Dec 2, 2012

INTUITIONISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INTUITIONISM, koneklah:











Wss Wr Wb
Marsigit

33 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Intuisionisme merupakan salah satu aliran filsafat yang menganggap bahwa intiusi merupakan kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki oleh manusia. Intuisionisme merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruknya suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Intuisi erat hubungannya dengan dunia matematika, karena matematika merupakan pola proses berpikir seseorang dalam menentukan pola hubungan, menyelesaikan masalah, penggunaan strategi, menggunakan logika dan mengkomunikasikan dalam bentuk matematis. Hal ini sangat memerlukan adanya intuisi, karena matematika yang sifatnya tidak semata-mata menghitung bilangan saja, Matematika memerlukan strategi untuk dapat menyelesaikannya. Untuk membangun intuisi yang baik dalam matematika harus disertai dengan pengalaman matematika yang baik pula.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Setiap manusia memiliki intuisi dalam dirinya yang dimana intuisi itulah yang membantunya untuk hidup dan menjadikan seseorang menjadi bijak karena lebih mendengarkan apa yang dikatakan oleh hatinya. Intuisi juga dapat dikatakan sebagai petunjuk dalam berpikir. Hanya dengan menggunakan intuisi, kita dapat memperoleh pengetahuan tentang kejadian itu, suatu pengetahuan yang langsung, yang mutlak dan bukannya pengetahuan yang nisbi atau yang melalui perantara.

    ReplyDelete
  3. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Intuitionism berasal dari kata intuisi yang berarti kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektual dan persepsi indrawi adalah pengalaman yang didapatkan melalui sense indera yang kita miliki. Intutionism masih terkait dengan artikel sebelumnya yang berjudul “foundationalism”. Teori foundationalism menyatakan bahwa teori pembenaran berbentuk intuisi akala budi seperti yang dimaksudkan di atas.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek dengan kata lain yaitu paham yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia. Intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman yang telah dilaluinya artinya semakin banyak pengalaman yang dialaminya maka semakin kuat juga intuisi yang dibangunnya. Intuisi yang dimiliki seseorang berbeda-beda sesuai dengan pengalamannya masing-masing. intuisi seorang dokter berbeda dengan intuisi seorang prajurit dan berbeda juga dengan intuisi seorang guru, seorang supir, seorang pelaut, seorang pilot dll.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Intuisionisme adalah aliran filsafat dalam tradisi Kant bahwa semua pengetahuan manusia diawali oleh intuisi, menghasilkan konsep-konsep, dan diakhiri dengan ide-ide. Setidaknya untuk semua tujuan praktis, segala sesuatu, termasuk matematika, hanya ada dalam pikiran. Ini merupakan satu dari tiga arus utama filsafat matematika, yang lainnya adalah logisisme dan formalisme.

    ReplyDelete
  6. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Hendri Bergson adalah tokoh aliran ini. Ia menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akalpun terbatas. Objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah, jadi menrut aliran ini pengetahuan kita tentanya juga tidak pernah tetap. Akal juga terbatas, akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada objek tersebut, jadi dalam hal ini manusia tidak mengetahui keseluruhan (unique), tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada objek, akal hanya mampu memahami bahagian tertentu pada objek kemudian bahagian-bahagian itu digabungkan oleh akal, sehingga terbentuk pengetahuan yang utuh

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Intuisionisme yang berasal dari kata intuisi ini berarti pandangan filsafat mengenai intuisi itu sendiri. Intuisi adalah kemampuan manusia dalam berpendapat atau memandang sesuatu tanpa menggunakan pikiran yang rasional. Intuisi seseorang muncul karena pengalaman, atau seringnya menghadapi permasalahan, dan orang yang berintuisi akan menganggap intuisinya benar berdasarkan hati meski tidak dapat dijelaskan secara masuk akal. Seperti halnya dalam menghadapi permasalahan matematika yang sering dihadapi oleh peserta didik, terkadang intuisinya muncul dalam menyelesaikan permasalahan meski sulit jika dituntut alasan rasionalnya. Terlepas dari akibat intuisinya, yang penting niatnya adalah benar menggunakan intuisi tersebut. Bahkan matematikawan juga sering menggunakan intuisisnya karena pengalaman dalam menghadapi matematika.

