Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

41 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Monism adalah sebuah paham yang berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Einstein, energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.Atau dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Adapun para filsuf yang menjadi tokoh dalam aliran ini antara lain: Thales (625-545 SM), yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu subtansi yaitu air. Pendapat ini yang disimpulkan oleh Aristoteles (384-322 SM) , yang mengatakan bahwa semuanya itu air. Air yang cair itu merupakan pangkal, pokok dan dasar (principle) segala-galanya. Semua barang terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air pula. Bahkan bumi yang menjadi tempat tinggal manusia di dunia, sebagian besar terdiri dari air yang terbentang luas di lautan dan di sungai-sungai. Bahkan dalam diri manusia pun, menurut dr. Sagiran, unsur penyusunnya sebagian besar berasal dari air. Tidak heran jika Thales, berkonklusi bahwa segala sesuatu adalah air, karena memang semua makhluk hidup membutuhkan air dan jika tidak ada air maka tidak ada kehidupan. Selain itu, monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar: (1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi. (2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini. (3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Dalam wikipedia disebutkan bahwa Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Lebih lanjut, monisme sering dilihat terbagi pada tiga tipe dasar yaitu (1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi, (2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini dan (3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Monisme berasal dari kata mono yang artinya adalh tunggal. Sesuai dengan kata dasarnya, monisme berarti memandang segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang bersifat tunggal. Misal ada ungkapan 'jadilah orang yang kuat seperti hujan, meski jatuh berkali-kali namun dia akan tetap ada', ungkapan tersebut menganut monisme, yaitu hujan adalah hujan. Meski pada detik bahkan hari yang berbeda, hujan yang turun adalah hujan yang dimaksud, meski tetesan air sudah berbeda, ada deras, ada rintik

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal). Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam atau suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Menurut Thales ada satu subtansi pembentuk alam adalah air. Hal ini berkaitan dengan kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan dari air. Sedangkan menurut Heraklitos mengatakan bahwa api adalah sumber kehidupan. Api bisa menyebabkan sesuatu menjadi berubah. Sedangkan menurut B. Spinoza yang berpendapat bahwa hanya ada satu substansi yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  5. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Monism merupakan antitesis dari dualism. Mono berarti tunggal. Monism atau dalam bahasa Indonesia berarti monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Maka, paham monism bertentangan dengan dualism maupun pluralism.
    Para filsuf dalam aliran ini meyakini bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu substansi yaitu air. Mereka meyakini bahwa segala sesuatu bersumber dari air, karena memang semua makhluk hidup membutuhkan air dan jika tidak ada air maka tidak ada kehidupan. Ada pula filsuf lain yang berpendapat bahwa hanya ada satu substansi yaitu Tuhan. Dalam hal ini, Tuhan diidentikkan dengan alam (naturans nturata).

    ReplyDelete
  7. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Monisme merupakan aliran yang menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan fundamental. Kenyataan tersebut dapat berupa jiwa, materi, Tuhan atau substansi lainnya yang tidak dapat diketahui. Tokoh-tokohnya ada Thales yang berpendapat bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu substansi yaitu air. Kemudian Baruch Spinoza juga berpendapat bahwa hanya ada satu substansi yaitu Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Istilah "monisme" berasal dari filsafat Barat untuk melambangkan posisi dalam masalah pikiran-tubuh, juga telah digunakan untuk melambangkan tradisi keagamaan. Dalam agama Hindu modern, istilah "mutlak monisme" digunakan untuk Advaita Vedanta.

