Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal




Oleh Marsigit

Cantraka:

Alhamdulillah...saya ucapkan selamat datang kembali kepada guru saya Sang Bagawat Selatan yang telah mendapat nama baru menjadi Muhammad Nurikhlas. Juga saya mengucapkan kepada isteri beliau Sang Dewi Sawitri yang telah mendapat nama baru Siti Nurikhlas. Mohonpetunjukmu bagaimana sebaiknya saya dapat memanggilmu?

Muhammad Nurikhlas:
Saya belumlah pantas disebut Ustad, juga belum pantas disebut Kyai, maka panggil saja Bapak Muhammad Nurikhlas, atau Muhammad Nurikhlas, atau secara singkat Nurikhlas begitu saja.

Cantraka:
Baiklah Bp. Muhammad Nurikhlas, saya ingin bertanya...walaupun sedikit, bolehkah aku engkau beri ilmumu yang baru engkau dapatkan dari kegiatan Mengajimu dari berbagai guru Spiritual?

Muhammad Nurikhlas:

Alhamdulillah..boleh juga. Wahai Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas, sebentar lagi Sang Transenden Spiritual Utama akan mengadakan Ritual Ikhlas. Saya menyarankan agar engkau dapat mengikutinya. Demikian, aku juga akan mengikutinya. Nanti akan ada banyak sekali para Cantraka, Santri, Ulama, Ustad, Kyai, Ulama, Umaro, Matematikawan, Guru Matematika, Profesor, Doktor, dari berbagai penjuru Dunia yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Maka bersiaplah.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Apakah kira-kira kegiatan utamanya. Apakah Ritual Ikhlas itu merupakan Perlombaan, Ujian, Pertandingan, Seminar, Workshop, atau Ibadat, atau sekedar Ritual saja. Apakah bersifat wajib atau sunat?

Muhammad Nurikhlas:

Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Oh...kami sangat senang sekali. Inilah momentum yang kami cari-cari selama ini. Ini pula kesempatan yang kami tunggu-tunggu. Kemudian kami ingin bertanya, apakah syarat-syarat dan persiapan yang harus kami lakukan? Dan kemudian bagaimana teknis pelaksanaannya?

Muhammad Nurikhlas:
Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. Bagaimana engkau Cantraka sakti dan Cantraka Ikhlas apakah engkau sudahmempersiapkan segala sesuatunya?

Cantraka Sakti:
Wuheh...Bapak Muhammad Nurikhlas...semoga persiapan saya tidak kurang satu apapun. Ketahuilah bahwa saya baru saja lulus Magister dari perguruan Luar Negeri. Banyak ilmu dan pengalamanyang aku timba di sana. Pengalaman apa saja ada di sana dan aku telah mengalami itu semua. Dan itu bersifat universal dan inernasional. Kalau hanya untuk mengatasi kepentingan-kepentingan lokal seperti mengikuti Ritual Ikhlas saya pikir tidak seberapa. Saya punya keyakinan aku akan mampu mengatasi segala macam rintangan yang ada. Maka akan aku persiapkan sebaik-baiknya. Akan aku bawa perbekalan sebanyak mungkin, jangan sampai kelaparan, jangan sampai kekurangan dana, jangan sampai terputus komunikasi, jangan sampai kedinginan karena tidak bawa baju tebal. Kalau hanya untuk perbekalan satu sampai sepuluh hari, tidak masalah bagiku. Aku sudah punya pengalaman mempersiapkan diri pergi jauh dan lama hingga dua tahun tidak pulang. Aku juga akan jaga staminaku dengan cara membawa lengkap obat-obatan, vitamin, obat kuat, ..semua obat-obatan akan saya bawa semua. Aku akan jaga staminaku dengan cara joging, bersepeda, olahraga, pushup, dst sehinga otot-otot tangan dan kakiku akan mampu menunjang kegiatanku mengikuti Ritual Ikhlas. Aku akan bawa setrika, minyak wangi, dan baju-baju yang baru agar penampilanku tetap segar dan terjaga. Aku akan jaga performance ku dan jaga bicaraku agar aku tetap bisa disegani sebagai seorang intelek yang baru saja lulus dari luar negeri. Aku akan siap membantu para petugas jika nanti tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta lainnya.

Muhammad Nurikhlas:
Bagaimana persiapanmu Cantraka ikhlas?

Cantraka Ikhlas:
Maaf Bapak Muhammad Nurikhlas, persiapanku tidaklah seperti Cantraka Sakti. Kebetulan aku baru sibuk mengurusi dan memberi pengajian kepada adik-adik Santri dan Santriwan, hingga waktu aku berangkat terkira aku tidak punya kesempatan untuk mempersiapkan diri. Persiapanku hanyalah bersifat rutin saja. Secara rutin aku berusaha mengefektifkan ibadatku, memaksimalkan Zikirku, tidak sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan, kadang-kadang berpuasa senin kamis. Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aku hanya merasa mempunyai jiwa dann raga saja, yang jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali maka akupun akan serahkan dengan ikhlas. Aku cuma mempunyai buku kecil yang berisi tentang tata cara beribadat dan syariat yang benar.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Bagaimana teknis pelaksanaan Ritual Ikhlas nanti?

