Nov 30, 2012

CONTEMPORARY PHILOSOPHERS_Collected by Marsigit




Ass Wr Wb

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Filsafat Kontemporer, pembaca bisa mencoba mendalami Tokoh-tokoh Filsafat Contemporer, sbb:



Theodor Adorno Louis Althusser Roland Barthes
Michael Bakhtin Jean Baudrillard Walter Benjamin
Maurice Blanchot Kenneth Burke Albert Borgmann
Jacques Derrida Gilles Deleuze Terry Eagleton
Stanley Fish Michel Foucault Frankfurt School
Hans-George Gadamer Anthony Giddens Antonio Gramsci
Felix Guattari Jurgen Habermas Donna Haraway
Martin Heidegger Agnes Heller Max Horkheimer
Edmund Husserl Ivan Illich Fredric Jameson
Julia Kristeva Jacques Lacan Bruno Latour
Jean Francois Lyotard Georg Luk√°cs Paul de Man
Herbert Marcuse Karl Marx Maurice Merleau-Ponty
Richard Rorty Jean-Paul Sartre Edward Said
Charles Taylor Paul Virilio Ludwig Wittgenstein


Selamat mencoba.

Wss Wr Wb

Marsigit













































37 comments:

  1. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Salah satu aliran dalam filsafat kontemporer adalah Teori Marxist dikemukakan oleh Karl Marx (1818-1883). Ide dasar daripada teori ini adalah penentangan terhadap adanya sistem hirarki kelas, dijelaskan bahawa Marx mencoba mencari kesamarataan, yaitu kesamarataan antara kaum borjuis (golongan ekonomi kelas atas) dengan kaum buruh/ pekerja (golongan ekonomi kelas rendah). Marx menganggap selama ini golongan pekerja atau kaum buruh telah ditindas oleh kaum elit, sehingga perlu diadakan sebuah evolusi secara drastis.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Pemikiran Marx tentang ide-ide sosialis, perjuangan masyarakat kelas bawah, terutama disebabkan karena ia lahir di tengah pertumbuhan industri yang berbasis kapitalis. Perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan buruh dengan jam kerja yang sangat panjang setiap hari, yang sifatnya paten dan dengan upah yang sangat minim. Upah yang sangat minim yang diperoleh para buruh, bahkan hanya cukup membiayai makan sehari. Marx melihat kelas sosial yang tercipta berdasarkan hubungan kerja yang terbangun antara para pemilik modal dan buruh sangat bertentangan dengan prinsip keadilan. Kelas sosial paling bawah yang terdiri atas kelompok buruh dan budak, sering diistilahkan dengan kaum ploretar. Adanya kelas sosial yang menciptakan hubungan yang tidak seimbang tersebut, membawanya pada pemikiran ekstrem, penghapusan kelas sosial.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Karl Marx adalah seorang ahli filsafat, sosiolog, ekonom, wartawan, dan sejarawan kelahiran jerman. Karl Marx adalah pelopor utama gagasan "sosialisme ilmiah" dilahirkan tahun 1818 di kota Trier, Jerman, Ayahnya ahli hukum dan di umur tujuh belas tahun Karl masuk Universitas Bonn,juga belajar hukum. Belakangan dia pindah ke Universitas Berlin dan kemudian dapat gelar Doktor dalam ilmu filsafat dari Universitas Jena. Filsafat Karl Marx merupakan salah satu filsafat yang palling berpengaruh di dalam perkembangan sejarah. Teori Marxisme (Sosialisme-Komunisme) dikemukakan oleh Karl Marx (1818-1883). Idea dasar daripada teori ini adalah penentangan terhadap adanya sistem hirarki kelas, karena ianya adalah penyebab yang paling utama didalam sosial problem dan ianya mesti diakhiri oleh revolusi proletariat (buruh). Dengan lain perkataan, boleh dijelaskan bahawa Marx mencoba mencari kesamarataan, yaitu kesamarataan antara kaum borjuis (golongan ekonomi kelas atas) dengan kaum buruh / pekerja (golongan ekonomi kelas rendah).

