Dec 3, 2012

IDEOLOGY and EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami Ideology dan Education, bisa baca berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

42 comments:

  1. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Ideologi merupakan sebuah konsep, para ahli maengemukakan definisi atau pengertian tentang ideologi dari berbagai perspektif.Ideologi merupakan sebuah konsep yang melandasi berbagai sudut pandang, bisa berupa ide-ide dan hal-hal positif guna mengembangkan pendidikan kearah yang lebih baik. Sebagai sebuah konsep istilah, ideologi dimaksud disini adalah serangkaian kepercayaan (belief) yang menjadi orientasi bagi sebuah tindakan.Jika ideology ini digunakan oleh kelompok masyarakat guna untuk memajukan bangsa dan negara maka akan menghasilkan dampak postif pula bagi masyarakat dan negara. Lain halnya ketika ideology ini dipakai oleh suatu kelompok hanya untuk memajukan kelompoknya sendiri agar terlihat unggul di dan berkuasa dimata masyarakat. Oleh karena itu hendaknya ideologi dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  2. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Ideologi dapat diartikan sebagai pandangan hidup. Dalam kehidupan yang nyata, ideologi selalu menentukan arah hidup suatu masyarakat. Setiap masyarakat modern mempunyai ideologi yang menjadi panutan yang membimbing arah perkembangan masyarakat. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Mayoritas masyarakat memiliki keinginan untuk maju berkembang menjadi lebih baik. Keinginan tersebut selalu diupayakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui kegiatan pendidikan. Di samping itu ada banyak macam ideologi dalam pendidikan, di antaranya ideologi pendidikan liberal, ideologi pendidikan kritis, ideologi pendidikan islam ,dan sebagainya. Keberadaan ideologi pendidikan yang beraneka macam dengan penganut dan pengikut masing-masing, sebenarnya hadir sesuai dengan konteks kebutuhan masyarakat pengikutnya. Kehadiran ideologi-ideologi pendidikan bagi masing-masing masyarakat sebenarnya mempunyai fungsi dan peranan penting. Menurut Sisti Kusujiarti, ideologi dapat mempengaruhi kehidupan nyata individu masyarakat dengan mengatur dan memberikan batas-batas terhadap aktivitas keseharian masing-masing individu. Ideologi menggunakan kehidupan dan bahasa sehari-hari sebagai sarana untuk mempengaruhi pengalaman nyata manusia. Ideologi menyediakan suatu cara hidup dan cara pandang untuk menghadapi dunia nyata.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Ideologi memiliki dampak pada pendidikan ialah diantaranya dalam perumusan kebijakan dimana para guru tidak hanya menyampaikan teori saja tetapi harus diaplikasikan. Para guru harus berpihak kepada apa yang benar, dan melawan yang tidak benar. Di sekolah, faktor ideologi membentuk kepribadian di lingkungan sekolah.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Sebuah korelasi antara pendidikan dan ideologi, ideologi adalah ide atau gagasan. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu , secara umum dan beberapa arah filosofis atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat.Ideologi, sebagai sistem kepercayaan suatu kelompok, merupakan penekanan dalam membentuk kesadaran sosial, norma, dan sikap. Meski dalam perkembangannya melibatkan seluruh masyarakat, ideologi mempunyai suatu dampak tertentu pada pendidikan dan sekolah. Fungsinya dalam bidang pendidikan informal untuk membentuk pandangan sosial dan harapan. Di sekolah, faktor ideologi membentuk kepribadian di lingkungan sekolah dan “kurikulum tersembunyi” seperti halnya kurikulum formal.

