Feb 12, 2013

Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Followings are problems identified by the Participants of Technical Guidance to Prepare International Class for Secondary Mathematics, National Department of Education, Indonesia.
Venue: Hotel Sahid, Yogyakarta, Indonesia, Day/date: Sunday November 23, 2008

1. Slamet Mulyadi, SPd (SMPN14 Ambon, Maluku)
- Communication in English
2. B. Ginanto, Drs (SMP N3 Purworejo, Central Jawa)
- How to asses the success of teaching learning process
- How to implement classroom-based assesment
3. Sukamti, SPd (SMPN5 Sragen Central Jawa)
- How to promote motivation
- How to involve students participation
4. Puji Astuti, SPd (SMPN1 Surakarta Central Jawa)
- How to set up scenario for students activities
- How to develop student worksheet?
5. Laminto, Drs (SMPN1 Sukoharjo Central Jawa)
- How to promote student's appreciation to others students' works
- How to develop time allocation
6. Regina Sandehang, SPd (SMPN1 Bitung North Sulawesi)
- How to promote student centered teaching learning
7. Suyono, SPd (SMPN1 Bireuen Aceh)
- The extent of the influences of ICT toward the students competencies
- How to promote teaching learning in which the students enjoy
8. Furnaningtyas, SPd (SMPN2 Penajam East Kalimantan)
- How to improve the results of the summative test
- Hoe to prepare and to implement pre-test and post test?
9. Lis Suharyani, SPd (SMPN1 Metro Lampung)
- The dilemma between finishing the curriculum and emphasizing the process of teaching learning?
10. Hasman, SPd Ing (SMPN 14 Ambon, Maluku)
- In the case of English, the teacher should improve pronounciation skill
11. Martutwuri Handayani SPd (SMPN1 Magelang, Central Jawa)
- How to develop ICT in teaching learning
- The weakness of peer teaching activities
12. Arie Wahyuningsih, SPd (SMPN 2 Temanggung, Central Jawa)
- The dilemma between teacher centered and students centered
- How to make in balance between students freedom to express their ideas and student freedom to do whatever they like.
Supervisor: Marsigit

34 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Mempersiapkan pembelajaran matematika menuju kelas Internasional memang membutuhkan perjuangan sungguh. Pada tahun 2008 banyak diadakan pelatihan untuk guru-guru, dan juga permasalahan yang dialami oleh guru pada tahun itu telah dipaparkan, di antaranya: kesulitan mengenai student centered dan teacher centered, dan mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Seiring berjalannya waktu, hingga tahun ini kurikulum 2013 diberlakukan dengan pendekatan scientific dan berorientasi pada siswa, guru pasti sudah paham mengenai student center dan teacher center. Meskipun banyak terjadi di lapangan bahwa guru paham mengenai student center. Tahun 2014 banyak beredar buku maupun VCD mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis ICT, jika guru ingin dan mau mereka bisa belajar untuk menguasai ICT yang semakin canggih. Tahun 2016 ada revisi undang-undang terkait kurikulum 2013. Pada intinya untuk menuju pembelajaran yang baik dibutuhkan kombinasi berbagai hal, seperti guru, sekolah, kurikulum, fasilitas.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam postingan di atas, ternyata banyak sekali masalah yang ada pada guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru. Masalah tersebut dapat berasal dari guru itu sendiri dan dapat pula dari luar, seperti dari siswa, dari lingkungan sekitar, dan juga berasal dari materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa. Masalah – masalah yang muncul tersebut seharusnya dicari pemecahannya ataou solusinya dengan cara mengidentifikasi masalah dengan baik. kita dapat ikut serta dalam upaya pemecahan masalahnya dengan upaya riset riset matematika dan ikut serta dalam pengembangan memalui arahan pemerintahan.

    ReplyDelete
  4. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Begitu banyak permasalhan yang ada di dunia nyata yaitu di sekolahan tempat guru mengajar murid-murid. Dari kesulitan-kesulitan itu kita sebagai calon guru bisa belajar untuk menyelesaikan masalah-masalah itu dan menggunakannya dalam praktiknya kita nanti sebagai guru. Utamanya dalam pembelajaran saat ini guru harus memulai menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa juga tentunya.

