Nov 30, 2012

Draft Kurikulum Baru (2013)




Ass Wr Wb

Silahkan dicermati Draft Kurikulum Baru 2013 di Link sebagai berikut:


http://www.academia.edu/2219841/Draft_Kurikulum_Baru_2013_


Berilah tanggapan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.

Terimakasih

Wss Wr Wb

Marsigit

41 comments:

  1. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam draft yang diberikan pada artikel ini, ini dapat menjadi pengetahuan baru bagi kita tentang perjalanan kurikulum yang ada di Indonesia hingga saat ini penggunaan kurikulum 2013, dan juga bagaimana sistematika dalam pengembangan kurikulum 2013 yang saat ini telah menjadi acuan dalam sistem pembelajaran yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Draft Kurikulum 2013, penyusunan dokumen ini adalah dalam rangka menindaklanjuti program – program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010 – 2014 dan dalam Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010 – 2014. Selain berisi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

    ReplyDelete
  3. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan draff kurikulum 2013 tersebut, dapat menjadi refrensi tambahan bagi kita khususnya calon pendidik mengapa kurikulum lama berubah menjadi kurikulum yang sekarang (K13) dan mengapa diperlukan adanya pengembangan kurikulum. Berdasarkan draff kurikulum 2013 tersebut salah satu tujuan yang hendak dicapai yang di titik beratkan pada siswa adalah mengenai karakter atau akhlak mulia dan kemampuan atau kompetensi-kompetensi yang lain seperti kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dll guna menghadapi tantangan masa depan. Kita lihat fenomena saat sekarang ini di mana ada sebagian siswa tidak mencerminkan mereka sebagai kaum yang intelektual, misalnya saja dengan melakukan perkelahian atau tawuran, menggunakan obat-obatan terlarang, bahkan di tingkat yang lebih tinggi adanya oknum-oknum pendidik yang melakukan plagiarisme. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan utama adanya perubahan kurikulum pendidikan ke dalam kurikulum 2013 yang mengedepankan pendidikan berkarakter. Karena sehebat-hebatnya orang pintar atau cerdas, yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang mempunyai karakter atau akhlak yang mulia.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  4. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Draff yang diberikan memeberikan pandangan bagi kita para pendidik muda akan keadaan kurikulum kita saat ini. draff ini juga membuat saya memahami apa alasan serta tujuan dibalik terciptanya kurikulum. Sekiranya, dengan tujuan yang ada kurikulum 2013 dapat diimplementasikan dengan baik serta bertanggung jawab oleh seluruh pihak yang terlibat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. 16701251016
    PEP B S2
    Kurikulum pendidikan nasional terus mengalami perbuhan, dengan dalih agar output mampu bersiang dan mengikuti perkembangan jaman. Namun pada kurikulum 2013 ini ada beberapa yang menganggap terlalu memaksakan, dengan metode saintifiknya. Karena segala bidang ilmu apapun harus melalui itu semua. Ironis, jika di terapkan pada dunianya anak. Nyatanya dunia anak adalah tidak sama, sangat jauh berbeda dengan dunia orang dewasa. Itu senua merupakan beban, seakan akan suatu target yang harus di penuhi, dengan kriteria kriteria yabg sudah di tetapkan, misalkan saja masih adanya ujian. Hal ini sangat kurang relevan dengan pola perkembangan anak, khususnya anak sekolah dasar

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Kurikulum 2013 tampaknya merupakan titik awal kita menuju public educator. Di mana pembelajaran telah berusaha menyediakan bermacam-macam sumber belajar, dan tidak hanya bergantung pada guru. Penilaian autentik telah mulai diimplementasikan dan banyak dikembangkan pendekatan open ended yang mengakomodir banyak penyelesaian yang mungkin. Sesuai dengan permasalahan dalam kehidupan, tidak ada penyelesaian tunggal, selalu ada penyelesaian di setiap permasalahan. Semua ini akan dapat membekali siswa kita untuk bisa mengatasi masalah mereka di masa yang akan datang. Hanya saja, saran saya sebelum implementasi kurikulum baru, sebaiknya dilakukan analisis dari pelaksanaan sekolah pilot dan dilakukan perbaikan berdasarkan hasil analisis tersebut, sehingga untuk sekolah lain dapat lebih mudah melaksanakan.

