Dec 1, 2012

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:















Wss Wr Wb
Marsigit












47 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Saintisme merupakan istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar." Istilah ini biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem dan telah digunakan oleh beberapa tokoh seperti ilmuwan sosial Friedrich Hayek, filsuf sains Karl Popper, dan filsuf Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja. Ilmu pengetahuan dalam paham ini merupakan salah satu cara dalam menemukan hakikat kebenaran secara lebih rasional, objektif, dan empiris. saintisme mirip dengan rasionalitas. Paham ini sering ditentang dan dibandingkan dengan intuisi. Pertentangan itu muncul karena adanya pendapat yang tidak boleh mengeksklusifkan rasionalitas. Tidak mengekslusifkan rasional bukan berarti kita tidak rasional. Intuisi sangat penting untuk dapat mengenal diri kita sendiri.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Saintisme adalah kepercayaan dalam penerapan universal metode ilmiah dan pendekatan, dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian yang paling berharga dari belajar untuk manusia mengesampingkan sudut pandang lain. Inilah metode yang harus digunakan tatkala orang melakukan pencarian (searching and researching) guna menemukan pengetahuan baru bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Scientism adalah istilah yang biasanya digunakan untuk merujuk pada keyakinan akan diterapkan secara universal dari metode ilmiah dan pendekatan dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan bagian yang paling otoritatif pandangan dunia atau paling berharga dari manusia belajar dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Scienticism dapat dikatakan sebagai anak kandung dari “humanism”, yang mengagungkan potensi manusia yang nyaris tanpa batas dengan penekanan pada pengaplikasian metode ilmiah.
    Salah satu masalah yang mungkin ditimbulkan oleh “scienticism” adalah ketika keilmiahan manusia dianggap sebagai satu-stunya pola atau cara berpikir. Terlebih apabila scienticism mengesampingkan spiritualism, ini berbahaya.

    ReplyDelete
  4. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Scientism atau saintisme adalah suatu kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan dalam segala hal, dan memandang sains sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar hingga menyingkirkan cara pandang yang lainnya.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Saintisme memiliki kata dasar yaitu 'sains', yaitu salah satu pandangan mengenai metode ilmiah sains memiliki kegunaan yang sangat dalam kehidupan manusia di bumi. Sains artinya adalah ilmu alam, sehingga perlu dipahami bahwa metode induksi ilmiah berguna dalam ilmu alam, dan bukan semua ilmu kehidupan. Sebagai contoh dalam ilmu sosial tidak bisa menggunakan metode ilmiah, karena semua tindakan sosial perlu ditindak dari penyebab atau niat dari tindakan tersebut. Perlu kebijaksanaan dalam mengidolakan metode sains, jangan sampai terlalu fanatik hingga berpikiran yang tidak rasional.

    ReplyDelete
  6. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Saintisme adalah suatu paham filsafat yg menganggap bahwa sains adalah satu-satunya alat kebenaran yang bermakna. Metode dan pendekatan ilmuah dapat diterapkan untuk segala hal dan sains merupakan cara pandang dunia yang paling otoratif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang yang lainnya. Metode ini harus digunakan ketika orang melakukan pencarian untuk menemukan pengetahuan baru berdasarkan rasio sekaligus indra manusia. Manurut paham ini, pengetahuan disebut benar jika memenuhi dua syarat pembuktian, yaitu masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara inderawi. Agar masuk akal harus dibuktikan berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran inderawi, sedangkan yang teramati secara inderawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang benar berdasarkan prosedur.

    ReplyDelete
  7. Misnasanti
    167909251011
    PPs PMAT A 2016

    Saintisme bisa merujuk ke ilmu terapan "lebih". Istilah saintisme dapat diterapkan dalam salah satu dari dua pengertian, yaitu Untuk menunjukkan penggunaan yang tidak tepat dari ilmu pengetahuan atau klaim ilmiah; dan Untuk merujuk pada "keyakinan bahwa metode ilmu pengetahuan alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam ilmu alam, membentuk satu-satunya elemen yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya", atau bahwa "ilmu pengetahuan, dan hanya ilmu pengetahuan, menggambarkan dunia seperti dalam dirinya sendiri, independen dari perspektif " dengan bersamaan" penghapusan pengalaman dimensi psikologis".

