Dec 1, 2012

NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb
Marsigit





49 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Naturalisme berpendapat bahwa yang menerima alam sebagai keseluruhan pada kenyataannya. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sedangkan Paul Draper mendefinisikan naturalisme sebagai hipotesis bahwa dunia secara alamiah merupakan sistem yang tertutup. Lebih sederhana, pandangan ini menolak eksistensi penyebab-penyebab supernatural. Karena menolak realita dari peristiwa, kekuatan dan entitas supernatural, naturalisme merupakan anti tesis dari supernaturalisme. Sebagai suatu pandangan yang substansial tentang sifat-sifat realita, naturalisme dibedakan menjadi naturalisme metafisika, naturalisme filsafat, atau naturalisme ontologi berdasarkan hubungannya dengan prinsip-prinsip metodologis.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ide atau keyakinan yang wajar (sebagai lawan supranatural atau spiritual). Filsuf Paul Kurtz berpendapat bahwa alam terbaik dipertanggungjawabkan dengan mengacu pada prinsip-prinsip material. Prinsip-prinsip ini meliputi massa, energi, dan sifat fisik dan kimia lainnya diterima oleh masyarakat ilmiah.
    Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Oleh sebab itu, banyak ide-ide pemikiran realisme sejalan dengan naturalism.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Secara sederhana, naturalism dapat didefiniskan sebagai apa adanya. Jujur pada keadaan yang sedang dialami dan yang terjadi. Benar sesuai dengan kondisi.
    Naturalism adalah teori yang menerima “natura” sebagai keseluruhan realitas. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains dan alam. Istilah natura digunakan dalam filsafat dengan berbagai macam arti. Istilah naturalism adalah istilah sebaliknya dari “supernaturalism yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada di atas atau di luar alam.

    ReplyDelete
  4. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Aliran naturalisme disebut juga paham alami. Bahwa segala sesuatu muncul dan bersumber dari sifat alami. setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sehingga para naturalis menganut paham teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Paham ini bertentangan dengan paham supernaturalisme.

    ReplyDelete
  5. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Naturalism merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Menurut J.J Rosseau pelopor aliran naturalism, semua anak yang dilahirkan memiliki pembawaan yang baik akan tetapi dapat rusak karena pengaruh dari lingkungan.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Naturalisme memiliki kata dasar 'natural' yang artinya adalah alami atau apa adanya sesuai dengan kenyataan. Aliran filsafat naturalisme ini dekat dengan aliran realisme, yaitu dengan kesamaan yaitu kenyataan. Jika dalam hidup kita melihat kenyataan yang ada dalam bertindak, tentu akan baik jadinya. Namun dalam ber-apa adanya jangan hanya pasrah benar-benar apa adanya, karena manusia harus berikhtiar dalam menghadapi kehidupan. Sehingga harus melakukan ikhtiar dengan cara mengembangkan ke arah yang lebih baik dengan menekankan kealamian.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Naturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang mengambil makna dari alam. Menurut kaum naturalis, selain sudah memiliki hukum-hukum yang pasti, alam semesta ini sudah sempurna dan tidak perlu ada campur tangan Tuhan. Alam semesta terjadi dengan sendirinya berdasarkan hukum sebab akibat, alam semesta dan manusia bergerak atau berjalan dengan sendirinya dan semuanya bersifat kekal. Menurut paham ini, kehidupan manusia yang baik dan benar merupakan kehidupan manusia yang dalam perbuatan dan prilakunya harus sesuai dengan kodrat alamiah manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Berdasarkan referensi, Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. N
    aturalisme sebagai aliran filsafat maupun aliran filsafat pendidikan, memiliki kelebihan maupun kelemahan. Kelebihan utama aliran ini adalah penghargaannya yang tinggi terhadap alam, termasuk anak yang lahir secara alamiah akan cenderung baik. Paham ini bisa melahirkan manusia-manusia demokratis, sebab segala sesuatu dikembalikan pribadi masing-masing.
    Namun kelemahan utama aliran ini adalah bahwa anak yang lahir juga dipengaruhi oleh lingkungannya. Jika lingkungan di sekitar baik, maka anak tersebut cenderung baik. Sebaliknya, jika kehidupan di sekitarnya buruk, anak cenderung berkembang ke arah buruk. Kasus Galang Rambu Anarki, putera Iwan Fals, bisa jadi karena lingkungan tidak memadai untuk keberlangsungan hidupnya, sehingga ia harus meninggal dunia di usianya yang amat dini.