    ReplyDelete
  9. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Monisme merupakan suatu paham yang berasal dari bahasa Yunani yaitu monos yang berarti sendiri, tunggal. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal Esa. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala yang disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Orang yang mula-mula menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff (1679-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Enstein, energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.Atau dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Monoisme merupakan salah satu konsep metafisika dan teologi. Konsep ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monoisme memiliki pandangan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Dengan kata lain unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/esa sehingga hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Unsur dasariah tersebutbisa berupa materi, pikiran, Tuhan, energi, dan lain-lain. Bagi kaum materialis, unsur tunggal tersebut adalah materi, sedangkan bagi kaum idealis unsur tunggal tersebut adala roh atau ide, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  13. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Monism adalah faham yang menganggap bahwa seluruh semesta, makromos termasuk manusia sebagai mikrokosmos, hanya terdiri atas satu asas, satu zat. Faham yang mendasarkan wujud realita ini bersumber atau terbentuk dari satu zat (asas tunggal, monoisme = monism) ini dibedakan pula menjadi faham materialism (aliran ini berpikir amat sederhana) dan faham idealism, spiritualisme, rasionalisme (beranggapan fungsi mental ialaha apa yang Nampak dalam tingkah laku).

    ReplyDelete

  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilahmonisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa.Monoisme suatu kepercayaan yang mempercayai adanya keharmonisan yang bersifat tunggal dari sejumlah kebenaran, yang jika bersifat asli maka pada akhirnya akan saling memiliki kecocokan.

    ReplyDelete
  15. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Paham ini menganggap bahwa hakikat yang asal dari seluruh kenyataan itu hanya satu saja, tidak mungkin dua. Haruslah satu hakikat saja sebagai sumber yang asal, baik yang asal berupa materi ataupun berupa rohani. Tidak mungkin ada hakikat masing-masing bebas dan berdiri sendiri. Haruslah salah satunya merupakan sumber yang pokok dan dominan menentukan perkembangan yang lainnya. Istilah monisme oleh Thomas Davidson disebut dengan Block Universe. Paham ini kemudian terbagi ke dalam dua aliran yaitu materialisme dan idealisme.

    ReplyDelete
  16. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Monism berasal dari kata mono (tunggal). Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa monoism merupakan paham yang memandang segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang bersifat tunggal. Misalnya, Tuhan, materi, pikiran, energi, & bentuk merupakan sesuatu yang tunggal. Ajaran Christian Wolff menjelaskan tentang kesatuan dimana Ia membahas tentang permasalahan antara pikiran dan tubuh. Jadi, harus mengakui hanya pikiran atau tubuh saja.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Keberadaan monisme menargetkan benda konkret dan menghitung berdasarkan tanda individu. Ini memegang bahwa tepat satu objek tanda beton ada (Satu). Ini merupakan bentuk yang menarik dan sejarah penting dari monisme, meskipun satu yang secara luas dianggap sebagai sangat tidak masuk akal.

    ReplyDelete
  18. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    MONISME Merupakan aliran yang menolak pandangan dualisme. Badan dan jiwa merupakan satu substansi.
    Monisme memiliki 3 bentuk: 1) Materialisme, yakni materi sebagai dasar bagi segala hal yang ada, disebut juga fisikalisme. Termasuk jiwa, bersumber dari materi, 2) Teori Identitas, yaitu perbedaan jiwa dan badan hanya pada arti, bukan referensi. Mengakui aktivitas mental manusia. Badan dan jiwa merupakan elemen yang sama, 3) Idealisme, yaitu mengatakan bahwa ada hal yang tidak dapat diterangkan berdasarkan materi, seperti pengalaman, nilai dan makna. Rene Descartes dengan "cogito ergo sum" nya merupakan peletak dasar bentuk idealisme

    ReplyDelete
  19. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Monism dikatakan bahwa “Substance monism is the philosophical view that a variety of existing things can be explained in terms of a single reality or substance” dimana substansi monisme adalah pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Saya kira jika konsep monism merujuk pada ruang dimensi spiritual dimana meyakini kebenaran satu tuhan maka itulah ruang bagi monism.

    ReplyDelete
  20. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Monisme berarti satu yaitu teori yang menyatakan bahwa segala hal yang berasal dari satu sumber terakhir tunggal. Keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi. Monisme menyangkal bahwa beranekaragam itu nyata dan menyatakan bahwa ternyata banyak yang fase atau fenomena adalah satu. Ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksistensi adalah satu sumber. Paham monisme ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme.

