Nov 26, 2012

LOGICAL FALACY_ Documented by Marsigit



Logical fallacy

 

The argument presupposes its conclusion: one of the premises assumes that the conclusion is true. An argument that begs the question should not convince anyone. 

In the opposite direction is the fallacy of argument from authority. A classic example of this is the Ipse dixit — "He himself said it" — used through the Middle Ages in reference to Aristotle. A modern use is "celebrity spokepersons" in advertisements: that product is good because your favorite celebrity endorses it. 

While an appeal to authority is always a logical fallacy, it can be an appropriate rational argument if, for example, it is an appeal to expert testimony—a type of inductive argument

By definition, logical fallacies are invalid, but they can often be written or rewritten so that they follow a valid argument form; and in that case, the challenge is to discover the false premise, which makes the argument unsound.

27 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Logical fallacy atau kekeliruan logika adalah argumen rasional yang sesuai jika didasarkan pada pemikiran ahli atau orang terkenal. Semisal, kita lebih mempercayai suatu produk melalui testimoni artis daripada teman atau orang biasa. Padahal belum tentu artis itu sudah menggunakan produk tersebut.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Fallacy didefinisikan secara akademis sebagai kerancuan pikir yang diakibatkan oleh ketidakdisiplinan pelaku nalar dalam menyusun data dan konsep, secara sengaja maupun tidak sengaja. Logical falacy memiliki arti kesesatan pemikiran berlogika. Argumen yang dimiliki oleh logical falacy sering menggunakan pola yang mengaburkan logika yang membuat suatu kesalahan yang dimana komponen kesalahan berlogika juga menyebar untuk mematahkan suatu argumen.

    ReplyDelete
  3. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Logical Fallacy adalah kekeliruan atau kesalahan dalam berlogika. Dalam hal yang lebih ekstrim Logical Fallacy berarti kesesatan pemikiran berlogika. Kalau disederhanakan, logical fallacy berarti pendapat yang tujuan akhirnya adalah misleading point. Akhirnya para pihak yang sedang berpendapat jadi hilang arah dan fokus, tentang apa yang dibicarakan.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ilmu logika lahir bersamaan dengan lahirnya Filsafat Barat di Yunani. Dalam usaha untuk menyebar luaskan pemikiran-pemikirannya, para filusuf Yunani banyak yang mencoba membantah pemikirannya dengan para filusuf lainnya dengan menunjukkan kesesatan penalarannya. Sejak awal, logika telah menaruh perhatian atas kesesatan penalaran tersebut. Kesesatan penalaran ini disebut dengan kesesatan berfikir (fallacia/fallacy). Kesesatan berfikir adalah proses penalaran atau argumentasi yang sebenarnya tidak logis, salah arah dan menyesatkan. Ini karena adanya suatu gejala berfikir yang disebabkan oleh pemaksaan prinsip-prinsip logika tanpa memperhatikan relevansinya.

    ReplyDelete
  5. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kesalahan logika atau Logical fallacy merupakan argument yang mengandaikan kesimpulan dan argumentna tidak harus meyakinkan orang lain, sehingga dalam hal ini, seseorang mengasumsikan bahwa kesimpulan itu benar.

    ReplyDelete
  6. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Falacia adalah kesalahan pemikiran dalam logika. Bukan kesalahan fakta, namun kesalahan pada kesimpulan karena penalaran yang tidak sehat. Falacia dibagi menjadi dua, yaitu kesalahan fakta dan kesalahan penalaran. Kesalahan logika, atau yang sering disebut juga logical fallacy, merupakan cacat atau sesat penalaran, yang tidak hanya sering (secara tak sengaja) digunakan oleh orang-orang yang kemampuan penalarannya terbatas, tetapi juga sering (secara sengaja) digunakan oleh orang-orang tertentu, termasuk media, untuk mempengaruhi orang lain. Berikut ini beberapa contoh logical fallacy yang mungkin tidak asing bagi kita. Semoga kita tidak terjebak propaganda, atau malah melakukan kesalahan penalaran, baik sengaja maupun tidak sengaja.

    ReplyDelete
  7. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Suatu argumen dikatakan valid bila: Kesimpulannya berakar dalam premis-premisnya/premis-premis meniscayakan kesimpulan yang bersangkutan. Proses penalaran dalam argumen berlangsung sesuai dengan azas-azas dan aturan-aturan untuk menalar. Jadi, validitas suatu argumen tergantung pada bentuk argumen dan tidak ditentukan oleh isi argumen yang bersangkutan. Isi argumen dinilai berdasarkan kebenaran, sedangkan yang dapat dinilai benar atau salah adalah pernyataannya. Ingat: Validitas suatu argumen tidak ditentukan oleh kebenaran dari pernyataan-pernyataan yang mewujudkan argumen tersebut. Namun, perlu diingat, setiap pernyataan mempunyai implikasi-implikasi/konsekuensi-konsekuensi.

