Feb 12, 2013

Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)




Oleh: Marsigit

Kita perlu mengucapkan selamat kepada Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008.
Tema kegiatan tersebut adalah Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Seperti kita ketahui bahwa salah satu Key Note Spaker yang diundang pada acara tersebut adalah Prof. Hideo Nakata Ph.D dari Center of Research and International Collaboration and Education Development (CRICED) Tsukuba Jepang. Jika kita cermati maka kiranya yang akan dibidik oleh penyelenggara adalah bagaimana memanfaatkan pendekatan Lesson Study untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus.
Seperti kita ketahui bersama bahwa Lesson Study (Jugyo Sinkekyu) sudah ratusan tahun dikembangkan di Jepang dan sekarang telah tersebar keseluruh Dunia, merupakan suatu pendekatan multi-level untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson Study yang dikembangkan oleh CRICED sejak tahun 2004 paling tidak untuk 2 (dua) bidang yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Luar Biasa. Tetapi sekarang sudah mulai dicoba untuk mata pelajaran yang lain. Unsur dasar Lesson Study adalah kerja sama; baik kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan unsur dasar ini maka Lesson Study memunyai berbagai manfaat misal: untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Kerjasama dikembangkan dengan dilandasi keterbukaan diri guru untuk melakukan refleksi dan komunikasi proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Tentu hal demikian akan berbeda dampaknya jika yang kita pikirkan selalu penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Dosen dalam hal tertentu berperan sebagai eksternal observer atau sebagi nara sumber untuk pembahasan aspek-aspek pembelajaran yang muncul.
Di sisi lain kita mempunyai landasan yang cukup kuat untuk mengembangkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Seperti yang disebut di dalam UU No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 ayat (1) bahwa Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, ayat (2) bahwa Pendidikan layanan khusu merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi. Mengingat beragamnya kemampuan, potensi dan kesulitan yang dialami anak berkebutuhan khusus, maka adalah logis bahwa pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian. Dalam hubungan dengan masalah tersebut itulah kiranya Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.
Sementara itu Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus seperti juga terjadi jika mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Masalah lain yang berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Untuk itu Torey Hayden (2004) menyarankan agar guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.
Jika kemudian guru melakukan atau melaksanakan apa yang disarankan oleh Torey Hayden tersebut tentu dapat mengajukan sebuah pertanyaan apakah memang demikianlah solusinya? Tiadalah suatu solusi yang lainnya atau sebetulnya bagaimanakan perlakuan pedagogik yang lebih tepat untuk suatu kegiatan belajar tertentu dari anak berkebutuhan khusus? Di sinilah peran sebuah Lesson Study, suatu peran jika kita menganggap bahwa Lesson Study juga merupakan kegiatan penelitian (research) pendidikan. Lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan. Guru atau kelompok guru dalam MGMP dapat sepakat melakukan observasi pembelajaran dari seorang guru yang dipilih sebagai guru model. Kegiatan observasi bermanfaat untuk mencatat segala aspek pembelajaran dengan maksud untuk memperoleh manfaat untuk perbaikan pembelajaran berikutnya. Oleh karena itu hasil-hasil Lesson Study dapat bermanfaat untuk perbaikan kurikulum (KTSP) dan silabusnya, buku teks pelajaran, serta sumber-sumber pembelajaran yang lainnya.
Berdasarkan studi diberbagai negara Jepang, Australia, Thailand, maka Lesson Study pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Tetapi jika dikehendaki untk mengembangkan komunikasi antar guru dalam atau antar MGMP atau sekolah lain dan juga Universitas, maka dapat dilaksanakan Cross-School Lesson Study. Lesson Study yang lebih luas cakupannya baik tingkat kabupaten, propinsi atau satu negara disebut Cross-District Lesson Study. Dewasa ini telah dikembangkan kerjasama internasional untuk pelaksanaan Lesson Study pada berbagai negara secara serempak. Criced (Tsukuba, Jepang) bekerjasama dengan CRME (Khon Kaen, Thailand) dengan sponsor negara-negara yang tergabung di dalam APEC, menyelenggarakan Konferensi Internasional 2 (dua) kali dalam satu tahun untuk merepresentasikan hasil-hasil Lesson Study di bidang pembelajaran matematika untuk negara-negara APEC.
Dengan akan diselenggarakannya Workshop dan Simposium Internasional, 23 -25 Agustus 2008 oleh Jurusan PLB, FIP UNY, tentang Lesson Study Lesson Study dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus maka diharapkan layanan pendidikan matematika dan juga bidang lainnya untuk anak berkebutuhan khusus dapat dikembangkan secara inovatif sesuai dengan tuntutan profesionalitas pendidikan. Selamat buat Prodi PLB atas langkah besarnya menyelenggarakan ivent internasional. Semoga sukses. Amien. (Penulis adalah Peneliti Ahli tentang Lesson Study untuk negara-negara APEC dan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY)

