Nov 23, 2012

Menggapai Guru yang Akuntabel (dapat dipercaya) _ Photo oleh CRICED



31 comments:

  1. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    untuk menjadi guru yang dapat dipercaya oleh siswa dan juga orang tua siswa tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan, karena perlu adanya kreatifitas dari guru itu sendiri dan juga tekhnik-tekhnik penyampaian dimana sang anak dapat menerimanya dengan baik. ketika hal itu terpenuhi maka siwa akan dengan rileks dan antusias terhadap materi apapun yang akan kita sampaikan sebagai guru.

    ReplyDelete
  2. 16701251016
    PEP B S2
    Tidaklah mudah menjadi guru, perlu bekal yang cukup. Bekal pedagodi, bekal wawasan, serta bekal pengalaman. Pengalaman ini adalah jam terbang, maka tiada mungkin guru pemula langsung mendakat predikat akubtabel. Merangkak, semuanya dari bawah kemudian meningkatkan kualutasnya, hingga tercapai guru yang akuntable. Namun di masa ini sudah menjadi fenomena bahwa guru sudah tidak dihargai, ini menjadi PR kita senua, ataukah gurunya kurang profesional ? Ataukah memang nilai nilai pada anak jaman sekarang sudah terkikis oleh pola hidup yang bukan mencerminkan nilai bangsa sendiri. Senantiasa berdoa agar martabat guru, martabat bangsa kita tercinta selalu dijaga oleh yang kuasa

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dalam foto ini terlihat interaksi seorang guru dengan muridnya yang banyak. Proses pembelajaran yang dilakukan juga tidak tampak seperti biasanya, bukan di ruang kelas namun di gedung olahraga (sepertinya basket). Dalam foto tersebut tampak anak-anak begitu aktif menikmati proses pembelajaran, raut yang bahagia.
    Dengan melihat fotonya saja, aura positif dalam foto ini sudah sangat terasa. Maka seharusnya pembelajaran yang baik adalah guru yang dapat membuat suasana kelasnya menjadi kelas yang menyenangkan, sehingga murid mempercayainya dan ilmu yang diajarkan lebih mudah diserap siswa.

    ReplyDelete
  4. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Guru merupakan salah satu faktor sentral atau yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Karena mutu pendidikan ditentukan oleh kompetensi guru. Mutu pendidikan menjadi kurang baik apabila kompetensi guru juga kurang baik. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran maka diperlukan guru yang profesional. Salah satu ciri guru yang profesional adalah guru yang akuntabel atau dapat dipercaya dalam mendidik generasi bangsa. Karena nasib bangsa ini kedepan bergantung pada mutu guru yang berimbas pada mutu siswa dan mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Guru yang akuntabel dapat dipercaya baik oleh siswa, orang tua serta instansi pendidikan. Karakteristik guru yang akuntabel mungkin sama dengan guru yang profesionalitas meliputi Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

    ReplyDelete
  6. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Indonesia sebenarnya sudah berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan kompetensi guru yang akuntabel melalui beberapa program. Baik melalui PLPG maupun PPG atau pendidikan profesi guru. Semoga mutu pendidikan di Indonesia mulai menunjukkan sinarnya melalui tumbuhnya guru-guru yang mempunyai akuntabilitas dan profesionalitas.

    ReplyDelete
  7. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Untuk dapat menjadi guru yang dapat dipercaya itu tidaklah mudah. Membutuhkan kemampuan yang handal dari seorang guru untuk mendapatkan kepercayan dari seorang murid. Namun apabila guru sudah dapat dipercaya, bahkan murid itu sendiri sudah mempunyai rasa kepercayaan terhadap matematika, maka pembelajaran tentunya akan berlangsung lebih bermakna.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  8. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    akuntable berarti dapat dipercaya, guru yang akuntable berarti guru yang dapat dipercaya oleh segenap stakeholder, baik itu siswa, orang tua, dan institusinya. guru yang akuntable dipercaya bahwa dia dapat menjalankan fungsi keguruannya dengan baik, menjalankan fungsi keguruan dalam arti bukan hanya menjalankan fungsi profesional yaitu mengajar, tetapi juga menjalankan fugsi guru yang sebenarnya yaitu mendidik.

