Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas 29: Tasyakuran Ke Dua (Proyek Syurga)




Oleh Marsigit

Bagawat Selatan:

Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh, selamat datang Ustad Jalaludin Rakhmat...silahkan duduk dulu sambil minum teh ala kadarnya. Alhamdulillah pada hari ini pesertanya bertambah banyak karena murid-muridku juga pada datang.

Jalaludin Rakhmat:
Waalaikumsalam Warakhmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah...amin

Bagawat Selatan:
Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Hadhlirin hadhlirot yang saya hormati, saya mengucapkan puji syukur karena pada hari ini Ustad kita, Bapak Jalaludin Rakhmat sudah hadir ditengah-tengah kita, dan beliau berkenan memberikan tausiahnya meneruskan tema pada Tasyakuran Spiritual Pertama minggu yang lalu, yaitu Membangun Proyek Menghuni Syurga. Marilah kita dengarkan bersama-sama.

Jalaludin Rakhmat:
Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh. Audzhubilah Himi-nassyaeton nirojim Bismillah Hiro-khman Nirokahim. Alhamdulillah hirabbil alamin. Wasalatu Wasa-lamu Ala Asrofil Ambyai Warmu-salin Syayidina muhammadin wa-ala alihi wasyohbihi ajma’in. Yang saya hormati shohibul hajat Sang Bagawat Selatan beserta keluarga besarnya. Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan masryiral muslimin yang berbahagia. Pertama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadhirat Allah SWT yang telah memberi dan melimpahkan karunia Nya kepada kita semua sehingga pada saat yang berbahagia ini kita bisa berkumpul untuk mengadakan silakhturakhim spiritual. Salawat dan salam kita haturkan kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, tabiit, tabiin, yang memberi syafaat di hari akhir. Alhamdulillah wasyukurilah saya masih bisa menemui Bapak dan Ibu semua pada hari ini untuk membahas perihal Membangun Proyek Menghuni Syurga. Minggu yang lalu kita sudah sampai butir kesepuluh, maka pada hari ini uraian saya akan saya mulai pada butir sebelas. InsyaAllah, agar kita kelak dapat menjadi penghuni syurga maka kita perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

Sebelas: Tidak Membongkar Aib Orang Beriman
Rasulullah SAW bersabda:”Janganlah kamu menyebarkan aib orang beriman. Karena, barang siapa yang menyebarkan aib orang mukmin, Allahpun akan menyebarkan aibnya; dan barang siapa yang Allah buka aibnya, Allah akan mempermalukan walaupun dia berada di rumah sendiri”

Duabelas: Selalu Mulai Dengan Salam
Nabi SAW bersabda:”Manusia yang paling bakhil adalah orang yang melewati orang Islam dan tidak mengucapkan salam kepadanya”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Barang siapa yang memulai bicara sebelum salam, jangan jawab pembicaraannya”

Tigabelas: Selalu Belajar dan Bertanya tentang Sesuatu yang tidak Diketahui
Rasullulah SAW bersabda:”Bagi pencari ilmu syafaat seperti syafaatnya para nabi. Baginya seribu istana emas di syurga”. Ia juga bersabda:”Pencari ilmu dicintai Allah, dicintai malaikat, dan dicintai para nabi”. Ia juga bersabda:”Wahai Abu Dzar, jika engkau duduk satu saat mempelajari ilmu, itu lebih baik bagimu daripada ibadat satu tahun”

Empatbelas: Melakukan Amar Makruf Nahi Munkar
Imam Ali As berata:”Tidak halal mata mukmin melihat orang melakukan kemaksiatan kepada Allah kemudian mengedipkannya tanpa mengubahnya”. Ia juga berkata:”Janganlah kamu meninggalkan amar makruf nahi munkar. Kalau kamu meninggalkannya, orang yang paling jahat di antara kamu akan mengasai urusanmu. Jika setelah itu kamu berdoa, doa kamu tidak dikabulkan”

Limabelas: Tidak Marah Kecuali Karena Allah
Imam Ja’far Al-Shadiq As. berkata:”Marah adalah kunci dari segala dosa”

Enambelas: Tidak Menyia-nyiakan Waktunya untuk Sesuatu yang tidak Bermanfaat
Rasulullah SAW bersabda:”Sesungguhnya para penghuni syurga tidak pernahmenyesali sesuatu yang hilang dari dunianya seperti penyesalan mereka karena lewatnya satu saat tanpa ada zikir kepada Allah di dalamnya”. Diriwayatkan juga:”Manfaatkanlah yang lima sebelum yang lima: kekayaanmu sebelum kemiskinanmu, sehatmu sebelum sakitmu, kesantaianmu sebelum kesibukanmu, mudamu sebelum tuamu, dan kehidupanmu sebelum kematianmu”

Tujuhbelas: Melakukan Salat Malam
Abu Abdillah As berkata:”Salat malam mencerahkan wajah, salat malam memperindah malam, salat malam menarik rezeki”. Ali bin Husain As ditanya:”Mengapa orang yang tahajud di malam hari memiliki wajah yang paling indah?” Ia berkata:”Karena mereka berduaan dengan Allah, dan Allah menutup mereka dengan cahaya-Nya”.

Delapanbelas: Menjadi Teladan dalam Akhlak yang Terpuji di Rumah, di Jalan, dan di Pekerjaan
Rasulullah SAW bersabda:”Tidak ada amal yang paling utama dalam timbangan seseorang pada hari kiamat selain akhlak yang baik”. Ia juga bersabda:”Yang paling banyak memasukkan umatku ke surga adalah bertakwa kepada Allah dan berakhlak baik”

Sembilanbelas: Menghadiri Majelis Zikir dan Majelis Husainiayah
Rasulullah SAW bersabda:”Bergegaslah kamu ke taman-tamannya surga”. Ia ditanya:”Apakah taman-taman surga itu?”. Ia bersabda:”Tempat-tempat orang berkumpul untuk berzikir”

Duapuluh: Memelihara Pandangan dari Apa yang Diharamkan Allah
Rasulullah SAW bersabda:”Memandang adalah sebagian dari anak panah iblis. Betapa banyaknya pandangan sekilas menimbulan derita berkepanjangan”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Siapa yang memenuhi kedua matanya dengan pandangan yang haram, Allah akan memenuhi kedua matanya dengan api neraka kecuali jika ia bertaubat dan kembali kapada Tuhan”