57 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Lesson Study demikian sering disebut sebagai School-Based Lesson Study. Lesson study tidak hanya memperhatikan pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau satu pokok bahasan saja, melainkan bagaimana membelajarkan satu unit materi pokok dan bahkan bidang studi, dan juga memperhatikan perkembangan siswa dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  2. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Lesson study untuk siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika dirasa sangat tepat dilakukan karena seperti yang diungkapkan di atas bahwa masalah terbesar dalam pengajaran terletak pada pedagogik guru. Sehingga melalui lesson study harapannya mampu menjadi suatu langkah awal dalam usaha memperbaiki kualitas pendidikan, khususnya bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus yang memang perlu penanganan khusus serta perhatian lebih dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Perencanaan bisa dilakukan oleh guru secara pribadi, bisa juga direncanakan melalui musyawarah dalam suatu forum formal maupun non formal. Perencanaan dengan musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dibandingkan perencanaan secara sendiri, karena dengan musyawarah dapat menambah referensi mengenai metode yang cocok dalam pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Bagi siswa berkebutuhan khusus pasti memerlukan metode yang berbeda dibandingkan dengan siswa normal. Tentunya pengembangan pembelajaran bukan hanya bagi siswa normal tetapi siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan bahkan lebih memerlukan. Salah satu hal yang bisa dikembangkan yaitu lesson study. Sehingga lesson study tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan guru melalui diskusi, wadah untuk saling berbagi dan saling belajar

    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Lesson study untuk anak berkebutuhan khusus merupakan hal yang baik. Hal ini karena bisa digunakan sebagai acuan guru lain dalam mengajar pada anak berkebutuhan khusus. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki kriteria sendiri-sendiri dalam usaha belajar mereka. Ini bisa digunakan sebagai langkah awal dalam usaha untuk memajukan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Lesson Study muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Kegiatan lesson study juga dapat digunakan berbagai metode, strategi, atau pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi oleh guru. Dalam hal ini, masalah yang dihadapi guru adalah bagaimana memfasilitasi siswa berkebutuhan dalam belajar matematika. Melalui lesson study ini, guru dapat berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana membelajarkan matematika sehingga semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus dapat terfasilitasi dan mampu untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan dan pengembangan profesi pendidik caranya melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan didasarkan atas prinsip-psrinsip kolegalitas atau kerjasama satu dengan yang lain untuk membangun komunitas belajar. Jadi dengan lesson study guru dapat mengembangkan kinerjanya dengan mengobservasi dan mengkritisi sendiri pembelajarannya diukur dengan sesamanya sehingga pemahaman tentang profesi keguruan menjadi luas. Karna berkelanjutan perbaikan ini saya kira dapat konsisten dan sistematis sehingga ini baik untuk guru dan baik pula untuk peserta didik yang menjadi obyek bagi guru.

    ReplyDelete
  7. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Lesson Study hadir sebagai salah satu alternatif solusi terbaru yang dapat dilakukan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran. Lesson study yang juga merupakan suatu kegiatan penelitian pendidikan akan lebih mempermudah dan memberi kesempatan bagi guru-guru untuk dapat memdiskusikan persiapan pembelajaran, meimplementasikan sekaligus merefleksikan, hal ini sangatlah bagus karena dari situ guru-guru dapat mengetahui metode apa yang terbaik dalam pembelajaran di kelas satu dan yang lainnya sehingga guru dapat memiliki inovasi-inovasi baru.