    ReplyDelete
  10. Budi Yanto
    1709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Ada dua pandangan tentang naturalism yaitu naturalism metafisik dan metodologis. Naturalisme metafisik adalah berkaitan dengan hukum alam yaitu aturan yang mengatur struktur, unsur-unsur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut. Naturalisme metodologis adalah bagaimana, gagasan, usaha ilmiah apa, hipotesis, dan metode apa yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang alam dan peristiwanya.

    ReplyDelete
  11. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Naturalisme merupakan sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan metode ilmu-ilmu empiris yang mudah dikerjakan. Dalam filsafat, naturalisme berupa ide atau keyakinan yang wajar Naturalisme berisi hipotesis yang menyatakan bahwa alam adalah sistem yang tertutup yang berisi penolakan keberadaan penyebab supranatural. Dalam menolak realitas peristiwa supranatural, kekuatan, atau badan, naturalisme sendiri merupakan antitesis dari supernaturalisme.

    ReplyDelete
  12. 351. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Naturalisme menolak klaim filsafat itu status khusus. Apakah dalam epistemologi, etika, filsafat pikiran, filsafat bahasa, atau daerah lain, naturalisme berusaha untuk menunjukkan bahwa masalah filosofis tradisional dipahami sakit-dirumuskan dan dapat diselesaikan atau mengungsi dengan metode tepat naturalistik. Naturalisme sering memberikan peran kunci untuk metode dan hasil dari ilmu-ilmu empiris, dan kadang-kadang bercita-cita untuk reduksionisme dan fisikalisme. Namun, ada banyak versi dari naturalisme dan beberapa eksplisit non-scientistic. Apa yang mereka berbagi adalah penolakan dari pandangan filsafat sebagai eksklusif teori apriori bersangkutan dengan satu set khas filosofis pertanyaan

    ReplyDelete
  13. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Naturalisme merupakan paham yang menganggap dunia empiris ini merupakan keseluruhan realita. Adanya alam tidak membutuhkan adanya bantuan dari luar. Semua kejadian di alam, tidak membutuhkan berada dalam satu siklus yang terus berjalan, hal inilah yang lebih mirip dengan pengertian deisme. Sehingga naturalisme ini tidak membutuhkan kehadiran pihak lain untuk memahami alam. stilah naturalism adalah sebaliknya istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada (wujud) di atas atau di luar alam. Materialisme adalah sesuatu istilah yang sempit dan merupakan bentuk naturalism yang lebih terbatas, materialisme pada umumnya mengatakan bawa dunia ini tidak ada selain materi, atau natur (alam) dan dunia fisik adalah satu.

    ReplyDelete
  14. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Naturalisme adalah sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan mereka sebagai penurut melalui metode ilmu-ilmu empiris atau setidaknya, tanpa khas proyek apriori dari teori. Untuk sebagian besar sejarah filsafat itu telah banyak diadakan bahwa filsafat melibatkan metode khas, dan bisa mencapai pengetahuan yang berbeda dari yang dicapai oleh ilmu-ilmu khusus. Dengan demikian, metafisika dan epistemologi sering bersama-sama menduduki posisi "filsafat pertama," meletakkan dasar yang diperlukan untuk memahami realitas dan pembenaran klaim pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dari kata bahasa, sudah dapat mengerti apa itu naturalism. Natural itu adalah alami, apa yang ada tanpa campur tangan manusia, sedangkan isme itu paham. Maka naturalisme adalah suatu paham yang mengkaji tentang obyek dan benda-benda alam yang ada adalah sebagai realitas.

