Apr 5, 2013

ElegiMenggapai "Axiology of Mathematics"




By Marsigit
Yogyakarta State University


In the contemporary times, the mathematical backbone of its value has been extensively investigated and proven over the past ten years.

According to Dr. Robert S. Hartman’s, value is a phenomena or concept, and the value of anything is determined by the extent to which it meets the intent of its meaning.

Hartman 1 indicated that the value of mathematics has four dimensions: the value of its meaning, the value of its uniqueness, the value of its purpose, and the value of its function.

Further, he suggested that these four “Dimensions of Value” are always referred to as the following concepts: intrinsic value, extrinsic value, and systemic value.

The bare intrinsic and inherent essence of mathematical object 2 is a greater, developed intensity of immediacy.

Mathematical object is genuinely independent either of consciousness or of other things; something for itself.

In and for itself belongs to the Absolute alone, mathematical object can be perceived as the developed result of its nature and as a system of internal relations in which it is independent of external relations.

The important value distinctions like the hierarchy of value of mathematics can be stated that in the simplest instances of combining intrinsic valuation with its extrinsic value, and systemic value of mathematical object.

Here, nothing gets lost, the hierarchy of value is preserved within the domain of intrinsic valuation, and it makes good sense to say that our value of mathematics has more value than the others.

To illustrate the schema 3, let us take to modify Moore’s model of the hierarchy of the valuation of mathematical object as follows:

"IA1 = EA1 = SA1 = A2". “I” stands for all intrinsic value of mathematical object A1, “E” stands for all extrinsic value of mathematical object A1, and “S” stands for all systemic value of mathematical object A1. This formula acknowledges 4 that each of the first three formulas results in a value increase, so we end up with "A2" on the far right. This formula also says that in each case we end up with the same value increase, namely, "A2," and that is precisely the value of mathematics.

By the above method, Moore constructed a value of mathematics that can be used to objectively measure our capacity to make good value decisions.

Unlike all other assessments, this structure allows us to understand 'how' a person thinks and perceives, not what they think, but how they think.

Mathematics valuation explains and measures the thinking that forms the foundation for, and leads to, behavior.

What's even more important is that one strives to value mathematics as objective, independent of any one observer, and accurate regardless of race, religion, socioeconomic conditions, or nationality.

Valuation of mathematics are then applied to the rankings to provide numeric reference to the results.

The individual uniqueness 5 of every human being is evidenced by the fact that there are 6.4 quadrillion possible permutations of these rankings.

In term of the practical sense, one way to value mathematics to the real world might be to introduce additional constants in the first order set theory to refer to things in the real world, and then to instantiate general mathematical theories to apply to these objects.

To value mathematics we have to know something about it.

In term of the systemic value, we way we apply mathematics to the real world is to construct an abstract model of the aspect of reality we are concerned with.

This can be done by introducing appropriate definitions in set theory.

Mathematics can then be applied to the analysis of this model.

The results are then informally translated into conclusions about the real world.

References:
1 ………, 2002, Validity Studies Of The Hartman Profile Model, Ai, Axiometrics International, Inc. Retrieved 2007
2Dagobert D. Runes, 1942, Dictionary of Philosophy. Retrieved 2007
3 Mark A. Moore in Frank G. Forrest's Valuemetricsא: The Science of Personal and Professional Ethics
4 Ibid
5 …….., 2004, The Science of Axiology. Retrieved 2007

25 comments:

  1. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Dalam dunia nyata, kita dapat menerapkan matematika dengan mengambil realita yang kita dapatkan di kehidupan kita. Realita tersebut kemudian diubah menjadi model matematika. Sehingga dengan demikian kita dapat memperkenalkan dan menerapkan berbagai definisi dan teori matematika untuk menyelesaikan permasalahan dalam realita kehidupan. Dari proses tersebut, kemudian dapat disimpulkan tentang matematika dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  2. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Aksiologi merupakan nilai-nilai, dapat berupa nilai etik maupun nilai estetika. Etik merupakan nilai kebenaran, sedangkan estetika merupakan nilai keindahan. Menurut Hartman nilai matematika memiliki empat dimensi, yaitu maknanya, keunikannya, tujuannya, dan juga fungsinya. Oleh karena itu, dalam mengembangkan matematika dan menilai kemampuan matematika, dapat dimulai dari membangun nilai-nilai matematika tersebut. Seperti halnya menurut Moore, membangun nilai matematika dapat digunakan untuk mengukur secara objektif kemampuan kita untuk membuat keputusan terbaik.

