Nov 22, 2012

Filsafat Hidup Orang Indonesia_oleh Marsigit



34 comments:

  1. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia telah tertuang dalam sila-sila dalam Pancasila denga jargonya Bhineka Tunggal Ika. Dalam sila Pancasila itu telah termuat aturan bagaimana seharusnya orang Indonesia Hidup dari sila pertama yang mengatur agar bagaimana kita bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sila kedua bersatu padu antar sesama. sila ketiga yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, sila keempat kepemimpinan diperoleh dari azas demokrasi, dan sila kelima adil yang seadilnya untuk semua warga.

    ReplyDelete
  2. 16701251016
    PEP B S2

    Dalam gambar tersebut twrlihat bahwa ada tingkatan, bukan melewati atau menempati tingakatn yang ada sebagai warga negara. Harusnya mampu meraih seluruhnya, yaitu oada tingkatan teratas atau berdasarkan konsep Ketuhanan. Adanya di atas tidak mungkin menghilangkan bagian di bawahnya, ibarat naik tangga, maka tiap anak tangga akan selalu menopang ketika kita berada di atasnya

    ReplyDelete
  3. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Menurut saya, Filsafat hidup orang indonesia merupakan olah pikir yang paling unik dan dapat dipertahankan dari pengaruh dunia luar. Dapat diketahui bahwa pancasila pun mempunyai unsur filsafat dimana mengedepankan aspek spiritual yang terdapat pada ketuhanan yang maha esa. Seperti yang terlihat pada gambar diatas yaitu transcendental or God yang melingkupi cara hidup orang Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Filsafat ketuhanan yang bersumber dari transenden atau God melingkupi filsafat kehidupan dimana menggunakan pendekatan olah pikir dalam mencari kebenaran hidup. Seperti halnya orang Indonesia yang mengaplikasikan firman Tuhan dalam kehidupan mereka. Di dalam islam, rujukannya jelas yaitu Alquran dan hadits. Dimana segal tindak tanduk kebenaran bersumber darisana. Dan apabila tidak sesuai maka ada hukum yang menjadi batasnya. Hukum yang dibuat pun bersumber dari Firman Tuhan. Apabila kenyataannya lain, maka sudah menjadi urusan dia dengan sang Pencipta.

    ReplyDelete
  5. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Filsafat orang indonesia yang telah dikemukakan sebelumnya bersumber dari Firman Tuhan yang diaplikasikan dalam kehidupannya juga akan merujuk kepada cara berpikir nya. Ketika mereka ingin melakukan kebaikan definisi implementasinya dari transendental process. Selain itu cara berpikir yang dilakukan mempunyai efek dalam aspek kehidupan dan non kehidupan bangsa Indonesia. Semoga bangsa ini mampu mempertahankan filsafatnya dari gempuran filsafat kontemporer yang mengabaikan keberadaan Tuhan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Apabila gambar struktur diatas menggambarkan filsafat hidup orang Indonesia, maka saya sebagai orang yang lahir, besar dan tumbuh di Indonesia merasa bersyukur. Karena dalam struktur di atas, Tuhan diletakkan pada struktur paling atas.

    Negeri Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agam dan ras merupakan penganut agama yang terbilang religius. Banyak negara yang sekarang sudah memarjinalkan agama, meletakkannya di paling bawah berkilah di balik pernyataan August Compte bahwa agama tidak dapat digunakan membangun dunia.
    Kita adalah makhluk, yang ada dan tiada atas kuasa Tuhan. Maka seharusnya kita menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup kita, meletakkannya di atas segala-galanya.

    ReplyDelete
  7. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Masyarakat Indonesia hidup dengan paham Ketuhanan Yang Maha Esa. Spiritual terdapat di urutan ke atas dalam kehidupan. Hal ini sangat berkebalikan dengan pahan positivisme atau power now yang sekarang ‘menguasai’ atau mengontrol dunia. Masyarakat Indonesia sendiri sudah terpengaruhi oleh power now ini atau fenomena kontemporer. Sesuatu yang tidak bisa dihindari. Untuk itu kita perlu memperkuat iman kita sebagai masyarakat spiritualisme, agar tidak terseret sepenuhnya dengan dunia kontemporer sekarang.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  8. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    dari diagram yang dibuat oleh prof.marsifit di atas, kita dapat mengetahui bahwa orng indonesia menempatkan spiritualitas di atas material. dapat diahami sebagai way of life nya orng indonesia, dengan budaya timur yng masih mengakar dalam hidup masyarakat kita.

