Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

42 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. Ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato. Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalisme dan masih banyak lagi. Idealisme adalah sumber perubahan. Perubahan terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada “kesalahan” atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan hanya bila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. Di dalam filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan seperti yang kita bisa tahu itu, secara fundamental mental, mental dibangun, atau immaterial, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui setiap hal pikiran-independen. Dalam arti sosiologis, idealisme menekankan ide. Sebagai doktrin ontologis, idealisme lebih jauh, menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Idealisme dalam filsafat adaah pandangan yang menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam penafsiran pengalaman. Idealism memandang bahwa dunia atau realitas yang ada dasarnya sebagai roh atau kesadaran, bahwa abstraksi dan hukum yang lebih mendasar dalam kenyataan dari hal-hal sensorik, atau, setidaknya, bahwa apa pun yang ada dikenal dalam dimensi yang terutama mental melalui dan ide-ide. Dan idealisme hanya ada didalam pikiran. Sedangkan dalam dunia nyata adalah bayangan dari idealisme tersebut. Menurut Plato Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa, pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik.

    ReplyDelete
  5. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Paham idealisme berasal dari idea yaitu gagasan yang berarti menekankan gagasan ide, dan isi pikiran. Usaha etis manusia adalah mengejar dan menyatu dengan kebaikan mulak itu dengan rela mengorbankan kebaikan-kebaikan lain yang tidak mutlak. Pendirian etis idealism inilah yang menjadi penguat pendirian aliran materialisme dan membangkitkan sikap skeptis dan anti terhadap nilai dan perkara etis.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Idealisme diambil dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa. Idealisme merupakan sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz.
    Dalam pengertian yang lebih luas, idealism berarti suatu ajaran atau paham yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami kaitannya dengan jiwa dan ruh. Sehingga sumber pengetahuan yang ada harus disertai dengan adanya jiwa dan ruh.
    Jadi, idealisme adalah pengetahuan yang dirangsang sesuai dengan keinginan kita. Penerapan dalam diri sendiri sangat penting akrena dengan keinginan maka kita memiliki tujuan yang kita inginkan di masa mendatang. Keinginan dapat memicu kita untuk mewujudkan apa yang diinginkan oleh jiwa kita.

    ReplyDelete
  7. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Idealisme adalah sebuah standar untuk kesempurnaan. Dapat juga diartikan sebagai sebuah keinginan sempurna atau hasrat tertinggi untuk mencapai sesuatu.Selain itu, idealisme dapat diartikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang

    ReplyDelete
  8. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Dalam filsafat, idealisme adalah realitas, atau kenyataan seperti yang kita ketahui secara fundamental, mental dibangun, atau immaterial. Idealisme menekankan ide-terutama bagaimana manusia keyakinan dan masyarakat nilai-bentuk. Sebagai doktrin ontologis, idealisme lebih jauh, menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Idealisme sehingga menolak fisikalis dan dualis teori yang gagal prioritas menganggap ke pikiran.

    ReplyDelete
  9. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Idealisme artinya adalah pandangan filsafat mengenai ide atau gagasan seseorang. Gagasan atau ide adalah hasil dari pikiran-pikiran otak, sehingga tidak bersifat realita. Idealisme bersifat tetap, tidak relatif, tak berubah-ubah karena tidak terikat oleh ruang dan waktu. Seseorang dapat memikirkan ide sebebas mereka tanpa memikirkan kenyataan yang ada. Karena Allah telah memberi kelebihan kepada manusia berupa akal pikir, bahkan manusia dapat berencana setinggi mungkin walaupun belum memiliki pengalaman.

