Dec 2, 2012

HEGELIANISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami HEGELIANISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb

Marsigit

47 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Hegelianisme diperkenalkan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel pada abad ke 19 yang berarti gerakan filsafat yang berkembang. Pemikiran ini berpusat pada sejarah dan logika serta mengutamakan realita dari pada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Menurut Hegel, sejarah adalah perkembangan roh dalam waktu, sedangkan alam adalah perkembangan ide dalam ruang. Sistem menyeluruh Hegel dibangun di atas tiga unsur utama (the great triad): Ide, alam, dan roh. Ide dalam dirinya sendiri adalah sesuatu yang terus berkembang, dinamika realitas dari dan yang berdiri dibalik layar- atau sebelum-dunia. Antitesis dari ide yang berada di luar dirinya, yaitu ruang, adalah alam. Alam terus berkembang, setelah mengalami taraf perkembangan kehidupan mineral dan tumbuhan ke dalam diri manusia. Dan dalam diri manusia terdapat kesadaran yang membuat ide menjadi sadar akan dirinya sendiri. Kesadaran diri ini oleh Hegel disebut Roh, sedangkan antitesis ide dan Alam dan perkembangan dari kesadaran ini adalah sejarah.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Dari salah satu link yang diberikan, diketahui bahwa hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Hegelianisme adalah filosofi G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan bahwa "rasional saja adalah nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadic (Entwicklung) di setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan pengalaman, tetapi akan memberikan data pengalaman dengan filosofis, yang merupakan penjelasan akhirnya benar. Jika, misalnya, kita ingin tahu apa kebebasan adalah, kita mengambil konsep di mana kita pertama kali menemukannya aksi tak terkendali, yang tidak merasa perlu untuk menekan setiap pikiran, perasaan, atau kecenderungan untuk bertindak.

    ReplyDelete
  5. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2 P. Matematika A 2016

    Aliran filsafat Hegelianisme bertemakan pada Ide Mutlak. Roh dalam pandangan Hegelianisme adalah sesuatu yang real, kongkret, kekuatan yang objektif, diwujudkan dalam berbagai bentuk sebagai dunia roh yang menempatkan ke dalam objek-objek khusus. Di dalam kesadaran diri, roh itu merupakan esensi manusia. Roh mutlak itu ialah idea yang mengenal dirinya dengan sempurna itu merupakan sintesis dari roh subjektif dan objektif. Sehingga tidak ada lagi pertentangan antara subjek dan objek antara berpikir dan ada.

    ReplyDelete
  6. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Hegelianism adalah salah satu gerakan filsafat, yang dicetuskan oleh G.H.F Hegel.Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika serta mengutamakan realitas daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelianisme mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hegelianisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan.

    ReplyDelete
  7. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Tokoh dari hegelianisme adalah G. W. Hegel. Hegelianisme berpusat pada sejarah dan logika yang mengutamakan realita, seperti teori filsafatnya Hegel dalam menafsirkan spiritual atas sejarah, teorinya mensintesakan science dengan religi dalam kosmologi, berarti sebagai interpretasi spiritual ata sejarah perkembangan realita semesta. Bahwa sejarah itu adalah pikiran Tuhan, dinamika abadi yang merubah dunia dimana secara spiritual adalah realitas.

    ReplyDelete
  8. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  9. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Hegelianisme adalah suatu pandangan filsafat yang mengikuti tokoh dialektisisme yaitu 'Hegel'. Hegel menyatakan bahwa segala sesuatu tidak ada yang bersifat absolut, karena bersifat dialektik. Semisal seorang penguasa harus dipatuhi tanpa alasan apapun, hal tersebut salah adanya karena bersifat memaksa, akan lebih baik jika dipandang secara dialektik (dua arah). Digabungkan antara pemikiran satu dengan yang lain secara dua arah yaitu antara rakyat dan penguasa, sehingga akan menghasilkan penguasa yang dikehendaki oleh rakyat, tanpa harus rakyat terpaksa untuk mematuhi.

