Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal




Oleh Marsigit

Cantraka:

Alhamdulillah...saya ucapkan selamat datang kembali kepada guru saya Sang Bagawat Selatan yang telah mendapat nama baru menjadi Muhammad Nurikhlas. Juga saya mengucapkan kepada isteri beliau Sang Dewi Sawitri yang telah mendapat nama baru Siti Nurikhlas. Mohonpetunjukmu bagaimana sebaiknya saya dapat memanggilmu?

Muhammad Nurikhlas:
Saya belumlah pantas disebut Ustad, juga belum pantas disebut Kyai, maka panggil saja Bapak Muhammad Nurikhlas, atau Muhammad Nurikhlas, atau secara singkat Nurikhlas begitu saja.

Cantraka:
Baiklah Bp. Muhammad Nurikhlas, saya ingin bertanya...walaupun sedikit, bolehkah aku engkau beri ilmumu yang baru engkau dapatkan dari kegiatan Mengajimu dari berbagai guru Spiritual?

Muhammad Nurikhlas:

Alhamdulillah..boleh juga. Wahai Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas, sebentar lagi Sang Transenden Spiritual Utama akan mengadakan Ritual Ikhlas. Saya menyarankan agar engkau dapat mengikutinya. Demikian, aku juga akan mengikutinya. Nanti akan ada banyak sekali para Cantraka, Santri, Ulama, Ustad, Kyai, Ulama, Umaro, Matematikawan, Guru Matematika, Profesor, Doktor, dari berbagai penjuru Dunia yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Maka bersiaplah.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Apakah kira-kira kegiatan utamanya. Apakah Ritual Ikhlas itu merupakan Perlombaan, Ujian, Pertandingan, Seminar, Workshop, atau Ibadat, atau sekedar Ritual saja. Apakah bersifat wajib atau sunat?

Muhammad Nurikhlas:

Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Oh...kami sangat senang sekali. Inilah momentum yang kami cari-cari selama ini. Ini pula kesempatan yang kami tunggu-tunggu. Kemudian kami ingin bertanya, apakah syarat-syarat dan persiapan yang harus kami lakukan? Dan kemudian bagaimana teknis pelaksanaannya?

Muhammad Nurikhlas:
Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. Bagaimana engkau Cantraka sakti dan Cantraka Ikhlas apakah engkau sudahmempersiapkan segala sesuatunya?

Cantraka Sakti:
Wuheh...Bapak Muhammad Nurikhlas...semoga persiapan saya tidak kurang satu apapun. Ketahuilah bahwa saya baru saja lulus Magister dari perguruan Luar Negeri. Banyak ilmu dan pengalamanyang aku timba di sana. Pengalaman apa saja ada di sana dan aku telah mengalami itu semua. Dan itu bersifat universal dan inernasional. Kalau hanya untuk mengatasi kepentingan-kepentingan lokal seperti mengikuti Ritual Ikhlas saya pikir tidak seberapa. Saya punya keyakinan aku akan mampu mengatasi segala macam rintangan yang ada. Maka akan aku persiapkan sebaik-baiknya. Akan aku bawa perbekalan sebanyak mungkin, jangan sampai kelaparan, jangan sampai kekurangan dana, jangan sampai terputus komunikasi, jangan sampai kedinginan karena tidak bawa baju tebal. Kalau hanya untuk perbekalan satu sampai sepuluh hari, tidak masalah bagiku. Aku sudah punya pengalaman mempersiapkan diri pergi jauh dan lama hingga dua tahun tidak pulang. Aku juga akan jaga staminaku dengan cara membawa lengkap obat-obatan, vitamin, obat kuat, ..semua obat-obatan akan saya bawa semua. Aku akan jaga staminaku dengan cara joging, bersepeda, olahraga, pushup, dst sehinga otot-otot tangan dan kakiku akan mampu menunjang kegiatanku mengikuti Ritual Ikhlas. Aku akan bawa setrika, minyak wangi, dan baju-baju yang baru agar penampilanku tetap segar dan terjaga. Aku akan jaga performance ku dan jaga bicaraku agar aku tetap bisa disegani sebagai seorang intelek yang baru saja lulus dari luar negeri. Aku akan siap membantu para petugas jika nanti tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta lainnya.

Muhammad Nurikhlas:
Bagaimana persiapanmu Cantraka ikhlas?

Cantraka Ikhlas:
Maaf Bapak Muhammad Nurikhlas, persiapanku tidaklah seperti Cantraka Sakti. Kebetulan aku baru sibuk mengurusi dan memberi pengajian kepada adik-adik Santri dan Santriwan, hingga waktu aku berangkat terkira aku tidak punya kesempatan untuk mempersiapkan diri. Persiapanku hanyalah bersifat rutin saja. Secara rutin aku berusaha mengefektifkan ibadatku, memaksimalkan Zikirku, tidak sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan, kadang-kadang berpuasa senin kamis. Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aku hanya merasa mempunyai jiwa dann raga saja, yang jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali maka akupun akan serahkan dengan ikhlas. Aku cuma mempunyai buku kecil yang berisi tentang tata cara beribadat dan syariat yang benar.

Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas:
Bagaimana teknis pelaksanaan Ritual Ikhlas nanti?

Muhammad Nurikhlas:
Ya cuma masalah teknis pelaksanaannya saja agar berlangsung secara tertib mengingat akan ada banyak sekali peserta yang akan mengikuti Ritual Ikhlas. Tentu ada Panitia, tentu ada pendaftaran, tentu ada jadual kegiatan, tentu ada kegiatan-kegiatan menuju ikhlas, tentu ada tata cara yang disepakati agar semuanya berjalan lancar. Ikuti dan laksanakan saja petunjuknya. Selamat mengikuti kegiatan Ritual Ikhlas, semoga sukses. Amin.

82 comments:

  1. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika 2016

    Menggapai ikhlas itu dengan ikhlas.Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan shalat wajib, memperbanyak shalat sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar.
    Dari kutipan diatas, saya dapat menyimpulkan, bahwa untuk bisa ikhlas seharusnya hal yang pertama kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah. Bertaqwa, dengan menjallankan apa yang diperintahkannya dan menjauhi apa yang dilarangnya. Ikhlas, sangat susah sekali kita untuk mengamalkannya. Terkadang kita berusaha untuk ikhlas dalam menghadapi sesuatu. Namun, itu hanya perkataan kita saja yang ikhlas. Dalam hati kita tidak bisa menerima. Padahal yang namanya ikhlas itu tidak hanya di lisan, namun juga dari dalam kalbu.
    Untuk urusan ikhlas, hendaknya kita bisa mengaplikasikannya di dunia pekerjaan kita. Lulusan dari mana pun kita kuliah, kita tidak boleh sombong. Kita harus bisa mengamalkan apa yang kita miliki dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  2. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Ikhlas berarti ketika seseorang melakukan suatu tindakan karena mengharap ridho Allah semata, bukan karena mencari imbalan atau pujian. Ikhlas memang mudah dalam mengucapkannya, tetapi sangat sulit untuk melakukannya. Ikhlas hanya dapat dicapai dengan ikhlas.Dengan hanya mengharap ridha Allah maka kita tidak akan kecewa jika hasilnya tidak seperti apa yang diharapkan. Dari elegi di atas dapat kita ambil nasehatnya bahwa dalam kita belajarpun harus dengan ikhlas, berusaha semampunya dengan ikhlas dengan diimbangi dengan ketaatan beribadah yang baik. oleh karena itu, dalam menghadapi dinamika kehidupan, kita perlu dilandasi rasa ikhlas dalam melakukan kegiatan apapun.

