Apr 5, 2013

Hermeneutika Hidup_oleh Marsigit



43 comments:

  1. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang menginterpretasi mengenai makna. Jadi hermeneutika hidup adalah filsafat yang menginterpretasi tentang makna hidup. Berdasarkan bagan di atas, hidup memiliki 2 sifat seperti garis lurus dan seperti lingkaran. Sifat keduanya berbeda tetapi sebenarnya tidak terpisahkan. Sehingga jika keduanya digabung akan menjadi seperti pegas.Hermenitika lurus artinya tidak akan melakukan hal yang sama karena menembus ruang dan waktu, waktu terus berjalan takkan terulang. Tetapi di sisi lain hidup itu seperti lingkaran. Ada hal-hal yang berputar (bisa diulang). Misal setelah malam ada pagi lalu malam lagi lalu pagi lagi lalu malam lagi. Hermenitika berbentuk melingkar artinya seperti dalam kehidupan itu melingkar dan berulang saling berhubungan layaknya daur ulang, hal tersebut berkaitan dengan yang ada dan yang mungkin ada. Keduanya ibarat pegas artinya hidup terus berjalan ke depan dan kita bisa melalui kejadian yang berganti-ganti. Namun, setiap kejadian yang sama memiliki cerita yang berbeda. Hermenitika spiral artinya dalam kehidupan, untuk bertahan hidup dalam berbagai hal: spiritual, normatif, formal, dan material membutuhkan usaha yang kontinu.

    ReplyDelete
  2. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Kemarin kita terbangun dari tidur di pagi hari, hari ini pu demikian. Kita akan mengalami pagi setiap harinya (jika Ia ijinkan) tapi pagi yang kita alami tidak pernah sama. Masinng-masing dari diri kita ini saling terjemah dan menterjemahkan satu sama lain. Kita berhermeneutika sendiri-sendiri, dan kemudian masing-masing dari kita akan bersilaturahmi membentuk spiral kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Hermeneutika hidup terdiri atas yang melingkar-lingkar seperti pegas, terkadang ada di atas kadang di bawah. Ketika di atas mungkin akan banyak teori yang kita omongkan, maka ketika kita ada pada fase di bawah maka kita akan mempraktikan dari teori yang sudah kita katakan.

    ReplyDelete
  4. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Hermeneutika terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Dapat dilihat digambar bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Maksudnya adalah bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik. Teori didapat dari praktik yang dilakukan. Hermeneutika adalah menerjemahkan dan menjadi menerjemahkan. Dalam kehidupan, manusia selalu berkomunikasi dengan yang lain, di sini, kita menerjemahkan apa arti dari pathner komunikasi kita. Maka kita harus menggunakan kata sehingga pathner kami dapat menerjemahkan kata dan memahami makna kita. Jadi hidup adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Tidak hanya dalam komunikasi tetapi juga ketika kita belajar sesuatu. Misalnya dalam belajar bahasa Inggris. Cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris adalah menerjemahkan dan menjadi menerjemahkan.

    ReplyDelete
  5. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Yang dapat saya pahami dari skema di atas adalah Hidup ini bagaikan spiral karena tidak pernah berada pada titik yang sama namun berkelanjutan terus berlanjut dan tak kembali pada titik yang sama. Dan Hidup ini juga fenomena mendatar karena pagi ketemu pagi, senin ketemu senin dan sebagainya. Kita tidak akan pernah bisa menghindari dan menghalangi waktu yang terus berjalan. Dan pada skema sprititual berada di atas seperti yang tergambar bahwa hermenetika hidup itu dimulai dari material, formal, normatif dan spiritual dimana itu bemakna bahwa kita tidak hanya memperhatikan urusan dunia namun juga memperhatikan urusan akhirat.

    ReplyDelete
  6. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dari diagram hermenetika hidup karya Prof. Dr. Marsigit, M. A. terlihat dua aspek yaitu teori dan praktik. Dimana praktik terletak dibawah teori, ini menunjukkan bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, namun memulainya dari praktik. Seperti halnya anak kecil yang belum tau cara melempar bola, maka untuk mengajari dia belajar melempar bola adalah dengan praktik melempar bola dan ditambah bantuan intuisinya. Tidak mungkin mengajarkan anak kecil dengan cara menjelaskan teori melempar bola. Namun secara bertahap dan semakin bertambah usia dan berkembangnya cara berpikir manusia maka mereka akan mulai menyentuh ranah teori.

