Dec 2, 2012

HERMENEUTICS





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HERMENEUTICS, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

48 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Hermeneutika ialah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan penafsiran, interpretasi, dan pemahaman teks. Kehidupan ini tidak terlepas dari apa yang namanya fenomena. Menurut hermeneutika, bahwa setiap fenomena yang terjadi dapat dianalisis dan diekstensif dan intensifkan secara mendalam baik secara ontologis ataupun epistemologis untuk mengungkap setiap informasi atau pengetahuan dari setiap fenomena yang terjadi yang kemudian diterjemahkan dan ditafsirkan. Inilah metode hermeneutika. Salah satu hal yang menggunakan metode hermeneutika adalah penafiran kitab suci. Kitab suci ditafsirkan atau diterjemahkan untuk mengungkap setiap fenomena yang berada di dalamnya sehingga dapat menjadi panduan spiritual ataupun panduan hidup manusia. Kitab suci tanpa diterjemahkan akan sangat sedikit sekali yang dapat memahaminya. Begitu pula dengan filsafat. Kita dapat mempelajari filsafat dan memahami apa pola pikir yang terkadung, juga dengan terjemah menterjemahkan.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Istilah hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Dalam perkuliahan filsafat kita sering mendengar istilah terjemah dan menterjemahkan. Ini sejatinya merupakan makna dari hermeneutika. Hermeneutika di peroleh melalui suatu interaksi atau silaturahmi, sebagai contoh untuk memahami pemikiran seseorang maka kita perlu berinteraksi dengannya, salah satu interaksi yang dapat dilakukan adalah dengan membaca tulisan-tulisannya.

    ReplyDelete
  3. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Hermeneutika hidup adalah filsafat yang menginterpretasi makna hidup. Hermeneutika memiliki beberapa tokoh, seiring berkembangnya jaman, hermeneutika juga diperbaiki oleh tokoh-tokoh hermeneutika. Hermeneutika hidup memiliki berbagai bentuk, di antaranya lurus, melingkar, spiral melebar, spiral mengerucut. Setiap dari bentuk tersebut memiliki makna, seperti hermeneutika lururs artinya manusia tidak akan melakukan hal yang sama karena menembus ruang dan waktu, setiap detik yang ia lakukan akan berbeda. Hermeneutika melingkar artinya kehidupan itu berulang saling berhubungan, berbentuk melingkar, seperti guru di lingkaran bagian atas dan peserta didik di lingkaran bagian bawah, berhubungan dan saling membutuhkan. Begitu juga bentuk-bentuk hermeneutika yang lain juga memiliki makna tersendiri.

    ReplyDelete
  4. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Hermeneutika adalah teori dan metodologi interpretasi atau disiplin yang lebih luas yang mencakup tertulis, verbal, dan non-verbal atau komunikasi. Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang timbul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk dari tindakan tersebut, yang paling penting teks. Menurut Martin Heidegger, yang mengatakan bahwa proses Hermeneutis merupakan proses pengungkapan jati diri dan permasalahan eksistensi manusia yang sesungguhnya. Fredrich August Wolf mendefinisikan, yang disebut dengan Hermeneutika adalah kaidah-kaidah yang membantu untuk memahami tanda-tanda. Martin Heidegger dan Hans George Gadamer yang disebut Hermeneutika adalah Suatu proses bertujuan untuk menjelaskan hakikat dari pemahaman.

    ReplyDelete
  5. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    hermeneutika berarti suatu ilmu yang mencoba menggambarkan bagaimana sebuah kata atau suatu kejadian pada waktu dan budaya yang lalu dapat dimengerti dan menjadi bermakna secara eksistensial dalam situasi sekarang. Dengan kata lain, hermeneutika merupakan teori pengoperasian pemahaman dalam hubungannya dengan interpretasi terhadap sebuah Teks.
    Dalam Definitione Plato dengan jelas menyatakan hermeneutika artinya “menunjukkan sesuatu” yang tidak terbatas pada pernyataan, tapi meliputi bahasa secara umum, penterjemahan, interpretasi, dan juga gaya bahasa dan retorika. Sedangkan dalam Timaeus Plato menghubungkan hermeneutika dengan pemegang otoritas kebenaran, yaitu bahwa kebenaran hanya dapat dipahami oleh “nabi”. Nabi disini maksudnya adalah mediator antara para dewa dengan manusia.

    ReplyDelete
  6. Setidaknya ada enam definisi tentang hermeneuitika modern yang juga menandai sejarah perkembangan hermeneutika itu sendiri.yaitu hermeneutika sebagai teori eksegesis Bibel, hermeneutika sebagai metode filologis, hermeneutika sebagai ilmu pemahaman linguistic, hermeneutika sebagai fundasi metodologi geisteswissenschaften. , hermeneutika sebagai fenomenologi Dasein dan pemahaman eksistensial dan hermeneutika sebagai sistem interpretasi: menemukan makna versus ikonaklasme.

    ReplyDelete
  7. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Hermeneutics adalah salah satu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Dalam artikel lain di bolg ini juga dipaparkan tentang hermenetika hidup.
    Hermenetika secara sederhana dapat diartikan sebagai menfsirkan, memberi pemahaman atau menjermahkan. Dalam mempelajari filsafat, kita harus mampu menerjemahkan dan diterjemahkan. Seperti kalimat yang diucapkan oleh Bapak Prof Dr.Marsigit, MA di awal perkuliahan, “Tiadalah seorang dikatakan berfilsafat apabila tidak mampu dipahami oleh orang lain”. Makna dipahami ini sama artina dengan diterjemahkan. Seperti halnya hakikat dari berkomunikasi yakni agar mampu dipahami orang lain.

    ReplyDelete
  8. Fitri ayu Ningtiyas
    16709251037
    PPs P.Mat B UNY 2016

    Hermeneutika berarti teori penafsiran atau teori untuk mencapai pemahaman teks, ucapan, dan sebagainya. Hermeneutika adalah teori dan metodologi dalam menginterpretasi terutama dalam menginterpretasi teks-teks, literatur hikmat, dan teks filsafat. Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang timbul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna. Sehingga hermeneutika berarti suatu metode memaknai dan menafsirkan teks dan sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Permasalahan sosial, politik, sastra, dan sebagainya tidak pernah lepas dari unsur bahasa sebagai medianya, sebab bahasa merupakan sarana seseorang mengungkapkan ide, berpikir, menulis, berbicara, mengapresiasi karya. Di sisi lain, pembicaraan tentang interpretasi terhadap teks untuk dicari maknanya terkait erat dengan hermeneutika. Hermeneutika teks dalam konteks diri manusia dengan relasi sosialnya dan dalam relasi berbahasa sehingga dapat dirumuskan “siapa diri ini dan siap diri yang lain itu?".

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Interpretasi teks dilakukan juga oleh strukturalisme, semiotik, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, hermeneutika hadir kembali untuk merespon pengaruh strukturalisme dan positivisme yang mengkaji bahasa hanya dari struktur empiriknya belaka sehingga kajian bahasa dari segi hakikatnya dalam mengungkapkan dunia manusiawi kurang memperoleh perhatian. Filsafat hermenutika menguak seluruh realitas bahasa sebagai ungkapan hakikat manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan menjadikan bahasa sebagai pusat berawal dan berakhirnya segala persoalan manusia.

    ReplyDelete
  12. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang timbul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk dari tindakan tersebut, yang paling penting. Sebagai disiplin metodologis, ia menawarkan toolbox untuk efisien mengobati masalah penafsiran tindakan manusia, teks dan bahan bermakna lainnya.

    ReplyDelete
  13. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Hermeneutika adalah teori dan metodologi interpretasi, terutama penafsiran teks-teks Alkitab, literatur hikmat, dan teks filsafat. Ini dimulai sebagai sebuah teori interpretasi teks tetapi telah kemudian diperluas untuk pertanyaan penafsiran umum. Hermeneutika awalnya diterapkan pada interpretasi, atau penafsiran, kitab suci. Istilah "hermeneutika" dan "penafsiran" kadang-kadang digunakan bergantian. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup tertulis, verbal, dan non-verbal komunikasi, tafsir berfokus terutama pada teks. Hermeneutika modern meliputi komunikasi verbal dan non-verbal serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Hermeneutika telah secara luas diterapkan dalam humaniora, khususnya dalam hukum, sejarah dan teologi.

    ReplyDelete
  14. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna, pemahaman terhadap makna ataupenafsiran terhadap suatu teks. hermeneutik tidak memiliki tujuan untuk menguak ketidakjelasan pada suatu teks melainkan merupakan sebuah pengetahuan yang senantiasa menuntun seseorang untuk menghindari adanya kesalahpahaman terhadap suatu konsep.

    ReplyDelete
  15. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Secara luas, hermeneutika juga sering didefinisikan sebagai, pertama, teori penafsiran Kitab Suci (theory of biblical exegesis). Kedua, hermeneutika sebagai metodologi filologi umum (general philological methodology). Ketiga, hermeneutika sebagai ilmu tentang semua pemahaman bahasa (science of all linguistic understanding). Empat, hermeneutika sebagai landasan metodologis dari ilmu-ilmu kemanusiaan (methodological foundation of Geisteswissenschaften). Lima, hermeneutika sebagai pemahaman eksistensial dan fenomenologi eksistensi (phenomenology of existence dan of existential understanding). Dan enam, hermeneutika sebagai sistem penafsiran (system of interpretation). Hermeneutika adalah kaidah-kaidah yang membantu untuk memahami tanda-tanda. Martin Heidegger dan Hans George Gadamer yang disebut Hermeneutika adalah Suatu proses bertujuan untuk menjelaskan hakikat dari pemahaman.

    ReplyDelete
  16. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Hermeneutika berasal dari bahasa Yunani Hermeneutine dan hermeneia yang berarti menafsirkan dan penafsiran. Dengan demikian hermeneutika merupakan proses mengubah sesuatu ketidaktahuan menjadi mengerti. dengan kata lain merupakan metode untuk menafsirkan sesuatu dapat berupa simbol untuk dicari artinya. sebagai sebuah metode penafsiran tentang segala sesuatu yang mungkin, maka harus dilakukan usaha dan langkah-langkah yang tepat untuk menghidari pemahaman yang keliru terhadap teks atau sesuatu yang ditafsirkan.

    ReplyDelete
  17. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Hermeneutics merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang penafsiran atau interpretasi makna. Hermenetika paling banyak dikenali oleh masyarakat sebagai penafsiran kitab suci. Namun hermenetika bukan merupakan isi penafsiran, tetapi merupakan metodenya. Hermenetika juga dapat dipandang sebagai metode penafsiran yang lain, yaitu penafsiran pada sesuatu yang sulit untuk ditafsirkan, seperti filologi umum, bahasa, ilmu kemanusiaan, fenomenologi, makna yang terkandung dalam simbol maupun mitos, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hermeneutika berasal dari akar kata Yunani hermeneuein berarti ‘menafsirkan’, sedang hermeneia sebagai derivasinya berarti ‘penafsiran’. Kedua kata tersebut diasosiasikan mempunyai kaitan dengan tokoh yang bernama Hermes atau Hermeios yang dalam mitologi Yunani kuno dianggap sebagai utusan dewa Olympus yang bertugas menyampaikan dan menerjemahkan pesan dewa ke dalam bahasa yang bisa dipahami manusia . Proses penjelasan yang dilakukan Hermes mengandung tiga konsep dasar hermeneutika: (1) mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk kata-kata (utterance, speaking) sebagai bentuk penyampaian, (2) menjelaskan secara rasional (interpretation, explanation) sesuatu yang masih samar agar makna atau maksudnya dapat dipahami dengan jelas, (3) menerjemahkan (translating) suatu bahasa yang asing ke dalam bahasa yang lebih dikuasai audiens

    ReplyDelete
  19. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    secara sederhana hermeneutika biasanya diartikan sebagai seni dan ilmu untuk menafsirkan teks-teks.Dalam definisi yang lebih jelas, hermeneutika diartikan sebagai sekumpulan kaidah atau pola yang harus diikuti oleh seorang mufassir dalam memahami teks. Namun, dalam perjalanan sejarahnya, hermeneutika ternyata tidak hanya digunakan untuk memahami teks, khususnya teks suci keagamaan, melainkan meluas untuk semua bentuk teks, baik sastra, karya seni maupun tradisi masyarakat.