Muhammad Nurikhlas:
Ya cuma masalah teknis pelaksanaannya saja agar berlangsung secara tertib mengingat akan ada banyak sekali peserta yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Tentu ada Panitia, tentu ada pendaftaran, tentu ada jadual kegiatan, tentu ada kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, tentu ada tata cara yang disepakati agar semuanya berjalan lancar. Ikuti dan laksanakan saja petunjuknya. Selamat mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, semoga sukses. Amin.

55 comments:

  1. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 Pend. Mat A 2018

    Dalam postingan blog tersebut ditunjukkan bahwa untuk mengikuti ritual ikhlas satu sisi menyiapkan perbekalan yang berbagai macam, sedangkan yang lain hanya mempersiapkan diri dengan banyak beribadah. Tujuannya adalah sama yaitu menggapai ikhlas. Sama halnya dengan manusia, manusia memiliki pandangan yang bermacam-macam dalah kehidupan. Dalam mencapai tujuan tertentu persiapan yang dilakukan antar manusia berbeda.

    ReplyDelete
  2. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia memiliki kesempatan yang sama dalam hidup ini. termasuk dalam belajar. Namun, yang sering kita lupakan adalah mengikutkan kata ikhlas dari segala aktivitas kita. Seperti halnya dalam belajar, memperoleh ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya merupakan peluang untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Namun tidak semua orang bisa menggunakan kesempatan yang ada dengan baik. Dalam memperoleh ilmu, agar kesempatan tersebut dapat kita pergunakan sebaik-baiknya harus diikuti oleh rasa ikhlas di dalam hati. Sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT, ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah dan ikhlas dalam menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  3. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari Elegi ritual ikhlas 1 ini bisa dipahami dua orang yang akan ikut dalam ritual ikhlas yaitu Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas. Cantraka Sakti ini adalah seseorang Ahli duniawi dan yang satu adalah Cantraka Ikhlas adalah seseoarang yang bukan ahli dunia tapi berusaha seikhlasnya menjadi ahli syurga. Disini kita bisa belajar bahwa untuk mencapai keikhlasan itu tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya, antara sikaya dan simiskin itu mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar menggapai ikhlas. Dalam belajar menggapai ikhlas itu selain keikhlasan itu sendiri yang harus dimiliki juga harus mengikuti atutan-aturan maupun ketentuan-ketentuan dalam beribadat. Karena memang sesungguhnya Ikhlas dalam beribadah itu bukan sekedar ikhlas dalam hati tapi juga harus sesuai dengan ketentuan dan tata caranya.

    ReplyDelete
  4. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ilmu ikhlas merupakan ilmu yang tidak mudah untuk disempurnakan, namun usaha kita harus berusaha ikhlas dalam setiap hal secara berkelanjutan. Ketika kita berusaha ikhlas, maka tidak ada satu ganjalan apapun melainkan semua yang kita lakukan semata mata karena mencari ridho Allah SWT. Keikhlasan lahir dari hati dan kesadaran diri masing masing. Tidak akan ada penyakit hati jika telah tertanam ikhlas di hatinya. Inilah sebenarnya harapan dari semua hal yang kita miliki. Karena semua hal yang ada di dunia hanyalah titipan Allah SWT

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Iklas merupakan perbuatan yang sulit untuk dilakukan. Dalam mempersiapkan ritual ikhlas juga membutuhkan banyak persiapan, baik persipaan secara jasmani maupun rohani. Persiapan jasmani bisa berupa makanan, dana, obat, vitamin, baju tebal, dan lain sebagainya. Selain itu penting juga persiapan secara rohani seperti niat dan keteguhan hati. Ikhlas disini harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ritual ikhlas akan dilaksanakan secara sistematis. Semua diawali dengan pembentukan panitia, melaksanakan proses pendaftaran, adanya jadwal kegiatan, kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, dan tata cara dalam pelaksanaan ritual ikhlas tersebut agar acaranya bisa berjalan sesuai dengan rencana.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Belajar ilmu ikhlas memang tidak mudah. Orang penyabarpun bisa kehilangan kendali. Tapi bukan berarti mustahilkan? Setiap sisi kehidupan manusia pasti selalu mendapatkan halangan dan rintangan. Hidup di dunia tentu harus disikapi dengan bijak. Bencana dan kesulitan harus bisa dihadapi dengan keikhlasan. Ikhlas berarti merelakan segala sesuatu yang membuat hati menjadi tenang. Merelakan dalam perkara ini adalah segala sesuatu yang mungkin menyakiti hati kita, karena ikhlas selalu diajarkan ketika manusia mendapatkan bencana. Sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT, ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah dan ikhlas dalam menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Ikhlas dan ritual ikhlas dilakukan atas sama-sama berasal dari hati masing-masing. Bila hatinya siap untuk ikhlas, maka terlaksanalah ritual ikhlas, bila sebaliknya maka tertunda dulu ritual ikhlasnya untuk terlaksana. Semua kegiatan ikhlas berdasar pada alam bawah sadar manusia, bila tidak sadar maka tidak termasuk ikhlas atau sebaliknya bahkan bisa saja tanpa disadari ikhlas sudah terlaksana dan menyerap ke dalam diri seseorang. Sehingga itu yang bisa disebut ikhlas yang ikhlas tanpa sadar dan eksekusi akhir kembali kepada Allah SWT apakah sudah ikhlas secara ikhlas atau hanya ikhlas yang belum mencapai ikhlas.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Elegi ini membahas tentang persiapan dua cantraka, yaitu sakti dan ikhlas dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ritual. Bekal menjadi pokok utama untuk memersiapkan diri. Kedua peserta ritual memiliki blatar belakang berbeda dan rutinitas berbeda juga pengalaman yang berbeda. Melalui bekal tersebut maka kita dapat melihat, menerka, dan berandai-andai proses perjalanan kedua cantraka dalam mengarungi ritual ikhlas. Disinilah kita diuji untuk dapat menerjemahkan sebuah situasi.

