Dec 1, 2012

POSMODERNISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang POSMODERNISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/

Wss Wr Wb
Marsigit

44 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Postmodernism adalah bentuk reaksi dari modernism. Ciri terpenting dari postmodernism adalah relativisme dan mengakuai pluralitas. Pada modernism, pengetahuan merupakan suatu kesatuan yang didasarkan pada cerita-cerita besar yang menjadi ide penuntun sampai ke penelitian-penelitian peling mendetail. Tetapi postmodernisme merelatifkan semuanya. Menurut para postmodernis, tidak ada suatu norma yang berlaku umum. Tiap bagian mempunyai keunikan sehingga tidak dapat menerima pemaksaan ke arah penyeragaman. Dengan demikian, postmodernisme mengakui pluralitas dan hak hidup individu atau unsur lokal.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Posmodern mengkritik modernisme yang dianggap telah menyebabkan desentralisasi di berbagai bidang sebagai akibat globalisasi. Masa postmodern memberi kebebasan berpikir kepada manusia, menghargai pemikiran yang plural. Dampak dari postmodernisme ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan membuat perkembangan.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Posmodernism bukanlah paham tunggal sebuah teori namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Posmodernism merupakan kelanjutan dari paham modernism dan koreksi beberapa aspek modernism. Terdapat 2 aspek penting yang harus diketahui dari paham posmodernism;
    1. Posmodernism merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalan memenuhi janji-janjinya
    2. Teoritisi posmodernism cenderung menolak apa yang biasanya dikenal dengan pandangan dunia, metanarasi, totalitas dsb.

    ReplyDelete
  4. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Postmodernisme merupakan koreksi beberapa aspek dari moderinisme. hal itu dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris menggunakan konsep-konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hiperrealitas untuk mengacaukan konsep lain seperti keberadaan, identitas, kemajuan sejarah. Sehingga postmodern lebih mengutaman satu hal diatas hal lain. Misal mengutamakan estetika ketimbang etika. Kemunculan posmodernisme dipicu oleh penolakan terhadap modernisme yang dinilai telah gagal menciptakan masa depan kehidupan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Postmodernisme menggambarkan kedua era dan gerakan luas yang dikembangkan di pertengahan hingga akhir abad ke-20 di seluruh filsafat, seni, arsitektur, dan kritik yang menandai keberangkatan dari modernisme. Masa Postmodernisme telah diterapkan baik pada era modernitas, dan sejumlah gerakan dalam era (terutama dalam seni, musik, dan sastra) yang bereaksi terhadap kecenderungan dalam modernisme.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Postmodernisme adalah paham yang mendalami masa postmodern atau masa setelah modern. Masa setelah modern adalah pada akhir abad 20. Sedangkan pada abad 21 ini manusia berada pada jaman post-post modern. Pendalaman pada masa postmodern adalah pendalaman mengenai cara berpikir manusia pada jaman itu. Pada masa postmodern memberi kebebasan berpikir kepada manusia, menghargai pemikiran yang plural. Dampak dari postmodernisme ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan membuat perkembangan.

    ReplyDelete
  7. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Berdasarkan asau usul kata, Post-modern-isme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya faham (isme), yang berkembang setelah (post) modern. Sesuai dengan asal usul katanya, postmodernisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Banyak pula tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya karena faham ini bukanlah faham tunggal atau sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Mereka menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing.

    ReplyDelete
  8. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Istilah postmodernisme pertama kali muncul pada tahun 1979 oleh Jean-François Lyotard.
    Postmodernisme merupakan faham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Postmodernisme merupakan gerakan seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernismE, yang termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra.

    ReplyDelete
  9. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Istilah "postmodernisme" pertama kali memasuki filsafat pada tahun 1979, dengan publikasi “The Postmodern Condition” oleh Jean-François Lyotard. Postmodernism adalah bentuk reaksi dari modernism. Ciri terpenting dari postmodernism adalah relativisme dan mengakui pluralitas.

