Dec 2, 2012

PLURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang PLURALISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pluralism



Wss Wr Wb
Marsigit

46 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Pluralisme adalah paham yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat. Kemajemukan yang dimaksud misalnya dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat, dll. Segi-segi inilah yang biasanya menjadi dasar pembentukan aneka macam kelompok lebih kecil, terbatas, dan khas, serta mencirikhaskan dan membedakan kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya, dalam suatu kelompok masyarakat yang majemuk dan yang lebih besar atau lebih luas. Misalnya masyarakat Indonesia yang majemuk, yang terdiri dari berbagai kelompok umat beragama, suku, dan ras yang memiliki aneka macam budaya dan adat istiadat. Menerima kemajemukan artinya menerima adanya perbedaan. Menerima perbedaan bukan berarti menyamaratakan, tetapi mengakui ada hal yang tidak sama. Menerima kemajemukan dalam hal beragama misalnya bukanlah berarti membuat penggabungan di mana ciri masing-masing terlebur atau hilang. Justru di dalam pluralisme , ciri yang membedakan hal (agama) yang satu dengan yang lainnya tetap ada dan tetap dipertahankan.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Pluralisme berasal dari kata plural dan isme, plural yang berarti banyak (jamak), sedangkan isme berarti paham. Jadi pluralism adalah suatu paham atau teori yang menganggap bahwa realitas itu terdiri dari banyak substansi. Dalam konteks kemasyarakatan, pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” atau “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pluralisme berasal dari kata plural yang artinya adalah jamak atau banyak. Pandangan filsafat mengenai segala sesuatu adalah bersifat banyak, memiliki banyak sekali makna. Seperti ungkapan 'jadilah orang yang kuat seperti hujan, meski jatuh berkali-kali namun dia akan tetap ada', para pluralisme tidak akan mudah setuju dengan ungkapan tersebut, karena mereka memandang hujan sebagai tetesan-tetesan air yang begitu banyaknya. Tetes air yang jatuh pada detik ini akan berbeda dengan tetes air yang jatuh pada detik berikutnya, apalagi pada hari yang berbeda.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Pluralisme adalah aliran yang tidak mengakui satu substansi atau dua substansi melainkan mengakui banyak substansi. Pluralisme , sebuah doktrin yang menurut banyak daripada satu (monisme) atau dua (dualisme) zat dasar membuat reality. Nilai pluralisme, gagasan bahwa ada beberapa nilai-nilai yang mungkin sama benar, bahkan fundamental, namun dalam konflik satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Pluralisme adalah ada lebih dari satu bentuk kebenaran. Epistemologis pluralisme yaitu metodologi untuk menentukan apa yang kita tahu - satu set kebenaran tak terhitung tentang dunia. Pluralisme (filsafat) yaitu sebuah doktrin yang menurut banyak daripada satu (monisme) atau dua (dualisme) zat dasar membuat realitas. Sekolah pluralis, sebuah sekolah Yunani filsuf pra-Socrates. Nilai pluralisme yaitu gagasan bahwa ada beberapa nilai-nilai yang mungkin sama benar, bahkan fundamental, namun dalam konflik satu sama lain. Pluralisme dalam Dictionary of Philosophy and Religion dikatakan sebagai paham yang menyatakan bahwa kenyataan alam ini tersusun dari banyak unsur, lebih dari satu atau dua entitas. Menurut phytagoras mengatakan bahwa unsur pembentuk benda ada empat yaitu tanah, air, udara dan air.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Pluralism atau pluralisme tentu sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Terlebih, di negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan kebudayaan. Pluralisne merupakan suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” dan “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat. Pluralisme tentu bukan alasan menjadikan perbedaan sebagai pemecah, tetapi justru menjadi pemersatu kekayaan bangsa.

    ReplyDelete
  7. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Pluralisme merupakan satu dari tiga segi pandangan persoalan dalam keberadaan yang dipandang dari segi jumlah, banyak (kuantitas) artinya berapa banyak kenyataan yang paling dalam itu. monisme, dualisme, dan pluralisme. Pluralisme mempercayai bahwa adanya banyak substansi. Para filsuf yang termasuk pluralisme diantaranya, anaxagoras yang menyatakan bahwa hakikat kenyatan terdiri dari unsur-unsur yang tak terhitung banyaknya, sebanyak jumlah sifat benda dan semuanya itu dikuasai oleh suatu tenaga yang dinamakan nous.

