Dec 3, 2012

WISDOM





 Ass Wr Wb
Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang WISDOM, bacalah berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom









Wss Wr Wb
Marsigit

49 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Wisdom memiliki banyak pengertian yang luas. Kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat, kecerdikan adalah bagian dari wisdom. Jadi wisdom adalah kemampuan seseorang untuk mengelolah kehidupannya dengan cerdas dan berimbang. Wisdom juga dapat diartikan sebagai kecakapan seseorang dalam mengatur dan mengkondisikan suatu keadaan dengan berbagai pengalaman, pengetahuan, pemikiran dan kecerdasan yang dimiliki.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P.Matematika/A/2016

    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Dengan kata lain wisdom adalah sebuah kebijaksanaan, yang dimiliki seseorang dalam menyikapi kehidupan dengan tepat. kebijaksanaan mencerminkan kedewasaan cara berfikir dalam memandang suatu hal dan mengambil keputusan dengan tepat tanpa melibatkan emosi.

    ReplyDelete
  3. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016

    Hikmah atau kebijaksanaan adalah penggunaan suatu pengetahuan dengan benar. Menurut Plato hikmat adalah pemahaman sebab-akibat, yaitu mengetahui mengapa suatu hal itu seperti itu, yang lebih dalam dari sekadar mengetahui bahwa suatu hal itu seperti ituDalam Menurut Ibn Sina menyatakan bahwa: hikmah adalah kesempurnaan jiwa manusia tatkala berhasil menangkap makna segala sesuatu dan mampu menyatakan kebenaran dengan pikiran dan perbuatannya sebatas kemampuannya sebagai manusia.
    Filsafat barat ada 7 pilar kebijaksanaan yaitu ekonomi pasar bebas, ilmu pengetahuan dan teknologi, meritokrasi, pragmatisme, budaya damai, aturan hukum, dan pendidikan.
    Dalam islam, hikmah merupakan anugrah terbesar dari Allah untuk manusia, dapat mengetahui dan menjalankan tugas manusia yang benar sebagai hamba Allah. Dalam surah Al Baqarah ayat 269 :”Allah menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)”.
    Dalam surah Al Hajj ayat 46: “maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kebijaksanaan atau cita rasa adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan telah dianggap sebagai salah satu dari empat kebajikan utama; dan sebagai suatu kebajikan, itu adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan. Ini menyiratkan memiliki pengetahuan atau mencari pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang optimal tindakan. Hal ini sering membutuhkan kontrol dari reaksi emosional seseorang (yang "Kesukaan") sehingga prinsip universal alasan berlaku untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian optimal untuk apa yang harus diambil tindakan.

    ReplyDelete
  5. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    wisdom dapat berarti Hikmah atau kebijaksanaan dalam penggunaan suatu pengetahuan dengan benar atau dalam bahasa Inggri Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Seringkali membutuhkan penguasaan reaksi emosional seseorang (passions) supaya prinsip, pertimbangan dan pengetahuan universal dapat menentukan tindakan seseorang. Hikmat juga berarti pemahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Wisdom dalam bahasa Indonesia berarti kebijaksanaan. Dan dalam pengertian yang lebih luas, wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut.
    Saya sendiri, mendefenisikan wisdom secara lebih sederhana, yakni kemampuan seseorang dalam menyikapi masalah dalam kehidupannya. Oleh karena itu, wisdom merupakan perjalanan yang didapat manusia sepanjang hidupnya. Tiada hidup tanpa masalah, dan tiada masalah tanpa solusinya. Hadapilah setiap masalah dengan bijaksana, dengan wisdom.

    ReplyDelete
  7. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Wisdom atau kebijaksanaan merupakan suatu keterampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Wisdom atau hikmat juga memiliki suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Sehingga wisdom lebih merujuk pada kemampuan yang dilakoni seseorang untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan dengan bijaksan dan memandang hidup dengan penuh hikmah.

    ReplyDelete
  8. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Filsuf, psikolog, pemimpin spiritual, penyair, novelis, pelatih kehidupan, dan berbagai pemikir penting lainnya telah mencoba untuk memahami konsep kebijaksanaan. Kebijaksanaan mempunyai arti yang luas. Phythagoras dengan rendah hati mneyebut dirinya philosophos yakni pecinta kebijaksanaan. Banyak sumber menegaskan bahwa sophia mengandung arti yang leih luas daripada kebijaksanaan, yaitu kerajinan, kebenaran pertama, pengetahuan yang luas, kebajikan intelektual, pertimbangan yang sehat, dan kecerdasan dalam memutuskan hal-hal praktis.

    ReplyDelete
  9. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Wisdom berarti dalam bahasa yunani diterjemahkan sebagai kata "sophos". Sophos sendiri merupakan bagian dari kata "phylosophy". Phylosophy dari kata Pilos (cinta), Sophos (kebijaksanaan), tahu dengan mendalam, hikmah. Phytagoras (572-497 SM) ditahbiskan sebagai orang pertama yang memakai kata philosopia yang berarti pecinta kebijaksanaan (lover of wisdom) bukan kebijaksanaan itu sendiri. Sementara dalam pandangan Islam, kebijaksanaan (wisdom) dikenal sebagai kata "hikmah" yang berasal dari kata "al-hakim". Hikmah adalah perkara tertinggi yang bisa dicapai oleh manusia dengan melalui alat-alat tertentu, yaitu akal dan metode-metode berfikirnya.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Maka dari itu wisdom ini bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di setiap usia, walau pada umumnya terdapat pada sebagian kecil orang yang telah dewasa. Kondisi ini karena mereka telah melalui perjalanan hidup yang lebih panjang daripada sebagian besar orang lainnya, sehingga mereka pun memperoleh pengalaman yang berguna.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang optimal tindakan. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian optimal untuk apa yang harus diambil tindakan.

    ReplyDelete
  12. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut (wikipedia.org). Wisdom dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Saya tertarik dengan wisdom dalam agama Islam. Dalam Islam, wisdom atau hikmat dianggap salah satu karunia terbesar yang dapat dinikmati manusia. Al Qur'an menyatakan bahwa: "Allah menganugrahkan al-Hikmah (kefahaman yang dalam tentang al-Qur'an dan as-Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al-hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)." (Q.S: Al-Baqarah ayat 269)

    ReplyDelete
  13. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Wisdom merupakan proses untuk memahami diri kita sendiri, yang diperoleh melalui proses eksplorasi diri sepanjang hidup, mengalahkan tantangan hidup, dan menghormati diri sendiri atas pilihan-pilihan pribadi yang diambil. Individu yang baik adalah individu yang dapat memahami dirinya sendiri. Individu tersebut mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya sendiri. Namun, hal itu tidak mudah. Individu harus bergelut dengan banyak pengalaman agar dapat memaami dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  14. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    filsafat mengajarkan kita tentang kebijaksanaan. filsafat mengajarkan kita bahwa sebenar-benar orang cerdas adalah orang yang sopan terhadap ruang dan waktu. filsafat juga mengajarkan kita tentang penitingnya berdialog dengan hati untuk mencapai kebijaksanaan. kebijaksanaan dapat pula diartikan sebagai penghilangan ego, penghilangan sifat kedirian, dan memandang segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda. kebijaksanaan mengibaratkan dunia ini serupa rumah yang memiliki banyak pintuu dan jendela. orang bijak akan memilih untuk melihat dunia tidak melalui satujendela saja, tetapi melalui beberapa jendela atau bahkan semuajendela yang ada di rumah besar tersebut.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Wisdom merupakan suatu sikap kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan dan kearifan terhadap yang baik dan mana yang salah dan semua terakumulatif dari tingkat pengetahuan dan pemahaman dalam proses pembelajaran seseorang baik terhadap lingkungkannya ataupun dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  16. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Dalam bahasa Yunani, wisdom diartikan sebagai "sophos" yang merupakan bagian dari "phylosophy". Phylosophy dari kata Pilos (cinta), Sophos (kebijaksanaan), tahu dengan mendalam, hikmah. Phytagoras (572-497 SM) disebut sebagai orang pertama yang menggunakan kata philosopia yang berarti cinta akan kebijaksanaan. Oleh karena itu, kita harus bersikap bijak dalam melakukan semua hal dengan penuh keikhlasan.

    ReplyDelete
  17. Pemahaman tentang pemaknaan hidup dan keinginan untuk mengetahui kebenaran, yaitu untuk memahami arti dan makna. Terkait dengan para cara dan fenomena serta peristiwa, diutamakan pada yang berkorelasi dengan intra, antar, antarpersonal dan interpersonal. Meliputi akan kemampuan pengetahun dan proses penerimaan.
    Wisdom yang didalamnya terdapat koginitifistik tentu mengandung banyak subjek yang berkeliaran dalam bentuk yang sederhana untuk mengestimasi tingkah laku manusia.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP KELAS A 2016

    ReplyDelete
  18. Ardelt (2003) menjelaskan wisdom sebagai kombinasi pada cognitive, reflective, dan affective yang ada pada kepribadian seseorang.
    Jika kesemuanya aktif dan melebur dalam satu rangkaian menjadi sebuah elegi yang belun pernah manusia kembangkan sebagai bentuk elegi positif.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S3 PEP KELAS A 2016

    ReplyDelete
  19. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kebijaksanaan atau cita rasa adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan telah dianggap sebagai salah satu dari empat kebajikan utama; dan sebagai suatu kebajikan, itu adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan. Ini menyiratkan memiliki pengetahuan, atau mencari pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang optimal tindakan. Sumber https://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom

    ReplyDelete
  20. Dari salah satu sumber diatas, yang menarik adalah adanya referensi mengenai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Dengan kearifan Pancasila, mampu merekatkan komponen bangsa yang majemuk Suku, Agama, Ras, Golongan maupun kepentingan politik. Kecerdasan para pemimpin kita dulu telah menghasilkan kekuatan dalam kebhinekaan Indonesia.
    Namun saat ini terjadi pergeseran makna, dimana Pancasila hanya dianggap dan dipandang secara formalitas semata. Upaya pelestarian nilai-nilai Pancasila mestinya ditumbuhkan kembali dalam format yang berbeda.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  21. Misnasanti
    1670925101
    PPs PMAT A 2016

    Wisdom dalam bahasa Latin sapientia. Kata Latin ini memiliki kaitan dengan “pengertian”. Arti istilah Anglo-Saxon wisdom dapat dibandingkan dengan istilah Yunani Sophia, yang pada awalnya mengacu kepada seni praktis. Dalam hubungan kekekalan, kebijaksanaan bukan pengetahuan pada umumnya, melainkan pengetahuan tentang yang hakiki dalam hidup manusia, tentang prinsip pokok dan tujuan terakhir dari eksistensi yang terbatas. Jadi, kebijaksanaan merupakan permenungan (kontemplasi) dan putusan tentang hal-hal duniawi dalam terang kekekalan (sub specie aeternitatis)

    ReplyDelete
  22. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari salah atu link diatas dikatakan “This involves an understanding of people, objects, events, situations, and the willingness as well as the ability to apply perception, judgement, and action in keeping with the understanding of what is the optimal course of action” yang maksudnya wildom melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang menjadi tujuan tertinggi atau optimal dari satu tindakan. Dalam bahasa Indonesia wisdom disebut hikmat juga berarti pemahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan. Saya kira wisdom menyangkut sesuatu yang menjadi penilaian dan tindakan dengan memilih yang paling bernilai baik, berguna dst diantara lainnya.

    ReplyDelete
  23. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Wisdom merupaka kebijaksanaan. Kebijaksanaan di sini digunakan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman serta pikiran yang logis. Selain itu kebijaksanaan merupakan disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian yang optimal untuk diambil sebuah tindakan. Wisdom ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan kita bisa saling berinteraksi terhadap manusia lainnya dalam mengambil sebuah keputusan yang bermanfaat dan juga sebagai landasan dalam ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  24. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Kebijaksanaan merupakan keahlian dalam mengatasi permasalahan mendasar yang berkaitan dengan perilaku dan makna hidup serta keseimbangan antara pemahaman individu tentang dirinya sendiri (intrapribadi), orang lain (antarpribadi) dan berbagai aspek kehidupannya (ekstrapribadi). diantara ciri2 kebijaksanaan antara lain adalah Memiliki banyak pengetahuan umum dan praktis. Pengetahuan tentang hidup dan kehidupan manusia,memahami konteks kehidupan dan berdaya toleransi tinggi...

    ReplyDelete
  25. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Wisdom atau kebijaksaan terdapat pada Pancasila sila ke-4. Kebijaksanaan yang tertuang dalam Pancasila dalam dikatakan bahwa kebijaksanaan adalah pemimpin yang berhatinurani, arif, bijaksana, jujur, adil, dsb pada hal-hal yang bersifat psikis/rohaniah. Hikmat kebijaksanaan berarti penggunaan pikiran yang sehat dengan selalu mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa, kepentingan rakyat dan dilaksanakan dengan sadar, jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta didorong oleh itikad baik sesuai dengan hati nurani. Demokrasi menuntun kita kepada kebijaksanaan dalam kebulatan suara yang timbul dari musyawarah antara perwakilan.

    ReplyDelete
  26. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    Before turning to alternative approaches to wisdom, it is worth mentioning another interpretation of Socrates that fits with the general spirit of epistemic humility. One might think that what Socrates is establishing is that his wisdom is found in his realization that human wisdom is not a particularly valuable kind of wisdom. Only the gods possess the kind of wisdom that is truly valuable. This is clearly one of Socrates' insights, but it does not provide us with an understanding of the nature of wisdom. It tells us only of its comparative value.

    ReplyDelete
  27. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Wisdom atau hikmat adalah suatu pengertian atau pemahaman yang dimiliki seseorang mengenai orang, barang, kejadian atau situasi yang dapat menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut,Atau jika diartikan secara lebih sederhana wisdom atau hikmat dapat diartikan sebagai penggunaan suatu pengetahuan dengan benar. Filsafat menurut Socrates dan Plato adalah cinta akan hikmat karena filsafat dalam bahasa yunani disebut ‘filosofi’ yang tersusun dari kata ‘filo’ yang artinya cinta kasih dan ‘sofia’ artinya hikmat. Sehingga sebenar-benarnya filsafat adalah mencari kebenaran yang sebenar-benarnya berdasarkan hikmat yang dimiliki.

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Wisdom atau kebijaksanaan merupakan suatu sifat dan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan, pemahaman, pengalaman, akal sehat dan wawasan yang dalam. Seseorang yang bijaksana akan dapat memecahkan masalah dengan baik, karena orang yang bijaksana mempunyai kualitas dalam berpengetahuan, serta mempunyai kapasitas untuk menggunakannya. Dia mempunyai ketajaman akal, adil, cerdas, dan mahir tentang ilmu pengetahuan tertentu.

    ReplyDelete
  29. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dalam perspektif psikologi, Menurut Takahashi dan Overton (2002) wisdom dipahami sebagai "Ekspresi" dari fungsi yang terpadu dari beberapa proses psikologis dalam konteks tertentu.Sedangkan pada Labouvie-Vief (Sternberg, 2002) mendefinisikan wisdom sebagai landasan operasi intelektual dan biasanya dikaitkan dengan "logos" (alasan) dalam "mitos" (inti dari proses inter dan intrapersonal).

    ReplyDelete
  30. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Wisdom berarti suatu sikap yang arif atau bijaksana atau juga dapat diartikan sebagai hikmah dari menyikapi suatu permasalahan. Bijaksana sendiri merupakan suatu kemampuan dalam menyikapi suatu permasalahan kehidupan, dengan pengetahuan mengenai masalah kehidupan yang disikapi dengan tepat dan sesuai kondisi ruang dan waktunya.


    Orang yang mendapatkan ilmu hikmah dari Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah hasil dari amalan yang istiqomah yang didasarkan pada ilmu-ilmu syar’i dan Ia senantiasa memegang sunnah-sunnah Rasulullah , memahami dan mengamalkan dengan benar tanpa dicampur dengan kesyrikan. Ilmu hikmah dalam pandangan Islam adalah ilmu yang memang datangnya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang dimiliki oleh orang yang memilki rasa takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, orang memiliki ilmu syar’i dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang bersumber pada kitabullah dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam serta berdasarkan pemahaman para sahabat yang mulia(http://hasmidepok.org/aqidah-islam/ilmu-hikmah-dalam-pandangan-islam.html).