    ReplyDelete
  8. Budi Yanto
    1709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Saintisme adalah paham bahwa pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar bersumber dari metode ilmiah. Pengetahuan dikatan benar jika memenuhi dua syarat pembuktian yaitu masuk akal sesuai dengan logika dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi. Adanya metode saintis ini dapat mengembangakan teknologi-teknologi yang dapat membantu kehidupan manusia. Namun tidak selamanya metode saintifik dapat digunakan sebagai sumber menemukan pengetahuan Karena keterbatasan manusia itu sendiri. Metode saintifik tidak bisa menjelaskan bagamana proses setelah kematian atau tentang hal-hal yang metafisik.

    ReplyDelete
  9. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Saintisme merupakan kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga dan bermakna. Saintisme telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia. Saintisme juga dapat digunakan untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat dan untuk merujuk kepada kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat.

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Saintisme adalah kepercayaan dalam penerapan universal metode ilmiah dan pendekatan, dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian yang paling berharga dari belajar-untuk manusia mengesampingkan sudut pandang lain. Dengan demikian, filsuf Tom Sorell memberikan definisi saintisme: "Saintisme adalah masalah menempatkan nilai pada ilmu alam terlalu tinggi dibandingkan dengan cabang lain dari belajar atau budaya." Ia telah ditetapkan sebagai "pandangan bahwa karakteristik metode induktif ilmu-ilmu alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual asli dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan yang benar tentang manusia.

    ReplyDelete
  11. 353. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Istilah "saintisme" sering menyiratkan kritik dari ekspresi yang lebih ekstrim dari positivisme logis dan telah digunakan oleh para ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf ilmu pengetahuan seperti Karl Popper, dan filsuf seperti Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk menjelaskan (misalnya) pengesahan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan untuk hanya itu yang dapat diukur. Filsuf seperti Alexander Rosenberg juga telah disesuaikan "saintisme" sebagai nama untuk tampilan bahwa ilmu pengetahuan adalah satu-satunya sumber yang dapat dipercaya pengetahuan.

    ReplyDelete
  12. 354. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Saintisme lebih merujuk ke ilmu terapan. Istilah saintisme dapat diterapkan dalam salah satu dari dua pengertian:
    1. Untuk menunjukkan penggunaan yang tidak tepat dari ilmu pengetahuan atau klaim ilmiah.
    2. Untuk merujuk pada keyakinan bahwa metode ilmu pengetahuan alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam ilmu alam membentuk satu-satunya elemen yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya

    ReplyDelete
  13. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk (biasanya secara peyoratif) kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. , "sains" versi filsafat berangkat dari premis-premis transendental. Karena berangkat dari premis transedental bisa muncul sebutan "sains" Barat, "sains" Bukan dari Barat, "sains" Ekonomi, "sains" Fisika, "sains" Biologi, "sains" Kimia, dan sebagainya. Keberhasilan sains dan teknologi dalam hal membangun kehidupan baru yang lebih rasional, sekular dengan segala kekayaan materinya ini telah mendorong terjadinya gerakan saintisme.

    ReplyDelete
  14. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Saintisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui metode sains. Saintisme diterapkan secara universal dari metode ilmiah dan pendekatan , dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan bagian yang paling otoritatif sesuai pandangan dunia atau paling berharga bagi manusia dalam memberlakukan ilmu pengetahuan. Dalam paham ini, sebenar-benarnya pengetahuan adalah jika dapat terlihat oleh panca indra.

    ReplyDelete
  15. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Sains dapat dipahami sebagai paham yang meyakini bahwa segala pengetahuan diperoleh hanya melalui metode sains yang dapat diterapkan dalam segala hal. Dengan menggunakan model tersebut, maka dijadikan untuk mengkonstruksi pengetahuan yang dimiliki berdasarkan pengalamannya.


    ReplyDelete
  16. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Saintisme memiliki kata dasar yaitu 'sains', yaitu salah satu pandangan mengenai metode ilmiah sains memiliki kegunaan yang sangat dalam kehidupan manusia di bumi. Sains artinya adalah ilmu alam, sehingga perlu dipahami bahwa metode induksi ilmiah berguna dalam ilmu alam, dan bukan semua ilmu kehidupan. aham ini sering ditentang dan dibandingkan dengan intuisi. Pertentangan itu muncul karena adanya pendapat yang tidak boleh mengeksklusifkan rasionalitas. Tidak mengekslusifkan rasional bukan berarti kita tidak rasional. Intuisi sangat penting untuk dapat mengenal diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Saintisme adalah suatu paham (isme) falsafati yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui suatu metode, satu-satunya metode yang disebut metode sains. Inilah metode yang harus digunakan tatkala orang melakukan pencarian (searching and researching) guna menemukan pengetahuan baru bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia. Menurut paham ini, pengetahuan manusia itu baru boleh disebut benar (‘benar’ dalam arti true, danbukan right) apabila memenuhi dua syarat pembuktian ; ialah masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi. Yang masuk akal harus dibuktikan sebagai true knowledge berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuranyang indrawi, sedangkan yang teramati secara indrawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang ‘benar’ berdasarkan prosedur logika.

    ReplyDelete
  18. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Richard G. Olson memberikan pengertian scientism sebagai upaya untuk memperluas gagasan ilmiah, metode, praktik, dan sikap untuk hal-hal yang menjadi perhatian sosial dan politik manusia. Seorang filsuf Tom Sorell meberikan pengertian yang lebih tepat, dimana Scientism adalah masalah menempatkan nilai pada ilmu alam yang terlalu tinggi dibandingkan cabang lain dari pembelajaran atau budaya. Sehingga sumber pengetahuan yang benar menggunakan metode induktif sains dalam memandang suatu masalah, dan dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar.

    ReplyDelete
  19. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Salah satu istilah dalam filsafat adalah saintisme yang menganggap ilmu alam merupakan hal yang paling tinggi dan segala seuatu harus memiliki suatu alasan yang ilmiah. Filsuf Tom Sorell menjelaskan bahwa Saintisme adalah masalah menempatkan terlalu tinggi nilai pada ilmu alam dibandingkan dengan cabang lain dari belajar atau budaya. Menurut Steven Lehar, Agama dan ilmu pengetahuan sering dipandang sebagai kutub yang berlawanan dalam pemahaman kita tentang dunia. Sains berusaha untuk menggantikan dogma dengan observasi dan alasan.

    ReplyDelete
  20. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari salah satu link diatas dikatakan bahwa Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya.[4] Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Saya kira sains berperan penting dalam kemajuan suatu peradaban namun hendaknya penemuan saintis-saintis tersebut digunakan untuk memudahkan aktifitas kitasebgai manusi bukan untuk saling ego, sombong apalagi saling hancur menghancurkan. Maka tempatkanlah sains pada ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  21. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Scientism is the broad-based belief that the assumptions and methods of research of the physical and natural sciences are equally appropriate (or even essential) to all other disciplines, including philosophy, the humanities and the social sciences. It is based on the belief that natural science has authority over all other interpretations of life, and that the methods of natural science form the only proper elements in any philosophical (or other) inquiry.

    ReplyDelete
  22. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Scientism is the broad-based belief that the assumptions and methods of research of the physical and natural sciences are equally appropriate (or even essential) to all other disciplines, including philosophy, the humanities and the social sciences. It is based on the belief that natural science has authority over all other interpretations of life, and that the methods of natural science form the only proper elements in any philosophical (or other) inquiry.

    ReplyDelete
  23. Saintisme memandang segala sesuatunya dari ukuran rasional, logis, menggunakan metode ilmiah. Aliran ini tidak muncul dengan sendirinya. Ada ketidaksepahaman dengan aliran intuisi dan sejenisnya. Namun inilah Filsafat, dimana sebenar-benar hidup adalah kontradiksi. Dalam Filsafat pun ada kontradiksi dan para Filsuf pun kadang berbeda pendapat. Bila ditarik lagi maka ada aliran Falibisme yang memandang bahwa tidak ada satupun yang benar mutlak, pasti ada salahnya...

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Saintisme merupakan hasil dari penemuan ilmiah telah berkembang sedemikian rupa, menyebabkan timbulnya banyak perspektif dalam cara memandang kebenaran dan nilai-nilai. Pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Saintisme berkembang menjadi suatu sistem lama manusia yang dianggap penuh dengan keyakinan tidak rasional.

    ReplyDelete
  25. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Scientisme adalah 'anak kandung' dari aliran humanisme, yaitu filsafat yang mengagungkan potensi manusia yang nyaris tanpa batas, dengan penekanan pada ke-aplikasi-an metode ilmiah (logika, pengujian, pengukuran, pembuktian) pada berbagai hal. Dalam persepektif scientisme, segala hal yang tidak logis, tidak teruji, tidak dapat diukur, dan yang tidak dapat dibuktikan adalah: omong kosong, delusi, dan kebodohan belaka. Jadi aliran ini menganggap bahwa segala yang tidak dapat dibuktikan dan di uji adalah bohong belaka. Oleh sebab itu aliran ini sangat bertentangan dengan aliran spiritualisme ( yang berhubungan dengan keyakinan/keagamaan) karena penekanannya tersebut...

    ReplyDelete
  26. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Santifik adalah sebuah pandangan yang mengutamakan kegiatan ilmiah untuk membangun dunia. Kegiatan ilmiah di sini terdiri dari langkah-langkah yang secara urut harus dilakukan. Langkah-langkah tersebut ialah, mengamati, bertanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Awalnya, siswa diminta untuk mengamati fenomena-fenomena yang terjadi. Kemudian, siswa untuk menguji rasa keingintahuannya mengenai fenomena-fenomena dengan bertanya, kemudian dilanjutkan melakukan percobaan untuk menguji pemahaman dengan menalar dan diakhiri dengan mengkomunikasikan hasil kegiatan ilmiah.

    ReplyDelete
  27. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Saintisme adalah kepercayaan dalam penerapan universal metode ilmiah dan pendekatan, dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari manusia belajar-dengan mengesampingkan sudut pandang lain

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Filsuf Tom Sorell memberikan definisi saintisme: "Saintisme adalah masalah menempatkan terlalu tinggi nilai pada ilmu alam dibandingkan dengan cabang lain dari belajar atau budaya." Ia telah ditetapkan sebagai "pandangan bahwa metode induktif karakteristik dari ilmu alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual asli dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan yang benar tentang manusia dan masyarakat". Istilah "saintisme" sering menyiratkan kritik dari ekspresi yang lebih ekstrim dari positivisme logis.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Manusia era kontemporer mendasarkan aktivitas kehidupan dengan bergantung kepada aspek rasional dan pengalaman keilmiahan. Sehingga, segala sesuatu yang tidak dapat dibuktikan dengan empiris, makawajib disingkirkan. Dengan sikap seperti itu, maka mereka merasa bahwa agama tidak memenuhi struktur empiris, yaitu tidak rasional dan menghambat kemajuan manusia sehingga keberadaannya wajib ditolak.

    Dari hal tersebut, penganut saintisme menyimpulkan bahwa Tuhan tidak ada, membahas malaikat dan figure supranatural lainnya dalam agama dengan menyimpulkan bahwa hal tersebut adalah takhayul.

    Allah SAW menganugerahkan akal manusia untuk memikirkan penciptaan manusia, alam semesta dan kehidupan untuk mengetahui tentang keberadaan-Nya. Namun, sayangnya anugerah tersebut justru menjadi dasar untuk menafikan keberadaan-Nya. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan tersebut. Aamiin.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Bagi sebagian pemikir yang berbeda seperti pemikiran realisme. Pandangan tersebut tidak selalu mutlak benar. Karena pandangan tersebut dainggap hanya menggunakan metode pendekatan empirik, sementara pengetahuan memerlukan pendekatan rasional. Dimana keduanya harus berperan untuk menciptakaan ilmu pengetahuan, walaupun itu saintifik

    ReplyDelete
  31. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Saintisme adalah aliran yang berpandangan bahwa ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Istilah saintisme dapat diartikan sebagai pandangan yang mengagungkan ilmu. Sementara dalam soal kebenaran, saintisme hanya mengakui kaidah ilmiah sebagai satusatunya cara untuk mendapati kebenaran. Dengan karakter demikian, saintisme yang mengendap dalam sains, menuai kritikannya dari pandangan agama.

