Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

54 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam sistem sosial politik di setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Meskipun pendidikan dan politik mempunyai posisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Karena kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Masing-masing pemerintah menempatkan prioritas pendidikan yang berbeda-beda, dan menyukai kebijakan-kebijakan yang merefleksikan pandangan dasar dan kepentingan-kepentingan mereka. Dari waktu ke waktu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan pendidikan atas dasar pertimbangan pertimbangan politik. Keputusan-keputusan tentang pendidikan sering dipengaruhi oleh faktor-faktor keuangan pemerintah. Menurut M. Sirozi (2010: 1) gambaran jelas tentang keterkaitan antara pendidikan dan politik dapat kita telusuri di dunia Islam, di mana sejarah peradaban Islam banyak ditandai oleh kesungguhan para ulama dalam memperhatikan persoalan pendidikan sebagai upaya untuk memperkuat posisi sosial politik kelompok dan pengikutnya.
    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Politik dan pendidikan memiliki hubungan yang erat. Dalam dunia politik dibutuhkan ilmu pengetahuan yang di dasari oleh pendidikan, sedangkan dalam pendidikan juga terdapat politik, terutama di era saat ini, dimana dunia pendidikan juga di manfaatkan untuk menjadi kendaraan berpolitik.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Politik pendidikan merupakan hal yang sudah seringkali didengar. Seperti halnya pelaksanaan kurikulum 2013, banyak kontra dari pelaksanaan kurikulum 2013 karena pelaksanaan yang terburu-buru. Kurikulum 2013 bagus dalam pendekatan saintifiknya, namun buruk dalam penggantian kurikulum pada umumnya, banyak pendapat bahwa akan lebih baik jika kurikulum KTSP cukup diperbaiki dengan pendekatan saintifik. Penggantian kurikulum 2013 diyakini karena politik pendidikan, sehingga sistem persekolahan yang menjadi korban. Politik kementerian pendidikan agar dapat memenuhi target yaitu melakukan perubahan dalampendidikan Indonesia tanpa memikirkan kerugiannya karena terlalu terburu-buru dalam implementasinya.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Politik dan pendidikan berada dalam satu sistem yang saling berhubungan dekat. Dari kiprahnya, para pendidik selalu memelihara politik karena proses pendidikan yang memberikan sumber nilai dan memberikan kontribusi terhadap politik. Pendidik memberi kontribusi signifikan terhadap politik, terutama stabilasi dan transformasi sistem politik. Hubungan politik dan pendidikan merupakan suatu hal yang sulit dipahami. Dalam satu sisi hal itu disebabkan sifat dasar politik itu sendiri. Pemahaman politik juga bahkan lebih sulit bagi warga negara sebab konsep politik memunculkan beragam citra. Pandangan politik mengacu terhadap hubungan politik dengan kebijakan pemerintah sebagai hasil dari sistem. Berbagai peraturan, keputusan, aturan-aturan / tata tertib, tindakan administratif adalah bukti dari politik.

    ReplyDelete
  5. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Pendidikan adalah sala satu bentuk interaksi manusia. Pendidikan adalah suatu tindakan sosial yang pelaksanaanya dimungkinkan melalui suatu jaringan hubungan- hubungan kemanusiaan. Jaringan-jaringan inilah bersama dengan hubungan-hubungan dan peranan peranan individu di dalamnyalah yang menentukan watak pendidikan di suatu masyarakat. Jika politik dipahami sebagai “ praktik kekuatan, kekuasaan dan otoritas dalam masyarakat dan pembuatan keputusan- keputusan otoritatif tentang alokasi sumberdaya dan nilai- nilai sosila”. Maka jelaslah bahwa pendidikan tidak lain adalah sebuah bisnis politik.
    Contoh yang terlihat pendidikan sebagai perlakuan politik yang tidak benar adalah, sebentar-sebentar di Negara kita ini adalah seringnya berganti kurikulum. Kurikulum yang ini belum berhasil, dan baru mau berhasil, eh sudah diganti dengan kurikulum yang baru. Ganti menteri, ganti kurikulum. Jadi kurikulum itu hanya untuk kepentingan politik saja.