    ReplyDelete
  16. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Naturalism ialah paham yang dilatarbelakangi oleh tiga aliran besar (realism, empirism, dan rasionalsm). Paham ini memahami dan menerima alam sebagai suatu keseluruhan. Secara alami memahami segala sesuatu yang terjadi di dunia tidak dipengaruhi oleh apapun, sehingga menolak adanya penyebab lain di luar nalar atau logika.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Aliran naturalisme atau realisme dalam seni rupa adalah seni yang mementingkan kejujuran terhadap subjek tanpa menggunakan imajinasi. Sama halnya dengan fotografi naturalisme yang tanpa melalui proses editan. Dalam aliran ini tidak diakui adanya unsur tidak masuk akal, eksotisme, dan supranatural. Beberapa sumber mengatakan bahwa aliran naturalisme dan realisme memiliki sedikit perbedaan, yaitu aliran naturalisme sedikit ditambahkan variasi agar lebih indah. Aliran naturalisme telah lazim digunakan dalam seni sejak lama. Dalam seni visual, naturalisme adalah penggambaran yang akurat dari kehidupan, perspektif, cahaya, dan pewarnaan

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Naturalisme ialah pokok pemikiran kaum naturalis terhadap eksistensi Tuhan, agama dan semua yang bersifat spiritual metafisik lainnya yang disandarkan semata-mata pada alam lahiriyah dan kemampuan akal manusia.

    ReplyDelete
  19. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Imam Barnadib menyebutkan bahwa realisme merupakan anak dari naturalisme. Oleh sebab itu, banyak ide-ide pemikiran realisme sejalan dengan naturalisme. Salah satunya adalah nilai estetis dan etis dapat diperoleh dari alam, karena di alam tersedia kedua hal tersebut.

    ReplyDelete
  20. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984). Kaitannya dalam dunia pendidikan adalah sekolah merupakan dasar dalam keberadaan naturalisme. Sebab, belajar merupakan sesuatu yang natural, oleh karena itu fakta bahwa hal itu memerlukan pengajaran juga merupakan sesuatu yang natural juga. Paham naturalisme memandang guru tidak mengajar subjek, melainkan mengajar murid.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Naturalisme dalam kaitannya dengan filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi naturalis dimulai jauh hari sebelum anak lahir, yakni sejak kedua orang tuanya memilih jodohnya.

    ReplyDelete
  22. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Naturalisme, yang menyatakan ukuran baik buruk ialah sesuai tidaknya perbuatan tersebut sesuai dengan fitrah (natura) manusia. Aliran naturalisme lebih menekankan bahwa baik dan buruknya perbuatan,tergantung dari sesuai tidaknya dengan fitrah atau sifat alami manusia itu sendiri...

    ReplyDelete
  23. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari link http://www.iep.utm.edu/naturali/ Naturalisme adalah sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan mereka sebagai taat dan patuh melalui metode ilmu-ilmu empiris atau setidaknya, tanpa khas proyek apriori dari teori. Penganut naturalisme dalam link Wikipedia… diatas menegaskan bahwa hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut. Secara sederhana naturalism merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Misal dalam pendidikan guru yang alamiah bagi seorang siswa adalah orangtuanya sendiri

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    In philosophy, naturalism is a theory that relates scientific method to philosophy by affirming that all beings and events in the universe (whatever their inherent character may be) are natural. Consequently, all knowledge of the universe falls within the pale of scientific investigation.

    ReplyDelete
  25. Naturalism melihat alam sebagai bagian yang paling mempengaruhi kehidupan manusia. Bila direnungkan bahwa kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dengan alam semesta. Bahkan dalam Kitab Suci dikatakan bahwa manusia terbuat dari Tanah dan ditiupkan Ruh oleh Allah SWT dan menjadi hidup. Artinya unsur pembentuk manusia adalah alam (tanah), Ruh dan nafas (udara) dan memiliki kandungan air didalamnya. Jadi dalam diri manusia unsur unsur adalam terkandung.
    Sehingga interaksi dengan alam dapat menjadi positif selama ada harmonisasi hubungan keduanya, atau disharmonisasi ketika alam telah dirusak oleh manusia.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  26. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Naturalisme merupakan salah satu filsafat yang bersifat alami, artinya filsafat ini mengenai keberadaan benda-benda alam maupun ilmu sains. Dalam ilmu sains mentakan bahwa pembelajaran yang hebat dalam ilmu pengetahuan berasal dari akal pikiran manusia. Filsafat aliran naturalisme ini begitu menjunjung tinggi alam sebagai sarana utama dalam kehidupan manusia, bahkan Tuhan pun diyakini tidak ada hubungannya atau tidak peduli dengan alam. Landasan kebenaran berpatokan pada pemikiran ilmiah yang dapat dibuktikan kebenarannya secara nyata.