    ReplyDelete
  9. jika dibandingkan dengan apa yang dikatakan oleh prof.marsigit sebagai fenomena Coomteyang melanda hampir semua bangsa dannegara di dunia. dimana pemikiran Comte menempatkan spiritualitas di posisi paling bawah dan menganggapmya tidak penting, maka kita patut menjaga khasanah pemikiran bangsa kita yang masih menjunjung tinggi spiritualitas.

    ReplyDelete
  10. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    selain itu, spiritualitas juga telah menjadi bagian dari konstitusi negara kita yang tercermin dalam pancasila sila pertama: ketuhanan yang maha esa. dengan demikian, sudah semestinya bangsa kita lebih imun terhadap berbagai pemikiran asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    God/ Trancendental memduduki urutan pertama filsafat hidup orang Indonesia. Artinya bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia memandang penting spiritual. Mereka meletakkan spiritual ditingkatan atas. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan struktur yang dibuat comte maupun struktur dunia kontemporer saat ini yang meletakkan spiritual dibagian bawah. Oleh karena itulah seharusnya bangsa Indonesia memegang teguh filsafat hidupnya sendiri sehingga tidak mudah terpengaruh dengan teori- teori dari luar yang justru meletakkan spiritual di bagian bawah. Kita harus percaya degan meletakkan God di urutan teratas filsafat hidup kita dan tentunya diikuti dengan perilaku kita yang dekat dengan Tuhan, maka Tuhan akan menolong kita dalam setiap kesulitan.

    ReplyDelete
  12. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Perbedaan dimensi struktur dunia akan menentukan karakter setiap penghuninya dengan 2 komponen, yaitu “fatal” dan “vital”. Orang Indonesia cenderung memikirkan hal-hal yang konkret, sederhana dan sifatnya kuantitatif baru kemudian memikirkan hal-hal yang abstrak, rumit, dan sifatnya kualitatif. Adapun dari skema di atas, dapat disimpulkan bahwa dimensi struktur filsafat hidup orang indonesia terbagi menjadi 5, yaitu 1) dimensi fisik yang bukan kehidupan: memikirkan hal yang bersifat benda mati yang ada dibumi; 2) dimensi fisik kehidupan: memikirkan tentang sesama makhluk hidup; 3) cara berfikir: memikirkan yang dipikirkan sesama makhluk hidup 4) filosofi kehidupan: berpikir menggunakan filsafat kehidupan; 5) transendent atau KeTuhanan: merefleksikan kehidupan mereka terhadap ketakwaan terhadap Tuhan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  13. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Secara filsafat, kehidupan orang-orang Indonesi melalui gambar dapat dijelaskan sebagai berikut. Jalan pikiran Indonesia pada akhirnya dilingkupi oleh kehidupan spiritual, kepercayaan terhadap Tuhan. Hal ini terlihat dari sila pertama Pancasila yang menjadi landasan orang Indonesia, berbunyi 'KeTuhanan Yang Maha Esa'. Orang Indonesia menjunjung tinggi Tuhan, segala sesuatu pada akhirnya dipandang melalui sudut pandang spiritual. Melalui gambar-gambar gunungan, bagian terdalam dan terbawah adalah dimensi fisik dari benda yang bukan hidup (berpikir kuantitatif dan sederhana), kemudian dilingkupi dimensi fisik dari kehidupan, kemudian dimensi berfikir, lalu filosofi dari kehidupan, dan terakhir kesemuanya itu dilingkupi oleh sudut pandang spiritual (berpikir kualitatif dan kompleks).