    ReplyDelete
  9. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Akuntabilitas dapat diartikan sebagai dapat dipercaya. Jadi guru yang akuntabel adalah seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa.Robert Havighurst, berpendapat akuntabilitas bukan tanggung jawab guru dan kepala sekolah semata. Orang lain juga berkewajiban bertanggung jawab atas kinerja murid, mereka juga harus bertanggung jawab jika kita menggunakan model yang konstruktif. Ini termasuk orang tua, warga masyarakat, anggota dewan sekolah, pembayaran pajak dan yang paling penting siswa itu sendiri. Kembali pada gambar di atas, terlihat proses pembelajaran yang tercipta begitu menarik dan siswa pun sangat antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh adanya kepercayaan siswa dan orang tua yang diberikan kepada guru untuk mendidik dan memfasilitasi siswanya untuk belajar. Untuk menciptakan rasa percaya terhadap guru salah satunya adalah melihat bagaimana kualitas, kreativitas dan kompetensi guru tersebut.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Akuntabel secara bahasa artinya adalah dapat dipercaya. Guru yang akuntabel adalah guru yang dalam pembelajaran di kelas dapat dipertangungjawabkan dalam segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Menjadi guru yang seperti itu tentunya bukanlah perkara mudah, guru harus menggunakan teknik dan prosedur yang tepat dalam pembelajaran. Dalam gambar terlihat bahwa guru-guru sedang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu pembelajaran kooperatif yang menggunakan media dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif merupakan metode yang tepat dalam membuat peserta didik aktif dan mengarah kepada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kooperatif merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran bermakna. Tidak hanya kooperatif, namun masih banyak metode pembelajaran yang baik seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kontekstual, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari metode tersebut dapat dikombinasikan, disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Guru harus peka, pembelajaran yang seperti apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Jika pembelajaran bermakna, maka hasilnya pasti dapat dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete
  12. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Akuntabel berasal dari bahasa inggris Accountable yang terdiri dari kata “Account” yang berarti menghitung dan “Able” yang berarti mampu. Makna akuntabel sendiri berarti dapat dipercaya atau dapat dipertanggungjawabkan. Seorang yang akuntabel berarti seorang yang dapat dipercaya. Guru yang akuntabel berarti guru yang dapat dipercaya melalui karya-karyanya yang diakui dan dipercaya oleh banyak pihak yang terkait dengan assessment. Seorang guru yang dapat dipercaya juga harus mengayomi dan memberikan teladan yang baik bagi siswa kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete
  13. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Guru yang akuntabel berarti guru yang dapat dipercaya dan dapat mempertanggungjawabkan teknik, metode, prosedur, maupun hasil dalam proses pembelajaran di kelas. Menjadi guru yang seperti itu tentunya bukanlah perkara mudah. Dari foto di atas, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk menjadi guru yang akuntabel, seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar. Guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer. Karena dari penampilannya itu, para observer akan dapat menilai apakah guru itu akuntabel atau tidak. Kebanyakan guru masih takut untuk menunjukkan bagaimana metodenya dalam mengajar, dan cenderung melakukan akting saat ada pengawas yang datang.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  14. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Guru yang dapat dipercaya adalah guru yang dapat bertanggungjawab kepada muridnya, memberikan kesempatan bagi siswanya untuk berkembang, guru yang tidak memaksakan setiap siswanya harus sama, guru yang menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajaran, guru yang dapat membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sehingga siswa dapat belajar dengan baik. Guru yang dapat dipercaya juga guru yang dengan senang hati mendapatkan masukan dan nasehat dari cara mengajarnya. Tidak hanya dapat bertanggung jawab kepada muridnya, tapi dapat juga bertanggung jawab kepada wali murid, kepala sekolah, masyarakat, negara, dan pendidik lainnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  15. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Dalam dunia pendidikan, untuk dapat menjadi guru yang dapat dipercaya maka kita harus mampu menunjukkan kepada orang lain bahwa matematika itu adalah suatu kegiatan. Guru yang akuntable adalah guru yang antara dapat menyatukan antara teori dan praktek dalam pembelajaran. Dan ini menjadi pekerjaan bagi kita semua untuk menjadikan pendidikan di Indonesia lebih baik

    ReplyDelete
  16. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Salah satu cara agar kita bisa menjadi guru yang akuntabel, kita harus peka dengan perkembangan perkembangan siswa, teknologi, menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang telah melaju cepat mengikuti jaman. Selain itu, kita harus tetap belajar dan belajar meskipun kita sudah berpendidikan tinggi atau sudah berpengalaman dalam mengajar. Hal tersebut bermksud agar keterampilan dan kemampuan kita baik dalm mengajar maupun dalam bematematika bertambah agar tidak diragukan oleh siswa.