    ReplyDelete
  20. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hermeneutika sebagai suatu bentuk interpretasi ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: objektif, subjektif, dan pembebasan. 1). Tujuan hermeneutika berarti upaya untuk menafsirkan dan memahami makna teks sebagai penulis (author) 2). Hermeneutika subyektif berarti upaya untuk menafsirkan dan memahami makna teks berdasarkan konteks sosial saat ini tanpa pertimbangan dari apa yang dimaksud oleh penulis. 3). Pembebasan hermeneutika berarti upaya untuk menafsirkan dan memahami makna teks berdasarkan semangat keadaan dan mencoba untuk membuat hasil interpretasi dalam spirit untuk mengubah kehidupan secara sinergis antara penafsir dan pembaca.

    ReplyDelete
  21. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Ada yang mengidentikkan hermeneutika dengan seni atau sains penafsiran. Ada yang mengartikan sebagai metode penafsiran, sebagian menyebut hermeneutika sebagai teknik penafsiran atau seni menafsirkan. Hermeneutika yang lahir di tanah Yunani dan secara praktis digunakan untuk sistem pendidikan mengalami perkembangan cukup signifikan melalui apa yang disebut dengan gerakan deregionalisasi, suatu gerakan yang dirintis oleh Schleiermacher.
    Di dalam Hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hermenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.

    ReplyDelete
  22. Johanis RIsambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Hermeneutics dapat diartikan sebagai penafsiran terhadap teks-teks dalam Alkitab, literatur hikmat & filsafat. Dalam hal ini lebih mengarah pada interpretasi makna terhadap hal-hal di atas. Selain itu juga dapat diartikan sebagai menerjemahkan (Yunani). Dalam kehidupan sehari-hari lebih mengarah pada penafsiran segala sesuatu yang berhubungan dengan tata cara kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  23. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang timbul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan produk dari tindakan tersebut. Hermeneutika melihat kembali pada tradisi panjang sebagai himpunan masalah itu alamat sudah lazim dalam kehidupan manusia, dan telah berulang kali dan secara konsisten menyerukan pertimbangan: penafsiran adalah kegiatan di mana-mana, berlangsung setiap kali manusia bercita-cita untuk memahami interpretanda apa pun yang mereka anggap penting.

    ReplyDelete
  24. Hermenetika modern termasuk verbal dan non verbal, sesuatu yang diucapkan dan tidak diucapkan. Semua dari kita menggunakan hermenetika, berinterpretasi. Adanya sikap seorang politisi atau negarawan harus diinterpretasikan meskipun bersifat non verbal. Di rumah, seorang ayah dapat menginterpretasikan sikap anaknya pada persoalan tertentu. Ketika seseorang murid tidak segera melakukan kewajibannya sebagai murid adalah hermenetikanya pada situasi tertentu.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  25. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari link https://en.wikipedia.org/wiki/Hermeneutics diketahui bahwa dalam sejarahnya hermeneutika diterapkan pada interpretasi atau penafsiran kitab suci terutama Al-kitab, literature hikmat dan teks filsafat. namun pada perkembangannya hermeneutika menjadi disiplin yang lebih luas yang mencakup dari yang tertulis, verbal dan komunikasi non verbal. Jika kita berhermeneutika pada konteks hubungan dengan orang tua misalnya, jika kita berusaha memahami dan memaknai petuah-petuah mereka maka kita berhermeneutika antara kita dan orang tua kita

    ReplyDelete
  26. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Hermeneutika merupakan studi tentang prinsip-prinsip metodologis interpretasi dan eksplanasi yang berarti juga menerjemahkan. Hermeneutika memberikan sumbangan kepada filsafat kontinental dengan memaparkan kompleksitas dari pengalaman manusia, mempelajari signifikansi dari historisitas dan temporalitas dari pemahaman manusia, mengeksplorasi lingkaran hermeneutik, mengindikasikan beberapa perbedaan krusial antara ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu manusia, menunjukkan latar belakang asumsi yang bekerja dalam semua bentuk pemahaman manusia. Hermeneutika juga mengakui pentingnya pengetahuan sosial dalam melakukan interpretasi.

    ReplyDelete
  27. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Konsep dasar dalam hermeneutika mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk kata-kata sebagai bentuk penyampaian, menjelaskan secara rasional sesuatu yang masih samar agar makna atau maksudnya dapat dipahami dengan jelas dan menerjemahkan suatu bahasa yang asing ke dalam bahasa yang lebih dikuasai. Dengan demikian hermeneutika merupakan sebuah teori dan metode penafsiran pikiran dan penjelasan secara rasional. Hermeneutika juga berperan dalam pembelajaran khususnya sains karena terdapat ilmu hermeneutika yang cocok dengan sains yaitu proses ilmiah.

    ReplyDelete
  28. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Hermeneutika dalam perkuliahan filsafat ilmu sering diistilahkan oleh bapak marsigit dengan bergoyang-goyang. Ketika membicarakan Hermeneutika, maka akan berkaitan erat dengan kegiatan menerjemahkan/diterjemakan sesuatu hal untuk memperoleh makna yang terkandung di baliknya. Istilah dalam bahasa timur dari hermeneutika adalah silaturrahim.

    ReplyDelete
  29. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Hermeneutics as the methodology of interpretation is concerned with problems that arise when dealing with meaningful human actions and the products of such actions, most importantly texts. As a methodological discipline, it offers a toolbox for efficiently treating problems of the interpretation of human actions, texts and other meaningful material.

    ReplyDelete
  30. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Secara etimologis, istilah hermeneutika berasal dari bahasa Yunani hermĂȘneuin yang berarti menafsirkan. Istilah ini merujuk kepada seorang tokoh mitologis dalam mitologi Yunani yang dikenal dengan nama Hermes (Mercurius). Dalam mitologi Yunani Hermes dikenal sebagai dewa yang bertugas menyampaikan pesan-pesan Dewa kepada manusia. Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari mengenai interpretasi makna dalam teks maupun dalam kehidupan ini dengan menggunakan logika dan rasionalitas.

    ReplyDelete
  31. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Jika dirunut lebih lanjut, kata kerja tersebut diambil dari nama Hermes, dewa Pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus (wikipedia).

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Hermeneutika merupakan cabang dari ilmu filsafat yang membahas tentang tafsir atau interpretasi makna yaitu dengan menafsirkan, menerjemahkan, dan memberi pemahaman kepada teks tertentu. Dalam praktiknya, biasanya hermeneutik ini digunakan untuk menerjemahkan kitab termasuk ayat Al-Qur’an.

    Dalam satuharisatuayatalqur’an (2010) menyatakan bahwa:

    Pertama, asumsi ini lahir dari kekecewaan para rohaniawan karena menganggap bahwa kitab mereka tidak otentik lagi. Kemudian, pandangan ini merasuk dalam tubuh kaum muslim.

    Kedua, hermeneutika menganggap setiap teks sebagai produk sejarah, sebagaimana yang terjadi dalam kasus kitab lain, mengingat sejarahnya yang amat problematik.

    Ketiga, praktisi hermeneutika dituntut untuk bersikap skeptis, selalu meragukan kebenaran dari manapun datangnya serta menutup hati dari petunjuk (lihat surat an-Nisa : 155)

    Keempat, hermeneutika menghendaki pelakunya untuk menganut relativisme epistemologis, yaitu anggapan tidak ada tafsir yang mutlak benar, semuanya relative berdasarkan pandangan dan kepentingan masing-masing. Yang benar menurut seseorang, boleh jadi salah menurut orang lain. Kebenaran terikat dan bergantung pada konteks (zaman dan tempat) tertentu.

    Dampak penggunaan metode hermeneutika terhadap pemikiran Islam sudah sangat mencolok seperti di Indonesia. Misalnya, pemikiran tentang kebenaran satu agama, serta tidak boleh adanya truth claim (klaim kebenaran) dari satu agama tertentu. Paham ini disebarkan secara meluas. Demikian juga pada tataran fiqih, semakin gencar disebarkan pemahaman yang mendekonstruksi hukum-hukum fiqih Islam, yang qath'iy, seperti kewajiban jilbab, haramnya muslimah menikah dengan laki-laki non-Muslim, dan sebagainya. Wallahu’alam bi shawab. (https://web.facebook.com/notes/satu-hari-satu-ayat-quran/mengkritisi-hermeneutika-tafsir-quran-islam-tidak-membutuhkan-ilmu-hermeneutika-/396107589650/?_rdr)

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  34. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Hermeneutika merupakan salah satu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna yaitu suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Dalam hermeneutika terdapat dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama. Dan melingkar karena adanya interaksi.