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Untuk meningkatkan praktek pembelajaran, berikut ini ada bebarapa identifikasi masalah – masalah yang dilakukan oleh peserta persiapan bimbingan teknis pada kelas internasional matematika, antara lain: 1) kelancaran komunikasi dalam Bahasa Inggris, 2) cara untuk menilai keberhasilan proses pembelajaran dan menerapkan assessment berbasis kelas, 3) cara untuk meningkatkan motivasi dan melibatkan partisipasi siswa, 4) cara megatur skenario dalam kegiatan siswa dan mengembangkan lembar kerja siswa, 5) cara mengapresiasikan karya siswa kepad orang lain dan cara mengalokasikan waktu, 6) cara mengaplikasikan kegiatan pembelajaran student centered, 7) luasnya pengaruh TIK dalam kompetensi siswa dan cara membuat skenario pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, 8) cara meningkatkan hasil tes dan cara melakukan pre test dan post test, 9) cara untuk melaksanakan kurikulum atau menekankan proses belajar, 10) cara meningkatkan kemampuan perakapan Bahasa Inggris guru, 11) cara mengembangkan ICT dalam pembelajaran dan kelemahan kegiatan peer- teaching, 12) cara untuk mengarahkan pembelajaran pada student centered daripada teacher centered dan cara memberikan kebebasan siswa untuk mengkreasikan ide – idenya dengan kebebasan siswa untuk melakukan apa yang siswa suka. Dalam kegiatan pengidentifikasi masalah tersebut merupakan suatu langkah awal untuk dapat memperbaiki pembelajaran untuk mempersiapkan kelas internasional, sehingga dapat memberikan solusi bagi pemecahan masalah – masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Saya dapat menyimpulkan bahwa banyak masalah dalam sistem pendidikan, terutama masalah guru pengetahuan tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, mudah-mudahan dengan solusi dalam sistem pendidikan membuat sistem pendidikan lainnya di Indonesia lebih meningkat.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Pada artikel di atas, banyak sekali masalah yang diidentifikasi oleh para peserta bimbingan teknis dalam upaya untuk Meningkatkan Praktik Belajar Mengajar. Semoga ke depannya masalah-masalah yang dtemukan ini dapat diberikan solusinya.

    ReplyDelete
  8. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Setelah membaca postingan ini, dapat kita ketahui bahwa banyak permasalahan yang dihadapi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru. Permasalahan tersebut bermacam-macam, di antaranya yaitu masalah dari guru sendiri yaitu persiapan ilmu dan strategi mengajar, serta masalah dalam menghadapi siswa. Semoga permasalahan tersebut dapat segera dicari solusinya dan segera terselesaikan.

    ReplyDelete
  9. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP b 2016

    Banyak sekali persoalan dalam dunia pendidikan, sehingga perlu dilakukan identifikasi masalah agar dapat dilakukan suatu tindakan perbaikan untuk dapat meningkatkan Praktek Belajar Mengajar, sehingga dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan zaman dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  10. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Artikel diatas mengungkapkan bahwa terdapat masalah yang muncul dalam praktek pembelajaran. Sehingga jika mengidentifikasi masalah yang ada, hal itu dijadikan refleksi untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar sehingga mencapai hasil yang diinginkan dan hasilnya optimal. Satu dari sekian banyak maslaah yang dihadapi asalnya dari guru, siswa, atau metode pembelajaran. Adanya identifikasi masalah tersebut, maka seorang guru dapat terus meningkatkan caranya dan terus belajar untuk mencari solusi sehingga mencapai tujuan dari pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Banyak permasalahan yang dihadapi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru. Permasalahan tersebut bermacam-macam, di antaranya yaitu masalah dari guru sendiri yaitu persiapan ilmu dan strategi mengajar, serta masalah dalam menghadapi siswa. banyak sekali masalah yang ada pada guru dalam meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru. Masalah tersebut dapat berasal dari guru itu sendiri dan dapat pula dari luar, seperti dari siswa, dari lingkungan sekitar, dan juga berasal dari materi yang akan diajarkan oleh guru kepada siswa.

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Bagi seorang guru ataupun calon guru pembelajaran yang inovatif disekolah itu sangatlah penting karena dari situlah dapat terlihat bagaimana seorang guru dapat terus mengembangkan pola pikir yang dimilikinya sehinga dari pengembangan pola pikir itu akhirnya terjadi proses pentransferan ilmu lebih baik lagi antara guru dan siswa. dan untuk mendapatkan itu semua guru hendaknya melakukan penelitian-penelitian.

