Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Sustainabel _ Photo by Marsigit

33 comments:

  1. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam gambar yang ditampilkan kita disampaikan bahwa dalam suatu proses pengajaran ketika kita sebagai seorang guru maka perlu lah dihadirkan orang tua siswa agar dapat melihat dan memantau secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan oleh sang guru kepada anaknya masing-masing. ketika hal itu terjadi apa yang menjadi kekurangan anaknya dalam proses pembelajaran orang tua dapat melihatnya langsung bukan hanya mendengar keluhan-keluhan yang disampaikan.

    ReplyDelete
  2. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Sustainabel dalam arti yang sederhana adalah berkelanjutan.
    Gambar di atas dapat diinterpretasikan ke berbagai makna, tampak bahwa peserta didik tidak berada dalam jenjang umur yang sama, terlihat ada beberapa anak yang sedang duduk di kursi dan beberapa orang dewasa berdiri mengelilingi. Aatau dapat pula suatu pembelajaran dimana tengah diadakannya penilaian terhadap guru. Atau mungkin makna lainnya.

    Meskipun saya kurang memahami makna foto tersebut namun menurut saya, apabila dikaitkan dengan makna “sustainabel”, maka seorang guru yang sustainabel adalah guru yangtidak hanya memberi materi pelajaran namun juga menanamkan budi pekerti pada siswa. Karena proporsi guru dalam mendidik jauh lebih besar daripada proporsi guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  3. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Di era 21st century, kompetensi yang paling penting dalam pembelajaran adalah pembelajaran yang sustainable atau berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan karakteristik OECD terutama dalam pengembangan diri individu. Untuk memenuhi pembelajaran yang berkelanjutan maka diperlukan guru yang sustainable yang paham akan karakteristik sustainable teaching. Jadi, siswa merupakan long life learner dimana ilmu pengetahuan tidak hanya berhenti di kelas saja, tapi juga bisa dilakukan di rumah. Bukan berarti di sekolah belajar dan rumah bukan tempat belajar. Disitulah peran penting orang tua untuk menanamkan nilai nilai pengetahuan dan spiritual kepada diri anak.

    ReplyDelete
  4. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Ilustrasi gambar diatas menggambarkan tentang salah satu pendekatan guru yang menggapai sustainable teaching dengan melibatkan orang tua yang merupakan guru sesungguhnya anak-anak ketika dirumah. Sehingga, orang tua mengetahui secara bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan dan mengamati perkembangan anak didiknya. Dari situ, orang tua bisa melejitkan potensi anak dan tidak memaksa anak mengikuti track yang sudah ditetapkan orang tua.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Salah satu pendekatan sistem penilaian yang dilakukan adalah mengembangkan penilaian yang sustainable jadi orang tua tidak hanya mengetahui perkembangan anak melalui deretan angka di raport anak, tetapi dapat melalui class visit yang mungkin diadakan dalam periode tertentu. Hal ini sangat menarik apabila diterapkan di Indonesia sehingga orang tua tidak terlalu menyalahkan guru dan terlalu membela anak seperti pada kasus yang pernah terjadi akhir-akhir ini yaitu tentang penganiayaan guru yang dilakukan oleh oknum orang tua.

    ReplyDelete
  6. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari foto di atas terlihat bahwa pembelajaran siswa di dalam kelas diamati oleh beberapa observer yang tidak sedikit. Foto di atas bisa jadi sedang diadakan penelitian lesson study. Tentunya penelitian tersebut akan sangat bermanfaat, namun jangan sampai para observer tersebut malahan membuat siswa merasa tidak nyaman dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Karena terlihat di dalam foto ruang kelas sampai penuh dengan adanya observer yang tidak sedikit.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  7. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    sustainable berarti kesinambungan. guru sustainable berarti guru yang secara berkesinambungan menjalanakn fungsinya sebagai guru. guru dapat dikatakan secara berkesinambungan menjalankanfunsgsinya sebagai guru hanya ketika guru tersebut konsisten dengan tugas keguruannya, konsisten bahwa tanggung jawab untuk memajukan pendidikan bukan hanya ada di pundakpemerintah, tetapi lebih dari itu juga berada di pundaknya. memadnang pendidikan sebagai tanggung jwab pribadi merupakan hakikat dari guru yang sustainable.