    ReplyDelete
  6. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Politik dan pendidikan saling berkaitan. Salah satu peran pendidikan yaitu memasyarakatkan ideologi dan nilai-nilai sosio-kultural bangsa kepada warga negara. Sedangkan politik, salah satu unsurnya adalah pengambilan keputusan dan pendidikan tidak lepas dari keputusan yang dibuat politik. Salah satu keputusan politik yang diambil di dunia pendidikan adalah adanya Ujian Nasional dengan standar tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Untuk menelaah gap antara ilmu politik dengan ilmu yang lainnya dalam hal ini adalah ilmu pendidikan, dibutuhkan suatu bidang ilmu yang dapat menjembatani serta mewadahi perbedaan yang muncul. Oleh karena itu, maka bidang filsafatlah yang mampu mengatasi hal tersebut. Hal ini senada dengan pendapat Immanuel Kant (Wibisono S. dkk., 1997) yang menyatakan bahwa filsafat merupakan disiplin ilmu yang mampu menunjukkan batas-batas dan ruang lingkup pengetahuan manusia secara tepat.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang dibagikan di atas, politik dapat ditemukan dalam pendidikan juga. Mikropolitik merujuk pada penggunaan kekuasaan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari micropolitik. Makropolitik mengacu pada bagaimana kekuasaan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara, dan tingkat federal. Makropolitick umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para peneliti telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan. Ada perbedaan yang signifikan antara "Politik Pendidikan" dan "Politik dalam Pendidikan". Perdebatan lebih tentang perbedaan preavailing dikumpulkan dari akademisi dunia untuk menentukan politik pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Politik dan pendidikan merupakan komponen penting, karena semuanya adalah bagian yang ikut mempengaruhi sistem kehidupan sosial dan kebudayaan manusia. Politik adalah sistem ketatanegaraan yang disepakati untuk menghantarkan bangsa menuju cita-cita seluruh rakyatnya, dan suatu sistem yang mengatur kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Sedangkan pendidikan adalah proses kulturisasi agar lebih maju, dan proses pengembangan potensi manusia sesuai bakat dan minat untuk memperkuat dukungan terhadap penggalian sumber daya alam menuju terciptanya masyarakat yang dicita-citakan.

    ReplyDelete
  9. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam negara yang berdaulat, politisi juga sangat menentukan idiologi suatu bangsa sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Idiologi sebuah negara sangatmenentukan arah dan tujuan sebuah lembaga pendidikan, artinya pendidikan diarahkan untuk mendidik mental manusiamencapai paham idiologi yang disepakati dan dianut oleh sebuah negara. Selain dipengaruhi oleh muatan idiologis, pendidikan juga lebih banyak diwarnai nilai budaya yang berkembang dalam setiap negara. Akan tetapi muatan idiologi lebih dominan ketimbang nilai budaya. Para pelaku politik kadang kala mendoktrin institusi pendidikan untuk lebih banyak metransper nilai idiologi guna membentuk idiologi siswa, sehingga ada kesan institusi pendidikan selalu terkooptasi oleh penguasa. Hal ini membuat institusi pendidikan tidak dapat memerankan fungsinya sebagai lembaga kajian ilmiah yang murni dan independen.

    ReplyDelete
  10. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Politik dan pendidikan saat ini hubungannya sangat erat. Yaitu ketika politik itu dipegang oleh A maka mendiknas adalah B dan dia akan mengeluarkan aturan C, hal ini sering terjadi di Indonesia, karena sispa yang berkuasa pasti sistem pendidikan akan semakin ridak akan kasruha karena banyak orang politik yang “jorok”. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika kita memiliki sistem pendidikan yang bagus. Hal ini karena sebuah sistem yang bagus maka siapa saja sebagai pemimpin pasti akan mengikuti aturan yang sudah tertuli.

    ReplyDelete
  11. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Antara politik dan pendidikan memiliki hubungan yang erat. Karena keduanya turut mempengaruhi sistem kehidupan manusia. Politik digunakan dalam sistem kenegaraan untuk mencapai cita-cita bangsa dan negara sedangkan pendidikan itu sendiri merupakan proses pembelajaran yang berada dalam satu sistem untuk mengembangkan dan memajukkan potensi pada manusia agar dapat mendukung sistem politik itu sendiri menjadi lebih kuat.

