Dec 2, 2012

MYTHOLOGY




Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MYTHOLOGY, silahka konek ke:









Wss Wr Wb
Marsigit


33 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Mitologi merupakan sekumpulan mitos atau legenda yang berkembang di masyarakat. mitos ini biasanya dilatar belakangi oleh kebudayaan dan kepercayaan dari masyarakat yang telah dipercayai secara turun temurun meskipun mungkin kebenarannya masih belum terbukti. Mitologi dapat dengan mudah mempengaruhi pikiran orang-orang tradisional yang masih kental dengan kebudayaannya. Mereka lebih mempercayai nasehat turun temurun nenek moyang dan cenderung mengabaikan logika mereka. Walaupun nenek moyang menciptakan mitos dengan tujuan yang baik, namun karena cara penyampaiannya yang keras membuat sugesti bahwa hal yang dimitoskan sebagai sesuatu yang benar dan harus dilakukan. Oleh karenanya, dalam kehidupan sering kali kita diliputi oleh mitos-mitos yang beredar.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Mitologi dapat merujuk pada mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang. mereka memberitahu untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos tersebut. Sebagai kumpulan cerita jelas, mitologi adalah fitur penting dari setiap kebudayaan. Banyak sumber untuk mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi dari alam atau personifikasi dari fenomena alam, peristiwa sejarah.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Mythology berasal dari kata “myth” yang berarti mitos. Maka secara sederhana, mythology dapat didefinisikan sebagai kajian tentang mitos maupun sebuah himpunan atau koleksi tentang mitos-mitos. Mitos sendiri berarti kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, dan dalam arti yang lebih luas dapat mengacu kepada cerita tradisional.

    Umumnya mitos tidak dapat dibuktikan kebenarannya, namun bukan berarti mitos adalah seuatu kebohongan atau tidak benar.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016

    Mitologi adalah cerita yang bersifat simbolik yang mengisahkan serangkaian cerita nyata atau imajiner. Di dalam mitologi berisi asal usul terjadinya alam semesta, dewa-dewa, supranatural, pahlawan manusia atau masyarakat tertentu yang mana memiliki tujuan untuk meneruskan dan menstabilkan kebudayaan, memberikan petunjuk hidup, melegalisir aktivitas kebudayaan, pemberian makna hidup dan pemberian model pengetahuan untuk menjelaskan hal-hal yang sulit dijelaskan dengan akal pikiran. Mitologi biasanya diceritakan dari lisan ke lisan dan dari generasi kegenerasi sehingga hal tersebut dianggap benar padahal hal tersebut belum tentu benar. Seperti tertimpa cicak sebagai tanda sial, menabrak kucing dijalan sebagai pertanda akan celaka, gerhana matahari sebagai tanda bulan ditelan raksasa dll. Adanya mitos ini dikarenakan tidak adanya pengetahuan atau penelitian tentang kejadian-kejadian atau fenomena yang ada.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Mitologi merupakan mitos-mitos yang sekelompok orang percayai kemudian terkumpul yang isinya menjelaskan tentang alam, sejarah, adat istiadat. Dalam mitologi yunani (greek mythology) mereka mempercayai mitos-mitos yang terbentuk dengan jelas tentang nama, tempat, elemen, pahlawan yang diceritakan sehingga dianggap benar-benar terjadi karena kejelasan suatu cerita terkait hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. Rizki Ayu Amalia
    13301240138
    Pendidikan Matematika A 2013

    mitologi sangat erat kaitannya dengan sebuah legenda, atau mitos. Di mana pelaku – pelaku dari legenda atau mitos ini adalah manusia, dan dipercaya akan kebenaran dari cerita ini. Biasanya pada legenda terdapat makhluk – makhluk supranatural dan kejadian luar biasa seperti kutukan, sihir, dan keajaiban. mitologi, biasanya berlatar belakang pada masa – masa di mana manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah atau asal muasal suatu tempat

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Mitologi adalah kajian atau ilmu mengenai mitos. Di Indonesia banyak mitos yang berkembang, dalam bentuk cerita rakyat, legenda, atau kisah-kisah supranatural yang sangat sulit untuk membuktikan kebenarannya. Dalam filsafat, orang yang mempercayai mitos hanyalah dikuasai oleh pikiran yang tidak rasional. Sebagai manusia yang hidup dalam dunia yang penuh dengan kontradiksi, kita harus menghargai mitos namun berusaha untuk mencapai logos.