    ReplyDelete
  7. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya gambar spiral yang digambarkan pada diagram tersebut menunjukkan bahwa semua itu berputar membentuk spiral, yaitu kita mulai belajar dengan praktik dibantu intuisi kemudian ketika mencapai puncak pemahaman maka kita menyentuh ranah teori. Namun saat bertemu hal baru maka kita memulainya kembali dengan praktik dengan bantuan intuisi, begitu seterusnya hingga akhir hidup manusia. Sehingga untuk membelajarkan matematika kepada siswa kita perlu memberikan pengalaman berupa praktik ataupun memberi contoh dan noncontoh yang dekat dengan anak untuk membangun konsep di benak siswa.

    ReplyDelete
  8. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP/B
    The hermeneutic of life has the 2 main components which are THEORIES and PRACTICAL. the first part is made up of texts whereas the practical volet is made up of interpretation. from the theories to practice there should be deconstruction which means understanding the theories and find which one matching with the case in life. the theories and practical are both important in life. we pactice what read from texts.

    ReplyDelete
  9. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Dalam hidup mulai dari dilahirkan sampai meninggal, kita tidak pernah mengalami hal yang sama, selalu berbeda karena ada dimensi ruang dan waktu. Selain itu di dalam menjalani kehidupan selalu terjadi proses saling menerjemahkan. Kehidupan tersebut digambarkan seperti spiral.

    ReplyDelete
  10. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Semua hal di dunia ini berlangsung secara siklik dan linear. Siklik artinya kita masih bisa bertemu satu minggu yang akan datang. Linear artinya kita tidak bisa mengulang waktu yang telah berlalu. Itulah yang saya pahami dai gambar diatas

    ReplyDelete
  11. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Hermeneutika memiliki sudut pandang yang berbeda-beda yang berarti dari sudut pandang mana sebuah teks mau dilihat. Hermeneutika untuk penafsiran Alquran telah dikembangkan dalam berbagai sudut pandang oleh para intelektual Islam kontemporer seperti Nasr Hamid Abu Zayd, menawarkan hermeneutika signifikansi dan Fazlur Rahman mengemukakan hermeneutika double movement. Muhammad Shahrur menawarkan hermeneutika intertekstualitas dan Amina Wadud menawarkan hermeneutika feminisme. Hermeneutika Muhammad Shahrur menempatkan pemahaman kitab suci dalam kerangka fenomena historis. Dia melakukan koreksi terhadap kesalahan umat yang kurang memperhatikan karakterisitik dan fleksibilitas penafsiran ayat-ayat Alquran, sehingga membebani umat, karena tidak sesuai lagi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan konteks sosial abad 21. Shahrur menggagas hermenutika intertekstualitas yakni menggabungkan ayat-ayat Alquran yang memiliki titik-titik persinggungan dan persamaan tema dalam ayat-ayat yang berbeda. Hal ini dimaksudkannya untuk menentukan mana makna yang paling tepat dari makna yang ada, karena setiap kata dipengaruhi oleh hubungan secara linear dengan kata sekelilingnya.
    Juga hermeneutika dari sudut pandang Mulla Sadra. Secara umum, hermeneutika Al-Qur’an Mulla Sadra bisa dikatakan sebagai suatu konsep turunan‛ dari filsafat wujud-nya. Seluruh persoalan dalam hermenutika Al-Qur’an, mulai dari teks Al-Qur’an, penafsir dan teori tafsir dibingkai dalam aksen fisafat wujud-nya yang secara umum berbasis beberapa prinsip yang telah disebutkan. Di antara persoalan tersebut misalnya terkait teks Al-Qur’an yang memiliki tiga level wujud; spiritual, imajinal dan sensorik. Menurut Mulla Sadra, ia adalah suatu arketip (amsal) yang memuat beberapa analog (amsilah) terhadap beberapa realitas yang berada atasnya. Hal ini kemudian berimplikasi kepada teori skriptualnya terkai level-level vertikal makna Al-Qur’an berdasarkan level wujud yang berkorespndensi dengan level wujud manusia itu sendiri sebagai penafsir. Selain itu, aksen filsafat wujud ini juga bisa dilacak ketika ia menjelaskan beberapa dimensi etis dan praktis dalam pensfairan Al-Qur’an.