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Wisdom memiliki arti yaitu kebijaksanaan yang merupakan kemampuan berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan , pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan mengenai orang, barang, kejadian, ataupun situasi. Orang yang bijaksana adalah mereka yang terpilih, senantiasa menggunakan karunia yang diberikan Tuhan kepadanya untuk melakukan tindakan yang berguna. Wisdom juga merupakan proses untuk memahami diri kita sendiri, yang diperoleh melalui proses eksplorasi diri sepanjang hidup, mengalahkan tantangan hidup, dan menghormati diri sendiri atas pilihan-pilihan pribadi yang diambil.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Wisdom adalah kebijaksanaan. Kebijaksanaan merupakan ruh kehidupan manusia. Satu diantaranya adala kebijaksanaan dalam berpikir, dimana dengan memperhatikan filsafat sebagai tradisi berpikir, memaknai filsafat sebagai konstruksi kreativitas akal budi manusia dalam pergumulan situasi historis, yakni yang tersusun secara sistematis-metodologis dalam menerangkan respon manusia dalam menghadapi perkembangan iptek, budaya global, interaksi dengan agama dan tradisi.

    ReplyDelete
  33. Indonesia memiliki kekayaan kearifan lokal (local wisdom). Kearifan lokal ini terkait dengan pandangan terhadap alam semesta. Bagaimana kita menghargai alam sebagai ciptaan ALLah SWT. Wisdom pada masyarakat Indonesia tumbuh dan berkembang sejalan dengan pola pikir masyarakat. Kultur masyarakat yang mengkeramatkan suatu hutan tertentu, misalnya, sebenarnya ada tujuannya, yaitu untuk menjaga keaslian hutan, kayu, air dan bahkan barang tambang yang ada dibawahnya.
    Namun, reduksi makna yang muncul saat ini dengan mengatakan bahwa itu hanya mistik belaka, telah mengakibatkan kerusakan hutan, lahan dan lingkungan dalam skala luas. Local wisdom terabaikan dan kejadian tak terduga akan muncul.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  34. Saat ini, ada kepedulian untuk melestarikan local wisdom di Indonesia. Ternyata local wisdom adalah kekayaan spiritual yang tak ternilai harganya. Local wisdom juga memiliki nilai filsafat. Bagi masyarakat yang hidup di gunung berapi misalnya, nilai-nilai tradisional tetap dijaga sebagai wujud harmonisasi dengan lingkungan alam. Dalam konsep Living harmony with disaster, salah satu point penting adalah menjaga dan melestarikan local wisdom.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pemahaman kita terhadap orang lain, benda, atau peristiwa. Seringkali membutuhkan penguasaan reaksi emosional seseorang agar prinsip, pertimbangan dan pengetahuan universal dapat menentukan tindakan seseorang. Wisdom juga berarti pemahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan.

    ReplyDelete
  36. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Robert I. Sutton dan Andrew Hargadon mendefinisikan sikap kebijaksanaan sebagai bertindak dengan pengetahuan sembari meragukan apa yang seseorang ketahui. Aristoteles dalam karyanya “Metafisika”, mendefinisikan keijaksanaan sebagai pemahaman tentang sebab-akibat, yaitu mengetahui mengapa suatu hal itu seperti itu, lebih dalam dari sekadar mengetahui bahwa suatu hal itu seperti itu. Robert Sternberg mendefinisikan kebijaksanaan sebagai keseimbangan antara pemahaman individu tentang dirinya sendiri (intrapribadi), orang lain (antarpribadi) dan berbagai aspek kehidupannya (ekstrapribadi) yang dinamakannya sebagai teori kebijaksanaan yang seimbang atau balance theory of wisdom.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  37. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. alam perspektif psikologi, Menurut Takahashi dan Overton (2002) wisdom dipahami sebagai "Ekspresi" dari fungsi yang terpadu dari beberapa proses psikologis dalam konteks tertentu.Sedangkan pada Labouvie-Vief (Sternberg, 2002) mendefinisikan wisdom sebagai landasan operasi intelektual dan biasanya dikaitkan dengan "logos" (alasan) dalam "mitos" (inti dari proses inter dan intrapersonal).