    ReplyDelete
  8. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Peran lesson study menjadi sangat bermanfaat karena dalam implementasinya guru diberikan waktu untuk melakukan observasi pembelajaran, kemudian mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan lalu merefleksikan proses pembelajaran yang sudah berlangsung, dengan begini diharapkan lesson study bisa melatih guru menjadi guru yang profesional dalam artian guru pada akhirnya mampu menemukan tindakan yang tepat, dan optimal dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa yang berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  9. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan artikel di atas, dikatakan bahwa lesson Study sebagai suatu penelitian akan memberi kesempatan bagi guru untuk mendiskusikan persiapan pembelajaran, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan, sehingga matang dalam persiapan pembelajaran. Berdasarkan studi diberbagai negara, maka pelaksanaan Lesson Study dapat bervariasi. Jika yang dikehendaki adalah perbaikan pembelajaran beserta persiapan (RPP) serta pemahaman kurikulum, maka Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber.

    ReplyDelete
  10. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru, bukan penataran, training atau pelatihan yang lain yang bersifat menggurui guru. Manfaatnya banyak sekali, yakni untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengembangkan potensi dan melayani kebutuhan belajar siswa, untuk mengembangkan berbagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran, dsb. Dan hal ini juga bisa dimanfaatkan bukan hanya bagi siswa normal tetapi juga berkebutuhan khusus dengan cara pengembangan pembelajaran sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. Hal penting lainnya yang perlu diterapkan dalam pengembangan tersebut adalah dengan memberikan perhatian lebih pada pembelajaran, guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.

    ReplyDelete
  11. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dalam membimbing dan melayani anak berkebutuhan khusus yang memiliki kemampuan, potensi dan karakteristik yang berbeda, maka pengembangan pembelajarannya tentu lebih memerlukan perhatian yang lebih agar pembelajaran dapat kreatif dan inovatif, mengingat mereka mempunyai kebutuhan yang khusus dari anak-anak lainnya. Sehingga perlu adanya Lesson study untuk meningkatkan kualitas dari guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya program lesson study tersebut seorang anak berkebutuhun khusus tidak merasa bahwa dirinya berbeda dari temannya yang memiliki fisik yang normal, karena sesungguhnya anak yang berkebutuhan khusus itu juga memiliki potensi, bakat, dan kemampuan yang luar luar biasa bahkan ada juga yang melebihi kemampuan anak normal pada umumnya.

    ReplyDelete
  12. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Pembelajaran matematika untuk siswa berkebutuhan khusus haruslah disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Sebagai kegiatan penelitian, lesson study dapat mempermudah dan memberi kesempatan kepada para guru untuk mempersiapkan pembelajaran sekaligus merefleksi apa yang telah diberikan, sehingga guru dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang memberikan manfaat bagi siswa mengikuti proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Nauqi Aprilia Putri
    13301241023
    Pendidikan Matematika A 2013

    Sangat diperlukannya adanya Lesson Study yang memberikan manfaat untuk kemajuan siswa, dengan perbaikan persiapan pembelajaran maupun dalam perbaikan pembelajaran yang akan dilakukan berikutnya. Kegiatan observasi yang dilakukan bermanfaat untuk perbaikan kurikulum, sehingga akan terus diperbaiki kurikulum – kurikulum yang diterapkan. Menurut saya, Indonesia dapat menerapkan Lesson Study ini untuk perbaikan pembelajaran tanpa mengganggu target kurikulum.
    Dengan adanya Lesson Study maupun penelitian, maka guru dapat mencoba mengetahui apa yang ada di dalam benak siswa.

    ReplyDelete
  14. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Lesson study untuk siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika dirasa sangat tepat dilakukan karena seperti yang diungkapkan di atas bahwa masalah terbesar dalam pengajaran terletak pada pedagogik guru.Lesson study tidak hanya memperhatikan pembelajaran untuk satu kali pertemuan atau satu pokok bahasan saja, melainkan bagaimana membelajarkan satu unit materi pokok dan bahkan bidang studi, dan juga memperhatikan perkembangan siswa dalam jangka panjang.