    ReplyDelete
  12. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Hermeneutika hidup berati menafsirkan, menerjemahkan makna dari kehidupan kita di dunia. Garis lurus melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan, kita tidak akan bisa mengulangi lagi waktu yang sekarang. Makna dari lingkaran merupakan bahwa hidup ini terus berulang, senin ketemu senin berikutnya, bulan januari ketemu bulan januari berikutnya, begitu seterusnya. Dan dalam filsafat sendiri, sebenar-benar dari penjelasan (teori) adalah aktivitas (praktik).
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  13. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Hermenetika dalam dunia barat dapat dikatakan sebagai proses berbahasa ataupun gaya bahasa yang dikeluaarkan sedangkan dalam dunia timur dikatakan sebagai Silahturahim. Jadi ketika kita bersilahturahim antara sesama maka kita telah melakukan hermenetika. silahturahim disini berarti kita telah mengikat kembali hubungan persaudaraan antar sesama manusia, sesama makhluk hidup, dengan alam, dengan dunia dan lain sebagainya sehingga hermenetika jangan diartikan dalam keadaan yang sempit melainkan secara intensif dan ekstensif.

    ReplyDelete
  14. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    hermenetika itu adalah lingkaran yang berbentuk spiral siklik dan linier, siklik untuk muhasabah diri, kembali melihat kebelakang, mengoreksi kesalahan pa yang telah dilakuan, dan linier adalh bergerak maju kedepan, bergerak visioner menuju target yang ingin dicapai. dalam pendidkna atematika, heremnetika dengn siklik dan liniernya itu berarti bahwa pendidkan matematika penuh kontradiksi, namun kontardiksi nya itu dapat ditoleransi dan di evalusai agar proses pendidikan matematika berjalan menajdi lebih baik enuju target atu tujuan pendidikan matematika yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  15. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    hermenetika hidup dari skema diatas digambaarkan seperti spiral, melingkar maksudnya akan selal terjadi pengulangan, senin bertemu senin, januari bertemu januari, dan seterusnya bahkan segala hal akan terjadi pengulangan tanpa kita sadari. kemudian selalu maju, tidak pernah bertemu satu sama lain, maksudnya seni yang satu dengan senin yang lain tidak pernah terjadi dalam satu waktu, tidak pernah bertemu dan tidak pernah kembali.

    ReplyDelete
  16. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Sejenak saya tak begitu paham dengan hermeneutika. Setelah saya melakukan pencarian mendapati makna bahwa hermeneutika adalah interpretasi atau menafsirkan makna dari sesuatu. Dari gambar di atas adalah hermeneutika kehidupan yang di dalamnya terdapat siklus hermeneutika yang berbentuk spiral. Saya memaknainya bahwa siklus spiral yaitu tentang waktu yang mana kadang manusia ada waktunya berada di atas tetapi ada pula waktu akan kembali ke bawah

    ReplyDelete
  17. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Kehidupan manusia di dunia terdapat 2 kegiatan yaitu praktik dan teoritis. Terkadang ada praktik, teori, maupun keduanya. Dalam belajar, manusia dimulai dari praktik. Dengan praktik maka barulah teori. Teori akan ada karena didasari dengan praktik. Dalam tingkat siswa SD merupakan ranah konkret. Maka sebagai contoh dalam belajar matematika, siswa diajarkan dengan praktik dahulu barulah teori. Siswa tidak mungkin diajarkan tentang teori karena tingkat umur siswa seiring bertambah waktu maka akan semakin bisa diajarkan tentang teori.

    ReplyDelete
  18. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pedidikan Matematika A 2013

    Dalam hermenitika hidup tersebut dapat kita lihat bahwa sesuatu yang kita lakukan bersifat dua macam. Ada yang sifatnya lurus tapi ada juga yang sifatnya berputar-putar terus menerus. Tetapi sama-sama menuju 1 tujuan.

    ReplyDelete
  19. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Setelah melihat dan mengamati gambar hermeneutika hidup, sebenarnya saya masih agak bingung. Kemudian saya mencari sumber informasi tentang makna gambar tersebut. Hermeneutika hidup yang digambarkan dalam gambar tersebut terdiri dari dua aspek, yaitu teori dan praktik. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa praktik terletak di bawah dan yang terletak di atas adalah teori. Hal ini dimaksudkan bahwa manusia hidup tidak langsung mengenal teori, akan tetapi memulainya dari praktik.