    ReplyDelete
  14. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Pada hakekatnya filsafat bangsa Indonesia secara keseluruhan telah diatur dan tertuang dalam sila-sila Pancasila sebagai dasar negara. Dalam Pancasila tertuang 5 sila yang menunjukkan bagaimana bangsa Indonesia harus bersikap mengingat bahwa Indonesia terdiri atas beragam suku, ras, dan agama. Pada sila yang pertama tertulis bahwa "Ketuhanan Yang Maha Esa". Hal ini sejalan dengan pada gambar di atas bahwa struktur yang paling tinggi dan paling sesuai dengan bangsa Indonesia adalah Transendental/God. Ini menunjukkan bahwa srtuktur tertinggi dari suatu kehidupan adalah spiritual di mana segala aktivitas kita akan bermuara ke spiritual. Di bawahnya ada pandangan hidup, filsofi kehidupan, dimensi fisik dari kehidupan dan struktur yang paling bawah adalah dimensi fisik benda mati.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  15. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dalam filsafat hidup, meletakkan Tuhan di ata segalanya adalah ciri masyarakat Indonesia. Terlihat pada gambar bahwa transendental berkaitan dengan hal-hal yang bersifat kerohanian atau mengarah pada hal-hal yang terkait dengan Ketuhanan. Kepercayaan masyarakat Indonesia yang beragam tidak menjadikan perbedaan ini sebagai perpecahan antara satu pihak dan lainnya, karena walaupun berbeda dalam hal keagamaan, kerukunan adalah hal yang tetap harus terjalin antar masyarakat bangsa ini.

    ReplyDelete
  16. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Filsafat hidup orang Indonesia berstruktur berhierarki. Dari dimensi yang paling bawah dimana ada physical dimention of non life, kemudian di atasnya ada physical dimention of life, kemudian ways of thinking, di atasnya lagi ada philosophy of life, dan struktur paling atas adalah transendental yaitu Tuhan. Filsafat hisdup orang Indonesia adalah Pancasila. Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara dengan tetap berpegangan terhadap struktur yang paling atas yaitu spritual.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Pada dasarnya filsafat hidup orang Indonesia sudah ada dalam pancasila. Struktur yang paking atas adalah Spiritual yaitu yang berhubungan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan sila yang pertama. Di bawahnya ada pandangan hidup, filsofi kehidupan, dimensi fisik dari kehidupan dan struktur yang paling bawah adalah dimensi fisik benda mati. Maka dari itu filsafat Indonesia memandang bahwa tujuan hidupnya adalah kembali kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  18. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Filsafat hidup orang Indonesia adalah dengan menempatkan sisi spirualitas di tempat yang paling tinggi ini bisa dilihat dalam ideologi Negara Indonesia yakni pada sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi keTuhanan Yang Maha Esa yang artinya bangsa kita hidup dan berdasar pada keTuhanan YME. Karena itu apapun yang kita lakukan dan kerjakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus menjunjung tinggi pada keTuhanan Yang Maha Esa karena sebenar-benarnya Negara Indonesia adalah Negara yang religius.

    ReplyDelete
  19. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Cara berfilsafat orang indonesia merupakan cara pandang hidup orang indonesia. Pada dasarnya jika dianaogikan bahwa, semua orang memiliki cara pandang yang sama, proses yang sama, kemampuan yang sama, dan mendefinisikan yang sama. Disis lain semua orang memiliki cara pandang yang berbeda, proses yang berbeda, kemampuan yang berbeda, dan mendefinisikan yang berbeda. Kesamaan disini karena faktor manusianya, sebagai manusia yang sama. Berbeda disini adalah karena faktor indrawi dan lingkungan yang menciptakan perbedaan. Karenanya suatu penghargaan bagi siapa saja atas keadaannya. Dan perlu melihat fungsi hati manusia sebagai keadaan moral dan jiwanya. Sebuah nilai kemanusiaan yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  20. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Indonesia tidak hanya diartikan sebagai letak geografisnya tetapi kehidupannya. secara geografis Pembedaan antara Timur dan Barat sebenarnya sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, namun semakin berkembang di masa modern setelah adanya warisan pemikiran kebaratan sejak abad ke 20. Bertolak belakang budaya timur dan barat memberi arti cara pandang dan falsafahnya.

    ReplyDelete
  21. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Indonesia dalam bingkai ketimuran beradaptasi dengan nilai religiusnya yaitu ketuhanan. Sementara barat menapaki kebaratannya dengan falsafah keduniaan, yaitu materialisnya. Maka jika indonesia dengen ketimurannya mengambil manfaat pandang barat untuk membangun peradaban ketimurannya maka akan terjadi kemajuan peradaban. Namun jika yang diikuti seluruh falsafah dan kehidupannya. maka indonesia mengalami ambigu dan penyesatan yang berakhir pada kehancuran.