    ReplyDelete
  3. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Ikhlas merupakan sesuatu yang didasari oleh niat dan keteguhan hati. Untuk menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Ikhlas memang sesuatu yang mudah dikatakan namun sulit untuk dilaksanakan. Agar melaksanakan sesuatu itu ikhlas maka ikhlas dalam hati. Jika melaksanakan sesuatu agar mendapatkan pujian dari orang lain maka itu bukanlah yang namanya ikhlas karena ikhlas hanya untuk Allah dengan mengharap ridho dari-Nya semata.

    ReplyDelete
  4. Khintoko Intan Permatsari
    13301244011
    Pend.Matematika C 2013

    Ikhlas merupakan keinginan untuk mendapatkan keridhoan hanya dari Allah ketika melakukan suatu perbuatan. Selain itu, ikhlas juga tidak boleh mengharapkan pujian dari orang lain.Jangankan mengharapkan pujian, membuat orang lain memperhatikan perbuatan baik (amal) dihadapan orang lain juga tidak diperkenankan karena akan menimbulkan riya'.Biarkan hanya Allah dan diri sendiri yang tahu apa yang sudah kita perbuat.


    ReplyDelete
  5. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pend.Matematika C 2013

    Dalam post diatas,ikhlas adalah persiapkan melakukan jihad memerangi hawa nafsu.
    Saya setuju dengan pendapat di atas. Ikhlas dapat dilakukan dengan mudah jika semuanya kita lakukan semata karena Allah.Akan tetapi, memerangi hawa nafsu untuk tetap ikhlas tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang mengakibatkan manusia gagal dalam menggapai ikhlas diantaranya adalah masalah hati. Hati manusia yang selalu dapat digoyahkan oleh setan sehingga mengakibatkan manusia memiliki hawa nafsu yang terkadang tidak bisa dikontrol. Penyakit yang paling membunuh adalah penyakit hati yang terdiri dari syirik, iri, dengki, riya'. Jadi, ketika kita mengingingkan ikhlas dalam diri kita,sembuhkan penyakit hati yang masih ada dengan memperbanyak ibadah.

    ReplyDelete
  6. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pend.Matematika C 2013

    hal yang perlu dilakukan untuk memulai berbuat ikhlas adalah jangan meremehkan kegiatan beribadah kepada Allah. Meremehkan sesuatu berarti menanamkan penyakit hati yang biasa disebut kesombongan.Kesombongan muncul dari membanggakan diri sendiri dan meremehkan orang lain. Kesmobongan dapat merusak pahala yang selama ini dikumpulkan. Lalu bagaimana bisa beribadah semata-mata karena Allah, jika dirinya sendiri saja sudah merasa pahala yang ia miliki lebih dari orang lain.

    ReplyDelete
  7. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Tidak hanya untuk menggapai ikhlas dengan ikhlas. Semua hal yang ingin kita gapai seharusnya diawali dengan ikhlas, misal dalam menggapai ilmu kita harus ikhlas, ikhlas menerima ilmu, ikhlas secara aktif mencari ilmu dengan ikhlas bertanya, ikhlas mendengarkan, ikhlas menghargai yang lebih memiliki ilmu, dan harus ikhlas dalam segala hal.

    ReplyDelete
  8. Menggapai ikhlas memang tidak mudah, sehingga yang disampaikan Bapak Prof. Marsigit pada artikel diatas menjadi masukan yang berharga untuk dilakukan. Semoga bisa menjadi ikhlas yang sebenar-benarnya

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  9. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Elegi ritual ikhlas, dari tulisan ini, seperti yang sudah dijelaskan Prof Marsigit didalam kelas juga, dalam melakukan segala sesuatu, hendaknya kita sebagai manusia harus diawali dan diiringi rasa ikhlas. terhadap segala hal. karena kita tahu, semua hal akan kembali padaNya diwaktunya masing - masing. Dalam tulisan ini, Prof Marsigit memberikan pembelajaran secara tersirat pada kita untuk selalu ikhlas dan berserah pada Allah. semoga Allah senantiasa mengiringi langkah kita yang berserah dan ikhlas pada segala perintahNya. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Tak ada yang lebih sulit dan sukar dalam jiwa kita kecuali menghadirkan keikhlasan hidup dan ibadah. Karena seseungguhnya ikhlas adalah dapat merubah yang yang remeh menjadi agung dan yang agung menjadi tak bernilai. Walaupun keihlasan merupakan amalan hati yang sulit untuk ditelisik,tapi ternyata bahwa ikhlas ada tanda-tanda yang bisa diterlihat dari kehidupan seorang hamba. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang ditetapkan dalam keikhlasan beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  11. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Ikhlas adalah suatu perbuatan yang sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan sering berbolak-baliknya hati kita. Terkadang ia ikhlas, tetapi di lain waktu tidak. Padahal, ikhlas merupakan hal yang harus ada dalam setiap amal kebaikan kita karena amal kebaikan yang dilakukan dengan tanpa keikhlasan hanya akan sia-sia. Kita harus terbiasa ikhlas dalam melakukan perbuatan, yaitu dengan tidak mengharap pamrih kepada orang lain, akan tetapi ikhlas karena Allah.

    ReplyDelete
  12. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Segala sesuatu yang kita lakukan hendaknya didasari dengan rasa ikhlas. Ikhlas merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia. Orang yang ikhlas tidak pernah mengingat-ingat nilai kebaikan yang telah dilakukannya. Seseorang yang ikhlas tidak mencari perhatian orang lain atau tidak mengharapkan pengagungan dan penghormatan manusia dan tidak suka apabila orang lain memperhatikan amalnya. Ikhlas dapat dibiasakan dengan mendekatkan diri pada Allah.

    ReplyDelete
  13. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Sesungguhnya ikhlas merupakan suatu benteng pertahanan mental spiritual dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagaimana kata pepatah, "Amal tanpa keikhlasan seperti musafir yang mengisi kantong dengan kerikil pasir. Hal ini memberatkannya tetapi tidak bermanfaat. Sifat merupakan komitmen tertinggi yang harus ada setiap orang melakukan sesuatu sehingga dapat menjauhkan diri dari godaan syaitan.