    ReplyDelete
  15. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan adanya program lesson study tersebut seorang anak berkebutuhun khusus tidak merasa bahwa dirinya berbeda dari temannya yang memiliki fisik yang normal, karena sesungguhnya anak yang berkebutuhan khusus itu juga memiliki potensi, bakat, dan kemampuan yang luar luar biasa bahkan ada juga yang melebihi kemampuan anak normal pada umumnya. Sehingga melalui lesson study harapannya mampu menjadi suatu langkah awal dalam usaha memperbaiki kualitas pendidikan, khususnya bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus yang memang perlu penanganan khusus serta perhatian lebih dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  16. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Lesson study baik untuk dilaksanakan. Mengingat proses pembelajaran memerlukan perbaikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai. Lesson studi bagi anak berkebutuhan khusus memang perlu, mengingat anak berkebutuhan khusus memiliki cara pengajaran yang berbeda dibandingkan dengan anak biasa.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  17. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Bagi para guru pendidik anak-anak berkebutuhan khusus, mengajarkan matematika dan penjas menjadi hal yang berat, sehingga pada tahap persiapannya akan difokuskan pada bagaimana menggarap lesson study yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kebutuhan masing-masing peserta didik. Bagaimana guru di berikan kesempatan dalam mempersiapkan pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada pemenuhan tujuan pembelajaran sekalipun anak memiliki keterbatasan. Tentunya kreatifitas dan inovasi dari guru yang sangat di perlukan.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Anak-anak berkebutuhan khusus tentunya membutuhkan metode pengajaran yang bersifat khusus pula. Namun di dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus, apapun metode khusus yang akan anda terapkan ada satu hal yang harus selalu ada dalam diri pendidik, apakah itu, yakni sikap dan sifat sabar. Apapun metode dan strategi yang akan diterapkan, kalau tidak sabar dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, maka ilmu yang kita berikan hanya akan menjadi sambi lalu saja. Anak yang berkebutuhan khusus tentunya perlu diberi ruang dan waktu yang lebih dalam memahami suatu konsep. Maka bagi para pendidik, apapun metode yang akan anda berikan, janganlah melupakan satu hal tersebut yakni sikap sabar.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan untuk memberikan kontribusinya kepada negara di kedepannya tidak terkecuali anak yang berkebutuhan khusus. Perlu adanya lesson study dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif bagi anak berkebutuhan khusus. Adanya lesson study, maka guru telah menanamkan pondasi belajar pada anak yang berkebutuhan khusus, untuk termotivasi dalam hal belajar. Sehingga guru juga diharapkan meningkatkan profesionaismenya dalam mengajar, terutama mengajar anak berkebutuhan khusus yang butuh perhatian lebih.

    ReplyDelete
  20. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Pendidikan merupakan hak semua warga negaranya tanpa terkecuali. Hak pendidikan tidak membedakan derajat, kondisi ekonomi ataupun kelainannya. Semua berhak memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas. Contohnya anak-anak yang berkebutuhan khusus, mereka pun juga mempunyai hak untuk memperoleh pengetahuan yang sama seperti anak-anak lainnya. Sesuai dengan paparan Prof. Marsigit salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok dengan pendidikan inklusi adalah lesson study.

    ReplyDelete
  21. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Lesson study merupakan pendekatan yang cocok bagi anak berkebutuhan khusus karena lesson study memungkinkan guru memikirkan dengan cermat tentang tujuan pembelaajaran yang akan dicapai terutama pada pendidikan anak inklusi, kemudian memberikan kesempatan guru mengembangkan pembelajaran yang terbaik yang dapat dikembangkan, serta lesson study mengkaji tujuan jangka panjang yang akan dicapai berkaitan dengan karakteristik siswa inklusi.

    ReplyDelete
  22. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson study memberikan kesempatan untuk guru melakukan refleksi proses pembeajaran. Seringkali guru kesulitan untuk melihat kemampuannya sendiri, bagaimana metode yang telah diterapkan, keterlaksanaan RPP yang telah dirancang, dan bagaimana proses pembelajaran ke depan dapat lebih berkembang dan lebih baik. Dengan lesson study guru dapat saling belajar terkait kemampuan pedagogik seorang guru, metode pembelajaran, dan lain sebagainya. Lesson study juga dapat dipandang sebagai suatu penelitian yang dengannya dapat menjawab berbagai permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Lesson study?
    In my opinion, lesson study is great alternative to improve education in Indonesia. As we have known, Indonesia often change curriculum of education that means each teacher must be ready to receive and apply new curriculum. Lesson study is very useful for it. If in japan, lesson study is used by teacher, that means lesson study is very great, right? I ever came to school of "special children" two years ago. In that school. I saw mute children, deaf, and autism. I absolutely agree with Torey Hayden statement about teaching technical for "special children". Teacher in that school, had been used technical like Torey Hayden statement. One of the way to get there is with lesson study. Lesson study is very important to teach "special children". That is my opinion and I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    To my mind, lesson study is a unit of instructions which are set for a group of people who have the same need. basing on the definition, lesson study must be prepared with care and fairness because once there are some harmful techniques and approaches it impacts on the furture of learner's mathematics knowledge. there are necessary componnents that should appear in any lesson study, aids, needs based approaches, resources, ways of motivation for both teachers and learners. etc once the teacher understand the lesson study, it is then easy for him/her to transfer the content of it to the students.