    ReplyDelete
  7. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs-S3 PEP A 2016

    Dalam pembuatan kurikulum tidak hanya mengedepankan aspek yuridis dan konseptual saja tapi secara filosofis juga dilakukan pengkajian. Dsitulah filsafat pendidikan berperan. Filosofi pendidikan yang dipakai pada kurikulum 2013 berbasis pada nilai-nilai luhur, nilai akademik,kebutuhan peserta didik dan masyarakat serta berorientasi pada pengembangan kompetensi. Secara kajian filsafat, kurikulum 2013 tidak hanya mengutamakan pengetahuan berdasarkan rasio tetapi juga pengembangan diri melalui pengalaman matematika sekolah.

    ReplyDelete
  8. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs-S3 PEP A 2016

    Menyoroti perubahan pembelajaran dan penilaian di kurikulum 2013 dimana perubahan proses pembelajaran dari traditional teaching menuju ke innovative teaching, dari teacher-centered menjadi student-centered, dari diberi tahu menjadi mencari tahu. Hal ini sangat baik dalam konstruktivitas pengetahuan siswa secara mandiri dan pembelajaran menjadi meaningfull.

    ReplyDelete
  9. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs-S3 PEP A 2016

    Di bagian penilaian kurikulum 2013 juga terdapat perubahan yang signifikan dimana dulu penilaian hanya fokus pada produk akhir atau hasil akhir, maka sekarang penilaian tidak hanya berbasis output tapi juga memperhatikan proses dalam menghasilkan output. Atau mungkin ini bisa dikatakan holistic assessment yang komprehensif. Sehingga mengakibatkan jam pelajaran dalam kurikulum ini mengalami penambahan yang mungkin juga diikuti tingkat stress dalam menerima pembelajaran. Kolaborasi orang tua dan guru juga diperlukan dalam penilaian ini.

    ReplyDelete
  10. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs-S3 PEP A 2016

    Guru juga sangat perlu diperhatikan dalam kurikulum 2013 ini, jangan sampai jadi faktor yang diabaikan. Dulu pendidik hanya memenuhi kompetensi profesi dan fokus pada kinerja PTK. Tetapi dalam kurikulum 2013, guru diharuskan memenuhi kompetensi profesi, pedagogi, sosial dan personal serta fokus pada motivasi mengajar. Semoga dengan adanya kurtilas ini guru tidak merasa terbebani melainkan memunculkan guru yang inovatif dan kretif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    draft yang dishere dalam blog ini merupakan draft kurikulm 2013 sebelum perubahan tentunya. terlepas dari pro kontra kurikulum 2013, saya pribadi berpendapat bahwa perubahan itu selalu diperlukan untuk mengadaptasikan diri dengan pekembangan zaman. kurikulum memang selayaknya selalu mengalami perubahan, perubahan yang telah melalui kajian ilmiah sebelum benar-benar diterapkan secara nasional tentunya.

    ReplyDelete
  12. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Draft yang diberikan akan memberikan kita padangan terhadap perjalanan kurikululm 2013 diindonesia. diharapkan dari draft tersebut kita dapat mencerna dengan mengambil hal yg positif serta mendukung perubahan yang ada untuk keberlanjutan pendidikan yang semakin baik.

    ReplyDelete
  13. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    ada dua faktor besar dalam keberhasilan Kurikulum 2013. Faktor pertama adalah penentu yakni kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur, yakni ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum, penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah. Mengubah mindset guru seperti itu tidak mudah, karena sudah berpuluh tahun guru mengajar dengan model ala bank. Tidak mudah bila tiba-tiba guru harus berubah menjadi seorang fasilitator dan motivator. Mengubah mindset guru itulah pekerjaan rumah tersendiri bagi Kemendikbud dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  14. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Draft yang diberikan untuk kurikulum 2013 itu merupakan bentuk penyempurnaan dari apa yang sudah dituliskan oleh pemerintah. Guru-guru saat ini masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 karena kebijakan yang selalu berubah setiap saat. Serta failitas pendukung pembelajaran juga belum lengkap, seperti buku paket ataupun panduan utama dalam pembelajaran. Dan pemberi materi kurikulum 2013 antara orang yang satu dan yang lain juga sering berbeda pendapat. Hal ini sebaiknya disatukan terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami oleh guru.