    ReplyDelete
  14. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah. So inspired!

    ReplyDelete
  15. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan ritual ikhlas. Persiapan jasmaniah maupun rohaniah. Namun yang terutama dalam ritual ikhlas adalah mempersiapkan diri supaya menjadi pribadi yang ikhlas, yaitu ikhlas menerima ilmu dan ikhlas melakukan instruksi-instruksi yang dianjurkan supaya tercapai tujuan ritual ikhlas ini.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika I 2013

    Ikhlas merupakan suatu hal yang mendasar. Untuk menggapainya harus dilakukan dengan ikhlas pula. Syaratnya yaitu tanamkan keikhlasan dalam hatimu. Wujud dari keikhlasanmu itu dapat dilihat dari usahamu memperbaiki ibadahmu,memaksimalkan zikirmu, tidak akan meninggalkan shalat wajib, memperbanyak shalat sunah, rutin membaca Al-Qur'an, mengurangi waktu tidur untuk memaksimalkan ibadah, mengurangi makan sebagai upaya memerangi hawa nafsu, berjuang di jalan Allah subhanahu wata'ala, dan memperbanyak amal-ibadah di jalan Allah.

    ReplyDelete
  17. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs PMat A 2016

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ketidaksabaran sebagian orang beragama dalam berhadapan dengan penganut-penganut agama lainnya telah menyebabkan segolongan orang berpendapat bahwa monoteisme merupakan faktor penyebab perpecahan dan keterpisahan serta lebih mengutamakan syirik atau tanpa agama atasnya; sebagaimana David Hume (1711-1776 M) mengatakan: "Penyembahan berhala dibandingkan dengan monoteisme dengan jelas memiliki keunggulan ini ... sesembahan kelompok-kelompok dan agama-agama lainnya bermitra dengan Tuhan ... berlawanan dengan itu, jika hanya satu zat yang akan disembah, pemujaan Tuhan-tuhan lainnya sia-sia dan termasuk perbuatan dosa. Di samping itu, satunya sesembahan ini, secara alami, hannya pantas dengan satunya ibadah, iman, dan ritual-ritual religius serta memberi dalil atau alasan bagi para pemain tipu muslihat guna menampakkan lawan-lawannya tidak saleh dan layak dengan kedengkian Tuhan serta makhluk. Karena setiap sekte meyakini bahwa hanya iman dan pemujaannya yang diterima secara sempurna di hadapan Tuhan dan satu sesembahan yang tidak akan puas atau senang dengan ritual-ritual dan upacara-upacara yang beragam dan saling bertentangan, makka tak terhindarkan sekte dan firkah tersebut banngkit saling bermusuhan dan masing-masing menjadikan yang lain sebagai sasaraan kefanatikan dan kedengkian suci yang merupakan bagian dari emosi manusia yang paling besar dan tidak tenang. Harus dipahami betul tentang ikhlas dalam beragama.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  18. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    ikhlas dalam diri seseorang bukan bagaimana ia telah mengetahui segala yang ada di dunia ini sehingga apa yang dihadapinya kemudian hari dianggap mudah akan tetapi ikhlas yang sebenarnya adalah bagaimana kita dalam melakukan suatu kegiatan itu selalu berserah diri kepada ALLAH SWT. apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita telah direncanakan oleh ALLAH sehingga yang perlu kita lakukan hanyalah kembali mendekatkan diri pada-Nya dengan cara meningkatkan ibadah kita, baik itu ibadah sholat yang wajib maupun sholat sunah perlu diperbanyak lagi.

    ReplyDelete
  19. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Ikhlas, kata yang sederhana namun sulit untuk dijalankan. Mulut berkata ikhlas, namun dalam hati siapa yang tahu. Tak mudah memang untuk belajar menggapai keikhlasan, berbuat ikhlas, dan berpikir ikhlas. Hal utama dan pertama untuk menggapai ikhlas adalah adanya niat dan keteguhan hati, memohon ampun dan perlindungan kepada Allah semoga diberi kekuatan dalam menggapai keikhlasan.

    ReplyDelete

  20. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Banyak cara untuk menggapai ikhlas. Masing-masing individu memiliki cara tersendiri untuk menggapai ikhlas. bagi yang beragama muslim berhak menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu

    ReplyDelete
  21. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Dalam menggapai ikhlaspun diperlukan niat dan keteguhan hatiku agar selalu diberikan pertolongan, ampun dan perlindungan dari Allah SWT. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa sementara Allahlah yang menghendaki. Jika Allah mengehendaki untuk meminta-Nya kembali manusia harus siap dan harus ikhlas menerima takdir yang Allah berikan.

    ReplyDelete
  22. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    elegi bersambung ini membuat kita penasaran apakah yang akan menang adalah cantara sakti atau cantara ikhlas, karena dilihat keduanya sama-sama kuat dan memiliki ilmu yang sama tinggi. hanya saja dalam bidang yang berbeda.

    ReplyDelete
  23. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Semua hal yang ingin kita gapai seharusnya diawali dengan ikhlas, misal dalam menggapai ilmu kita harus ikhlas, ikhlas menerima ilmu, ikhlas secara aktif mencari ilmu dengan ikhlas bertanya, ikhlas mendengarkan, ikhlas menghargai yang lebih memiliki ilmu, dan harus ikhlas dalam segala hal.Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan ritual ikhlas. Persiapan jasmaniah maupun rohaniah. Namun yang terutama dalam ritual ikhlas adalah mempersiapkan diri supaya menjadi pribadi yang ikhlas, yaitu ikhlas menerima ilmu dan ikhlas melakukan instruksi-instruksi yang dianjurkan supaya tercapai tujuan ritual ikhlas ini.

    ReplyDelete
  24. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Namun yang terutama dalam ritual ikhlas adalah mempersiapkan diri supaya menjadi pribadi yang ikhlas, yaitu ikhlas menerima ilmu dan ikhlas melakukan instruksi-instruksi yang dianjurkan supaya tercapai tujuan ritual ikhlas ini. Ikhlas merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia. Orang yang ikhlas tidak pernah mengingat-ingat nilai kebaikan yang telah dilakukannya. Seseorang yang ikhlas tidak mencari perhatian orang lain atau tidak mengharapkan pengagungan dan penghormatan manusia dan tidak suka apabila orang lain memperhatikan amalnya. Ikhlas dapat dibiasakan dengan mendekatkan diri pada Allah.