    ReplyDelete
  10. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Postmodernisme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya faham (isme), yang berkembang setelah (post) modern. Sehingga, Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Paham tersebut bukanlah faham yang egois, namun justru menghargai teori-teori yang lainnya.
    Postmodernisme merupakan pengembangan dari modernisasi. Pemikiran dan paradigma baru dari Postmodernisme itu yang merupakan antitesis dari modernisme yang dinilai gagal dan tidak relevan dengan perkembangan zaman

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    postmodernisme adalah lawan dari modernisme yang dianggap tidak mampu mengangkat manusia modern. Awalnya postmodernisme ini adalah pergerakan dalam kemajuan kaum kapitalis secara khusus bidang seni. Selain itu, postmodernisme juga dimengerti sebagai bentuk konflik terhadap metanarasi. Istilah "postmodernisme" pertama kali memasuki leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan penerbitan The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. Postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas.Yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, negara bangsa, kehidupan dalam jalur cepat. Namun mereka meragukan prioritas-prioritas modern seperti karier, jabatan, tanggung jawab personal, birokrasi, demokrasi liberal, toleransi, humanisme, egalitarianisme, penelitian objektif, kriteria evaluasi, prosedur netral, peraturan impersonal dan rasionalitas.

    ReplyDelete
  12. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Postmodernisme adalah salah satu efek dari aliran positivisme yang dipelopori oleh Aguste Compte. Hal ini banyak ditemui di Amerika saat ini. Postmodernisme merupakan paham tunggal akan tetapi dia menaungi pemikiran orang-orang pada modern yang tidak menemui titik temu.

    ReplyDelete
  13. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Postmodernisme, pada hakikatnya, merupakan campuran dari beberapa atau seluruh pemaknaan hasil, akibat, perkembangan, penyangkalan, dan penolakan dari modernisme Kaum posmodenis menentang bukan hanya diri sendiri yang seolah-olah bebas dan mampu melepaskan diri dari sistem sosial budayanya, tetapi juga menafikan dominasi sistem sosial, budaya, politik, kesenian, ekonomi, arsitektur dan bahkan gender yang bersifat timpang dan menyeragamkan umat manusia. Dalam pandangan postmoderenisme terjadi dominasi atau kolonialisasi yang halus dan diam-diam dalam semua aspek kehidupan manusia. Dominasinya dilakukan oleh sistem-sistem besar yang bersifat tunggal (the one) terhadap sistem-sistem kecil yang bersifat jamak (the plurals).

    ReplyDelete
  14. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Postmodernisme adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Pascamodernisme bukanlah paham tunggal atau sebuah teori, namun justru memayungi berbagai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti pascamodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Pascamodernisme sering dikaitkan dengan dekonstruksi dan pascastrukturalisme karena penggunaannya sebagai istilah mendapatkan popularitas yang signifikan pada waktu yang sama dengan pascastrukturalisme

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Postmodernisme adalah sebuah reaksi melawan modernisme yang muncul sejak akhir abad 19. Dalam postmodernisme, pikiran digantikan oleh keinginan, penalaran digantikan oleh emosi, dan moralitas digantikan oleh relativisme. Kenyataan tidak lebih dari sebuah konstruk sosial; kebenaran sama dengan kekuatan atau kekuasaan. Identitas diri muncul dari kelompok. Postmodernisme mempunyai karakteristik fragmentasi (terpecah-pecah menjadi lebih kecil), tidak menentukan (indeterminacy), dan sebuah ketidakpercayaan terhadap semua hal universal (pandangan dunia) dan struktur kekuatan.