Duapuluhsatu: Memiliki Kecemburuan pada Agamanya dan Isterinya
Diriwayatkan dalam hadis:”Sesungguhnya Allah itu Maha Pencemburu dan mencintai setiap Pencemburu”

Duapuluhdua: Bagi Perempuan, Memakai Hijab Secara Sempurna, tidak Menampakkan Selembar Rambut pun dengan Sengaja dan Tidak Berhias untuk Orang Lain Selain Suaminya.
Rasulullah SAW berkata pada Sayyidah Fathimah Azzahra As:”Adapun perempuan yang digantung pada rambutnya itulah perempuan yang tidak menutup rambutnya dari laki-laki bukan suaminya. Adapun perempuan yang memakan daging tubuhnya adalah perempuan yang berhias untuk selain suaminya”


Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada Pengajian Akbar Tasyakuran Spiritual Kedua. Sekalai lagi jika ada kekurangannya saya mohon maaf. Seperti biasa marilah kita tutup dengan doa: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Ya Allah, limahkanlah shalawat yang paling utama kepada makhluk-Mu yang paling bahagia ibarat ibarat matahari di waktu dhuha Sayyidina Muhammad dan keluarga serta para sahabatnya dan berilah salam sebanyak pengetahuan-Mu dan sebanyak tulisan kalimat-Mu, setiapkali engkau diingat oleh orang-orang yang mengingat-Mu dan setiap kali orang-orang yang lalai lupa menyebut nama-Mu. Amin..amin..ya robbul alamin. Sekian. InsyaAllah minggu depan kita lanjutkan lagi. Wasalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh.

Referensi:
Jalaluddin Rakhmat: Meraih Cinta Ilahi-Pencerahan Sufistik, Bandung: Rosda

74 comments:

  1. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Untuk menjadi penghuni surga bukanlah hal yang mudah, Karena jalan ke surga adalah jalan yang sulit, yang tidak mudah untuk dilalui karena ada berbagai macam syarat yang harus dipenuhi,karena itu kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan dan melapangkan jalan kita ke surga, kita tidak boleh berleha-leha karena hanya dengan menyiakan-nyiakan waktu saja sudah menjadi salah satu penghalang bagi kita untuk menjadi penghuni surga.

    ReplyDelete
  2. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Untuk menjadi penghuni surga dapat dikatakan sulit tapi mudah. Sulit ketika semuanya dilakukan secara terpaksa dan belum ikhlas seutuhnya. Namun, ketika hati dan ilmu yang didapatkan sudah ter-mainset dengan mantap maka manusia akan berusaha untuk mencapai itu semua. Karena kecintaanya kepada Allah SWT. Namun, saya hanyalah hamba Allah yang penuh dengan dosa. Saya masih berusaha untuk memperbaiki diri dan ingin menjadi penghuni surga dan akan terus bertahap dalam mengusahakannya.

    ReplyDelete
  3. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Jika ingin memperoleh surga Allah, kita juga harus mendekatkan diri kepada Allah. Memperbanyak dzikir kepada Allah, dan memperbanyak amal sholeh, agar Allah menyayangi kita dan membukakan pintu surga-Nya untuk kita. Nikmat di dunia memang terkadang membuat manusia akan lupa bahwa kehidupan di dunia itu suatu saat akan berakhir. Tetapi sebagai hamba Allah yang merindukan surga hendaknya selalu mengingat bahwa masih ada kehidupan akherat yang lebih kekal.

    ReplyDelete
  4. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Surga merupakan tempat terbaik. Elegi ritual ikhlas 28 dan 29 menyebutkan amalan-amalan yang dapat kita lakukan untuk dapat menghuni surga sekaligus mengajak kita untuk introspeksi diri sudah sejauh mana amalam-amalan yang telah kita siapkan. Banyak sekali amalan yang dapat kita lakukan, maka kita perlu terus menerus mendalami ilmu agama agar dapat meningkatkan kualitas ibadah dan menggapai surga-Nya.

    ReplyDelete
  5. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP/B
    When we talk about heaven, people should understand the evil free place. readind the elegi, i agree on the following components, 12. greeting is very important to pay respect to whoever we want to talk to, 13. having the habit of reading and asking where you get confused because people who are always in searching of new knowledge are preferred by God rather than the lazy. 15. it is not good to get angry suddenly because sadness is the promotion of sins, 16. wasting time or killing it is disliked by God because, people who do not want to work, they always get attacked by evil.

    ReplyDelete
  6. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Salah satu membangun proyek menghuni syurga adalah dengan Memelihara Pandangan dari Apa yang Diharamkan Allah. Menjaga pandangan mata dari memandang hal-hal yang diharamkan oleh Allah merupakan akhlak yang mulia, bahkan Rasulullah menjamin masuk surga bagi orang-orang yang salah satu dari sifat-sifat mereka adalah menjaga pandangan. Kita tahu bahwa menjaga pandangan dari hal-hal yang dilarang memang perkara yang sangat sulit apalagi di zaman sekarang ini. Hal-hal yang diharamkan untuk dipandang hampir ada disetiap tempat, di pasar, di rumah sakit, di pesawat, bahkan di tempat-tempat ibadah, maka hendaknya kita bertaubat agar mendapatkan ampunanNya setelah kita berikhtiar untuk menjaga pandangan, untuk menuju surgaNya

    ReplyDelete
  7. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Kelanjutan dari tasyakuran sebelumnya, selain sebagai bentuk syukur atas rahmatNya tetapi juga sebagai peringatan bagi sesama dalam bentuk ceramah agama yang temanya masih cara agar lebih dekat dengan surga. Adapun cara-caraya yakni tidak membongkar aib orang beriman, selalu memulai pembicaraan dengan salam, selalu bertanya dan belajar tentang sesuatu yang belum diketahui, selalu berbuat kebaika, sholat alam, tidak mudah marah, menutup aurat dengan benar, memeihara pandangan, menjadai teladah akhlak karimah, memiliki kecemburuan pada agama dan pasangan, dan menghadiri majelis dzikir.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Elegi ini melanjutkan elegi sebelumnya, masih tentang proyek menuju Syurga;
    (11) tidak membongkar aib orang beriman
    (12) Selalu mulai dengan senyum
    (13) Selalu belajar dan bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui
    (14) Melakukan amr ma’ruf nahi mungkar
    (15) Tidak marah kecuali karena Allah
    (16) Tidak menyia-nyiakan waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat
    (17) Melakukan shalat malam
    (18) Menjadi Teladan dalam Akhlak yang Terpuji di Rumah, di Jalan, dan di Pekerjaan
    (19) Menghadiri Majelis Zikir dan Majelis Husainiayah
    (20) Memelihara Pandangan dari Apa yang Diharamkan Allah
    (21) Memiliki kecemburuan pada agama dan isterinya
    (22) Bagi Perempuan, Memakai Hijab Secara Sempurna, tidak Menampakkan Selembar Rambut pun dengan Sengaja dan Tidak Berhias untuk Orang Lain Selain Suaminya