    ReplyDelete
  5. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Ideologi sebagai sebuah konsep, para ahli maaengemukakan definisi atau pengertian tentang ideologi dari berbagai perspektif. Ideologi memperoleh makna tertentu melalui wacana dan konteks. Ia bisa bermakna sebagai sesuatu yang positif, netral yang bersumber dari ide-ide tertentu, namun juga ia bisa dimaknai sebagaiyang neggatif. Sinomin dengan tipu daya dan kefanatikan. David Mclellan member pengantar untuk topic ideologi dimulai dengan menyatakan: Ideologi adalah suatu konsep yang paling sukar di pahami dalam ilmu sosial secara keseluruan.
    Ideologi sebagai patokan dasar, maka ketika terjadinya desentaralisasi pendidikan yang telah mengintrodusir otonomi, baik otonomi sekolah maupun otonomi perguruan tinggi, maka diperlukan perwujudan pendidikan yang kontekstual berdasarkan kondisi social dan cultural setiap daerah di Tanah Nusantara ini. Selanjutnya perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia pada intinya merupakan tanggung jawab seluruh stake holder pendidikan, utamanya pemerintah, tanpa menafikan keterlibatan elemen masyarakat.

    ReplyDelete
  6. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tidak terputus dari generasi ke generasi dimanapun di dunia ini. Upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan itu diselenggarakan sesuai dengan pandangan hidup dan dalam latar sosial-kebudayaan setiap masyarakat tertentu. bangsa Indonesia belum jelas dalam menganut ideologi pendidikan yang ada atau bahkan belum mampu mengembangkan ideologi negara ini sendiri (ideologi Pancasila) ke dalam dunia pendidikan. Maka Problem solving yang hendak ditawarkan tidak lepas dari perumuskan ideologi Negara (Pancasila) kedalam dunia pendidikan; yakni dengan perwujudan dan pengembangan konsep ideologi pendidikan Pancasila yang sudah dibahas oleh beberapa pakar pendidikan maupun ketatanegaraan.

    ReplyDelete
  7. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Ideologi dapat diartikan sebagai pandangan hidup. Dalam kehidupan yang nyata, ideologi selalu menentukan arah hidup suatu masyarakat. Begitu juga pendidikan, dengan pendidikan kita mampu untuk menentukan arah kehidupan masyarakat, apakah akan bergerak maju dengan pemikiran yang terdidik, atau malah sebaliknya.

    ReplyDelete
  8. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Persoalan ideologi Negara selalu berkaitan dengan pendidikan karena ideologi diajarkan melalui pendidikan baik secara formal maupun nonformal. Membangun pendidikan sama artinya membangun negara dan membangun ideologi pendidikan sama artinya membangun ideologi negara. Perdebatan atau pertarungan ideologi suatu negara berimplikasi pada mekanisme politis terhadap pendidikan dalam kerangka pembentukan karakter filosofis pendidikan nasional yang akan dibangun dan dikembangkan.

    ReplyDelete
  9. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam pandangan sekularisme lahirlah berbagai ide cabang dalam ideologi kapitalisme, seperti demokrasi dan liberalisme (kebebasan). Ketika agama sudah dipisahkan dari kehidupan, berarti agama dianggap tidak memiliki otoritas untuk mengatur kehidupan. Jika demikian, maka manusia itu sendirilah yang mengatur kehidupannya. Sehingga mereka menganggap dirinya paling benar hingga rela menyingkirkan aturan Tuhan dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  10. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Ketika agama dipandang sebagai sesuatu yang terpisah dengan pengaturan kehidupan, terutama bidang pendidikan, maka agama tidak lagi berperan sebagai pengendali motivasi manusia (driving integrating motive) atau faktor pendorong (unifying factor). Kepribadian peserta didik mengalami keguncangan citra diri (disturbance of self image) dan kepribadian yang pecah (split personality) sehingga tidak memiliki kepribadian yang bermoral.