    ReplyDelete
  16. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Menurut Lyotard dan Geldner, Postmodernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme.Sedangkan menurut Derrida, Foucault dan Baudrillard, Postmodernisme adalah bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori. Bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Sementara itu menurut Giddens, Postmodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Sedangkan bagi Habermas, Postmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  17. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Postmodernism as a philosophical movement is largely a reaction against the philosophical assumptions and values of the modern period of Western (specifically European) history—i.e., the period from about the time of the scientific revolution of the 16th and 17th centuries to the mid-20th century. Indeed, many of the doctrines characteristically associated with postmodernism can fairly be described as the straightforward denial of general philosophical viewpoints that were taken for granted during the 18th-century Enlightenment, though they were not unique to that period. The most important of these viewpoints are the following.

    ReplyDelete
  18. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari link diatas, posmodern dapat digambarkan sebagai seperangkat praktek kritis, strategis dan retoris menggunakan konsep-konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hiperrealitas untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan sejarah, kepastian epistemik, dan univocity makna. Postmodernisme merujukpada aliran pemikiran dan paradigma baru yang merupakan antitesis dari modernisme yang dinilai gagal dan tidak relevan dengan perkembangan zaman. banyak definisi-definisi lain ttg postmodernisme . Namun saya kira substansinya bermuara sama bahwa postmodernisme mengkritik modernisme yang tidak memberikan implikasi kesejahteraan.

    ReplyDelete
  19. Setiap fenomena termasuk teori pasti akan mengalami titik jenuh. Hal ini dikarenakan selalu ada perkembangan baru. Justru bila tetap mempertahankan paham Modernisme akan terjebak pada stagnasi. Terbukti bahwa perkembangan masyarakat, perkembangan jaman akhirnya kembali pada titik awal, adanya pengakuan pada kearifan lokal, pengakuan pada nilai-nilai pluralisme. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebenar-benar hidup adalah heterogen. Manusia saja berstruktur dan heterogen.
    Nilai-nilai postmodernisme sudah sangat menggejala diberbagai belahan dunia. Adanya internet adalah dampak postmodernisme yang tipis terhadap sekat antar budaya, antar bangsa.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Postmodernisme adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Postmodernisme ini lahir untuk menolak arus utama modernisme, sebagai anti-modernisme dan anti-positivisme. Menurut para pemikir postmodern, modernitas itu ditandai dengan sifat totaliternya akal budi manusia yang menciptakan sistem-sistem seperti sistem ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya yang pada akhirnya justru memenjarakan manusia sendiri sebagai budak dari sistem yang tidak menghargai sama sekali ‘dunia kehidupan’

    ReplyDelete
  21. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Postmodernisme yang lahir pertama-tama sebagai reaksi dan kritik terhadap modernisme yang penuh akan kesalahan dan kegagalan di berbagai bidang (walaupun beberapa tidak sepenuhnya gagal). Oleh karena itu postmodernisme melakukan gerakan kultural yang semula terjadi di masyarakat Barat tetapi telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, khususnya dalam bidang seni, antara lain hilangnya batas-batas sekaligus hierarki antara budaya populer dengan budaya elite, budaya massa dengan budaya tinggi.

    ReplyDelete
  22. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Posmodernitas ini adalah paham yang mengkritisi paham modernisme. Posmodernitas ini lebih menunjuk pada situasi dan tata sosial sosial produk teknologi informasi, globalisasi, fragmentasi gaya hidup, konsumerisme yang berlebihan, deregulasi pasar uang dan sarana publik, dan berusaha menghilangkan unsur-unsur tradisonal di dalam kehidupan. Tentunya kita memang harus mengikuti perubahan zaman sesuai ruang dan waktu. Namun, kita juga harus menyeleksi budaya-budaya modern yang mungkin tidak sesuai dengan kepribadian kita sebagai manusia beriman dan berfalsafah.

    ReplyDelete
  23. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Aliran ini muncul karena penolakan terhadap moderinism yang dinilai gagal dalam menciptkan masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, posmodernism dapat diartikan sebagai koreksi beberapa aspek dari moderenisme, seperti perangkat, strategis, dan retoris dengan menggunakan konsep perbedaan, pengulangan untuk mengacaukan konsep keberadaan, identitas. Aliran ini lebih mengutamakan satu hal di atas segalanya.