    ReplyDelete
  4. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Filsafat kontemporer ini sering dikaitkan dengan posmodernisme, dikarenakan posmodernisme yang berarti “setelah modern” merupakan akibat logis dari zaman kontemporer. Posmodernisme menyaratkan kebebasan, dan tidak selalu harus simetrisOleh karenanya filsafat kontemporer merupakan ekstensifikasi dari pemikiran manusia dari hal-hal yang umum menjadi yang sangat khusus dan terkait dengan hal khusus lainnya. Salah satu tokoh dari filsafat kontemporer adalah Jurgen Habermas. Narasi besar pemikirannya bertumpu pada usaha pencarian sebuah teori yang secara memadaimerumuskan syarat-syarat nyata perwujudan sebuah masyarakat yang bebas dari penindasan.Madzhab Habermas ini terkenal dengan “Teori Kritis” atau “Teori Kritis Masyarakat” yang melemparkan sebuah kritikan serius terhadap konsep teori Positivisme dan menyebutpositivisme itu sebagai saintisme karena mengadopsi metode ilmu-ilmu alam untuk menggagas unified science. Pada hakekatnya teori kritis ini memiliki empat karakter utama yaitu :1) Teori kritis bersifat historis, artinya teori kritis dilambangkan berdasarkan situasi masyarakat yangkongkrit dan kritik imanen yaitu kritik terhadap masyarakat yang nyata-nyata tidak manusiawi. 2) Teori kritis bersifar kritis terhadap dirinya sendiri dengan cara evaluasi, kritik dan refleksi atasdirinya sendiri. 3) Teori kritis menggunakan metode dialektis sehingga teori kritis memiliki kecurigaan terhadap situasi masyarakat aktual. 4) Teori kritis adalah teori dengan maksud praktis yaitu teori yang mendorong transformasi masyarakat dan hanya mungkin dilakukan dalam praxis. Jurgen Habermas dengan Teori Kritisnya menawarkan pemahaman baru yangdikembangkan lewat masyarakat kritis emansipatoris. Semua pemikiran-pemikirannya sangatterlihat mengerucut pada keinginannya untuk menempatkan modernitas sebagai realitas empirisyang harusnya dapat memberdayakan kehidupan masyarakat, dan bukan sebaliknya. Untuk mencapai tujuannya membentuk masyarakat yang merdeka, independent, dan bebas dalammenentukan tujuan hidupnya sendiri, masyarakat harus melakukan komunikasi-komunikasi baik verbal maupun non-verbal (communication action) agar dicapai apa yang sebenarnya disebutkesadaran kolektif, yaitu dalam bentuk kesepakatan atau konsensus.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Martin Heidegger lahir di Jerman pada akhir abad 19 dan hidup hingga abad 20. Perjalanan awal ia bisa menjadi seorang filsuf adalah karena beliau mengejar beasiswa agar bisa kuliah di universitas, sehingga ia mengambil kuliah filsafat. Heidegger adalah penganut fenomologi karya gurunya, dan dia menciptakan karya besar berjudul 'Being and Time'. Dia tertarik dengan pertanyaan 'Ada' yang merupakan ontologi dari fenomenologi, sehingga karya dari 'Being and Time'-nya itu sangat penting bagi filsafat eksistensialisme dan hermeneutika. Selain itu pemikiran dari Heidegger sangat mempengaruhi pemikiran dari mahasiswanya yaitu Jacques Derrida dan Michel Foucault. Michel Foucault hidup pada abad 20, lahir di Perancis. Dia adalah seorang filsuf yang mendalami mengenai kehidupan sosial, di antaranya adalah ilmu kemanusiaan, psikiatri, bahkan mengenai teori seksualitas. Karyanya yang diperbincangkan adalah mengenai kekuasaan, disebutkan bahwa kekuasaan mempengaruhi subjek, bukannya dipengaruhi oleh subjek. Selanjutnya adalah objek pasti dipengaruhi oleh subjek, dan objek tak akan berarti tanpa subjek. Murid dari Martin Heidegger yang lain adalah Jacques Derrida adalah keturunan Yahudi yang lahir di Aljazair yang hidup pada abad 20 dan meninggal pada tahun 2004. Derrida adalah tokoh filsafat yang mendalami dekonstruksi pada filsafat postmodern. Dekonstruksi merupakan adaptasi dari kata destruksi hasil pemikiran gurunya yaitu Heidegger. Ia juga merupakan seorang penganut Husserl pelopor fenomenologi seperti gurunya. Penjelasannya mengenai Dekonstruksi adalah bukan analisis, bukan metode, bukan aksi, dan bukan kritik.