    ReplyDelete
  20. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Anak usia 1 tahun tidak mungkin diajarkan berjalan dengan menjelaskan tentang teori berjalan. Mereka belajar praktik dengan bantuan intuisi hingga akhirnya dapat berpikir secara teori. Begitu pula dengan pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, guru tidak mungkin memberikan matematika murni pada siswa. Guru harus mengubah matematika murni ke dalam bentuk matematika sekolah terlebih dahulu sebelum mengenalkannya pada siswa. Dalam hal ini, matematika sekolah digambarkan sebagai matematika horisontal, sedangkan matematika murni adalah matematika vertikal.

    ReplyDelete
  21. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Hermenetika itu meliuk-liuk, membentuk spiral dan linear/lurus ke depan. Jika dalam filsafat hermeneutika, dalam islam silaturahmi, dalam jawa cokro manggilingan. Spiral itu seperti revolusi bumi mengelilingi matahari, berulang, tetapi tidak akan pernah menempati posisi yang sama. Hidup itu juga begitu, siklik tetapi tidak akan pernah bisa terulang lagi. Minggu ini ketemu senin, minggu depan juga akan ketemu senin, itu namanya siklik, tetapi jika senin dengan tanggal itu, bulan itu, tahun itu tidak akan pernah terulang lagi. Itu maksudnya linear. Sehingga mengingat kita tidak dapat mengulang kembali waktu yang sama, maka gunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  22. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016

    Dengan adanya dekontrustion, hidup di interprestasikan kedalam sebuah system. sistem tersebut berbentuk lingkatan dan garis diagonal (lurus miring). Lingkaran diartikan sebagai sebuah kehidupan manusia yang selalu berputar. Sedangkan garis diagonal (lurus miring) diartikan sebagai kehidupan yang selalu berkembang artinya dinamis. Lingkaran dan garis diagonal (lurus miring) tersebut akan membentuk spiral. Artinya, kehidupan manusia selalu berproses atau berputar namun berputar, namun perputaran itu tidak akan mengembalikan lagi pada kehidupan yang sama. Ada tujuh hari dalam seminggu, senin bertemu dengan senin namun tanggal berubah, bulannya berubah, dan tahunnya berubah serta tempatnya pun berubah. Artinya manusia tidak bisa kembali kemasa lalu. Spiral tersebut searah jarum jam yang artinya manusia dipenuhi dengan keinginan dan keinginan. Artinya manusia ingin mengenal siapa dirinya, Dunia dan mengenal Tuhannya. Karena tujan akhir manusia adalah berjalan kedepan yaitu kejalan spiritual dengan mengenal Tuhannya yaitu Allah.

    ReplyDelete
  23. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Menurut saya, gambar atau ilustrasi yang diberikan Prof. Marsigit menunjukkan tentang proses hermenitika. Selama perkuliahan filsafat yang saya tangkap dari makna hermenitika adalah proses menerjemahkan atau bisa dibilang proses menafsirkan sesuatu. Sedangkan, Hermenitika kehidupan merupakan proses menerjemahkan atau menafsirkan teori yang dibuat kedalam kehidupan sehari. Ada banyak proses hermenitika kehidupan yang ada baik melingkupi tingkat spiritual, ilmu pengetahuan, pendidikan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  24. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Dalam hal spiritualitas, saya sebagai seorang muslim, sebenarnya kita sedang melakukan proses hermenitika dalam menafsirkan makna yang terkandung dalam kitab suci Alquran. Akan tetapi, dalam menafsirkan itu tidak boleh sembarangan harus didampingi oleh yang benar-benar ahli tafsir, karena kalo kita salah, maka yang terjadi adalah penyimpangan makna. Sebagai seorang muslim kita wajib berperilaku sesuai dengan firman Allah SWT yang terkandung dalam kitab sucinya. Agar kita tidak mengalami penyimpangan dalam kehidupan kita.

    ReplyDelete
  25. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Bahkan dalam pengajaran atau pembelajaran kita juga melakukan namanya proses hermenitika tentang bagaimana membelajarkan bahwa materi yang disampaikan itu bermakna dan merupakan hasil pemikiran manusia untuk mengatasi masalah pada kehidupan sehari-hari. Apalagi matematika, dimana siswa sudah mempunyai persepsi negatif karena proses hermenitika yang dilakukan guru tidak berjalan dengan semestinya. Untuk itu, proses hermenitika dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa.