    ReplyDelete
  22. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Filsafat orang Indonesia adalah terstruktur. Struktur yang paling bawah adalah physical dimention of non-life dan struktur yang paling atas adalah spiritual atau Tuhan. Kehidupan yang hubungannya dengan manusia masih bisa dikuantitatif dan bersifat konkret. Sedangkan hubungan dengan Tuhan pasti bersifat kualitatif dan abstrak. Saya setuju bahwa dalam hidup kita harus meletakkan Tuhan di atas segala-segalanya.

    ReplyDelete
  23. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    The idea that philosophy is peculiarly, or distinctively, subject to the claims of reason is surely undeniable; at any rate, I don't want to deny it. But then, everything hangs on what one is prepared to count as a way in which reason makes its claims on us, and what one is willing to acknowledge as a way in which one might answer to these claims. Baggini is careful to distinguish the giving of reasons from the provision of formal arguments, with premises regimented in technical formulae so as perspicuously to display the conclusions they support; the latter is only one genus of the relevant species. But must our acknowledgement of reason's claims on us take the specific form of giving reasons in support of our opinions or our 'symbolic representations' (which I take to mean something like our 'view') of the world?

    ReplyDelete
  24. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Kelangsungan dan keberhasilan suatu bangsa dalam mencapai cita-citanya sangat dipengaruhi oleh filsafat negara dari bangsa tersebut. Seperti bangsa Indonesia, yang juga memiliki pedoman dan arah yang akan dituju dalam mencapai cita-cita bangsa. Tanpa dilandasi oleh suatu filsafat maka arah yang akan dituju oleh bangsa akan kabur. Untuk itulah kita bangsa Indonesia perlu untuk mengerti dan menghayati filsafat Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Bangsa Indonesia melaksanakan kehidupan bersama berlandaskan kepada dasar filsafat Pancasila sebagai asas persatuan dan kesatuan sebagai perwujudan hakikat kodrat manusia. Pada saat mendirikan Negara Indonesia, para pendiri sepakat untuk mendirikan Negara Indonesia yang sesuai dengan keistimewaan sifat dan corak masyarakat Indonesia,yaitu Negara yang berdasar atas aliran pikiran Negara (staatsidee) negara yang integralistik, negara yang bersatu dengan seluruh rakyatnya, yang mengatasi seluruh golongan dalam bidang apapun. Isi dari filsafat bangsa Indonesia antara lain menunjukkan keyakinan bangsa indonesia terhadap manusia sebagai makhluk ciptaan, yang hidup bersama dengan manusia lain sebagai umat manusia serta menyelesaikan masalah hidupnya atas dasar sikap musyawarah mufakat.

    ReplyDelete
  25. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Prof Marsigit selalu mengingatkan dalam setiap perkuliahannya agar kita menggunakan landasan agama kita dalam belajar berfilsafat. Kuatkan dan kokohkan pondasi spiritual kita sebelum belajar filsafat. Hal tersebut sejalan dengan bagan di atas bahwasannya memang tataran tertinggi dalam kehidupan adalah Tuhan (spiritual). Meskipun Negara Indonesia merupakan negara multikultural dan multi agama, namun setiap agama tetap percaya pada adanya Tuhan. Maka pada tataran tertinggi, setelah usaha atau ikhtiar kita, segala sesuatunya sebaiknya memang dikembalikan pada Tuhan. Yaa muqalibal kulub tsabit qalbi ‘ala dinik..Semoga kita teguh dalam agama yang lurus.

    ReplyDelete
  26. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Filsafat hidup orang Indonesia telah tertuang dalam sila-sila dalam Pancasila. Dapat diketahui bahwa pancasila pun mempunyai unsur filsafat dimana mengedepankan aspek spiritual yang terdapat pada ketuhanan yang maha esa. Kita adalah makhluk, yang ada dan tiada atas kuasa Tuhan. Maka seharusnya kita menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup kita, meletakkannya di atas segala-galanya

    ReplyDelete
  27. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    filsafat hidup orang indonesia yang digambarkan diatas berupa filsafat yang bersifat komplek atau abstrak, dimana filsafat tersebut berlandaskan dimensi tanpa kehidupan dan dipuncaki dengan keEsa an Ketuhanan. struktur Tuhan ditempatkan diatas segalanya dengan keberagaman yang ada, diindonesia dengan agama kita bisa bersatu dan dengan keberagaman agama kita menjadi kuat.

