Apr 5, 2013

Elegi Menggapai "Ideology of Mathematics Education: What are they thinking?"




By Marsigit
Yogyakarta State University

Ideologies of mathematics education cover the belief systems to which the way mathematics education is implemented. They cover radical, conservative, liberal, and democracy. The differences of the ideology of mathematics education may lead the differences on how to develop and manage the knowledge, teaching, learning, and schooling. In most learning situation we are concerned with activity taking place over periods of time comprising personal reflection making sense of engagement in this activity; a government representative might understand mathematics in term of how it might partitioned for the purpose of testing (Brown, T, 1994).
Comparison among countries certainly reveals both the similarities and the differences in the policy process. The ideologies described by Cochran-Smith and Fries (2001) in Furlong (2002) as underpinning the reform process are indeed very similar. Yet at the same time, a study of how those ideologies have been appropriated, by whom, and how they have been advanced reveals important differences. He further claimed that what that demonstrates, is the complexity of the process of globalization. Furlong quoted eatherstone (1993), “One paradoxical consequence of the process of globalisation, the awareness of the finitude and boundedness of the plane of humanity, is not to produce homogeneity, but to familiarize us with greater diversity, the extensive range of local cultures”.
Ernest, P ( 2007 ) explored some of the ways in which the globalization and the global knowledge impacts on mathematics education. He have identified four components of the ideological effect to mathematics education. First, there is the reconceptualization of knowledge and the impact of the ethos of managerialism in the commodification and fetishization of knowledge. Second, there is the ideology of progressivism with its fetishization of the idea of progress. Third, there is the further component of individualism which in addition to promoting the cult of the individual at the expense of the community, also helps to sustain the ideology of consumerism. Fourth is the myth of the universal standards in mathematics education research, which can delegitimate research strategies that forground ethics or community action more than is considered ‘seemly’ in traditional research terms.

References:

Ernest, P., 1994, Mathematics, Education and Philosophy: An International Perspective. The Falmer Press: London.

Ernest, P., 2002, What Is The Philosophy Of Mathematics Education? Paul Ernest University of Exeter, United Kingdom. Retrieved

Ernest, P., 2007, Mathematics Education Ideologies And Globalization. Retrieved


Fullan, M., 2002, Leading and Learning for the 21stC Vol 1 No. 3 - January 2002

Furlong, J., 2002, Ideology and Reform in Teacher Education in England:
Some Reflections on Cochran-Smith and Fries. Retrieved

Glenn, A., 2009, Philosophy of Teaching and Learning "Your job as a teacher is to make every single student feel like a winner”. Retrieved http://depts.washington.edu/ctltstaf/example_portfolios/munchak/pages/87361.html>

Jaworski, B., 1994, Investigating Mathematics Teaching : A Constructivist Enquiry, London : The Falmer Press.

21 comments:

  1. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Perbedaan tersebut juga akan menyebabkan perkembangan pendidika matematika yang berbeda-beda pula. Komponen-komponen dalam sistem pendidikan matematika sebaiknya memperhatikan adanya perbedaan tersebut, sehingga dapat memaksimalkan perkembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  2. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Ideologi dalam pembelajaran matematika setiap orang pastilah berbeda-beda. Hal ini juga akan mengakibatkan terhadap pengetahuan siswa. Sistem di Indonesia saat ini belum mengakomodir untuk siswa memahami matematika secara mendalam. Sistem ideologi pendidikan matematika di Indon esia saat ini haruslah diperbaiki untuk lebih baik lagi, utamanya sistem ideologi pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  3. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016


    Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau keterampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapat diterapkan dalam kehidupannya. Ideologi pendidikan matematika memiliki beberapa kepercayaan dalam pengimplementasiannya. Beberapa kepercayaan itu adalah mencakup radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan pada bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah. Menurut Ernest, P (2007) telah mengidentifikasi empat komponen dari efek ideologis untuk pendidikan matematika. Pertama, ada rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak dari etos manajerialisme dalam komodifikasi dan fetishization pengetahuan. Kedua, ada ideologi progresivisme dengan fetishization atas gagasan kemajuan. Ketiga, ada komponen lebih lanjut dari individualisme yang selain mempromosikan kultus individu dengan mengorbankan masyarakat, juga membantu untuk mempertahankan ideologi konsumerisme. Keempat adalah mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika, yang dapat mendelegitimasi strategi penelitian bahwa etika forground atau tindakan masyarakat lebih dianggap 'pantas' dalam hal riset tradisional.