    ReplyDelete
  9. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam tasyakuran kedua ini salah satunya menjelaskan untuk tidak saling membongkar aib, apa lagi itu merupakan aibnya orang-orang yang beriman. Dari aib tersebut bukan hanya menjelek-jelekan orang yang kita ceritakan tetapi sebenarnya justru menjelaskan ketidak mampuan kita untuk menjaga suatu amanah baik itu di sampaikan untuk dijaga atau tidak amanah tersebut. dan ketika amanah telah terlalaikan maka sesungguhnya kita termasuk kedala orang-orang yang munafik.

    ReplyDelete
  10. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Sesungguhnya Allah punya minuman untuk para kekasih-Nya. Saat mereka meminumnya, mereka mabuk. Saat mereka mabuk, mereka gembira. Saat mereka gembira mereka merasakan kelezatan. Saat mereka merasakan kelezatan mereka mencair. Saat mereka mencair, mereka menjadi murni. Saat mereka menjadi murni, mereka mencari. Saat mereka mencari, mereka mendapati. Saat mereka mendapati, mereka sampai. Saat mereka sampai mereka terhubung. Saat mereka terhubung, maka tidak ada lagi perbedaan antara mereka dengan Kekasihnya. (Haidar Amuli, Jami al-Asrar, hal. 205)
    Dalam doa Kumail Imam Ali as berkata, “Oh Tuhanku, Tuanku, Pelindung-Ku, Pemeliharaku, mungkin aku dapat bersabar menanggung siksa-Mu, namun bagaimana mungkin aku mampu bersabar berpisah dari-Mu.”
    Dalam munajat para pencinta (salah satu dari 15 munajat Imam Ali Zainal Abidin) dikatakan, “Wahai yang cahaya kesucian-Nya bersinar dalam pandangan para pencinta-Nya, wahai Yang Kesucian wajah-Nya membahagiakan hati para pengenal-Nya.”
    Masih dalam munajat yang sama dikatakan, “Ya Allah, jadikan kami di antara orang yang Engkau pilih untuk menjadi pendamping dan kekasih-Mu, yang Engkau ikhlaskan untuk memperoleh cinta dan kasih-Mu.”
    Dalam Munajat orang yang takut kepada Allah Swt dikatak, “Ya Allah, apakah Engkau akan menyiksaku setelah aku beriman kepada-Mu, apakah Engkau akan menjauhiku setelah aku mencintai-Mu?
    Dalam munajat para pencinta Allah Swt dikatakan, “Ya Allah, jadikan kami di antara orang yang Engkau rindukan untuk datang menemui-Mu, yang Engkau anugerahkan (kebahagiaan) melihat wajah-Mu, yang Engkau pilih untuk menyaksikan-Mu.”

    ReplyDelete
  11. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Setiap orang yang beriman memiliki keinginan agar kelak ditempatkan surga karena surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan oleh Allah SWT sebagai balasan dari amal dan perbuatan baik manusia. Kehidupan manusia di dunia hanyalah semntara sedangkan kehidupan di akhirat kelak ialah kekal. Maka manusia diciptakan tidak lain hanya untuk menyembah dan beribadah kepada Allah SWT semata. Amalan dan ibadah manusia yang kelak akan membawa manusia ke surga ialah seperti beberapa amalan-amalan yang diuraikan di dalam elegi ini. hendaknya amalan-amalan tersebut dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan. Semoga kita semua kelak dapat menjadi penghuni surga-Nya. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016
    Dalam sebuah tasyakuran kita akan memperoleh sesuatu yang berharga untuk bekal-bekal ketika kita menuju kehidupan akhirat karena dalam menggapai ilmu yang tadinya bukan hanya di cari di tempat-tempat yang formal seperti sekolah, kampus dan lain sebagainya tetapi juga pada kegiatan-kegiatan tasyakuran yang sekali lagi kembali mengingatkan kita untuk terus berpikir dan menjernihkan hati kita untuk menuju ke kehidupan yang lebih baik, baik itu hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

    ReplyDelete
  13. 16701251016
    PEP B S2

    Surga adalah kelak cita cita senua insan manusia. Ubtuk meraihnya tidak semata mata berbuat semaunya. Ada batasan, ada larangan, ada anjuran, dan ada syarat yang harus d penuhi itu adalah mutlak. Tersebut dalam elegi ini adalah sebagian kecil syarat yang harus dipenuhi, jija tidak bisa dikatakan surga pun akan jauh. Taman surga dalan dunia ini adalah tempat berdzikir, mengharap ridho ke pada Tuhan bahwasanya segalanya hanyalah ibadah untuk meraih tiket surga yang ada.
    Dalam hidup, untuk naik kereta apu eksekutif dengan fasilitas baik pun harganya lebih mahal dari pada tiket ekonomi. Begitu pula kita yang hidup didunia bekal yang harus di siapkan adalah banyak, baik karena surga adalah sebuah eksekutif akhirat yang kekal sebenarnya

    ReplyDelete
  14. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Untuk mencapai surga, maka hal yang harus kita lakukan adalah melakukan setiap perintah Tuhan dan menjauhui segala larangan-Nya. Karena dengan begitu, maka kita akan merasakan surga itu sendiri meski kita belum merasakan surga yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  15. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Ada beberapa hal lagi yang menjadikan proyek kita masuk surga. Semua itu dalam rangka untuk diri sendiri. Allah tidak akan menciptakan manusia jika tidak ada tujuannya. Kita harus berusaha memperbaiki diri, dimulai dari memperbaiki shalat, sehingga terciptanya shalat malam, shalat sunnah dan shalat lainnya. Dan banyak lagi yang tidak sadar telah keluar dari ajaran Islam, sebagai umat muslim, kita wajib mengikuti ajaran Al-Quran dan As-Sunnah.