    ReplyDelete
  10. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Idealisme pertama kali dikemukakan oleh Leibniz pada awal abad 18. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa yang lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Selain itu idealism merupakan aliran filsafat yang memandang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Selain itu, idealism merupakan aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi, aliran ini justru muncul atas feed back realisme yang menganggap realitas sebagai kebenaran tertinggi. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan. Seorang realisme tidak menyetujui pandangan tersebut. Kaum realisme berpendapat bahwa yang ada itu adalah yang nyata, riil, empiris, bisa dipegang, bisa diamati dan lain-lain. Dengan kata lain sesuatu yang nyata adalah sesuatu yang bisa diindrakan (bisa diterima oleh panca indra). Prinsipnya, aliran idealisme mendasari semua yang ada. Yang nyata di alam ini hanya idea, dunia idea merupakan lapangan rohani dan bentuknya tidak sama dengan alam nyata seperti yang tampak dan tergambar. Sedangkan ruangannya tidak mempunyai batas dan tumpuan yang paling akhir dari idea adalah arche yang merupakan tempat kembali kesempurnaan yang disebut dunia idea dengan Tuhan, arche, sifatnya kekal dan sedikit pun tidak mengalami perubahan.

    ReplyDelete
  12. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Idealisme merupakan ilmu filsafat yang mengajarkan bahwa mental dan ideasional merupakan kunci hakikat realitas. Realitas terdiri dari ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan akal sebagai hal yang lebih dahulu daripada materi. Idealisme adalah ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami, hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna. Mereka mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai idealism. Tingkat idealisme pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang yang memiliki idealisme tinggi, ia tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki idealisme tinggi cenderung tidak bisa menerima pendapat orang lain. Idealis dapat menjadi sifat yang baik bila kita mampu menempatkannya sesuai dengan ruang dan waktu.nya

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P.Matematika/A/2016

    Berdasarkan paham Idealisme bahwa yang sesungguhnya nyata adalah ruh atau jiwa. Alam semesta ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada manusia yang punya kecerdasan dan kesadaran atas keberadaannya. sesuatu ada karena diindra dan dipersepsikan oleh otak manusia. Waktu dan sejarah baru ada karena adanya gambaran mental hasil pemikiran manusia. waktu yang telah berlalu, sekarang dan yang akan datang adalah gambaran mental seseorang. Ludwig NoirĂ© berpendapat "The only space or place of the world is the soul," and "Time must not be assumed to exist outside the soul”.

    ReplyDelete
  15. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Idealisme berasal dari kata Latin idea yang berarti gagasan, ide. Sesuai dengan arti kata asalnya, idealism menekankan gagasan, ide, isi pikiran, buah mental. Dalam etika, idealism berpendapat bahwa nilai etis, yang baik adalah hal mental, perkara spiritual. Menurut materialism, yang nyata ada hanyalah materi, benda, hal yang dapat diamati dan dieksperimentasi serta ditemukan dalil-dalil sebab-akibatnya. Jika nilai etis itu hanya perkara spiritual seperti dianut oleh kaum idealis, maka pikir kaum materialis, nilai dan perbuatan etis beserta kriteria dan normanya juga tidak nyata ada.

    ReplyDelete
  16. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Idealisme adalah suatu pandangan dunia atau metafisik yang mengatakan bahwa realitas dasar terdiri atas, atau sangat erat hubungannya dengan ide, fikiran atau jiwa. Natur atau alam yang obyektif adalah riil dalam arti bahwa ada dan menuntut perhatian dari dan penyesuaian diri dari manusia. Alam tidak dapat berdiri sendiri, karena alam yang obyektif bergantung, sampai batas tertentu, kepada mind (jiwa, akal).

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Kaum idealis condong untuk menekankan teori koherensi atau konsistensi tentangkebenaran, yakni suatu putusan (judgment) dipandang benar jika ia sesuai dengan putusan-putusan lain yang telah diterima sebagai yang benar. Seorang idealis subyektif berpendirian bahwa akal, jiwa dan persepsi-persepsinya atau ideidenya merupakan segala yang ada. Sedangkan idealis obyektif menurut Plato Ide-ide yang tidak berubah atau essensi yang sifatnya riil, diketahui manusia dengan perantaraan akal. Jiwa manusia adalah essensi immaterial, dikurung dalam badan manusia untuk sementara waktu. Dunia materi berubah, jika dipengaruhi rasa indra, hanya akan memberikan opini dan bukan pengetahuan

