Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




42 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Nihilism merupakan pandangan filosofi yang sering dihubunngkan dengan Freidrich Nietzsche. Dalam aliran nihilism ini menganggap bahwa keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki tujuan yang mendasar. Dalam aliran nihilsm ini tidak menemukan bukti-bukti pendukung dengan keberadaan sang pencipta, adanya etika adalah tidak mungkin, sehingga aliran nihilism ini membuat kesimpulan bahwa kehidupan ini tidak memiliki arti. Paham ini menganggap bahwa manusia tidak diciptakan oleh Tuhan. Paham ini percaya bahwa tidak ada kehidupan setelah kematian, yang ada hanyalah hasrat untuk bertahan hidup. Kelemahan dari paham mihilism adalah bahwa nihilist tidak memiliki pertanggungjawaban secara moral untuk segala perilaku yang dilakukan, khususnya berkaitan dengan hal-hal negatif.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Nihilisme adalah suatu aliran filsafat yang beranggapan bahwa keberadaan manusia di dunia tidak memiliki tujuan. Karakteristik dari nihilisme yaitu memahami bahwa realitas yang ada di alam ini hanyalah keburukan, serta beranggapan bahwa fenomena-fenomena yang ada pada manusia adalah penderitaan, kemalangan, kemiskinan, dan kehancuran. Nihilisme muncul karena keputus asaan dan kehilangan kepercayaan, kehidupan manusia semakin terjepit dan gelap serta ada perubahan nilai-nilai kemanusiaan.

    ReplyDelete
  3. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kehidupan kita ada segi hitam dan putih, ada yang buruk dan ada yang baik, ada perang dan ada damai, ada yang berhati malaikat dan ada yang bermental setan, ada yang saling mendukung dan ada yang saling menjegal. Maka kaum nihilisme lebih melihat dari segi negatif, sisi gelap dan ada unsur jahatnya. Nihil artinya tiada apapun. Nihilisme merupakan paham atas tiada apapun yang pendiriannya atau pandangannya bahwa keberadaan dan hidup di dunia sama sekali tidak berarti dan sama sekali tidak bermanfaat. Jika seseorang dengan paham yang seperti ini, tentu saja orang tersebut cenderung bermental pesimis terhadap dunia dan kehidupan, serta suka mengacau dan membuat perusakan dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Pada prinsipnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya. Secara garis besar, pegangan itu biasanya diidentikan dengan tuhan. Jika kemudian ada wacana bahwa tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. Dengan wacana inilah bibit-bibit nihilisme lahir.

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Nihilisme berpandangan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki suatu tujuan. Sesuai dengan asal kata “nihil” yang berarti tidak ada atau kosong.

    Pada hakikatnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan. Pegangan yang paling kokoh itu adalah kepada Tuhan. Jika kemudian ada pandangan bahwa Tuhan telah mati atau dianggap tidak ada, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. Dengan wacana inilah bibit-bibit nihilisme lahir.

    ReplyDelete
  6. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Faham nihilisme menyatakan bahwa Tuhan tidak ada atau tidak perlu ada. segala sesuatu yang tidak dapat diverifikasi oleh sains adalah non-sense. keberadaan Tuhan dianggap irasional, oleh karena itu tidak perlu dipercayai sebagai realitas atau sesuatu yang eksis. faham ini dipercayai oleh mereka yang atheis teoritis maupun atheis praktis. mereka menganggap beragama sebagai indoktrinasi yang salah dan sebuah kebodohan.

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Nihilisme memiliki kata dasar nihil. Nihil artinya tidak ada atau kosong. Kekosongan yang dimaksud yaitu tujuan dari manusia hidup adalah kosong atau tidak ada. Jika manusia tidak memiliki tujuan hidup, manusia akan hidup dengan cara mengalir apa adanya, pasrah mengikuti apa yang terjadi. Manusia yang kurang bijaksana dalam mengikuti aliran filsafat nihilisme ini, bisa jadi jia merasa bosan akan melakukan bunuh diri karena apalah arti manusia hidup jika tidak memiliki tujuan. Aliran atau pandangan apapun, dibutuhkan kebijaksanaan dalam menghadapinya.

    ReplyDelete
  8. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Nihilisme merupakan sebuah doktrin filosofis yang beranggapan bahwa gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang hampir non-eksistensial, gagasan nilai kehidupan luhur dikonstruksi oleh nilai-nilai nihil itu sendiri. Nihilisme menolak ide putatif tentang sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Kaum nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas.