    ReplyDelete
  6. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    secara garis besar, tokoh-tokoh filsafat kontemporer di atas terbagi ke dalam beberapa aliran pemikiran, yaitu: struktural fungsional, struktural konflik, neo marxis, dan konstruksionisme.
    dari kesemua aliran pemikiran tersebut, yang selalu hangat menjadi bahan diskusi dan perbincangan di kalangan akademisi serta kajian-kajian ilmiah adalah aliran struktural konflik yang dipeloporioleh Karl Marx. aliran pemikiran Karl Marx juga dijadikan dasar oleh negara-negara komunisme seperti korea utara dan venezuela dalam menjalankan pemerintahan mereka. China merupakan negara yang cukupunik dan berhasil mengawinkan dua pemikiran sekaligus, komunis dan kapitalis. negara diatur dengan dasar komunisme, sementara ekonomi dikelola dengan sistem kapitalisme.
    dewasa ini, pemikiran Foucault mengenai postmodernisme juga cukup menjadi perhatian para ilmuan sosial. berbagai kajian dilakukan untuk menggali dan menjabarkan pemikiran foucault, untuk menjelaskan fenomena yang berkembang dewasa ini. menurutnya, kondisi saat ini merupakan antitesis dari zaman modern yang telah berkembang sejak era industrialisasi.

    ReplyDelete
  7. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan matematika B 2016

    Zaman Kontemporer dimulai pada abad ke 20 hingga sekarang. Filsafat Barat kontemporer memiliki sifat yang sangat heterogen. Hal ini disebabkan karena profesionalisme yang semakin besar. Sebagian besar filsuf adalah spesialis di bidang khusus, seperti matematika, fisika, sosiologi, dan ekonomi. Akan tetapi bidang fisika menempati kedudukan paling tinggi dan paling banyak dibicarakan oleh para filsuf. Menurut Trout, fisika dipandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang subjek materinya mengandung unsur-unsur fundamental yang membentuk alam semesta.

    ReplyDelete
  8. John-Paul Sartre adalah seorang atheis dan satu – satunya filsuf kontemporer yang menempatkan kebebasan pada titik yang sangat ekstrim. Ia berpendapat bahwa manusia itu bebas atau sama sekali tidak bebas. Tentang kebebasan, Sartre mengatakan. ”Manusia bebas. Manusia adalah kebebasan.” Ia berpendapat bahwa kebabasan bukan merupakan ciri tetapi manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Konsep kebebasan ini membawa Sartre kepada penolakan akan Allah. Kalau ada Allah, maka Allah sudah mengetahui esensi dari manusia, manusia tidak lagi bebas. Manusia akan melakukan apa yang sudah ditentukan oleh Allah. Tetapi, hal tersebut tidak mungking karena pada manusia, eksistensi mendahului esensi. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa tidak ada Allah

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Filsafat kontemporer yang di awali pada awal abad ke-20, ditandai oleh variasi pemikiran filsafat yang sangat beragam dan kaya. Mulai dari analisis bahasa,kebudayaan (antara lain, Posmodernisme), kritik social, metodologi (fenomenologi,heremeutika, strukturalisme), filsafat hidup (Eksistensialisme), filsafat ilmu, samapaifilsafat tentang perempuan (Feminisme). Tema-tema filsafat yang banyak dibahas oleh para filsuf dari periode ini antara lain tentang manusia dan bahasa manusia, ilmu pengetahuan, kesetaraan gender, kuasa dan struktur yang mengungkung hidupmanusia, dan isu-isu actual yang berkaitan dengan budaya, social, politik, ekonomi,teknologi, moral, ilmu pengetahuan, dan hak asasi manusia. Ciri filsafat Kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng, pemikiran Kontemporer ini berusaha mengkritik Logosentrisme, rasionalisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama, perkembangan Filsafat kontemporer berada dalam dua jalur yakni filsafat Holistic dan filsafat dekonstruksi.