    ReplyDelete
  12. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    pendidikan tidak dapat dipisahkan dari politik, bahkan kecenderungannya dewasa ini pendidikan juga terkadang dijadikan sebagai kendaraan politik. tentu bukan itu esensi dari politik pendidikan. yang menjadi substansi dari politik pendidikan adalah bagaimana keputusan-keputusan politik memengaruhi proses pendidikan. biasanya, negara-negara dengan sistem politik inklusif (istilah Daron Acemoglu) menyediakan pendidikan yang bersifaat terbuka dengan beragam pilihan baagi semua warga negara. sedangkan negara-negara dengan sistem politik ekstraktif menyediakan pendidikan yang bersifat tertutup, tidak banyak pilihan bagi warga, bahkan cenderung terpusat oleh kebijakan pemerintah.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam system sosial politik disetiap Negara, baik Negara maju maupun Negara berkembang. Keduanya sering dilihat sebagai bagian – bagian yang terpisah, yang satu sama lain tidak memiliki hubungan apa – apa. Padahal, keduanya bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu Negara. Lebih dari itu, keduanya saling menunjang dan saling mengisi lembaga – lembaga dan proses pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik masyarakat di Negara tersebut. Ada hubungan erat dan dinamis antara pendidikan dan politik disetiap Negara. Hubungan tersebut adalah realitas empiris yang telah terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian para ilmuan. Dengan kata lain, berbagai aspek pendidikan senantiasa mengandung unsur – unsur politik. Begitu juga sebaliknya, setiap aktivitas politik ada kaitannya dengan aspek – aspek kependidikan.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hubungan antara politik pendidikan dapat memberikan dampak negatif atau positif bergantung pada pemegang peranan penting dalam politik tersebut. Jika pemegang tanggung jawab pendidikan dalam politik tidak mempunyai kompeten dalam bidang pendidikan, maka pasti ini sangat membahayakan pendidikan. Akan tetapi jika orang yang memegang amanah untuk mengembangkan pendidikan dalam sistem pemerintahan suatu negara adalah orang yang amanah serta mempunyai kapabilitas di bidang pendidikan maka ini sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, khususnya di Indonesia. Terlepas dari itu semua, Jika kita melihat realitas politik di Indonesia saat ini, maka hendaknya pendidikan dijadikan satu hal yang netral, khususnya jika kita melihat kondisi politik di Indonesia saat ini. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan lembaga pendidikan sebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu. Selain itu, jika pendidikan tidak dinetralisir dari dunia politik, maka kepentingan politik akan dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan. Dan ini akan memecahkan konsentrasi lembaga terhadap pendidikan, yang pada akhirnya akan merusak nilai-nilai mulia pendidikan.

    ReplyDelete
  15. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. sehingga antara politik dan pendidikan itu saling mempengaruhi dan saling dipengaruhi.

    ReplyDelete
  16. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Namun walaupun demikian antara pendidikan maupun politik juga memiliki sisi gelap, yaitu manakala politik menelusup kedalam pendidikan dan menjadikan pendidikan sebagai alat untuk pendukung politik dan kekuasaan, jika ini terjadi maka pendidikan akan menjadi rusak berantakan, sepertihalnya ketika hendak pemilihan kepala daerah maka setiap staf dipemerintahan akan menekan untuk memilih calon tertentu, jika tidak maka akan dimutasi kerja dsb, sehingga hal ini menunjukkan bahwa politik telah merusak nilai luhur pendidikan. begitu juga dengan pergantian kurikulum setiap berganti mentri pendidikan, karena didalamnya ada kepentingan individual maupun politik, sehingga mencederai pendidikan di negeri ini.

    ReplyDelete
  17. Ada keterkaitan antara politik pendidikan dan pendidikan politik. Politik pendidikan kita mengacu pada strategi dan kebijakan pemerintah yang dituju. Mau dibawa kemana sistem pendidikan adalah bergantung pada politik pendidikannya. Era "Orde Baru", politik pendidikan termaktub dalam Garis Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk kurun waktu hingga 25 tahun. Setelah era itu sampai saat ini politik pendidikan kita mencoba mencari bentuk baru.
    Pendidikan politik berkaitan dengan sejauhmana kesadaran individu dan masyarakat ikut serta dalam proses pengambilan keputusan atau kebijakan. Pendidikan politik akan berjalan baik seirama dengan politik pendidikan yang dicanangkan.

    Nur Tjahjono Suharto
    S3 PEP (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  18. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Saya kira yang baik dalam mendudukan politik dan pendidikan adalah pendidikan bukan sebagai alat politik tetapi politik adalah alat atau cara mencapai visi atau tujan pendidikan. System politik dan system pendidikan harusnya berpadu dalam upaya mencapai masyarakat yang cerdas dan terdidik.