    ReplyDelete
  28. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    dari peta tersebut saya kira dapat dipahami bahwa Indonesia menganut filosofi hidup dengan struktur paling bawah adalah dimensi fisik tidak hidup kemudian dinaikkan menjadi dimensi fisik yng hidup. dari dimensi fisik yang hidup dinaikkan menjadi cara berpikir dan perpaduan keduanya ada matematika. kemudian dinaikkan lagi menjadi filosofi kehidupan maka ada filsafat matematika sampai pada struktur tertinggi adalah dimensi transenden atau Allah SWT. Dari sisi kualitatif dan kauntitatif Indonesia menganut timbal balik keduanya.

    ReplyDelete
  29. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Filsafat hidup orang Indonesia sebenarnya tercermin dalam Pancasila dimana Tuhan dan aturanNya memiliki tempat tertinggi atas segala sesuatunya. Semakin tinggi ilmu pengetahuan dan keyakinan agama seseorang kepada Tuhan maka semakin tinggi pula cara berpikirnya (lebih abstrak) sehingga semakin berkualitaslah hidupnya.

    ReplyDelete
  30. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Filosofi hidup orang Indonesia pada gambar di atas digambarkan urutan tertinggi dalam kehidupan adalah Tuhan. Seperti pada pancasila sila pertama ketuhanan yang maha Esa. Sehingga apapun agamanya kita masih tetap satu seperti bhineka tunggal ika berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Karena perbedaan ada untuk dipersatukan.

    ReplyDelete
  31. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Filsafat hiduo orang Indonesia yang tertinggi adalah keberadaan dan kekeuasaan TUhan yang transendental dan yang terendah adalah diensi fisik dari makhluk yang tidak hidup bisa berarti elemen-elemen purba yang masih mendiami pemikiran hidupnya. Atau semakin seseorang berkulitatif dengan kekompleksan hidup ia akan terus ke atas menuju wilayah Tuahn yang transenden dan semakin seseorang bekuantitaif ia akan terus ke bawah menuju wilayah materialsme dengan konteks instan (simple).

    ReplyDelete
  32. Bagi masyarakat Indonesia, berfikir tentang keberadaan Tuhan sudah ada sejak jaman dahulu kala. Ada kekuatan besar yang menyebabkan manusia itu ada, ada kekuatan besar dibalik gejala alam yang luar biasa. Sehingga dalam kepercayaan/agama tradisional dulu, pada benda tertentu ada penunggunya. Tidak heran muncullah aliran animisme dinamisme dimana diberikan ritual khusus pada pohon atau benda lain yang dianggap keramat. Hal ini kemudian disempurnakan pada periode berikutnya dimana muncul aliran spiritual monotheisme.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  33. Spiritualisme adalah tingkatan tertinggi bagi masyarakat Indonesia. Adanya kita tidak lepas dari keberadaan Tuhan dan kehidupan kita harus berharmonisasi dengan alam. Jadi Tuhan, Manusia dan Alam saling berkaitan. Dalam mencapai kualitas kehidupan yang tinggi maka interaksi terhadap alam harus baik. Interaksi ini tercermin dalam sistem sosial budaya masyarakat. Dalam sistem ini kitalah yang menyesuaikan alam bukan sebaliknya. Misalnya, perilaku manusialah yang menyebabkan bencana alam. Karena manusia sudah bertindak menyimpang dari ketentuan sosial dan budayanya. Sehingga nilai-nilai keilahian sangat kental pada sistem sosial masyarakat. Nilai dan norma selalu dijaga untuk menjaga keselarasan hidup di dunia dan akhirat.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  34. Mayrakat Indonesia memiliki pandangan bersifat fenomenologi. Segala kejadian sosial dan kejadian alam di "titeni" kemudian disimpulkan menjadi hasil pengamatan kualitatif yang kemungkinan berulang (cakra manggilingan). Mengapa para petani mengetahui musim tanam yang tepat, jenis tanaman yang tepat padahal ilmu pengetahuan dulu tidak secanggih sekarang, namun masih digunakan pengetahuan itu hingga kini. Masyarakat kita faham tentang pola kejadian alam dengan kejadian sosial yang kemungkinan memiliki korelasi. Misalnya adanya gejala alam dengan prosesi kepemimpinan nasional atau kemunculan seorang pemimpin. Ini adalah bagian dari proses membaca alam semesta.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id