    ReplyDelete
  4. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Ideologi pendidikan matematika adalah bagaimana matematika itu diaplikasikan/ diterapkan dalam kehidupan. Pendidikan matematika tidak sekedar mengotak atik angka dan menghitung-hitung, bukan sekedar rumus dan hitungan, tapi pendidikan matematika adalah bagaimana matematika itu mampu menyelesaikan persoalan di kehidupan. Maka penting belajar matematika kontekstual dengan konstruktivisme untuk membuat pemahaman siswa dan perkembangan kemampuannya untuk berinovasi. Itulah ideologi pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  5. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Ideologi merupakan suatu gagasan, konsep dasar, ataupun cita-cita. Maka sebuah ideologi dalam pendidikan matematika tentu akan mempengaruhi implementasi matematika itu sendiri dalam proses pencapaian tujuan. Seperti yang dikatakan elegi di atas, perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah dan dalam hal ini biasanya diatur pemerintah dalam bentuk kebijakan-kebijakan. Maka sebelum membuat kebijakan mengenai pendidikan matematika harus berasal dari orang-orang yang memahaminya atau pihak pemerintah yang memahami secara mendalam tentang pendidikan dan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  6. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B
    Dari elegi di atas diperoleh bahwa ideologi pendidikan matematika mencakup sistem kepercayaan terhadap bagaimana pendidikan matematika dilaksanakan. Ideologi pendidikan matematika mencangkup radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan dan proses kegiatan belajar matematika.

    ReplyDelete
  7. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Ideologi merupakan pandangan kehidupan yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan kehidupan. Ideologi merupakan pemikiran mendasar dalam diri manusia. Dari pemikiran mendasar inilah, sebuah ideologi memancarkan aturan kehidupan yang mengatur seluruh hidup manusia baik dalam sistem ekonomi, politik, pendidikan, budaya, dll. Adapun di dunia, ideologi terbagi menjadi 3 yaitu ideologi kapitalisme, sosialisme, dan islam. Ideologi ini masing2 memiliki ciri yang khas dalam kehidupan. Ideologi kapitalisme dengan unsur manfaat dalam menilai perbuatan, ideologi komunis dengan menilai perbuatan dengan unsur materi, dan ideologi islam yang memandang penerapan sistem kehidupan adalah wujud untuk mendapatkan keridho’an-Nya.
    Adapun dalam matematika, masing-masing memiliki perbedaan dalam membangun dan mengatur pengetahuan, pengajaran, pembelajaran dan sekolah. Dari perbedaan itulah kita bisa saling membandingkan dan mengambil setiap perbedaan tersebut sebagai tempat untuk memperbaiki kekurangan dalam proses pembelajaran tersebut.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  8. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Menurut Muthahhari, sebuah ideologi yang dapat dipahami secara logis, seperti halnya agama, memerlukan definisi intelektual maupun batasan filosofis. Ideologi, seperti halnya agama, mensyaratkan adanya perspektif universal yang didasarkan pada logika dan wawasan khusus, yang juga harus didukung oleh argumentasi sistematis tentang dunia dan alam. Agama memberikan kekuatan kepada ideologi untuk menciptakan kasih sayang dan cinta terhadap tujuan-tujuan yang lebih tinggi dibanding tujuan-tujuan individualistik saja, tujuan yang bersifat material yang selama ini banyak kita temukan pada mazhab pemikiran modern seperti halnya eksistensialisme (aliran filsafat yang pahamnya berpusat pada individu yang bertanggung jawab atas kehendak bebasnya tanpa mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak benar.
    Menurut agus dalam makalahnya Ideologi dan teori perry, filsafat pendidikan matematika meliputi beberapa masalah inti pendidikan matematika mengenai ideologi, landasan, dan tujuannya. Dalam perspektif yang lebih umum, dapat dikatakan bahwa filosofi pendidikan matematika bertujuan menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang status dan dasar objek dan metode pendidikan matematika.
    Ideologi pendidikan matematika mengemukakan tentang bagaimana pendidikan matematika dapat diimplementasikan baik secara radikal, konservatif, liberal ,dan demokrasi. Dasar pendidikan matematika menyediakan pembenaran mendapatkan status dan dasar dalam kasus ontologi, epistemologi dan aksiologi.
    Matematika terdiri dari ide-ide pemikiran yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Sedangkan matematika sekolah lebih menekankan pada Matematika sebagai kegiatan mencari pola dan hubungan. Matematika adalah kegiatan kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan; Matematika sebagai sarana pemecahan masalah. Matematika sebagai sarana mengkomunikasikan informasi atau ide.