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Mitologi merujuk pada mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang-mereka kumpulan cerita mereka memberitahu untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos tersebut. Sebagai kumpulan cerita jelas, mitologi adalah fitur penting dari setiap kebudayaan. Banyak sumber untuk mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi dari alam atau personifikasi dari fenomena alam. Mitologi bukan hanya praktek kuno atau primitif, mitologi kolektif Budaya ini membantu menyampaikan milik, bersama dan pengalaman agama, model perilaku, pelajaran moral dan praktis.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Mitologi merupakan akar dari filsafat di dunia ini, Istilah ini dapat berarti kajian tentang mitos. Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Istilah ini terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Biasanya kisah-kisah tersebut memiliki hubungan erat dengan para dewa dan para pahlawan. Mitos yang ada di sekitar kita sebaiknya sebagai bahan belajar kita untuk dapat berpikir kritis.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Memang benar, filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Pemikiran mitologi merupakan sistem pemikiran orang yunani yang hidup pada pra abad ke 6 SM. Mereka menjelaskan tentang fenomena alam dengan mengkaitakan pemikiran keagamaan. Karena menurut mereka karena makhluk-makhluk merupakan dasar alam, maka makhluk itu perlu di puja dan di sembah. Istilah "mitologi" juga dapat berarti kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Ini yang mengakibatkan Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Mitologi juga diartikan sebagai ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Mitologi mempunya ciri dramatisasi dan lebih merupakan bentuk sastra.

    ReplyDelete
  12. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka).[1] Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Daerah mitologi dibagi dalam 6 wilayah geografis: Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania. Contohnya saja mitologi di Asia, khususnya mitologi hindu, menceritakan mengenai Keyakinan, praktik, dan lembaga-lembaga socioreligious dari Hindu (awalnya, penduduk negeri Sungai Indus). Ini berkembang dari Vedisme, agama orang-orang Indo-Eropa yang menetap di India.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Mitologi menjelaskan bahwa mite berasal dari kata myth dalam bahsa inggris yang berarti cerita atau sejarah yang berisi dongeng, legenda mengenai asal usul kejadian alam semesta dan hubungannya dengan keberadaan manusia, maka mitologi juga bisa dimaknai kajian mempelajari mite-mite, asal usul dan refleksi tentang realitas di dalamnya.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Mitos memiliki peran penting dalam keberlangsuungan hidup manusia. Mitos dapat berfungsi sebagai sarana ungkapan manusia saat mengalami ketidakberaturan (chaos). Saat kehidupan manusia mengalami kesulitan, mitos dapat dijadikan pegangan yang dapat menciptakan ketentraman. Hal ini menjelaskan bahwa kehidupan manusia masih dipengaruhi oleh suatu keadaan yang tidak dapat dipahami dan dijangkau.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Johanis Risambessy
    167012512019
    PPs PEP B 2016

    Mytologi ialah sekumpulan mitos yang berkembang di masyarakat. Mitos sendiri sudah ada sejak filsafat klasik (kuno). Dimana manusia pada masa itu menggambarkan segala sesuatu yang terjadi melalui mitos. Yang kemudian dipertentangkan oleh para tokoh filsafat yang lain (Thales, dkk) untuk menjelaskan fenomena dari mitos itu sendiri. Oleh karena itu, mitos-mitos yang telah ada dalam masyarakat harus dapat diungkapkan kebenarannya sehingga dapat dimaknai sebagai suatu falsafah hidup.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos sangat berhubungan dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongen suci. sama halnya filsafa yang merupakan dasar mitologi yang ada.

    ReplyDelete
  19. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Mitologi dapat merujuk pada mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang-mereka kumpulan cerita mereka memberitahu untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  20. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Mitologi adalah kumpulan mitos, terutama yang memiliki tradisi agama atau budaya tertentu dari sekelompok orang. Mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Perbincangan mengenai Filsafat tidaklah lengkap tanpa menyentuh mitologi, sebab mitologilah akar dari semua filsafat di dunia ini. Hal ini dikarenakan filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional (cerita kuno).