    ReplyDelete
  11. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Ideologi adalah sebuah falsafah atau pandangan yang digunakan oleh seseorang sebagai pandangan hidupnya. Hubungannya dengan pendidikan, ketika sebuah negara memiliki pandangan hidup atau falsafah hidup yang sudah mendasar sudah seharusnya segala sistem yang ada di negara tersebut berpaku atau berpandnagan pada pandangan sebuh negara tersebut. Pandangan hidup pendidikan yang baik untuk Indonesia sebetulnya sudah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantoro sebagai bapak pendidikan. Hal itu harusnya kita berpandangan pada hal ini. Bukan malah berpaku dari pandangan orang luar. Apabila ini diterapkan dengan baik pasti akan menambah corak pendidikan dunia oleh Indonesia

    ReplyDelete
  12. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Ideologi dapat membunuh pendidikan ketika ideologi menginginkan output yang sama untuk semua jenis sekolah. Ini seperti kebijakan pemerintah yang menginginkan seluruh siswa dapat melakukan sesuatu tanpa melihat kemampuan individu yang berbeda-beda. (http://www.americanthinker.com/articles/2012/11/how_ideology_is_killing_education_and_so_much_else.html)

    ReplyDelete
  13. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Ideologi memiliki pengaruh terhadap pendidikan itu sendiri. Karena dalam proses penyampaian konsep atau dalam mengambil setiap keputusan haruslah berdasarkan ideologi yang dapat diartikan sebagai pandangan hidup, sehingga dapat memberikan keputusan yang bijak agar pendidikan itu sendiri memiliki arah yang jelas.

    ReplyDelete
  14. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    jika kita berbicara tentang ideologi dan pendidikan maka itu merupakan suatu keterkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi, sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologi dan organisasi pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan tingkat dunia bahkan. sedangkan pendidikan membentuk polapikir seseorang dan berakibat kepada ideologi dan ketika ideologi ada maka akan mempengaru pendidikan tersebut.

    ReplyDelete
  15. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    ideologi bukan hanya diibaratkan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan suatu kendaraan, ideologi juga merupakan jalan besar yang akan ditempuh oleh kendaraan itu. sejauh mana jalan besar itu dapat ditempuh, tergantung dari kelihaian para pengendara dan juga tergantung persediaan bahan bakar.
    ideologi pendidikan merupakan bahan bakar penggerak kita untuk memastikan bahwa proses pendidikan telah terjadi. ideologi juga merupakan jalan besar yang menentukan haluan mana yang kita pilih. haluan ini pula yang akan menentukan nasib suatu bangsa.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Sebagai sebuah konsep istilah, ideologi dimaksud disini adalah serangkaian kepercayaan (belief) yang menjadi orientasi bagi sebuah tindakan. Dalam kehidupan yang nyata, ideologi selalu menentukan arah hidup suatu masyarakat. Setiap masyarakat modern mempunyai ideologi yang menjadi panutan atau life style yang membimbing arah perkembangan masyarakat. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Mayoritas masyarakat memiliki keinginan untuk maju berkembang menjadi lebih baik. Keinginan tersebut selalu diupayakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui kegiatan pendidikan. Karena pendidikan bertujuan untuk memberi bekal moral, intelektual, dan ketrampilan agar siap menghadapi masa depan dengan percaya diri.

    ReplyDelete
  17. Ideologi dan pendidikan saling berkait. Amerika Serikat contohnya. Terdapat 3 aliran ideologi politik yaitu Progresif/Liberal, Moderat dan Konservatif. Terdapat dua partai politik dominan yaitu Republik dan Demokrat. Kesadaran pendidikan berpengaruh pada karakter idiologi seseorang apakah menjadi liberal, moderat atau konservatif. Paradigma pendidikan ini telah menjadi sistem yang bertahan berabad lamanya. Siapapun yang menjadi pengambil kebijakan, paradigma ini masih bertahan menjadi sistem yang terpola dari masa ke masa.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  18. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Ideologi adalah ide atau gagasan yang didalamnya memuat visi yang komprehensif, sebagai cara pandang tentang segala sesuatu secara umum atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok individu yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Ideology dalam pendidikan saya kira suatu tatanan ide, gagasan yang memuat visi dan misi pendidikan itu sendiri. Sehingga apa yang ingin diraih dan bagaimana cara meraihnya menjadi jelas dan terpandu sesuai ideology yang dipilih dan dianut.