    ReplyDelete
  9. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Ideologi sebagai rangkaian terdiri keyakinan yang beroperasi pada berbagai tingkat dan dalam berbagai konteks dengan beberapa lapisan pemaknaan. Jadi Ideologi pendidikan matematika dapat diartikan suatu proses yang yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan kemampuan dengan menggunakan sebuah konsep di dalam matematika agar dapat memecahkan masalah. Dari elegi diatas ada empat efek komponen ideologi yaitu pertama, ada konseptualisasi pengetahuan. Kedua, ada ideologi progresivisme dengan fetishization. Ketiga, ada komponen lanjut individualisme dan ideologi konsumerisme. Keempat adalah mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  10. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    First, there is the reconceptualization of knowledge and the impact of the ethos of managerialism in the commodification and fetishization of knowledge. Second, there is the ideology of progressivism with its fetishization of the idea of progress. Third, there is the further component of individualism which in addition to promoting the cult of the individual at the expense of the community, also helps to sustain the ideology of consumerism. Fourth is the myth of the universal standards in mathematics education research, which can delegitimate research strategies that forground ethics or community action more than is considered ‘seemly’ in traditional research terms. empat komponen pengaruh ideologi terhadap pendidikan amatematika yang dikemukakan oleh ernest. Pertama, ada rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak dari etos manajerialisme dalam komodifikasi dan fetishization pengetahuan. Kedua, ada ideologi progresivisme dengan fetishization atas gagasan kemajuan. Ketiga, ada komponen lebih lanjut dari individualisme. Keempat adalah mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  11. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    pendidikan matematika c 2013

    filsafat pendidikan matematika daalah yang meliputi libeal, demokrasi, sosialis, radical. konservativ, indonesia memiliki filsafat pendidikan demokrasi pancasilais, tapi saya pengen memiliki filsafat pendidikan konservativ demokratis pancasilais untuk menghormati perjuangan-perjuangan para pahlawan dan founding father kita yang teah mmeperjuang kan kemerdekaan indonesia yaitu dengna menjaga buday yang ada di indonesia yan telah diangung beribu-ribbu tahun lamanya. filsafat pendidikan matematika akan memepnagruhi metode, pndekatan prosesp pengajaran, proses pebelajaran, media yang dignakan dan apapun yang berkaitan dengan pendidikan.

    ReplyDelete
  12. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    In my opinion, all country in the world must have their own ideology, include Indonesia. If they have their won ideology, then mathematics also has its own ideology. I agree that the differences of the ideology of mathematics education may lead the differences on how to develop and manage the knowledge, teaching, learning, and schooling. Well, of course there are different of mathematics ideology if that country doesn't have similar ideology. And than can influence how learning progress is. Of course, ideology of mathematics education in Indonesia and ideology of mathematics education in Japan is different because they also have different ideology. So, ideology of country can influence ideology of mathematics education. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  13. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Kita mengetahui dan mengerti berbagai macam ideologi yang dianut oleh suatu negara. Di pendidikan matematika terdapat ideologi terkait dengan pendidikan matematika.Ideologi matematika itu penting karena dapat menjadi dasar untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dan penerapannya.Misalnya, implementasi pendidikan matematika, pengajaran, pengembangan, dan lainnya.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete

  14. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Saya dapat menyimpulkan bahwa Ideologi pendidikan matematika meliputi sistem kepercayaan cara pendidikan matematika diimplementasikan meliputi radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi. Ada efek ideologis dalam pendidikan matematika. Perbedaan ideologi akan berdampak pada metode dan cara pembelajaran yang digunakan oleh pendidikan .