    ReplyDelete
  18. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Di dalam filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit Paham ini beranggapan bahwa jiwa adalah kenyataan yang sebenarnya. Manusia ada karena ada unsur yang tidak terlihat yang mengandung sikap dan tindakan manusia. Manusia lebih dipandang sebagai makhluk kejiwaan/kerohanian. Untuk menjadi manusia maka peralatan yang digunakannya bukan semata-mata peralatan jasmaniah yang mencakup hanya peralatan panca indera, tetapi juga peralatan rohaniah yang mencakup akal dan budi. Justru akal dan budilah yang menentukan kualitas manusia.

    ReplyDelete
  19. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Istilah Idealisme diambil dari kata idea yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.

    Secara umum Idealisme selalu berhubungan dengan rasionalisme, ini adalah aliran epistemologi yang mengajarkan bahwa pengertahuan Apriori atau deduktif dapat diperoleh manusia dengan akalnya.

    Idealisme sangat fokus tentang keberadaan sekolah. Aliran inilah satu-satunya yang melakukan oposisi secara fundamental terhadap naturalisme. Pendidikan harus terus eksis sebagai lembaga untuk proses pemasyarakatan manusia sebagai kebutuhan spiritual, dan tidak sekadar kebutuhan alam semata. Gerakan filsafat idealisme pada abad ke-19 secara khusus mengajarkan tentang kebudayaan manusia dan lembaga kemanuisaan sebagai ekspresi realitas spiritual.

    ReplyDelete
  20. Idealisme merupakan bentuk konsep ideal masyarakat dengan serangkaian nilai didalamnya, ada aturan yang ditaati dan tujuan kesejahteraan masyarakat. Negara sejahtera adalah bagian dari konsep idealism.
    Pada saat ini, konsep idealisme mengalami benturan dengan jaman yang berbeda. Adanya pemaksaan kehendak, menurunnya toleransi dapat mengurangi nilai idealisme. Karena idealisme dalam Filsafat juga berarti pluralisme.
    Pergolakan kondisi sosial sebagai dampak pergulatan kepentingan membuat konsep idealisme seperti mengambang. Namun sebenarnya pemikiran idealisme adalah mulia karena ingin mewujudkan tatanan masyarakat yang ideal.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  21. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Holisme merupakan suatu ide mengenai cara pandang secara keseluruhan, bukam dilihat sebagian atau unsur-unsur tertentu. Jika kita terapkan dalam kehidupan, maka implikasinya adalah kita tidak seharusnya mudah menyerah dalam menghadapi satu masalah, kita harus mampu melihat masalah itu secara keseluruhan, melihat hikmah dibalik masalah itu. Kaitannya dalam bidang pendidikan yaitu menandakan bahwa anak didik adalah individu yang memiliki beragam pemikiran, sehingga sebagai seorang guru dalam mengajar haruslah secara menyeluruh, bukan hanya untuk siswa tertentu.

    ReplyDelete
  22. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari salah satu link diatas dijelaskan bahwa secara sosiologis, idealisme berarti menekankan ide-terutama bagaimana manusia keyakinan dan masyarakat nilai-bentuk. Idealisme juga dapat dipahami sebagai suatu pandangan yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Saya kira paham idealisme baik jika didukung kemampuan intuitif yang baik. Karna sikap idealism tidak semua orang bisa mencapainya dan berbeda kulitas,kuantitas atau level idealism tiap-tiap individu. Dalam ruang dan waktu tertentu sikap idealism tidak berlaku, dalam keadaan genting perang misalnya kecepatan dalam bersikap dan menentukan keputusan akan lebih baik jika memaksakan bertindak sebagaimana paham idealisme