    ReplyDelete
  16. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    syarat masuk surga yang ke Duapuluhdua: Bagi Perempuan, Memakai Hijab Secara Sempurna, tidak Menampakkan Selembar Rambut pun dengan Sengaja dan Tidak Berhias untuk Orang Lain Selain Suaminya.
    Rasulullah SAW berkata pada Sayyidah Fathimah Azzahra As:”Adapun perempuan yang digantung pada rambutnya itulah perempuan yang tidak menutup rambutnya dari laki-laki bukan suaminya. Adapun perempuan yang memakan daging tubuhnya adalah perempuan yang berhias untuk selain suaminya”
    ternyta hal sepele seperti ini sangat berat hukumannya bagi kita, tapi seringkali kita langgar atau abaikan. semoga kita diberikan hidyah unutk selalu melaksanakan perintah Nya.

    ReplyDelete
  17. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematka c 2013

    lanjutan pengajian beisi tentang akhlak, bagaiman kita harus memulai dengan salam, dengan basamalah, manusi harus bisa menahan amarah emsosi karena manusi yang paling kuat adalah manusi yang bisa megendalikan marahnya.bagaiam seorang wanita harusu bisa menjaga auratnya, dengan berhijab, selalu bertanya, karena bratanya dalah pintu dari ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. Amalan-amalan yang dapat kita lakukan untuk menjadi penghuni surga sekaligus mengajak kita untuk introspeksi diri sudah sejauh mana amalam-amalan yang telah kita siapkan untuk kehidupan akhirat. Allah telah menjanjikan syurga untuk hambaNya yang menjauhi laranganNya dan menjalankan perinyahNya sesuai Al-Qur’an dan Hadist.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  19. Marah adalah kunci dari segala dosa. Memang, bila dikaji lebih dalam, amarah adalah perbuatan sia-sia yang sesaat meledak-ledak, setelah itu ada penyesalan mendalam. amarah yang hanya beberapa menit menjadi penyesalan berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Tapi bukankah amarah itu ada pada setiap insan dan selalu melekat?. Mungkin pada bagaimana mengelola amarah itu. Karena karakter setiap orang berbeda. Adakah formula untuk mengelola amarah?

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Setelah membaca elegi ini saya dapat mengetahui bahwa selain wajib menjalankan ibadah wajib, umat beragama islam tidak boleh lupa bahwa untuk menjalankan ibadah sunah. Ibadah sunah dapat menjadi bekal untuk kehidupan akhirat kelak. Jadi, apapun ibadah yang kita lakukan baik sunah atau wajib, harus dengan sepenuh hati.

    ReplyDelete
  21. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Sungguh artikel yang sangat menarik untuk di amalkan. Tentunya semua orang ingin masuk syurga. Namun kebanyakan orang hanya ingin masuk surga saja tanpa melakukan usaha-usaha dan ikhtiar di dalamnya. Oleh karena itu artikel ini sangatlah menarik, dimana terdapat clue yang dapat membawa kita semakin mendekat ke surganya Allah SWT. Semoga bacaan ini dapat membawa berkah bagi yang membaca maupun yang menuliskan artikel ini. Amin ya Robbal Alamin.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  22. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Rasulullah Bersabda bahwa pada akhirnya semua orang akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Nah dalam hal ini ternyata semua orang berhak masuk surga, namun banyak juga orang yang tidak mau, siapakah orang yang tidak mau masuk surga, yakni orang-orang yang tidak mau mengamalkan perintah-perintah Allah SWT, mereka selalu melanggar aturan-aturan Allah mari kita berdoa moga-moga kita masuk kedalam golongan yang pantas masuk di surganya Allah SWT. Amin ya Robbal Alamin.


    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  23. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Elegi Ritual Ikhlas 29 merupakan kelanjutan dari poin pada Elegi sebelumnya. Elegi ini juga memberikan penjelasan seperti halnya elegi sebelumnya terkait dengan jalan untuk menuju surga. Belajar untuk mematuhi beberapa dari jalan itu, hingga pada akhirnya kita menjadi manusia yang dapat menjalankan segala sesuatu dengan baik lillahi ta’ala. Semoga kita selalu mendapat ridho dari Allah SWT dan diberi kekuatan untuk menjalankan perintah-perintah-Nya.

    ReplyDelete
  24. Fajar Yanuar
    13301244021
    Pend. Matematika C 2013

    Melanjutkan tasyakuran pertama. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menggapai surga adalah tidak membongkar aib orang beriman, selalu mulai dengan salam, selalu belajar dan bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui, melakukan amar makruf nahi munkar, tidak marah kecuali karena Allah, tidak menyia-nyiakan waktunya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, melakukan shalat malam, menjadi teladan dalam akhlak yang terpuji, menghadiri majelis dzikir, memelihara pandangan dari apa yang diharamkan Allah.

    ReplyDelete
  25. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Jalan menuju surgaNya Allah SWT sangatlah banyak sekali. Amalan-amalan tersebut haruslah kita laksanakan dengan ikhlas dan penuh kerendahan hati tanpa ada tujuan sombong pada orang lain. Semua mengharapkan ridho Allah SWT. Contoh-contoh itu haruslah banyak-banyak kita amalkan agar kita bisa meraihnya.

    ReplyDelete
  26. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Elegi di atas merupakan kelanjutan dari elegi Proyek Syurga yang pertama. dalam elegi Ritual Ikhlas 29: Tasyakuran Ke Dua (Proyek Syurga) ini ada hal yang masih sering saya lupakan yaitu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Sering kali saya tidak menggunakan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat ketika sehat atau saat sedang memiliki waktu luang. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa saya. saya masih belajar dan berusaha untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih ikhlas.

    ReplyDelete
  27. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Salah satu cara untuk masuk surga dari elegi di atas adalah tidak membuka atau membicarakan aib saudaranya ke orang lain. Hal tersebut sejalan sebagaimana dalam Firman Allah, “Dan janganlah kalian saling menggunjing. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Hujurat: 12).

    ReplyDelete
  28. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Begitu baiknya Allah sehingga Beliau selalu membimbing manusia menuju jalan yang benar. Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya dan selalu merahmati hamba-hamba-Nya di setiap langkah dan doa hamba-Nya. Sehingga jika ada yang sering merasa Allah tidak adil, saya rasa itu karena dia belum sepenuhnya dekat dengan Sang Pencipta.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  29. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Orang yang mengajak kepada kebaikan akan mendapat pahala sebesar pahala orang yang mengerjakan ajakannya tanpa dikurangi sedikitpun. Begitu pula orang yang mengajak kepada kesesatan akan mendapat dosa sebesar dosa orang yang mengerjakannya tanpa dikurangi sedikit pun. Tidak diragukan lagi bahwa hadis ini merupakan berita gembira bagi mereka yang suka mengajak orang lain untuk mengerjakan kebaikan, Allah Swt memberikan penghargaan tinggi bagi mereka yang suka mengajak kepada kebaikan.