    ReplyDelete
  15. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Akan tetapi kurikulum 2013 yang diberlakukan saat ini telah direvisi oleh Kemendikbud. Adapun revisi pada K13 meliputi peningkatan koherensi, menyederhanakan proses penilaian, dan tidak ada pembatasan proses berpikir siswa serta proses pembelajarannya secara langsung dan tidak langsung.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  16. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan draff kurikulum 2013 tersebut salah satu tujuan yang hendak dicapai yang di titik beratkan pada siswa adalah mengenai karakter atau akhlak mulia dan kemampuan atau kompetensi-kompetensi yang lain seperti kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dll guna menghadapi tantangan masa depan. Di bagian penilaian kurikulum 2013 juga terdapat perubahan yang signifikan dimana dulu penilaian hanya fokus pada produk akhir atau hasil akhir, maka sekarang penilaian tidak hanya berbasis pada nilai akhir tapi juga memperhatikan proses.

    ReplyDelete
  17. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Kurikulum 2013 adalah inovasi kurikulum yang dibuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang selama ini dirasa belum cukup baik dalam prakteknya. Oleh sebab itu kurikulu 2013 diluncurkan dengan metode pembelajarn saintifik demi mengarahkan pembelajaran dengan terpusat pada siswa, dan membuat pembelajaran lebih bermakna dengan memberikan pengalaman kepada siswa untuk menemukan sebuah konsep dan memhaminya sehingga ketika konsep telah paham diharapkan siswa mampu berinovasi dan mengembangkan pikirannya, seperti yang diharapkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pada link yang diberikan diatas, terapat draft kurikulum 2013 dari tim pengembang kurikulum kemendikbud yang dipot kembali di academia.edu. kurikulum 2013 adalah kurikulum yang mengutamakan pendidikan karakter dengan pendekatan saintifik dengan langkah-langkah 5M. diharapkan kurikulum 2013 dapat memperbaiki kkualitas pendidikan di indonesia.

    ReplyDelete
  19. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Dari membaca draft kurikulum 2013 dapat dilihat bagaimana penyusunan kurikulum yang benar-benar baik. Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak perubahan melalui revisi kurikulum dari tahun ke tahun, termasuk juga kurikulum 2013 telah mengalami dua kali revisi. Sebenar-benarnya permasalahan pendidikan di Indonesia adalah bukan terletak pada bagaimana penyusunan kurikulum yang baik tapi bagaimana menerapkan kurikulum itu secara baik dan benar di tingkat sekolah. Finlandia salah satu negara dengan tingkat pendidikan tersukses di dunia menggunakan kurikulum yang pernah di terapkan di Indonesia tetapi mereka begitu sukses dengan pendidikannya sedangkan kita masih bergerak dengan sangat lambat ini disebabkan karena kita tidak mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum yang kita gunakan secara baik dan maksimal karena berbagai macam faktor seperti kurangnya pengenalan akan kurikulum, ketidaksiapan guru, serta sarana dan prasarana pendukung yang tidak merata di setiap sekolah.

    ReplyDelete
  20. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    If you're given a curriculum guide to use, you'll likely be expected to follow it. Check around with other teachers, your instructional coordinator, or your principal to determine to what extent you are to use the guide and how much autonomy you're allowed.

    ReplyDelete
  21. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Terima kasih atas draft kurikulum baru (2013) yang sudah Bapak dibagikan. Draft ini diposting tahun 2012, sementara antara 2012-2016 telah terjadi beberapa revisi terhadap kurikulum 2013. Maka bagi guru-guru yang menggunakan draft ini sebagai acuan pembelajaran harus juga memperhatikan dan menyesuaikan pada permendikbud yang ada, yang terakhir adalah permendikbud No 24 tahun 2016.