    ReplyDelete
  24. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Posmodernism berpandangan bahwa sebuah norma atau nilai tidak berlaku secara mutlak. Sehingga semua hal dalam hal ini bersifat relatif. Dengan demikian posmodernisme bertentangan dengan modernisme yang menganggap bahwa norma berlaku secara mutlak dan absolut. posmodernisme sejalan dengan prinsip pluralisme yang menolak penyeragaman akan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

    ReplyDelete
  25. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Postmodernisme merupakan kontradiksi dari modernism. Istilah ini juga menitik beratkan kepada pemahamna budaya dalam konteks tertentu. Postmodernisme juga tidak memiliki paradig¬ma penelitian yang lebih istimewa. Post modernisme juga melakukan koneksi terhadap ilmu dan alasan. Dari ilmu tersebut, akan dicari sebuah kebenaran dengan kaidah tertentu. Adapun jawaban yang dihasilkan dari pandangan pot modernisme ini akan menolak generalisasi. Kebenaran dalam pandangan ini lebih mengandalkan kepada kemampuan persuasif, lokal, relativitas, plural, penafsiran yang tak menentu.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Modernisme filosofis yang dipermasalahkan di postmodernisme dimulai dengan Kant yaitu "revolusi Copernicus,", asumsi bahwa kita tidak dapat mengetahui hal-hal dalam diri mereka sendiri dan bahwa objek pengetahuan harus sesuai dengan kemampuan kita representasi (Kant 1787). Ide seperti Tuhan, kebebasan, keabadian, dunia, awal pertama, dan akhir dunia hanya memiliki fungsi regulatif untuk pengetahuan, karena mereka tidak dapat menemukan contoh objeknya dari pengalaman.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    The term “postmodernism” first entered the philosophical lexicon in 1979, with the publication of The Postmodern Condition by Jean-François Lyotard. Described as a set of critical, strategic and rhetorical practices employing concepts such as difference, repetition, the trace, the simulacrum, and hyperreality to destabilize other concepts such as presence, identity, historical progress, epistemic certainty, and the univocity of meaning.

    ReplyDelete
  29. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Postmodernism adalah sebuah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Postmodernisme bukanlah paham tunggal sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Meskipun sedemikian beragamnya aliran pemikiran yang termasuk dalam istilah “posmodenisme”,kirannya kita masih bisa mengidentifikasi bahkan mengelompokkannya.Nilai yang kirannya penting dari Postmodernisme antara lain adalah bahwa dalam postmodernisme ini gagasan-gagasan dasar seperti “filsafat”, “rasionalitas”, dan “epistemologi” dipertanyakan kembali secara sangat radikal. Inti permasalahan yang dihadapi oleh filsafat dalam situasi postmodern terletak pada persoalan bahasa. Dan lebih lanjut, akan digunakan sebagai paradigma untuk mencari jalan keluar dari kemelut postmodern itu.

    ReplyDelete
  30. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Postmodernism atau pascamodernisme adalah paham yang menolak kebenaran objektif yang diagungkan oleh modernism. Yang dimaksud dengan kebenaran objektif adalahs sesuai kenyataan atau memiliki realitas dan validitas yang berlaku secara universal bagi semua orang (entah itu dianggap sebagai sebuah kebenaran atau tidak) dan melintasi ruang dan waktu.Para penganut pasccamodernisme memandang bahwa tidak ada satu pun kebenaran yang objektif melainkan semua kebenaran itu hanya partikular, terbatas, dan insuler.