    ReplyDelete
  11. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Salah satu tokoh filsafat kontemporer adalah Karl Marx. Menurut Marx, sejarah peradaban manusia pada dasarnya adalah serangkaian pertentangan dan perjuangan kelas, yakni antara kelas pemilik alat-alat produksi dan kelas yang bekerja untuk pemilik alat-alat produksi. Dulu kelas pemilik alat produksi adalah para bangsawan pemilik tanah, sedangkan kelas yang di eksploitasi adalah kaum petani penggarap tanah milik bangsawan. Kini (pada saat Marx hidup) yang menjadi kelas pemilik alat-alat produksi adalah kaum borjuis atau kapitalis, sedangkan kelas yang dieksploitasi adalah kaum proletar atau buruh.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan yang pernah saya baca tentang filsafat kontemporer adalah bahwa masanya berada sejak akhir abad 19 sampai abad 21. Namun yang paling banyak terjadi adalah pada abad 20. Di mana filsafat kontemporer itu dimulai karena adanya kontra atas teori dari Kant yaitu Relativism dan Konstruktivsm. Karena setiap filsuf ingin membuat teorinya sendiri, maka lahirlah banyak paham yang tidak setuju dengan Kant. Banyaknya sekolah yang berdiri dengan paham masing-masing. Ada yang mengagungkan Idelaism, adanya ynag mengagungkan Realism dan banyak lagi lainnya.

    ReplyDelete
  13. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pada posting blog diatas yang bisa kita pelajari adalah ternyata terdapat sangat banyak tokoh-tokoh yang mendalami filsafat kontemporer. tokoh-tokoh yang dituliskan pada posting blohg diatas terdapat 45 orang, dan masih banyak lagi yang belum dituliskan. dan ternyata ada cukup banyak filsuf perempuan yang mendalami filsafat kontemporer kenneth burke, donna harawai, dan agnes heller.

    ReplyDelete
  14. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Besides the list of philosophers allocated to contemporary philosophy, the term itself means the present period in the history of Western philosophy beginning at the end of the 19th century with the professionalization of the discipline and the rise of analytic and continental philosophy.

    ReplyDelete
  15. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Frankfrurt, tokoh filsafat yang berasal dari Jerman lebih menekankan kajiannya pada persoalan kultural, dengan keyakinan bahwa ramalan Marx tentang akan hancurnya sistem kapitalisme tidak akan terbukti. Ia menganggap kapitalisme telah mengkonsolidasikan dan mengembangkan mekanisme efektif seperti pemenuhan hak-hak pekerja secara lebih proporsional serta bentuk penindasannya pun tidak dengan cara fisik melainkan sangat halus sehingga kaum pekerja menganggapnya sebagai sesuatu yang normal. Dari pertimbangan ini, Frankfurt mengalihkan perhatiannya dari analisis ekonomi kapitalistik ke kritik atas penggunaan rasio intrumental pada masyarakat modern. Rasio instrumental ini telah menghasilkan budaya industri (culture industry) yang telah menghalangi perkembangan individu secara otonom.

    ReplyDelete
  16. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Filsafat Kontemporer adalah cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini.Filsafat kontemporer ini sering dikaitkan dengan posmodernisme, dikarenakan posmodernisme yang berarti “setelah modern” merupakan akibat logis dari zaman kontemporer. Posmodernisme menyaratkan kebebasan, dan tidak selalu harus simetris.. Pemikiran filsafat kontemporer ini bebas,yaitu kebebasan dalam memakai teori, menanggapi, dan mengkritik selama kebebasan tersebut merupakan suatu hal original dan dari pemikiran yang kritis....