    ReplyDelete
  3. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Aksiologi yang diartikan sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Maka untuk dapat menggapai aksiologi dalam metematika adalah dengan cara menerapkan metematika dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali dijumpai, karena matematika bukan hanya sekedar tentang menghitung dengan algoritma, tetapi juga berperan dalam memikirkan masalah secara logis dan memecahkannya.

    ReplyDelete
  4. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Aksiologi merupakan nilai-nilai, dapat berupa nilai etik maupun nilai estetika. Etik merupakan nilai kebenaran, sedangkan estetika merupakan nilai keindahan. Aksiologi yang diartikan sebagai teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang diperoleh. Maka untuk dapat menggapai aksiologi dalam metematika adalah dengan cara menerapkan metematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, matematika seharusnya dibuat se kontekstual mungkin agar anak mampu menyelesaikan permasalahan di sekitarnya dengan matematika, sehingga matematika memiliki nilai fungsi dalam kehidupan real anak.

    ReplyDelete
  5. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Dalam kaitannya dengan matematika, aksiologi membahas mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam matematika, yang mencakup nilai etika dan estetika. Aksiologi matematika terdiri dari membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan.
    Salah satu contoh aksiologi matematika yang ditinjau dari fungsinya sehingga mempunyai nilai adalah konsep sudut yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam ilmu bangunan.
    Adapun jika dikaitkan dengan pendidikan matematika, maka dapat dipahami bahwa aksiologi pendidikan matematika membahas mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam matematika, yang mencakup nilai etika dan estetika. Tentang bagaimana pendidikan matematika itu memiliki nilai-nilai moral dan kebermanfaatan sehingga dapat membarikan bekal bagi siswa untuk mengarungi kehidupan nyata.
    Contoh dari aksiologi pendidikan matematika antara lain adalah dengan mengajarkan mengenai bagaiamana sopan dan santun melalui kegiatan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    aksiologis berkaitan dengan nilai, dan ketika kita berbicara tentang aksiologi matematika maka kita juga berbicara tentang nilain yang terkandung dalam matematika itu sendiri. Menurut Hartman nilai adalah fenomena atau konsep dimana nilai dari matematika paling sedikit memuat empat dimensi yaitu karena maknanya, keunikannya, tujuannya dan karena fungsinya. dan keempat dimensi tersebut terkait satu dan lainnya dan sifatnya intrinsik, ekstrinsik atau sistemik.

    ReplyDelete
  7. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam pengertian secara umum, aksiologi merupakan nilai-nilai, dapat berupa nilai etik maupun nilai estetika. Etik merupakan nilai dari kebenaran, sedangkan estetika merupakan nilai keindahan. Adapun dalam bidang pengetahuan, aksiologi diartikan sebagai sebuah teori yang diterapkan dalam kehidupan. Adapun dalam matematika, aksiologi dapat dicapai dengan penerapan teori matematika dalam kehidupan. Sekarang ini, matematika sebagian besar masih hanya sebuah teori, tetapi tidak dipraktikkan. Agar matematika dapat mencapai aksiologi, maka matematika diterapkan dalam kehidupan. Matematika merupakan aktivitas kehidupan dengan pembelajaran yang kontekstual agar siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika dan matematika dapat digunakan dalam praktik sehari-hari.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  8. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Aksiologi matematika secara filosofis hakekat nilai atau value dari matematika. Menurut Hartman, nilai adalah sebuah konsep dimana matematika dapat dipandang sebagai nilai yang mempunyai makna, nilai yang mempunyai keunikan, nilai yang mempunyai tujuan dan nilai yang mempunyai fungsi. Jadi nilai matematika dapat digunakan untuk mengembangkan pertimbangan mengenai kapasitas matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    In term of the systemic value, we way we apply mathematics to the real world is to construct an abstract model of the aspect of reality we are concerned with.
    This can be done by introducing appropriate definitions in set theory.
    Mathematics can then be applied to the analysis of this model.
    The results are then informally translated into conclusions about the real world.