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Pada filsafat modern, pandangan ini mula-mula kelihatan pada George Berkeley (1685-1753) yang menyatakan bahwa hakekat objek-objek fisik adalah idea-idea. Idealisme berasal dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa dan isme yang berarti paham/ pemikiran. Sehingga, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakekat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan spirit (roh). Keyakinan merupakan teori yang dikembangkan oleh Plato.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Idealisme berasal dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa dan isme yang berarti paham/ pemikiran. Sehingga, idealisme adalah sistem filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran, roh atau jiwa dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Prinsipnya, aliran idealisme mendasari semua yang ada. Yang nyata di alam ini hanya idea, dunia idea merupakan lapangan rohani dan bentuknya tidak sama dengan alam nyata seperti yang tampak dan tergambar. Aliran idealisme berusaha menerangkan secara alami pikiran yang keadaannya secara metafisis yang baru berupa gerakan-gerakan rohaniah dan dimensi gerakan tersebut untuk menemukan hakikat yang mutlak dan murni pada kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  26. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Aliran Idealisme adalah aliran yang menyatakan bahwa ukuran baik buruk perbuatan manusia sangat ditentukan oleh sesuai tidaknya sesuatu perbuatan dengan konsep ideal (rancang bangun) pikiran manusia itu sendiri. Konsep Idealisme pada umumnya di gunakan juga dalam falsafah Ideologi .....

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    According to what i have red, there are two basic forms of idealism are metaphysical idealism, which asserts the ideality of reality, and epistemological idealism, which holds that in the knowledge process the mind can grasp only the psychic or that its objects are conditioned by their perceptibility. In its metaphysics, idealism is thus directly opposed to materialism—the view that the basic substance of the world is matter and that it is known primarily through and as material forms and processes. In its epistemology, it is opposed to realism,

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Idealism adalah salah satu aliran filsafat yang memandang bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi ialah ide, pikiran atau cita-cita, menurut standar yang dianggap sempurna. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme.

    ReplyDelete
  29. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Idealisme adalah sebuah paham tentang prinsip, pegangan hidup, keyakinan yang dianggap benar ketika memandang sebuah persoalan hidup di dunia. Prinsip pegangan yang diyakininya tersebut berasal dari pengalaman yang pahit, pendidikan, kultur budaya dan segala lingkup yang mengitari hidupnya.

    Seperti yang pernah diungkapkan dalam komen saya di postingan bapak tentang realisme, dalam an-najib (2013), idealisme juga memiliki sikap yang sama dengan realisme, yaitu:
    Inilah sikap Islam terhadap paham idealisme dan realisme, yakni menerapkan hukum keseimbangan yang berdampak pada kebaikan dunia akhrat dibawah prinsip-prinsip umum sebagai berikut:
    1. kemulyaan manusia di sisi Allah yang menundukan isi langit dan bumi kepada manusia untuk kepentingan manusia
    2. Tuntutan kepada manusia agar ia mengelola kehidupan di bumi ini dengan melestarikan SDA dan mendayagunakannya untuk kepentingan manusia serta melakukan banyak tugas kewajibannya.
    3. Tuntunan manusia agar manu berpikir dan merenungkan kebesaran Allah lewat ciptaan-Nya
    4. Tuntutan manusia agar berakhlak baik dan mulia kepada Allah dan Rasul-Nya, manusia, alam dan lingkungannya, serta menjauhi perbutan tercela
    5. Memperlakukan alam sekitar tidak dengan merusak atau menghancurkannya tetapi memanfaatkanya untuk kepentingan manusia sendiri dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara menjaga kehormatan manusia dan kelestarian alam.
    6 Islam tetap memberikan kebebasan dalam berpikir, berpendapat, beribadah, bekerja, berkarya, berinteraksi dengan yang lain dengan tetap mengikuti petunjuk dan aturan Islam, yakni tauhidullah.
    Dengan mengikuti prinsip-prinsip di atas, maka manusia akan dapat mewujudkan kesejahteraannya didunia dan diakhirat dan tidak membutuhkan lagi pandangan-pandangan atau pemikiran-pemikiran lain kecuali sebagai bahan referensi pengetahuan.