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang diberikan di atas, saya menangkap bahwa dalam filosofi matematika, intuitionism adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar yang diklaim dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam dari realitas objektif yang terungkap dan diterapkan tetapi malah dianggap penerapan metode yang konsisten secara internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas yang objektif.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Intuitionism menekankan pada kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia sebagai sumber yang paling lengkap. Secara epistemologi, pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan langsung, tidak mengenai objek lahir melainkan mengenai kebenaran dan hakikat suatu objek. Intuisi merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Orang-orang yang menganut paham ini menganggap bahwa intuisi merupakan suatu jenis pengetahuan yang lebih tinggi. Intuisi dapat diartikan sebagai indera, tetapi tidak ada dalam struktur indera, sehingga sering disebut indera keenam yaitu indera yang lebih tinggi daripada indera yang lainnya. Biasanya aliran ini cenderung sangat anti-rasionalisme, anti-positivisme dan anti-materialis.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme dipelopori dan dipopulerkan oleh Henry Bergson (1859-1941). Menurutnya, intuisi merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Unsur utama bagi pengetahuan adalah kemungkinan adanya suatu bentuk penghayatan langsung (intuitif), di samping pengalaman oleh indera. Setidaknya, dalam beberapa hal. intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman inderawi, kendati diakui bahwa pengetahuan yang sempurna adalah yang diperoleh melalui intuisi. Intuisionisme juga diartikan gerak hati,bisikan hati,atau kemampuan memahami sesuatu tanpa harus di fikirkan.berarti kalau intuisionisme adalah aliran atau paham yang mengutamakan intuisi atau gerak hati atau bisikan hati.

    ReplyDelete
  12. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Secara umum intuisionisme adalah paham yang mengajarkan bahwa dalam hidup ada kebenaran-kebenaran pokok yang dapat diketahui dan dipahami secara langsung dan tanpa lewat proses logika. Dalam etika, intuisionisme adalah pendirian etis yang menyatakan bahwa prinsip-prinsip fundamental tentang yang benar dan yang salah serta yang baik dan yag jahat dapat diketahui dan dimengerti dengan langsung dan tanpa penggunaan otak. Baik prinsip tentang yang baik dan jahat maupun kebaikan dan kejahatan bukanlah dan tidak dapat dijabarka dari hasil pengamatan, proses pemikiran dan penyimpulan dari keadaan tertentu. Untuk sampai pada pemahaman tentang prinsip mengenai kebaikan dan kejahatan, dan tentang yang baik dan yang jahat, budi tak berperan. Prinsip kebaikan dan kejahatan dan apa yang baik dan yang jahat menjadi jelas dengan sendirinya. Intuisionisme etis dapat berpendirian lunak dank keras. Sebagai pendirian lunak, intuisionisme etis berpendapat bahwa prinsip tentang kebaikan dan kejahatan, yang baim dan yang jahat sendiri dapat diketahui secara langsung dan segera tanpa bantuan budi lewat proses logika. Dalam pendirian kerasnya, intuisionisme etis menyatakan bahwa budi tidak mampu menangkap prinsip tentang kebaikan dan kejahatan dan tentang yang jahat dan yang baik sendiri. karena itu diperlukan kemampuan lain yang disebut intuition, “intuisi”.