    ReplyDelete
  9. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Nihilisme adalah keyakinan bahwa semua nilai-nilai yang tidak berdasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan. Hal ini sering dikaitkan dengan pesimisme ekstrim dan skeptisisme radikal yang mengutuk keberadaan. Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Bila semua pemikiran sudah tiba pada tahap nihilisme maka semua hal memang akan nampak menjadi sia sia-akan menjadi tak memiliki arti, bahkan pencarian manusia akan kebenaran sejati pun akan menjadi tiada lagi berarti karena mencari kebenaran sejati idealnya harus berujung dengan memegang keyakinan yang hakiki dan keyakinan hakiki hanya dapat diperoleh apabila manusia dapat menemukan bentuk kebenaran yang bersifat hakiki.makna ‘hakiki’ disini : pasti-tetap-permanen-rasional-dapat dipegang-tidak relatif. sedang makna ‘nihilisme’ dapat berarti : kosong-tiada yang tetap-tiada yang permanen-tiada yang dapat dipegang.

    ReplyDelete
  10. Budi Yanto
    1709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Nihilisme merupakan paham yang menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna atau keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Pada dasarnya manusia dilahirkan tidak mengetahui apa-apa dan tidak dapat berbuat apa-apa. Fitrah manusia sebagai sebuah kertas kosong berwarna putih. Maka tinta adalah lingkungannya setiap hari memberikan coretan-coretan pada kertas itu. Dengan kata lain, manusia belajar bersama lingkungannya, lingkungan yang baik akan membuatnya baik sedangkan lingkungan yang buruk maka akan berakibat buruk juga pada manusia itu.

    ReplyDelete
  11. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Nihilisme merupakan pandangan filosofi yang mengatakan bahwa dunia dan keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki pandangan tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta dan moral sejati tidak diketahui. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan agama.

    ReplyDelete
  12. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama. paham ini jelas menolak adanya Allah yang berkuasa dalam menciptakan alam semesta dan berusaha untuk menghilangkan eksistensi dunia ini, secara khusus eksistensi manusia tentang makna, tujuan, kebenaran yang komprehensif dan nilai yang esensial. Paham ini menganggap bahwa manusia tidak diciptakan oleh Tuhan, tetapi melalui evolusi dari seekor kera. Paham ini percaya bahwa tidak ada kehidupan setelah kematian, yang ada hanyalah hasrat untuk bertahan hidup.

    ReplyDelete
  13. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Nihilisme adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan dalam satu atau lebih konon aspek bermakna kehidupan. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup ini tanpa makna tujuan, atau nilai intrinsik.

    ReplyDelete
  14. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Sebuah doktrin yang tidak mengakui validitas alternative yang positif. Istilah nihilisme diperkenalkan oleh Ivan Turgeniev dalam novelnya Fathers and Children yang ditulisnya pada tahun 1862 di Rusia. Dalam novel itu Bazarov sebagai tokoh sentral mengatakan lemahnya kutukan ketika ia menerima nihilisme. Doktrin tentang nihilisme sebenarnya sudah ada semenjak zaman Yunani Kuno, yaitu pada pandangan Georgias yang memberika tiga proposisi tentang realitas. Pertama, tidak ada sesuatu pun yang eksis. Realitas itu sebenarnya tidak ada. Kedua, bila sesuatu itu ada, ia tidak dapat diketahui. Ini disebabkan oleh pengindraan itu sumber ilusi. Akal juga tidak mampu meyakinkan kita tentang bahan alam semesta ini karena kita telah dikungkung oleh dilema subjektif.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Nihilism ialah pandangan dalam filsafat yang sering dihubungan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme berasumsi bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki tujuan. Dimana semua realitas yang terjadi di dunia hanyalah keburukan sehingga hal-hal tersebut menimbulkan penderitaan atau kehancuran bagi manusia. Paham ini akan membuat manusia semakin terjebak dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dijadikan pedoman.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Nihilisme adalah suatu paham yang apabila dilihat dari kata kerjanya adalah Annihilate yang artinya meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, melenyapkan segenap ekistensi. Salah satu tokoh nihilsme adalah Frierich. Filsafat nihilism bertujuan untuk memutuskan dan mengakhiri semua klaim terhadap kebenaran pemikiran metafisis tradisional, dalam suatu proses yang melompat hanya ketika ia mencapai titik dimana “kebenaran-kebenaran” prasangka seperti Tuhan dan jiwa diperlihatkan sebagai nilai yang tidak kurang subyektif dan tidak lebih dari “kekeliruan-kekeliruan” ketimbang keyakinan dan pendapat manusia lainnya.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Nihilisme berasal dari kata nihil yang artinya tidak ada atau kosong. Maksudnya adalah tujuan hidup manusia itu adalah kosong atau tidak ada. Pada prinsipnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya. Secara garis besar, pegangan itu biasanya diidentikan dengan tuhan. Jika kemudian ada wacana bahwa tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu

    ReplyDelete
  18. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Nihilisme adalah hilangnya pijakan, hilangnya makna akan segala sesuatu: Singkatnya, nihilisme mengantarkan manusia pada situasi “Malam Terus Menerus” karena segala kepastian hidup menjadi runtuh. Tidak hanya agama, tapi juga sains, Nietzsche menganggapnya sebagai tidak stabil. Seolah-olah kokoh dan absolut, tapi kenyataannya begitu rentan dan berubah-ubah. Nietzsche secara khusus menyerang August Comte yang dengan keyakinannya akan ilmu pengetahuan, justru secara tidak sadar telah menciptakan agama baru bagi dirinya dan bangsanya. Maksud Nietzsche: Ketika ada kebenaran yang dianggap absolut, justru ia telah menihilkan kebenaran itu sendiri. Kebenaran itu otomatis mati. "Positivisme Comtean mungkin mengandung kebenaran," ada pendapat bahwa, "Tapi berbahaya, kata Nietzsche, jika yang dianggap satu-satunya kebenaran adalah positivisme itu.

    ReplyDelete
  19. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filsafat dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial (tidak ada). Secara sederhana, nihilisme Nietzsche bertujuan untuk mengakhiri semua klaim terhadap kebenaran. Menurutnya, kebenaran itu tidak lebih dari 'kekeliruan-kekeliruan' ketimbangkeyakinan dan pendapat manusia lainnya. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama.

    ReplyDelete
  20. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari link Wikipedia… diatas Nihilisme adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan dalam satu atau lebih aspek bermakna kehidupan menurut sekelompok orang. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup ini tanpa makna tujuan, tujuan, atau nilai intrinsik. Nihilisme juga dapat mengambil epistemologis, ontologis, atau metafisik bentuk, yang berarti masing-masing itu, dalam beberapa aspek, pengetahuan tidak mungkin, atau kenyataan yang tidak benar-benar ada. Saya kira sebagai seorang muslim dan bahkan manusia pada umumnya tidaklah tepat kalau dikatakan tanpa makna, tanpa tujuan yang ada dalam diri. Adanya hidup pastilah ada makna dan tujuan untuk dituju.

    ReplyDelete
  21. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually, originally a philosophy of moral and epistemological skepticism that arose in 19th-century Russia during the early years of the reign of Tsar Alexander II. The term was famously used by Friedrich Nietzsche to describe the disintegration of traditional morality in Western society.

    ReplyDelete
  22. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually, originally a philosophy of moral and epistemological skepticism that arose in 19th-century Russia during the early years of the reign of Tsar Alexander II. The term was famously used by Friedrich Nietzsche to describe the disintegration of traditional morality in Western society.

    ReplyDelete
  23. Ini adalah bagian yang menurut saya perlu dipahami dengan cermat. Semoga Bapak Prof. Marsigit berkenan untuk menjelaskan tentang Nihilisme dalam materi perkuliahan sehingga menjadi terang pemahamannya. Terimakasih sebelumnya Bapak.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  24. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Nihilisme memandang bahwa dunia dan terutama diciptakannya manusia di dunia ini tidak memiliki suatu tujuan. Penganut nihilisme (Nihilis) biasanya memiliki pandangan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Oleh karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan terasa kosong karena tanpa pegangan dan tujuan.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Ajaran Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular. Nihilisme menganggap dengan adanya keberadaan Tuhan maka kekreatifitasan manusia akan terkekang oleh hukum-hukum agama, dan seharusnya manusialah yang menjadi penguasa bagi dirinya sendiri. Jadi kehidupan itu tidak memiliki arti, Tuhan atau apa pun ternyata hanyalah kekosongan belaka.