    Sumber:
    https://annajib.wordpress.com/2013/07/19/sikap-islam-terhadap-realisme-dan-idealisme/

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Tokoh dalam paham idealism adalah Plato yang berpendirian bahwa pengetahuan adalah proses-proses mental atau pun proses-proses psikologi yang sifatnya subjektif. Pengetahuan merupakan gambaran subjektif tentang kenyataan dan tidak memberikan gambaran yang tepat tentang hakekat sesuatu yang berada di luar pikiran. Menurut plato filsafat idealisme menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), roh (soul) atau jiwa (spirit) dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material.

    ReplyDelete
  31. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Fichte memakai nama idealisme subyektif, jadi pandangan-pandangan berasal dari subyek-subyek tertentu, dia menyandarkan keunggulan moral untuk sebuah etika manusia yang ideal. Sedangkan Kant menyebut pandangannya dengan istilah idealisme transendental atau idealisme kritis. Dalam alternatif ini isi pengalaman langsung tidak dianggap sebagai benda dalam dirinya sendiri, dan ruang dan waktu merupakan forma intuisi kita sendiri (wikipedia).

    ReplyDelete
  32. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Secara epistemologi, Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa, jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18.

    Lorens Bagus., Kamus Filsafat Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005

    ReplyDelete
  33. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Tokoh tokoh filsuf idealisme. Diantaranya, Fichte, Hegel, Kant, Barkeley, Jonathan Edwards, Howison, Edmund Husserl, Messer dan masih banyak lagi. Beberapa pandangan tentang Idealisme: Menurut Fichte, idealisme menyandarkan keunggulan moral untuk sebuah etika manusia yang ideal. Hegel, sebagai sintesis yang lebih tinggi dibanding unsur yang membentuknya, tesis dan antitesis.

    ReplyDelete
  34. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Idealisme berasal dari pemikiran seorang filsuf yang bernama Plato. Plato memandang bahwa manusia harus lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang bahwa mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas.

    ReplyDelete
  35. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Idealisme merupakan suatu aliran yang mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia. Implikasi filsafat idealisme dalam pendidikan adalah sebagai tujuan untuk membentuk karakter, mengembangkan bakat atau kemampuan dasar, serta kebaikan sosial. Pendidikan idealisme berusaha agar seseorang dapat mencapai nilai-nilai dan ide-ide yang diperlukan oleh semua manusia secara bersama-sama.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Secara epistemologi, idealism berasal dari kata ide yang artinya dunia di dalam jiwa. Pandangan ini lebih menekankan pada hal-hal yang bersifat ide dan merendahkan hal-hal yang bersifat materi dan fisik. Paham ini memandang bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Selain itu, segala yang konkret hanyalah dianggap sebagai bayang-bayang yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan

    ReplyDelete
  37. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, seraya memperlawankan dengan materialisme Epikuros. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Dari abad 17 sampai permulaan abad 20 istilah ini banyak dipakai dalam pengklarifikasian filsafat.
    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi

    Idealisme merupakan suatu aliran yang mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran

    ReplyDelete
  38. Idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa. Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan seperti yang kita bisa tahu itu, berdasarkan mental, pembangunan secara mental atau immaterial. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui setiap pemikiran yang independen akan sesauatu.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  39. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Idealisme merupakan aliran filsafat pada era moden. Idealisme ini memiliki pengertian tentang aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya bisa dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Menurut aliran idealisme, objek-objek fisik yang ada didunia ini tidak terlepas dari spirit.

    ReplyDelete
  40. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Jika dikaitkan dengan pendidikan, maka idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme.

    ReplyDelete
  41. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Tokoh idealisme adalah Plato. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa, jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Kant menyebut pandangannya dengan istilah idealisme transendental atau idealisme kritis. Dalam alternatif ini isi pengalaman langsung tidak dianggap sebagai benda dalam dirinya sendiri, dan ruang dan waktu merupakan forma intuisi kita sendiri.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  42. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Secara logika, antara idealisme dan realisme tidak bisa dipertentangkan. Sebab, pencetus idealisme (Plato) adalah murid dari pencetus realisme (Socrates). Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Sedangkan kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan. Seorang realisme tidak menyetujui pandangan tersebut.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id