Nov 22, 2012

Menggapai Jejaring Sistemik_ Oleh Marsigit



29 comments:

  1. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Sikap, pengetahuan, dan keahlian akan membentuk jejaring sistemik yang baik jika terdapat jaringan dalam skala nasional hingga internasional, lalu terdapat institusi yang mendukung kita seperti departemen, universitas, kementrian dan sebagainya. Kemudian yang tidak kalah penting adalah kita harus sesuai standar internasional.

    ReplyDelete
  2. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam konteks pembelajaran matematika yang ditarik dari kurikulum, silabus, perencanaan pembelajaran dan dari buku-buku matematika yang ada selalu berketerkaitan dengan sikap, pengetahuan, pengalaman, dan kreatifitas sangatlah dibutuhkan dalam pembelajaran yang ada. karena dari itu siswa dapat menggapai ilmu pengetahuan yang dicarinya dengan lebih leluasa dan mengembangkan potensi yang dimilikinya tidak terbatas dari siapa yang mengajar, karena ketika ilmu yang didapatkannya dari siapa yang mengajar dibatasi bisa jadi siswa akan menjadi bayang-bayang dari gurunya.

    ReplyDelete
  3. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Menurut sepemahaman saya tentang ilustrasi gambar yang ditampilkan, jaringan sistemik dibentuk jaringan koordinasi baik nasional maupun internasional, bantuan institusional dan mengacu pada standar internasional. Dari jaringan sistemik tersebut terdapat transfer of knowledge yang difasilitasi dan didukung 3 hal tersebut yang menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    sistem jaringan sistemik yang diuraikan sangat penting dalam perkembangan garis depan ilmu pengetahuan, terutama Indonesia. Terutama dalam hal pemenuhan fasilitas, ICT, bahkan networking sangat mendukung pembelajaran lebih baik. Mereka dapat saling berinteraksi satu sama lain dan berbagi pengalaman untuk kekayaan khasanah ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Salah satu contoh penerapan jaringan sistemik di Indonesia adalah dengan adanya Research Funding dari Luar Indonesia untuk bantuan pengembangan Fasilitas yang ada di Indonesia. Bahkan beasiswa yang bersumber dari LN dikhususkan bagi warga Indonesia terutama di daerah 3T. Dan SM3T mungkin bisa dibilang jaringan sistemik antar pulau di Indonesia agar terjadi pemerataan kualitas pendidikan. Dimana ada kemauan untuk berkembang, sikap akademik yang dikedepankan, Pengetahuan dan Kemampuan yang mendalam serta berbagi pengalaman.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Jejaring sistemik diatas menunjukkan kumpulan komponen yang saling berinteraksi untuk tujuan tertentu. Jejaring tersebut saling terkait, mempengaruhi, terhubung dan tergantung. Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan agar mencapai tujuan. Lima komponen utam yang paling mempengaruhi yakni; will, attitude, knowledge, skill dan experience.

    ReplyDelete
  7. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari diagram di atas terlihat bahwa Standar Internasional, Institusi yang mendukung, dan kerja sama nasional/internasional saling berhubungan satu sama lain. Saling membutuhkan, saling terkait, dan saling membutuhkan. Semua itu bertujuan untuk menciptakan pengalaman keterampilan, pengetahuan, sikap demi kemajuan matematika itu sendiri.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  8. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    beberapa waktu yang lalu, Anies Baswedan menganjurkan agar pemerintah membuka kesempatan kepada profesoryang berasal dari luar negeri untukmenjadi dosen bahkan menjadi rektor di indonesia. anjuran ini berkaitan dengan bagaimana kita bukan hanya sekedar membangun jaringan sistemik dengan dunia internasional, tetapi juga membangun pengetahuan secara sistemik dengan fasiltas-fasilitas pengajar bertaraf internasional.
    ini tentu merupakan sebuah gagasan briliant untuk membawa pendidikan indonesia berada di level negara-negara maju. jejaring sistemik ini sebenarnya sudah mulai dibangun dengan adanya pertukran pelajar antar negara.