    menggapai aksiologi matematika berarti menggapai hakikat dari matematika itu dalam kehhidupan kita. dlama elegi diatas sudah dijelaskan caranya yaitu dnegan pertama-tama mengenalkan teorinya, kemudian dengan sedikit demi sedikit menerjemahkannya kedalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  10. Nuha Fazlussalam
    13301244012
    s1 pendidikan matematika c 2013

    matematika memiki 4 macam nilai, yaitu nilai maknanya, nailai ketunggalannya, nilai fugsinya, nilai tujuannya dan matematika memiliki 3 jenis konsep, yaitu konsep intrinsik, konsep ekstrinsik dan konsep sitemik. terimaksih pak

    ReplyDelete
  11. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Menurut Hartman dalam Marsigit (2004), nilai adalah fenomena atau konsep; nilai sesuatu ditentukan oleh sejauh mana fenomena atau konsep itu sampai kepada makna atau arti. Menurutnya, nilai matematika paling sedikit memuat empat dimensi: matematika mempunyai nilai karena maknanya, matematika mempunyai nilai karena keunikannya, matematika mempunyai nilai karena tujuannya, dan matematika mempunyai nilai karena fungsinya. Tiap-tiap dimensi nilai matematika tersebut selalu terkait dengan sifat nilai yang bersifat intrinsik, ekstrinsik atau sistemik.

    ReplyDelete
  12. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Elegi Menggapai “Axiology of Mathematics”Matematika adalah dasar ilmu dari ilmu yang lain, hampir semua ilmu terkait dengan matematika. Berdasarkan elegi tersebut dijelaskan bahwa Dr. Robert S. Hartman menyatakan matematika memiliki empat dimensi yaitu nilai arti, nilai keunikan, nilai tujuan, dan nilai fungsinya. Empat dimensi matematika tersebut berkaitan dengan konsep nilai instrinsik, nilai ekstrinsik, dan sistemik. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan. Jadi, jika ditinjau dari aspek aksiologi, matematika seperti ilmu-ilmu yang lain, yang sangat banyak memberikan kontribusi perubahan bagi kehidupan umat manusia di jagat raya nan fana ini. Segala sesuatu ilmu di dunia ini tidak bisa lepas dari pengaruh matematika.

    ReplyDelete
  14. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Pendekatan aksiologis berusaha untuk mempelajari secara filosofis hakekat dari nilai atau velue matematika. Selanjutnya matematika dipengaruhi oleh para pelaku dalam matematika sehingga matematika tidak bisa bersifat netral. Matematika pada dasarnya merupakan ilmu yang bebas namun tetap terikat oleh nilai.

    ReplyDelete
  15. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Contoh dari aksiologi matematika adalah keindahan dari matematika yang bersifat subjektif dari masing-masing pribadi. Keindahan matematika ini tidak bebas nilai dan dipengaruhi oleh nilai yang ada dari pribadi pelaku matematika.

    ReplyDelete
  16. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Aksiologi adalah istilah yang berasal dari kata Yunani yaitu; axios yang berarti nilai. Sedangkan logos yang berarti teori tentang nilai. Jadi aksiologi adalah teori tentang nilai.Selanjutnya Aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan. Jadi, jika ditinjau dari aspek aksiologi, matematika seperti ilmu-ilmu yang lain, yang sangat banyak memberikan kontribusi perubahan bagi kehidupan umat manusia di jagat raya nan fana ini. Segala sesuatu ilmu di dunia ini tidak bisa lepas dari pengaruh matematika.