    ReplyDelete
  30. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Di antara keutamaan amar ma’rûf nahi munkar yaitu:
    a. Termasuk kewajiban paling penting dalam Islam.
    b. Sebagai sebab keutuhan, keselamatan dan kebaikan bagi masyarakat.
    c. Menghidupkan hati.
    d. Sebagai faktor yang bisa mengundang pertolongan, kemuliaan dan kekuasaan di bumi.
    e. Amar ma’rûf nahi munkar termasuk shadaqah.
    f. Menolak marabahaya.
    g. Orang yang mencegah dari perbuatan mungkar akan diselamatkan oleh Allâh Subhanahu wa Ta’ala .
    h. Amar ma’rûf nahi mungkar termasuk sifat-sifat orang mukmin yang shalih.
    i. Amar ma’rûf nahi munkar adalah jihad yang paling utama.
    j. Amar ma’rûf nahi munkar termasuk sebab dosa diampuni.
    k. Amar ma’rûf nahi munkar adalah perkataan yang paling baik dan seutama-utama amal.

    ReplyDelete
  31. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPS PM B 2016

    Elegi di atas masih mengajarkan mengenai amalan-amalan para calon penghuni surga. Masuk surga adalah keinginan setiap umat muslim yang ada di dunia. Tapi untuk mencapai hal tersebut butuh perjuangan, perjuangan dengan segenap hati dan keikhlasan. Sesuatu yang baik memang susah untuk dilakukan, tetapi memberikan dampak yang sangat baik pula. Oleh karena itu, kita sebagai hamba Allah senantiasa untuk terus memperbaiki ibadah dan amalan kita.

    ReplyDelete
  32. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Elegi di atas melengkapi dua elegi sebelumnya mengenai amalan-amalan untuk menggapai surga. Begitu banyak pelajaran mengenai amalan-amalan yang telah dijelaskan. Maka sekarang pilihan ada di tangan kita, apakah kita akan memperbaiki ibadah dan melaksanakan amalan-amalan tersebut ataukah tidak? Setiap pilihan yang kita ambil pasti memiliki resiko. Ketika kita memilih untuk melaksanakan amalan-amalan tersebut maka tetaplah niatkan untuk mengharap ridho Allah bukan semata-mata untuk masuk surga. Karena ketika kita meniatkan segala amal yang kita perbuat karena Allah atau lillahi ta’ala maka surga akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  33. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Elegi ini sebagai pengingat kita tentang amalan-amalan yang dapat membawa kita ke SurgaNya yang kekal nan abadi. Semoga dengan melakukan amalan-amalan tersebut dengan niat semata-mata untuk menggapai ridha Allah SWT, maka Allah akan memudahkan kita untuk menuju SurgaNya.

    ReplyDelete
  34. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Elegi di atas masih tentang mengajarkan amalan yang harus dilakukan untuk dapat meraih surga atau dengan kata lain adalah proyek menjadi penghuni surga. Poin sebelas hingga poin dua puluh dua harus coba kita terapkan. Meskipun awalnya sulit, tapi apabila kita sudah niat dan bertekad untuk melaksanakannya, maka Allah akan memberikan jalan yang mulus.

    ReplyDelete
  35. Elegi tasyakuran proyek syurga 2 ini memberikan penjelasan poin-poin lanjutan yang dapat membuat kita masuk syurga yaitu; tidak membongkar aib orang, selalu mulai dengan salam, belajar dan bertanya tentang yang tidak diketahui, amar ma'ruf nahi mungkar, tidak marah kecuali karena Allah, sholat malam, tidak menyia-nyiakan waktu, berakhlak terpuji, menghadiri majelis dzikir, menjaga pandangan dari yang diharamkan, memiliki kecemburuan terhadap agama dan istrinya, bagi perempuan; mengenakan hijab dengan sempurna dan tidak berhias selain untuk suaminya. Begitu banyak jalan yang Allah berikan agar kita bisa masuk syurga, tinggal kita yang menentukan akan memilih jalan yang mana. Maka jalankan perintah Allah dan jauhilah laranganNya.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  36. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Manusia selain diperintahkan untuk Habluminallah juga diperintahkan untuk ber-habluminannas. Ini menunjukkan kepada kita bahawa jalan menuju ke surga tidak hanya diperoleh melalui hubungan antara manusia dengan Tuhannya, melainkan juga dengan hubungan horizontal yaitu hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Pada tasyakuran kedua ini juga dijelaskan mengenai "selalu belajar dan bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui". Belajar adalah kunci dari kesuksesan. Semakin luas pengetahuan kita, maka kita akan menjadi pribadi yang berkualitas yang mampu memberikan kebermanfaatan yang sebesar-besarnya bagi sebanyak-banyaknya umat. Wallahua’lam..

    ReplyDelete
  37. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P.Mat B 2016

    Elegi diatas membahas tentang amalan-amalan yang dapat kita lakukan untuk untuk menuju syurga-Nya Allah,setidaknya kita bisa mengamalkan sedikit demi sedikit proyek tsb. Mulailah dari yang wajib, jangan sampai kita meninggalkan kewajiban kita kepada Allah, bagaimana dengan yang sunnah jika yang wajibannya saja ditinggalkan. Akan lebih baik lagi, jika kita mengerjakan kedua-duanya untuk bekal di akhirat nanti.

    ReplyDelete
  38. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Emosi adalah salah satu intuisi manusioa. Emosi bermacam macam jenisnya, dan amarah adalah salah satu bagian dari emosi tersebut disisi lain terdapat cinta, kecewa, bahagia, sedih dan sebagainya. Marah atau amarah tidak disarankan atau diperlukan kecuali karena Allah SWT. Benar demikian, karena marah adalah sesuatu yang sesungguhnya merugikan diri sendiri. Segala sesuatu yang terjadi tidak akan menjadi lebih baik karena dengan marah yang menjadi jadi, marah yang tidak beresensi, marah yang diluar akar pikir, dan yang utama marah bukan karenaNya. Marah membelenggu hati dan pikiran manusia yang sebenarnya memberikan akibat buruk. Marah mengubah mindset seseorang yang sedang marah bahwa dirinya benar benar sedang berada pada ujung jurang sehingga tidak bisa membuat dirinya merasa lebih baik dan berpikir jernih. Setelah marah, hanya ada penyeselan dan rasa bersalah yang menghampiri, sedang waktu tidak bisa dikembalikan.

