bahwa dirinya berbeda dengan teman yang memiliki fisik normal bahwasanya fisik bukanlah suatu alasan atau hambatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

    ReplyDelete
  33. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Lesson Study memang sangat berguna untuk mengembangkan pembelajaran matematika apalagi disesuaikan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Elemen dasar dari lesson study adalah kerja sama. Lesson study dapat diartikan sebagai kegiatan peningkatan dan dengan belajar dari guru. Karena keragaman kemampuan, potensi, dan kesulitan yang dialami oleh anak-anak berkebutuhan khusus, perkembangan pembelajaran tentunya membutuhkan lebih banyak perhatian daripada siswa pada umumnya.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Pembelajaran matematika bagi siswa berkebutuhan khusus tentunya tidak sama dengan siswa lain pada umumnya. Dan capaian hasil belajarnya pun juga akan berbeda. Oleh karena itu, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tentunya lebih istimewa dibanding dengan kelas-kelas biasa. Mengingat pentingnya pengembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, seperti yang disebutkan dalam UU, maka dibutuhkan suatu strategi bagi guru untuk saling mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakannya.
    Lesson study pada dasarnya merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Dimana pada lesson study ini dikembangkan rasa kerja sama antar guru untuk saling mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran dan kemudian mengkomunikasikannya dalam forum. Oleh sebab itu, pelaksanaaan lesson study bagi siswa berkebutuhan khusus pada pembelajaran matematika sangat dibutuhkan agar terjadinya perbaikan pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Siswa yang berkebutuhan khusus seharusnya memiliki perlakuan khusus pada proses pembelajaran. Anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam matematika tidak akan dapat mengikuti teman-teman yang lainnya. Guru harus kreaif dan inovatif dalam mengajarkan konsep matematika terhadap anak tersebut. Agar anak tersebut dapat mengikuti siswa lain.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Peningkatan kemampuan dan profesionalisme guru harus selalu ditingkatkan. Tujuan dari pelaksanaan lesson study adalah untuk mencari dan menemukan cara-cara mengajar dalam proses pembelajaran yang efektif bagi anak berkebutuhan khusus. Secara lebih spesifik lagi guru Sekolah Luar Biasa/pendidikan khusus dituntut mempunyai kemampuan yang lebih karena kondisi dari peserta didik yang mempunyai keberagaman baik dari sisi hambatan maupun potensi yang dapat digali. Berkenaan dengan tahapan dalam Lesson Study khususnya pada pendidikan anak berkebutuhan khusus, dijumpai beberapa langkah-langkah. Menurut Wikipedia (2007) bahwa Lesson Study dilakukan melalui empat tahapan dengan menggunakan konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA). Sementara itu, Slamet Mulyana (2007) mengemukakan tiga tahapan dalam Lesson Study, yaitu : (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do) dan (3) Refleksi (See).
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  37. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Selamat kepada UNY yang telah mengembangkan lesson study untuk anak berkebutuhan khusus. Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study akan membuka peluang keberhasilan dalam pembelajaran, karena dengan model Lesson Study diharapkan ada peluang untuk membangun jaringan pendidikan atau jaringan pembelajaran yang lebih luas. Di dalam Lesson Study bukan guru saja yang tahu kelemahan, kekurangan, dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran. Tujuan utama Lesson Study adalah untuk 1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana proses pembelajaran, 2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, 3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, 4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Karena pentingnya lesson study, maka diharapkan layanan pendidikan matematika untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan.

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Anak berkebutuhan khusus memang perlu dilakukan karena semua manusia berhak mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama. Metode atau strategi atau model pembelajaran untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus pastinya memerlukan cara yang khusus dan tidak dapat hanya melibatkan satu guru. oleh karena itu, diperlukan Lesson study merupakan salah satu upaya meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan dan berkelanjurakn oleh sekelompok guru.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Berdasarkan wawancara dengan salah satu dosen matematika di Cirebon, masih ditemukan kendala dalam melakukan pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Salah satu kendala yang dialami dosen tersebut adalah mengalami kesulitan dalam menjelaskan soal UN untuk anak berkebutuhan khusus. Hal ini perlu dikaji lebih dalam dan mendiskusikan bersama mengenai kesulitan tersebut.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete