Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






36 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Humanisme sebagai suatu aliran dalam filsafat, memandang manusia itu bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri, dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri. Dalam paham Humanisme, manusia itu bebas dan memiliki potensi sendiri untuk menjalankan kehidupannya secara mandiri untuk berhasil di dunia, di mana setiap individu mampu untuk mengontrol nasib mereka sendiri melalui aplikasi kecerdasan dan pembelajaran mereka. Manusia memiliki keunikan tersendiri, memiliki potensi yang perlu diaktualisasikan dan memiliki dorongan-dorongan yang murni berasal dari dirinya.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kaum humanisme mempunyai pergerakan yang tujuan dan kesibukkannya adalah mempromosikan harkat, martabat, kemampuan, dan nilai manusia sebagai makhluk rohani. Pandangan kaum humanisme tentang manusia memang bernada optimis karena yakin akan kemampuan manusia untuk memperbaiki diri dan lingkungannya. Bila didampingi, didukung, dan dibantu oleh situasi dan keadaan yang baik, dalam keluarga, lingkungan, dan masyarakat, manusia pasti mampu berkembang menjadi lebih baik dan membawa kemajuan bagi diri dan masyarakatnya. Sehingga humanisme sebagai paham tentang manusia dan sebagai pemikiran etis telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya, dan tanggungjawabnya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan lembaga manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya lebih suka berpikir kritis dan bukti (rasionalisme, empirisme). Humanisme sebagai suatu gerakan filsafat dan gerakan kebudayaan berkembang sebagai suatu reaksi terhadap dehumanis yang telah terjadi berabad-abad. Dalam kontek reaksi ini, humanisme menjelaskan bahwa manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia.

    ReplyDelete
  4. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Humanism adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Atau secara sederhana, humanism berarti kemanusiaan atau manusiawi.
    Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh entitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisional yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Humanisme berasal dari kata dasar 'human' yang artinya manusia. Humanisme adalah sebuah pandangan mengenai penyelesaian dari permasalahan manusia. Dalam kehidupan saat ini, humanisme tidak hanya mengenai penyelesaian masalah, namun juga mengenai semua peristiwa-peristiwa pada manusia. Bahkan untuk para pengikut humanisme, sekarang sudah banyak sekolah atau kuliah dengan jurusan humaniora. Untuk menjadi kaum humanis dibutuhkan pikiran yang kritis serta logika, selain itu diperlukan hati yang ikhlas agar menjadi humanis yang berguna bagi manusia.

    ReplyDelete
  6. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme berpandangan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Paham ini menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai subyek yang bebas dan berdaulat dalam menentukan hidupnya. Menurut humanisme, setiap manusia harus dihormati sebagai seorang manusia seutuhnya. Humanisme ingin meneguhkan kemampuan manusia secara bebas dan berdaulat untuk mengarungi hidupnya sendiri.

    ReplyDelete
  7. Budi Yanto
    1709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Humanisme adalah faham yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria segala sesuatu. Sehingga manusia menduduki posisi yang sangat sentral dan penting diantara makhluk lain di dunia. Manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai makhluk social. Manusia sebagai makhluk individu manusia tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raga yang memiliki perbedaan antara invididu dengan indidu lainnya. Karena setiap individu memiliki karakteristik sendiri, memiliki sifat, watak, keinginan, dan cita-cita yang berbeda satu sama lainnya. Sedangkan manusia sebagai makhluk social tidak dapat dipisahkan dari manusia lain. Kehidupan manusia bersama dan bergantung pada manusia lain seperti Adam dan Hawa. Setiap manusia memiliki keinginan untuk berintraksi dengan manusia lain.

    ReplyDelete
  8. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Humanism berasal dari kata Latin humanus dan mempunyai akar kata homo yang berarti manusia. Humanus berarti bersifat manusiawi, sesuai dengan kodrat manusia. Humanisme sebagai paham tentang manusia dan sebagai pemikiran etis telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya, dan menandaskan tanggung jawabnya dalam kehidupan. Namun, pandangan humanistis berat sebelah, terlalu melihat segi positif manusia saja. Dengan pandangan berat sebelah tentang manusia itu, tawarannya untuk menjadikan manusia sebagai ukuran dan kriteria segala-galanya tidak dapat diterima. Agar kokoh, ukuran dan kriteria harus dicari di tempat lain. Ukuran dan kriteria itu harus tetap, konsisten, stabil, kokoh, tak tergoyahkan. Karena itu ukuran harus lebih tinggi dan ada di atas manusia. Ukuran itu adalah nilai etis-moral yang baik, dan berasal dari sumber kebaikan, Tuhan sendiri.

    ReplyDelete
  9. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Humanisme merupakan istilah umum yang berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran yang mulai berkembang pada periode 1400-1650. Humanisme berisi pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan lembaga manusia, secara individu dan kolektif, dan menegaskan kemampuan mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka melalui penggunaan akal dan kecerdikan sebagai lawan mengirimkan membabi buta tradisi dan otoritas atau tenggelam ke dalam kekejaman dan kebrutalan. Sejak abad kedua puluh, bagaimanapun, gerakan humanis Anglophone biasanya telah selaras dengan sekularisme, dan hari ini humanisme biasanya mengacu pada kehidupan non-teistik sikap berpusat pada agen manusia dan mencari ilmu pengetahuan bukan wahyu dari sumber supranatural untuk memahami dunia.

    ReplyDelete
  11. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Mangun Harjana mengatakan, pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna. Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  12. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Humanisme menekankan harkat, peran, tanggugjawab menurut manusia. Menurut humanisme manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya karena mempunyai perasaan. Pandangan humanisme membuat manusia sadar kembali tentang harkat dan martabat manusia sebagai mahluk rohani. Etika rohani mendasari manusia untuk bertangungjawab dalam kehidupan di dunia. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran kritis terhadap berbagai hal agar dapat memahami semua manusia dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  13. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Epistimologi himuanisme bersandar diri pada kemampuan rasionalitas manusia dengan segala otoritasnya, terutama pada abad modern ini. Kerja dari humanisme ini adalah mencoba menanusiakan manusia (humanisasi) sebagai manusia, yang selama ini menusia tidak lebih dipahami sebagai seonggok ‘objek’ atau minimal benda tanpa mempunyai kekuatan dan kemampuan apa-apa melalui relitas.

    Pemikiran filsafat humanisme ini meliputi beberapa hal yakni Pandangan tentang hakekat manusia, Pandangan tentang kebebasan dan otonomi manusia dan Pandangan tentang diri dan konsep diri. Belajar menurut pandangan humanisme merupakan fungsi keseluruhan pribadi manusia yang melibatkan faktor intelektualdan emosional, motivasi belajar harus datang dari dalam diri anak itu sendiri. Proses belajar-mengajar menekankan pentingnya hubungan interperdonal, menerima siswa sebagai partisipan dalam proses belajar bersama. Pandangan utama aliran filsafat humanisme ini adalah proses pendidikan berpusat pada murid.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Humanisme memandang bahwa manusia adalah makhluk yang paling mulia. Dengan segala kemampuan akal budinya, manusia sadar akan eksistensinya di dunia dan mampu mencari kebenaran-kebenaran hidup demi kelangsungan kehidupannya. Paham ini menunjuk pada proyek membangun kehidupan manusia dan masyarakat menurut tatanan dan aturan akal budi

    ReplyDelete
  15. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan lembaga manusia, secara individu dan kolektif, dan menegaskan kemampuan mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka melalui penggunaan akal dan kecerdikan sebagai lawan. Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi berakar dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Humanisme sekuler mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini menganggap bahwa mereka merupakan jawaban atas perlunya sebuah filsafat umum yang tidak dibatasi perbedaan kebudayaan yang diakibatkan adat-istiadat dan agama setempat.