    ReplyDelete
  8. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Guru yang sustainable adalah guru yang mau melakukan perubahan di dalam kelas dan berinovasi dalam pembelajaran agar membuatnya lebih baik. Salah satu cara untuk menginovasi pembelajaran adalah dengan studi banding, yaitu melihat secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru lain yang memiliki metode pengajaran yang baik. Seperti yang terlihat dalam gambar di atas, para guru yang mengikuti studi banding, mengamati dan mempelajari bagaimana caranya guru lain melaksanakan pembelajaran serta memberikan evaluasi yang berguna sebagai masukan untuk guru yang mengajar.


    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  9. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukkan-masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Guru yang Sustainabel berangkat dari bagaimana dia berusaha mengevaluasi PBM yang dilaksanakan, agar apa yang dilaksanakan di kelas dapat dilanjutkan jika memang sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dari gambar di atas terlihat bahwa guru secara terbuka untuk menerima masukan-masukan, untuk menilai guru guna memperbaiki proses pembelajaran ataupun untuk mengubah metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  10. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Sustainabel berarti berkelanjutan. Guru yang sustainabel adalah guru yang memiliki kemampuan untuk berkelanjutan dalam mengajar. Berkelanjutan artinya dalam mengajar diperlukan pembangunan-pembangunan. Terlihat dalam gambar guru-guru sedang mengamati pembelajaran di kelas serta memberikan catatan. Negara Belanda menerapkan team-teaching, merekam pembelajaran, kemudian mengevaluasi bersama. Guru yang sustainabel harus bisa menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi dilakukan agar pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik diharap dapat lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Inovasi tidak hanya dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran namun menciptakan suasana belajar menjadi terpusat pada siswa, sedemikian hingga mengonstruksi sendiri konsep pengetahuannya. Selain pembelajaran yang inovatif, juga harus diperhatikan spiritualisme karena kita hidup di negara beragama.

    ReplyDelete
  11. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Sustainable dapat bermakna berkelanjutan. Dari foto diatas, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran dihadirkan orang tua yang mengamati proses pembelajaran sebagai bentuk lanjut dari proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru di sekolah. Hal ini baik dilakukan terutama agar orang tua sebagai madrasah pendidik pertama di rumah bagi anak tidak hanya sepenuhnya menyerahkan prinsip mengajar dan mendidik kepada guru. Dengan cara sesekali melibatkan orang tua seperti ini, akan timbul komunikasi dan pemahaman yang baik dalam diri orang tua bagaimana anak dididik, dibina dan diajar oleh guru di sekolah. Selain itu guru yang sustainabel juga dapat lebih terbuka dalam upaya memperbaiki diri dalam proses belajar mengajar di sekolah.