    ReplyDelete
  31. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Lyotard mengartikan post berarti pemutusan hubungan pemikiran total dari segala pola kemodernan. Pemikiran Lyotard berkisar tentang posisi pengetahuan di abad ilmiah kita, khususnya tentang cara ilmu dilegitimasikan melalui yang disebutnya “narasi besar” seperti kebebasan, kemajuan, emansipasi, kaum proletar, dan sebagainya. Dengan pandangan itu Lyotard membawa istilah postmodernisme ke dalam diskusi filsafat yang lebih luas, sehingga istilah postmodernisme menjadi ambigu. Postmodernisme menjadi sekedar istilah yang memayungi hampir segala bentuk kritik atas modernisme, meskipun satu sama lain berbeda. Dengan demikian, istilah postmodernisme dipahami sebagai “segala bentuk refleksi kritis atas paradigm-paradigma modern dan atas metafisika pada umumnya

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Istilah post-modernisme1 secara etimologi bermakna sesudah modernisme atau disebut pula dengan pasca-modernisme. Istilah ini sudah demikian populer dalam dunia perguruan tinggi di Indonesia selama lima tahun terakhir. Istilah “postmodern” yang banyak dikenal dalam kajian filsafat telah diperkenalkan oleh Jean-Francois Lyotard dalam bukunya The Postmodern Condition: A Report on Knowledge sejak tahun 1984, dan sejak itu ia menjadi locus classicus untuk diskusi-diskusi tentang postmodernisme di bidang filsafat. Postmodernisme kini tampak bukan saja merupakan trend tetapi sudah cenderung akan menjadi suatu weltanschauung. Postmodernisme tampil sebagai reaksi balik terhadap modernisme yang sudah berjaya selama kurang lebih 3 abad. Ia muncul memberikan kritik yang cukup dalam terhadap akar-akar modernisme. Gejala tampilan postmodernisme tidak hanya dalam realitas sosial-budaya tetapi juga dalam epistemologi filosofis sampai kepada epistemologi pemikiran keagamaan.

    ReplyDelete
  33. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Modernisme filosofis yang dipermasalahkan di postmodernisme dimulai dengan "revolusi Copernicus," Kant yaitu, asumsi bahwa kita tidak dapat mengetahui hal-hal dalam diri mereka sendiri dan bahwa objek pengetahuan harus sesuai dengan kemampuan representasi kita (Kant 1787).

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Postmodernisme merupakan sebuah suasana, sebuah naluri, sebuah kecenderungan dari sebuah pemikiran eksplisit. Postmodernisme muncul karena modernisme dirasa dan dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia. Jadi postmodernisme ini bisa dikatakan sebagai pengembangan dari modernitas

    ReplyDelete
  35. menurut sy Fenomena postmodernisme ini memunculkan berbagai macam persoalan tentang peran iman dan agama. Ketika manusia tidak lagi percaya akan rasionalitas yang dianggap telah gagal melanjutkan proyek pencerahannya, maka dunia tidak lagi diatur oleh kebenaran tunggal dan sistem mekanis. sehingga ketika kita ingin menjadikan ilmu pengatahuan yang berkembang sangat pesat ini maka kita tetap berpegang teguh pada Al qur'an dan hadits.

    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  36. 16701251016
    PEP B S2

    Paham postmodern adalah bentuk kritik dari bebrapa ketidaksesuaian yabg dianggap pada masa itu, sehingga muncullah paradigma baru dalam membangun peradaban. Dalam paham ini akan terjadi pluralitas sehingga menunjukkan keberagaman dan akhirnya saling nenghargai dengan adanya keberagaman dan variansi yang khas anatar berbagai sifat yang membentk sebuah peradaban. Kurang mementingkan etika, namun prinsip estetika yang telah lebur dalan bidang lain menjadi berkembang, termasuj tata cara bagaimana hidup adalah suatu estetika menurut subjektifnya masing masing

    ReplyDelete
  37. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Nilai penting Postmodernisme adalah bahwa gagasan-gagasan dasar seperti filsafat, rasionalitas dan epistemologi dipertanyakan secara radikal. Permasalahan yang dihadapi oleh filsafat dalam situasi postmodern terletak pada persoalan bahasa. Inti kebahasaan itu sendiri adalah metafor. Maka metamorfositas akan digunakan sebagai paradigma untuk mencari jalan keluar dari kemelut postmodern itu. Akhirnya akan dicoba dirumuskan bagaimana filsafat, rasionalitas, dan kebenaran itu kini sebaiknya dipahami.