    ReplyDelete
  16. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Intuitionism adalah suatu aliran dalam filsafat yang menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Bergson mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisi ini menangkap obyek secara langsung tanpa melalui pemikiran. Jadi, indera dan akal hanya mampu menghasilkan pengetahuan yang tidak utuh (spatial), sedangkan intuisi dapat menghasilkan pengetahuan yang utuh, tetap. Henry Bergson (1859-1941) adalah tokoh aliran Intuisionisme. Intuisi mempunyai peran yang penting di dalam matematika, sehingga tak ada satu pun filsafat matematika yang dapat mengabaikan peranan intuisi karena intuisi matematika sangat penting untuk menghasilkan ide-ide/gagasan matematika.

    ReplyDelete
  17. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Humanisme adalah istilah umum diterapkan pada filsafat sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra periode 1400 ke 1650.Berikut 10 point penting mengenai Humanisme. Pertama, Humanisme percaya pada metafisika naturalistik atau sikap terhadap alam semesta yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos. Kedua, Humanisme, menggambar terutama pada hukum dan fakta-fakta ilmu pengetahuan, percaya bahwa kita manusia adalah produk evolusi dari Sifat yang kita miliki; bahwa pikiran adalah tidak terpisah dengan fungsi otak. Ketiga, Humanisme percaya bahwa manusia memiliki potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Keempat, Humanisme bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme. Kelima, Humanisme percaya dalam etika atau moralitas dasar semua nilai-nilai kemanusiaan dalam pengalaman duniawi dan hubungan sebagai tujuan tertinggi duniawi yaitu kebahagiaan, kebebasan, dan kemajuan. Keenam, Humanisme percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan pengembangan diri yang berkelanjutan dengan kerja yang signifikan dan kegiatan lainnya yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Ketujuh, Humanisme percaya dalam pengembangan keindahan dan kemegahan. Kedelapan, Humanisme percaya dalam program sosial yang luas yang berdiri untuk pembentukan seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi berkembang, baik nasional maupun internasional. Kesembilan, Humanisme percaya dalam pelaksanaan sosial lengkap akal dan metode ilmiah; dan dengan demikian dalam prosedur demokrasi, dan pemerintahan parlementer, dengan kebebasan penuh ekspresi dan kebebasan sipil, seluruh bidang kehidupan ekonomi, politik, dan budaya. Kesepuluh, Humanisme, sesuai dengan metode ilmiah, percaya pada pertanyaan tak berujung asumsi dasar dan keyakinan.

    ReplyDelete
  18. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan lembaga manusia, secara individu dan kolektif, dan menegaskan kemampuan mereka untuk meningkatkan kehidupan mereka melalui penggunaan akal dan kecerdikan yang betentangan dengan penganut tradisi membabi buta dan otoritas atau tenggelam ke dalam kekejaman dan kebrutalan (https://en.wikipedia.org/wiki/Humanism). Saya kira semangat paham ini baik humanism agama atau humanism sekuler sama-sama terlalu kaku untuk menitipberatkan kemampuan manusia diatas segala-galanya. Maka humanism jangan sampai menabrak rambu-rambu pembatas yang difirmankan tuhan yang otentik kepada kita sebagai hamba demi keteeraturan hidup kiat yang hakiki.

    ReplyDelete
  19. Aliran Humanisme lebih ingin memahami manusia dari kelebihan dan kekurangannya, karena sejatinya menusia memiliki karakter yang berbeda sejak lahir. Dalam istilah Jawa hal ini disebut "nguwongke" atau menghargai kemanusiaannya. Humanisme memandang keluhuran manusia atas perilaku dan tindakannya berdasar sifat yang dimiliki.
    Pendekatan ini diterapkan pada berbagai kegiatan sosial, ekonomi, budaya bahkan politik. Meskipun dalam politik, pendekatan yang sering digunakan adalah pendekatan kekuasaan (power). Namun sejarah membuktikan bahwa, pendekatan Humanisme yang diterapkan dalam kehidupan politik negara akan mendekatkan hubungan antara masyarakat dan penguasa, antara kawulo dan gusti nya.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  20. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Humanism is a philosophical and ethical stance that emphasizes the value and agency of human beings, individually and collectively, and affirms their ability to improve their lives through the use of reason and ingenuity as opposed to submitting blindly to tradition and authority or sinking into cruelty and brutality.

    ReplyDelete
  21. martin/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Humanism is a philosophical and ethical stance that emphasizes the value and agency of human beings, individually and collectively, and affirms their ability to improve their lives through the use of reason and ingenuity as opposed to submitting blindly to tradition and authority or sinking into cruelty and brutality.

    ReplyDelete
  22. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Humanisme ialah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah atau isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Inti pemikiran humanisme adalah melihat bahwa manusia adalah makhluk yang berharga, memiliki potensi besar, dan mampu memecahkan suatu masalah.

    ReplyDelete
  23. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Humanisme berasal dari kata “Human” yang artinya adalah manusia. Humanisme adalah berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis pemahaman antar hubungan yang lebih beradab atau beretika, yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh suku,agama dan ras manusia. Humanisme berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu,melainkan menjadi lebih luas dalam aspek perilaku kehidupan manusia. Humanisme bersifat universal dan berlaku hampir sama di seluruh penjuru dunia....

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Humanisme sebagai sebuah aliran kefilsafatan yang menempatkan kebebasan manusia, baik berfikir, bertindak dan bekerja, sebagai segalah-galanya, berpengaruh secara signifikan terhadap munculnya bangunan peradaban modern dan yang lainnya. Gerakan humanisme ditandai oleh kepercayaan akan kemampuan manusia, hasrat intelektual, dan penghargaan akan disiplin intelektual. Aliran ini juga memandang bahwa manusia adalah makhluk mulia yang semua kebutuhan pokok diperuntukkan untuk memperbaiki spesiesnya.

    ReplyDelete
  25. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Humanisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Kita bisa hidup baik tanpa agama sekalipun. Humanisme masih menganggap bahwa spritual itu tidak penting di dalam membangun dunia. Manusia hanya perlu menggunakan pengetahuan dan pengalamannya untuk membangun dunia. Humanisme beranggapan bahwa realitas yang ada di dalam kehidupan adalah proses manusia belajar dari pengalaman.

    ReplyDelete
  26. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Humanisme berasal dari kata humanitas yang berarti pendidikan manusia. Dalam bahasa yunani disebut paidei. Kata popular pada masa Cicero dan varro. Adapun humanism pada abad pertengahan abad 14M adalah gerakan filsafat yang timbul di italia dan kemudian berkembang keseluruh eropa. Humanism menegaskan bahwa menusia adalah ukuran segala sesuatu. Kebesaran manusia harus dihidupkan kembali, yang selama ini terkubur pada abad pertengahan ditinggalkan. Kebebasan manusia adalah salah satu tema pokok hummanism. Pico salah seorang tokoh humanism berkata,” manusia dianugerahi kebebasan memilih oleh tuhan dan menjadikanya pusat perhatian dunia. Dengan posisi itu dia bebas memandang dan memilih yang terbaik.

    ReplyDelete
  27. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Humanisme meripakan paham yang berpusat kepada manusia dan mengabaikan akan hakikat Tuhan di atas manusia. Munculnya gerakan ini akibat dari prinsip untuk kecenderungan “menggali potensi manusia dan alam secara mandiri”. Hal ini sejalan dengan “kembali ke sumber” yang berarti pula sebagai "kelahiran kembali kebudayaan dan kesenian kuno".

    Beberapa bentuk humanisme yang menekankan aspek antara lain Humanisme Rasional, Humanisme Evolusi, atau Humanisme Naturalis. Kemudian berkembang Humanisme Sekuler dan bercampur baur dan bergeser menjadi Humanisme Baru ( New Humanism), yang timbul sebagai bagian dari Gerakan Zaman Baru dalam arti kata yang luas.

    Humanisme memiliki persamaan dengan Nihilisme dalam mengabaikan peran Tuhan dalam kehidupan. Sedih sekaligus iba mengetahui ada manusia yang bisa memikirkan hal tersebut. Potensi kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT justru disalahgunakan. Bahkan menafikkan keberadaan Tuhan sendiri. Semoga tak ada lagi generasi yang berpikiran seperti ini. Cukuplah Allah sebaik-baik pelindung dan penolong kita.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Humanisme merupakan jalan pikiran yang berbeda yang tidak memfokuskan terhadap isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika. Kini, disebut humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan atau religi, yang berakar dari tradisi Renaisans. Dan Humanisme sekuler, mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika.