    ReplyDelete
  12. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Arti dari sustainable adalah berkelanjutan. Pada gambar di atas terlihat orang tua siswa ada di dalam kelas untuk mendampingi anaknya. Orang tua siswa terlihat sedang mendengarkan atau menilai pengajaran dari guru. Menggapai guru yang sustainable disini adalah guru yang berkelanjutan dengan cara meminta orang tua siswa untuk menilai dan memberikan masukan bagaimana cara guru mengajar agar guru dapat merefleksikan cara mengajarnya, yang mana harus diubah dalam gaya mengajarnya agar guru dapat mengembangkan inovasi belajarnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  13. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari foto di atas, terlihat banyak sekali pengamat entah itu guru atau masyarakat yang boleh menyaksikan kegiatan belajar mengajar di suatu kelas. Dari pengamatan yang dilakukan, pasti banyak sekali hal yang didapatkan. Pengamat dapat memberi masukan mengenai cara guru mengajar, memberikan evaluasi, dan saran demi inovasi perbaikan metode pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  14. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Sustainabel dalam arti keterbukaan, berkelanjutan. Pada gambar tersebut terlihat bahwa banyak observer yang sedang mengamati seorang guru. Dari hasil pengamatan, akan di evaluasi setelah pembelajaran selesai berlangsung. Untuk itu seorang guru harus bersifat terbuka terhadap masukan-masukan yang masuk dari pengamatan. Hal ini bertujuan untuk menjadikan proses pembelajaran yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Sustainabel dapat diartikan bekelanjutan sehingga guru sustainable adalah guru yang mampu menjalankan fungsinya secara berkelanjutan. Menurut pemahaman saya gambar di atas mendeskripsikan pembelajaran di kelas dimana ada beberapa orang dewasa ditugaskan untuk menilai kemampuan dan kinerja guru dalam mengajar. Menurut hemat saya ini adalah suatu tindakan yang baik karena guru tidak mungkin dapat mengajar secara sempurna karena itu guru memerlukan masukan atau saran-saran dari orang lain untuk dijadikan bahan introspeksi agar dapat lebih memperbaiki diri lagi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas demi mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan

    ReplyDelete
  16. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Guru sebagai figur dan edukator wajib paham tentang ilmu yang diajarkan. Ilmu pengetahuan terus selalu diupgrade secara berkala. Selain itu strategi mentransformasi materi juga harus dikuasai. Psikologi yaitu ilmu kejiwaan adalah mutlak harus tahu, karena mengajar bukan hanya menyampaikan materi, tetapi bagaimana anak berkembang dan memiliki emosi yang stabil serta motivasi menjalani kehidupan selanjutnya.

    ReplyDelete
  17. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Siswa sebagai objek pengetahuan harus dipahami oleh semua pendidik. Bahwa siswa sebagai anak yang kecil sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Yang memerlukan bantuan dan dukungan sehingga proses tumbuhnya mendapat nilai yang mendukung perkembangannya. Juga yang perlu harus diingat bahwa. Anak tidak hanya difasilitasi pengetahuan yang berdimensi materi saja. Namun pemenuhan nilai moral dan spiritual sebagai pondasi yang amat penting sebagai bekal mereka pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  18. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Saya akan mencoba mengutarakan pendapat saya untuk menjadi guru yang sustainable. Guru itu memiliki tugas untuk mendidik peserta didik. Awalnya, guru harus memahami betul bagaiamana karakteristik siswanya. Guru juga harus memiliki metode inovatif di dalam pembelajaran sehingga tidak menggunakan metode tradisional. Guru harus memiliki fleksibilitas di dalam pembelajaran. Berkelanjutan di sini mungkin yang dimaksud adalah guru yang tidak hanya setengah-setengah dalam mengajar. Tidak hanya menyampaikan materi saja namun juga berkelanjutan mendidik karakter siswa.

    ReplyDelete
  19. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Tugas guru adalah mendidik dan mengajar peserta didik. Proporsi guru dalam mendidik murid adalah lebih besar dari pada proporsi kewajiban guru dalam mengajar. Mendidik lebih dari sekedar mengajar, mendidik berarti memelihara, merawat dan memberi latihan agar seseorang memiliki pengertian tentang akal budi dan sopan santun sesuai norma, sedangkan mengajar hanya berbentuk penyampaian ilmu secara tersurat kepada peserta didik. guru yang sustainable ialah guru yang telah menjadi guru yang terbuka dan mau diobservasi oleh pihak luar yang berkopeten dan ahli di bidangnya, sehingga guru dapat memperoleh masukan atau yang lain untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya.

    ReplyDelete
  20. MARTIN/RWWANDA
    PPS2016PEP
    Academic learning is overated nowadays. However, for a child it is more important to learn to be happy, to be optimistic, to be able to rethink things and be an innovator, it is important to learn to meditate and appreciate the power of gratitude... And above all, it is important to recognise that we belong to nature and not the other way round. So lets change the way we teach!! Lets start teaching what really matters combined with academic knowledge and allow people to be whole and happy!!