    ReplyDelete
  19. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Ideology merupakan pandangan hidup setiap masing-masing pribadi. Cara yang paling mudah untuk menyebarkan ideologi adalah menggunakan dunia pendidikan. Karena pendidikan merupakan salah satu harapan masyarakat yang diyakini bisa menumbuhkan sikap moral yang baik atau dalam sisi pragmatisnya bisa digunakan untuk mencari kesejahteraan.

    ReplyDelete
  20. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Ideologi secara harfiah dan sebagaimana digunkan dalam metafisika klasik, ideology merupakan ilmu pengetahuan tentang ide-ide, studi tentang asal-usul ide-ide. Sebagai gambaran fungsi ideologi dan dampaknya pada bidang pendidikan, kita dapat menggunakan konsep ” rangkaian ideologi.” Rangkaian Ideologi meliputi: (1) berasal dari sitem kepercayaan yang umumnya berdasar pada pandangan masa lalu seperti sejarah atau dongeng; atau kombinasi kedua-duanya; ( 2) suatu penafsiran sebagai keinginan masa lalu untuk memastikan rencana dalam mencapai keberhasilan; usaha untuk menerapkan ideologi membuat rancangan kebijakan menyempurnakan beberapa tindakan sekarang dan masa depan; dan ( 3) tindakan yang berdasar pada arah kebijakan , menuju hasil yang diinginkan.
    Kebijakan dirancang sebagai pendukung perubahan bidang pendidikan. Keberhasilan dalam menerapkan kebijakan ini diantisipasi dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan matematika serta kompetensi, pencapaian prestasi akademis yang tinggi.

    ReplyDelete
  21. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Ideologi merupakan sebuah landasan dan pandangan terhadap suatu konsep serangkaian kepercayaan yang menjadi orientasi bagi sebuah tindakan. Bidang yang salah satunya menjadi pandangan ideologi yang sering kita temui yaitu pendidikan. Ideologi pendidikan mengarahkan dan menggerakkan tindakan-tindakan dalam pendidikan dipandang sebagai sistem nilai atau keyakinan yang mengarah dan menggerakkan suatu tindakan sosial. Jadi dengan ideologi ini pendidikan lebih terarah dan tujuannya dapat dicapai sesuai dengan falsafah pendidikan.

    ReplyDelete
  22. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Antoine Destutt de Tracy (1754-1836M) memandang bahwa ideologi sebagai ilmu tentang pikiran manusia yang mampu menunjukkan arah yang benar menuju masa depan. ideologi merupakan sebuah konsep, ide, seperangkat nilai dan aturan tentang kebenaran yang dianggap terberi, alamiah, universal dan menjadi rujukan bagi tingkah laku manusia. Pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan sosial tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Pendidikan berupaya untuk mengatur struktur pendidikan, juga mempunyai andil dalam perubahan sosial untuk bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik. Untuk sampai pada pemilihan posisi mana yang akan dijalankan dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Pada tingkat dunia, proses ideologi tampaknya telah dikaitkan dengan ekspansi yang luar biasa dari sistem pendidikan setelah Perang Dunia Kedua, dan dengan berbagai karakteristik yang terkait sistem pendidikan nasional (Ramírez dan Boli 1987; Meyer, Ramirez dan Soysal 1992; Wong 1991; McNeely 1995). Hal ini dapat dilihat dari dari jurnal Springer yang ditulis oleh Robert Fiala dengan judul “Educational Ideology and the School Curriculum” menerangkan bahwa Sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologi dan organisasi pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan bahkan tingkat dunia. Penelitian tersebut merupakan upaya untuk menilai karakter dan perubahan proses-proses ideologis dengan memeriksa tujuan resmi menyatakan pendidikan di negara-negara di seluruh dunia pada paruh kedua abad kedua puluh.