    ReplyDelete
  9. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan postingan blog tersebut, saya beajar bahwa apa yang kita lakukan harus didasari dengan niat. Seperti yang dikatakan dalam postingan tersebut bahwa mencari ilmu dengan ilmu, menurut saya mencari ilmu dengan ilmu sama dengan kita yang mempunyai ilmu untuk mencari yang lebih kita harus mengamalkannya dulu, jika sudah mengamalkannya ilmu yang kita cari mudah untuk dipelajarinya. Dan menggapai ikhlaspun dengan ikhlas, menurut say ajika diniati dengan ikhlas dalam hati, ritual ikhlas akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  10. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari segi teknis untuk mempersiapkan untuk menggapai ikhas, dalam percakapan Cantraka Sakti mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan duniawi, sedangkan Cantraka Ikhlas hanya mempersiapkan diri tanpa memikirkan duniawinya. Dari perbedaan persiapanpun manusia mempersiapkan segaa sesuatunya pasti berbeda. Persiapan tersebut kembali ke diri manusia tersebut. Walaupun tujuannya sama, tetapi persiapan manusia berbeda-beda bergantung individunya.

    ReplyDelete
  11. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menurut saya, ritual ikhlas yang bisa dilakukan berdasarkan pengalaman yang biasa saya lakukan agar sebisa mungkin merasa ikhlas adalah perbanyak tersenyum. Disamping senyum adalah ibadah, disaat saya merasa sedih atau sebagainya, saya berusaha untuk terus tersenyum untuk menghibur diri saya sendiri. Kemudian selain itu yang biasa saya lakukan adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara perbanyak beribadah seperti sholat dan berpuasa. Ikhlas tidak akan tumbuh dengan mudah tetapi harus senantiasa dilatih agar menjadi pribadi yang baik.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Untuk menjalani ritual ikhlas ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti tidak meninggalkan sholat wajib, memperbanyak dzikir, sholat sunah, puasa sunnah dan membaca Al-Qur’an serta mengurangi makan dan tidur. Ikhlas yaitu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati sesuai dengan perintah dan larangan-Nya dan menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. Untuk berbuat ikhlas memang terkadang berat untuk dilakukan, akan tetapi kekautan ikhlas akan nampak pada hamba yang berserah diri kepada Tuhannya. Ritual ikhlas ini membantu manusia supaya tidak terjerat oleh sifat sombong. Itulah informasi awal yang perlu dipersiapkan oleh manusia untuk menjalani ritual ikhlas.

    ReplyDelete
  14. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seperti yang diungkapkan dalam elegi ini, bekal untuk menggapai ikhlas ialah keikhlasan itu sendiri. Ikhlas merupakan wujud kepasrahan dan ketulusan. Maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam menggapai ikhlas bukanlah bekal materi/ilmu/hal-hal lain yang bersifat keduniaan, melainkan niat dan keteguhan hati. Ikhlas bukan tentang kehebatan dalam pengetahuan atau ilmu atau jabatan tinggi. Maka ikhas dapat diupayakan oleh siapapun bahkan orang yang sakit atau kekurangan dengan cara beribadah secara istiqomah, sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Menggapai ikhlas dengan ikhlas, maka, ketika kita melakukan apapun maka harus didasari dengan keikhlasan. Bagaimana kita bisa mengukur ikhlas?

    ReplyDelete
  16. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Ikhlas, begitu ringan diucapkan bahkan semua orang mampu mengucapkannya. Namun, apakah semua orang mampu melaksanakannya juga? Saya rasa jawabannya tidak, karena saya pun belum menjadi salah satu orang yang mampu melaksanakannya.
    Untuk menggapai ikhlas diperlukan sebuah ritual ikhlas. Tidak hanya pembelajaran yang perlu persiapan, melakukan ritual ikhlas juga perlu persiapan. Persiapan tersebut diantaranya dengan cara menata ibadah, memaksimalkan zikir, melaksanakan sholat wajib, memperbanyak sholat sunnah, membaca kitab suci, mengurangi tidur dan makan.
    Mengingat persiapan yang dilakukan Cantraka sakti, saya jadi penasaran, apakah yang akan dengannya? Apakah segala persiapan yang ia lakukan dapat membantunya bertahan selama ritual?