    ReplyDelete
  27. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Naturalisme adalah paham yang memandang filsafat bersifat alami. Filsafat aliran naturalisme ini begitu menjunjung tinggi alam sebagai sarana utama dalam kehidupan manusia, bahkan Tuhan pun diyakini tidak ada hubungannya atau tidak peduli dengan alam. Landasan kebenaran berpatokan pada pemikiran ilmiah yang dapat dibuktikan kebenarannya secara nyata.

    ReplyDelete
  28. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Naturalisme adalah teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas yang nyata dan eksis. Naturalisme di bagi menjadi Naturalisme Materalistik dan Naturalisme Humanistik. Dalam Naturalisme Materalistik mempunyai pengertian bahwa bahwa di dunia tak ada selain materi, atau alam dan dunia fisik adalah satu.Natuarlisme Materalistik terdiri dari Materialisme Mekanik yaitu semua bentuk dapat diterangkan menurut hukum yang mengatur materi dan gerak, Implikasi Materialisme Mekanik, Materialisme Dialektik yang timbul dari perjuangan sosial, Dasar dari Dialektik, Materialisme Sejarah, dan Filsafat Perubahan Sosial yang mengatakan pengetahuan selalu dikaitkan dengan tindakan. Naturalisme Humanistik adalah filsafat yang menekankan manusia, kepentingan manusia, dan urusan manusia di bagi menjadi Metode Naturalisme Humanistik, Pandangan Alam Menurut Humanis.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam pendidikan, aliran naturalisme memfokuskan kepada strategi pembelajaran yang memiliki sifat paedosentris, yang berarti faktor kemampuan siswa menjadi hal yang diperhatikan dalam proses belajar dan mengajar. Dari aliran naturalis ini, maka dicetuskanlah kurikulum yang digulirkan oleh pemerintah yaitu kurikulum 2013. Dalam kurikulum ini, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik.

    Dalam K-13 ini memiliki keganjilan dalam kemunculan dan penerapannya. Dari kemunculannya yang tiba-tiba dan terkesan terburu-buru hingga membuat kebingungan praktisi pendidikan dalam hal ini murid dan guru. Dari penerapannya pun, banyak yang meragukan keabsahan dalam proses pembelajaran. Walaupun K-13 ini katanya terkesan lebih “religius”, namun disisi lain muncul kontradiktif terhadap berbagai respon siswa yang keberatan dengan penerapan K-13 ini.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    NATURALISME merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984)

    ReplyDelete
  31. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Pemikiran Naturalisme sebagai pandangan bahwa kehidupan ini sebagai suatu keadaan yang dipandang hingga dapat diterima oleh indrawi sebagai keadaan yang realistis. Natur atau alam sebagai objek logis yang diungkapkan sebagai keadaan yang indah. Sebagian mengatakan bahwa keadaan yang natural memiliki keindahan. Maka keadaan normal dalam kehidupan ini haruslah seperti keadaan awalnya. Bahkan dalam realitasnya, kerusakan lingkungan harus dibenci karena dianggap sebagai keadaan yang tidak natural.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Naturalisme merupakan suatu aliran yang berpandangan bahwa kenyataan yang sebenarnya adalah alam semesta fisik ini, bukan kenyataan spiritual atau supernatural. Menurut naturalisme, jiwa dapat menurun hakikatnya menjadi dan mempunyai hakikat sebagai unsur-unsur materi, maka naturalisme dapat menjadi materialisme. Filsafat naturalisme memandang segala sesuatu berasal dari alam, dan tiada sesuatupun yang ada di baliknya. Atas dasar ini filsafat naturalisme modern cenderung menjadi pluralisme, yaitu suatu paham yang berpendirian bahwa kenyataan dapat terdiri dari banyak tipe benda-benda alamiah.