    ReplyDelete
  17. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Untuk menjadi guru yang akuntabel maka guru harus mampu menyelaraskan apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan, misalnya ketika memberikan PR dan minggu depan akan diperiksa dan dikumpul maka pada minggu depan harus benar-benar dilakukan, dan guru juga harus mampu untuk menghadirkan pembelajaran yang berkualitas dengan melakukan pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas dan berpikir kritis siswa. serta guru harus mampu mengemas materi pembelajaran agar dapat lebih mudah diserap dan dipahami siswa dengan berusaha masuk ke dalam dunianya siswa, sehingga siswa akan percaya bahwa apa yang dia pelajari benar-benar ada dalam kehidupannya. Apabila guru telah mampu membangun kepercayaan siswa kepada dirinya maka proses pembelajaran akan berlangsung jauh lebih mudah, bisa dilihat dari gambar di atas dimana ada begitu banyak sekali siswa yang mengikuti pembelajaran tetapi fokus pandangan mereka tetap tertuju kepada guru

    ReplyDelete
  18. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Guru yang dapat dipercaya. Wah, menurut saya itu memang sulit. Namun sebagai manusia dan pendidik, kita harus belajar dan belajar untuk menjadi guru yang dapat di percaya. Guru yang dapat dipercaya adalah hak untuk mendidik anak dilimpahkan sepenuhnya kepada guru. Orang tua tidak perlu khawatir kepada anaknya ketika anaknya belajar di sekolah. Kasus-kasus dan masalah yang ada di Indonesia dimana anak dilecehkan atau dipukul atau dikerasi oleh guru, kemudian orang tua melaporkan pada pihak berwajib dan komnas ham. Hal ini menunjukkan bahwa guru belum bisa dipercaya. Kembali lagi pada diri sendiri untuk bisa menanamkan rasa ikhlas dan tulus dalam mendidik.

    ReplyDelete
  19. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Tokoh sentral dalam pendidikan adalah guru. Objek pendidikannya adalah siswa. Penengah antara keduanya adalah emosional. Variabelnya adalah materi pembelajaran. Kurikulumnya kehidupan. Nilainya adalah moral dan perubahan. Ruang Kelasnya dimanapun. Absensinya keikhlasan dan keperdulian. Cita-citanya adalah peradaban manusia. Sebagai guru maka apa perannya sudah dilakukan disaat menerapkan pembelajaran kepada siswa?

    ReplyDelete
  20. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    “kepercayaan”, sinonimnya dengan akuntabel, kejujuran, bermoral, amanah, bertanggung jawab, memenuhi hak, mengambil sesuai miliknya, tidak menyalahi aturan, dan sebagainya. Kontradiksinya adalah kecurigaan, tidak dapat diandalkan, berbuat curang, berbuat menyalahi aturan, beraktifitas yang tidak sesuai rule of low, menipu, mengambil keuntungan, tidak bertanggung jawab, merampas hak dan sebagainya. Dalam konteks guru maka guru yang baik adalah guru yang berperan sebagai pendidik yang mengayomi anak didiknya atas dasar sikap yang paling dicintai

    ReplyDelete
  21. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Akuntabilitas artinya bagaimana seorang guru bisa dipercaya, baik dipercaya oleh siswa maupun juga dipercaya oleh orang tua siswa. Sedangkan sustainabel, yaitu salah satu sifat yang harus dimiliki oleh guru adalah keterbukaan, dalam arti terbuka dalam menerima masukkan-masukkan, saran maupun kritik dari orang lain. Menjadi guru yang akuntabel, seorang guru harus mampu dan mau menunjukkan bagaimanakah cara dia mengajar. Guru akan dapat dipercaya oleh orang lain dengan cara memperlihatkan metode pembelajaran yang ia selenggarakan di depan para observer. Karena dari penampilannya itu, para observer akan dapat menilai apakah guru itu akuntabel atau tidak.

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    No one is suggesting that we can't improve educational outcomes but pretending that a severely biased reading of an immaterial report somehow confirms the need for highly suspect partisan solutions could be the best example of where our school systems really do need to improve.

    ReplyDelete
  23. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    No one is suggesting that we can't improve educational outcomes but pretending that a severely biased reading of an immaterial report somehow confirms the need for highly suspect partisan solutions could be the best example of where our school systems really do need to improve.

