Dec 1, 2012

POSITIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut perihal POSITIVISME, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb

Marsigit

11 comments:

  1. Isme itu berarti pusat. Jadi, kalau positivisme berarti memusatkan pada hal-hal yang positif. Jika kita hubungkan dengan cara berpikir positif, hal itu akan sangat penting dalam kelangsungan kita dalam menjalani hidup ini. Tanpa adanya kemampuan kita atau usaha kita untuk memperbanyak pemikiran kita ke arah yang positif, hidup kita akan dirundung kesengsaraan, dan itu bisa terjadi terus menerus sampai tiada ujungnya. Dengan begitu, positivisme sangatlah diperlukan untuk mengisi bagian besar dari diagram venn hidup kita ini. Kalau sudah mampu menerapkan dengan semestinya, kita akan merasakan kebahagiaan dalam hidup, bersyukur, dan mengetahui koordinat-koordinat di mana kita sudah semestinya bilang "bahwa ini saatnya kita benar-benar bersyukur", yang ternyata itu ada pada setiap semesta titik-titik koordinat.

    ReplyDelete
  2. dikdas p2tk 2014

    Assalamu'alaikum wr.wb
    positivism secara terminologis berarti suatu paham yang bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. hal ini berarti, segala sesuatunya berdasarkan fakta yang terjadi, tidak ada yang ditutupi. demikian juga kita sebagai manusia, hidup apa adanya, tidak ada yang ditutupi. semua berdasarkan fakta yang ada. berpikir positif dengan semua ketentuan dari Allah.
    sekian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Titi Suryansah
    P2TK Dikdas 2014

    Assalamualaikum Wr Wb
    Paham ini menjelaskan tentang cara memahami dunia menurut kacamata ilmu alam. Ilmu alam yang bagaimana? Ilmu alam yang mampu kita lihat secara kasat mata, atau dengan mudahnya benar-benar nyata/ riil. Paham ini juga menegaskan bahwa ilmu alam dengan ilmu sosial memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut terletak pada aturan-aturan yang muncul dalam mensikapi ilmu alam maupun ilmu sosial. Dalam berinteraksi dengan alam dibutuhkan sikap yang bijak, begitupula saat menerapkan ilmu sosial.
    Wassalamualaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  4. Rizky Cahyaningtyas
    12301241019
    Pendidikan Matematika

    Positivisme adalah suatu aliran filasafat yang menyatakan ilmu alam sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan menolak aktifitas yang berkenaan dengan metafisika, tidak mengenal adanya spekulasi, semua di dasarkan pada data empiris dalam kajian filsafat, sesungguhnya aliran ini menolak adanya spekulasi teoritis sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Anwar Rifa'i
    12301241023
    Etnomatematika


    Positivisme disebarkan oleh Auguste Comte pada tahun 1830. Konsep ini memiliki hubungan dengan verificationism. Positivisme mengatakan bahwa satu-satunya pengetahuan yang otentik ilmiah. Pengetahuan ini berasal dari penegasan teorema ilmiah positif melalui metode.

    ReplyDelete
  6. Positivisme merupakan paradigma ilmu pengetahuan yang paling awal muncul dalam dunia ilmu pengetahuan. Keyakinan dasar aliran ini berakar dari paham ontologi realisme yang menyatakan bahwa realitas ada (exist) dalam kenyataan yang berjalan sesuai dengan hukum alam (natural laws). Upaya penelitian, dalam hal ini adalah untuk mengungkapkan kebenaran realitas yang ada, dan bagaimana realitas tersebut senyatanya berjalan.

    ReplyDelete
  7. Positivisme muncul pada abad ke-19 dimotori oleh sosiolog Auguste Comte, dengan buah karyanya yang terdiri dari enam jilid dengan judul The Course of Positive Philosophy (1830-1842).Untuk mencapai kebenaran pada positivisme ini, maka seorang pencari kebenaran (penelitian) harus menanyakan langsung kepada objek yang diteliti, dan objek dapat memberikan jawaban langsung kepada penelitian yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  8. Positivisme adalah suatu paham yang mengajarkan bahwa kebenaran ialah yang logis, ada bukti empirisnya yang terukur. “Terukur” inilah sumbangan penting positivisme.Positivisme menganggap bahwa ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid, dan fakta-fakta sajalah yang dapat menjadi obyek pengetahuan.

    Muhammad Kamaluddin
    12301241035
    Etnomatematika

    ReplyDelete
  9. HARINI PUJI ASTUTI
    14712251011
    Dikdas/Konsentrasi Praktisi

    Positivisme merupakan paradigm ilmu pengetahuan yang cukup tua di dalam dunia ilmu pengetahuan. Paham ini menyatakan bahwa ilmu alam adalah satu satunya sumber pengetahuan yang benar. Ilmuan mempergunakan paradigma positisme untuk mengungkapkan kebenaran realitas.

    ReplyDelete
  10. Valeria Kartikaningtyas
    11313244007
    Pend. Mat Inter 2011

    Positivisme merupakan paradigm ilmu pengetahuan yang paling awal muncul dalam ilmu pengetahuan. Tokoh yang memeloporinya adalah Aguste Comte. Objek ilmu pengetahuan menurut padangan positivism adalah harus memenuhi syarat-syarat, yaitu dapat diamati, dapat diulang, dapat diukur, dapat diuji, dan dapat diprediksi. Positivisme berusaha mengungkap kebenaran realitas dengan menggunakan teori korespondensi. Maksudnya adalah suatu pernyataan benar bila terdapat fakta-fakta empiris yang mendukung pernyataan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Hildegardis Mulu (P. Mat Inter 2011/ 11313244023)

    Positivisme adalah suatu filsafat ilmu yang memandang bahwa ilmu hanya diperoleh melalui penalaran logis dan matematis serta dari hasil analisis data empiris (berdasarkan pengalaman melalui indera). Aliran ini menolak a priori dan metafisika sebagai cara memperoleh ilmu. Positivisme adalah bentuk empirisisme yang memfokuskan pada fakta dan fenomena positif, bukannya spekulasi. Aliran ini dikembangkan oleh Auguste Comte.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com