    ReplyDelete
  13. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Intuisionisme sebuah paham dimana aliran ini mengemukakan bahwa intuisi merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung pengetahuan yang sempurna, tanpa mengabaikan peran akal dan inderawi. Intuisi adalah naluri (instinct) yang menyusun kesadaran diri sendiri dan dapat menuntun kita kepada kehidupan dalam (batiniyah). Jika intuisi dapat meluas, maka ia dapat memberi petunjuk dalam hal-hal yang vital.

    ReplyDelete
  14. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Ini merupakan salah satu aliran dalam filsafat yang beranggapan bahwa intuisi ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki manusia. Melalui intuisi, maka manusia dapat mengetahui baik maupun buruk setiap perbuatan yang dilakukan. Dalam dunia pendidikan, intuisi memegang peranan penting. Karena merupakan pola pikir siswa dalam memandang dan menentukan apa yang dilihat untuk diselesaikan agar dapat dikomunikasikan sesuai dengan apa yang dialaminya.

    ReplyDelete
  15. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dalam matematika, intuisionisme adalah suatu program menyatukan kembali metodologi dengan motto bahwa "tidak ada kebenaran matematik tanpa pengalaman " (L.E.J. Brouwer). Dari loncatan ini, para penganut intuisionisme mencari untuk merekonstruksi apakah mereka memperhatikan terhadap bagian matematika yang dapat diperbaiki sesuai dengan konsep-konsep Kantian, benar, pantas, intuisi, dan pengetahuan. Brouwer, pendiri dari gerakan ini, beranggapan bahwa obyek-obyek matematik muncul dari bentuk-bentuk a priori kehendak yang menerangkan persepsi dari obyek-obyek yang bersifat empirik.

    ReplyDelete
  16. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Berdasarkan Wikipedia Intuisionisme (berasal dari bahasa Latin: intuitio yang berarti pemandangan) adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. intuisionisme berasal dari perkataan Inggris yaitu intuition yang artinya gerak hati. Maksudnya adalah bahwa manusia memiliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat secara langsung suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik, buruk atau baik secara moral. Ia dirujuk sebagai suatu proses melihat dan memahami masalah secara spontan juga merupakan satu proses melihat dan memahami suatu masalah secara intelek. Pengetahuan intuitif ini merupakan pengetahuan langsung tentang suatu hal tanpa melalui proses pemikiran rasional. Namun kemampuan seperti ini bergantung kepada usaha manusia itu sendiri. Jadi Intuisionisme adalah system etika yang tidak mengukur baik atau buruk suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Intuisionisme merupakan paham yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki oleh manusia. kemampuan tersebut adalah intuisi. Dalam filosofi matematika, intuitionism, atau neointuitionism (lawan preintuitionism), adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam dari realitas objektif yang terungkap dan diterapkan tetapi malah dianggap penerapan metode yang konsisten secara internal digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Intuitionism adalah suatu aliran dalam filsafat yang menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Bergson mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisi ini menangkap obyek secara langsung tanpa melalui pemikiran. Jadi, indera dan akal hanya mampu menghasilkan pengetahuan yang tidak utuh (spatial), sedangkan intuisi dapat menghasilkan pengetahuan yang utuh, tetap. Henry Bergson (1859-1941) adalah tokoh aliran Intuisionisme. Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  19. Intuisi dalam Filsafat diperoleh berdasarkan pengalaman dan bakat seseorang. Dalam Filsafat ada Logika Pikir dan Logika Pengalaman. Pengalaman seseorang dalam melahirkan intuisi bisa berbeda. Intuisi seorang arkeolog yang dengan cepat dan tepat menentukan tempat penggalian artefak kuno, misalnya. Intuisi seorang petani yang melakukan pola tanam berdasar pengalamannya terhadap siklus iklim dan cuaca di wilayahnya.
    Menarik untuk mempelajari intuisi dalam Filsafat lebih jauh karena intuisi dalam Filsafat berstruktur dan memiliki metode untuk mengembangkan intuisi seseorang.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Intuisionisme adalah gerak hati, bisikan hati, atau kemampuan memahami sesuatu tanpa harus difikirkan, yang secara terminologi diartikan secara sebagai aliran atau paham dalam filsafat dalam memperoleh pengetahuan dengan mengutamakan intuisi atau gerak hati atau bisikan hati. Intuisi ini merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika dengan melihat obyek-obyek disekitarnya. Secara Epistemology, pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan secara langsung, tidak mengenai objek lahir melainkan mengenai kebenaran dan hakikat suatu objek.