    ReplyDelete
  17. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Filsafat kontemporer yaitu cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini. Filsafat kontemporer yang di awali pada awal abad ke-20, ditandai oleh variasi pemikiran filsafat yang sangat beragam. Pemikiran kontemporer ini untuk mengkritik filsafat modern yang berusaha menjadikan rasio sebagai instrument utama.

    ReplyDelete
  18. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Salah satu tokoh dalam filsafat kontemporer adalah Edmund Husserl. Edmund Husserl, dalam karyanya, "The Crisis of European Science and Transcendental Phenomenology", menyatakan bahwa konsep dunia kehidupan merupakan konsep yang dapat menjadi dasar untuk mengatasi ilmu pengetahuan yang tengah mengalami krisis akibat pola pikir positivistik dan saintistik, yang pada prinsipnya memandang semesta sebagai sesuatu yang teratur–mekanis seperti halnya kerja mekanis jam. Akibatnya adalah terjadinya ‘matematisasi alam’, alam dipahami sebagai keteraturan (angka-angka). Pendekatan ini telah mendehumanisasi pengalaman manusia karena para saintis telah menerjemahkan pengalaman manusia ke formula-formula impersonal. Husserl memandang dunia sebagaimana manusia menghayati dalam spontanitasnya.

    ReplyDelete
  19. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    isu utama filsafat kontemporer ini Ludwig Wittgenstein antara lain: pluralitas yang bercermin dalam pemikiran language-games, relativitas kebenaran artinya tidak ada kebenaran yang berlaku mutlak dalam semua situasi yang ada hanyalah kebenaran sesuai dengan konteks atau hal yang melingkupiny, local-narrative yang menyuarakan ketidakpuasan terhadap dominasi grand-narrative yang cenderung memberangus fenomena konkret masyarakat semisal kearifan lokal (local wisdom, pluri-metodologis yaitu tentang cara pandang berbeda sehingga melahirkan interpretasi yang berbeda melalui konsep Duck-rabbits yang melahirkan prinsip incommensurability dalam kancah Filsafat Ilmu, yakni dua atau beberapa teori dikatakan tak terbandingkan, karena tidak ada cara untuk membandingkan mereka satu sama lain, sehingga tidak dapat ditentukan bahwa teori yang satu lebih baik daripada teori yang lain.

    ReplyDelete
  20. Para Pemikir Filsafat Kontemporer berasal dari ranah Eropa Barat dan Timur yang tentu membawa pemikiran berdasarkan kultur yang ada disana. Sehingga tidak mengherankan bila konsep non religius juga muncul. Hal ini tidak relevan dengan konsep masyarakat Timur yang sangat religius. Menurut pendapat saya, ada pemikiran Filsafat dari Timur perlu disandingkan sehingga terdapat keseimbangan antara Filsafat Barat dan Timur, karena biasanya teori Filsafat hadir seiring dengan fenomena sosial, ekonomi dan budaya yang ada pada bangsa tertentu.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  21. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Salah satu tokoh kontemporer yang menarik bagi saya adalah Karl Marx. Karl Marx menguraikan teori tentang marxisme yang menjelaskan bahwa kehidupan itu adalah tentang materialisme. Kaum kapitalis yang menjajah kaum miskin karena mereka tidak mempunyai kuasa. Kaum kapitalis adalah kaum yang mempunyai modal yang dapat digunakan untuk mengkontrol dan menguasai kaum lain. Teori ini menimbulkan hedonisme yang menyebar kemana-kemana.

    ReplyDelete
  22. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dalam perkembangan filsafat kontemporer ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan suatu negara. Salah satu tokohnya yaitu Edmund Husserl yang lahir di kota kecil Prosznits di daerah Moravia, yang pada waktu itu merupakan bagian wilayah kekaisaran Autria-Hongaria. Edmund Husserl memperkenalkan istilah fenomenologi merupakan reaksi terhadap dominasi positivisme, dan fenomologi sebagai kritik terhadap pemikiran kritisisme Immanuel Kant, terutama konsepnya tentang fenomena-noumena. Sehingga fenomenologi ini upaya untuk memahami kesadaran dari sudut pandang subyektif orang terkait. Pendekatan ini tentu saja berbeda dengan pendekatan ilmu pengetahuan saraf, yang berusaha memahami cara kerja kesadaran manusia di dalam otak dan saraf, yakni dengan menggunakan sudut pandang pengamat.