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Untuk menjadi ikhlas memang bukan perihal yang mudah. Setiap orang yang berkata ikhlas dari mulutnya belum tentu ikhlas juga dalam hatinya. Karena yang sebenar-benar ikhlas hanyalah Allah SWT yang bisa menilainya.

    ReplyDelete
  18. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Setiap manusia mempunyai karakteristik yang berbeda. Barangkali antar satu orang dengan orang lain, kesempatan yang diperoleh adalah sama, akan tetapi bagaimana menyambut dan mengambil kesempatan tersebut akan berbeda. Seperti yang disampaikan dalam elegi ini, bahwa ada seseorang yang begitu mementingkan persiapan lahiriah, namun adapula yang mementingkan persiapan batiniah. Tujuan akhirnya adalah sama, yakni untuk dapat menggapai ikhlas. Namun start awal dan persiapan masing-masing orang ternyata berbeda. Jika hal ini kita analogikan dalam pembelajaran di sekolah, maka tentu masing-masing anak mempunyai penyalaman, pemahaman dan kondisi yang berbeda-beda. Hal tersebut adalah wajar. Tinggal bagaimana guru mampu mengelolanya dan memfasilitasinya agar semua siswa mampu memperoleh pengalaman belajar yang tepat dan mampu mencapai hasil yang maksimal pula.

    ReplyDelete
  19. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Untuk bisa menggapai sebenar-benarnya ikhlas maka diperlukan persiapan yang tidaklah mudah. Syarat agar mampu mengikuti ritual ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan shalat wajib, memperbanyak shalat sunat, membaca kitab suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umi Arismawati
      18709251037
      S2 Pendidikan Matematika B 2018

      Assalamu'alaikum, wr, wb
      saya sangat setuju dengan pendapat saudari Herlingga bahwa untuk menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Mari persiapkan hati dan pikiran itu untuk ikhlas dan memperdalam apa itu ikhlas melalui elegi-elegi ritual ikhlas ini.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam kehidupan manusia sering kali kita menemui bahkan mengalami perjalanan hidup yang berliku-liku dan kita tidak menyadari bahwa hajat yang kita harapkan dan yang kita gapai hanya dengan usaha secara fisik saja, padahal kita punya agama yang mengajarkan beribadah kepada Alloh dengan berbagai cara seperti memaksimalkan zikir, jangan sekali-kali meninggalkan shalat wajib, memperbanyak shalat sunat, membaca kitab suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa, melakukan jihad memerangi hawa nafsu

    ReplyDelete
  22. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut kami Ritual Ikhlas bisa juga ritual dengan kebiasaan ibadah kita dalam keseharian, hendaknya setiap hamba mempunyai amalan yang di pegangnya untuk rutin secara Ikhlas dijalankan. karena Alloh lebih suka hambanya yang melakukan ibadah kecil tapi Istiqomah dibandingkan ibadah besar tapi tidak istiqomah/jarang dijalankan.

    ReplyDelete
  23. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ilmu tertinggi dari Allah swt yang diberikan pada manusia adalah ikhlas. Pada dasarnya ilmu itu sudah ada pada diri masing-masing individu sedari dini, hanya saja sebagian besar manusia tidak menyadari keberadaannya. Apabila seseorang telah menyadari pentingnya ikhlas dalam hidup, maka hidupnya akan berhasil dan senantiasa diliputi ketaqwaan pada Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  24. Ikhlas mudah diucapkan tetapi praktiknya sangat sulit dilakukan karena banyak celah-celah penyebab ketidak ikhlas-an. Bila manusia akan berbuat amal soleh maka setan berusaha membujuk untuk menunda-nunda-nya. Bila tidak berhasil maka setan berusaha menghancurkan amal soleh tersebut dengan membelokkan niat dalam beramal. Ikhlas adalah melupakan perhatian terhadap makhluk karena selalu memandang Sang Kholik. Ikhlas adalah rahasia Allah, kita tidak tahu apakah kita sudah ikhlas atau belum bahkan menurut ulama' malaikat pencatat amal juga tidak tahu apakah amal kita ikhlas atau tidak. Sehingga kita tidak bisa mengatakan diri kita ikhlas orang lain tidak ikhlas. Kewajiban kita berusaha ikhlas dan takut menjadi orang yang tidak ikhlas.

    ReplyDelete
  25. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Dalam hidupnya, manusia mau tidak mau harus selalu belajar, belajar dan belajar. Untuk belajar itu kita harus memiliki bekal salah satunya keikhlasan bahwa kita akan menuntut ilmu. Dengan bekal keikhlasan, insyaAllah Tuhan akan memberikan kemudahan dalam kita menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  26. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb
    Mengerjakan sesuatu memang akan lebih mudah jika dilakukan dengan ikhlas. Akan tetapi untuk dapat memperoleh keikhlasan itu memang tidak mudah. Untuk itu melalui elegi ritual ikhlas ini kita akan belajar bagaimana menggapai sebuah keikhlasan.