    ReplyDelete
  32. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Saintisme adalah paham yang percaya bahwa kebenaran hanya dapat ditempuh melalui metode dan pendekatan ilmiah sehingga sains dipandang sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar, terutama untuk dapat menghasilkan pengetahuan yang sebenar-benarnya tentang manusia dan masyarakat. Karena itu para penganut paham ini menjadikan sains sebagai dasar dari segala sesuatu yang ada dalam kehidupan di dunia ini dengan mengabaikan cara pandang yang lainnya.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Saintisme merujuk pada keyakinan universal dari metode ilmiah dan ilmu pengetahuan empiris, adalah yang paling berharga pada manusia. Dan dapat juga dikatakan pandangan bahwa karakteristik metode induktif ilmu-ilmu alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual asli dan khususnya maka dapat menghasilkan pengetahuan yang benar tentang manusia dan masyarakat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Saintisme merupakan sistem pemikiran falsafah yang bertolak dari penemuan-penemuan ilmiah abad ke-16 dan 17M, khususnya penemuan-penemuan Copernicus, Kepler, Galileo dan Newton.

    ReplyDelete
  35. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Istilah saintisme memiliki dua makna, yaitu untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat. Untuk merujuk kepada "kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya. Sejarawan Richard G. Olson mendefinisikan saintisme sebagai upaya untuk memperluas gagasan ilmiah, metode, praktik, dan sikap untuk hal-hal kepedulian sosial dan politik manusia.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Saintisme merupakan aliran yang memilki kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal. Dalam saintisme menjelaskan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Sains diharapkan dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia yang sebenar-benarnya.

    ReplyDelete
  37. Aliran Saintisisme berusaha menggabungkan antara aliran Realisme dan Empirisisme. Namun aliran Saintisme mendasarkan pada gabungan asumsi-asumsi filsafat Positivisme dan Skeptisisme, yang dengan tegas menolak pendekatan non-ilmiah termasuk religiusitas dan humaniora.


    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  38. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Saintisme bukan sains tetapi sebuah ‘kepercayaan’ yang hidup diseputar sains, yaitu kepercayaan bahwa hanya sainslah satu satunya parameter ilmu pengetahuan serta parameter kebenaran,atau sebuah kepercayaan bahwa hanya sainslah yang bisa serta berhak mengungkapkan semua hal karena metodologinya dianggap yang paling valid.apapun,bahkan agama sekalipun dianggap mesti melewati verifikasi saintifik bila ingin dianggap sebagai sebuah kebenaran berdasar ilmu.

    ReplyDelete
  39. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Saintisme yang memiliki definisi, pertama, metode ilmiah, jika bukan merupakan satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mencapai kebenaran, setidak-tidaknya metode yang paling dapat diandalkan. Dan kedua, soal-soal yang ditangani sains, yakni entitas material, merupakan hal yang paling fundamental yang ada, justru akan menjerumuskan sains itu sendiri ke dalam kebekuan dan kegelapan.