    ReplyDelete
  23. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Pemikiran filsafat, banyak dipengarui oleh lingkungan. Namun, pada dasarnya filsafat baik dimanapun asalnya, timur ataupun barat muncul dari yang sifatnya religius. Dengan filsafat pola pikir yang selalu tergantung pola pikir pada rasio. Aliran yang berpengaruh terhadap pemikiran filsafat sekarang ini adalah Positivisme, Marxisme, Eksistensialisme, Fenomenologi, Pragmatisme dan Neokantianisme dan Neo-famisme

    ReplyDelete
  24. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Tokoh pertama. Theodor W. Adorno, atau disebut juga Theodor Adorno, mempunyai nama lengkap Theodor Adorno Ludwig Wiesengrund. Dia dilahirkan di kota Frankfurt, Jerman pada 11 September 1903, dan meninggal dunia pada 6 Agustus 1969 pada umur 65 tahun. Murid dari Siegfried Kracauer. Ia pindah ke Amerika Serika saat huru hara di Jerman, dimana Partai Nazi, yang dipimpin Adolf Hitler berusaha menghabiskan semua bangsa Yahudi. Dan ia keturunan yahudi dari garis ayahnya. Hal-hal pembahasan filosofis Adorno ini diantaranya yaitu: 1). keikutsertaannya dalam Mazhab Frankfurt, 2). Corak pemikirannya mengenai “Teori Kritis”. 3) pemikiran dalam bukunya yang ditulisnya bersama Horkheimer yaitu “Dialektika Pencerahan”.

    ReplyDelete
  25. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Pada tokoh terakhir Ludwig Wittgenstein, ia dilahirkan di Wina (Austria) pada tanggal 26 April 1989 sebagai anak bungsu dari delapan bersaudara. Karya tulisnya terbit dalam majalah Annalen der Naturphilosophie pada tahun 1921 degan judul “Logisch-Philosophische Abhandlungenn”(Ulasan-ulasan logis dan filosofis). Selama hidupya Wittgenstein mengalami banyak depresi pskikis dan beberapa kali ia mempertimbangkan membunuh diri. Pemikiran filosofisnya: mengenai Tractatus logico-philosophicus dan Philosophical investigations.

    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Marx dikenal dengan bapak komunisme yang berasal dari kaum cendekiawan dan seorang politikus. Ia merupakan bapak komunisme karena analisisnya tentang kapitalisme yang destruktif dan kontradiktif. Ia lalu menyatakan bahwa dengan kehancuran kapitalisme, maka akan memberi ruang bagi komunisme untuk bangkit.

    Sosialis-komunisme merupakan salah satu dari tiga ideologi di dunia. Ideologi ini pertama kali di usung oleh Uni Soviet yang sekarang sudah hancur dan sekarang dikenal dengan nama Rusia.

    Ideologi ini juga memiliki sifat yang destruktif karena ideologi ini berasal dari akal manusia yang lemah dan terbatas. Ideologi ini juga menafikkan kepemilikan individu. Sehingga, hal ini akan menghambat fitrah manusia itu sendiri untuk menyalurkan naluri mempertahankan diri berupa hidup yang layak dan berkecukupan. Selain itu, ideologi ini juga menafikkan adanya Tuhan. Menurut penganut paham ini, agama merupakan candu, sehingga harus dihilangkan dalam peran kehidupan. Hal ini pula yang menghambat penyaluran naluri manusia untuk mengagungkan sesuatu. Sehingga, karena banyak yang bertentangan dengan manusia, maka ideologi ini mengalami kehancurannya. Kemudian selanjutnya, akan disusul oleh kapitalisme yang sebentar lagi juga akan menemui ajalnya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Gramsci lahir pada tanggal 22 januari 1891, di Ales, sardinia, dan meninggal di Roma, 27 April 1973. ejak dibangku kuliah Gransci juga banyak tertarik pada ‘social movement’ dan beliau sangat terkesan dengan pergerakan buruh dan mendorong dia untuk masuk pada Partai Sosialis Italia (PSI), Ia mulai menjalani kehidupan sebagai seorang aktifis dengan bekerja pada koran sosialis. Pada perkembangan selanjutnya pada tahun 1919 beliau memimpin pada koran ordiene nuovo sutu terbitan kaum sosialis, pada tahun 1922, terjadi perubahan perjalanannya sebagai seorang aktivis, ia pindah ke Rusia dan bekerja sebagai Comintern di Moskow dan Wina hingga tahun 1924. dan pada tahun 1926 adalah tahun paling menyedihkan dalam perjalanan kehidupan Gramsci sebagai aktivis, tetapi pada tahun tersebut merupakan awal tahun yang memebuatnya menjadi pemikir besar.