    ReplyDelete
  26. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Berdasarkan gambar di atas, hermeneutika hidup terdiri dari dua aspek, yaitu aspek teori dan aspek praktik. Manusia mengenal sesuatu pertama kali melalui praktik tidak langsung ke teori. dan dengan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya pemikiran manusia mulailah manusia mengenal dengan teori. begitulah alur pengetahuan di dalam hidup. Berawal dari praktik menuju ke memahami teori.

    ReplyDelete
  27. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Gambar di atas menggambarkan tentang hermenetika hidup yang terdiri dari teori dan praktek. Dalam perjalanan hidup keduanya akan selalu berkaitan. Kita bisa mengenal teori berdasarkan praktek pengalaman dan bisa juga dengan kita mengenal praktek berdasarkan teori yang dibuktikan.

    ReplyDelete
  28. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    “Hermeneutika Hidup”, Jika dilihat sebentar tentang gambar hermeneutika hidup terdapat 2 pokok atau inti hidup yaitu teori dan praktik. Manusia dalam menjalani hidup dapat secara teori dan praktik. Saya kurang mengerti dengan jelas dan detail tentang gambar atau pola hermeneutika hidup. Gambar atau pola tersebut membuat saya ingin mengetahui tentang hermeneutika hidup. Terima kasih.

    ReplyDelete
  29. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Pada dasarnya, hermeneutika berusaha memahami apa yang dikatakan dengan kembali pada motivasinya atau kepada konteksnya, diperlukan konsep kuno yang bernama “kata batin” – inner word. Hermenetika, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah hermeneutics, berasal dari kata Yunani hermeneutine dan hermeneia yang masing – masing berarti “menafsirkan dan “ penafsiran”. Istilah did dapat dari sebuah risalah yang berjudul Peri Hermeneias (Tentang Penafsiran). Hermeneutica juga bermuatan pandangan hidup dari penggagasnya.

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Hermenetika hidup terdiri dari dua unsur yaitu garis lurus dan melingkar. Garis lurus menggambarkan bahwa hidup akan terus berjalan, kita tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan melingkar artinya kita dapat mengulanginya, hanya saja berbeda ruang dan waktunya. Dan di dalam hidup ini terdiri dari teori dan praktik. Menurut saya adalah teori adalah ilmu, bagaimana kita mempraktikkan ilmu yang kita miliki agar bisa bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  31. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Hidup adalah layaknya spiral. Spiral yang tersusun dari maknawi-maknawi kehidupan. Hidup dibangun karena teori dan praktik. Anak balita berusia 1 tahun tak mungkin diajarkan berjalan dengan menjelaskan mengenai teori berjalan. Namun mereka langsung memulai dengan praktek tanpa penjelasan teori apapun, karena mereka menggunakan bantuan intuisi. Seiring berjalannya waktu, sesuai dengan perkembangan usia dan cara berpikir manusia, mereka akan mulai menyentuh ranah teori. Proses tersebut terus menerus berlangsung, berputar membentuk spiral yang tak pernah putus hingga akhir hayat. Kita memulai belajar dengan praktek dan intuisi, lalu seiring berjalannya waktu, saat kita mulai mencapai puncak pemahaman, kita akan merambah ranah teori. Lalu ketika kita bertemu dengan hal baru, maka kita akan kembali memulai memahami hal baru tersebut dari ranah praktek dan intuisi. Proses itu berlangsung secara terus menerus dan berulang-ulang.

    ReplyDelete
  32. Hermeneutika hidup yang digambarkan terdiri dari dua aspek yaitu teori dan praktek. Digambarkan praktik terletak di bawah dan teori berada di atas. Maksudnya dalam hidup ini kita akan lebih paham akan suatu konsep jika kita memulai dengan praktik langsung terlebih dahulu baru menyimpulkannya sebagi teori.