    ReplyDelete
  25. Endah Kusrini
    13301241075
    Pendidikan Matematika I 2013

    Setiap perbuatan hendaknya selalu diiringi dengan keikhlasan. Untuk menggapai keikhlasan kita harus memulainya dengan membiasakan diri berperilaku baik, terutama secara spiritual. Misalnya dengan menata ibadah, memaksimalkan Zikir, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mengurangi tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Jika kita telah membiasakan diri untuk melakukan hal-hal tersebut, insyaAllah kita telah siap untuk menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  26. Ritual ikhlas adalah ritual yang didasarkan pada hati sipiritual, wujud ritual keikhlasan itu seperti usaha anda yang tidak meninggalkan kewajiban-Nya seperti sholat 5 waktu, berdzikir, memperbanyak sholat sunnah, membaca Al-Qur’an, maka hendaklah anda mengurangi waktu tidur anda untuk beeribadah dan mengurangi makan untuk melawan hawa nafsu. Melakukan ritual ikhlas tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun apabila didasari dengan hati yang tulus dan diiringi dengan niat murni hanya karena Allah saya rasa insyaAllah siapapun yang menjalankan ritual ini akan mampu melakukannya dengan ikhlas. Tidak begitu sulit apabila seseorang yang memang sudah paham apa itu kewajiban yang wajib dikerjakannya, maka niscaya dia akan ikhlas melakukan ritual ini. Kuncinya ada pada diri sendiri, apabila anda mampu menciptakan keikhlasan dalam hati maka akan terciptalah keikhlasan itu.

    M. Saufi Rahman
    PEP S3 Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  27. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    untuk menjelajahi dunia ritual ikhlas, perlu ikhlas dalam hati dan ikhlas dalam pikiran, terbebsa dari tekanan, terbebsa dari niat buruk, murni hanya untuk menuntut ilmu , murni untuk menabah mengenal tuhan.

    ReplyDelete
  28. Anisa Safitri
    13301241013
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ikhlas, satu kata yang penuh arti dan makna. Mudah diucapkan tapi belum tentu bisa diaplikasikan. Sulit tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengenai ilmu keikhlasan.
    Ikhlas, satu kata yang penuh arti dan makna. mudah diucapkan tapi belum tentu bisa diaplikasikan dengan mudah. Sulit tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengenai ilmu keikhlasan. Semakin banyak usia manusia, maka akan semakin sulit mengaplikasikannya jila tidak diterapkan sedari dini.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    13301241013
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ikhlas bersumber dari hati. Hati adalah suara terdalam dalam diri manusia yang tidak bisa berbohong. Hati adalah ujung tombak dari segala kebaikan dan keburukan manusia. Ikhlas adalah ketika seorang manusia mengerahkan seluruh ibadah, perkataan dan perbuatannya untuk Allah, yaitu mengharap ridha dan pahala-Nya tanpa melihat gemerlapnya dunia.

    ReplyDelete
  30. Anisa Safitri
    13301241013
    Pendidikan Matematika A 2013

    Ikhlas adalah ilmu tertinggi dari Allah swt yang diberikan pada manusia. Pada dasarnya ilmu itu sudah ada pada diri masing-masing individu sedari dini, hanya saja sebagian besar manusia tidak menyadari keberadaannya. Apabila seseorang telah menyadari pentingnya ikhlas dalam hidup, maka hidupnya akan berhasil dan senantiasa diliputi ketaqwaan pada Sang Pencipta. Tidak ada yang bisa mengukur keikhlasan tiap individu, karena pencapaian ikhlas tiap individu berbeda. Hanya diri pribadi dan Allah swt yang tahu sejauh mana seseorang itu bisa mencapai keikhlasannya.

    ReplyDelete
  31. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Ketika kita merasa ikhlas dalam mencari ilmu, maka ilmu yang kita cari insya Allah akan memberikan banyak berkah dan kita akan mampu memahaminya secara benar. Begitu pula ketika kita sedang belajar, peran kita sebagai siswa atau mahasiswa. Sang guru atau dosen memberikan banyak sekali tugas. Kita harus ikhlas, karena dengan ikhlas itu kita akan mendapatkan pelajaran dari tugas yang telah kita temukan. Suatu saat nanti apa yang kita usahakan pasti aka nada hasil yang memuaskan. Apapun itu tidak hanya sekedar nilai yang bagus saja.

    ReplyDelete
  32. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Untuk menggapai ikhlas itupun juga harus dilakukan dengan ikhlas. Secara teknis agar kita dapat menggapai ikhlas maka ada beberapa persiapan yang hendaknya kita lakukan antara lain seperti menata ibadah, memaksimalkan Zikir, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, mekurangi tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Lupakanlah sementara urusan dunia, perbanyaklah beramal di jalan Allah.

    ReplyDelete
  33. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kita memulai ritual ikhlas kita dengan informasi awal, bahwa ikhlas datangnya dari hati, sifatnya non fisik dan tak terlihat. Terlihat bahwa cantraka sakti dan cantra ikhlas menggunakan perlengkapan yang berbeda untuk melakukan ritual ikhlas. Muhammad Nurikhlas juga sudah mengatakan dalam elegi diatas, “syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu”. Maka dari itu adanya persiapan untuk mencapai hati yang ikhlas. Menata ibadah, dzikir, berdoa secara kontinu, membaca Al-Quran, berpuasa.

    ReplyDelete
  34. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ikhlas berarti bersih hati atau tulus hati, sedangkan menurut istilah Mengerjakan segala sesuatu dengan niat hanya kepada Allah SWT. Berdasarkan definisi tersebut dapat di lihat bahwa ikhlas itu berarti membersihkan hati dan memurnikan niat. Dalam elegi ini terjelaskan bahwa dalam menggapai ikhlas kita harus ikhlas. Sehingga syarat dalam memulai ritual ikhlas adalah ikhlas dalam hati terlebih dahulu.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Ternyata untuk memulai ritual ikhlas juga memerlukan banyak persiapan. Namun ada kalimat yang menurut saya sangat menyentuh bahwa, yaitu pelajari syariat-syariatmu atau tata cara beribadat yang benar. Banyak sekarang yang melupakan hal itu, misalnya bagaimana tata cara berwudhu yang benar, tata cara sholat yang benar, dimana meskipun terdapat 4 mazhab namun garis besarnya tetaplah sama. Tetaplah berpegang teguh pada rukun iman dan rukun islam

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  36. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Untuk memuklai ritual ikhklas tentunya pertama-tama kita harus banyak-banyak melakukan pertaubatan terlebih dahulu agar hati kita tidak hitam tertutupi oleh dosa-dosa yang telah kita perbuat. Setelah hati kita bersih, barulah kita memulai untuk melakukan ritual ikhlas dengan cara memperbaiki bagaimana cara beribadah yang benar, bagaimana cara sholat yang benar dan sebagainya

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  37. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Elegi ritual iklas di atas, memberikan pelajaran bagi saya, bahwa ikhlas dapat terbentuk melalui rutinitas atau kebiasaan. Hal ini nampak pada elegi di atas, bahwa sampai detik terkhir ritual ikhlas akan dimulai, cantraka ikhlas tidak mempersiapkan apapun: "Saya merasa tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akandatang. Aku hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas."
    Jika kita membiasakan diri melakukan sesuatu hal baik dilandaskan karena Tuhan Yang Maha Esa maka insyaAllah ikhlas akan terbangun dalam diri kita.