    ReplyDelete
  9. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman) merupakan skema pencapaian kompetensi yang perlu dikembangkan untuk menggapai jejaring sistemik . Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru dan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan dapat bersaing dalam persaingan global.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  10. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Kehendak atau niat, sikap, keterampilan, dan pengalaman adalah dasar dari jejaring sistematik untuk membangun negeri ini, khususnya bagi pendidik. Untuk menghadapi abad 21 ini, khususnya di bidang pendidikan, bagi seorang guru keterampilan adalah salah satu komponen yang sangat diperlukan guna untuk mendukung dan memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran. Selain keempat hal di atas, harus juga didukung oleh fasilitas yang memadai, ICT yang mendukung, penelitian-penelitian tentang pendidikan.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  11. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Jejaring sistemik pendidikan adalah hubungan dari segala yang Ada dan yang mungkin Ada dalam dunia pendidikan. Tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam pendidikan semuanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan gambar, saya mencoba untuk menjelaskan faktor dari jejaring sistemik pendidikan:
    • Filosofi pendidikan, teori pendidikan, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran serta buku teks berdasarkan standar Internasional saling berhubungan, saling mempengaruhi dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    •Karena hubungan kerjasama pendidikan skala nasional atau Internasional maka diadakan atau diaturnya fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan.
    •Fasilitas, ICT, penelitian, keuangan, karyawan, dan sumber dalam pendidikan dengan dukungan institusi pendidikan, saling berhubungan dengan peningkatan partisipasi dan prestasi peserta didik.
    •Hal yang berlangsung dalam institusi pendidikan merupikan bukti empiris dari jejaring sistemik pendidikan.

    ReplyDelete
  12. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dari skema menggapai jejaring sistemik diatas terdapat lima aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mencapainya. Aspek-aspek tersebut adalah will, attitude, knowledge, Skill dan Experience. Adalah penting bagi semua pihak yang terkait dengan institusi pendidikan memiliki kelima aspek ini, sebab dengan niat yang baik, sikap yang terpuji, pengetahuan yang luas, kemampuan yang terorganisir dan pengalaman yang banyak akan membuat pendidikan negeri ini bergerak kearah yang lebih baik dan terarah kedepannya.

    ReplyDelete
  13. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dalam menggapai jejaring sistemik diawalai dengan niat yang baik, kemudian dibutuhkan sikap yang baik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Untuk mencapai tujuan mencapai jejaring nasional atau internasional dibutuhkan kurikulum, rencana belajar, buku pelajaran yang baik agar dapat membangun partisipasi siswa dalam pembelajaran. Dibutuhkan juga dukungan dari intansi terkait misalnya sekolah atau universitas agar fasilitas pembelajaran dapat memadai.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  14. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Jejaring sistemik merupakan suatu sistem yang memiliki hubungan dan keterikatan, yang memiliki wadah dan isi yang berkualitas. Hal ini yang dimiliki oleh dunia barat jejaring sistemik yang berkualitas berbeda dengan jejaring sistemik yang dimiliki oleh dunia selatan. Banyak ilmuan-ilmuan dan peneliti yang berasal dari dunia barat karena jejaring sistemik yang dimiliki berkualitas dan sangat baik. jika dibandingkan dengan dunia selatan, ilmuan-ilmuannya sampai ada yang melakukan plagiat dan sulit untuk mengembangkan keilmuannya. Maka dari itu untuk membentuk jejaring sistemik, seseorang harus meningkatkan kualitas diri dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman serta potensi diri dengan ikhlas hati dan pikir.

    ReplyDelete
  15. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Berdasarkan gambar di atas dapat dipahami bahwa untuk menggapai jejaring sistemik diperlukan Will (niat), Attitude (sikap), Knowledge (pengetahuan), Skill (keterampilan), dan Experiences (pengalaman). Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Diawali dengan memiliki niat yang baik dan tulus dalam mengajar, memiliki sikap dan perilaku yang baik sehingga dapat menjadi teladan, memiliki pengetahuan yang kompeten dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang bisa diandalkan, serta memiliki segudang pengalaman yang bermanfaat. Dengan memiliki keempat hal di atas maka guru dapat mencapai idealnya sebagai guru yang sebenar-benarnya.