    ReplyDelete
  33. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Naturalisme merupakan suatu paham yang memandang bahwa nature atau alam sebagai keseluruhan realitas atau keseluruhan kenyataan adalah alam itu sendiri. Paham ini menanggap segala sesuatu terjadi secara alamiah dan memandang bahwa segala sesuatu itu baik adanya. Manusia yang terlahir ke bumi pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dimana paham ini percaya bahwa sifat buruk bukanlah sifat yang dibawa dari lahir tapi sifat buruk adalah sifat yang lahir kerena memang manusia memilih untuk menjadi buruk baik secara sadar maupun tidak sadar

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Naturalisme adalah suatu aliran filsafat yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Aliran ini beranggapan bahwa manusia lahir dengan pembawaan yang baik, aliran ini dicetusakan oleh J.J Rosseau pada abad ke-17. Cara berfikir aliran ini yang abstrak menjadikan peranan keluarga menjadi yang paling penting dalam membekali dan membimbing seorang anak untuk menjadi lebih baik khususnya dalam dunia pendidikan. Tujuan pendidikan menurut paham naturalisme adalah mengamankan kebutuhan hidup; meningkatkan anak didik; memelihara hubungan sosial dan politik; menikmati waktu luang; serta pemeliharaan diri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Istilah naturalisme adalah kebalikan dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984).

    ReplyDelete
  36. Naturalisme mengambil makna dan hikmah dari alam semesta. Nilai-nilai yang terkandung dari berbagai kejadian dapat direfleksikan dalam kehidupan manusia. Alam memberikan pembelajaran berharga dengan kejadian yang ditimbulkan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  37. Bencana alam memberikan makna tentang perlunya menjaga lingkungan karena perangai manusia yang tidak lagi peduli pada kelestarian alam. Manusia memperbaiki diri dalam menghargai alam dan alam pun akan menghargai kehidupan manusia. Ada interaksi timbal balik antara manusia dan alam semesta.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  38. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Istilah naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984). Dalam Stanford Encyclopedia of PhilosophyIstilah, "naturalisme" tidak memiliki arti yang sangat tepat dalam filsafat kontemporer. "Naturalisme" bukan istilah yang sangat informatif yang diterapkan pada filsuf kontemporer. Sebagian besar dari filsuf kontemporer akan dengan senang hati menerima naturalisme sebagai hanya sebagai karakteristik, mereka akan menolak wujud "supernatural", dan memungkinkan ilmu itu adalah arah yang mungkin (jika tidak selalu hanya satu) untuk kebenaran penting tentang "human spirit".

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  39. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Naturalisme merupakan aliaran yang menerima menerima teori nature atau teori alam sebagai keseluruhan realitas. Dalam realitanya, teori alam itu sendiri juga terdiri dari teori alam material dan teori alam spiritual yang masing-masing memiliki hukumnya sendiri.

    ReplyDelete
  40. Naturalisme merupakan sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan mereka sebagai penurut melalui metode ilmu-ilmu empiris. Menurut naturalisme, jika filsafat menjadi terlepas dari orang-orang, itu adalah hanya teori-bangunan dan tidak memberi kita pemahaman yang benar. Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme.

    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  41. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Secara definitif naturalisme berasal dari kata “nature.” Kadang pendefinisikan “nature” hanya dalam makna dunia material saja, sesuatu selain fisik secara otomatis menjadi “supranatural.” Tetapi dalam realita, alam terdiri dari alam material dan alam spiritual, masing-masing dengan hukumnya sendiri. Era Pencerahan, misalnya, memahami alam bukan sebagai keberadaan benda-benda fisik tetapi sebagai asal dan fondasi kebenaran. Ia tidak memperlawankan material dengan spiritual, istilah itu mencakup bukan hanya alam fisik tetapi juga alam intelektual dan moral.

    ReplyDelete
  42. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Paham naturalisme berpendirian bahwa setiap bayi lahir dalam keadaan suci dan dianugerahi dengan potensi insaniyah yang dapat berkembang secara alamiah. Karena itu, pendidikan pada dasarnya sekedar merupakan suatu proses pemberian kemudahan agar anak berkembang sesuai dengan kodrat alamiahnya. Pandangan ini diidentifikasikan sebagai konsepsi pendidikan yang cenderung pesimistik.