    ReplyDelete
  21. Mitos juga merupakan pengetahuan. Tanpa Mitos tidak akan ada zaman sekarang. Hanya cara pandang saja yang berbeda. Filsafat Yunani juga menggunakan Mitos sebagai sumber pengetahuan. Adanya dewa-dewa, tempat-tempat keramat dan legenda-legenda Yunani Kuno, telah melahirkan pemikiran-pemikiran Filosofis pada masa sesudahnya.
    Sesuatu bisa bergerak mencari bentuk baru sebelumnya diawali dengan Mtos dan legenda. Anak kecil mendapat pengetahuan dari Mitos, sementara kita orang dewasa lebih mengembangkannya dalam Logika Pikir dan Logika Pengalaman. Bahkan di negara-negara maju sekalipun keberadaan Mitos dan legenda masih ada dan dipertahankan sebagai bagian dari kekayaan budaya juga sebagai bagian dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  22. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Mitologi yaitu sekumpulan mitos dan legenda yang berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia, dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus. Mitologi ini yang sering kita jumpai di dalam masyarakat. Karena mereka percaya bahwa mitos-mitos itu merupakan peninggalan nenek moyang. Begitu luasnya suatu mitos beredar di masyarakat sehingga masyarat tidak menyadari bahwa informasi yang diterimanya itu tidak benar. Mereka kebanyakan mengabaikan logika dan lebih mempercayai hal-hal yang sudah turun temurun dari nenek moyang.

    ReplyDelete
  23. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari salah satu link diatas dipaparkan bahwa Mitologi dapat merujuk pada mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang-mereka, kumpulan cerita mereka memberitahu untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos tersebut. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada ceritarakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural dan kejadian luar biasa seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempa. Saya kira hak tiap orang untuk percaya atau tidak pada sebuah mitologi.

    ReplyDelete
  24. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    As a collection of explanatory stories, mythology is a vital feature of every culture. Many sources for myths have been proposed, ranging from personification of nature or personification of natural phenomena, to truthful or hyperbolic accounts of historical events to explanations of existing rituals. Although the term is complicated by its implicit condescension, mythologizing is not just an ancient or primitive practice, as shown by contemporary mythopoeia such as urban legends and the expansive fictional mythoi created by fantasy novels and comics. A culture's collective mythology helps convey belonging, shared and religious experiences, behavioral models, and moral and practical lessons.

    ReplyDelete
  25. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    As a collection of explanatory stories, mythology is a vital feature of every culture. Many sources for myths have been proposed, ranging from personification of nature or personification of natural phenomena, to truthful or hyperbolic accounts of historical events to explanations of existing rituals. Although the term is complicated by its implicit condescension, mythologizing is not just an ancient or primitive practice, as shown by contemporary mythopoeia such as urban legends and the expansive fictional mythoi created by fantasy novels and comics. A culture's collective mythology helps convey belonging, shared and religious experiences, behavioral models, and moral and practical lessons.

    ReplyDelete
  26. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Mitologi berarti kajian mengenai mitos, yaitu cerita yang menjelaskan bagaimana dunia atau manusia dapat terbentuk seperti sekarang. Mitologi ini berkaitan dengan legenda maupun cerita rakyat. Akan tetapi tidak seperti pada mitologi, pada cerita rakyat waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, seperti pada mitologi cerita dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb)

    ReplyDelete
  27. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Mitologi sama seperti mitos yang mempercayai sebuah cerita yang belum pasti kebenarannya. Secara sederhana, definisi mitos adalah suatu informasi yang sebenarnya salah tetapi dianggap benar karena telah beredar dari generasi ke generasi. Begitu luasnya suatu mitos beredar di masyarakat sehingga masyarat tidak menyadari bahwa informasi yang diterimanya itu tidak benar. Karena begitu kuatnya keyakinan masyarakat terhadap suatu mitos tentang sesuatu hal, sehingga mempengaruhi perilaku masyarakat. Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan berkaitian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci.

    ReplyDelete
  28. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Mitologi merupakan sebuah faham yang mempercayai sebuah kebenaran tanpa melakukan proses metodologi untuk menentukan kebenaran yang logis dan dapat dipertanggung jawabkan. Mitologi berakar pada keyakinan bukan pada penalaran logis. Sehingga mitologi kadang-kadang bertentangan dengan akal sehat manusia. Meskipun bertentangan, mitologi tetap dipercaya secara turun temurun sebagai hasil kebudayaan masyarakat tertentu. Sehingga Mitologi berfungsi sebagai sumber nilai yang diajarkan secara turun temurun kepada anak cucu dalam masyarakat tersebut.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Mitologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mitos atau kumpulan atau himpunan mitos-mitos. Mitos biasanya menceritakan tentang kisah suci yang menjelaskan kehidupan manusia atau dunia dalam bentuk sekarang.