    ReplyDelete
  16. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Ilmu pengetahuan sebagai hal yang urgen. Diperlukan formula yang tepat untuk ditempuh guna memberikan pengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan setelahnya. Jejaring sistemik yang diterapkan dalam transformasi ilmu pengetahuan dalam arti pemanfaat seluruh fasilitas yang ada. Penyediaan fasilitas sebagai upaya yang kuat, memberikan pelayanan kepada seluruh objek belajar mendapatkan pengetahuan yang diperlukan. Maka sistem yang baik tidak tebatas waktu dan ruang. Tidak terbatas pada keadaan yang menghambat kefektifan dan keefesienannya.

    ReplyDelete
  17. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Segi positif dalam jejaring sistemik sangat baik untuk diterapkan. Bahkan negara negara barat yang maju sudah melakukan dan mengembangkannya. Sedangakan indonesia, yang sekarang pada peringkat tertinggal dalam segi pengembangan sains dan teknologi baru memulai. Maka diperlukan strategi yang tepat dengan jumlah dan geografis yang ada, dan populasi yang tersebar dinusantara.

    ReplyDelete
  18. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Jejaring sistemik dimulai dengan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Dari lima faktor diatas akan dipengaruhi dan dikembangkan dengan nasional ataupun internasional standar yang didukung dengan fasilitas baik material atau non material untuk mengembangkan partisipasi siswa melalui dukungan institusi yang berdasar pada fakta empiris.

    ReplyDelete
  19. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Dalam bagan jejaring sistematik di atas dapat diketahui bahwa untuk dapat menggapai jejaring sistematik tersebut diperlukan beberapa komponen diantaranya yaitu niat, perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Diawali dengan niat yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang baik, me,miliki pengetahuan dan wawasan yang luas, memiliki keterampilan yang mumpuni, serta memiliki pengalaman yang banyak dan bermanfaat. Dengan begitu maka kita dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebaik-baik orang yang berilmu adalah mampu memberikan manfaat kepada orang lain dengan mengamalkan dan mengajarkan. Semakin banyak ilmu diajarkan maka ilmu itu semakin bertambah bagi yang mengajarkannya. Karenanya hendaklah kita yang memiliki ilmu sekecil apapun untuk mengajarkannya.

    ReplyDelete
  20. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    A central theme of science and scientific method is that all evidence must be empirical, or at least empirically based, that is, it should depend on evidence or results that can be observed by our senses. It should be noted here that scientific statements are subject to and derived from our experience or observations and empirical data is based on both observations and experiment results.

    ReplyDelete
  21. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Yang diharapkan untuk pendidikan Indonesia kepada peserta didik saat ini adalah adanya kemauan, sikap, pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang didukung fasilitas, jaringan nasional dan internasional, sumber bacaan, dan sebagainya dari lembaga/institusi mampu mengembangkan prestasi dan kemampuan siswa dalam mengembangkan ilmu dan melakukan penelitian agar sesuai standar internasional.

    ReplyDelete
  22. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    dalam jejaring tersebut terdapat 4 hal yang saling bersinggungan, substansi pembelajaran (kurikulum, silabus, RPP, Buku ajar) yang memiliki standar yang baik tentu dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa, dan dengan adanya dukungan fasilitas yang ada seperti adanya penelitian, dana, teknologi dan dukungan dari instansi-instansi yang ada tentu tujuan dari pembelajaran dapat terealisasi seperti pembelajar dapat menghasilkan kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang diperlukan dalam kehidupan didunia sekarang maupun yang akan datang. inilah tantangan seorang pendidik dalam menyiapkan peserta didik dalam menghadapi dunia.