    ReplyDelete
  21. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Monisme dipelopori oleh plato dan mempunyai anggapan dasar bahwa yang ada dan yang mungkin ada itu hanya satu, yang serba spirit, serba roh dan serba ideal. Aliran ini kemudian dikenal dengan monisme-idealisme. Monisme berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, energi dll.

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Monism is used in a variety of contexts, (within Metaphysics, Epistemology, Ethics, Philosophy of Mind, etc), but the underlying concept is always that of "oneness". Wherever Dualism distinguishes between body and soul, matter and spirit, object and subject, matter and force, Monism denies such a distinction or merges both in a higher unity.

    ReplyDelete
  23. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Monisme merupakan pemikiran yang berpendpat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu bersifat satu/esa. Monisme memandang hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme, dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  24. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Monism berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal). Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal. Menurutnya, haruslah satu hakikat saja sebagai sumber yang asal, baik yang asal berupa materi ataupun berupa rohani. Dengan demikian, monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme.

    ReplyDelete
  25. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Monism adalah pandangan metafisik dan teologis yang memandang segalanya adalah satu, bahwa tidak ada pembagian pokok, dan kestuan yang mendasari hukum alam.
    Monism akan dibedakan dari dualism, yang memegang bahwa pada akhirnya ada dua subtansi, dan dari pluralisme, yang berpegang bahwa pada akhirnya ada bermacam-macam substansi.Monism adalah kata filosofis yang, dalam arti yang berbeda, menentang Dualism atau Pluralisme. Kemanapun filsafat pluralistis membedakan keserbaragaman hal, Monism menyangkal bahwa manifoldness adalah sebenarnya, dan bertahan bahwa yang rupanya banyak adalah perubahan aliran, atau gejala, dari yang satu

    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Monisme adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Menganggap bahwa sesuatu tersebut terdiri atas jumlah yang tunggal dan absolut.

    Dalam imamalfianor (2008) menyatakan bahwa Monisme sebagai paham/ajaran serbaesa ternyata mengandung kelemahan dalam menjelaskan kuantitas hakikat sesuatu seperti konsep dwi tunggal (serba zat dan serba ruh). Paham ini bertentangan dengan konsep tauhid dalam Islam yang menghendaki kemutlakan kuantitas hakikat hanya satu yakni Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt. Disamping itu, monisme totaliter memberikan kontribusi yang besar bagi sistem pemerintahan negara yang otoriter-sentralistik. Kehidupan berbangsa dan bernegara dalam sistem pemerintahan yang otoriter cenderung sewenang-wenang, mengkebiri hak asasi manusia. (https://imamalfiannoor.wordpress.com/2008/12/20/monisme-dan-pluralisme-dalam-pandangan-islam/)

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal (wikipedia)

    ReplyDelete
  28. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos yang berarti sendiri atau tunggal. Sehingga monisme merupakan paham yang percaya bahwa unsur pokok segala sesuatu bersifat tunggal. Monisme dapat dibagi menjadi 3 tipe. Monisme yang percaya tentang adanya satu substansi (substansial). Monisme yang percaya bahwa selain hanya ada 1 substansi, namun masih terdapat banyak kategori dari substansi tersebut (atributif). Dan yang terakhir adalah monisme yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan satu realita. Monisme ini disebut dengan monisme absolut atau monisme yang ideal. monisme ini berlawanan dengan pluralisme yang menekankan pada keberagaman. Dalam paham monisme ini mengajarkan manusia akan keEsaan Tuhan dengan pendapat dari masing masing agama.

    ReplyDelete
  29. 600. MONISM
    (Des 2012) published

    Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Asal dari kata dan pengertian Monad secara historis berakar pada pengajaran filosofis Hellenik dari Pythagoras. Monad berasal dari kata Yunani "μόνος" atau "Mono" yang berarti tunggal dan tidak terbagi. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.