    ReplyDelete
  29. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Perbedaan dari dua aliran humanisme ini sangat dimungkinan karena latar belakang pemikiran. Dan juga tidak lepas dari konsep dan idealisme masing masing filsuf. Sehingga melahirkan pertentangan. Humanis yang konsis terhadap religi berpandangan ideal mengenai spiritual. Bahwa setiap seseatu memiliki sebab akibat. Sedangkan humanisme sekuler beranggapan dengan latarbelakang empirisnya bahwa ilmu pengetahuan atau kebenaran adalah mutlak berdasarkan saintis. Konstruksi pandangan keduanya termasuk falibilis, mengapa? Karena keduanya harus bergandengan, bersama sama. Tidaklah sempurna religi tanpa memikirkan objek sebagai sumber kebenarannya. Dan tidaklah benar bahwa sains dan teknologi adalah satu satunya yang diyakini. Mencapai kebenaran yang baik tentu tidak lepas dari pencarian melalui ikhtiar, maka seluruh keadaan untuk mencapai kebenaran yang sempurna.

    ReplyDelete
  30. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Humanisme merupakan sebuah aliran filsafat yang menempatkan “kebebasan” manusia, baik berfikir, bertindak dan bekerja, sebagai segalah-galanya, berpengaruh secara signifikan terhadap munculnya bangunan peradaban modern dan yang lainnya. Epistimologi himuanisme bersandar diri pada kemampuan rasionalitas manusia dengan segala otoritasnya, terutama pada abad modern ini. Kerja dari humanisme ini adalah mencoba menanusiakan manusia (humanisasi) sebagai manusia, yang selama ini menusia tidak lebih dipahami sebagai seonggok ‘objek’ atau minimal benda tanpa mempunyai kekuatan dan kemampuan apa-apa melalui relitas.Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri.

    ReplyDelete
  31. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Humanisme adalah paham atau aliran yang menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia. Manusia menduduki posisi yang sangat sentral dan penting, baik dalam perenungan teoritis-filsafati maupun dalam praktis hidup sehari-hari. Dengan demikan, menurut paham ini bahwa segala ukuran penilaian dan referensi akhir dari semua kejadian manusiawi dikembalikan kepada manusia itu sendiri, bukan pada kekuatan-kekuatan diluar manusia seperti kekuatan Tuhan atau alam.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Humanisme modern dibagi menjadi dua aliran: Humanisme keagamaan/religi berakar dari tradisi Renaisans-Pencerahan yang terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia, dan Humanisme sekular yang mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekular juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia (wikipedia). Teori humanisme cocok untuk diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang bersifat pembentukan kepribadian, hati nurani, perubahan sikap, dan analisis terhadap fenomena sosial. Psikologi humanisme memberi perhatian atas guru sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  34. Nilai-nilai kemanusiaan tumbuh dan berkembang seiring dengan adanya penyadaran bahwa semua jiwa memiliki kesamaan hak. Humanisme adalah aliran untuk lebih menghargai keberadaan manusia apapun bentuk dan jenisnya. Dengan pertimbangan ini pula dibentuk lembaga Hak Asasi Manusia yang menjamin kebebasan berpendapat dan hak hidup setiap orang.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  35. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Humanisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Gerakan intelektual besar dari Renaissance Italia adalah humanisme. The humanis percaya bahwa klasik Yunani dan Latin yang terkandung baik semua pelajaran satu yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan moral dan efektif dan model terbaik untuk gaya Latin kuat.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Humanisme berasal dari bahasa latin humanis yang artinya manusia. Humanisme ini merupakan pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Pandangan humanisme membuat manusia sadar kembali tentang harkat dan martabat manusia sebagai makhluk rohani yang memiliki banyak tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id