    ReplyDelete
  38. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Selalu saya ingat pesan Prof.Marsigit kepada mahasiswa bahwa "untuk belajar filsafat yang sangat diperlukan adalah ikhlas". Ikhlas disini saya maknai keterbukaan dan kesediaan hati dan pikiran untuk mencari ilmu, menerima ilmu, berbagi ilmu, maupun berbagi pengalaman. Semoga kita termasuk orang-orang yang ikhlas dalam belajar filsafat, amiiiiin...

    ReplyDelete
  39. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Menjadi ikhlas itu tidaklah mudah. Hambatan bisa dari diri sendiri atau orang lain, juga makhluk yang bernama syaithan. Juga lingkungan yang terkadang iklimnya tidak mendukung. Untuk itu perlu persiapan fisik dan batin. Persiapan fisik dengan segala kebutuhan jasmani yang cukup dan memadai, tidak perlu berlebih. Terkhususnya, ada tempat untuk uzlah kepada Allah. Yang kedua, persiapan mental dengan segala kebutuhan rohani seperti persiapan hati dan zikir.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  40. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Ikhlas dapat terbentuk dalam diri kita apabila kita terbiasa ikhlas dalam melaksanakan suatu perbuatan. Ikhlas dapat kita bentuk dengan melakukan suatu perbuatan yang baik dan didasarkan hanya karena Allah. Ada banyak hal yang dapat kita persiapkan untuk terbiasa ikhlas, di antaranya yaitu beribadah dengan ikhlas, selalu melaksanakan ibadah shalat, selalu melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran.

    ReplyDelete
  41. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Ikhlas itu datangnya dari hati nurani kita. Niatkan ikhlas dalam hati, memperbanyak beribadah, berdo'a, dzikir, membaca dan memahami Al-Qur'an, melaksanakan sunah rasul, serta melaksanakan kebaikan yang lain supaya terbentuk ikhlas dalam diri kita. Dalam mencari ilmu kita jga harus ikhlas sehingga apa yang kita pelajari dapat bermanfaat untuk kita dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

    ReplyDelete
  42. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas dan hanya karena mengharapkan ridho Allah SWT merupakan bagian dari spiritual seseorang yang berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan-Nya, ikhlas dimulai dari hal-hal kecil dan rutin dikerjakan setiap hari akan melatih diri kita menjadi manusia yang dapat menerima apapun yang terjadi. keikhlasan dapat kita latih dengan beribadah, berdzikir setiap waktu, membaca Al-Quran sebagai penenang hati dan pikiran.

    ReplyDelete
  43. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai Rakhmat dengan Rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Namun untuk menggapai ikhlas bukanlah pekerjaan yang ringan. Sehingga orang yang yang dapat mencapai iklas juga akan mendapat sutau balasan yang luar bisa. Jika menggapai ikhlas mudah tentunya pahala yang dijanjikan juga tidak luar biasa. Semoga kita bisa menuju yang namanya ikhlas Lillahi Ta’ala

    ReplyDelete
  44. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Ikhlas adalah ketika segala sesuatu yang kita kerjakan hanya mengharap ridho Allah. Lalu bagaimana persiapanmu untuk ihklas? Mungkin ini sepenggal pertanyaaan yang dianggap angin lalu. Sebelum melakukan sesuatu, kita harus menguatkan terlebih dahulu niat kita. Seseorang akan mendapatkan buah dari amalannya sesuai dengan niatnya . Fungsi niat ini juga yang akan menguatkan kita untuk mencapai tujuan. Niat dapat membedakan antara suatu ibadah dengan ibadah lainnya, atau membedakan antara ibadah dengan kebiasaan

    ReplyDelete
  45. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Bismillah. Sebelum memulai ritual ikhlas, maka harus ada bekal dan niat yang ikhlas agar untuk proses kedepannya menjadi lebih mudah. Saya lebih condong harus mempersiapkan bekal seperti cantraka ikhlas, tidak mempunyai apapun, ilmu apapun, harta apapun untuk mempersiapkan Ritual Ikhlas yang akan datang. Hanya merasa mempunyai niat dan keteguhan hatiku seraya memohon ampun dan perlindungan kepada Allah SWT semoga aku diberi kekuatan dalam mengikuti Ritual Ikhlas. Aamiin.

    ReplyDelete
  46. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    In my opinion, sincere is right, bu difficult to do. Sincere is always from heart. If it is not from heart, then that is not sincere. Become person who sincere is really difficult thing. But we need to try our best to be sincere because that is really useful for our life. Isn't it? I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  47. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Benar sekali yang disampaiakan sang guru, Muhammad Nurikhlas, bahwa mencari ilmu itu harus dengan ilmu, mencari hidayah juga dengan hidayah, menggapai rakhmat dengan rakhmat, begitu juga menggapai ikhlas juga harus dengan ikhlas. Semua kebaikan harus dicari dengan kebaikan. Semua kebaikan harus diupayakan dengan kebaikan. Kebaikan tidak akan berarti jika diupayakan dengan cara yang tidak baik, dengan cara yang bertentangan dengan kebaikan.

    ReplyDelete
  48. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Syarat melakukan Ritual ikhlas adalah ikhlas dalam hati. Ikhlas tidak berarti pasrah, tanpa membuat sebuah usaha atau ikhtiar. Ikhlas dan tawakkal adalah suatu perasaan lapangnya hati dan perasaan setelah berbagai ikhtiar dilakukan. Untuk melakukan ritual ikhlas, persiapan yang perlu dilakukan adalah dengan menata dan memperbaiki ibadah; memaksimalkan dzikir, tidak meninggalkan ibadah wajib, memperbanyak ibadah sunnah. Selain itu, untuk mencoba mengikhlaskan hati, perlu melupakan kesibukan duniawi sementara.