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Pluralisme adalah paham yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat. Seperti Indonesia yang memiliki keragaman suku, ras, dan kebudayaan. Namun indonesia disatukan oleh “Bhineka Tunggal Ika” berbeda beda tetapi tetap satu jua.

    ReplyDelete
  9. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Pluralism terdiri dari dua kata plural yang artinya beragam dan isme yang berarti paham, sehingga pluralism berarti beragam pemahaman. Pluralisme merupakan suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat yang dapat dilihat dari segi agama, suku, ras, budaya, adat-istiadat dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “KEMAJEMUKAN” atau “KEANEKARAGAMAN” dalam suatu kelompok masyarakat. Kemajemukan dimaksud misalnya dilihat dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat, dll. Segi-segi inilah yang biasanya menjadi dasar pembentukan aneka macam kelompok lebih kecil, terbatas dan khas, serta yang mencirikhaskan dan membedakan kelompok yang satu dengan kelompok yang lain, dalam suatu kelompok masyarakat yang majemuk dan yang lebih besar atau lebih luas. Misalnya masyarakat Indonesia yang majemuk, yang terdiri dari pelbagai kelompok umat beragama, suku, dan ras, yang memiliki aneka macam budaya atau adat-istiadat. Pluralisme yang ingin menjadikan Plural sebagai ajaran baru yang berupaya menghilangkan pergesekan dan perbedaan dalam isme menjadi satu hafam kesetaraan, menyatukan masyarakat yang plural dengan menghilangkan atau paling tidak membatasi kemungkinan perbedaan yang ada . Menyatukan kesamaan dalam tiap ajaran dan menghilangkan perbedaan dengan menghapuskan bagian dari ajaran yang bertentangan dengan ajaran lainnya.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Pluralisme berasal dari bahasa inggris, yang terdiri dari dua kata yaitu plural yang berarti beragam dan isme yang berarti paham, kemudian diartikan sebagai beragam pemahaman atau bermacam-macam paham. Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat. Realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Secara sederhana, pluralisme dapat diartikan sebagai paham yang mentoleransi adanya keragaman pemikiran, peradaban, agama, dan budaya. Bukan hanya mentoleransi adanya keragaman pemahaman tersebut, tetapi bahkan mengakui kebenaran masing-masing pemahaman, setidaknya menurut logika para pengikutnya. 

    ReplyDelete
  13. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Pluralisme merupakan suatu gagasan yang mengakui kemajemukan realitas. Ia
    mendorong setiap orang untuk menyadari dan mengenal keberagaman di segala bidang
    kehidupan, seperti agama, sosial, budaya, sistem politik, etnisitas, tradisi lokal, dan
    sebagainya. Pluralisme bukanlah paham yang secara tiba-tiba muncul dari ruang hampa, akan
    tetapi disitu terdapat penghubung yang kokoh antara diskursus sekularisme, liberalisme yang
    kemudian lahirlah pluralism. Pengertian pluralisme dalam konteks kontemporer bisa dinyatakan sebagai keterlibatan aktif dalam keragaman dan perbedaannya untuk membangun peradaban bersama. Menurut Nurcholis Madjid pluralisme itu tidak sekadar mengakui pluralitas keragaman dan perbedaan akan tetapi gerakan yang aktif merangkai keragaman tersebut untuk tujuan-tujuan
    sosial yang luhur yaitu untuk kebersamaan dan peradaban.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Pluralisme adalah keberadaan atau toleransi keragaman etnik atau kelompok-kelompok kultural dalam suatu masyarakat atau negara, serta keragaman kepercayaan atau sikap dalam suatu badan, kelembagaan dan sebagainya. Toleransi diperlukan untuk merealisasikan dan mendukung konsep tersebut. Toleransi tanpa sikap pluralistik tidak akan menjamin tercapainya kerukunan antar umat beragama yang langgeng begitu pula sebaliknya.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    konsep pluralisme dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pluralisme tidak semata menunjuk pada kenyataan tentang adanya kemajemukan. Namun, yang dimaksud pluralisme adalah keterlibatan aktif terhadap kenyataan kemajemukan tersebut, (2) pluralisme harus berdasarkan kosmopolitanisme menunjuk suatu realitas dimana aneka ragam ras dan bangsa hidup berdampingan disuatu lokasi, (3) konsep pluralisme tidak dapat disamakan dengan revitalisme. Revitalisme akan berasumsi bahwa hal-hal yang menyangkut kebenaran atau nilai-nilai ditentukan oleh pandangan hidup serta kerangka berfikir seorang atau masyarakatnya. (4) pluralisme agama bukanlah sinkretisme, yaitu menciptakan suatu agama baru dengan memadukan unsur tertentu atau sebagian komponen ajaran dari beberapa agama untuk dijadikan bagian integral dari agama tersebut. Dengan begitu perlu dicatat untuk dapat dijadikan sebagai pedoman, yang dimaksud dengan konsep pluralisme adalah suatu sikap saling mengerti, memahami, dan menghormati adanya perbedaan-perbedaan demi tercapainya kerukunan antar umat beragama.