    ReplyDelete
  19. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Politik dan pendidikan merupakan dua hal yang sangat penting dalam suatu Negara. Kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Jika kita melihat realitas politik di Indonesia saat ini, maka hendaknya pendidikan dijadikan satu hal yang netral, khususnya jika kita melihat kondisi politik di Indonesia saat ini. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan lembaga pendidikan sebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu.

    ReplyDelete
  20. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Politik menurut Aistoteles merupakan cabang pengetahuan praktis, merupakan bagian dari etika yang berurusan dengan manusia dalam kegiatan kelompok. Sedangkan Pendidikan merupakan usaha sadar manusia untuk mempersiapkan manusia mempunyai kemampuan untuk berperan aktif dalam membentuk masa depannya. Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Hubungan politik dan pendidikan berakibat pada semua dataran filosofis dan kebijakan. Di Indonesia sendiri filsafat pendidikan nasional adalah artikulasi pedagogis dari nilai yang ada pada Pancasila dan UUD 1945.pada dataran kebijakan, sangat sulit memisahkan antara kebijakan pendidikan yang dibuat pemerintah dengan persepsi dan kepercayaan publik yang ada pada pemerintah tersebut. Implementasi dari kebijakan pendidikan berdampak pda kehidupan politik seperti akses, minat, dan kepentingan pendidikan para stakeholder pendidikan (orang tua, peserta didik, masyarakat). Pada sisi lain empat aspek kehidupan masyarakat yang dipengaruhi oleh kebijakan pendidikan oleh pemerintah yaitu lapangan kerja, mobilitas sosial, ide dan sikap.

    ReplyDelete
  21. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Pendidikan dan politik adalah hubungan yang saling berkorelasi. Politik membutuhkan pendidikan dan pendidikan juga membutuhakan politik. Hubungan erat antara pendidikan dengan politik dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan pendidikan. Dampak positif yang dapat dihasilkan dari hubungan keduanya adalah pemerintah sebagai pemegang peranan penting dalam politik dapat memberikan subsidi kepada pendidikan. Sementara dampak negatifnya yaitu selalu mencampuri urusann pendidikan yang terlalu spesifik padahal orang tersebut tidak berkompeten di bidang tersebut. Meskipun hubungan atau ketrekaitan antara politik dan pendidikan begitu kuat, tidak semua orang mengakui dan mendukung realitas tersebut. Karean banyak pihak yang sudah menyalahgunakan politik di dalam pendidikan untuk hal-hal yang sebenarnya dapat merusak moral pendidikan.

    ReplyDelete
  22. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Politik pendidikan adalah sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Karena masyarakat selalu berubah, maka sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Disinilah tugas politik pendidikan. Keduanya merupakan satu sistem yang saling berkaitan. Budaya politik seseorang atau masyarakat sebenarnya berbanding lurus dengan tingkat pendidikan seseorang atau masyarakat. Hal itu bisa dipahami mengingat semakin tinggi kesempatan seseorang atau masyarakat mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula seseorang atau masyarakat memiliki kesempatan membaca, membandingkan, mengevaluasi, sekaligus mengkritisi ruang idealitas dan realitas politik.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Selama ini sistem pendidikan di Indonesia belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis. Seharusnya pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada public educator karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar terwujudnya Demokrasi Pancasila sesuai dengan cita-cita bangsa.

    ReplyDelete
  24. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    The Politics and Education program serves students who wish to study the ways in which governance institutions, political ideologies, and competing interests, both within and outside of the education community, influence the content, form, and functioning of schooling. Schools represent a powerful instrument for shaping the development of future generations of citizens and workers as well as an important source of jobs and investment in many communities. How do societies handle conflicting visions of what schools should and should not be doing, and what are the specific changes in political and governance processes that might facilitate better decision-making and policy implementation?

    ReplyDelete
  25. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Politik dan pendidikan sama-sama saling melengkapi. Politik yang bagus pastilah berasal dari pendidikan yang bagus, sedangkan pendidikan tidak dapat terlaksana tanpa ada politik di dalamnya. Dalam pendidikan khususnya di dunia sekolah ada dua jenis politik, yaitu mikropolitik dan makropolitik. Mikropolitik merujuk pada penggunaan kekuasaan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi sedangkan makropolitik mengacu pada bagaimana kekuasaan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara, dan tingkat federal.