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWWANDA
    PPS2016PEP
    Academic learning is overated nowadays. However, for a child it is more important to learn to be happy, to be optimistic, to be able to rethink things and be an innovator, it is important to learn to meditate and appreciate the power of gratitude... And above all, it is important to recognise that we belong to nature and not the other way round. So lets change the way we teach!! Lets start teaching what really matters combined with academic knowledge and allow people to be whole and happy!!

    ReplyDelete
  22. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Menjadi guru sustainabel adalah kekonsistenan dalam berkarir untuk menjadi seorang pendidik, yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan zaman itu cukup menantang. Terus berinovasi untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang diajarkan. Serta berinovasi untuk memberikan pengalaman kepada siswa.

    ReplyDelete
  23. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Menjadi guru yang Sustainabel tentu memerlukan upaya yang sangat keras, karena guru yang Sustainabel adalah guru yang selalu berupaya untuk mengembangkan kemampuan dibidang mengajar, berupaya dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia pendidikan untuk kemajuan dunia pendidikan. sejalan dengan foto yang ditampilkan tampak beberapa observer dalam kegiatan lesson study dalam upaya melihat langsung masalah apa yang terjadi selama pembelajaran dan bagaimana seorang guru menyelesaikannya. sumbangsih pemikiran, teknik, metode, dll seperti ini diperlukan agar kemampuan guru berkembang dan berkelanjutan (Sustainabel).

    ReplyDelete
  24. 16701251016
    PEP B S2

    proses pembelajaran yang bekelanjutan dapat bermakna sebuah pembelajaran yang menerapkan pola berfikir agar siswa tidak terlalu bersikap instan dengan segala kemudahan tanpa suatu usahan maksimal, dan disisi lain penerapan yang menonjol adalah tidak mengajarkan untuk menjadi seorang siswa yang konsumtif, dalam artian luas tidak hanya mengikuti guru saja. Namun berkelanjutan, adalah untuk terys eksplor ketika ada satu topik permasalahan, maka menggunakan pemikiran kritis dan logis mengembangkan permasalahan, meneukan permasalahan yang relavan atau hampir sama sehingga dengan kegiatan eksplornya akan ditemukan sendiri hasil maupun konsep bagi dirinya sendiri yang dianggap lebih mudah dan melekat untuk jangka waktu yang lebih relatif lama bagi dirinya

    ReplyDelete
  25. Kewajiban guru tidak hanya mengajar saja tetapi lebih dari itu. Bagaimana keberlanjutan materi sangat penting. Materi pembelajaran bukan hanya in class tapi juga diluar kelas. Sehingga keterlibatan stakeholder penting ketika program pembelajaran memerlukan umpan balik untuk perbaikannya.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  26. Model pembelajaran in class mutlak sudah mulai berkurang. Pembelajaran sekarang juga memperhatikan keberlanjutannya dengan fenomena lingkungan sekitarnya. Materi yang aplikatif dengan persoalan lingkungan akan membantu siswa untuk lebih kreatif dan mencari solusi apabila persoalan tersebut ada suatu ketika. Ada keberlanjutan yang disesuaikan dengan masalah disekitarnya.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  27. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    menjadi guru yang sustainable saya kira adalah tetap menjaga kualitas dan kapabilitas dari waktu kewaktu. Dari waktu kewaktu berarti harus selalu mampu menyesuaikan dengan tuntutan akan pengembangan kualitas dan kapabilitasnya. Karna dari waktu ke waktu keadaan berubah berkembang dan maju sehingga berimbas juga pada pendidikan dan kredibilitas guru.