    ReplyDelete
  16. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Paham ini berpandangan bahwa segala macam bentuk merupakan kenyataan. Pluralisme bertolak dari keseluruhan dan mengakui bahwa segenap macam bentuk itu semuanya nyata. Pluralisme dalam Dictionary of Philosophy and Religion dikatakan sebagai paham yang menyatakan bahwa kenyataan alam ini tersusun dari unsur banyak, lebih dari satu atau dua entitas. Tokoh aliran ini pada masa Yunani Kuno adalah Anaxagoras dan Empedocles yang menyatakan bahwa substansi yang ada itu terbentuk dan terdiri dari empat unsur, yaitu tanah, air, api, dan udara. Tokoh modern aliran ini adalah William James seorang filosof dan psikolog kenamaan asal Amerika. Ia berpendapat bahwa dunia ini terdiri dari banyak kawasan yang berdiri sendiri. Dunia bukanlah suatu universum, melainkan suatu multi-versum. Dunia adalah suatu dunia yang terdiri dari banyak hal yang beraneka ragam atau pluralis.

    ReplyDelete
  17. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Pluralism diartikan sebagai paham yang menerima & mengakui adanya keberagaman atau kemajemukkan pada suatu kelompok. Indonesia misalnya. Dengan berbagai keragaman suku, agama, dan ras namun tidak menjadikan perbedaan antara satu sama yang lain, namun tetap disatukan dengan falsafah hidup yang sangat kuat, yaitu Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. Itulah Indonesia, bangsa yang sangat toleran dan menghargai setiap keberagaman yang ada.

    ReplyDelete
  18. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi. Pluralisme dapat dikatakan salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang paling penting, dan mungkin merupakan pengemudi utama kemajuan dalam ilmu pengetahuan, masyarakat dan perkembangan ekonomi

    ReplyDelete
  19. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPS Pendidikan Matematika B 2016

    Sesungguhnya, inti dari pluralisme adalah penerimaan dan apresiasi terhadap kemajemukan yang ada di dalam masyarakat. Bagi penganut ide ini, pluralitas (kepelbagaian/kemajemukan) masyarakat adalah merupakan suatu fakta, dan bahwa pluralitas tidak mungkin dihilangkan juga merupakan fakta, sehingga adanya kesadaran akan pluralitas tadi merupakan satu keharusan. dalam pluralisme pun terkandung unsur relativisme, yakni ketidakbolehan mengklaim pemilikan tunggal atas satu kebenaran. Selain itu, pada dasarnya relativisme dan pluralisme sama-sama mengarah pada penyatuan manusia dalam kepelbagaian kepercayaan dan kepelbagaian identitas di masa modern.