    ReplyDelete
  26. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Nihilisme mengatakan bahwa keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki pandangan ini bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan Tuhan. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Pada prinsipnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya. Pegangan itu adalah Tuhan. Jika kemudian ada wacana bahwa tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. Bermula dengan itu, paham nihilisme muncul.

    ReplyDelete
  27. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Nihilisme adalah paradigma yang dibangun oleh Friedrich Wilhelm Nietzsche yang melihat segala sesuatunya dengan nihil. Nihilisme tidak dibangun melalui suatu keadaan yang ada, melainkan pada dasarnya terkonstruksi oleh nilai-nilai nihil itu sendiri.

    Seperti ungkapan Nietzche berikut ini:

    "Tuhan sudah mati. Tuhan tetap mati. Dan kita telah membunuhnya. Bagaimanakah kita, pembunuh dari semua pembunuh, menghibur diri kita sendiri? Yang paling suci dan paling perkasa dari semua yang pernah dimiliki dunia telah berdarah hingga mati di ujung pisau kita sendiri. Siapakah yang akan menyapukan darahnya dari kita? Dengan air apakah kita dapat menyucikan diri kita? Pesta-pesta penebusan apakah, permainan-permainan suci apakah yang perlu kita ciptakan? Bukankah kebesaran dari perbuatan ini terlalu besar bagi kita? Tidakkah seharusnya kita sendiri menjadi tuhan-tuhan semata-mata supaya layak akan hal itu [pembunuhan Tuhan]?" [Nietzsche, Die fröhliche Wissenschaft, seksi 125]
    Sumber:
    (http://cclasscorner.blogspot.co.id/2014/10/tuhan-telah-mati-nihilisme-pengingkaran.html)

    Bagaimana seorang manusia yang lemah, terbatas dan bergantung dengan yang lain dapat mengatakan hal demikian. Tidakkah ia takut terhadap hari pembalasan kelas yang amat mengerikan siksaannya. Tak mampu lagi berkata apa-apa dengan sikap manusia yang sperti ini. Semoga ini hanyalah terjadi kepada Nietzche saja, tidak berlaku kepada yang lain. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa kita dan senantiasa berada dalam Rahmat dan karunia-Nya. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Nihilisme, dipandang dari bentuk katanya berarti meniadakan, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi. Terminology ini dipakai untuk menggambarkan bahwa apa saja yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah mulai memudar dan menuju keruntuhan. Maknanya, dunia dan manusia ini tidak memiliki tujuan dan bernilai. Nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran aliran Filsafat yang menyatakan bahwa pada diri sendiri realitasnya tidak mempunyai makna.

    ReplyDelete
  30. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Kontadiksi dari pandangan ini adalah eksistensi. Yaitu keyakinan akan keberadaan atau keadaan yang memiliki bentuk, rupa, dan makna. Nihilisme mengenggap bahwa tidak ada seseuatu yang penting dan bermakna tentunya menurut pandangan falisbilis kita katakan salah. Bagi yang seorang idealis, maka tentunya tidak ada satupun yang ada tanpa makna. Bagi seorang naturalis. Keadaan apapun disekitar kita adalah berharga dan indah. Maka tidaklah diadakan suatu objek apapun kecuali ada maksud dan fungsi didalamnya.

    ReplyDelete
  31. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Nihilisme berasal dari kata kerja annihilate yang berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi. Paham nihilisme memandang dunia dan keberadaan (eksistensi) manusia itu tidak memiliki arti dan tidak memiliki tujuan. Penganut aliran ini memandang bahwa realitas yang ada di alam ini hanyalah keburukan. Fenomena-fenomena yang ada pada diri manusia adalah keburukan dan segala hal diluar diri manusia adalah buruk dan tak bermanfaat bagi manusia. Paham ini juga meniadakan keberadaan Tuhan karena menurut pandangan ini tidak ada bukti yang mendukung keberadaan-Nya.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Sebagai manusia perlu memberikan jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan akan kemana menuju. Beberapa filsuf yang pernah menulis mengenai nihilisme adalah Friedrich Nietzsche dan Martin Heidegger. Istilah nihilisme sendiri pertama dicetuskan oleh Ivan Turgenev dan diperkenalkan ke dunia filosofi oleh Friedrich Heinrich Jacobi (1743–1819).