    ReplyDelete
  28. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya (sustainabilitasnya) dalam pemebelajarannya. Sustainabilitas guru dapat dilihat dari keberlanjutan program-program pembelajaran yang telah dirintis sebelumnya dan bahkan berkembang menjadi program-program baru yang belum pernah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Guru yang sustainable merupakan guru yang dapat memberikan perannya secara aktif dalam Education for Suistanable Development (ESD). Dimana dalam ESD guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat, fokus pada kualitas, dan partisipatif, artinya semua obyek dan subyek pembelajaran ikut berperan aktif dalam segala aspek. Pendidikan berkelanjutan merupakan pendidikan yang memperhatikan perkembangan pada lingkungan, sosial, dan ekonomi.

    ReplyDelete
  30. Dari gambar yang di post oleh Prof Marsigit, MA,yang paling penting dalam pembelajaran adalah pembelajaran yang Sustainabel atau berkelanjutan.Hal ini sesuai dengan pengembangan diri individu untuk memenuhi pembelajaran yang berkelanjutan maka diperlukan Guru yang Sustainabel,jadi siswa merupakan long life learner dimana ilmu pengetahuan tak hanya berhenti di kelas saja, tetapi bis ajuga dilakukan di rumah. Disitulah peran penting orang tua untuk menanamkan nilai-nilai pengetahuan dan spiritual kepada diri si anak.

    M. Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  31. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru profesional atau berkelanjutan adalah guru yang memiliki keahlian, tanggung jawab,dan rasa kesejawatan yang di dukung oleh etika dan profesi yang kuat serta kualifikasi kompetinsi yang memadai.

    M. Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  32. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari gambar tersebut, terlihat bagaimana supervisor meneliti perkembangan proses pembelajaran di kelas. Dalam kegiatan tersebut, guru dapat memperbaiki dan mengembangkan cara mengajar kepada siswa dengan saran yang diberikan oleh para supervisor. Dengan hal tersebut, tujuan pembelajaran yang diinginkan in syaa Allah akan mudah dicapai. Namun, sayangnya saat ini peran guru sulit terealisasi dalam sistem kapitalis sekarang.

    Menurut hizbuttahrir (2014) dalam Islam, Peran Guru tentu berbeda dengan apa yang dikehendaki ideologi Kapitalisme. Guru tak hanya dituntut untuk menyiapkan anak didiknya untuk mampu bergulat di tengah dunia industri berikut kompetensi yang dibutuhkannya. Dalam Islam, setidaknya ada tiga hal strategis yang menjadi tugas guru. Antara lain;

    Pertama; Mendidik anak didiknya untuk berkepribadian Islam. Poin pertama ini sejatinya merupakan representasi peran guru sebagai pendidik untuk mengarahkan anak didiknya –dalam posisinya sebagai manusia-, agar hidup segaris dengan apa yang menjadi tujuan penciptaannya dimuka bumi oleh Allah Swt, sebagaimana yang tertuang dalam firman-Nya;”Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku” [TQS;Adz-Dzariyat;56].

    Kedua, Menjadi teladan bagi anak didiknya. Tak hanya memberikan pemahaman yang benar untuk anak didiknya, guru juga mesti menjadi teladan. Artinya, berbagai pemahaman islam yang disampaikannya pada anak didiknya, mesti pula ia lakoni. Dengan keteladanan, tentu anak didik yang diberikan pemahaman akan mudah mencontohnya, dan ini membuat proses pembentukan kepribadian lebih cepat.

    Ketiga, Mendidik anak didiknya dengan keahlian dan spesialisasi di berbagai bidang. Guru tak hanya menanamkan berbagai konsep dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi anak didik dalam medan hidupnya dengan pola pikir dan pola sikap yang islami, guru juga bertanggung jawab untuk memberikan keahlian dan spesialisasi dalam beragam aspek yang dibutuhkan umat. Misalkan, pengetahuan mengenai kimia, fisika, biologi, permesinan, kedokteran, transportasi dan sebagainya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  33. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    guru sustainabel adalah guru yang berkelanjutan, terus belajar, yang secara terus-menerus atau secara berangsur-angsur berupaya untuk selalu memperbaiki diri ataupun memperbaiki cara mengajarnya, mempunyai gambaran atau proyeksi ke depan baik tentang pekertinya, cara mengajar, materi dan yang lainnya.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id