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Para penganut paham ini harus memiliki pola pikir logis dan terstruktur untuk dapat memahami makna-makna dari peristiwa-peristiwa yang terjadi. Walaupun hasil pemikiran hermeneutika ini akan melahirkan pemahaman yang tumpang-tindih, hubungan keilmuan yang dinamis akan sangat berperan untuk menyatukan kembali pemahaman dalam sudut pandang yang bersifat obyektif

    ReplyDelete
  36. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Sehingga dapat diartikan bahwa hermeneutika merupakan proses mengubah sesuatu atau situasi ketidaktahuan menjadi mengerti (misunderstanding to uderstanding). Persoalan utama hermeneutika terletak pada pencarian makna teks, apakah makna obyektif atau makna subyektif. Perbedaan penekanan pencarian makna pada ketiga unsur hermeneutika: penggagas, teks dan pembaca, menjadi titik beda masing-masing hermeneutika. Titik beda itu dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori hermeneutika: 1) Hermeneutika Teoritis, yang menitikberatkan kajiannya pada problem "pemahaman", yakni bagaimana memahami dengan benar, 2) Hermenutika Filosofis, yang menitikberatkan kajiannya pada problem bagaimana "tindakan memahami" itu sendiri, 3) Hermeneutika Kritis yang menempatkan sesuatu yang berada di luar teks sebagai problem hermeneutiknya dan bertujuan untuk mengungkap kepentingan di balik teks.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  37. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Dalam pembelajaran matematika terdapat beberapa tingkatan. Tingkatan yang paling dasar yaitu, matematika konkret (masih menggunakan benda-benda konkret), matematika model konkret, matematika model formal, dan matematika formal (menggunakan simbol-simbol matematika). Seperti halnya ketika siswa mempelajari luas bidang datar, diawali dengan kita melihat benda konkret yang berbentuk bidang datar meliputi persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan lain-lain hingga siswa mampu menginterpretasikannya menjadi simbol-simbol persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  38. Hermeneutics merupakan aliran filsafat yang menggunakan teori interpretasi atau penafsiran. Secara sederhana penafsiran sama halnya dengan terjemah dan menterjemahkan. Lebih sederhana lagi terjemah dan menterjemahkan sama halnya dengan adanya interaksi. Dalam pembelajaran IPA ataupun pembelajaran pada umumnya tentu harus ada interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Adanya interaksi ini salah satunya dapat didukung dengan menggunakan metode inkuiri. Adanya interaksi akan memberikan pengalaman kepada siswa, bagaimana siswa melakukan menemukan permasalahan, mengadakan pengamatan, mengolah dan menyajikan data serta menarik kesimpulan.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Istilah hermeneutika berasal dari kata Yunani; hermencuein,yang artinya diterjemahkan "menafsirkan", kata bendanya: hermeneia artinya "tafsiran". Dalam tradisi Yunani kuno kata hermeneuein dipakai dalam tiga makna, yaitu mengatakan (to say), menjelaskan (to explain), dan menerjemahkan (to translate).Menurut istilah, hermeneutika biasa dipahami sebagai: "the art and science of interpreting especially authoritative writings; mainly in application to sacred scripture, and equivalent to exegesis" (seni dan ilmu menafsirkan khususnya tulisan-tulisan berkewenangan, terutama berkenaan dengan kitab suci dan sama sebanding dengan tafsir). Ada juga yang memahami bahwa hermeneutika merupakan sebuah filsafat yang memusatkan bidang kajiannya pada persoalan "understanding of understanding (pemahaman pada pemahaman)'' terhadap teks, terutama teks Kitab Suci, yang datang dari kurun, waktu, tempat, serta situasi sosial yang asing bagi paia pembacanya