    ReplyDelete
  26. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Sistem pendidikan dalam sebuah negara sangat dipengaruhi oleh keadaan politik sebuah negara tersebut. Di negara-negara yang positif politiknya juga berdampak besar dalam sistem pendidikan yang dihasilkan sehingga berdampak positif pula pada hasil pendidikan di negara tersebut. Politik sangat menentukan kebijakan dalam mengelola dan menghasilkan sistem yang bermutu baik. Tidak jarang sebuah sistem yang baru dilaksakan terpaksa di hapus karena pergantian rezim politik dalam sebuah negara, sebagai contoh di Indonesia. Sehingga ketidakstabilan politik berdampak langsung dari hasil kebijakan terhadap dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  27. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan antra satu dengan yang lain. Antara politik dan pendidikan ditentukan oleh corak suatu ideologi yang diemban oleh suatu negara.

    Politik dalam islam didefinisikan sebagai ri’ayyah syu’unnil ummah (mengurusi urusan masyarakat) dengan dakwah islam untuk mencegah dari kezhaliman. Baikm dari kezhaliman penguasa ataupun para penjajah. Dalam politik islam, warga negara turut andil dalam melakukan muhasabah (nasihat) kepada penguasa agar taat kepada perintah Allah. Serta, mengembalikan semua permasalahan kehidupan manusia dari sudut pandang islam.

    Adapun pendidikan dalam islam, merupakan , institusi untuk mencetak generasi pemimpin peradaban dengan kekuatan akidah yang diemban, kepribadian islam, serta menguasai IPTEK. Selain itu, generasi ini juga dikondisikan untuk takut kepada Allah SWT sehingga akan memunculkan ketakwaan dalam diri siswa.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  28. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Politik pendidikan merupakan sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Keadaan masyarakat yang selalu berubah membuat sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Politik pendidikan menjadi suatu kebijakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sosial dan perubahan bangsa.

    ReplyDelete
  29. Politik pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh visi kependidikan yang mengampu kebijakan. Dalam kurun waktu 2 tahun ini saja, polemik tentang Kurikulum 2013 masih berlanjut. Pergantian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih mempersoalkan pelaksanaan kurikulum 2013 karena tidak mungkin akan mengganti dengan kurikulum baru. Disini, Visi pengampu kebijakan sangat berperan dalam pelaksanaannya. Politik pendidikan yang diusung bergantung pada latar belakang dan pandangan kedepan yang akan diraih.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  30. Kalau dulu politik pendidikan kita tertuang dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang dijadikan sebagai patokan pendidikan selama 25 tahun, saat ini perlu ada pola kebijakan serupa. Banyaknya sekolah yang di diregrouping, misalnya, memerlukan solusi yang detail, agar eksistensi guru, siswa dan arah kebijakannya lebih terarah. Semesetinya politik pendidikan ini bebas kepentingan politik kelompok tetapi mengacu pada kepentingan nasional untuk bersaing di era global. Dilain pihak negara lain sudah tinggal landas dengan sistem pendidikannya, kita masih berkutat dengan polemik kurikulum yang tak kunjung usai.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  31. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Kata Politik ini berasal dari bahasa Yunani yaitu polis dan teta. Arti dari kata polis sendiri yaitu kota/negara sedangkan untuk kata teta yaitu urusan. Sedangkan pendidkan secara Etimologi atau asal-usul, berasaldari bahasa Inggris disebut dengan education, dalam bahasa latin pendidikan disebut dengan educatum yang tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco dimana kata E berarti sebuah perkembangan dari dalam ke luar atau dari sedikit banyak, sedangkan Duco berarti erkembangan atau sedang berkembang. Jadi, Secara Etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.Dari hubungannya antara Politik dan pendidikan memang tidak dapat dipisahkan tetapi perlu diingat bahwa hasil dari politik sangat berdampak terhadap pendidikan dan Hasil pendidikan dapat memberikan dampak bagi perkembangan politik....

    ReplyDelete
  32. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Politik dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan namun itu tidak bisa untuk disatukan. Politik tidak bisa dijadikan dasar untuk pendidikan. Begitupun pendidikan juga tidak bisa dijadikan dasar untuk politik. Seharusnya, politik tidak disangkut pautkan dengan pendidikan. Namun, pada kenyataannya, politik memiliki dampak yang luat biasa bagi pendidikan di Indonesia. Semakin buruk politik yang diterapkan di suatu negeri, akan berdampak buruk juga bagi pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Politik dan pendidikan merupakan elemen penting dalam sistem sosial pada suatu negara. Politik dan pendidikan saling berkaitan satu sama lainnya. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  34. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Politik dan pendidikan telah menjadi istilah yang sering kita dengar. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka.