    ReplyDelete
  13. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Dari artikel di atas diidentifikasi secara kompleks, masalah yang muncul dalam praktik belajar-mengajar. Salah satunya yakni how to prepare and to implement pre-test and post test? Untuk dapat menyiapkan sebuah pretest dan posttest adalah membuat soal (disertai rubrik penilaian) yang disesuaikan dengan materi yang telah diberikan serta dikuasai anak. Sementara untuk mengimplementasikannya, selain melihat ketercapaian penyampaian materi, juga perlu diperhatikan tentang kesiapan siswa.

    ReplyDelete
  14. martin/Rwanda
    pps2016pep b
    let us take the following points(3):How to promote motivation; there is no other way to promote motivation other than appreciating any contribution from the students. here i mean that the teacher should not reject any idea from the students because if so they become passive but when the teacher praises any contribution in mathematics, the students always feel free to give their opinions. e.g in mathematics, the teacher can invite the students to come forward to the blackboard to solve the mathematical problem, when a student use the right formula but the answer is wrong, the teacher should not blame the student but he can ask for any other intervention from other students.
    - How to involve students participation, the first and the second points are not completely different because the teacher should use different methods to keep the students motivated like participatory or group work methods.

    ReplyDelete
  15. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dalam dunia pendidikan terutama pembelajaran di sekolah masih banyak ditemui beberapa masalah. Hal ini sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di kelas. Perlu adanya penyelesain dari setiap masalah tersebut. Terutama dari sisi guru yang mempunyai peran utama dalam mengembangkan serta mendidik penerus bangsa. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir jika ada intervensi dari beberapa pihak semisal guru, siswa serta sekolah itu sendiri, karena mereka lah yang mengetahui seluk beluk di dalam pembelajaran di sekolah mereka.

    ReplyDelete
  16. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    sebagai upaya dalam hal perbaikan pendidikan ada beberapa masalah yan menjadi fokus diantaranya adala mengenai cara memperbaiki alokasi waktu sehingga pembelajaran benar benar efektif dan efisien. waktu sangat penting dalam pembelajaran mengingat banyak hal yang harus dipelajari dnegan kemmapuan siswa yan beragam dan keadaan di kelas yang belum tentu bisa sekondusif yang dihaapkan. jika pengalokasian waktu bisa diatur sebaik mungkin maka pembelajaran yang lebih baik juga bisa lebih mudah dicapai.

    ReplyDelete
  17. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Menurut saya, permasalahan yang ada merupakan permasalahan cabang yang memang bisa timbul dari akar permasalahannya. Adapun akar permasalahan yang terjadi adalah akibat dari penerapan sistem pendidikan kapitalis-sekuler.

    Dalam pandangan sistem ini terhadap pendidikan, memandang bahwa pendidikan adalah alat yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan para pemilik modal.
    Dalam sistem ini, peran negara dilepaskan dan hanya berfungsi sebagai regulator saja. Sedangkan, penyalur dana adalah para pemilik modal dalam hal ini para pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Sehingga, dalam sekolah dan kampus-kampus di indonesia, bekerja sama dengan beberapa perusahaan. Banyak perusahaan-perusahaan yang juga turut andil dalam pembangunan sekolah dan kampus. Salah satunya di salah satu Universitas di Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan cina. Sebagai konsekuensinya, harapannya para pelajar atau mahasiswa dapat menyalurkan kemampuannya di perusahaan tersebut. Tentunya hal ini bertentangan dengan fitrah manusia. Sesungguhnya, menuntut ilmu adalah pemenuhan dari seruan kewajiban Sang Khalik dan mengharapkan kemaslahatan bagi masyarakat dengan ilmunya tersebut bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan materi belaka. Namun sayangnya, sistem inilah yang menggeser paradigma tersebut.

    Selain itu pula, akibat yang lain dari penerapan sistem kapitalis ini banyak anak-anak negeri yang putus sekolah karena belum mampu secara finansial. Alhasil, anak negeri ini pula yang harus menjadi korban.