    ReplyDelete
  27. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Membaca elegi ini mengingatkan untuk mempersiapkan diri untuk ikhlas beribadah dengan maksimal. Hal yang menarik bukan hanya untuk dikutip tetapi diterapkan dengan sebaik-baiknya adalah Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Tipsnya adalah berikan semua yang kita punya untuk ibadah, lakukan segalanya untuk ibadah, jangan hanya memikirkan dunia. terimakasih

    ReplyDelete
  28. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan ritual ikhlas pertama, terdapat berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti ritual ikhlas tersebut, seperti mental dan fisik. Namun, perlu juga dibersamai dengan ikhlas dalam hati. Agar nantinya kegiatan ritual ikhlas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memperoleh keberkahan serta keselamatan dunia dan akirat.

    ReplyDelete
  29. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Dalam melakukan berbagai kegiatan diperlukannya persiapan yag matang, mulai dari peralatan, logistic, susunan kegiatan, dan yang terpenting adalah persiapan dari pribadi masing-masing. Lancarnya suatu acara tidak terlepada dari kontribusi individu yang menunjukkan kerelaaanya dan kontribusinya serta menunjukkan keseriusannya. Satu hal yang menjadi kunci suatu persiapan adalah bahwa dalam diri seseorang harus ada rasa ikhlas. Dengan menyertakan keikhlasan maka setiap langkah akan terasa lebih ringan dan mudah.

    ReplyDelete
  30. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    "Ikhlas" merupakan salah satu kata yang mudah diucapkan tetapi sangat sulit diiplementasikan. Jika kita tidak melakukan sesuatu karena takut akan sesuatu apakah ini bisa dikatakan ikhas? Apakah yang kita lakukan semata-mata karena akan mendapat sesuatu itu juga sebuah ke-ikhlasan? Dan masih banyak lagi pertanyaa-pertanyaan terkait dengan masalah ikhlas ini. Yang harus kita lakukan untuk ini hanyalah selalu belajar dan belajar untuk bisa ikhlas. Ikhlas dalam beribadah, dan juga ikhlas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai makhluk multi peran.

    ReplyDelete
  31. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Kata ikhlas sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ikhlas mengandung makna yang dalam, namun sering menimbulkan salah pemaknaan. Kata ikhlas sangat mudah diucapkan, namun sulit untuk di lakukan. Sering kita mengucapkan ikhlas, namun dihatinya masih terbesit keinganan untuk mendapatkan suatu imbalan berupa pujian dsb. Sebenarnya, ikhlas sendiri ialah ketika seseorang melakukan suatu pekerjaan dengan tujuan mendapatkan ridho Allah SWT. Segala perbuatan baik itu bekerja, belajar, berdoa maupun beribadah akan berjalan apabila dilandasi dengan niat, agar berjalan maka perlu adanya rasa ikhlas dalam niat tersebut, sehingga pekerjaan yang dilaksanakan akan memberikan manfaat dan memberikan barokah bagi kehidupan di dunia dan akhirat. Karena setinggi-tinggi derajat manusia adalah manusia beriman yang ikhlas. Sebagai contoh ialah, kita sebagai calon seorang guru yang nantinya akan membimbing siswa, harus dilakukan dengan niat yang ikhlas, maka ilmu yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa dan memberikan manfaat yang bernilai ibadah. Perlu disadari bahwa yang dapat mengukur keikhlasan manusia dalam melakukan segala sesuatu hanyalah Allah SWT. Kita sebagai makhluk ciptaan Allah harus berusaha dan terus melakukan yang terbaik hanya untuk Allah semata.

    ReplyDelete
  32. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Niat adalah unsur utama yang mendasari sebuah perjalanan/perbuatan dan jika niat itu untuk kebaikan maka malaikat akan mencatatnya sebagai amalan yang baik. Sesungguhnya ikhlas merupakan suatu sikap yang tidak mempedulikan pendapat manusia akan niat perilakunya. Tidak berkurang bila dicaci dan tidak bertambah bila dipuji. Ikhlas dapat ditempuh dengan jalan ikhlas itu sendiri. Karena ketika seseorang melakukan suatu tindakan dengan jalan ikhlas, maka tidak akan ada rasa pamrih atau pun alasan-alasan lain yang mendasari tingkah lakunya, misalnya dilatarbelakangi untuk pamer, benih kesombongan, dan lain sebagainya. Ukuran keikhlasan tidak dapat diketahui oleh manusia karena ikhlas berada di dalam hati manusia. Hanya Allah yang mengetahui ikhlas atau tidaknya seseorang, karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Dalam melakukan suatu tindakan hendaknya didasari dengan rasa ikhlas agar tindakan yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dan mendapat pahala. Dengan didasari keikhlasan maka ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  33. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    “Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal” hadir untuk mengingatkan kita agar senantiasa menanamkan rasa ikhlas pada diri kita. Setiap perbuatan yang kita lakukan hendaknya didasari atas rasa ikhlas. Tentunya ikhlas Lillahitaala. Memang tidak mudah untuk ikhlas dalam segala hal. Ikhlas tidak sekedar diucapkan melalui mulut kita, namun keikhlasan yang sesungguhnya adalah keikhlasan dari hati kita. Dalam melakukan sesuatu apabila hati telah ikhlas maka apa yang kita lakukan akan terasa ringan dan Insya Allah akan dimudahkan oleh Allah dalam mencapainya. Salah satu contohnya adalah ikhlas dalam menularkan ilmu. Ilmu yang kita miliki hendaklah ditularkan kepada orang lain karena hal tersebut akan bernilai ibadah jika dapat bermanfaat untuk orang lain. Tentunya didasari dengan rasa ikhlas dalam menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain.