    ReplyDelete
  38. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Postmodernisme adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, ditandai munculnya beragam teknologi informasi, seni, budaya urban, sampai kepada gaya hidup. Postmodernisme dapat diartikan sebagai sebuah era setelah adanya era modernisme. Seperti zaman prasejarah yang kemudian beralih ke zaman sejarah, maka era modernisme beralih ke era postmodernisme. Beberapa lainnya menganggap, era modernisme telah berakhir dan telah mati digantikan era postmodernisme.

    ReplyDelete
  39. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Menurut Ernest Gellner, postmodernisme merupakan sejenis histeria subjektivitas dan merupakan penolakan terhadap fakta objektif. Semua struktur sosial dan visi ini independen dan menggantinya dengan kepentingan makna, baik menyangkut objek yang diamati maupun pengamat itu sendiri. [4] Briyan S. Turner mengatakan posmodernitas mengacu kepada perluasan proses komodifikasi kepada kehidupan sehari – hari dan dampak kebudayaan konsumer massa pada sistem budaya, yang menyamarkan perbedaan, misalnya antara kebudayaan tinggi dan kebudayaan rendah. Postmodernisme artinya penggunaan simulasi dalam produksi kebudayaan, dan dalam istilah gaya ia menyangkut ejekan diri dan ironi.

    ReplyDelete
  40. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Paham tersebut bukanlah faham yang egois, namun justru menghargai teori-teori yang lainnya. . Masa postmodern memberi kebebasan berpikir kepada manusia, menghargai pemikiran yang plural. Postmodernisme juga tidak memiliki paradig¬ma penelitian yang lebih istimewa. Post modernisme juga melakukan koneksi terhadap ilmu dan alasan. Dari ilmu tersebut, akan dicari sebuah kebenaran dengan kaidah tertentu.

    ReplyDelete
  41. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Istilah "postmodernisme" pertama kali memasuki ranah filosofis pada tahun 1979, dengan publikasi tentang Kondisi Postmodern oleh Jean-François Lyotard.Postmodernisme dipandang sebagai bentuk kritikan para filsuf terhadap modernitas. Frederic Jameson terkait bidang kebudayaan mengajukan suatu tesis bahwa postmodernisme bukan kritik satu bidang saja, namun semua bidang yang termasuk dalam budaya. Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna.

    ReplyDelete
  42. Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori. Bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Lalu bagi Giddens, itu adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Yang terakhir, bagi Habermas, merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  43. sepemahaman sy, postmodern ini adalah paham yang menyatukan dan menghargai semua paham/teori yang di gagas oleh para filsuf dunia,karena semuanya sudah di bahas dalam paham ini. Paham ini juga memberikan kebebasan kepada semua individu untuk menyampaikan pemikiran ataupun gagasanya denga caranya sendiri dan melalui ini juga timbul pemikiran-pemikiran kreatif mereka. Namun postmodernism ini juga merupakan paham yang mengkritik paham modernism,karena menurut paham ini modernism sudah gagal dan tidak memenuhi janjinya terhadap masyarakat serta telah gagal menjalankan prinsif tentang masa depan yang lebih baik.

    M Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  44. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Jean Francois Lyotard (1924-1998) menjadi orang pertama yang memperkenalkan istilah ini ke dalam filsafat. Sebagai salah seorang konseptor awal dari “postmodrnisme”, Lyotard meyakini masyarakat disusun bukan selalu berdasarkan teknologi namun juga seputar permainan bahasa dan diskursus. Maka ia mencoba mengarahkan perhatian masyarakat pada peran narasi-narasi dalam hidup sosial. Ia mengaitkan masalah “postmodern” dengan filsafat dalam bukunya Kondisi Postmodern (1979).

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id