    ReplyDelete
  40. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Para saintis, yang mendapat keleluasaan sejak bergulirnya Renaisans, kemudian cenderung bersikap apatis, bahkan menggusur pandangan tentang Tuhan Personal yang dibangun oleh para teolog tersebut. Dalam pandangan mereka, Tuhan yang dibayangkan sebagai "Sosok Personal" ternilai terlalu sederhana dan dangkal. Sehingga pandangan tersebut justru riskan meruntuhkan transendensi-Nya. Bahkan, pada titik ekstrem, bagi para saintis, Tuhan patut dijauhkan dari berbagai simbolisasi. Pasalnya, simbol tertinggi apa pun yang diupayakan untuk menggambarkan-Nya pasti masih merupakan konsepsi manusia yang niscaya bersifat imanen.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. PEP B S2
    16701251016

    Pendekatan yang digunakan dalam menghasilkan ilmu pengetahuan ini dianggap paling efektif jika dibandingan dengan yang lain. Pendekatan siantific ini yang berlaku berupa pendekatan ilmiah dalam bidang sains. Namun beberapa bidang disiplin ilmu lain menurut saya ada beberapa yang tidak bisa dilakukan dengan pendekatan ini, misalkan saja dalam konteks spiritual, konteks sosial, dan seni. Karena tidak mungkin melakukan observasi sistematika ilmiah terhadap bisang tersebut

    ReplyDelete
  43. Pemahaman siantisme menuntut pemikiran kritis dengan tingkat kognitif yang semakin tinggi, yaitu tentang menciptakan dan menghasilkan sesuatu. Sejalan memang dalam bidang ilmu MIPA, yang segala sesuatu diperlukan pemahaman melalui proses kerja untuk mendapatkan bukti kebenaran. Pendekatan induktif yang berjalan dalam sistem ini adalah jauh lebih obyektif karena mengingat dalam menggapai sebuah fakta harus mengesampingkan ego, dan mengacu pada standar operasional ilmiah yang berlaku. Dengan tingkat kognitif yang semakin tinggi tadi maka jelas bahwa dalam hal ini terbukti dalam empiris dan secara rasional dapat diterima sebagau hasil pengetahuan, meskipun akhirnya banyak menuai kritik. Jika kritik yang ada dapat menjawab dr fakta yang sebanrnya maka semakin kokoh pengetahuan tersebut. Namun sebaliknya bida saja teoru yabg dihasilkan sebagai pengetahuan akan gugur

    ReplyDelete
  44. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dalam Scientism metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Pandangan mengenai metode ilmiah sains memiliki kegunaan yang sangat dalam kehidupan manusia di bumi. Sains artinya adalah ilmu alam, sehingga perlu dipahami bahwa metode induksi ilmiah berguna dalam ilmu alam, dan bukan semua ilmu kehidupan. Saintisme berkembang menjadi suatu sistem lama manusia yang dianggap penuh dengan keyakinan tidak rasional.

    ReplyDelete
  45. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    saintisme dapat dipandang sebagai "upaya untuk memperluas ide-ide ilmiah, metode, praktik, dan sikap untuk hal kepedulian sosial dan politik manusia". Tetapi formulasi ini begitu luas, sehingga filsuf Tom Sorell menawarkan definisi yang lebih tepat: "Saintisme adalah masalah yang menempatkan nilai pada ilmu alam/ide ilmiah sebagai yang tertinggi dibandingkan dengan cabang ilmu lain. Selanjutnya seorang fisikawan Ian Hutchinson menawarkan definisi yang berkaitan erat dengan definisi sebelumnya, namun lebih ekstrim, yaitu bahwa saintisme adalah ilmu berpusat pada ilmu alam yang bersifat imiah dan merupakan satu-satunya sumber pengetahuan yang nyata

    ReplyDelete
  46. Saintisme adalah aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Dalam Scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  47. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Seorang saintis adalah intelektual yang berkiprah untuk memajukan dunia pengetahuan serta teknologi melalui alam. Sebagai seorang yang mengerti akan majunya dunia sains dan teknologi, saintis memiliki peranan penting untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. Memiliki potensi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, saintis berupaya memperbaiki kualitas penelitian di berbagai bidang. Namun acapkali seorang saintis dihadapkan pada permasalahan ideologi yang mereka pegang. Mereka sering mendewakan akal pikiran mereka sendiri dan tidak mau kembali kepada ajaran ilmu pengetahuan yang seharusnya membuat mereka percaya kepada Tuhan. Semoga kita sebagai orang yang berkecimpung dalam sains tetap berpegang teguh pada pedoman agama.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id