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Sebuah disiplin tentang studi poltik pendidikan memiliki 2 akar. Akra ertama berbasiskan pada ilmu politik dan akar yang kedua adlah berkat teori organisasi. Ilmu pelitik berusaha untuk menjelasakan bagaiman masyarakat dan organisasi sosiala menggunakan power untuk menegakkan atran dan mengalokasikan sumber daya. Terori organisasi menggunkan teori ilmiah menajemn untuk mengatur pemhaman yang mendalaman mengenai fungsi organisasi

    ReplyDelete
  36. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Left wing politics mendukung keamaan sosila dan eegalitarianisme, sering menajdi oposisi untuk hirarki sosila dan etidakasamaan sosial (kesenjangan sosial). Ini secara khusu melibatkan sebuah perhatian di dlaam masayarakat yang penganutnya mempersepiskan sebagai ketidak beruntungan, serta ercaya bahwa ada ketidak adilan ketidaka samaan yang perlu di reduksikan atau dihapus

    ReplyDelete
  37. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidian matematika c 2013

    Right-wing politic menganut bahwa tingkatan sosial tertentu dan hirarki itu tidak dapat terelakkan, alami, normal, atau sesuatu yang diinginkan. Khusunya mempertahankan posisi ini pada basis hukum alam, ekomnomi atau tradisi.

    ReplyDelete
  38. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidian matematika c 2013

    Elite, adalh sebuah istilah yang berasala dari ahasa latin yang artinya eligere(“to choose, elect”). Di dalam teori politik atau teori sosilogi untuk sebuah kelompok kecil dari orang yang powerfull yang mengontrol sebuah kesejahteraan, hak istimewa atau kekuatan politik di dalam masyarakat

    ReplyDelete
  39. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013


    Masalh filsafat dari nature shopistry adalah bahkan bisa diilang lebih tangguh, karena besr bagian terhadapa pengaruh plato dan aristoteles, istilah psophstry telah datang untk menandakan penggunaan yang snegaja dari penalrana yan keliru, charlatanisme inteletual dan ketidak telitian moral

    ReplyDelete
  40. Pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam sistem sosial politik di setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Meskipun pendidikan dan politik berposisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik masyarakat sehingga membawa dampak besar pada karakteristik pendidikan di suatu negara.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  41. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Arogansi power itu selalu ada pada kita. Ini adalh bagian dari nature manusia. Atau mugkin saya seharsunya mengatakan ini adalah bagian dar hidp manusia sejak jatuhnya manusia dari ketidak bersalahan, atau sejak kebanggan, ego, dan nafsu karena kekuatan masuk kedalah hai manusia

    ReplyDelete
  42. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Pendidikan hari ini: politik, keuntungna, posisi/jabatan, power/kekutana, dan prejudis. Waktu telah balu ketika retorika dan kebijaksanaan akan memenuhi penelitian dan hasil daalm menentukan validitas program pendidikan. Terlalu banyak anak-anak sekolah alabama yang menajdi korban dari tragedi pendidian berpusata pada siswa dan agenda consultan-consultan berharga tinggi dengan solusi yang mengabiskan banyak dana untuk malsah telah menghasilkan gelombang akhir consultan berharga tinggi.

    ReplyDelete
  43. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Mahasiswa dan media adalah intrumen dalammebawa reformasi politik di indonesia di tahun 1990, yang membawa penurunan suharto pada tahun 1998 setelah 32 tahun berkuasa. Dan dampak setelahnya adalah pemilihan umum tahun 1999, media masa utamanya yang aktif dalam meninggikan kesadaran reformasi politik. Ini diasumsikan bahwa sebuah pengelompokkan sosial yang berpendidikan, mahasiswa akan menggunakn media masa untuk kegiatan poitik.

    ReplyDelete
  44. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Politik dan pendidikan adalah dua elemen penting dalam system sosial politik disetiap negara. Keduanya sering dilihat sebagai bagian–bagian yang terpisah, yang satu sama lain tidak memiliki hubungan apa–apa. Tetapi sebenarnya antara politik dan pendidikan saling bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu Negara.