    ReplyDelete
  23. 16701251016
    PEP B S2

    Dengan sistematis pemahaman terhadap pengembangan pengetahuan meliputi rasa keingintahuan atas obyek yang ada maupun yang mungkin ada. Ketika hendak melakuakn aksi akibat dari sebuah rekasi stimulus adalah berdasarkan tata cara, atau metode yang tidak keluar dari kaidah yang berlaku. Sehingga penerapan ketrampilan dan pengetahuan akan menghasilkan oengalaman, baru maupun pengalaman yang merefleksikan yang dulu ada. Sehingga kedepan akan lebih tau, terhadap apa yang telah dievaluasi dari konsep dan metode pemikiran yang diterapkan

    ReplyDelete
  24. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    enggapai jejaring sistemik berarti guru harus bisa membangun koneksi dengan system dalam pendidikan itu sendiri. Baik dari filosofi, visi dst kemudian hubungannya dengan peningkatan preatasi siswa secara internasional standar, kemudian juga berhubungan dengan bagaima petunjuk empiriknya yang bisa diperoleh lewat lembaga-lembaga terkait, juga berhubungan dengan fasilitas, kemampuan dana yang tersedia. Saya kira dalam karna ini koneksi system, maka guru harus berupaya menghubungkan sub-sub tersebut secaa menyeluruh.

    ReplyDelete
  25. Adanya attitude atau sikap sebagai bagian dari pembentukan jejaring sistemik menunjukkan bahwa karakter seseorang sangat berperan sebagai salah satu penopang penting. Sikap seseorang dalam memandang dunia, dalam visi nya, akan membantu dalam hubungan personal maupun dalam organisasi. Bagi orang Jepang sikap sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Sikap bisa menjadi penentu keberhasilan sekaligus kegagalan tujuan. Bagi orang Indonesia, sikap tercermin dari penerapan etika dalam pergaulan sosial. Jejaring sistemik dapat terbentuk manakala sikap yang ditunjukkan mampu mendapat kepercayaan khalayak.
    Demikian halnya dengan hubungan internasional, bahwa dukungan akan didapat ketika sikap yang ditunjukkan mendapat perhatian khusus.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  26. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Pembelajaran secara formal pada sebuah institusi yang didukung praktek lapangan sebagai fakta empiris; disertai berbagai fasilitas, ICT, penelitian, pendanaan, staff, dan sumber yang memadai (yang akan dapat meningkatkan hubungan nasional maupun internasional); dan peningkatan pemberian penghargaan dan partisipasi (yang akan dapat meningkatkan standar yang ada hingga internasional) akan dapat menghasilkan filosofi, kebijaksanaan/teori pendidikan, pandangan konten matematika, kurikulum, silabus, rancangan pembelajaran dan buku teks. Namun tetap, sebagai penggerak utama dalam pencapaian ini dibutuhkan adanya kemauan, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

    ReplyDelete
  27. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Jejaring sistemik diperoleh dengan beberapa kompetensi seperti keinginan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan juga pengalaman. Kelima unsur tersebut perlu diorganisir dengan baik. Setiap unsur memiliki pengaruh sendiri terhadap jejaring sistemik yang terbentuk.

    ReplyDelete
  28. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Jejaring sistemik membentuk suatu lingkaran yang terus berkaitan. Lingkaran terbentuk dari tiga komponen yaitu pengetahuan, fasilitas, dan subjek pelaku. Pengetahuan dan fasilitas dihubungkan dengan kegiatan membangun koneksi baik nasional maupun internasional. Pengetahuan dan subjek pelaku terhubung berdasarkan standar internasional. Sedangkan subyek pelaku dan fasilitas dihubungkan dengan dukunganyang diberikan oleh institusi

    ReplyDelete
  29. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Dalam pembelajaran matematika, filosofi, teori pendidikan, visi, konten matematika, kurikulum, silabus, rencana pembelajaran, buku pendukung merupakan unsur utama dalam sebuah pembelajaran. Jika semua unsur memenuhi standar internasional akan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa. Dukungan institusi seperti lingkungan empiris di fakultas dan universitas dapat didukung dengan fasilitas, penelitian, anggaran, staf, dan sumber lain yang terkait. Untuk dapat menjelajahi dunia selain hal di atas, yang perlu diperhatikan dari diri individu sendiri seperti niat, sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman. Sehingga jika semua berjalan dengan baik akan dapat diterima dalam ranah internasional.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id