    ReplyDelete
  28. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Banyak filsuf yang memiliki pemikiran yang mengarah pada aliran filsafat kontemporer, salah satu tokohnya adalah Antonio Gramsci. Ia merupakan seorang filsuf Italia, penulis, dan teoritikus politik. Tulisan-tulisannya menitikberatkan pada analisis budaya dan kepemimpinan politik. Ia dianggap sebagai salah satu pemikir orisinal utama dalam tradisi pemikiran Marxis. Selanjutnya, Gramsci juga merupakan filsuf yang tertarik melihat hal-halyang terkait dengan sejarah. Gramsci mengakui bahwa ada sebuah keteraturan sejarah di dalam suatu masyarakat, tetapi ia menolak bahwa perkembang sejarah masyarakat adalah sesuatu yang otomatis dan tak terhindarkan. Ia menyatakan agar revolusi terwujud maka masyarakat seharusnya bertindak, dan sebelum mereka bertindak mereka harus mampu memahami hakikat dan situasi keberadaan mereka dalam suatu sistem yang sedang mereka jalani.

    ReplyDelete
  29. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Edmund Gustav Albrecht Husserl adalah seorang filsuf Jerman, yang dikenal sebagai bapak fenomenologi. Karyanya meninggalkan orientasi yang murni positivis dalam sains dan filsafat pada masanya, dan mengutamakan pengalaman subyektif sebagai sumber dari semua pengetahuan kita tentang fenomena obyektif. Secara umum pandangan fenomenologi oleh Husserl bisa dilihat pada dua posisi, yang pertama ia merupakan reaksi terhadap dominasi positivisme, dan yang kedua, sebenarnya sebagai kritik terhadap pemikiran kritisisme Immanuel Kant, terutama konsepnya tentang fenomenon-numenon.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Filsafat dibagi menjadi 4 masa yakni Filsafat klasik, filsafat abad pertengahan, filsafat modern dan filsafat kontemporer. Filsafat klasik di dominasi oleh rasionalisme, filsafat abad pertengahan didominasi dengan doktrin-doktrin agama Kristen selanjutnya filsafat modern didominasi oleh rasionalisme sedangkan filsafat kontemporer didominasi oleh kritik terhadap filsafat modern. Ciri filsafat Kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng, pemikiran Kontemporer ini berusaha mengkritik Logosentrisme, rasionalisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama. Perkembangan Filsafat kontemporer berada dalam dua jalur yakni filsafat Holistic dan filsafat dekonstruksi.

    ReplyDelete
  31. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Sebagai seorang ahli fenomenologi, Husserl mencoba menunjukkan bahwa melalui metode fenomenologi mengenai pengarungan pengalaman biasa menuju pengalaman murni, kita bisa mengetahui kepastian absolut dengan susunan penting aksi-aksi sadar kita, seperti berpikir dan mengingat, dan pada sisi lain, susunan penting obyek-obyek merupakan tujuan aksi-aksi tersebut. Dengan demikian filsafat akan menjadi sebuah “ilmu setepat-tepatnya” dan pada akhirnya kepastian akan diraih.