    ReplyDelete
  34. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Nihilisme adalah filsafat didasarkan pada gagasan bahwa realitas saja penting. Hal menolak keyakinan, iman, angan-angan, ideologi, moralitas dan sosialisasi sebagai cara apapun bentuk realitas dan / atau "melekat"; ini adalah proyeksi manusia. Semua tindakan potensial adalah pilihan yang bisa kita buat. Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilisme juga tidak anarki. Anarki adalah penilaian moral bahwa struktur kepemimpinan tidak harus ada. Sebuah nihilis akan menolak gagasan bahwa negara itu diperlukan, tapi dengan mengakui bahwa kepemimpinan adalah sebuah pilihan, memaksa kita untuk mempertimbangkan konsekuensi dari jenis kepemimpinan versus tanpa kepemimpinan.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Nihilisme merupakan sebuah aliran yang menyatakan bahwa segala sesuatu dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Eksistensi atau keberadaan manusia tidak memiliki arti apa-apa. Kehidupan ini juga tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih berarti.

    ReplyDelete
  36. pemahaman sy tetang Nihilisme merupakan keyakinan semua nilai-nilai yang tidak berdasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan. Dalam aliran nihilism ini menganggap bahwa keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki tujuan yang mendasar. Karakteristik dari nihilisme yaitu memahami bahwa realitas yang ada di alam ini hanyalah keburukan, serta beranggapan bahwa fenomena-fenomena yang ada pada manusia adalah penderitaan, kemalangan, kemiskinan, dan kehancuran.

    M Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  37. PEP B S2
    16701251016

    Nihil dapat berarti tiada apapun. Tiada apapun dalam pandangan hidup manusia adalah pada tujuan hiduonya tiada yang mendasari atau dengan kata lain kebermaknaan hidup sudah tiada. Kehidupan yang dilakukan pada aliran ini dengan paradigmanya adalah hidup hanya sekedar hasart untuk mempertahankan kehidupan. Tidak mengkonstruk kehidupan sebagaimana yang berorientasi terhadap adanya kehidupan setlah kematian yang menimpa di dunia.

    ReplyDelete
  38. Hidup jika hanya sekedar hidup maka ibarat batu dalam sebuah sungai yang secara subjektif batu itu sendiri adalah hidup namun dengan ketergantungan segala hal yabg ada dilingkungan sekitar. Jika prinsip mengandung makna dualistik yaitu kebermaknaan positif dan negatif maka pandangan nihilism adalah selalu negatif dengan mengedepankan bahwasanya hidup tiada artinya, berbuat sesuka hati dengan melakukan berbagai tindak sesuatu yabg difikirkan hanya kesenangan, tanpa memikirkan bahwa segala bentuj perbuatan akan dipertanggung jawabkan nanti sesudah kematian.

    ReplyDelete
  39. Pandangan ini berbeda denfan cara berfikir orang yang hanya mementingan kehidupan setelah mati dengan terus selalu menganggap didunia ini tidak penting, tidak perlu maka yang dilakukan hanyalah berdoa dan berdoa saja. Bukan demikian saja, keseimbangan kehidupan adalah sejatinya didunia menuai kemanfaatan bagi seluruh obyek hingga menggapai kebahagiaan, begitu juga dengan kehidupan setelah kematian pun atas dasar pertanggung jawaban perbuatan yang baik yang telah dilakukan selama hidup

    ReplyDelete
  40. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Nihilism adalah salah satu pandangan filsafat mengenai ketiadaan. Sederhanya bahwa nihilisme adalah satu aliran filsafat yang menganggap bahwa ketidakadaan sebagai tesis utamanya. Nihilisme (/naɪ.ɨlɪzəm/ atau /niː.ɨlɪzəm/; dari bahasa Latin nihil, tidak ada) adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan dalam satu atau lebih aspek yang bermakna kehidupan. Ketidak adaan dalam dunia ini adalah salah satu hal yang pasti dan mungkin terjadi, tidak ada dalam kehidupan, tidak ada dalam pikiran adalah bagian dari paham nihilism itu sendiri.

    ReplyDelete
  41. Nihilisme adalah sebuah paham yang mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Pada prinsipnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya. Secara garis besar, pegangan itu biasanya diidentikan dengan Tuhan. Jika kemudian ada wacana bahwa tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. Dengan wacana inilah bibit-bibit nihilisme lahir.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  42. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id