    ReplyDelete
  22. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Keunggulan kurikulum 2013 yaitu siswa dituntut untuk aktif, kreatif, dan inovatif di dalam pembelajaran. Penilaian pun didapat dari semua aspek, mulai dari nilai pengembangan karakter, dan penilaian pendidikan budi pekerti dan juga pengetahuan. Secara garis besar kurikulum 2013 yang disingkat KURTINAS adalah kurikulum yang berbasis kompetensi, kompetensi menggambarkan secara holistik domain sikap. Keterampilan dan pengetahuan. Namun bila ditinjau dari kekurangannya adalah bahwa KURTINAS terlalu membebani anak karena banyak sekali tugas yang harus mereka cari sendiri dan juga jam pembelajaran yang sedikit lebih banyak dari kurikulum terdahulu yaitu kurikulum KTSP atau kurikulum 2006..

    ReplyDelete
  23. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari draft tersebut yang ingin saya tanggapi adalah dari sisi pengembangan efektifitas pembelajaran dimana salah itemnya adalah efektifitas interaksi. Efektifitas interaksi merujuk pada Iklim akademik dan budayasekolah/kampus. Perlu diihat apakah iklim dan budaya sekolah sudah siap untuk Pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melaluiobservasi (Menyimak, Melihat,Membaca, Mendengar), asosiasi,bertanya, menyimpulkan,mengkomunikasikan.
    ,

    ReplyDelete
  24. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Draf kurikulum 2013 ini memberikan pandangan kepada pembaca bagaimana struktur dari kurikulum tersebut. Kurikulum 2013 menurut pemahaman saya adalah sebuah perubahan kurikulum untuk membentuk karakter siswa yang mengembangkan tiga aspek yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif. Kurikulum ini menggunakan pendekatan saintifik didalam pembelajaran dimana siswa diminta untuk melakukan pengamatan, kemudian mengembangkan rasa keingintahuannya dengan bertanya, lalu mencoba, menalar dan dikomunikasikan. Diharapkan dengan kurikulum ini pendidikan di indonesia menjadi lebih maju dan baik.

    ReplyDelete
  25. Adanya perubahan paradigma dari teacher center ke student center membuat siswa untuk lebih kreatif. Namun perbedaan aspek geografis antar wilayah belum menjadi bagian perubahan paradigma. Menurut pendapat saya, perbedaan aspek geografis mengakibatkan perbedaan pelayanan dan kualitas pendidikan.
    Berikutnya adalah belum adanya pertimbangan perubahan yang menekankan pada siswa disabilitas. Pertimbangan kesetaraan pendidikan atau pendidikan berbasis inklusi belum menjadi pertimbangan utama. Kejadian di beberapa daerah adalah adanya penolakan sekolah terhadap siswa penyandang disabilitas karena tidak memiliki dasar kurikulum inklusif. Sehingga perlu ada penyempurnaan kurikulum yang komprehensif, melayani semua kebutuhan pendidikan warga negaranya.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  26. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Kurikulum baru (2013) memiliki berbagai naskah dalam bentuk dokumen yang digunakan untuk menjalankan sistem yang ada. Perangkat pembelajaran yang terdiri dari berbagai dokumen dijadikan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri yang akan diterapkan.

    ReplyDelete
  27. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Di dalam draft kurikulum baru 2013 terdapat beberapa sebuah rancangan dalam sistem pembelajaran yang akan diterapkan di sekolah. Selain itu juga ada mengenai tentang pengembangan kurikulum yang akan menjadi landasan dalam sistem pembelajaran. Harapannya dengan draft kurikulum yang terbaru ini dapat meningkatkan, mengembangkan serta mengimplementasikannya sesuai dengan peraturan yang ada sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan semaksimal mungkin dan tujuan dari pendidikan tersebut dapat tercapai.

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Data. Draf kurikulum 2013 ini resmi menjadi program pembelajaran di Indonesia. Draf disusun dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan bulan November 2012. Pencermatan kita mengenai perubahan dari kurikulum lama menuju kurikulum baru yang, diresmikan sebagai pegangan resmi di sekolah sekolah dengan waktu relatif singkat. Maka apakah benar mampu sebagai solusi pendidikan kita?