    ReplyDelete
  40. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Pada awalnya hermeneutika hanya diterapkan pada interpretasi, atau penafsiran, kitab suci. Akan tetapi saat ini hermeneutika diartikan sebagai suatu teori dan metodologi interpretasi atau penafsiran dati teks-teks AHermeneutika awalnya diterapkan pada interpretasi, atau penafsiran, kitab suci.lkitab, literatur hikmat, dan teks filsafat. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup tulisan, verbal, dan non-verbal.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Hermeneutika (dalam bahasa Ingris hermeneutics; dalam bahasa Yunani hermeneutine dan hermeneia) yang artinya menafsirkan dan penafsiran. Dalam tradisi Yunani, istilah hermeneutika dikaitkan dengan Hermes (Hermeios), yaitu seorang utusan dewa yang bertugas menterjemahkan pesan dewa kedalam bahasa manusia. Jika dikaitkan dengan matematika, maka hermenitika merupakan proses menterjemahkan dan diterjemahkan mengenai matematika sehingga matematika mudah dipahami. Contoh penerapannya dalam pembelajaran dapat dengan cara mengajarkan peluang melalui contoh nyata pemilihan presiden.

    ReplyDelete
  43. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Jika dirunut lebih lanjut, kata kerja tersebut diambil dari nama Hermes, dewa Pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus. Apabila dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari maka hermenetika adalah upaya terjam dan menterjemahkan perilaku manusia agar tercipta keselarasan.

    ReplyDelete
  44. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Dengan hermeneutika kita belajar terjemah dan menerjemahkan segala sesuatu sehingga kita bisa mengetahui unsur ontologisnya. Kita belajar menafsirkan atau mendapatkan makna. Menerjemahkan serta menafsirkan apa yang ada bisa berarti memahami atau merefleksi apa yang ada lalu direfleksikan pada diri sendiri dihayati dan diambil manfaatnya. Hermeneutika sangat menolong hidup kita. Kita menjadi lebih baik dan bijak InsyaAllah.





    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  45. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Hermeneutika memiliki beberapa tokoh, seiring berkembangnya jaman, hermeneutika juga diperbaiki oleh tokoh-tokoh hermeneutika. Hermeneutika hidup memiliki berbagai bentuk, di antaranya lurus, melingkar, spiral melebar, spiral mengerucut. Setiap dari bentuk tersebut memiliki makna, seperti hermeneutika lururs artinya manusia tidak akan melakukan hal yang sama karena menembus ruang dan waktu, setiap detik yang ia lakukan akan berbeda. Hermeneutika melingkar artinya kehidupan itu berulang saling berhubungan, berbentuk melingkar, seperti guru di lingkaran bagian atas dan peserta didik di lingkaran bagian bawah, berhubungan dan saling membutuhkan.

    ReplyDelete
  46. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dampak penggunaan metode hermeneutika terhadap pemikiran Islam sudah sangat mencolok seperti di Indonesia. Misalnya, pemikiran tentang kebenaran satu agama, serta tidak boleh adanya truth claim (klaim kebenaran) dari satu agama tertentu. Paham ini disebarkan secara meluas. Demikian juga pada tataran fiqih, semakin gencar disebarkan pemahaman yang mendekonstruksi hukum-hukum fiqih Islam, yang qath'iy, seperti kewajiban jilbab, haramnya muslimah menikah dengan laki-laki non-Muslim, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  47. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Hermeneutika sebagai metodologi interpretasi berkaitan dengan masalah yang timbul ketika berhadapan dengan tindakan manusia yang bermakna dan hasil dari tindakan tersebut, yang paling penting teks. Sebagai disiplin metodologis, ia menawarkan cara efisien untuk mengobati masalah penafsiran tindakan manusia, teks dan bahan bermakna lainnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  48. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Kata hermeneutika berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuien yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Kata hermeneutia sendiri diambil dari nama Hermes yang dalam mitologi Yunani adalah dewa pengetahuan yang tugas memberi pemahaman kepada manusia tentang pesan dari para dewa di Olympus.Dalam filsafat hermeneutika dipandang sebagai suatu metode untuk menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala sesuatu untuk menginterpretasi makna.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id