    ReplyDelete
  21. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum


    Intuisionisme merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Dalam filosofi matematika, intuitionism, atau neointuitionism (lawan preintuitionism), adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas. Organ fiskal yang berkaitan dengan gerak hati atau intuisi tidak diketahui secara jelas. Namun, setengah ahli filsafat menyebutkan jantung dan otak kanan sebagai organ fiskal yang menggerakan intuisi. Gerak hati yang tidak mampu dijangkau oleh akal yaitu pengalaman emosional dan spiritual. Menurut Immanuel Kant, akal tidak pernah mampu mencapai pengetahuan langsung tentang sesuatu perkara Akal hanya mampu berpikir perkara yang dilihat terus (fenomena) tetapi hati mampu menafsir suatu perkara dengan tidak terhalang oleh perkara apapun tanpa ada jarak antara subjek dan objek. Maka daya intuisi kita saya kira perlu ditumbuhkembangkan untuk pengetahuan-pengetahuan formal yang sekiranya membutuhkan analisis seperti kemampuaan bermatematika dan lainnya.



    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Briefly, it is the theory that mathematical knowledge is based on intuition and mental construction, rejecting certain modes of reasoning and the notion of independent mathematical objects.

    ReplyDelete
  23. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Briefly, it is the theory that mathematical knowledge is based on intuition and mental construction, rejecting certain modes of reasoning and the notion of independent mathematical objects.

    ReplyDelete
  24. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Intuisionisme berarti kemampuan memahami sesuatu tanpa harus di fikirkan. Intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman indrawi yang biasa dan pengetahuan yang di simpulkan darinya. Intuisionisme dalam hanya mengatakan bahwa pengetahuan yang lengkap di peroleh melalui intuisi melalui kegiatan analisis. Pikiran kita secara spontan memahami informasi-informasi yang diperoleh indera dan langsung menghasilkan pengetahuan spontan.

    ReplyDelete
  25. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Intuisionisme faham yang menganggap intuisi sebagai kemampuan tertinggi manusia. intuisi diasah melalui pengalaman atau empirisme. Sehingga intuisi semakin lama semakin tajam dan bekerja tanpa melalui pemikiran reflektif.Tokoh aliran ini diantaranya adalah Henri Bergson. Intuisionisme selalu berdebat dengan rasionalisme.Penganut dari aliran intuisionisme yaitu Henry Bergson ( 1859 - 1941 ) dan Edmund Husserl ( 1859 - 1938 ). Henry Bergson mengatakan bahwa intuisi sebagai filsafat hidup, intuisi merupakan naluri yang tak terpengaruh, sadar - diri, mampu merenungkan objeknya dan memperluasnya secara tidak terbatas. Sedangkan menurut Edmund Husserl intuisi merupakan merupakan suatu intuisi fenomenologis.

    ReplyDelete
  26. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Intuisionisme adalah suatu aliran yang menganggap bahwa intuisi adalah sumber pengetahuan dan kebenaran. Intuisi termasuk salah satu kegiatan berpikir yang tidak didasarkan pada penalaran. Jadi Intuisi adalah non-analitik dan tidak didasarkan atau suatu pola berpikir tertentu dan sering bercampur aduk dengan perasaan.

    ReplyDelete
  27. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Intusionisme adalah suatu paham yang menyatakan ada kemampuan tertinggi manusia dalam memperoleh pengetahuan, yaitu intuisi. Tokoh yang mengusung paham ini adalah Henri Bonson. Paham intuisionisme ini selalu berdebat dengan rasionalisme.