    ReplyDelete
  38. Wisdom adalah Hikmat atau hikmah. Wisdom merupakan suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    wisdom merupakan suatu pemahaman atas dasar pemikiran yang dimiliki seseorang dalam menghasilkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan, sehingga dapat disederhanakan bahwa wisdom dapat merupakan sifat yang dapat dimilki oleh manusia yang berilmu dalam melakukan tindakan-tindakan yang mencerminakan ilmu yang dimilkinya, sehingga membentuk suatu etika dan estetika terhadap sikap dan pemikirannya.

    ReplyDelete
  40. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Wisdom adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan yang telah dimiliki. Wisdom juga untuk melatih melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan.

    ReplyDelete
  41. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Wisdom adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan yang telah dimiliki. Wisdom juga untuk melatih melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan.

    ReplyDelete
  42. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Wisdom adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan , pengalaman , pemahaman , akal sehat , dan wawasan. Dalam hal ini, bila dikaitkan dengan filsafat, maka wisdom dapat diartikan sebagai kemampuan manusia dalam mengolah pikirannya menggunakan akal sehat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Dimana, perilaku ini bertujuan untuk menemukan sebuah kebenaran.

    ReplyDelete
  43. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Wisdom adalah kebijaksanaan. Sebuah karakter yang menunjukkan tindakan atau sikap kelas tinggi bahkan tertinggi. Ia mampu berpikir, menghargai waktu dan ruang, menunaikan hak dan kewajibannya serta menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman mendalam tentang orang,kejadian atau situasi apapun. Orang orang bijaksana adalah orang yang bisa berfikir luas dan mendalam. Semoga kita termasuk orang orang bijak Aamin.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  44. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Wisdom atau kebijaksanaan bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di segala usia, walau pada umumnya terdapat pada sebagian kecil orang yang telah berusia lanjut. Kondisi ini karena lansia telah melalui perjalanan hidup yang lebih panjang daripada sebagian besar orang lainnya, sehingga mereka pun memperoleh pengalaman yang berguna. Wisdom ini bukan sepenuhnya bakat turunan atau genetis, maka wisdom ini sendiri adalah ketrampilan yang bisa dipelajari.

    ReplyDelete
  47. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Kebijaksanaan telah dianggap sebagai salah satu dari empat kebajikan utama; dan sebagai suatu kebajikan, itu adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan. Ini menyiratkan memiliki pengetahuan atau mencari pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang optimal tindakan.

    ReplyDelete
  48. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Wisdom pada masyarakat Indonesia tumbuh dan berkembang sejalan dengan pola pikir masyarakat. Kultur masyarakat yang mengkeramatkan suatu hutan tertentu, misalnya, sebenarnya ada tujuannya, yaitu untuk menjaga keaslian hutan, kayu, air dan bahkan barang tambang yang ada dibawahnya. Namun, reduksi makna yang muncul saat ini dengan mengatakan bahwa itu hanya mistik belaka, telah mengakibatkan kerusakan hutan, lahan dan lingkungan dalam skala luas. Local wisdom terabaikan dan kejadian tak terduga akan muncul.

    ReplyDelete
  49. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Wisdom atau sapience adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Wisdom merupakan kepandaian menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuan), kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan, dan sebagainya. Ada dimensi yang yang terdapat pada “Wisdom” berdasarkan temuan Aldert (2003), yaitu Cognitive yakni pemahaman tentang pemaknaan hidup dan keinginan untuk mengetahui kebenaran, yaitu untuk memahami arti dan makna, Reflective yakni persepsi terhadap suatu fenomena dan kejadian-kejadian dari berbagai perspektif, serta menghindari penilaian subjektif, Affective yakni kemampuan yang meliputi empati dan rasa saling menyayangi yang disertai denganmotivasi untuk menjaga perasaan orang lain.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id