Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

44 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Menurut Ferdinand de Saussure Strukturalisme memiliki dua pengertian, yaitu: Strukturalisme adalah metode atau metodologi yang digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu kemanusiaan dengan bertitik tolak dari prinsip-prinsip Linguistik. Dan Strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode. Dengan adanya aliran strukturalisme ini maka segala sesuatu dilakukan haruslah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku, sistematis dan koheren struktural. Strukturalisme menyelidiki pola-pola dasar yang tetap dalam berbagai realitas.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Struktur adalah bangunan teoretis (abstrak) yang terbentuk dari sejumlah komponen yang berhubungan satu sama lain. Struktur menjadi aspek utama dalam strukturalisme. Strukturalisme termasuk dalam teori kebudayaan yang idealistik karena strukturalisme mengkaji pikiran - pikiran yang terjadi dalam diri manusia. Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh struktur yang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Strukturalisme adalah pandangan bahwa antara kebudayaan dan masyarakat memiliki kesamaan, yaitu struktur yang tetap. Beberapa bidang yang didalami oleh tokoh strukturalisme adalah strukturalisme dalam linguistik, masyarakat, kekristenan, dan psikologi. Dalam bidang filsafat, strukturalisme tepatnya pada masa modern menggunakan pendekatan subyektivitas, sehingga tergantung dengan pandangan orangyang terkait. Misalnya tindak kejahatan bukanlah sesuatu yang buruk, namun normal bagi mereka (penjahat). Jadi tergantung sudut pandang dari penjahat itu sendiri, mengapa melakukan kejahatan. Memang segala sesuatu yang ada di dunia itu memang bersifat relatif, tergantung dengan ruang dan waktunya, karena yang bersifat tetap hanyalah Allah Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah (obyektif, ketat dan berjarak). Ciri-ciri itu dapat dilihat strukturnya yaitu bahwa yang tidak beraturan hanya dipermukaan, namun sesungguhnya di balik itu terdapat sebuah mekanisme generatif yang kurang lebih konstan. Mekanisme itu selain bersifat konstan, juga terpola dan terpola dan terorganisasi, terdapat blok-blok unsur yang dikombinasikan dan dipakai untuk menjelaskan yang dipermukaan. Para peneliti menganggap obyektif, yaitu bisa menjaga jarak terhadap yang sebenarnya dalam penelitian mereka. Pendekatan dengan memakai sifat bahasa, yaitu mengidentifikasi unsur-unsur yang bersesuaian untuk menyampaikan pesan. Seperti bahasa yang selalu terdapat unsur-unsur mikro untuk menandainya, salah satunya adalah bunyi atau cara pengucapan. Strukturalisme dianggap melampaui humanisme, karena cenderung mengurangi, mengabaikan bahkan menegasi peran subjek.

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Metodologi unsur budaya manusia yang harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum konstan budaya abstrak.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Structuralism atau dalam bahasa Indonesia berarti strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum.
    Dalam pengertian yang lebih luas, structuralism adalah salah satu jenis paham atau keyakinan bahwa fenmena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterikatan mereka. Struktur biasanya bertingkat, bertahap dan saling terkait atau memiliki hubungan satu sama lain. Segala sesuatu di dunia ini memiliki strukturnya masing-masing, begitupun filsafat.

    ReplyDelete
  7. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Levi Strauss menghubungkan konsep bahasa de Saussure dengan konsep antropologi-budaya. Levi Strauss mencoba menguak narasi besar kebudayaan dengan metode strukturalistis. Melalui pemikiran struktur bahasa de Saussure serta pengalamannya dalam penelitian ke suku-suku pedalaman di Amerika, Levi Strauss mengkorelasikannnya struktur budaya. Pendek kata metodologi yang disusun oleh De Saussure pada struktur bahasa diterapkan oleh Levi Strauss untuk menstruktur pola budaya.