    ReplyDelete
  29. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Perkembangan kurikulum dimulai sejak 1945 masa kemerdekaan Indonesi. Dilanjutkan pada 1964 rencana pendidikan sekolah dasar hingga kurikulum 2013. Adalah ikhtiar membangun masa depan bangsa, itu baik. Tetapi apakah niatan UUD, Pancasila dan filosofi idiologi didalamnya murni tanpa kepentingan, semoga dapat menjadi jawaban atas kegelisahan pendidikan indonesia yang sekarang masih tertinggal jauh dari negara berkembang

    ReplyDelete
  30. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Aspek filosofis, aspek yuridis, aspek konseptual dalam kurikulum 2013 digunakan sebagai landasan kurikulum. Strateginya peningkatan efektifitas pembelajaran dari sistem nilai diupayakan efektif ke transformasi nilai. Ditambah rasionalitas jam pembelajaran mengacu perbandingan negara negara maju. Baik, namun menurut sejarah dan kebudayaan lokal, perbandingan dengan budaya luar perlu sangat diperhatikan, sebab perbedaan filosofi dan falsafah hidup timur dan barat tentunya tidak sama dan dimungkinkan akan melahirkan perbedaan-perbedaan lainnya.

    ReplyDelete
  31. Musa Marengke

    K-13 sebenarnya adalah konsep kurikulkum yang menekankan pada proses dan hanya sedbagian yang direvsi dari KTSP.

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari draft kurikulum tersebut dapat diperoleh tentang bagaimana strategi pengembangan pendidikan, rasional pengembangan kurikulum, kerangka kerja pengembangan kurikulum, elemen perubahan kurikulum, standar kompetensi lulusan, struktur kurikulum dan kompetensi inti dan kompetensi dasar.

    Selain itu, dijelaskan bagaimana perkembangan kurikulum di indonesia, dari awal kemerdekaan hingga sekarang. Kurikulum pendidikan kita ternyata bersifat inkonsisten, dan cenderung mengikuti permintaan dunia terhadap pendidikan di indonesia, yang menghendaki adanya pemanfaatan SDM di Indonesia yang kemudian dapat digunakan untuk kemajuan negara yang lain. Kemudian, permasalahan-prmasalahan yang dihadapi selama pergantian kurikulum.

    Dari masa pergantian kurikulum yang terjadi berkali-kali, ternyata pendidikan kita belum mencapai apa yang diharapkan. Hal ini karena permasalahan sistem pendidikan itu tidak hanya pendidikan saja yang diperbaiki, tetapi juga memperbaiki sistem yang lain seperti sistem politik, ekonomi, sosial, dll. karena suatu masalah tidak bisa diselesaikan secara satu bidang saja, tetapi hal tersebut merupakan sistem yang saling bersinergi. Sehingga, memperbaiki keseluruhan sistem lah yang mesti dilakukan. Adapun sistem destruktif yang saat ini mencengkeram indonesia adalah sistem kapitalisme-sekuler, inilah yang menjadi akar permasalahan di negeri kita. Sehingga, untuk memperbaikinya, maka sistem kapitalisme segera dienyahkan dan ganti dengan sistem yang Shahih yang ebrasal dari Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  33. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Menurut saya kurikulum 2013 disusun dengan tujuan memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap peserta didik bahwa antara pengetahuan satu dengan pengetahuan yang lain adalah saling berhubungan dan saling melengkapi. Dalam hal ini peserta didik ditunjukan bahwa ilmu pengetahuan satu antara yang lain tidak berdiri sendiri-sendiri, terkotak-kotak, melainkan satu kesatuan ilmu pengetahuan yang utuh. Sehingga diharapkan peserta didik nantinya saat terjun dalam masyarakat dapat lebih mengoptimalkan segala kompetensi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  34. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dewasa ini, perubahan kurikulum yang dilakukan dalam bidang pendidikan merupakan suatu hal yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan output pendidikan. Kurikulum 2013 yang berupaya mengubah paradigm teacher centered menjadi student centered masih terus diupayakan. Perubahan-perubahan ini seharusnya terus dibarengi dengan perbaikan kualitas pendidik dan sarana dan prasaranan yang memadai dalam dunia pendidikan. Sehingga inovasi kurikulum dalam dunia pendidikan tidak hanya sekedar wacana dan sebaga unsur politik belaka.