    ReplyDelete
  45. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Akhri dekade ini, bnayak negara berkembang yang telah memulai pada reformasi pendidikan secara besar-besaran yang bertujuan untuk meperluas secara cepat penyaluran pendidikan, mencapai kesamaan di dalam ketentuan pendidikan, dan secara signifikan meningkatkan kualitas pendidikan. Beberpa reformsi ini telah mencapai jau, menransormasikan prioritas bujet dari banyak negara dan mengubah cara fundamental cara/mtode yang pemeitah teah membuat pendidikan dengan cara tradisionaldan bagaiaman publik sector telah beroperasi dalam partnership denagn privat sector.

    ReplyDelete
  46. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dengan 240 juta populasi di indonesia, indonesia adalh negara terbesar se asisa tenggara dan negara yang mwyoritas penduduknya adalah muslim. Ukurannya, muncul demkrasi dan semangat ekonomi, dan posisi strateginya menyebrang laut kritis timur tenga dan asia tenggara yng emabwa indonesia menjadi mennagyh yang memiliki kekuatan. uS mmiliki hubungan dekat dengan indonesia, dengan keamana, ekonomi, dan perdaganagn,

    ReplyDelete
  47. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Sejatinya politik dan pendidikan harus dipisahkan. Ibarat air dan minyak yang tidak dapat bersatu, tujuan pendidikan dan politik juga jangan sampai bercampur aduk. Biarlah para politisi yang mengurus urusan politik dan biarkan para pendidik yang melaksanakan tugas mendidik. Jangan dibalik, diganti, apalagi dihilangkan

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  48. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Segala komponeen yang terdapat dalam kehidupan tak terlepas dari tujuan tersendiri yang dianggap dapat membawa keuntungan bagi golongan tertentu (politik) . termasuk juga didalam pendidikan yang sejatinya tidak dapat terlepas dari unusr politik. Namun tak seharunya berpolitik melalui pendidikan yang tujuannya hanya untuk mendapatkan satu sisi hal saja. Perlu adanya refleksi terhadap sisi yang lain, apakah dampak yang diberikan justru menyumbangkan degradasi sumber daya manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  49. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Politik (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan kata lain, melihat dari sisi pandangn politik dan pendidikan, maka sebaiknya dalam dunia pendidikan bersih dari campurtangan politik. Karena, pendidikan merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup seseorang melalui pengetahuan yang dimiliknya tanpa ada rasa ingin menguasai maupun dikuasai. Sehingga, apabila politik bercampur di dalamnya maka pendidikan tidak akan lagi memberikan hal yang sebagaimana mestinya dan akan memiliki tujuan-tujuan khusus yang cenderung ke arah negatif.

    ReplyDelete
  50. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Politik dan pendidikan sangat erat kaitannya. Contoh ril dalam pengajaran politik dalam pendidikan. Kajian politik memberikan pemahaman menjadi warga negara yang baik. Disini terjadi pendidikan politik dengan menntransfer nilai nilai politik. Dalam pengambilan kebijakan pendidikan, politik juga mempengaruhi arah kebijakan tersebut. Siapa yang berkuasa dan memimpin, sedikit banyak mempengaruhi keputusan atau kebijakan pendidikan. Seperti kurikulum, materi dan lain sebagainya.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  51. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    pendidikan dan politik mempunyai posisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Karena kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Masing-masing pemerintah menempatkan prioritas pendidikan yang berbeda-beda, dan menyukai kebijakan-kebijakan yang merefleksikan pandangan dasar dan kepentingan-kepentingan mereka.

    ReplyDelete
  52. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka.

    ReplyDelete
  53. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Politik dalam pendidikan memiliki dua akar utama. Pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik dan kedua dalam teori organisasi. Ilmu politik mencoba untuk menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatan untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori-teori ilmiah manajemen untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi organisasi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  54. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Politik merupakan suatu cara atau metode yang digunakan untuk mempengaruhi orang atau pihak lain untuk mencapai tujuan tertentu. Jika dikaitkan dengan pendidikan maka dapat dikatakan bahwa politik pendidikan adalah cara untuk mempengaruhi pihak lain untuk mau mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Politik pendidikan berorientasi pada bagaimana pendidikan dapat dicapai dengan baik. Hal ini berbeda dengan pendidikan politik yang berorientasi pada politik yang merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam perannya di dunia politik.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id