    Triwid Sayafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  33. Kartika Nur Oktaviani
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Spiral itu menggambarkan hermeneutika hidup sebenarnya. Seperti menggambarkan bumi mengelilingi matahari dengan dimensi ruang dan waktu semakin luas dan semakin mendekati akhir zaman. Lalu manusia dibangkitkan lagi menuju spiral yang berbeda. Dipertemukan kembali dan dihidupkan kembali menuju masa-masa pangea.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  34. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Di dalam gambar tersebut terdapat garis lurus, lingkaran, dan garis yang membentuk spiral. Jika kita refleksikan, garis lurus tersebut memiliki melambangkan bahwa hidup ini terus berjalan maju, kita tidak akan pernah bisa lagi kembali pada waktu yang telah lampau. Sedangkan garis yang melingkar melambangkan kehidupan kita yang terus berputar, seperti pagi bertemu pagi, senin bertemu senin dan sebagainya. Lingkaran tersebut menjadi spiral karena senin yang satu tidak akan pernah ketemu senin yang lain. Inilah yang disebut sebagai spiral kehidupan. Spiral kehidupan tersebut merupakan lintasan bumi mengelilingi matahari. Hal tersebut yang menjadi teladan hidup dari Tuhan, yaitu manusia hidup berhermenetika. Di samping itu, terdapat teori dan praktik. Teori berada di atas sementara praktik berada di bahwah. Hal ini menunjukkan bahwa dalam hidup, manusia tidak beraktivitas berdasarkan teori, tetapi didahului oleh praktik yang berdasarkan intuisi. Kemudian seiring bertambahnya pengalaman dan waktu, praktik tersebut dapat sampai pada teorinya. Lalu manusia menemui hal baru lagi sehingga proses tersebut berlangsung terus menerus berhermenetika membentuk spiral.

    ReplyDelete
  35. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Hermeneutika Hidup merupakan suatu gambaran dari kehidupan manusia yang erat kaitannya dengan menterjemah dan diterjemahkan. Hidup di dunia ini ada kalanya kita naik ke atas dan ada kalanya kita turun ke bawah. Hidup ini haruslah melakukan hermeneutika antara pikiran, hati, doa dan pengalaman. Kehidupan manusia diibaratkan dua buah unsur yaitu garis dan lingkaran. Sebuah garis digambarkan sebagai kehidupan manusia yang melewati waktu sekali itu saja dan tanpa ujung dan pangkal dan tidak akan pernah terulang kembali. Sedangkan lingkaran digambarakan sebagai gambaran kehidupan bumi yang selalu berputar, seperti halnya kita menemui malam hari kemudian pagi hari dan malam hari lagi begitu seterusnya. Jadi kita harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ruang dan waktu yang ada.

    ReplyDelete
  36. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam Gambar diatas secara implisit dijelaskan bahwa setiap hidup manusia selalu berhermeneutika sesuai dengan dimensinya dengan terus berkembang secara sistematis. dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa hermeneutika sama halnya hidup spiral, dimana berada antara dekonstruksi dan praktikal. ketika manusia mengalami interprestasi hidup maka ia akan layakya anak panah yang selalu mengarah kedepan dalam satu arah, namun ketika hermeneutika dijelaskan melalui teks maka ia akan selalu berputar disana saja sampai ia menemui interpretasi lain . kegiatan itu berlanjut hingga menemukan dunia yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  37. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Hermeneutika sebagai prinsip-prinsip metodologis interpretasi dan eksplanasi yang berarti menerjemahkan dan diterjemahkan. Hermeneutika hidup artinya kita terus berikhtiar dan berdoa dikehidupan. Dan adanya hukum kembali jika kita melakukan segala sesuatu hal bahkan alam juga merupakan hukum kembali. senin ketemu lagi dengan senin. Artinya apapun yang kita lakukan kausalitas selalu ada. Hidup merupakan sesuatu yang linier dan siklik, tidak akan kembali ke masa lalu dan juga tidak bisa cepat menuju masa depan, karena aturannya ruang dan waktu yang harus dijalani. Siklik artinya keteraturan dalam hidup, tetapi tidak akan pernah sama pada ruang dan waktunya. Sehingga hermeneutika hidup baiknya dengan ikhtiar dan doa yang secara kontinu.