    ReplyDelete
  32. Filsafat kontemporer adalah cara pandang dan berpikir mendalam menyangkut kehidupan pada masa saat ini. Dalam perkembangan filsafat kontemporer ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan suatu negara. Ciri filsafat kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng, pemikiran kontemporer ini berusaha mengkritik logosentrisme, rasionalisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama, perkembangan filsafat kontemporer berada dalam dua jalur yakni filsafat holistic dan filsafat dekonstruksi.

    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  33. 16701251016
    PEP B S2

    Filsafat adalah berkembang dan selalu kontinu. Jika sekarang, mungkin akan berbeda dengan kemarin, apalagi besok. Semua bergantung pada ruang dan waktunya. Begitu juga pemikiran manusia dalam wadah dan isinya, yang mana isi adalah wadah itu sendiri namun juga sebaliknya. Ketidaksempurnaan manusia selalu melekat, hingga paradigma yang berkembang adalah sebuah konsekuen untuk mencari kebenaran yang mendekati yang sempurna, namun selalu ada kekurnagan. Subtansi dalam pemikiran fiksafat juga demikian aliran dan paham terhadap subtansi filsafat terus berkembang. Begitu pula untuk filsafat kontemporer yang hadir atas dasar kritik dari pola pemikiran filsafat modern

    ReplyDelete

  34. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Paul Virilio merupakan salah seorang filsuf, urbanis, dan teoritikus kebudayaan.Ia menilai, percepatan dalam masyarakat lahir dari perkembangan alat-alat teknologi komunikasi dan informasi canggih zaman modern ini.
    Dampak dari pola hidup masyarakat yang didasarkan pada kecepatan teknologi adalah penyingkatan waktu dan lenyapnya batas-batas geografis, gaya hidup instan dan pudarnya sikap deliberatif, serta kemajuan lingkungan digital dan pendiskreditan aksi manusia. Masyarakat benar-benar telah terperangkap dan kecanduan alat-alat teknologi dan paradigma masyarakat telah dibentuk olehnya.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  35. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Filsafat Kontemporer muncul diawali sikap ingin mendobrak teori Filsafat Modern yang menggunakan keuniversalitasan kebenara tunggal dan bebas nilai. Oleh sebab itu salah satu ciri yang terdapat dalam Filsafat Kontempoter ini mengagungkan nilai-nilai relatifitas dan mini narasi, dan lebih cenderung beragam dalam pemikiran. Ciri filsafat Kontemporer adalah sebagai reaksi dari berkembangnya filsafat modern yang semakin melenceng, pemikiran Kontemporer ini berusaha mengkritik Logosentrisme filsafat modern yang berusaha menjadika rasio sebagai instrumen utama, perkembangan

    ReplyDelete
  36. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Edmund Husserl memperkenalkan tentang fenomenologi meski telah digunakan oleh beberapa filsuf sebelumnya. Fenomenologi berasal dari bahasa Yunani: Phainestai yang artinya “menunjukkan” dan “menampakkan diri sendiri. Sebagai penganut pandangan fenomenologi, ia menunjukkan apa yang nampak dalam kesadaran kita dengan membiarkannya termanifestasi apa adanya tanpa memasukkan kategori pikiran kita padanya atau menurut ungkapan Husserl: zuruck den sachen selbt (kembalilah pada realitas itu sendiri). Maka fenomenologi ini bisa dilihat pada dua posisi, yang pertama ia merupakan reaksi terhadap dominasi positivisme, dan yang kedua, sebenarnya sebagai kritik terhadap pemikiran kritisisme Immanuel Kant, terutama konsepnya tentang fenomenon-numenon.

    ReplyDelete
  37. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Roland Barthes adalah penganut aliran semiology, yang pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan, memaknai hal-hal dan memaknai dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan. Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda. Barthes adalah penerus dari Sausure. Gagasan Barthes ini dikenal dengan order of signification, mencakup denotasi (makna sebenarnya sesuai kamus) dan konotasi (makna ganda yang lahir dari pengalaman kultural dan personal). Di sinilah titik perbedaan Saussure dan Barthes meskipun Barthes tetap mempergunakan istilah signifier-signified yang diusung Saussure.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id