    ReplyDelete
  39. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    "Elegi Ritual Ikhlas 29: Tasyakuran ke Dua (Proyek Surga)", 10 Hal tambahan yang akan membawa kita sebagai penghuni surga Allah adalah tidak membicarakan aib orang beriman, memulai sesuatu dengan salam, selalu belajar, melakukan amal makruf nahi mungkar, tidak marah kecuali karena Allah, tidak menyia-nyiakan waktu, melakukan salat malam, menjadi teladan yang terpuji, menghadiri majelis, memelihara pandangan, memiliki kecemburuan pada agama dan isterinya, serta memakai hijab secara sempurna bagi perempuan, tidak menampakkan selembar rambutpun dengan sengaja dan tidak berhias untuk orang lain selain suaminya. Semoga kita termasuk hamba Allah sebagai penghuni SurgaNya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  40. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Elegi ini merupakan lanjutan dari elegi sebelumnya yang membahas tentang hal-hal yang dapat mengantarkan manusia ke surga. Sepuluh hal telah disampaikan sebelumnya. Dari elegi ini kita bisa mengetahui hal yang dapat mengantarkan manusia ke surga, diantaranya: (11) tidak membongkar aib orang yang beriman, (12) selalu memulai salam jika berpapasan dengan orang islam lain, (13) selalu berlajar dan bertanya tentang apa yang tidak diketahui, (14) melakukan amar makruf nahi munkar, (15) tidak marah kecuali karena Allah, (16) tidak menyia-nyiakan waktu (17) melakukan shalat malam, (18) menjadi teladan dalam berakhlak mulia, (19) menghadiri majlis dzikir, (20) memelihara pandangan dari yang diharamkan, (21) memiliki kecemburuan pada agamanya, (22) memakai hijab dengan sempurna bagi wanita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita semua mampu meraih surga dengan mengupayakan ibadah-ibadah yang telah disebutkan di atas, amin.

      Delete
  41. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Fenomena Aksi Bela Islam yang diawali karena dugaan penistaan agama oleh salah seorang gubernur di negeri ini merupakan salah satu bentuk kecemburuan umat Islam terhadap agamanya. Kecemburuan yang dimaksud di sini adalah perasaan marah karena agama yang sangat agung ini "dihina" oleh orang lain.

    ReplyDelete
  42. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Memakai hijab dengan sempurna adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslimah. Sempurna yang dimaksudkan di sini adalah yang sesuai dengan ketentuan agama, yang juga terdapat di dalam Al-Quran. Memakai hijab bukan hanya mengikuti trend, seperti yang terjadi saat ini. Hijab menjadi sebuah fashion.

    ReplyDelete
  43. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Pada proyek menuju syurga yang kedua ini, kita sebagai muslim yang taat kepada Allah, seharusnya bisa menjalankan amalan-amalan yang dapat membuat kita menuju syurgaNya. Yang pertama, janganlah kita menyebarkan aib orang beriman.kedua, Jika berpapasan dengan sesama muslim, hendaklah mengucapkan salam, karena itu adalah doa untuk keselamatan aku dan kamu. Ketiga, bertanya jika kita tidak mengetahui sesuatu hal, agar kita tidak menjadi orang yang sesat. Keempat, selalu ber amar ma’ruf nahi mungkar, yaitu berlomba-lomba untuk mengajak melakukan kebaikan dan mencegah melakukan kejahatan atau hal yang tidak disukai Allah. Kelima, tidak suka marah. Jika kita lagi marah, posisi kita berdiri, hendaklah kita segera duduk, jika kita sedang duduk, segeralah berbaring, dan jika kita sedang berbaring marah, segeralah mengambil air wudhu.
    Keenam, tidak meghabiskan waktunya untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, karena sangat rugi sekali jika orang-orang menggunakan waktunya untuk yang tidak berguna. Ketujuh, melukakan shalat malam, dengan shalat malam, maka akan bisa mengobati hati kita yang terkadang sering gundah gulana. Kedelapan, menjadikan diri kita sebagai contoh yang baik baik keluarga, masyarakat, dan bangsa. Kesembilan, sering menghadiri acara pengajian agama. Kesepuluh, menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Kesebelas, cemburu atas kebaikan oleh orang lain. Karena dengan cemburu, kita akan selalu melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Termasuk cemburu kepada istri, karena cemburu itu tanda cinta. Dan yang terakhir, untuk para wanita, diwajibkan untuk memakai jilbab, dan bersolek hanya untuk suaminya.

    ReplyDelete
  44. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    Surga yang indah tidak akan didapat dengan jalan yang mudah.. dalam elegi di atas, dijelaskan 12 butir dalam proyek menghuni surga, melanjutkan 10 butir yang sudah dijelaskan dalam elegi ke 28.

    ReplyDelete
  45. KASYIFATUN AENI
    13301241055
    PMA 13

    12 hal yang perlu dilakukan agar kelak dapat menghuni surga adalah tidak membongkat aib orang beriman, selalu memulai dengan salam, selalu belajar dan bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui, melakukan amar makruf nahi munkar, tidak marah kecuali karena Alloh, tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat, melakukan sholat malam, menjadi teladan dalam akhlak terpuji, menghadiri majelis zikir dan husainiyyah, memelihara pandangan dari apa yang diharamkan Alloh, memiliki kecemburuan pada agama dan isterinya, serta bagi perempuan, memakai hijab dengan sempurna, tidak menampakkan selembar rambut pun dengan sengaja dan tidak berhias untuk selain suaminya.

    ReplyDelete
  46. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Rasulullah SAW bersabda:”Janganlah kamu menyebarkan aib orang beriman. Karena, barang siapa yang menyebarkan aib orang mukmin, Allahpun akan menyebarkan aibnya; dan barang siapa yang Allah buka aibnya, Allah akan mempermalukan walaupun dia berada di rumah sendiri”
    Aib, tanpa dibuka oleh pihak lain, Allah telah mengetahui aib orang tersebut, maka tidak perlu kita membuka dan mengumbar orang lain, karena selain akan mempermalukan orang lain juga akan mempermalukan diri kita di hadapan Allah SWT.