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus memang harus diberikan perhatian lebih, apalagi dalam mempelajari matematika tentunya tidak bisa kita menerapkan pembelajaran yang sama dengan peserta didik pada umumnya. Pendidikan Khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Maka dengan adanya Lesson Study ini sangat membantu dan bermanfaat karena Lesson Study menawarkan suatu solusi jangka menengah dan jangka panjang untuk memperoleh suatu pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  26. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Lesson Study memiliki berbagai manfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru, kualitas pembelajaran, mengembangkan potensial siswa, dan mengembangkan berbagai sarana belajar terutama bagi anak-anak yang memiliki kemampuan khusus . Studi pelajaran yang sangat bermanfaat bagi peningkatan pendidikan, saya berharap studi pelajaran tidak hanya diterapkan pada anak-anak yang memiliki kemampuan khusus, tetapi juga untuk semua peserta didik dan tidak hanya diaplikasikan dalam pendidikan matematika tetapi juga dalam subjek lainnya.

    ReplyDelete
  27. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Saya setuju apabila Lesson Study dikembangkan di berbagai disiplin ilmu pengetahuan di bernagai negara karena dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, misalnya matematika. Lesson Study juga dapat membantu semua pihak yang berhubungan dengan pendidikan untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu contohnya yaitu dengan merefleksi diri, guru dapat meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, melayani kebutuhan belajar siswa, dan meningkatkan sarana belajar misalnya alat peraga. Dengan demikan, siswa baik berkebutuhan khusus ataupun siswa biasa dapat mengikuti pembelajaran matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  28. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika. Untuk mengatasinya seharusnya Guru perlu berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera.

    ReplyDelete
  29. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Masalah berkaitan dengan kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri. Hal ini bisa diatasi dengan penanganan yang tepat sesuai persoalan yang terjadi.

    ReplyDelete
  30. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    saya sangat tertarik dengan yang namanya lesson study, lesson study itu mirip dengan micro teaching saaat kuliah di pendidika matematika, namun di lesson study siswa nya asli siswa sekolah, bukan teman kita sendiri, dan lesson study sama seperti micro teaching, karen asetelah mengajar mendapatan masukan sebagai refleksi, saya terrtarik dengan lesson study karena dengan lesson study kit abisa melihat dan mengethaui kemampuan praktek mengajar, dengan mengetahui kemampuan mengeatr kita membuat kita dasar, jika kemampuan kita masih kurang bisa menjadi motivasi untuk berkarya dan menadi yang lebih baik, namun jika sudah baik, bisa menjadi pelahjaran dan motivasi bagai guru-guru lain yang observasi. dan lesson study menjadi ajang silaturahim para pendidik dan bisa saling sahring-sharing.

    ReplyDelete
  31. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Siswa berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Hanya saja mereka membutuhkan metode pembelajaran yang berbeda dengan siswa pada umumnya. Pembelajaran ini tentu membutuhkan keahlian khusus seorang guru. Sehingga dengan ada diskusi tentang pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, maka pembelajaran untuk siswa yang berkebutuhan khusus akan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  32. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Lesson Study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari dan oleh guru. Lesson Study memiliki banyak manfaat, termasuk di dalamnya adalah untuk perbaikan kualitas pembelajaran dan perbaikan sumber-sumber pembelajaran. Lesson study juga bermanfaat meningkatkan profesionalisme guru dan melayani kebutuhan belajar siswa. Lesson study untuk siswa berkebutuhan khusus sangat baik untuk dikembangkan untuk membantu mereka dalam kesulitan memecahkan masalah matematika. Untuk itu, guru harus bisa memilih strategi yang baik dan sederhana agar siswa berkebutuhan khusus lebih mudah memahami matematika dan memecahkan masalah matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Lesson study dapat diartikan sebagai refleksi dan perbaikan kegiatan pembelajaran dari guru dan oleh guru. Pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus diatur di dalam undang-undang, hal itu berarti para siswa berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pelayanan pendidikan secara layak. Matematika sekolah termasuk untuk siswa berkebutuhan khusus lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih mengeksplor tentang matematika. Permasalahannya adalah bagaimana menyajikan matematika sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus. Salah satu solusinya adalah dengan diadakannya lesson study, sebagai perbaikan pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus.