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Ideology constructs the stereotypes that are legitimised and supported by certain social institutions. Thus, ideology that has the backing of powerful social institutions becomes dominant in a society and has the potential to capture the minds of marginalised groups. It is this subtle hegemony of ideas which was first focused and elaborated on by Italian scholar, Gramsci in Prison Notebooks.

    ReplyDelete
  25. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sebuah sistem pendidikan dibentuk dan merupakan pencerminan dari proses ideologi baik pada tingkat individu, kelompok, masyarakat, bahkan tingkat dunia. Sebuah negara haruslah menjelaskan sistem pendidikannya seperti apa sehingga jelas tujuan pendidikan dan pembentukan warna negara mengedepankan pada sektor apa. Penjelasan sistem ini akan mempengaruhi poin utama ketetapan kurikulum yang digunakan. Di Indonesia, masih belum terlihat identitas pendidikannya seperti apa, sehingga kurikulumpun masih sering bergonta-ganti seiring pergantian jabatan kepemimpinan, dan tentunya hal ini sangat merugikan hasil pelaksanaan dan pelaksananya seperti guru, siswa, dst.

    ReplyDelete
  26. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Ideologi merupakan konsep yang mendasari berbagai sudut pandang. Berkaitan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan adanya ideologi pendidikan maka struktur pendidikan akan terbentuk, selain itu ideologi pendidikan juga mempunyai andil dalam perubahan sosial untuk bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik

    ReplyDelete
  27. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Ideologi merupakan cara pandang seseorang dalam menilai dan menyikapi sebuah fenomena. dalam ideologi terdapat tata nilai dan prinsip yang berfungsi sebagai landasan dalam berfikir seseorang. Ideologi berkaitan erat dengan pola fikir dan kepercayaan akan kebenaran sebuah ilmu atau teori yang sesuai dengan pribadi masing-masing manusia. Dengan demikian ideologi pendidikan merupakan landasan sebuah struktur pendidikan yang akan diterapkan yang sesuai dengan pola fikir dan tata nilai yang dianut.

    ReplyDelete
  28. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Ideologi merupakan pemikiran mendasar tentang alam semesta, manusia, dan kehidupan. Ideologi ini akan memancarkan aturan kehidupan yang sesuai dengan pandangan ideologi tersebut. Adapun tiga ideologi di dunia ini hanya ada tiga yaitu kapitalisme, sosialisme, dan islam. Keseluruhan ideologi ini memiliki seperangkat aturan yang mengatur kehidupan manusia, serta memberi solusi bagi permasalahan manusia.

    Pendidikan ditentukan oleh ideologi yang diemban suatu negara. Adapun pendidikan memiliki peran yang strategis dalam “mencetak” generasi yang unggun yaitu generasi pemimpin peradaban yang berakidah kuat, berkepribadian islam, dan menguasai IPTEK.
    Pendidikan dalam sistem kapitalisme tidak ditujukan membentuk kepribadian. Pendidikan justru dijadikan penopang mesin kapitalisme dengan diarahkan untuk menyediakan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keahlian. Akibatnya kurikulum disusun lebih menekankan pada pengetahuan dan keahlian tapi kosong dari nilai-nilai agama dan moral.

    Demi menjamin kebebasan maka penyelenggaraan pendidikan tidak boleh diatur secara sentralistik dan harus sebanyak mungkin bersifat otonom. Disinilah kita bisa tahu kenapa kurikulum nasional “dibonsai” dan penentuan materi serta muatan program makin banyak diserahkan kepada pihak sekolah. Sekolah yang menentukan buku materi pengajaran yang digunakan, yang dalam prakteknya banyak terjadi perselingkuhan dengan penerbit dengan imbalan tertentu.