    ReplyDelete
  34. Lukman
    18701264003
    PEP S3

    ---
    Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu.
    ---
    Tiada yang bisa mengenal Allah SWT kecuali atas bantuan Allah SWT. Tiada yang bisa merindu Allah SWT, kecuali Dia menganugerahkan rindu itu kepada yang dikehendakinya. Tiada yang mendapatkan Ilmu-Nya kecuali Allah SWT yang memberikannya. Dimulai dari kesungguhan pembersihan yang diberikannya melalui kehendak yang dianugerahkan menuju kepada-Nya, maka ikhtiar adalah memilih dan mempersiakan wadah sebersih-bersihnya dengan pengakuan atas kedzaliman diri dan bersaksi atas keagungan dan kebesaran-Nya. Wallohu A'lam.

    ReplyDelete
  35. Hendra b.
    18701261008
    PEP S3 2018

    saya sangat setuju dengan perkataan Muhammad Nurikhlas bahwa mencari ilmu dengan ilmu, Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Tetapi untuk menguatkan seluruhnya adalah niat yang kuat untuk mengejar tujuan

    ReplyDelete
  36. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan manusia untuk menyembahnya dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.Hingga akhirnya mencapai tujuan yang sama yaitu surga. Dalam hidup di dunia ini kita diberi kesempatan mengumpulkan bekal untuk mencapai surga kelak. Dan kita sebagai manusia memiliki cara dan pemikiran yang berbeda pula. Namun inti dari semua yang dilakukan manusia tersebut, hendaknya tetap didampingi dengan ikhlas. Terutama ikhlas dalam hal duniawi. Sifat ikhlas ini juga yang akan membantu manusia mencapai surga kelak. AAmiin.

    ReplyDelete
  37. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ikhlas merupakan ilmu tertinggi dari Allah swt yang ingin dicapai manusia. Pada dasarnya ilmu itu sudah ada pada diri masing-masing individu sedari dini, hanya saja sebagian besar manusia tidak menyadari keberadaannya. Apabila seseorang telah menyadari pentingnya ikhlas dalam hidup, maka hidupnya akan berhasil dan senantiasa diliputi ketaqwaan pada Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  38. Hidayatul Wafiroh
    19701251010
    S2 PEP 2019

    Ikhlas kata yang sering kita dengar dan bahkan telah melekat dalam pikiran kita. Tetapi terkadang kita melupakan makna ikhlas itu sendiri. Tanpa kita sadari terkadang ikhlas hanya menjadi tameng dari lisan kita. Kita mudah sekali untuk mengucapkan ikhlas untuk diri sendiri maupun orang lain. Lantas kita hanya mampu mengucapkan tanpa melaksanakan dalam kehidupan kita. Ikhlas baru mendasar dalam pikiran kita tetapi belum ada koneksi dengan hati. Jika pikiran dan hati sudah ada kesepakatan makna ikhlas itu, maka makna ikhlas dapat terlaksana dalam hidup ini. Namun, kita belum mampu mengetahui sampai titik yang mana pikiran dan hati sepakat tentang ikhlas. Sehingga kita membutuhkan pikiran dan hati yang bekerjasama untuk selalu memperbaiki tekad yang kuat dalam beribadah kepada Allah. Lantas apakah itu mudah? Tentu saja hal itu tidak mudah. Tetapi kita harus mencoba, mencoba dan terus mencoba menyatukan presepsi ikhlas dalam pikiran dan hati akan membawa pada kesepakatan presepsi ikhlas dengan dibantu buku kecil yang berisi tentang cara beribadat dan syariat yang benar.
    Mencari ilmu dengan ilmu, mencari hidayah dengan hidayah , menggapai rakhmat dengan rakhmat, maka menggapai ikhlas dengan ikhlas. Sehingga temukan kesepakatan pikiran dan hati tentang ikhlas. Persiapkan tekad melawan hawa nafsu yang dengan tiba-tiba dapat menghancurkan ikhlas yang ada dalam diri. Dari paparan di atas kita mengetahui bekal yang dipersiapan oleh cantraka sakti adalah sesuatu yang berhubungan dengan duniawi, sedangkan cantraka ikhlas tak memiliki persiapan duniawi apapun, hanya rutinitas dalam beribadah serta niat dan keteguhan hati.