    ReplyDelete
  20. Pluralisme merupakan pengakuan terhadap keragaman atau perbedaan. Dalam pluralisme terdapat toleransi. Sebenar-benar dunia adalah majemuk. Kemajemukan berasal dari diri manusia dan alam semesta. Sehingga mengingkari kemajemukan berarti mengingkari diri sendiri dan alam semesta. Bila diamati lebih dalam, segala bentuk apapun itu, dari jenis yang sama, type yang sama, namun memiliki perbedaan juga. Manusia, tumbuhan, hewan dan apapun itu meskipun memiliki jenis kelompok yang sama, namun dalam kesamaan itu ada perbedaan karakter.
    Dalam situasi sosial pluralisme dapat dilihat dari perbedaan kelompok, kepentingan, agama dan pendapat. Tanpa adanya nilai-nilai toleransi akan muncul keretakan dalam dimensi sosial.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  21. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Kata kunci dari pluralism sebagaimana dipaparkan dalam salah satu link diatas bahwa pluralism berarti keragaman pemahaman terhadap suatu aspek atau sisi dari semesta yang diakatakan sebagai pluralism. Pulralisme dalam social, agama, budaya dan lainnya. Saya kira ada ruang dimana pluralism dianggap sebagai paham yang tidak bisa diterima. Dalam agama misalnya, sebagai contoh dalam ajaran Islam agama yang benar dan diridhoi dimana kaumnya diwajibkan meyakini kebenaran ajarannya dan mengingkari dengan baik dan etis ajaran selainnya. Maka pluralism tidak mutlak benar dan bisa diterima dalam semesta ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  22. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Plural berarti jamak atau lebih dari satu. Pluralisme merupakan suatu gagasan yang mengakui kemajemukan realitas. Pluralisme juga menyatakan pandangan bahwa realitas tidak tersusun satu substansi yang unik atau salah satu dari jenis substansi. Ini mendorong setiap orang untuk menyadari dan mengenal keberagaman di segala bidang kehidupan. Fenomena pluralisme telah menjadi fakta sosial nyata yang harus di hadapi masyarakat modern. Permasalahan-permasalahan tentang modernisasi yang cukup mendapatkan perhatian cukup besar adalah issue pluralisme agama, issue ini merupakan fenomena yang hadir di tengah keanekaragaman kebenaran obsolut antar agama yang saling berseberangan.

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Pluralism merupakan kebalikan dari monism, yaitu aliran filsafat yang beranggapam dasar bahwa kebenaran tidak hanya datang dari sumber yang satu, yang serba ideal, melainkan juga berasal dari sumber lainnya, yang bersifat plural. Pandangan ini dipelopori oleh Leibniz dan Russel. Di Inggris pluralisme semakin populer pada awal abad 20 melalui para tokoh seperti F. Maitland, S.G. Hobson, Harold Laski, R.H. Tawney dan GDH Cole.

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually, pluralism is contrasted to Monism, which holds that ultimately there is just one kind of substance, and to Dualism, which holds that ultimately there are two kinds of substance in the universe (or, in Philosophy of Mind, that the mind and matter are two separate substances). Arguably, Dualism is a specific case of Pluralism.

    ReplyDelete
  25. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Pluralism atau pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat, seperti menerima adanya perbedaan agama, keyakinan, budaya, atau bahasa daerah. Indonesia merupakan negara yang plural karena terdiri dari bermacam-macam suku, adat istiadat, bahasa daerah, dan agama. Sehingga pluralisme di sini sangatlah penting agar Indonesia dapat selalu bersatu.

    ReplyDelete
  26. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Pluralism merupakan kontradiksi dari monism. Dalam pluralisme diakui bahwa terdapat keanekaragaman dan perbedaan dalam masyarakat.Baik perbedaan ras,agama,kebudayaan, maupun peradaban dalam masyarakat. Pluralisme memberikan persamaan antara hak dan kewajiban yang sama dan adil pada setiap perbedaan tanpa memandang dominasi mayoritas dan marginalitas minoritas. Sehingga pluralism memberikan kesempatan yang sama pada setiap individu yang berbeda untuk saling toleran, bekerja sama tanpa ada diskriminasi dan rasisme.

    ReplyDelete
  27. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Pluralisme adalah aliran yang tidak mengakui satu substansi atau dua substansi melainkan mengakui banyak substansi. Penganut aliran ini adalah Empledokles yang menyatakan bahwa hakekat kenyataan terdiri dari empat unsur yaitu: udara, api, air, dan tanah. Anaxagoras menyatakan bahwa hakekat kenyataan terdiri dari unsur-unsur yang tak terhitung banyaknya, sebanyak jumlah sifat benda dan semuanya itu dikuasai oleh suatu tenaga yang dinamakan nous. Nous adalah zat yang paling halus yang memiliki sifat pandai bergerak dan mengatur.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Pluralisme dapat diartikan sebagai paham yang mentoleransi adanya keragaman pemikiran, peradaban, agama, dan budaya. Bukan hanya menoleransi adanya keragaman pemahaman tersebut, tetapi bahkan mengakui kebenaran masing-masing pemahaman, setidaknya menurut logika para pengikutnya.

    Islam hanya mengakui adanya pluralitas agama dan keyakinan. Maknanya Islam hanya mengakui adanya agama dan keyakinan di luar agama islam, serta mengakui adanya identitas agama-agama selain Islam. Islam tidak memaksa pemeluk agama lain untuk masuk Islam. Mereka dibiarkan memeluk keyakinan dan agama mereka.

    Islam mengajarkan keyakinan bahwa islam sajalah agama yang benar, yang diridlai Allah. Orang yang masih mencari agama selain Islam, ia akan rugi, karena amalnya tidak diterima oleh Allah. Siapapun yang mengakui kebenaran agama selain Islam, maka dia telah mengingkari ayat-ayat al-Qur’an yang tegas dan jelas. Pengingkaran tersebut berakibat pada batalnya keislaman seseorang. Wallahu’alam bi shawwab. (http://www.muslimdaily.net/artikel/studiislam/pluralisme-agama-dalam-pandangan-islam.html)

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Pluralisme merupakan suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup dan berdampingan di surga (wikipedia). Hal tersebut bertentangan dengan ajaran Agama Islam. Karena agama satu-satunya yang diridhai oleh Allah ta’ala sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. Ali ‘Imran: 19).

    ReplyDelete
  32. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Pluralisme dari bahasa inggirs berarti pluralism, terdiri dari dua kata plural (beragam) dan isme (paham) yang berarti beragam pemahaman, atau bermacam-macam paham, Untuk itu kata ini termasuk kata yang ambigu. Pluralisme diartikan juga sebagai: hasil atau keadaan menjadi plural dan memiliki lebih dari satu tentang keyakinan.

    ReplyDelete
  33. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Secara ilmu pengetahuan, pluralisme sebagai faktor utama dalam pertumbuhan pesat ilmu pengetahuan. Pertumbuhan pengetahuan enjadi penyebab kesejahteraan kemanusiaan. misalnya, lebih besar kinerja dan pertumbuhan ekonomi dan lebih baiklah teknologi kedokteran. Pluralisme juga menunjukkan hak-hak individu dalam memutuskan kebenaran universalnya masing-masing. Sedangkan menurut Pluralisme Agama (Religious Pluralism) adalah istilah khusus dalam kajian agama¬-agama. Sebagai ‘terminologi sebagai satu paham (isme), yang membahas cara pandang terhadap agama agama yang ada, istilah ‘Pluralisme Agama’ telah menjadi pembahasan panjang di kalangan para ilmuwan dalam studi agama-agama (religious studies).

    ReplyDelete
  34. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Pluralisme merupakan suatu paham yang kontradiksi dengan aliran monisme, dimana pluralisme berasal dari kata plural yang berarti jamak atau beragam. Sehingga pluralisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa dunia ini tidak sebatas substansi yang tunggal atau ganda tetapi beragam dan berbeda. Kaitannya dalam dunia pendidikan adalah seorang guru atau pengajar haruslah memandang setiap perbedaan yang dimiliki oleh siswa, baik itu dari sisi kecerdasan, minat dan bakat maupun gaya belajar seorang siswa. Sehingga tugas seorang guru adalah memfasilitasi pembelajaran agar siswa-siswa yang memiliki berbagai macam perbedaan tersebut bisa menerima pelajaran dengan maksimal.

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Pluralisme menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Sebagai konsekuensinya alam semesta pada dasarnya tidak memiliki kesatuan, kontinuitas, harmonis dan tatanan yang koheren, rasional, fundamental. Dari salah satu sumber yang saya temukan,dapat dikemukakan bahwa aliran ini tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi.

    ReplyDelete
  36. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Sebagai konsekuensinya alam semesta pada dasarnya tidak memiliki kesatuan, kontinuitas, harmonis dan tatanan yang koheren, rasional, fundamental.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  37. Indonesia menjadi kuat ketika ada pengakuan terhadap kemajemukannya. Sehingga sungguh luar biasa para pendiri bangsa ini yang mengedepankan kebhinekaan dalam persatuan. Keyakinan agama tidak dapat dipaksakan, kata kunci saling menghargai itulah yang penting. Paham Pluralisme ini dapat hidup di Indonesia yang sarat dengan nilai kemajemukannya dari berbagai sudut pandang.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  38. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Pluralisme merupakan pengakuan terhadap kesetaraan dalam sosial budaya antara beragam kelompok etnik yang ada dalam suatu masyarakat. Pluralisme diharapkan bisa menjadi jalan terbaik untuk mengarasi malasah di dalam masyarakat serta bisa menjadi sebuah proses yang mendorong lahirnya demokrasi paling ideal di dalam masyarkat yang semakin modern dan kompleks saat ini.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Pluralisme dalam bahasa Inggris yang berarti kemajemukan. Dari kata dasar plural yang berarti jamak. Dalam filsafat, pluralism adalah salah satu paham yang mencoba menelaah bagaimana dan mengapa terbentuknya suatu penilaian yaitu tentang kebenaran. Tesis dari pluralism tentang kebenaran tersebut adalah menganggap bahwa ada lebih dari satu cara untuk menjadi benar. Kebenaran yang terbentuk muncul karena adanya khalayak banya yang menyetujui suatu ideologi,