    Sesungguhnya, pemenuhan kebutuhan pendidikan harus diserahkan kepada negara. Karena bagaimanapun, negara memiliki kewajiban untuk memenuhi sarana dan prasarana yang menjadi hak rakyatnya dalam mengenyam pendidikan. Namun, ini semua belumlah terwujud dalam sistem kapitalis sekarang. Sehingga, solusinya adalah mengganti sistem kapitalis yang destruktif ini dengan sistem yang shahih yang berasal dari Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Dengan adanya berbagai masalah yang dikemukakan oleh para pendidik, itu berarti para pendidik telah peka terhadap lingkungan pendidikan di sekitarnya. Masalah-masalah yang mereka dapatkan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan penelitian. Bahkan lebih baik lagi jika guru yang memperoleh masalah tersebut melakukan peneletian berdasarkan masalah yang mereka hadapi.

    ReplyDelete
  19. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    communiction in enlish, i this can be dillema for teachinga and learning process. its dillema is teacher shpul deliver mathematics subjet with english adn the student must receive its massage both english and mathematics, because the student is indonesian which englis is not their main language, the student mus has good ability n eglish,we focus on teacher, teacher mustincrease his/her skill in english communction by alway exercise his englis, orally and written. so that the communication will be achieved by the student.

    ReplyDelete
  20. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    to ases the mathemaics learning process, teacher can use portofolio method, prtofolio mehod is used to record all of the activities of the students, teacher will store and save all of the student work result during the process from the begining till the end of teaching process. stuent wok result are worksheet, project/prototipe, and observation of the teacher.

    ReplyDelete
  21. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1pedidikan matematika c 2013

    to implement assesment based clasrroom can be done if the teacher engange the learning outcome in the goal of learning and teaching process, assesment is the systematics process o gather the informastion obout waht the student to know, after assesment teacher do evaluation, evaluation is the proces to get the result, to anlyse dthe information from assesment that its result can bes used for benefit result, benefit to inform learning process in the classroom, and to inform the reult of learning process of the student. therea some of assesment, initial asses ment, formative assesment and summative assesment, initial assesment is implemented in the beginning of teaching, formative assesment is implemented during te process of learning adn the summave assesment is implemented in the end of learning process.

    ReplyDelete
  22. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    a ton ways to promote motivation to the children or the student, some of them are make the chalanging problem, make the story of matheamtics, make the useful/attractive topic about/related mathematics, helping student who looks has the pproblem in solving problem, give the good/atrractive strategy interaction that the student can enjoy.

    ReplyDelete
  23. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dari bacaan di atas terdapat pertanyaan-pertanyaan dari guru yang membuktikan bahwa masih ada permasalahan dalam upaya meningkatkan pembelajaran praktek. Salah satunya yaitu bagaimana meningkatkan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, dimana siswa diberikan kesempatan atau kebebasan untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Tetapi permasalahannya di sini adalah bagaimana guru menyeimbangkan antara kebebasan siswa dalam mengekspreskan idenya dengan siswa yang bebas melakukan apa yang mereka suka.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Masalah dalam pembelajaran merupakan satu hal yang tidak dapat di handiri. Tulisan di atas adalah poin-poin permasalahan yang dalam pembelajaran yang masih dialami oleh guru. Adanya poin permasalahan tentu menjadi bahan belaajr bersama untuk para guru. Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli. Tentu setelah didiskusikan akan ada solusi bagaimana untuk meminimalisir masalah masalah yang timbul selama pembelajaran. Seorang guru sejatinya mempunyai empat kompetensi guru yaitu pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian. Tentu dengan dikuasainya empat kompetensi tersebut juga dapat meminimalisir masalah yang timbul dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  25. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dalam artikel diatas, terlihat banyak sekali masalah guru dalam meningkatkan kompetensi nya. Masalah tersebut berasal dari factor internal dan eksternal. Kita harus ingat bahwa setiap mereka yang hidup pasti mempunyai masalah, maka dengan hal ini guru bagaimana caranya harus menemukan solusi terbaik dan tentunya sesuai ridho Allah sehingga permasalahannya bisa diseselaikan. Allah memberi masalah plus solusinya. Begitu.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh 

    ReplyDelete
  26. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    developing syudent wrkseet, we have known that worsheet is not only the collection of problem, but also can drive the student to get heir own knowlade, so that the teacher must create the workshee taht contain the rocess activities that student can achieve the concept or knowlade, beside that mak sure taht the worksheet can be achieed bay the all kind/achievment student. high achiemen and lower achiement student, so thet teacher may use the open ended aproach to make worksheet, beside that teacher as creative as posible to make the worksheet is attractive for student maybe contain colourful waorksheet or creaate gameor puzzle or stories in the worksheet than can ncrease the motivation r spirit of student to learn matheatics.