    ReplyDelete
  8. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Kepatuhan terhadap suatu aturan yang tidak disadari oleh manusia namun senantiasa mereka taati sesungguhnya merupakan benang merah dalam strukturalisme. Untuk menguak hal tersebut Levi Strauss mempertimbangkan pentingnya penekanan fokus bahasa sebagai piranti penelitian antropologi. Bahasa adalah sarana komunikasi, komunikasi bertujuan untuk saling mengetahui dan menukar informasi, ide, serta keinginan. Jika diperluas proses komunikasi itu menjadi dasar terjadinya endogami. Melalui endogami manusia tidak hanya bertukar salah satu dari anggota keluarga mereka untuk mengikat perkawinan. Dalam proses itu mereka juga bertukar biji-bijian (makanan), saling mempertunjukkan tari-tarian, serta berbagi mitos.

    ReplyDelete
  9. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum konstan budaya abstrak".

    ReplyDelete
  10. 323. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Strukturalisme di Eropa dikembangkan di awal 1900-an, di linguistik struktural Ferdinand de Saussure. Pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, ketika linguistik struktural menghadapi tantangan serius dari orang-orang seperti Noam Chomsky dan dengan demikian pentingnya memudar, array sarjana di humaniora meminjam konsep Saussure untuk digunakan dalam bidang masing-masing studi. Antropolog Prancis Claude Levi-Strauss dikatakan sebagai ulama seperti pertama, memicu minat yang luas dalam strukturalisme.

    ReplyDelete
  11. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Jean Piaget dalam bukunya Structuralism menyatakan bahwa strukturalisme adalah sebuah pendekatan studi yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Dan dalam matematika, strukturalisme merupakan sebuah pandangan studi yang membahas tentang bagaimana suatu objek matematika itu memiliki struktur, dan dari struktur tersebut memiliki hubungan dengan sebuah sistem eksternal objek matematika itu sendiri. Jadi dapat diperoleh bahwa setiap ilmu memiliki struktur nya masing-masing dan memiliki unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan.

    ReplyDelete
  12. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Structuralism dipandang sebagai suatu metodologi yang mengandung unsur dari kebudayaan manusia yang harus dimengerti sebagai hubungan yang luas dan berupa sistem yang menyeluruh atau terstruktur. Structuralism bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang dilakukan, dipikirkan, dipersepsikan dan dirasakan manusia. Seorang filsuf Simon Blackburn menilai strukturalisme merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka, dimana didalamnya terdapat hukum mengenai budaya antar manusia tersebut.

    ReplyDelete
  13. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970, khususnya terjadi di Perancis. strukturalisme merupakan aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Struktur yang juga dapat berarti susunan memiliki makna bahwa antara masyrakat dan kebudayaan memiliki susunan yang teratur. Teori stukturalisme murni hampir seluruh bidang kehidupan manusia baik itu dalam laju perkembangan IPTEK, dalam menunjang sarana pra sarana penelitian secara global, dan dalam bidang sastra memicu berkembangnya genre sastra dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Strukturalisme memiliki pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas paham ini ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu, penetapan hubungan tersebut melalui pendidikan. Gagasan-gagasan strukturalisme mempunyai metodologi tertentu dalam mengembangkan studi interdisipliner tentang gejala-gejala budaya dan mendekatkan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Secara Etimologis struktur berasal dari kata Structure, bahasa latin yang berarti bentuk atau bangunan. Struktur berasal dari kata Structura (Latin) = bentuk, bangunan (kata benda). System (Latin) = cara (kata kerja). asal usul strukturalis dapat dilacak dengan Poetica Aristoteles, dalam kaitannya dengan tragedi, lebih khusus lagi dalam pembicaraannya mengenai plot. Plot memiliki ciri-ciri: kesatuan, keseluruhan, kebulatan, dan keterjalinan (Teeuw, 1988: 121-134). Dengan kata lain, strukturalisme adalah teori yang menyatakan bahwa berbagai gejala budaya dan alamiah sebagai bangun teoritis (abstrak) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain relasi sintagmatis dan paradigmatis.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Strukturalisme juga beranggapan bahwa seluruh organisasi manusia ditentukan secara luas oleh struktur sosial atau psikologi yang mempunyai logika independen yang menarik, berkaitan dengan maksud, keinginan, maupun tujuan manusia. Sehingga Strukturalisme juga merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme lebih tertarik untuk berbicara tentang praktek-praktek penandaan dimana makna merupakan produk dari struktur atau regularitas-regularitas yang dapat diramalkan yang terletak di luar jangkauan manusia (human agents).

    ReplyDelete
  18. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970, khususnya terjadi di Perancis. Aliran ini mempunyai ciri-ciri 1) “Desentralisasi” manusia, 2) “Kematian” manusia sebagai subjek, 3) Manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  19. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Structuralism merupakan pandangan terhadap kebudayaan dan masyarakat yang memiliki kesamaan, yakni struktur yang tetap. Para tokoh paham ini lebih mendalami linguistik, kemasyarakatan, kekristenan, dan psikologi. Untuk filsafat sendiri, mereka lebih menggunakan pendekatan subjektivitas, sehingga sangat bergantung pada cara pandang manusia itu sendiri. Misalnya, memandang semua hal itu sama, menganggap bahwa melakukan kebaikan dan keburukan itu sama saja, sehingga merasa tak bersalah ketika melakukan hal tersebut akibat dari pola pikir yang terstruktur.

    ReplyDelete
  20. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. structuralism adalah salah satu jenis paham atau keyakinan bahwa fenmena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterikatan mereka. Struktur biasanya bertingkat, bertahap dan saling terkait atau memiliki hubungan satu sama lain. Segala sesuatu di dunia ini memiliki strukturnya masing-masing, begitupun filsafat.

    ReplyDelete
  21. Strukturalisme sering digunakan dalam Sosiologi, Antropologi dan Linguistik, menggambarkan struktur sosial dan struktur bahasa. Dalam Filsafat semua berstruktur, dari ujung rambut sampai ujung kaki manusia ada strukturnya. Dalam bercakap-cakap juga ada strukturnya. Intinya bahwa semua yang ada di dunia ini adalah berstruktur dalam ruang dan waktu, ada etika dan estetikanya.
    Dalam teori birokrasi modern pula, Max Weber, menggambarkan birokrasi modern harus berstruktur, berhierarkhi. Dengan berstruktur maka birokrasi dapat berjalan profesional. Ini sebuah gambaran bahwa berstruktur, berhierarkhi memasuki semua sisi kehidupan kita.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  22. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Aliran strukturalisme merupakan studi analisis tentang generalisasi pikiran manusia dewasa melalui metode introspeksi. Dalam hal ini psikologi dimaksudkan untuk mempelajari isi (konten) pikiran, sehingga system ini juga disebut dengan psikologi konten. Aliran strukturalisme ini berasal dari pemikiran Wilhem Wundt yang kemudian di Amerika dikembangkan oleh muridnya yang bernama Edward Bradford Tichnerner.
    Menurt aliran Strukturalisme, pengalaman mental yang kompleks sebenarnya adalah struktur yang terdiri atas keadaan-keadaan mental yang sederhana. Orientasi aliran ini adalah menyelidiki struktur kesadaran dan mengembangkan hokum-hukum pembentukannya

    ReplyDelete
  23. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari salah satu link diatas dikatakan bahwa dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Saya kira dalam konteks ruang keorganisasian seperti pendidikan misalnya pandangan struktualisme baik diterapkan dalam membangun dan memperbaiki kualitas penyelenggaran ruang tersebut.

    ReplyDelete
  24. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Levi Strauss memiliki andil besar atas strukturalisme. Pemikiran Levi Strauss banyak dipengaruhi oleh pendahulunya yaitu De Saussure. Strukturalisme menjadi arus penting dari pemikiran Eropa di tahun 1960- an. Kosentrasinya menekankan pada cara dan mekanisme berbahasa yang merangkum tutur kata dan bunyi dalam keterkaitannya dengan sejarah, institusi sosial, dan konteks di mana bahasa tersebut berkembang. Saussure mengalisa bahasa dengan kesadaran kolektif. Ia melihat bahwa terdapat suatu fenomena obyektif yang disebut ”struktur”. Beberapa prinsip dasar yang digunakan oleh tokoh-tokoh Strukturalisme berasal dari teori linguistik Saussure. Tiga distingsi atau pembedaan dalam Strukturalisme yang diperkenalkan Saussure, yaitu sinkroni dan diakroni, significant dan signifie, terakhir language, parole dan langue.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetep. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Tujuan strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah. Strukturalisme menyelidiki pola-pola dasar yang tetap dalam berbagai realitas terutama struktur yang ada di masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih menyatu dengan kebudayaan yang ada di sekitarnya karena kesamaan struktur yang dimiliki.

    ReplyDelete
  26. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Strukturalisme adalah pandangan filsafat yang menyatakan bahwa masyarakan dan seluruh social budayanya memiliki suatu struktur dan pola yang tetap sehingga cenderung sama. Strukturalisme juga dianggap sebagai suatu pendekatan ilmu humanis yang mencoba untuk menganalisis bidang tertentu (misalnya, mitologi) sebagai sistem kompleks yang saling berhubungan.

    ReplyDelete
  27. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    Basically, There are four main common ideas underlying Structuralism as a general movement: firstly, every system has a structure; secondly, the structure is what determines the position of each element of a whole; thirdly, "structural laws" deal with coexistence rather than changes; and fourthly, structures are the "real things" that lie beneath the surface or the appearance of meaning.

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris: structuralism atau dalam bahasa latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan. Strukturalisme memandang bahwa semua manusia dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. secara sederhana Strukturalisme itu adalah pandangan yang membenarkan atau mengunggulkan struktur yang di buat oleh manusia, tetapi pada akhirnya menghancurkan peran manusia itu sendiri karena struktur yang telah di buat tersebut.

    ReplyDelete
  29. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Strukturalisme bercirikan Bahwa yang tidak beraturan hanya dipermukaan, namun sesungguhnya di balik itu terdapat sebuah mekanisme generatif yang kurang lebih konstan. Mekanisme itu selain bersifat konstan, juga terpola dan terpola dan terorganisasi, terdapat blok-blok unsur yang dikombinasikan dan dipakai untuk menjelaskan yang dipermukaan.Para peneliti menganggap obyektif, yaitu bisa menjaga jarak terhadap yang sebenarnya dalam penelitian mereka. Pendekatan dengan memakai sifat bahasa, yaitu mengidentifikasi unsur-unsur yang bersesuaian untuk menyampaikan pesan. Seperti bahasa yang selalu terdapat unsur-unsur mikro untuk menandainya, salah satunya adalah bunyi atau cara pengucapan. Strukturalisme dianggap melampaui humanisme, karena cenderung mengurangi, mengabaikan bahkan menegasi peran subjek.(id.wikipedia.org)

    ReplyDelete
  30. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak"(wikipedia)

    ReplyDelete
  31. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Biasanya strukturalisme ini berhubungan dengan budaya, atau pola kehidupan masyarakat.

    Implementasi dalam strukturalisme terdapat dalam kaffainstitute (2009) menyatakan bahwa Analisis semiotika terhadap Al Quran, dengan demikian, berupaya keras untuk melihat setiap teks dalam perbedaan masing-masing. Ini tidak berarti, teks-teks itu dilihat dalam individualitasnya yang tak terperikan, tetapi sebagai sesuatu yang ada dalam sebuah jaringan terbuka, yang merupakan infinitas tertinggi bahasa dan yang terstruktur secara terus-menerus. (https://kaffainstitute.wordpress.com/2009/03/26/menimbang-strukturalisme-linguistik-dalam-kajian-metodologi-tafsir-al-quran-fiqh-tawil-al-quran/)

    Hal ini merupakan pernyataan keliru, karena untuk menafsirkan Al-Qur’an memerlukan beberapa kriteria, sehingga ia dianggap kapabel dalam memahami ayat tersebut, diantaranya ia harus pandai dalam Al-Qur’an, mengerti akan hadits, memahami bagaimana nasakh dan mansukh ayat tersebut, dan mengerti akan lughawi atau tata cara bahasa arab. Adapun dalam menafsirkan, orang tersebut juga harus punya kapasitas dibidangnya. Menafsirkan Al-Qur’an yang hanya berdasarkan keinginan semu maka akan menyebabkan kefasadan (kerusakan) dalam memahami syariat tersebut. Juga berimbas kepada tindakan keliru kita dalam menyikapi kehidupan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Strukturalisme merupakan faham yang memandang bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Strukturalisme adalah sebuah keyakinan atau paham yang memandang bahwa fenomena kehidupan manusia yang ada di dunia ini memiliki keterkaitan dan hubungan satu dengan yang lain. Hubungan ini merupakan struktur, dan variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrakhal yang fundamental. Di dalam identitas manusia, kita adalah objek-objek fisik yang masing-masing memiliki kedudukan yang berbeda-beda dan unik dalam ruang dan waktu

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Strukturalisme adalah metode atau metodologi yang digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu kemanusiaan dengan bertitik tolak dari prinsip-prinsip linguistik yang dirintis oleh Ferdinandde Saussure. Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Struktur yang juga dapat berarti susunan memiliki makna bahwa antara masyrakat dan kebudayaan memiliki susunan yang teratur. Ciri-ciri strukturalisme adalah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual objek melalui penyelidikan, penyingkapan tabiat, sifat-sifat yang terkait dengan suatu hal melalui pendidikan. Ciri-ciri itu bisa dilihat dari beberapa hal; hirarki, komponen atau unsur-unsur, terdapat metode, model teoritis yang jelas dan distingsi yang jelas.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Strukturalisme termasuk dalam teori kebudayaan yang idealistik karena strukturalisme mengkaji pikiran-pikiran yang terjadi dalam diri manusia. Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh struktur yang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism ; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan. Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur, tapi ia kembali akan terjebak di dalamnya.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Strukturalisme adalah metodologi yang didalamnya terdapat unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan dengan yang lebih besar serta sistem yang menyeluruh atau terstruktur. Strukturalisme bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa.

    ReplyDelete
  37. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalis, khususnya dalam bidang antropologi, sosiologi, dan linguistik, menggunakan teknik metodologis dalam risetnya guna menyingkapkan struktur tersembunyi dari objek-objek yang dipelajarinya. https://id.wikipedia.org/wiki/Strukturalisme
    Sederhananya, strukturalisme merupakan paham yang menganggap struktur yang sama atau tetap disetiap objeknya. Struktur yang menjadi fundamental dan pembangun objeknya.

    ReplyDelete
  38. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Dalam sosiologi, antropologi,dan linguistik. Struktualisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia yang harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeleluruh atau umum yang disebut struktur. sedangkan strukturalisme dalam filsafat dapat dipandang sebagai suatu gerakan yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Menurut Bagus (1996) ciri khas strukturalisme yaitu mendeskripsikan keadaan aktual suatu objek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat intrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu

    ReplyDelete
  39. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri-ciri Strukturalisme adalah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual objek melalui penyelidikan, penyingkapan tabiat, sifat-sifat yang terkait dengan suatu hal melalui pendidikan. Ciri-ciri itu bisa dilihat dari beberapa hal; hirarki, komponen atau unsur-unsur, terdapat metode, model teoritis yang jelas dan distingsi yang jelas.

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Secara definitif strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Apabila dikaitkan dengan pengetahuan, maka pengetahuan merupakan salah satu wujud dari strukturalisme itu sendiri, karena pengetahuan merupakan hubungan antara satu ilmu dengan ilmu yang lainnya yang membentuk sebuah struktur pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  41. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Struktur di dalam kehidupan manusia sangat dibutuhkan. Baik dalam keluarga, masyarakat maupun dalam kehidupan bernegara. Strukturalisme adalah teori yang menyatakanbahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Struktualisme mencoba untuk berusaha memahami apa yang manusia pikirkan dalam kaitannya kehidupan masyarakat yang lebih luas dan membutuhkan leveling process agar bisa berkehidupan lebih baik.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  42. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Filsuf Simon Blackburn mengatakan strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak. Tema strukturalisme matematika adalah bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal objek, seperti nomor, fungsi, set, atau titik, tapi bagaimana benda-benda berhubungan satu sama lain. Dalam arti, tesis adalah bahwa objek hanya tidak memiliki sifat intrinsik. Strukturalis tema tumbuh terutama dari perkembangan dalam matematika menjelang akhir abad kesembilan belas dan sampai saat ini, terutama tetapi tidak eksklusif, dalam program memberikan fondasi yang kategoris untuk matematika.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  43. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetep. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Tujuan strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah.Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalis, khususnya dalam bidang antropologi, sosiologi, dan linguistik, menggunakan teknik metodologis dalam risetnya guna menyingkapkan struktur tersembunyi dari objek-objek yang dipelajarinya.

    ReplyDelete
  44. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id