    ReplyDelete
  17. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Dr. Robert S. Hartman's mengindikasikan ada 4 dimensi nilai dari matematika : nilai dari arti, nilai dari keunikan, nilai dari tujuan dan nilai dari fungsinya. Ia menyarankan bahwa empat "Dimensi Nilai" selalu disebut sebagai konsep: nilai intrinsik, nilai ekstrinsik, dan nilai sistemik. Esensi intrinsik dan melekat pada obyek matematika adalah lebih besar, intensitas kedekatannya dikembangkan. Objek matematika adalah benar secara independen baik dari kesadaran atau hal-hal lain; sesuatu untuk dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  18. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Aksiologi sangat identik dengan penilaian, nilai dan berhubungan dengan mengukur kemampuan. aksiologi juga berkembang didunia matemtika. Menurut Hartman nilai matematika memiliki empat dimensi, yaitu maknanya, keunikannya, tujuannya, dan juga fungsinya. dalam dunia matematika pengembangan matematika berdasarkan aksiologi dapat menjadikan matematika tersebut unuik, bermakna dengan tujuan dan fungsi nya. serta penilaian yang dilakukan adalah berdasarkan perkembangannya bukan pada hasil mutlak yang di peroleh.

    ReplyDelete
  19. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Aksiologi merupakan cabang ilmu filsafat yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Dari elegi ini, Hartman mengungkapkan bahwa nilai matematika memiliki empat dimensi, yaitu nilai maknanya, nilai keunikannya, nilai tujuan, dan nilai fungsinya. Keempat dimensi itu disebut sebagai konsep berupa nilai intrinsik, nilai ekstrinsik, dan nilai sistemik. Hal ini berkaitan dengan kebermanfaatan matematika itu sendiri. Matematika bernilai intrinsik jika pengetahuan matematika untuk diri nya sendiri. Ekstrinsik jika seseorang mampu menerapkan matematika untuk kehidupan sehari-hari. Sistemik jika seseorang mampu mengembangkan matematika dalam masyarakat. Implikasinya, sebaiknya guru dapat membangun ketiga nilai matematika tersebut didiri siswa.

    ReplyDelete
  20. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Aksiologi merupakan cabang filsafat yang berhubungan macam-macam dan kriteria nilai serta keputusan pertimbangan dalam menilai, terutama dalam etika atau nilai-nilai moral. Aspek yang terkandung didalamnya membahas tentang untuk apa ilmu itu digunakan. Dengan kata lain nilai apa yang didapat dari mempelajari matematika. Etika yang membahas aspek kebenaran matematika, peran matematika dalam kehidupan dan implikasinya pada kehidupan. Aksiologi merupakan paradigma yang berpengaruh penting dalam penelitian ilmiah.

    ReplyDelete
  21. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Aksiologi adalah bidang dalam filsafat yang menyelidiki tentang nilai-nilai (value). Nilai dan implikasi aksiologi di dalam pendidikan ialah pendidikan yang menguji dan mengintegrasikan semua nilai (nilai tindakan moral, nilai ekspresi keindahan dan nilai kehidupan sosio-politik) di dalam kehidupan manusia dan membinanya ke dalam kepribadian siswa.

    ReplyDelete
  22. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Pada pembelajaran matematika di sekolah, aksiologi dari pendidikan matematika itu tidak hanya menunjukkan bahwa tujuan dari pembelajaran ini difokuskan pada kuantitas pengetahuan saja melainkan juga kuantitas kehidupan sebagai akibat dari adanya pengetahuan. Seperti halnya yang telah tercantum pada kurikulum 2013, bahwa pembelajaran itu mencakup aspek spiritual, aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

    ReplyDelete
  23. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Matematika itu bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan yang harus dipelajari sebagai syarat kelulusan melainkan juga matematika itu mengandung nilai etik estetika yang bermanfaat bagi kehidupan. Contohnya yaitu ketika tujuan siswa mempelajari materi geometri tidak hanya dari dilihat dari aspek pengetahuannya saja melainkan juga dengan tujuan berdasarkan aspek spiritual, aspek sikap, dan aspek keterampilan.

    ReplyDelete
  24. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Aksiologi merupakan salah satu cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Atau biasa disebut teori tentang nilai. Sedangkan aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  25. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Jika dipandang dari sisi kebermanfaatan dan pengaruhnya, aksiologi matematika memberi kontribusi yang sangat banyak bagi perubahan kehidupan umat manusia di jagat raya yang fana ini. Segala ilmu di dunia ini boleh dibilang tak bisa lepas dari pengaruh matematika. Ilmu membantu manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. Maka, kelola dengan benar agar tak salah tempat dan tujuannya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id