    Mitologi berhubungan dekat dengan cerita rakyat atau legenda. Mitologi juga mencakup penciptaan dunia hingga sejarah kemunculan suatu bangsa. Mitologi berbeda dengan cerita rakyat. Cerita rakyat tidak spesifik dalam waktu dan tempat pelaksanaan. Selain itu, cerita rakyat juga tidak dianggap kisah suci. Adapun legenda bisanya menceritakan kejadian yang luar biasa dan bisa juga menceritakan tentang manusia dan kejadiannya dianggap benar-benar terjadi serta adanya kisah makhluk supranatural.
    Khurafat dan mitos merupakan salah satu sebab disembahnya patung-patung, batu, benda-benda keramat dan sesembahan lainnya selain Allah Ta’ala. Di Indonesia khususnya, banyak khurafat dan mitos yang hingga saat ini dipercaya sebagai sebuah kebenaran secara turun temurun. Bahkan bukan hanya dipercaya tapi kepercayaan itu direalisasaikan dalam bentuk ritual-ritual tertentu yang mengandung unsur kesyirikan.

    Secara umum, penyimpangan utama khurafat dan mitos terletak pada penisbatan terjadinya sesuatu diantaranya musibah, kemudahatan dan kemanfaatan kepada selain Allah Ta’ala, baik tempat, benda, binatang, manusia, dan bangsa jin ataupun yang lainnya. Dan ini bertentangan dengan prinsip dasar Islam, bahwa Allah-lah yang Maha Kuasa dalam menimpakan kemudarahatan dan memberikan kemanfaatan kepada makhluk-makhluk-Nya.

    Contoh:
    Mitos candi prambanan, diyakini bahwa candi ini dibuat Bondowoso sebagai syarat untuk menikahi Roro Jonggrang yang meminta seribu candi dalam semalam. Kemudian Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi pelengkap keseribu karena menghianti janji. Muncul khurafat dan mitos bahwa pasangan yang datang ke tempat tersebut secara bersama akan terputus hubungannya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Mitos lebih dimengerti sebagai cerita rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Bagi para peneliti, mitos bukan hanya sebuah dongeng, mitos merupakan rumah pengetahuan bermasyarakat yang di dalamnya terdapat nilai-nilai kearifan lokal suatu masyarakat dengan berbagai ekspresinya. Bergesernya peradaban telah merubah makna mitos itu sendiri, mitos telah menutup nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi masyarakat yang sarat akan nilai dan filosofi.

    ReplyDelete
  31. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Mythology merupakan ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Selain itu mythology berarti ilmu yang menjelaskan tentang mitos. Mitos sendiri tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda,cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun meliputi beberapa aspek terkait keduanya.

    ReplyDelete
  32. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Istilah "mitologi" adalah KAJIAN atau telaah tentang MITOS, mitos yaitu suatu kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini. Meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional.

    ReplyDelete
  33. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Pada kasus mitologi agama misalnya, yaitu mitologi Islam, Agama Islam muncul pada abad ketujuh, dan setelah berkembang ke seantero jazirah Arab orang-orang yang baru masuk Islam masih mewarisi pengaruh dari Mitologi Arab pra-Islam dalam memahami ajaran Al-Quran maupun Hadits Nabi Muhammad. Mitos yang masih melekat dan sulit untuk dihilangkan itu antara lain mitos tentang para muslim awam terhadap al-Quran dan Hadist. Dalam Al-Qur'an seperti misalnya Surah An-Nas dan Surah Al-Falaq kadang-kadang diucapkan sebagai mantra agar memperoleh kejayaan hidup, atau perlindungan terhadap berbagai takhyul.

    Sebenarnya jika kita lihat lebih kritis terhadap pandangan mitologi, maka seseorang yang sangat rasional hanya akan melihat kebenaran dari mata saintifik. Artinya fenomena mitos atau yang dianggap takhayul sangat jauh dari logika dan tidak dapat dipercaya. Namun berseberangan dengannya, kaum vitalis mengakui kebenaran ini sebagai kebenaran mutlak. Karena dasar argumentasinya adalah kepercayaan atau keyakinan. Maka menurut saya, lihatlah melalui pikiran dan hati, dan temukanlah apa yang ada didalamnya, maka itulah sebenar benarnya kebenaran?

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id