    ReplyDelete
  34. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Lesson study adalah salah satu cara yang dilaksanakan oleh guru untuk melakukan pendekatan pembelajaran secara kolaboratif, dengan merancang langkah-langkah pokok pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, siswa dijadikan pusat pembelajaran. Setiap aktivitas yang dilakukan siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. Tahapan yang perlu dilakukan untuk menerapkan lesson study yang pertama adalah membuat perencanaan pembelajaran, kemudian dilaksanakan dan terakhir adalah diberi refleksi.

    ReplyDelete
  35. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Lesson Study dapat dilakukan oleh seorang guru dengan bekerja sama dengan guru yang lain dan mengundang seorang dosen sebagai nara sumber. Penekanan disini Lesson study untuk siswa berkebutuhan khusus dalam belajar matematika dirasa sangat tepat dilakukan karena seperti yang diungkapkan di atas bahwa masalah terbesar dalam pengajaran terletak pada pedagogik guru.Terus dikembangkan mengingat ini masalah serius khususnya bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus yang memang perlu penanganan khusus serta perhatian lebih dalam belajarnya.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  36. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Selama pendidikan masih ada, maka selama itu pula masalah-masalah tentang pendidikan akan selalu muncul dan orang pun tak akan henti-hentinya untuk terus membicarakan dan memperdebatkan tentang keberadaannya, mulai dari hal-hal yang bersifat fundamental-filsafiah sampai dengan hal–hal yang sifatnya teknis-operasional. Sebagian besar pembicaraan tentang pendidikan terutama tertuju pada bagaimana upaya untuk menemukan cara yang terbaik guna mencapai pendidikan yang bermutu dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang handal, baik dalam bidang akademis, sosio-personal, maupun vokasional.

    ReplyDelete
  37. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered), dan secara keseluruhan hasilnya dapat kita maklumi yang ternyata tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa.

    ReplyDelete
  38. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Untuk merubah kebiasaan praktik pembelajaran dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran yang berpusat kepada siswa memang tidak mudah, terutama di kalangan guru yang tergolong pada kelompok laggard (penolak perubahan/inovasi). Dalam hal ini, Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  39. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP 2016 Kelas A
    Lesson Study merupakan pembaharuan dalam proses pembelajaran. semestinya para guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran. namun kenyataanya tidak demikian, lesson study belum membudaya dikalangan guru dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  40. Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A 2016
    Perubahan demi perubahan sering dilakukan agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan. Lesson study salah satu cara yang dilakukan dalam proses pembelajaran mencapai tujuan. hal utama yang paling penting adalah memberikan pemahaman kepada guru-guru mengenai konsep lesson study. setelah paham,tentunya diiringi dengan bagaimana melaksanakannya di dalam pembelajaran. setelah guru mampu melaksanakan, barulah pembiasaan dilakukan. sehingga diharapkan guru-guru dapat mempraktekkan lesson study dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  41. Miftahur Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A 2016
    Pentingnya lesson study dilaksanakan dalam pembelajaran, tentunya tidak terkecuali diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus. malahan ini fokus penting yang harus diutamakan dan diperhatikan oleh para guru. bagaimana guru merancang pembelajaran dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran sampai walaupun ditujukan kepada anak yang berkebutuhan khusus. Lesson study sangat dibutuhkan pada pembelajaran khususnya anak yang berkebutuhan khusus. Harapan lesson studi dapat membudaya di ndonesia, agar perubahan pada pembelajaran menjadi lebih baik daris ebelumnya.