    ReplyDelete
  27. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    to improve and implement pre test and post test. i have searc and reac an article about pretest and post test. the am of pre test and post test is to quantify the achievment of the student in attaining the konowladge during the process of learning from beginning to the end. so the item that contain in pre test and post test must be the same. and in making a test, the prolems must have the best answer option, because of why? becouse the best answe can distinguish the student who know and the stdent who dont know, so the student who dont know cant answer correctly by guessing/uncorrect way.the differences of pre test and post must more then 30 percent if the learning can be said the goal of leraning is achieved.

    ReplyDelete
  28. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    i like the last quastion in the posting. " how to balance the freedom of the student in freedom of the student share the idea and the freedom of what the stdent like?" this question shows that the contradiction that always happen in effort of the teacher to make freedom in the clasroom, the main goal ogf the teacher to make it free dom is to open the gate of student hinking to share his/her idea, but in fact that freedom open the gate to student to do what they do beyond learning, they play and do not pay attention to the teacher. i hink the teachr must guide the student to use the freedom in line to learn and to share his opinion or idea.

    ReplyDelete
  29. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Masalah tak ada habisnya pada kondisi atau proses pembelajaran. Maka identifikasi masalah secara mendalam perlu dilakukan untuk meninjau titik mana yang perlu dan mampu diatasi. Setidaknya meskipun kesempurnaan tidak dapat dicapai, setidaknya dapat meminimalisir kekurangan yang ada dalam proses belajr mengajar. Kemudian setelah adanya identifikasi masalah yang mendalam, diharapkan dapta ditemukan inovasi yang terbaru yang sesuai dandi duga tidak menimbulkan banyak kekurangan dalam pengimplementasiannya.

    ReplyDelete
  30. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Telah disebutkan ada berbagai masalah yang bisa dilihat dalam meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah. Problem tersebut terkhusus pada partisipan yang mengikuti kegiatan Petunjuk Teknis Persiapan Kelas Internasional untuk Pelajaran Matematika SMP.

    ReplyDelete
  31. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam melakukan inovasi pembelajaran ternyata masih sangat banyak masalah yang terjadi, dan sebagai calon pendidik nantinya kita perlu mengetahui permasalahan-permasalahan ini agar dalam pelaksanaan yang kita lakukan nanti kita dapat menyelesaikannya, dan selain itu juga permasalahan yang terjadi pada beberapa guru dari berbagai sekolah tersebut dapat memberikan informasi tambahan kepada kita di setiap pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan bagi peserta didik pastilah memiliki hambatannya masing-masing.

    ReplyDelete
  32. Faqih Mu'tashimbillah
    12313244030
    Pendidikan Matematika Internasional

    Assalamualaikum.wr.wb
    Dalam tulisan ini dicantumkan beberapa point permasalahan dalam pembelajaran oleh guru.
    Permasalahan-permasalahan tersebut harus didiskusikan bersama dengan sesama guru dan akan lebih baik jika didampingi oleh seorang dosen ahli.
    Pembahasan-pembahasan tersebut akan membantu terciptanya pembelajaran yang lebih optimal di dalam kelas.

    ReplyDelete
  33. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Untuk mempersiapkan kelas internasional tidak bisa berjalan semulus yang di harapakn. Paasti ada masalah-masalah untuk upaya meningkatkan praktik belajar mengajar. Akan tetapi dari masalah-masalah yang ditemukan tersebut, hendaknya di cari solusinya, sehingga bisa mengatasi permasalahan tersebut. hal ini dilakukan karena demi memajukan pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  34. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Identifikasi masalah adalah awal dari penyelesaian masalah karena kita akan mencari tahu solusi terbaiknya, berdasarkan artikel di atas ada terdapat banyak sekali permasalahan dalam belajar, baik permasalahan internal maupun eksternal, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian supaya apa yang di harapkan yatu ada peningkatan praktek PBM, maka penelitian yang bersifat inovatif sangat di perlukan.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id