    Poedjawijatna mengatakan bahwa menurut aliran ini yang baik adalah yang sesuai dengan kodrat manusia, yaitu kemanusiaannya cenderung kepada kebaikan. Penentuan terhadap baik buruknya tindakan yang kongkret adalah perbuatan yang sesuai dengan kata hati orang yang bertindak. Dengan demikian ukuran baik buruk suatu perbuatan menurut paham ini adalah tindakan yang sesuai dengan derajat manusia, dan tidak menentang atau mengurangi keputusan hati . Secara batin setiap orang pasti tidak akan dapat membohongi kata hatinya.jika suatu ketika seseorang yang mengatakan sesuatu yang bukan sebenarnya, hal yang demikian hanya dapat dilakukan atau ditrima oleh ucapannya, tetapi kata hatinya tetap tidak mengakui kebohongan itu.( http://blog.iain-tulungagung.ac.id/imam/mata-kuliah/ilmu-tasawwuf/materi-ke-4/).

    Kritik terhadap paham ini adalah penilaian paham baik atau buruk tidak hanya berdasarkan hati seseorang yang kemudian berwujud dalam suatu tindakan, tetapi juga berdasartkan akal, karena akal memiliki kemampuan untuk penentuan baik buruk. Selain itu, akal manusia juga lemah dan terbatas. Maka keputusan akal ini juga harus dipandu oleh wahyu.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Intuitionism memandang bahwa manusia memiliki kemampuan yang disebut intuisi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional yaitu dengan menggunakan hati, atau kemampuan memahami sesuatu tanpa harus dipikirkan. Oleh karena itu intuitionism atau intuisionisme adalah aliran atau paham yang mengutamakan intuisi atau gerak hati atau bisikan hati.

    ReplyDelete
  29. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Intuisionisme merupakan suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme berupa sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut Intuisionisme selalu berdebat dengan rasionalisme. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik.

    ReplyDelete
  30. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Intuisi dalam bahasa diartikan sebagai getaran hati (jiwa) akan sesuatu hal (Causalitas) yang dihadapi atau yang akan terjadi. Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Seakan akan pemahaman tiba-tiba datangnya dari dunia lain dan dari luar kesadaran. Misal, Seseorang pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun, sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

    ReplyDelete
  31. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan intuisi dalam kehidupan keseharian mereka. Sering kali intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil. Sampai saat ini dipercaya bahwa intuisi yang baik dan tajam adalah syarat agar seseorang bisa sukses dalam hidup. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak buku-buku mengenai kiat-kiat sukses selalu memasukkan strategi mempertajam intuisi.

    Menurut istilah intuisi, maka di dalam pemahaman saya tentang spiritual, intuisi diartikan sebagai HIDAYAH, dimana menjelaskan bahwa, apabila kekkuatan spiritual dalam beragama sangat baik, maka secara linier, intuisi sebagai salah satu indikasi yang membuat perubahan akan cara hidup dan cara pandang seseorang. Maka, penting menurut agama, agar selamat dalam kehidupan kita, untuk selalu mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, Allah Swt.

    ReplyDelete
  32. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dalam filosofi matematika, intuitionisme, adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang konstruktif dari manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam dari realitas objektif yang terungkap dan diterapkan, tetapi malah dianggap penerapan metode yang konsisten secara internal digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Fungsi intuisi adalah untuk mengenal hakikat pribadi atau ‘aku’ dengan lebih murni dan untuk mengenal hakikat seluruh kenyataan. Intuisi inilah yang dapat memahami kebenaran yang utuh, yang tetap dan menangkap objek secara langsung tanpa melalui pemikiran. Jadi indera dan akal hanya mampu menghasilkan pengetahuan yang tidak utuh, sedangkan intuisi dapat menghasilkan pengetahuan yang utuh dan tetap.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id