    ReplyDelete
  15. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Pertama, ada konseptualisasi pengetahuan dan dampak dari etos manajerialisme dalam komodifikasi dan pengetahuan yang tidak rasional. Kedua, ada ideologi progresivisme dengan berlebihan atau tidak rasional atas gagasan kemajuan. Ketiga, ada komponen lanjut individualisme selain mempromosikan kultus individu dengan mengorbankan masyarakat, juga membantu untuk mempertahankan ideologi konsumerisme. Keempat adalah mitos standar universal dalam penelitian pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  16. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Tujuan pendidikan matematika di dunia tidak terlepas dari teori pendidikan yang melatar belakanginya. Paul Ernest, seorang ilmuan, menyatakan dalam peta pendidikan yang dibuatnya, bahwa terdapat lima ideologi dalam pendidikan matematika meliputi industrial trainer (diusung kaum industrialis), technological pragmatist, old humanist, pendidikan progresif dan pendidikan untuk semua (education for all; dalam referensi lain disebut sebagai public educator).

    ReplyDelete
  17. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Ideologi pendidikan matematika diperlukan untuk memberikan batasan, memberikan aturan, memberikan pedoman dan memberikan arah bagaimana matematika dapat diterapkan atau diaplikasikan dalam mematahkan masalah kehidupan yang relevan dengan teori matematika itu sendiri. kemudian didalam ideologi matematika itu sendiri terdapat sistem kepercayaan cara pendidikan matematika diimplementasikan meliputi radikal, konservatif, liberal, dan demokrasi.

    ReplyDelete
  18. Ideologi pendidikan matematika diperlukan untuk memberikan batasan, memberikan aturan, memberikan pedoman dan memberikan arah bagaimana matematika dapat diterapkan atau diaplikasikan dalam mematahkan masalah kehidupan yang relevan dengan teori matematika itu sendiri. kemudian didalam ideologi matematika itu sendiri terdapat sistem kepercayaan cara pendidikan matematika yang diimplementasikan meliputi radikal, konservatif, liberal, dan demkrasi. Dan ideologi ini juga memunculkan kontradiksi kontradiksi yang terdapat pada proses penyampaian atau belajar matematika.

    ReplyDelete
  19. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ideologi pendidikan matematika mencakup radikal , konservatif , liberal , dan demokrasi . Perbedaan ideologi pendidikan matematika dapat menyebabkan perbedaan tentang bagaimana mengembangkan dan mengelola pengetahuan , pengajaran, pembelajaran , dan sekolah . Ernest , P ( 2007) mengeksplorasi beberapa cara di mana globalisasi dan pengetahuan berdampak terhadap pendidikan matematika . Dia telah mengidentifikasi empat komponen dari efek ideologis untuk pendidikan matematika . Dalam kebanyakan situasi belajar kita prihatin dengan aktivitas yang terjadi selama periode waktu; perwakilan pemerintah mungkin memahami matematika dalam hal bagaimana mungkin dipartisi untuk tujuan pengujian ( Brown , T , 1994) .

    ReplyDelete
  20. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Ideologi pendidikan matematika merupakan suatu pandangan tentang bagaimana matematika dikembangkan dan diterapkan. Sehingga perbedaan ideologi akan mempengaruhi pengembangan dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  21. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs PEndidikan Matematika B 2016

    dalam menjalani segala kehidupan tentu harus memiliki idiologi agar hidup kita memiliki visi misi yang jelas sehingga tujuan hidup dapat tercapai, begitu pula dalam pendidikan matematika kita akan mengenal ideologi pendidikan matematika. Ideologi Pendidikan matematika adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mendapatkan kemampuan atau keterampilan dalam mengorganisasikan bilangan atau simbol secara terstruktur berdasarkan aturan dan teori yang sudah didefinisikan secara jelas sehingga dapat diperoleh hasil yang benar dan dapat diterapkan dalam kehidupannya. Ideologi pendidikan matematika memiliki beberapa kepercayaan dalam pengimplementasiannya. sehingga dengan kita menentukan ideologi pendidikan matematika kita sendiri maka kita akan merasa kenapa kita berpikir, untuk apa kita berpikir, dan bagaimana kita berpikir dalam kontek ini adalah tentang matematika.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id