    ReplyDelete
  39. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A
    Dari membaca elegi ini, pada kalimat "mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rahmat dengan rahmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu" dari sini saya mengambil pemahaman bahwa ikhlas merupakan sesuatu yang berasal dari dalam hati, yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Lalu ketika saya membaca percakapan antara Nurikhlas dengan Cantraka sakti dan Cantraka ikhlas mengenai persiapan untuk ritual ikhlas, saya melihat dua persiapan yang berbeda. Namun apakah kita bisa menilai tingkat keikhlasan keduanya? Dan bagaimanakah menilai keikhlasan? Saya mengambil pemahaman bahwa ikhlas tidak hanya dilihat dari seberapa banyak hal yang telah kita lakukan dan capai namun juga dari perasaan dan tujuan. Hal ini menjadi refleksi bagi saya, karena barang kali saya sering mengejar sesuatu namun tidak didasari dengan keikhlasan dari dalam hati.

    ReplyDelete
  40. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Terima kasih Prof atas tulisan renungannya. Sebagai informasi awal, tulisan di atas memberikan beberapa pelajaran bermakna dalam kehidupan, dalam konteks tulisan ini terkait dengan hal spiritual dan ikhlas seperti pentingnya niat dalam berbagai tindakan, persiapan diri, istiqamah, kerendahan hati, dan penyerahan diri pada Sang Pencipta. Cerita di atas memberikan gambaran tentang dua sifat/kondisi yang berbeda (bahkan mungkin bertolak belakang) pada dua individu (hal ini seperti gambaran tentang realitas yang ada). Satu pihak cenderung lebih mengedepankan akal-pikiran, kesombongan, dan persiapan yang bersifat jasmaniah. Sedangkan yang satu lagi menggunakan akal-pikiran, kerendahan hati, dan jasmaniyah-ruhaniyah.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  41. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A
    Manusia diciptakan Allah untuk beramal, baik amal individual, ibadah sosial di antara sesama, maupun ibadah ritual kepada Allah. Amal ibadah dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah sehingga memperoleh ridha-Nya. Sementara itu, amal sosial dapat mempererat hubungan sosial antar sesama sehingga dapat membawa perubahan yang positif atau kemaslahatan bagi semua orang dan lingkungan sekitarnya. Namun, amal saleh belum cukup tanpa diiringi keikhlasan. Oleh karena itu perlu adanya ritual ikhlas untuk bekal kita menggapai ikhlas itu sendiri.

    ReplyDelete
  42. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Dalam elegi di atas, untuk mengikuti ritual ikhlas dibutuhkan kerendahan hati dalam beribadah kepada Allah SWT. Kemudian, panitia yang mampu menilai/mengkategorikan peserta ritual ikhlas adalah Allah SWT, apakah hamba-Nya sudah mampu ataukah belum dalam menjalani ritual tersebut. Dibutuhkan kerjakeras, kerendahan hati, niat yang benar untuk menjadi pribadi yang ikhlas. Haruslah bisa menjaga kesucianya dari berbagai hal kotor (penyakit hati) seperti kesombongan, iri, dan lainnya. Semoga Allah senantiasa membantu kita dalam memperbaiki diri agar menjadi individu yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  43. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Dalam melakukan sesuatu tentu kita harus persiapan. Karena dengan persiapan itu kita akan bisa meminimalisir hal-hal yang tak terduga dan dengan persiapan maka akan membuat kesempatan besar dalam melakukan sesuatu secara sukses. Namun persiapan kita tentu sja haruslah di samakan atau disingkronkan dengan apa yang akan kita lakukan. MIsalkan kita akan kemah maka persiapkan alat kemah, kita akan ujian aljabar maka kita persiapkan dengan belajar aljabar. Nah demikian dalam elegi ini ketika akan belajar ikhlas maka harus persiapkan keikhlasan untuk belajar ikhlas.
    Dari elegi ini terdapat cantraka sakti dan cantraka ikhlas. Dan masing-masing mempunyai persiapan. Namun dari elegi terlihat bahwa persiapan yang sinkron dengan ritual ikhlas adalah persiapan cantraka ikhlas. Sementara cantraka sakti justru tidak dilandasi keikhlasan. Namun dibalik perbedaan itu intinya adalah kita melakukan persiapan sebelum melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  44. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Ritual ikhlas menggambarkan bahwa keikhlasan memerlukan ritual. Karena membutuhkan ritual, maka ikhlas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa, kadang seseorang mampu mengucapkan bahwa dirinya telah ikhlas namun hati dan pikirannya berkata hal yang kontradiktif. Hal ini, membuat segala sesuatu yang dilakukan tidak akan memuaskan dan kurang bermanfaat. Sejatinya keikhlasan sangatnya dalam sedalam-dalamnya dan luas seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  45. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Untuk mendefinisikan kata ikhlas itu sendiri saya masih merasa kesulitan. Terkadang kita sudah berucap ikhlas, namun dalam pikiran kita, kita masih merasa bahwa ada sesuatu hal yang lain yang membuat kita belum benar-benar ikhlas. Oleh karena itu, semoga kita dapat memperbaiki diri, dan selalu melakukan segala hal dengan ikhlas. Ikhlas yang berasal dari hati dan pikiran, bukan hanya dari ucapan saja.