    ReplyDelete
  8. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Logical fallacy atau kesalahan berlogika adalah alasan atau argumentasi yang salah dan menghasilkan sebuah miskonsepsi atau dapat diartikan sebagai kesalahan berlogika seseorang yang menghasilkan sebuah kesimpulan yang tidak masuk akal. Misalnya ketika kita mengidolakan seorang artis dan dia mempromosikan sebuah produk dan kita akan menganggap bahwa produk itu benar-baik buat kita bukan karena produknya telah teruji melainkan karena itu dipromosikan oleh artis idola kita sehingga kita keliru dalam berlogika karena dipengaruhi oleh penilaian yang bersifat subjektif.

    ReplyDelete
  9. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Logika fallacy merupakan kerancuan dalam berfikir. Dalam penggunaan logika ini, seseorang lebih percaya terhadap suatu hal kepada orang yang terkenal atau selebritis, daripada kepada orang yang dekat yang bisa jadi pendapatnya benar. Sedangkan, selebritis atau orang terkenal bisa jadi juga ia mengalami kekeliruan karena belum merasaklan hal tersebut.

    Logika ini perlu dihindari dari seseorang ketika ingin mendapatkan sebuah kebenaran. Seyogyanya kita mendengarkan dan mencermati sebuah kebenaran dari hal apa yang disampaikan bukan siapa yang menyampaikan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  10. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Fallacies are commonly divided into "formal" and "informal". A formal fallacy can be expressed neatly in a standard system of logic, such as propositional logic,[2] while an informal fallacy originates in an error in reasoning other than an improper logical form.[5] Arguments containing informal fallacies may be formally valid, but still fallacious.

    ReplyDelete
  11. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Fallacies are commonly divided into "formal" and "informal". A formal fallacy can be expressed neatly in a standard system of logic, such as propositional logic,[2] while an informal fallacy originates in an error in reasoning other than an improper logical form.[5] Arguments containing informal fallacies may be formally valid, but still fallacious.

    ReplyDelete
  12. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Kita menggunakan argumen untuk mengasumsikan kesimpulan menurut pikiran kita. Argumen itu belum tentu benar dan belum tentu juga salah. Dalam arah yang berlawanan adalah kesalahan dari argumen dari otoritas. Sementara otoritas selalu menimbulkan kekeliruan logis, itu bisa menjadi argumen rasional yang tepat jika argumen yang digunakan adalah argumen induktif. Menurut definisi, kesalahan logis itu tidak valid, tetapi mereka sering mengikuti bentuk argumen yang valid. Tergantung pada thesis dan anti-thesisnya.

    ReplyDelete
  13. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Logical fallacy atau kesalahan logis adalah kekeliruan dalam menggunakan data atau konsep untuk argument atau pembuktian logis. Kesalahan logis atau kesalahan dalam berlogika dapat menciptakan miskonsepsi terhadap argument atau logika yang disampaikan atau dianggap logis tersebut. Maka untuk menerima logika orang lain maka perlu cek dan kroscek secra intens dan ekstens untuk menghindari akibat dari Logical fallacy ini.

    ReplyDelete
  14. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Kekeliruan logika atau logical fallacy merupakan argumen yang memiliki sifat tidak valid dan tidak harus meyakinkan orang. Kekeliruan logika ini sering ditulis atau ditulis ulang mengikuti argumen yang valid sehingga menantang pembaca untuk menemukan premis palsu.

    ReplyDelete
  15. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Menurut definisi, kesalahan logis tidak valid, tetapi mereka sering dapat ditulis atau ditulis ulang sehingga mereka mengikuti bentuk argumen yang valid; dan dalam hal itu, tantangannya adalah untuk menemukan premis palsu, yang membuat argumen tidak sehat.