    ReplyDelete
  42. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Proses pembelajaran yang baik tidak hanya diterapkan pada pendidikan formal pada umumnya saja, anak berkebutuhan khusus juga memiliki kesempatan yang sama untuk memeperoleh proses pembelajaran yang inovatif dan lebih baik. Tujuannya bukan semata mata untuk satu atau dua komponen saja, melainkan mewujudkan tujuan pendidikan Indonesia, mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Adanya lesson study, di Indonesia jika diperhatikan, dan dipertahankan maka tak menutupi bahwa hal tersebut dapat menjadi langkah yang positif membenahi peran guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang baik,

    ReplyDelete
  43. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dalam artikel di atas dipaparkan beberapa permasalahan belajar matematika bagi anak berkebutuhan khusus. Masalah yang sering terjadi seperti mempelajari materi yang lainnya berkisar pada pemanfaatan dan mengolah informasi matematika, menggunakan informasi yang berkaitan dengan matematika, mengingat beberapa pengertian atau prosedur matematika, mencari hubungan dan menggunakan matematika.
    Masalah terkait materi tentunya dapat diatasi dengan kreatifitas guru dalam pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus juga memerlukan perhatian khusus, karena setiap anak memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan.

    ReplyDelete
  44. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Selain masalah terkait materi, masalah lain yang pasti ada pada anak berkebutuhan khusus adalah kendala fisik atau yang lainnya, dapat berasal dari kemungkinan mereka tidak dapat membaca dengan baik, tidak mengerti arti atau maksud lambang atau simbol matematika, tidak dapat berkonsentrai atau fokus dan tidak dapat mengendalikan diri.
    Maka, guru harus lebih berfokus pada hal-hal inti, menggunakan langkah dan strategi yang sederhana dan jelas, selalu memberi dan merencanakan bantuan baik secara lisan, tertulis atau visual, pembelajaran berdasar konteks yang ada dan mengaitkan dengan benda konkrit, melakukan pengulangan-pengulangan, serta melayani kebutuhan penunjang belajar di kelas dengan segera. Lesson study adalah salah satu solusi.

    ReplyDelete
  45. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Sebuah langkah besar dimana pemeblajaran lesson study mulai dilirik oleh pendidikan Indonesia. Apa lagi yang perlu diapresiasi adalah anak berkebutuhan khusus yang enjadi sasarannya. Karena pendidikan merupakan hak setiap anak maka keadilan tersebut juga berlaku untuk anak berekebutuhan khusus, sehingga semua negara bisa menerapkan "no child left behind".

    ReplyDelete
  46. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pend Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Yang ingin saya tanyakan dari tulisan ini adalah apakah School Based Lesson Study sudah pernah dilaksanakan di Indonesia atau belum?
    Menurut saya, lesson study ini sangat membantu pengembangan proses pembelajaran di sekolah karena para guru dapat bertukar informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Lesson study ini juga akan membantu mengembangkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus.
    Kemudian yang ingin saya tanyakan lagi adalah apakah Lesson study ini juga dilaksanakan untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil?

    ReplyDelete
  47. Saya sampaikan selamat kepada Program Studi PLB Fakultas Ilmu Pendidikan UNY yang telah menyelenggarakan Workshop dan Simposium Internasional pada 23 -25 Agustus 2008 dengan tema kegiatan Lesson Study dalam Kaitannya dengan pembelajaran matematika dan Penjas Adapted untuk anak berkebutuhan khusus. Lesson study merupakan upaya membiasakan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran secara terencana dan sistematis untuk mendapatkan feed back dari rekan guru lainnya. Hal ini berguna untuk senantiasa mengevaluasi setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan begitu, guru akan termotivasi untuk berusaha mengupgrade serta memperbaiki kekurangan-kekurangan selama pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai ialah peningkatan mutu pendidikan seiring meningkatnya profesionalisme guru dalam menangani anak yang berkebutuhan khusus melalui pelaksanaan lesson study.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  48. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kegiatan Lesson Study sangat berguna untuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Karena kualitas pembelajaran dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas para pendidik dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat apabila dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan sehingga para guru dapat memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan bagaimana cara untuk membelajarkan siswa selama di kelas. Lesson study merupakan kegiatan kolaborasi para guru yang di dalamnya terdapat beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, dan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, antara lain guru, kepal sekolah, dosen, dan lain-lain sehingga semua pendidik berkumpul menjadi satu untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi di lapangan dan diharapkan dapat memecahkan/ menentukan solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang dijumpai pada saat proses pembelajaran di kelas sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  49. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Lesson study dapat dipandang sebagai kegiatan perbaikan pembelajaran dari oleh guru. Permasalahan yang banyak terjadi selama ini adalah bagaimana mengatasi masalah praktek pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan yang akan membangun learning community