    ReplyDelete
  46. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ikhlas berarti merelakan segala sesuatu yang membuat hati menjadi tenang. Merelakan dalam perkara ini adalah segala sesuatu yang mungkin menyakiti hati kita, karena ikhlas selalu diajarkan ketika manusia mendapatkan bencana. Sebenar-benarnya ikhlas adalah ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT, ikhlas dalam menjalankan segala perintah Allah dan ikhlas dalam menjauhi segala larangan-Nya. Ikhlas dan ritual ikhlas dilakukan atas sama-sama berasal dari hati masing-masing. Bila hatinya siap untuk ikhlas, maka terlaksanalah ritual ikhlas, bila sebaliknya maka tertunda dulu ritual ikhlasnya untuk terlaksana. Semua kegiatan ikhlas berdasar pada alam bawah sadar manusia, bila tidak sadar maka tidak termasuk ikhlas atau sebaliknya bahkan bisa saja tanpa disadari ikhlas sudah terlaksana dan menyerap ke dalam diri seseorang.

    ReplyDelete
  47. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Ritual ikhlas merupakan tindakan untuk belajar ikhlas mengenai suatu hal. Dan dalam belajar ikhlas tersebut kita juga harus ikhlas, agar kita mampu menggapai keihlasan itu sendiri. Bagaimana kita mau menggapai keikhlasan jika dalam belajar bagaimana caranya ikhlas saja kita tidak ikhlas. Maka untuk itu juga sangat diperlukan keikhlasan dalam belajar ikhlas. Ketika kita ikhlas dalam menjalani sesuatu maka insyaallah kita akan dipermudah untuk menggapai/mencapai apa yang kita inginkan. Karena dengan ikhlas kita tidak akan merasa berat meskipun dalam menggapai suatu hal itu mengalami kegagalan, dan dengan hati yang ikhlas pula lah kita bisa kembali memperbaiki kegagalan itu.

    ReplyDelete
  48. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Kata ikhlas sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ikhlas mengandung makna yang dalam namun keikhlasan masih sulit dilakukan oleh manusia, ada saja alasan yang menjadi penyebab ikhlas masih berat dilakukan salah satunya kebiasaan. Kebiasaan yang terdiri dari bermacam-macam isian dijadikan alasan untuk menunda keikhlasan. tidak mempedulikan kedudukan manusia, ikhlas tetap ikhlas, tidak ada ikhlas yang spesial diberikan kepada manusia yang kedudukannya tinggi. Saslah satu contonya saat kita ikhlas dalam menuntut ilmu dan ikhlas menaplikasikan ilmu kita kepada masyarakat, karena sebaik - baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat, dan salah satunya dengan ilmu kita

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Elegi ikhlas dalam artikel ini mengajarkan rendah hati terhadap apapun pencapaian dan pengalaman kita. sehebat apapun diri kita maka tidak ada yang mengalahi kehebatan Allah. Terlintas ada istilah diatas langit masi ada langit, istilah tersebut juga mengajarkan kita untuk tetap rendah hati.


    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Elegi ikhlas dalam artikel ini mengajarkan rendah hati terhadap apapun pencapaian dan pengalaman kita. sehebat apapun diri kita maka tidak ada yang mengalahi kehebatan Allah. Terlintas ada istilah diatas langit masi ada langit, istilah tersebut juga mengajarkan kita untuk tetap rendah hati.


    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  51. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    S2 PEP A 2019

    Ikhlas merupakan pondasi dalam menjalani hidup. Perkembangan dunia dengan sagala fatamorgananya dapat memiliki kemungkinan untuk mengoyahkan rasa keikhlasan dalam hati kita. Ikhlas ini perlu ditata dan dibiasakan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui perilaku, tingkah pola, pola hidup, pola sifat dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  52. Imroatus Syarifah
    19709251057
    Pend. Matematika D

    Ikhlas menjadi pembahasan yang sangat menarik, karena sangat mudah untuk diucapkan namun akan menjadi sangat sulit untuk dilaksanakan. Setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk memahami apa itu "ikhlas", baik si kaya atau miskin, si pintar atau bodoh, si rajin atau malas. Namun yan pasti, dibutuhkan "bekal" yang cukup untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019
    Assalamu’alaykum warohmatullah wabarokatuh, prof. Marsigit. MasyaaAllah, melalui artikel ini Prof mampu membuka pikiran saya tentang ap aitu sejatinya ikhlas. Ritual Ikhlas adalah ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya. Mungkin kita merasa sudah banyak beribadah sudah berusaha mendekatkan diri pada sang pencipta. Tetapi apakah itu semua sudah cukup? Tentu banyak dan sedikit itu tergantung dari seberapa ikhlas kita menjalankannya. Dan demikian jika kita ikhlas, kita tidak akan pernah menghitung berapa banyak kita telah beribadah kepada Allah.

    ReplyDelete