    ReplyDelete
  24. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Menjadi guru yang dapat dipercaya tidaklah mudah. Namun, ketika siswa menjadi percaya kepada seorang guru maka kemanapun siswa itu pergi dia akan selalu mengingat apa yang gurunya sampaikan. Untuk menjadi guru yang dapat dipercaya, maka haruslah kembali kepada pribadi masing-masing guru. Pribadi yang welcome dan menyenangkan, serta adanya ilmu pengetahuan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan, mampu membuat guru mendapatkan kepercayaan dari siswa bahwa seorang guru berkompeten dan dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  25. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Menjadi guru yang akuntabel adalah guru ketika proses pembelajaran dapat dipertanggungjawabkan pembelajarnnya. Selain itu juga dipercaya oleh siswa dan wali murid. Dalam pembelajaran juga menjadi seorang guru yang menarik dari siswa. Hal itu diperoleh dari pengalaman yang dialami oleh guru tersebut. Kita harus berusaha mencari pengalaman untuk mengembangkan diri kita.

    ReplyDelete
  26. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs PEndidikan Matematika

    Guru yang akuntabel adalah guru yang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. profesional yang mana berarti bahwa guru menjadi sosok panutan yang menjadikannya dipercaya oleh siswa maupun orang yang mempercayakannya. label akuntabel menjadikan guru tersebut sebagai sosok yang berkompeten, kompeten dalam hal pembelajaran baik inovasi, kreatifitas, menyenangkan, dan lain-lain. impian untuk seorang calon pendidik tentu menjadi sosok yang akuntabel untuk lingkungannya.

    ReplyDelete
  27. Foto diatas sangat menarik, karena seorang guru mampu menarik perhatian sekian banyak siswanya, artinya ada metode yang diterapkan sang guru untuk membuat siswanya mengarahkan perhatian kepadanya. Artinya juga sang guru mendapat simpati dan kepercayaan sekian banyak siswa saat ia memberikan materi atau penjelasan tertentu.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  28. Menjadi guru yang akuntabel menurut saya adalah sejauhmana guru dapat menguasai materinya, mampu memberikan solusi bagi kesulitan siswanya dengan baik, mau mendengarkan apapun yang dikatakan siswanya, konsisten dalam ucapan dan tindakan sehingga mendapatkan kepercayaan siswanya. Dalam era digital ini kemampuan menguasai materi formal dan non formal sangat penting karena siswa akan bertanya pada hal-hal diluar materi utama. Disini kemampuan guru yang handal sangat diperlukan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  29. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    guru yang akuntabel saya kira tidak hanya bertanggung jawab atas program keprofesionalnya. Tapi lebih dari itu guru menjadi salah satu orang menentukan terhadap cemerlangnya masa depan seorang individu. Jika hal ini dicapai guru kepercayaan dari semua pihak khususnya siswa dan masyarakat yang menjadi sasaran pekerjaan guru tidak perlu dikhawatirkan. Salah satu caranya adalah selalu berusaha berinovasi, berkreasi dan mengembangkan cara-cara yang terbaik dalam menjalankan kegiatan pengajaran didalam kelas.

    ReplyDelete
  30. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Pada dasarnya akuntabilitas oleh guru adalah bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan guru terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Untuk menggapai guru yang akuntabel bisa dilakukan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan prestasi program yang dicapai dan dilaporkan kepada pemerintah, orangtua siswa, maupun masyarakat. Berdasarkan laporan tersebut maka pemerintah dapat menilai sekaligus memberikan feedback apakah program telah mencapai tujuan yang dikendaki atau tidak. Demikian pula, para orangtua siswa dan anggota masyarakat dapat memberikan penilaian dan feedback apakah program ini dapat meningkatkan prestasi anak-anaknya secara individual dan kinerja sekolah secara keseluruhan. Jika berhasil, maka orangtua peserta didik perlu memberikan semangat dan dorongan untuk peningkatan program yang akan datang. Jika kurang berhasil, maka orangtua siswa dan masyarakat berhak meminta pertanggungjawaban dan penjelasan guru atas kegagalan pembelajaran yang telah dilakukan guru. Dengan cara ini, maka guru akan lebih fokus dalam melaksanakan pembelajaran pada tahun-tahun yang akan datang.

    ReplyDelete
  31. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Guru yang akuntable adalah guru yang dapat dipercaya dan dapat mempertanggunjawabkan segala yang terkait dalam pembelajaran, baik manajemen kelas, metode pengajaran, penilaian dan evaluasi. Guru yang akuntable dapat memberikan pengaruh ataupun contoh yang baik dalam kegiatan pembelajaran. Bertanggungjawab terhadap administrasi, keprofesionalan, dan memberikan kontribusi dalam pendidikan secara nyata.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id