    ReplyDelete
  47. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Nabi SAW bersabda:”Manusia yang paling bakhil adalah orang yang melewati orang Islam dan tidak mengucapkan salam kepadanya”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Barang siapa yang memulai bicara sebelum salam, jangan jawab pembicaraannya”
    Mengucapkan salam, juga akan mempererat silahturahmi antar sesama muslim. Oleh karena itu jika melewati sesama mulim kita dianjurkan untuk mengucapkan salam.

    ReplyDelete
  48. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    “Pencari ilmu dicintai Allah, dicintai malaikat, dan dicintai para nabi”
    Semoga melalui kegiatan membaca elegi-elegi ini akan menggugah keinginan tahuan kita akan ilmu filsafat dan Allah SWT menjadikan kita insan dalam golongan yang mencintai ilmu. Amiiiin.

    ReplyDelete
  49. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Imam Ali As berata:”Tidak halal mata mukmin melihat orang melakukan kemaksiatan kepada Allah kemudian mengedipkannya tanpa mengubahnya”.
    Saya teringat dengan penjelasan guru agama saat saya duduk di bangku SMP, saat lelaki melihat sesuatu yang “indah” tetapi itu merupakan maksiat, maka bersyukurlah dengan mengucapkan hamdalah, akan tetapi setelah mengedipkan mata ubahlah hamdalah menjadi mengucap istighfar dan jangan dipandang lagi maksiat itu. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat kepada kita untuk menjaga pandangan kita.

    ReplyDelete
  50. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Imam Ja’far Al-Shadiq As. berkata:”Marah adalah kunci dari segala dosa”.
    Upaya kita menghindari dosa adalah membetengi diri untuk menolak amarah baik dalam hati maupun pikiran kita.

    ReplyDelete
  51. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Rasulullah SAW bersabda:”Sesungguhnya para penghuni syurga tidak pernahmenyesali sesuatu yang hilang dari dunianya seperti penyesalan mereka karena lewatnya satu saat tanpa ada zikir kepada Allah di dalamnya”.
    Astaghfirullahhal’adzim, inilah yang sering terlewat dari aktifitas diri yang lemah ini ya Allah. Untuk melantunkan istighfar dalam setiap aktifitas saja hamba sering kali lupa. Semoga hamba dapat menjadi insan yang lebih baik lagi Ya Allah, yang terus berupaya mengingat Engkau ya Allah di setiap langkah ini, amiiiiiin...

    ReplyDelete
  52. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Abu Abdillah As berkata:”Salat malam mencerahkan wajah, salat malam memperindah malam, salat malam menarik rezeki”.
    Trimkasih Prof. Marsigit, untuk kesekian kalinya elegi Prof.Marsigit memberikan pengarahan kepada pembaca termasuk saya untuk meningkatkan keiklasan untuk beribadah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  53. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PEP Kelas A PPs UNY

    Rasulullah SAW bersabda:”Tidak ada amal yang paling utama dalam timbangan seseorang pada hari kiamat selain akhlak yang baik”. Ia juga bersabda:”Yang paling banyak memasukkan umatku ke surga adalah bertakwa kepada Allah dan berakhlak baik”
    Dari penjelasan di atas, dapat disarikan bahwa ketakwaan dan amal ibadah-lah yang akan mampu menyelamatkan makhluk ke pintu neraka. Maka sebaik-baik makhluk adalah yang selalu meningkatkan taqwa dan akhlak mulia.

    ReplyDelete
  54. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Betapa buruknya kita sebagai manusia. Kita selalu lalai dengan perintah Allah sesungguhnya Allah akan selalu berada dalam diri seseorang yang beriman. Manusia yang dapat menjaga mata, mulut, pikiran dll. Sehingga terhindar dari keburukan yang berkepanjangan di akhir nanti.

    ReplyDelete
  55. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dari sini saya dapat mengambil pelajaran, bahwa kesemunya itu adalah macam-macam akhlakul karimah yang diajarkan oleh Rasulullah. Sungguh akhlakul karimah adalah sebaik-baik penolong untuk diri kita dan mampu menjaga kita di dunia dan InsyaAllah dapat menuntun kita meraih surga Allah Azza wa Jalla.

    ReplyDelete
  56. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Ada dua belas nasehat Jalaludin Rahmat pada tausiyah Elegi Ritual Ikhlas 29: Tasyakuran Ke Dua (Proyek Syurga) diantara: 1) Tidak Membongkar Aib Orang Beriman, 2) Selalu Mulai Dengan Salam, 3) Tigabelas: Selalu Belajar dan Bertanya tentang Sesuatu yang tidak Diketahui, 4) Melakukan Amar Makruf Nahi Munkar, 5) Tidak Marah Kecuali Karena Allah, 6) Tidak Menyia-nyiakan Waktunya untuk Sesuatu yang tidak Bermanfaat, 7) Melakukan Salat Malam, 8) Menjadi Teladan dalam Akhlak yang Terpuji di Rumah, di Jalan, dan di Pekerjaan, 9) Menghadiri Majelis Zikir dan Majelis Husainiayah, 10) Memelihara Pandangan dari Apa yang Diharamkan Allah, 11) Memiliki Kecemburuan pada Agamanya dan Isterinya, dan 12) Bagi Perempuan, Memakai Hijab Secara Sempurna, tidak Menampakkan Selembar Rambut pun dengan Sengaja dan Tidak Berhias untuk Orang Lain Selain Suaminya.

    ReplyDelete
  57. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Dalam hidup, kita terkadang terlupakan dengan aib-aib sendiri yang begitu menggunung karena begitu seringnya memikirkan aib orang lain. Kita juga sering lupa untuk bersyukur bahwa Allah telah menjaga aib-aib kita. Sesungguhnya, manusia bukanlah apa-apa jika semua aibnya dibukakan di depan mata orang lain.

    ReplyDelete
  58. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Islam adalah agama yang sangat indah. Ia mengajarkan umatnya untuk tidak membuka aib orang lain yang hanya akan membuat orang tersebut terhina. Islam memerintahkan umatnya untuk menutupi aib saudaranya sesama muslim.

    ReplyDelete
  59. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Sadar atau tidak, mengucapkan salam sebenarnya merupakan tradisi dari negeri kita, Indnesia. Hampir di setiap daerah mempunyai kebiasaan saling menyapa tetangga ketika berpapasan di luar rumah. Entah sekedar menyebut nama, menanyakan mau kemana, atau sapaan yang lain. Umat muslim, juga mempunyai tradisi mengucapkan salam. Bahkan mengucapkan ‘assalamu’aikum’ ini sangat dianjurkan. Baik itu bertemu dengan orang lain, ataupun sedang bertamu, berpidato, dan mungkin masih banyak lagi aktifitas yang selalu diawali dengan salam ini.