    ReplyDelete
  49. Ritual ikhlas menunjukkan jalan yang lebih terang menuju akhir zaman, sedangkan awal dan akhir zaman itu adalah kajian filsafat. Manusia memiliki dimensi yang disebut iya menuju iya, sampai pada akhir menuju akhir. Pada titik tertentu manusia akan mendapatkan apa yang ingin didapatkannya pada cara tertentu. Seperti yag paling saya suka adalah, gapailah ikhlas dengan ikhlas, gapailah ilmu dengan ilmu. Pencapaian manusia seperti yang terjadi pada Candraka, yang pada akhirnya ia ikhlas. Titik ikhlas manusia yang berada di titik terikhlas adalah sampai ketika ia lupa ia sedang ikhlas.
    Perlu belajar lebih giat untuk mngrmbangkan kembali konsep ikhlas yang dimiliki oleh manusia. Untuk memelajari pendidikan, maka laluilah pendidikan dalam makna konsep. Untuk menggapai bahasa, maka raihlah bahasa pada konsep paling dasarnya.
    Manusia belajar konsep melalui konsep.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    PEP-A/2016

    ReplyDelete
  50. Aturan dibuat manusia untuk diatur yang sesuai dengan kaidah yang sedang ia susun dalam pemikirannya. Pemerintah tampaknya perlu membaca elegi ini untuk mengetahui konsep. Manusia kadang lupa konsep yang sedang ia bangun dalam perspektif kepentingan yang ia konstruk di awal zaman sampai di akhir zaman untuk menggapai sesuatu. Landasan yang manusia ciptakan telalu terburu-buru sampai lupa ada kata ikhlas yang menjadi dasar pada tiap pemikirannya agar selalu menyatu dan mengalir seperti air di hilir-hilir deras.
    Ikhlas memfasilitasinya dengan cara yang terbaik, dan perlu mengembalikan konsep yang ingin dibangun pada diri sendiri melalui cara yang paling sederhana. Ikhlas bisa di-adjust pada ukuran paling kecil sampai paling besar.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    PEP-A/2016

    ReplyDelete
  51. Kadar ukur keikhalasan manusia adalah titik kemampuan terendah manusia. Mengukur skor ikhlas sama dengan mengukur berat udara, bisa namun tidak perlu diukur karena dia berada melingkupi setiap kebutuhan yang ingin diraih, Kepercayaan pada diri sendiri adalah makna keikhlasan yang pertama. Percaya bahwa tidak ada ekspektasi.
    Mohon dikoreksi Prof. jika saya salah, namun menurut saya, ikhlas itu tidak bisa diadakan, atau mengada. Ia memiliki dimensi yang absurd dan tiada batas. Ritual ikhlas ini mengajarkan kami cara berelegi dan memosisikan diri pada titik yang ia ingin raih.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    PEP-A/2016

    ReplyDelete
  52. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Memang sulit untuk mencapai ikhlas. Ikhlas diperoleh orang-orang yang Allah berikan hidayah kepadanya. Selaku hamba, kita wajib mencari hidayahNya agar kita termasuk dalam golongan orang-orang ikhlas. Ikhlas akan diperoleh oleh orang – orang yang tekun beribadah, apapun yang dilakukannya tidak lain kecuali dalam bentuk ibadah kepadaNya, memiliki sifat sabar, pandai bersyukur, tidak sombong, tidak iri dan dengki, merasa diri selalu diawasi oleh yang maha kuasa, dan tidak mengharap dipuji oleh orang lain. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang ikhlas.

    ReplyDelete
  53. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Ikhlas ialah menghendaki keridhoan Allah dalam suatu amal, membersihkannya dari segala individu maupun duniawi. Tidak ada yang melatarbelakangi suatu amal kecuali karena Allah. Landasan niat yang ikhlas adalah memurnikan niat karena Allah semata. Setiap bagian dari perkara duniawi yang sudah mencemari amal kebaikan, sedikit atau banyak, dan apabila hati bergantung kepadanya maka kemurnian amal itu ternodan dan hilang keikhlasannya. Salah satu syarat untuk dapat menjadi manusia yang ikhlas maka kita harus menata kembali ibadah kita, sedikit melupakan urusan duniawi dan kembali kepada Allah.

    ReplyDelete
  54. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Ikhlas berarti ketika seseorang melakukan suatu tindakan dengan senang hati,dan tanpa paksaan. Semua yang dilakukan semata-mata untuk mendapat sesuatu yang berguna bagi kehidupannya. Elegi diatas menjelaskan bahwa dalam tindakan apapun baik dalam bekerja,belajar ataupun berdoa haruslah dimulai dari sikap ikhlas,sadar akan kekuranganya untuk mendapat nilai lebih,sadar akan ketidak-sempurnaanya untuk menjadi lebih baik. Semua tindakan manusia ada awal dan akhir. Sesuatu yang awal membutuhkan adaptasi yang baik bagi manusia untuk mampu berbuat lebih.Sebuah awalan selalu mengalami kesulitan-kesulitan tertentu tetapi akan berjalan lebih mudah dan menyenangkan bila sudah melaksanakan. Di dalam tindakan awal kadang salah, tetapi dalam tindakan selanjutnya bisa belajar dari kesalahan dan dan kesulitan dari yang pernah dilakukannya....Ikhlas adalah dasarnya sedangkan pengalaman adalah anak tangga untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.....

    ReplyDelete
  55. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Dari elegi di atas dapat kita ambil intinya bahwa dalam hal dan tindakan apapun harus dengan dilakukan dengan ikhlas. Ada imbalan yang tidak pernah dibayangkan bila melakukan segala sesuatu dengan Ikhlas. Seperti yang kita lakukan pada siang hari kadang-kadang tidak sesuai dan tidak pernah kita bayangkan pada saat paginya. Semua yang ada di dunia adalah penuh dengan kemungkinan yang kadang-kadang manusia tidak mampu untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi. Oleh karena itu sikap Ikhlas adalah penting agar kita tidak kecewa bila kita mengalami kegagalan,tidak patah semangat bila kita kadang mengalami kekecewaan. Dasarnya adalah Ikhlas dan yang selanjutnya adalah berpasrah pada kehendak Hyang Maha Kuasa....

    ReplyDelete
  56. Fandi Kurnia Giri
    13301241012
    Pend. Matematika A 2013

    Dalam tahap persiapan awal, untuk mendapatkan suatu hal dapat melakukan hal tersebut. Misal, untuk mencari ilmu dengan ilmu, mencari hidayah menggunakan hidayah, mencari rakhmat dengan rakhmat serta untuk menggapai ikhlas dengan ikhlas juga. Teknis pelaksanaan terdapat berbagai cara asal tidak tercampur dengan sifat-kesombongan tiap individu.

    ReplyDelete
  57. KASYIFATUN AENI
    13301241055

    Selamat Pagi Pak Prof..
    Elegi diatas menceritakan tentang persiapan atau informasi awal Ritual ikhlas. Dari elegi tersebut, kita dapat mengetahui bahwa persiapan yang dilakukan oleh Cantraka Sakti dan Cantraka Ikhlas sangatlah berbeda. Cantraka Sakti lebih berfokus pada persiapan fisik atau jasadiyah. Sedangkan yang dilakukan Cantraka Ikhlas adalah persiapan rukhiyah.
    Ikhlas adalah saat dimana seseorang beramal baik semata-mata hanya untuk Alloh dan karena Alloh. Ketika kita melakukan amal baik, terkadang disertai kepahitan atau hal-hal yang tidak kita sukai yang sifatnya duniawi. Saat itulah keikhlasan kita diuji. Ikhlas memang terasa sulit untuk dilaksanakan karena terkadang kita terlalu berfokus pada pahitnya, bukan hal yang ada di baliknya. Berbuatlah ikhlas seperti QS.Al-Ikhlas yang di dalamnya tidak ada kata ikhlas satu pun.. berbuatlah ikhlas, hanya diri kita dan Allah yang tau. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu..