    ReplyDelete
  43. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  44. 16701251016
    PEP B S2

    Naturalism adalah pandangan yabg dapat dikatakan bersumber oleh alam. Seluruh penciptaan pasti ada maksud, sehingga manusia berfikir untuk terus mencari yang meliputi seluruh alam. Merujuk pada hal semacam itu, seluruh penciptaan adalah dengan sinergitas dan berhubungan baik. Penciptaan manusia salah satunya, pembawaan unsur yang ada pada manusia semua adalah kebaikan. Namun karena faktor pemikiran yang memandang perlu terhadap kebutuhan moral akan menjadikan berbagai individu manusia semakin beragam. Atau dengan kata lain perjalanan hidup manusia adalah konpkek, meliputi pemikiran yang realistis dan juga sebuah pengalaman

    ReplyDelete
  45. Nature atau alam berprinsip apa adanya. Sehingga tidak mungkin mengada ada, yabg akhirnya akan menimbulkan berbagai macam manipulasi untuk mengkontruks sesuatu yang dianggaonya seduai. Hanya saja berbeda, alam yang siudah semestinya ini adalah tetap sesuai dengan kuasaNya. Siklus yang menjadikan pergeseran dan mungkin orang berpendapat bahwa dengan adanya siklus alam ini berubah, misalnya saja air, menyebabkan banjir dan segala macam. Itu adalah siklus, akibat dari sikap yabg tidak sesuai ruang dan waktu. Daya resap tanah habis tidak bisa menyerap air, sehingga wajar air yabg merupajan hasil siklus hidrogen ini akan balik menyerang dan mengakibatkan suatu bencana

    ReplyDelete
  46. Naturalis ini meliputi 3 aliran besar dalam filsafat, yatu sesuai dengan realis, empiris, dan rasional. Namun dalam hubungannnya tidak seluruhnya sepaham dengan aliran tersebut, mungkin ada beberapa kriteria dalam kajian olah fikir yaitu filsafat sendiri terkait dengan kontruks dari paradigma yang ada.
    Istilah supranatural, berarti natural yang super besar ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk spiritual, yang mana meyakini dengan adanya kekuatan maha dahsyat dibaluk yang ada dan mungkin ada di berbagai fenomena alam, misalkan saja gempa bumi. Jika dalam kajian ilmu pengetahuan maka terjadi gesekan akibat pergerakan lempeng bumi, namun apa boleh buat ada yang emngatur setiap siklus pergerakan lempeng bumi, begitulah pandangan supranatural

    ReplyDelete
  47. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Naturalisme sebagai aliran filsafat maupun aliran filsafat pendidikan, memiliki kelebihan maupun kelemahan. Kelebihan utama aliran ini adalah penghargaannya yang tinggi terhadap alam, termasuk anak yang lahir secara alamiah akan cenderung baik. Paham ini bisa melahirkan manusia-manusia demokratis, sebab segala sesuatu dikembalikan pribadi masing-masing. Beberapa sumber mengatakan bahwa aliran naturalisme dan realisme memiliki sedikit perbedaan, yaitu aliran naturalisme sedikit ditambahkan variasi agar lebih indah.

    ReplyDelete
  48. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Seperti yang didefinisikan oleh filsuf Paul Draper, naturalisme adalah "hipotesis bahwa alam adalah sistem tertutup" dalam arti bahwa "tidak ada yang bukan merupakan bagian dari alam mempengaruhi itu." Lebih sederhana, itu adalah penolakan keberadaan penyebab supranatural. Dalam menolak realitas peristiwa supranatural, kekuatan, atau badan,.
    Dalam memanfaatkan naturalisme metodologis, ilmu pengetahuan dan sejarah jangan menganggap apriori bahwa, sebagai Sebenarnya, penyebab supranatural tidak benar-benar ada. Tidak ada konflik konseptual antara berlatih ilmu pengetahuan atau sejarah dan percaya pada supranatural. Namun, karena beberapa dari penulis kami berpendapat bawah (misalnya, Agustinus, Fales, Forrest, dan Oppy), naturalisme metodologis tidak akan seperti memukau sukses karena memiliki sebenarnya sudah jika naturalisme metafisik adalah palsu. Dengan demikian keberhasilan de facto naturalisme metodologis memberikan bukti empiris yang kuat bahwa naturalisme metafisik mungkin benar.

    ReplyDelete
  49. Naturalisme merupakan teori yang menerima nature (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah nature telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam.

    Triwid Syafaratun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2015

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id