    ReplyDelete
  40. Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Sebagai konsekuensinya alam semesta pada dasarnya tidak memiliki kesatuan, kontinuitas, harmonis dan tatanan yang koheren, rasional, fundamental. Didalamnya hanya terdapat pelbagi jenis tingkatan dan dimensi yang tidak dapat diredusir. Pandangan demikian mencangkup puluhan teori, beberapa diantaranya teori para filosuf yunani kuno yang menganggap kenyataan terdiri dari udara, tanah, api dan air. Dari pemahaman diatas dapat dikemukakan bahwa aliran ini tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi, karena menurutnya manusia tidak hanya terdiri dari jasmani dan rohani tetapi juga tersusun dari api, tanah dan udara yang merupakan unsur substansial dari segala wujud. Para filsuf yang termasuk dalam aliran ini antara lain: Empedakles (490-430 SM), yang menyatakan hakikat kenyataan terdiri dari empat unsur, yaitu api, udara, air dan tanah. Anaxogoras (500-428 SM), yang menyatakan hakikat kenyataan terdiri dari unsur-unsur yang tidak terhitung banyaknya, sebab jumlah sifat benda dan semuanya dikuasai oleh suatu tenaga yang dinamakan nous yaitu suatu zat yang paling halus yang memiliki sifat pandai bergerak dan mengatur.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  41. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Karena menurut para penganut paham ini bahwa manusia tidak hanya terdiri dari jasmani dan rohani tetapi juga tersusun dari api, tanah dan udara yang merupakan unsur substansial dari segala wujud.Salah satu filsuf yang termasuk dalam aliran ini adalah Empedakles (490-430 SM) yang menyatakan hakikat kenyataan terdiri dari empat unsur, yaitu api, udara, air dan tanah

    ReplyDelete
  42. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam Kamus The Contemporary English-Indonesia Dictionary, kata “plural” diartikan dengan lebih dari satu/ jamak dan berkenaan dengan keanekaragaman. Jadi pluralisme, adalah paham atau sikap terhadap keadaan majemuk, baik dalam konteks sosial, budaya, politik, maupun agama.

    ReplyDelete
  43. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam perspektif agama, pluralisme dapat diartikan bahwa terdapat banyaknya ragam latar belakang (agama) dalam kehidupan masyarakat yang mempunyai eksistensi hidup berdampingan, saling bekerja sama dan saling berinteraksi antara penganut satu agama dengan penganut agama lainnya, atau dalam pengertian yang lain, setiap penganut agama dituntut bukan saja mengakui keberadan dan menghormati hak agama lain, tetapi juga terlibat dalam usaha memahami perbedaan dan persamaan, guna tercapainya kerukunan bersama.

    ReplyDelete
  44. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Dalam ilmu sosial, pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi. Melihat kemajemukan yang ada di Indonesia, maka pluralisme perlu dipupuk sejak dini agar tidak terjadi konflik-konflik yang mengakibatkan kerugian bagi bangsa ini.

    ReplyDelete
  45. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pluralisme terdiri dari dua kata plural yaitu beragam dan isme yaitu paham, jadi pluralisme berarti beragam pemahaman, atau bermacam-macam paham. Dalam, ilmu sosial, pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi. Pluralisme dapat dikatakan salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang paling penting, dan mungkin merupakan pengemudi utama kemajuan dalam ilmu pengetahuan, masyarakat dan perkembangan ekonomi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  46. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain. Pada prinsipnya, konsep pluralisme ini timbul setelah adanya konsep toleransi. Jadi ketika setiap individu mengaplikasikan konsep toleransi terhadap individu lainnya maka lahirlah pluralisme itu. Dalam konsep pluralisme-lah bangsa Indonesia yang beraneka ragam ini mulai dari suku, agama, ras, dan golongan dapat menjadi bangsa yang satu dan utuh.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id