    ReplyDelete
  38. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Hermeneutika adalah suatu proses menerjemahkan. Hermeneutika hidup adalah menerjemahkan hidup yang kita jalani. Hidup terdiri dari teori dan praktek/pengalaman. Teori adalah yang terletak dalam pikiran kita, sedangkan praktek adalah sesuatu yang ada di luar pikiran kita. Perlu proses terjemah-menerjemahkan antara teori dan praktek/pengalaman yang kita jalani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LINA
      16701261022
      PEP-A/2016

      Apapun yang kita lakukan, kita pikirkan, kita ucapkan dalam hidup kita adalah hasil dari proses menerjemahkan hidup kita. Proses menerjemahkan bisa berlangsung siklik, artinya berlangsung berulang-ulang sesuai dengan teori yang ada dalam pikiran kita, dan pengalaman yang ada di luar kita.

      Delete
  39. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari skema tersebut, menurut saya hermeneutika merupakan sebuah spiral yang melingkar. Spiral tersebut akan terus melingkar hingga tidak pernah berada dalam titik yang sama. Hermeneutika juga merupakan sebuah fenomena mendatar karena setiap harinya kita hampir melakukan aktivitas yang sama pada aktivitas sebelumnya. Hermeneutika juga berkaitan erat dengan terjemah dan menerjemah sebuah teks.

    Adapun dampak penggunaan metode hermeneutika terhadap pemikiran Islam sudah sangat mencolok seperti di Indonesia. Misalnya, pemikiran tentang kebenaran satu agama, serta tidak boleh adanya truth claim (klaim kebenaran) dari satu agama tertentu. Paham ini disebarkan secara meluas. Demikian juga pada tataran fiqih, semakin gencar disebarkan pemahaman yang mendekonstruksi hukum-hukum fiqih Islam, yang qath'iy, seperti kewajiban jilbab, haramnya muslimah menikah dengan laki-laki non-Muslim, dan
    sebagainya. Tanpa disadari, gerakan hermeneutika ini berbarengan dengan gerakan impor pemikiran Barat, sehingga kaum muslimin semakin diserang dengan nilai-nilai kebatilan yang jelas-jelas diluar Islam. Masalah hermeneutika dikalangan ulama dan cendekiawan Muslim di Indonesia, terlambat memahami masalah yang sangat fundamental tersebut. Padahal, beberapa institusi pendidikan Islam (sebut Perguruan Tinggi Islam) sudah mengajarkan hermeneutika sebagai alternatif bagi metode penafsiran al-Quran yang selama ini dikenal oleh umat Islam pada umumnya. Bahkan, sekarang sudah banyak muncul cendekiawan dan tokoh-tokoh organisasi Islam, yang begitu bersemangat menyebarkan dan mengajarkan hermeneutika, dengan menyerukan agar metode tafsir klasik al-Quran tidak digunakan lagi (https://id-id.facebook.com/notes/satu-hari-satu-ayat-quran/mengkritisi-hermeneutika-tafsir-quran-islam-tidak-membutuhkan-ilmu-hermeneutika-/396107589650/).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  40. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Hermeneutika hidup kita dapat terdiri atas tiga komponen dasar utama yaitu metode menajam atau menukik, metode mendatar, dan metode mengembang. Untuk mengerti dan memahami hidup ini kita perlu mendalami secara insentif mengenai apa yang harus kita lakukan dalam hidup kita atau kita perlu belajar berdasarkan teori, lalu kita perlu melakukannya (mempraktikkannya) dengan istiqomah sehingga dapat terbentuk budaya yang baik, dan akhirnya kita dapat membangun dunia ini dengan baik.

    ReplyDelete
  41. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Sebenar-benar hidup adalah peningkatan dimensi menuju dimensi yang lebih baik. Kita hidup menuju dimensi yang lebih baik dalam fenomena garis lurus dalam siklik yang berputar, sehingga kita tidak hanya semakin hebat tetapi juga kita akan menjadi pikun dan lemah.

    ReplyDelete
  42. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Hermeneutika hidup yaitu terjemah dan diterjemahkan. Dalam hidup ini kita perlu melakukan hermeneutika baik secara teori yaitu melalui pikiran untuk merencanakan tindakan kita, yang kemudian kita juga perlu mendengarkan kata hati untuk yang akan kita lakukan atau praktikkan agar hidup kita selamat. Kehidupan kita di dunia ini berbentuk siklik seperti spiral yaitu berputar, kita dapat berada di atas dan kadang bisa juga di bawah. Apabila fenomena siklik kita ditambah unsur linier maka itu disebut fenomena hidup maju berkelanjutan.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id