    ReplyDelete
  35. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pembelajaran pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran saintifik, dimana siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran, siswa melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dan peran guru adalah sebagai fasilitator. Pada kurikulum 2013, isi atau konten kurikulumnya berupa Kompetenssi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi inti kompetensi dalam aspek sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Kurikulum dari tahun ke tahun disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan zaman. Seperti kurikulum 2013 disesuaikan dengan arus global yang mengharuskan manusia sebagai pelaku kehidupan untuk aktif dan pintar. Oleh karena itu sekarang ada penilaian afektif dan psikomotor. Pada zaman awal-awal pendidikan masih teacher oriented karena memang situasi. Sekarang situasinya adalah metode saintifik.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  37. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dilihat dari laju perubahan implementasi K13 sejauh ini ada perkembang meskipun tidak signifikan, namun yang menjadi perhatian saya terkait isi dari k13 SMK menurut saya untuk anak SMK persentase untuk praktiknya seharusnya lebih tinggi dari pada teorinya bila dipersentasekan 70%:30%. Kenapa ? karena pada hakikatnya output anak smk itu bekerja bukan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

    ReplyDelete
  38. menurut pendapat sy guru-guru saaat ini masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 karena kebijakan yang selalu berubah setiap saat,serta fasilitas pendukung pembelajaran juga belum lengkap, dan pemberi materi kurikulum 2013 antara orang yang satu dan yang lain juga sering berbeda pendapat.hal ini sebaiknya di satukan terlebih dahulu agar lebih mudah dipahami oleh guru.penilaian kurikulum 2013 sekarang tidak hanya berbasis pada nilai akhir tapi juga memperhatikan prosesnya sehingga sejalan dengan teori kognitif menurut piaget.

    M Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  39. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Kurikulum 2013 hadir sebagai salah kurikulum yang bertujuan tidak hanya berfokus pada penilaian kognisi siswa namun sikap dan keterampilan siswa yang juga merupakan unsure penting dalam karakter seseorang.Selain itu, siswa juga dibudayakan untuk menghargai nilai nilai moril yang dijunjung oleh bangsa Indonesia.Harapannya dengan penilaian tersebut, karakter siswa bisa dibentuk dengan baik melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan materi, siswa dll sehingga selain mencerdaskan kehidupan bangsa, siswa juga memiliki religiusitas dan karakter yang baik.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  40. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Tujuan kurikulum 2013 tidak dapat dipungkiri bahwa tujuannya adalah membangun kondisi pendidikan di Indonesia. Namun masih banyak dijumpai kendala kendala yang terjadi pada proses pengimplementasian kurikulum 2013 tersebut. Salah satunya adalah kurangnya perhatian terhadap kesulitan yang dihadapi guru maupun siswa dikarenakan tujuan pembelajaran yang kurang melihat karakteristik dan proses belajar siswa. Seperti materi yang banyak sedang waktu yang sangat terbatas. Disisi lain pembelajaran yang baik adalah lebih mengedepankan deep processing daripada mengejar nilai. Harapnannya kurikulum 2013 dapat disempurnakan.

    ReplyDelete
  41. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Melalui draft kurikulum baru yang terdapat dalam postingan di atas saya menjadi mengerti secara terperinci alasan serta landasan disempurnakannya kurikulum dari kurikulum satu ke kurikulum lainnya. Mengingat perkembangan jaman yang semakin dinamis diperlukan juga pembaharuan dalam dunia pendidikan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga diharapkan melalui draft kurikulum tersebut dapat di evaluasi pada bagian mana yang harus diperbaiki dan bagiana mana yang harus ditingkatkan. Semoga dengan adanya rencana perubahan kurikulum, pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id