    ReplyDelete
  60. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Salam tidak hanya merekatkan hubungan antar sesama manusia. Dalam Islam, salam merupakan salah satu amalan yang bisa meningkatkan keimanan seseorang. Karena salam pada dasarnya mempunyai makna yang baik seperti doa.

    ReplyDelete
  61. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Adakalanya orang yang melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar memiliki kekuasaan yang ditakuti oleh pelaku kemungkaran dan bisa mengharuskan kebaikan pada orang yang meninggalkan kebaikan. Ruang lingkup dakwah (menyeru manusia ke jalan Allah) lebih luas dari ini, yaitu menjelaskan kepada manusia dan menunjuki mereka kepada kebenaran.

    ReplyDelete
  62. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Jika dijalani dengan penuh ketekunan dan keikhlasan, shalat tahajud niscaya akan memberikan begitu banyak manfaat yangamat berlimpah bagi kita semua. Dalam uraian berikut ini kita akan memetakan tiga diantaranya.Tiga dimensi manfaat yang layak kita resapi dengan penuh kesungguhan dan kelapangan hati.

    ReplyDelete
  63. SUbhanallah....
    Manusia selalu diberikan jalan kemudahan dalam menjalankan kehidupannya sebagai insan yang eprcaya bahwa Alloh maha mengetahui dan maha menyayangi umatnya. Bagi pencari ilmu syafaat seperti syafaatnya para nabi. Baginya seribu istana emas di syurga. Aamiin semoga Rasulullah selalu memberikan syafaatnya di akhir nanti.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP

    ReplyDelete
  64. sebagai manusia, tentu kita mengharapkan akhir yang baik dan bermanfaat. Semoga hamba dapat menjadi insan yang lebih baik lagi Ya Allah, yang terus berupaya mengingat Engkau ya Allah di setiap langkah ini.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP

    ReplyDelete
  65. AAMIIN YAA ALLOH hamba selalu menanti syafaat Rasulullah..

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP

    ReplyDelete
  66. Sebagai manusia kita tidak boleh lupa juga sebagai manusia sosial, juga jangan pernah melupakan daib-aib sendiri yang begitu banyak karena begitu seringnya memikirkan aib orang lain.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP

    ReplyDelete
  67. terimakasih Prof.

    semoga selalu melakukan salat malam, menjadi teladan dalam akhlak yang terpuji di rumah, di Jalan, dan di Pekerjaan, menghadiri Majelis Zikir dan Majelis Husainiayah

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP

    ReplyDelete
  68. Rasulullah SAW bersabda:”Janganlah kamu menyebarkan aib orang beriman. Karena, barang siapa yang menyebarkan aib orang mukmin, Allahpun akan menyebarkan aibnya; dan barang siapa yang Allah buka aibnya, Allah akan mempermalukan walaupun dia berada di rumah sendiri”
    Kita harus bisa menjaga aib diri sendiri maupun orang lain. Diam itu emas maka dari itu sebaiknya kita tidak membicarakan dan mempersalahkan aib orang lan. Karena membicarakan apalagi menyebarkan aib orang lain sebenarnya itu adalah menunjukkan bahwa kita itu adalah hina.

    ReplyDelete
  69. Nabi SAW bersabda:”Manusia yang paling bakhil adalah orang yang melewati orang Islam dan tidak mengucapkan salam kepadanya”. Rasulullah SAW juga bersabda:”Barang siapa yang memulai bicara sebelum salam, jangan jawab pembicaraannya”

    Maka sebaiknya sebelum bicara adalah mengucapkan salam karena mengucapkan salam adalah doa.... Dan jika dijawab kembali dia akan mendoakan kita. Selain itu salam kita dijawab berarti ada perhatian terhadap kita, ada interaksi awal dalam berkomunikasi.

    ReplyDelete
  70. Rasullulah SAW bersabda:”Bagi pencari ilmu syafaat seperti syafaatnya para nabi. Baginya seribu istana emas di syurga”. Ia juga bersabda:”Pencari ilmu dicintai Allah, dicintai malaikat, dan dicintai para nabi”. Ia juga bersabda:”Wahai Abu Dzar, jika engkau duduk satu saat mempelajari ilmu, itu lebih baik bagimu daripada ibadat satu tahun”
    Bahwa mencari ilmu adalah mulia, karena Allah, malaikat dan nabi sangat mencintai umatnya yang mencari ilmu. Mencari ilmu tidak harus sekolah formal, di pengajian-pengajian, di kelompok organisasi, di paguyuban-paguyugan dan sebagainya, bahwa itu semua adalah dalam rangka mencari ilmu.

    ReplyDelete
  71. mam Ali As berata:”Tidak halal mata mukmin melihat orang melakukan kemaksiatan kepada Allah kemudian mengedipkannya tanpa mengubahnya”. Ia juga berkata:”Janganlah kamu meninggalkan amar makruf nahi munkar. Kalau kamu meninggalkannya, orang yang paling jahat di antara kamu akan mengasai urusanmu. Jika setelah itu kamu berdoa, doa kamu tidak dikabulkan”
    Maka kita harus menjaga mata, baik mata hati juga mata memandang. Karena jika tidak mampu menjaganya maka mohon ampun akan sulit dikabulkanNya.

    ReplyDelete
  72. Imam Ja’far Al-Shadiq As. berkata:”Marah adalah kunci dari segala dosa”
    Karena marah maka rentetannya sangat panjang, akan dosa dalam suara keras karena membuat orang takut, dosa dari ucapan-ucapan karena kalau marah sulit dikendalikan dari hal-hal yang benar, dosa dari prilaku karna pada saat marah prilku akan sulit untuk dikendalikan, dosa hati karena akan menyakiti hati orang lain, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  73. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Allah Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. Kasih sayang-Nya tertuang dalam Surga yang seluas langit dan bumi. Allah SWT memberikan pahala yang seluas-luasnya bagi mereka yang ingin mendapatkan Surga. Banyak amalan yang telah Allah sediakan kepada manusia. Bahkan, seorang wanita yang kehausan, kemudian menemukan air, tetapi tiba0tiba anjing datang dan kehausan pula. Maka wanita tersebut memberikan air tersebut kepada anjing, kemudian wanita itu meninggal kehausan. Diriwayatkan bahwa, wanita tersebut menjadi salah satu penghuni surga. Masya Allah.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id