    ReplyDelete
  58. Retno Widyaningum
    16701261004

    Ritual Ikhlas yang akan diselenggarakan Transenden Spiritual Utama itu merupakan ajang atau wahana atau kesempatan atau karunia dimana akan diberi kesempatan dan akan difasilitasi bagi semua orang yang beriman untuk menunjukkan keikhlasannya dengan cara beribadat seikhlas-ikhlasnya dan sebanyak-banyaknya.
    Ritual Ikhlas merupakan tempat kita berserah diri untuk memperbanyak amal ibadah, untuk semua orang tanpa melihat stratat ekonomi, jabatan kedudukan, asala, etnis, dll dalam arti kata semua boleh mengikuti.

    ReplyDelete
  59. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Untuk menggapai ikhlas hal utama adalah niat.“Karena setiap perbuatan tergantung pada niatnya”. setiap perbuatan adalah ibadah jika kita lakukan dengan niat dan cara yang baik. Niat ikhlas adalah adalah dengan hati, lisan dan perbuatan. Menuntut ilmu disertai dengan keikhlasan dalam hati, diucapkan dalam doa untuk belajar dan dilakukan dalam perbuatan atau proses belajar itu sendiri. Niat ikhlas menuntut ilmu untuk membangun pengetahuan maka adalah ibadah.

    ReplyDelete
  60. Retno Widyaningum
    16701261004

    Mencari ilmu dengan ilmu. Mencari hidayah dengan hidayah. Menggapai rakhmat dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun dengan ikhlas. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu. Secara teknis maka persiapan dirimu adalah dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan Zikirmu, jangan sekali-kali meninggalkan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa. Bersiaplah melakukan jihad memerangi hawa nafsu. Berikan semua yang engkau miliki atau yang engkau cintai sekalipun demi berjuang di jalan Allah, lupakan sementara kesibukan duniawi, dan pelajari syariat-syariat atau tata cara beribadat yang benar, banyaklah berubudiyah atau beramal di jalan Allah.
    Hal ini mengandung arti bahwa dalam menjalani ritual ikhlas adalah yang perlu dipersiapkan bukan materi bukan tenaga tapi HATI yang satu untuk Mu Allah Yang Maha Tahu. Dengan memperbanyak ibadah, doa, amalan-amalan termasuk puasa, berserah diri padaNya, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  61. Retno Widyaningum
    16701261004

    Dalam menjalankan kehidupan agar selalu dalam lindunganNya maka semua harus dilakukan dengan ikhlas, ikhlas dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Ikhlas adalah berserah diri, sepenuh hati melakukan petunjukNya dan menjauhi larangaNya. Dengan banyak melakukan amal sholeh, puasa wajib dan sunah, sholat wajib, sunah, seperti solat 2/3 malam, tertunduk untuk banyak berdzikir. Dan mohon ampun atas segala kekhilafan.

    ReplyDelete
  62. Berbicara ikhlas berarti berbicara tentang hati. Banyak sekali penyakit hatijikasa kita tidak waspada termasuk dalam menunut ilmu. Ikhlas dalam menuntut ilmu dengan cara bersyukur, dijalankan tanpa beban, membaca referensi sebanyak mungkin yang relevan.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A 2016

    ReplyDelete
  63. Ikhlas merupakan obat mujarab dari penyakit hati. Untuk itu kita harus waspada agar terhindar dari penyakit hati. Jika tidak, maka hidup ini tidak
    Akan damai. Tentunya kedamaian itu idaman semua orang. Jika i tercapai maka setiap kegiatan apapun dapat terlaksana dengan baik

    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP KelasA


    ReplyDelete
  64. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Berfikir adalah subjek dari filsadat, namun dalam filsafat terdapat sifat ikhlas yang tersidiri atas dua jenis yaitu ikhlas hati dan ikhlas pikir. Ikhlas hati memiliki makna bahwa ketika belajar atau berfikir maka kita perlu menerima dengan lapang dada apa yang menjadi fatal, sedangkan ikhlas pikir yaitu ikhlas mempelajari apa yang ada di hadapan kita. Apabila kedua ikhlas tersebut disatukan maka akan membentuk ikhlas segalanya yaitu sebenar-benarnya ikhlas, ikhlas menerima dan ikhlas mempelajari. Sehingga sebelum kita belajar apapun termasuk belajar filsafat, maka kita harus benar-benar ikhlas membuka hati dan pikiran kita, karena filsafat dapat mengadakan apa yang mungkin ada. Selain itu filsafat juga dapat membenarkan apa yang salah dan menyalahkan apa yang benar.

    ReplyDelete
  65. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan elegi di atas, yang dapat saya petik adalah bahwa syarat utama agar untuk dapat menggapai ritual ikhlas adalah ikhlas dalam hati. Secara teknis maka persiapan diri dengan cara menata ibadatmu, memaksimalkan zikirmu, jangan meninggalkan sholat wajib, memperbanyak sholat sunah, membaca al-quran, dan perbanyak berpuasa sunah. Hal tersebut tidak boleh hanya dipahami secara teori saja tetapi harus dilaksanakan secara rutin.

    ReplyDelete
  66. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Konsistensi seorang Cantraka Ikhlas dalam mengabdi pada yang Maha Kuasa yang selalu beristiqamah dalam tindakannya, Istiqamah adalah sikap hidup yang harus ditempuh seorang muslim dalam menjalani kehidupan ini. Ia berjalan lurus ke depan meraih keridhaan Allah tanpa menengok lagi ke jalan yang lain. Istiqamah adalah terus menerus di suatu arah tanpa menoleh ke kanan dan ke kiri; maka tetap istiqamahlah dalam menaati perintah Allah.

    ReplyDelete
  67. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun terus menerus dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Khaliq. Amalan sedikit namun konsisten dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat.

    ReplyDelete
  68. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Hal yang paling sulit dalam beribadah adalah menjaga konsistensi dalam melaksanakan seluruh ibadah yang diperintahkan Allah SWT. Beberapa hal yang perlu agar kita tetap konsisten untuk terus melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, yaitu: pahami yang diamalkan, lakukan dengan cinta, lakukan secara bertahap, lakukan dengan sungguh-sungguh, bersabar, kerjakan shalat berjamaah, dan do’a.