    Terdapat tiga tipe dasar Monisme:
    1.Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi.
    2.Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini.
    3.Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  30. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Ika/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, dan non materi,bersifat Jasmaniah atau rohaniah yang ada dan yang mungkin ada di alam semesta ini...

    ReplyDelete
  31. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Setiap orang memiliki unsur pokok yang mereka yakini. Semua tergantung pada sudut [andang dan pikiran masing-masing orang yang memiliki sikap relatif.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal), secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Orang yang mula-mula menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff (1679-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Monisme adalah sebuah paham yang menganggap bahwa realitas itu bukan berupa pikiran dan juga bukan berupa materi tetapi suatu jenis bahan dasar yang menyebabkan materi atau pikiran itu menampakkan diri dan membentuk diri dimana unsur pokok yang membentuk tersebut adalah unsure yang bersifat tunggal. Dalam paham ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat dimana pikiran dan zat dianggap sama secara substansinya meskipun dalam gejala dan proses berlainan

    ReplyDelete
  34. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Dalam bahasa Yunani monisme memiliki arti tunggal atau sendiri. Monisme memiliki penjabaran bahwa segala hal bersumber dari satu sumber yang tunggal. Monisme memiliki ajaran tentang kesatuan yang harus dipertahankan dan dijaga agar eksistensi dari satu sumber tunggal tersebut selalu ada dan tidak pernah habis.

    ReplyDelete
  35. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. ). Dalam metafisika, penafsiran monisme mempunyai pendapat yang tidak membedakan antara pikiran dan zat, mereka hanya berbeda dalam gejala yang disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai substansi yang sama (Suriasumantri:66). Dari hal ini dapat disederhanakan bahwa monism merupakan paham filsafat yang meyakini bahwa hanya ada satu substansi yang ada di alam.

    ReplyDelete
  36. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.
    Monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar:
    1. Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi.
    2. Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini.
    3. Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  37. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Monisme Moral sangat berbahaya bagi keberlangsungan sejarah umat manusia, sebut saja legitimasi John Lock (tokoh Liberal Klasik) bagi kolonialisasi Kerajaan Inggris atas bangsa Indian di Benua Amerika dengan alibi membantu dalam peningkatan peradaban bangsa Indian yang terbelakang. Namun seiring berjalannya kekuasaan Kerajaan Inggris di Benua tersebut, Bangsa Indian pun ditumpas dengan beberapa alasan politik. Hal ini jelas sangat merugikan Bangsa Indian sebagai bangsa pribumi benua tersebut dan menciderai sejarah umat manusia.

    ReplyDelete
  38. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Cara pandang monistik dalam sejarah pemikiran filsafat sangat berbahaya, karena Monismelah yang mendasari apa yang disebut Totalitarianisme. Karena dalam Monisme, ada klaim kebenaran tunggal dan absolusitas kebenaran. Jika ada satu kebenaran yang sahih, maka secara langsung pendapat atau kebenaran lain menjadi tidak sahih, atau belum sahih. Persoalannya bukan terletak pada kebenaran, tapi siapa yang berhak menentukan sebuah kebenaran itu sahih dan tidak?

    ReplyDelete
  39. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar, yakni monisme substansial,(yang percaya adanya satu substansi) monisme atributif (yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini), dan monisme absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  40. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar, yaitu monisme substansial yang percaya adanya satu substansi, monisme atributif yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini, dan monisme absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  41. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Paham monism berpendapat, bahwa antara hukum internasional dengan hukum nasional merupakan satu kesatuan system hukum yang tak terpisahkan secara bulat dan utuh. Pendapat kaum monisme bertitik tolak dari konsep hukum kekuasaan atau perintah, baik hukum internasional maupun hukum nasional tidak ada persoalan, karena keduanya berdiri diatas konsep hukum yang tidak membedakan antara keduanya. Alasan lain adalah, antara hukum internasional dengan hukum nasional mempunyai suubjek dan sumber hukum yang sama, yaitu individu dan kemauan Negara (state-will).

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id