    ReplyDelete
  16. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Kekeliruan logika merupakan sebuah argumen yang diutarakan oleh pemikiran rasional. Dimana terdapat ketidak validan terhadap suatu keadaan yang sebenarnya bertolak belakang dengan keadaaan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  17. Dengan mempelajari tulisan dan pendapat para Filsuf akan terhindar dari kesalahan logika. Para Filsuf sudah memberikan rambu-rambu dalam logika sehingga generalisasi yang diambil mendekati kebenaran, mengurangi kekeliruan. Ziarahnya para murid dalam berfilsafat adalah dengan mempelajari tulisan para Filsuf.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  18. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Kesalahan logis merupakan bentuk kesimpulan yang dicapai atas dasar logika atau penalaran yang tidak sehat. Kesalahan logis adalah proses penalaran atau argumentasi yang sebenarnya tidak logis, salah arah dan menyesatkan. Ini karena adanya suatu gejala berfikir yang disebabkan oleh pemaksaan prinsip-prinsip logika tanpa memperhatikan relevansinya. Oleh karena itu dalam mengukapkan suatu pendapat atau pernyataan harus dipikir secara baik dan logis agar tidak menimbulkan maksud yang salah.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Yang dimaksud dengan logical fallacy disini mungkin adalah pernyataan salah yang digunakan untuk membuktikan suatu pernyataan benar dalam matematika sehingga diakhir proses akhirnya terjadi kontradiksi. Pembuktian seperti ini biasanya digunakan dalam teori bilangan.

    ReplyDelete
  21. 16701251016
    PEP B S2

    Pembelajaran yang dapat diambil dari sebuah elegi ini adalah terkait dengan kesalahan logis. Kesalahan akibat sikao otoritas dalan pengungkapan logika berfikir, yabg menimbulkan pernyataan terhadap obyek untuk menjadi sebuah kajian. Argumen yang muncul atas logika sebenarnya bukan untuk meyakinkan orang lain, namun hanyalah sebatas indepensi pemikiran

    ReplyDelete
  22. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Logical fallacy merupakan kesalahan berlogika seseorang yang menghasilkan sebuah ketidak-masuk-akalan. Logical fallacy sendiri berupa kesalahan dalam penalaran. Logical fallacy terjadi cukup sering dalam menyatakan argumen atau melakukan penalaran. Logical Fallacy juga sering disebut kesalahan berlogika dimana terdapat alasan atau argumentasi yang salah dan menghasilkan sebuah miskonsepsi. Argumen pada logical fallacy sering menggunakan pola yang mengaburkan logika yang membuat suatu kesalahan (fallacy) yang juga bertujuan untuk mematahkan suatu argumen.

    ReplyDelete
  23. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Kesalahan logika (logical fallacy), merupakan kesalahan dalam penalaran yangs ering terjadi pada setiap orang secara tidak sengaja maupun disengaja. Secara sengaja digunakan oleh orang-orang tertentu, misalnya media iklan untuk mempengaruhi orang lain.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  24. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Logical fallacy disebut dengan kesalahan logis karena sistematika berpikir dalam pembentukan pemahaman didasarkan pada generalisasi yang keliru, akibat dari induksi berfikir yang salah karena perluasan tidak memiliki batasan. Premis –premis yang disusun untuk penarikan sebuah kesimpulan bernilai salah, sehingga argumen yang dihasilkan juga tidak benar. Sehingga menghasilkan sebuah gagasan palsu.

    ReplyDelete
  25. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Logical Falacy merupakan kesalahan dalam berlogika baik disengaja maupun tidak disengaja. Hal tersebut sering terjadi karena kurangnya pemahaman ataupun adanya motif-motif tertentu bagi pelakunya. Seperti dalam debat ataupun bagi pengacara yang ingin memenangkan kliennya. Maka dalam diskusi, sebaiknya kita mencari kebenaran bukan pembenaran.

    ReplyDelete
  26. Logical fallacy atau kekeliruan logika adalah argumen rasional yang sesuai jika didasarkan pada pemikiran ahli. Logical fallacy, merupakan sesat penalaran, yang tidak hanya sering digunakan oleh orang-orang yang kemampuan penalarannya terbatas, tetapi juga sering digunakan oleh orang-orang tertentu maupun secara sengaja atau tidak sengaja, termasuk media, untuk mempengaruhi orang lain. Dapat juga diartikan sebagai kesalahan berlogika seseorang yang menghasilkan sebuah kesimpulan yang tidak masuk akal. Yang bisa beujung pada kerugian orang lain.

    M. Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  27. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Salah satu contoh logical falacy orang Indonesia yaitu genetic falacy terjadi apabila seseorang mendasarkan argumen mereka pada asal usul dari hal yang diperdebatkan. Sekali lagi, titik kesalahan dari cara berfikir ini adalah mengambil generalisasi dari satu hal dan menggunakannya untuk menganalisa hal yang lain dimana seringkali tidak relevan atau berkorelasi. Masyarakat Indonesia masih sering menggunakan fallacy ini untuk memberi justifikasi terhadap suatu hal. Contoh ;
    A : "Mengapa orang-orang asing patut dibenci?"
    B : "Karena mereka adalah antek negara-negara Barat yang melakukan diskriminasi kepada kaum kita"
    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id