    Otonomi yang diberikan juga mencakup pendanaan. Akibat kapitalisme, peran pendanaan oleh pemerintah harus makin berkurang dan sebaliknya pendanaan oleh masyarakat (orang tua siswa) makin besar. Sekolah berkualitas pun menjadi mahal. Akibatnya, terjadinya ‘lingkaran setan’ kemiskinan. Orang miksin tidak bisa mendapat pendidikan berkualitas. Mereka tidak bisa mengembangkan potensi dirinya dan tetap terperangkap dalam kemiskinan. Masyarakat semakin terkotak-kotak berdasarkan status sosial-ekonomi. Hanya orang menengah keatas yang bisa mengakses pendidikan berkualitas. Padahal sekolah seharusnya dapat menjadi pintu perbaikan taraf hidup bagi si miskin. Selain itu juga akan melanggengkan penjajahan.

    Karena itu harus dilakukan reorientasi dan penataan kembali pendidikan mulai dari filosofi, tujuan dan kurikulum sampai ke manajemen pendidikan, metode pembelajaran, substansi pengajaran, pendanaan pendidikan, dan sebagainya. Pendidikan harus dibebaskan dari kapitalisme.
    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  29. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Ideologi politik yang dianut Amerika Serikat bervariasi tetapi orang di AS umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai orang yang patuh terhadap liberal / progresif, moderat, atau konservatif. Liberalisme modern Amerika bertujuan untuk melestarikan dan memperpanjang hak asasi manusia, sosial dan sipil. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintah kecil dan kebebasan individu, sementara mempromosikan nilai-nilai tradisional pada beberapa isu-isu sosial.

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Ideologi mengacu pada apa yang orang pikir dan percaya mengenai masyarakat, kekuasaan, hak, tujuan kelompok, yang kesemuanya menentukan jenis tindakan mereka. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Persoalan ideologi dalam pendidikan memang merupakan masalah yang rumit karena terkait dengan sistem nilai atau pola gagasan yang menjadi keyakinan seseorang atau kelompok.

    ReplyDelete
  31. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Ideologi dan pendidikan. Pendidikan ternyata bisa melibatkan beberapa hal yang mempengaruhinya. Ideologi akan memiliki dampak yang positif dan negatif bagi pendidikan. Jika pemerintah menggunakan ideologi yang sesuai dengan karakter sebuah bangsa, maka pendidikan pun akan berdampak positif. Begitupun sebaliknya. Alangkah baiknya jika ideologi yang digunakan sebuah bangsa disesuaikan dengan filosofi bangsa itu sendiri dan terus digunakan sebagai pondasi dalam menghadapi perubahan zaman.

    ReplyDelete
  32. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Sitem penddiikan mereflesikan dan dibentuk oleh proses organisai dan prose ideologi di tingkt individu, kelompok, masyarakat bhakan dunia. Pada tingkat dunia, proses ideologi munl sudah di asosiaikan dengan expasni / perluasan yang luar biasa pada sistem pendidiakn mengikuti perang dunia kedua, dan dengans euah susunan karekatre yang terasosiai dari sitem pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  33. Nuha Fazlusalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Pendidkan, ingin mengashilkan outcome yang sama, padahal siswa adalah berbeda, perbedaan ini adalh ketidak cocokan, bagaiman ketidak cokan ini di cocokan secara bersama dengan alat (LKS) yang seusi, sehingga perbedaan tersbut dapat difasilitasi.

    ReplyDelete
  34. Nuha FAzlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Ideologi politik di US . orang di negara US secara umum mengklasisfikasikan dirnya sebagai penganut posisi sepanjng sektrum politik sebagai liberal/progressiv, moderat atau konservatif. Liberalisme amerika modern bertujuan pada pemerliharaan dan penyeberluasana manusia, sosial, hak sipilserta pemerintah menajmin ketentuan hak positif

    ReplyDelete
  35. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Di link ini saya dapat mengetahui perbedaan anatara pendidikan karakter dan pendidikan amoral yaitu pendidian karekater-pendidikan moral, habits-refleksi, kelompok/kolaboratif-indiviud, eksternal-internal, bahaya/keadilan/ kelopok/otoritas/ kemurnian-bahaya dan keadilan, partikularis-universalis,sifat/emosi/aksi-logika