    ReplyDelete
  50. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Praktek pembelajaran yang telah lama dilakukan di Indonesia cendrung dilakukan secara konvensional, yaitu melalui ceramah dalam kelas atau komunikasi oral. Model seperti lebih menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher centered) daripada bagaimana siswa belajar (student centered). Untuk mengubah paradigma ini memang tidaklah mudah, dan lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk mendorong perubahan pola pembelajaran kea rah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  51. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY


    Lesson study dapat juga digunakan sebagai untuk mengembangkan pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus agar sesuai dengan karakteristik anak tersebut. Guru dapat melakukan persiapan, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan pembelajaran sehingga diharapkan guru dapat memberikan pelayanan terbaik bagi anak berkebutuhan khusus yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  52. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Lesson study dapat juga digunakan sebagai untuk mengembangkan pembelajaran matematika untuk anak berkebutuhan khusus agar sesuai dengan karakteristik anak tersebut. Guru dapat melakukan persiapan, mengimplementasikan dan sekaligus merefleksikan pembelajaran sehingga diharapkan guru dapat memberikan pelayanan terbaik bagi anak berkebutuhan khusus yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  53. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY


    Saya sangat setuju apa yang disampaikan Ebutt and Straker dari wacana diatas bahwa matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukansemata-mata sebagai suatu an-sich tetapi juga sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar konsep, melakukan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing, menyelesaikan permasalahan matematika dan mengkomunikasikan hasilnya kepada teman dan guru.

    ReplyDelete
  54. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Lesson study merupakan sarana pembenahan proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Unsur utama dalam lesson study adalah kerja sama yang baik; kerja sama sesama guru, kerjasama guru dengan dosen maupun kerjasama antar instansi seperti sekolah, universitas, MGMP ataupun Dinas Pendidikan. Dengan proses lesson study, semua pihat yang terkait dengan proses pembelajaran dapat memberi masukan dalam rangka perbaikan proses belajar, karena semua pihat terkait bisa mengobservasi dan mengevaluasi kegiaatan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LINA
      16701261022
      PEP-A/2016

      Karena prinsip dari lesson study adalah melakukan pembenahan berdasarkan data empiris dan masukan dari lapangan yang didapat dari observasi langsung, maka setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan ini hendaknya membuka dirinya untuk mau menerima masukan dari partner lainnya. Masukan dan saran yang diperoleh hendaknya bisa digunakan sebagai bahan perbaikan dalam proses belajar mengajar.

      Delete
  55. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Kegiatan lesson study bagi anak berkebutuhan khusus sangat penting dilakukan. Hal ini disebabkan karena permasalahan anak berkebutuhan khusus dalam belajar bersifat sangat kompleks dan heterogen, tidak seperti permasalahan yang dimiliki anak normal pada umumnya. Oleh karena itu, observasi secara mendetail terhadap proses belajar ABK akan menjadi sumber masukan yang signifikan dalam rangka perbaikan proses belajar bagi mereka.

    ReplyDelete
  56. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    "Ebutt and Straker (1995) mendefinisikan matematika sekolah termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bukan semata-mata sebagai suatu ilmu an-sich tetapi lebih sebagai kreativitas dan kegiatan sosial yang memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mencari pola-pola atau hubungan antar satu konsep dengan konsep yang lain, melakukan kegiatan investigasi sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, mencoba menyelesaikan permasalahan matematika, dan mengomunikasikan hasil-hasilnya kepada teman atau guru baik secara lisan maupun tertulis. "
    Saya sangat stuju dengan pendapat dua pakar ini. Matematika yng diajarkan kepada anak berkebutuhan khusus adalah matematika yang dapat membantu meningkatkan life skill mereka, membantu membentuk kemandirian bagi mereka, dan bukan matematika sebagai ilmu saja.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id