    ReplyDelete
  69. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Ritual Ikhlas tempat dimana kita semakin dekat dengan Sang Pencipta. Tempat untuk mengucapkan rasa syukur kita kehadirat Tuhan. Sejenak melupakan urusan dunia untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

    ReplyDelete
  70. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pintar, bodoh, kaya, miskin, pejabat, rakyat tidak ada bedanya di depan Tuhan, yang membedakan hanyalah seberapa banyak amal dan derajat kebaikan yang telah ditularkan di dunia ini. Mari kita senantiasa berbuat kebaikan dengan menggapai keikhlasan.

    ReplyDelete
  71. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Niat tulus dan ikhlas merupakan pondasi utama bagi kita untuk memulai suatu pekerjaan yang kita inginkan, sehingga dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita cita-citakan, sebab bekerja dengan tulus dan ikhlas insya Allah kita selalu dipermudah.

    ReplyDelete
  72. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menggapai ikhlas dengan iklas. Karenaa ikhlas tidak semudah yang dikatakan, maka kita harus senantiasa ingat bahwa menggapai ikhlas pun perlu keikhlasan. Ikhlas perlu ditanamkan dalam hati, ditanamkan lagi, dan ditanamkan terus hingga menggapai ikhlas.

    ReplyDelete
  73. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Ikhlas merupakan ilmu tertinggi. Godaan terhadap hawa nafsu dan duniawi sangat banyak. Perlu keteguhan hati untuk melaluinya. Ikhlas mengajarkan untuk senantiasa bersyukur dan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT

    ReplyDelete
  74. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya menuju suatu keikhlasan dalam segala hal memerlukan perjuangan untuk mendapatkan makna sebenernya dari suatu keikhlasan. Dalam mencapai suatu keikhlasan, manusia harus mempersiapkan segala sesuatu, misalnya pembiasaan sikap menuju sifat keikhlasan. Untuk mencapai keikhlasan syarat dan persiapan yang perlu dilakukan adalah ikhlas. Ikhlas dalam ibadah, memaksimalkan Zikir, melaksanakan Salat wajib, memperbanyak Salat Sunat, membaca Kitab Suci, kurangilah tidur dan makan kalau perlu berpuasa, dan lainnya. Semoga kita bias mencapai suatu kekhlasan yang sebenarnya dalam menjalankan kehidupan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  75. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    Muhammad Nurikhlas berkata bahwa untuk mencari ilmu haruslah dengan ilmu, untuk mencari hidayah dengan hidayah, untuk menggapai rakhmat harus dengan rakhmat. Maka menggapai ikhlas pun harus dengan ikhlas pula. Maka syarat agar engkau mampu mengikuti Ritual Ikhlas nanti adalah ikhlas dalam hatimu.
    Memang tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjadikan hati terbuka dalam menerima suatu kebenaran di luar kebenaran yang kita pahami selama ini haruslah dimulai dari penghancuran ego, pengancuran keAKUan, sehingga kita akan dapat dengan mudah menerima percikan-percikan ilmu dari apapun yang kita pelajari, termasuk dalam memahami ritual ikhlas ini.

    ReplyDelete
  76. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    Seiap manusia dengan segenap pengetahuan yang dimilikinya diibaratkan sebagai sebuah gunung. manusia yang ingin melakukan ppencarian terhadap ilmu pengetahuan harus lah terlebih dahulu menghancurkan gunung-gunung yang ada dalam dirinya. Dalam bahasa fenomenologi ini disebut sebagai epoche, di mana untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif terhadap sebuah fenomena, maka seseorang terlebih dahulu harus menunda penilaiannya terhadap fenomena tersebut, atau dalam agama disebut sebagai khusnudzon sebagai kebalikan dari su'udzon.

    ReplyDelete
  77. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    Tatkala manusia telah berhasil menghancurkan gunung-gunung di dalam dirinya, lalu ikhlas menerima bahwa masih ada banyak kebenaran di luar kebenaran yang dia yakini selama ini, maka ilmu itu akan mudah merasuk ke dalam hati dan sanubarinya. Mungkin sesaat akan terjadi kontradiksi dalam dirinya, akan terjadi dialektika antara pemahaman awal dan pemahaman baru, namun dengan kebijakan dan keihklasan di awal, maka manusia tersebut akan dapat menghasilkan sebuah sistesis ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya.

    ReplyDelete
  78. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    Elegi ini, sebagai informasi dan pengenalan awal mengenai ritual ikhlas dalam elegi-elegi selanjutnya telah memberikan kita gambaran dan mengajarkan kita untuk ikhlas menerima kebenaran lain, yaitu kebenaran versi Prof.Dr.Marsigit,M.A. Semoga kita termasuk manusia-manusia ikhlas dalam menerima kebenaran itu, amin....

    ReplyDelete
  79. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Cantraka sakti dan cantraka ikhlas merupakan gambaran dari manusia di dunia ini. Menurut saya yang terbaik adalah perpaduan keduanya. Persiapan cantraka sakti hanya terbatas pada dunia, namun persiapan cantraka ikhlas hanya terbatas pada akhirat. Untuk itu perlulah kita menggabungkan kedua persiapan itu di iringi dengan hati yang ikhlas pada setiap aktivitas. Namun jangan lupakan bahwa kita butuh berilmu dulu sebelum beramal. Untuk bisa mengamalkan ilmu itu diperlukan jihad memerangi hawa nafsu, semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kita. Aamiin

    ReplyDelete
  80. Septi Puji Rahayu
    13301241028
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya, Ikhlas itu berarti saat seseorang melakukan suatu tindakan karena mengharap ridho Allah semata, bukan karena mencari imbalan atau pujian. Dengan hanya mengharap ridho Allah maka kita tidak akan kecewa jika hasilnya tidak seperti apa yang diinginkan.

    ReplyDelete
  81. Septi Puji Rahayu
    13301241028
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dari elegi di atas dapat kita ambil nasehatnya bahwa dalam kita belajarpun harus dengan ikhlas, ikhlas dalam hati maupun ikhlas dalam pikiran. Jika kita sudah merasa ikhlas maka kita akn lebih merasa senang dan mudah dalam mempelajari materi yang diberikan.

    ReplyDelete
  82. Septi Puji Rahayu
    13301241028
    Pendidikan Matematika A 2013

    Sebenar-benarnya ikhlas merupakan suatu perbuatan yang sulit untuk dilakukan. Namun hal ini bisa dilakukan dengan kita selalu berdoa kepada-Nya agar diberi rasa ikhlas. Rasa ikhlas ini bisa berubah-ubah sesuai dengan ruang dan waktu. Misalnya saja, saat sekarang ini kita ikhlas namun belum tentu besok di tempat yangdan waktu yang sama kita bilang sudah ikhlas. Maka dari itu, kita harus terbiasa ikhlas dalam melakukan perbuatan, yaitu dengan tidak mengharap pamrih kepada orang lain, akan tetapi ikhlas karena Allah.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id