    ReplyDelete
  36. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Ideologi merupakan konsep yang mendasari berbagai sudut pandang. Berkaitan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan adanya ideologi pendidikan maka struktur pendidikan akan terbentuk, selain itu ideologi pendidikan juga mempunyai andil dalam perubahan sosial untuk bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik

    ReplyDelete
  37. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Beragam teori pilihan publik telah diterpakan di pendidikan. Melihat pendidkan melalu lensa public choice, analsii ini menyimpulan bahwa public education is wasteful ad autokratik, kare public education itu diatur melalui sistem top-down dari kontrol hirarki. Power dikonsentraskan di dalam birokrai (agen pendidikan negeri, adminitarsi sentra; di dalam wilayah dan sekolah) dengan kontrol monopolitik pada pelayanan pendidikan. Jadi maih adanya motif yang termuat pada sistem dan peyana oendidikan di negara kita ini, bahkan berada di wilayah payung yang lebih luas, hanya untuk kepentingan kelompok tertentu bukan untuk kepentinga padra peseta didik.

    ReplyDelete
  38. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Pendidikan telah menjadi salah satu carrier utama dari proyek sosio ekonomik. Pendidikan di tindak sebagai celah untuk memastika bahwa ini adalh visi baru dari regulasi sosial adalah ksaam dengan ekonomi beo-liberal. Mengambangkan kemampuan kapabilitas ekonomi di dalam pendidikan telh diharapkan mnaturaissasikan liberalisme dan memberian nya sebuah pengesahan yang implisit

    ReplyDelete
  39. Pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan sosial tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan berupaya untuk melegitimasi atau melanggengkan tatanan/ struktur pendidikan juga mempunyai tugas untuk melakukan perubahan sosial dan transformasi menuju dunia yang lebih adik. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Untuk sampai pada pemilihan posisi mana yang akan dijalankan (apakah melanggengkan struktur atau merubah struktur) dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  40. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Ideologi adalah suatu pandangan yang digunakan untuk menentukan arah hidup suatu masyarakat. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Semua lapisan masyarakat tentu memiliki keinginan untuk memajukan pendidkkan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pemerintah beserta masyarakat harus bekerja sama dalam membangun dan menjalankan ideologi pendidikan dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  41. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologi dan organisasi pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan bahkan tingkat dunia. Di tingkat dunia, proses ideologi tampaknya telah dikaitkan dengan ekspansi yang luar biasa dari sistem pendidikan setelah Perang Dunia Kedua, dan dengan berbagai karakteristik yang terkait sistem pendidikan nasional. Penelitian saat ini adalah upaya untuk menilai karakter dan perubahan proses-proses ideologis dengan memeriksa tujuan pendidikan di negara-negara di seluruh dunia secara resmi pada paruh kedua abad kedua puluh. Tujuan-tujuan ini berfungsi sebagai indikator tidak hanya untuk ideologi pendidikan di tingkat masyarakat dan dunia, tetapi juga merupakan indikator dari kurikulum yang dimaksudkan sebagai tujuan umum untuk proses kegiatan mengajar di sekolah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  42. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Ideologi adalah sebuah aturan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran suatu kegiatan, Aturan tersebut disepakati oleh orang orang yang berada didalamnya. kemudian ideologi pendidikan adalah aturan yang disepakati dalam rangka menyelenggarakan pendidikan. Ideologi yang diciptakan menjadi petunjuk bagaimana masyarakat, guru, siswa dan bahkan pemerintah menanggapi melaksanakan serta mendukung pendidikan di Indonesia. ideologi sebaiknya perlu dipertimbangkan dengan baik, apakah sudah sesuai dengan karakteristik dan ideologi sebaiknya tidak bersifat mengikat.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id