    ReplyDelete
  10. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Hegelianisme adalah filsafat yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa "rasional saja adalah nyata" yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Hegelianisme merupakan aliran filsafat yang berakar dari pemikiran G. Hegel, khusunya menyangkut metode dialektika. Hegel merupakan seorang filosof idealis dari Jerman. Ia menyakini bahwa jiwa adalah realitas terakhir. Ia menggunakan dialektika untuk menjelaskan pandangannya. Dialektika merupakan konsep pertentangan menuju kesatuan dimana seluruh proses yang terjadi selalu mengalami pertentangan sebelum akhirnya menuu ke sebuah kesatuan. Hegel berpendapat bahwa tugas seorang filsuf sejarah adalah menemukan rasionalitas sejarah, yakni arti dari tujuan dalam proses sejarah secara keseluruhan serta mencoba untuk menjawab apakah searah lebih dari hanya sekedar rangkaian peristiwa yang berkaitan satu sama lain. Menurut Hegel, hanya ada satu asumsi pokok dalam pendekatan sejarah, yaitu alasan atau tujuannya sehingga sejarah hadir dengan suatu proses rasional. Dengan demikian, aliran hegelianisme juga memiliki pemikiran yang berpusat pada sejarah dan logika. Hegelianisme mengutamakan realita daripada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  13. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Hegelianisme mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Paham ini mengatakan bahwa ruh dunia berkembang menuju pengetahuan yang juga terus berkembang. sejarah adalah kisah tentang ruh dunia yang lambat laun mendekati kesadaran itu sendiri. Meski pudunia itu selalu ada, kebudayaan manusia dan perkembangan manusia telah membuat ruh dunia semakin sadar akan nilainya yang hakiki.

    ReplyDelete
  14. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Hegelianism, Sebutan berbagai aliran pemikiran dalam falsafat yang Berakar pada falsafah Hegel. Segera setelah kematian Hegel, pengikut-pengikutnya terpecah menjadi aliran kiri, aliran tengah dan aliran kanan. Selain karena alasan keagamaan, perpecahan itu juga disebabkan pengaruh di bidang politik. Aliran kanan herpegang pada Asas konservatif yang ada pada falsafah Hegel; sedang aliran kiri menitikberatkan pada sifat revolusioner yang terkandung dalam pemikiran Hegel.

    ReplyDelete
  15. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Hegelianisme dicetuskan oleh seorang filsuf yang berasal dari Jerman sekitar abad ke 19. Filsuf tersebut bernama G. W. F. Hegel, Hegel menyatakan semua realita mampu diekspresikan dalam kategori rasional yang bertujuan untuk mengurangi realita untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  16. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    Pendidikan Matematika C 2013

    Menurut saya, paham hegelianism ini cocok diberlakukan di negara yang menganut paham idealism, karena dalam paham hegelianism ini prinsipnya adalah mendalami segala aspek yang berkaitan dengan sesuatu. Pada negara yang idesalisme nya tinggi, hal ini diperlukan sebagai bahan pertimbangan ketika akan menciptakan suatu kebijakan dalam pemerintahannya. Karena sudah seharusnya kita mempertimbangkan banyak aspek untuk mengembangkan suatu hal yang baru, kita juga harus berpikir dari banyak sudut pandang untuk mengurangi risiko yang tidak baik.

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hegelianisme merupakan penganut dari tokoh Georg Wilhelm Friedrich Hegel dimana hegel sendiri adalah tokoh filsafat dialektika Dapat dikatakan bahwa dialah yang pertama kali memperkenalkan gagasan dalam filsafat, bahwa Sejarah dan hal yang konkret adalah penting untuk bisa keluar dari lingkaran philosophia perennis, yakni masalah-masalah abadi dalam filsafat. Ia juga menekankan pentingnya yang lain dalam proses pencapaian kesadaran diri.

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hegel memandang Realitas bukanlah suatu yang sederhana, melainkan suatu sistem yang rumit. Ia membangun filsafat melalui metafora pertumbuhan biologis dan perubahan perkembangan atau bisa disebut dengan organisme. Pengaruh konsep organisme pada diri Hegel, membuatnya memandang bahwa organisme merupakan model untuk memahami kepribadian manusia, masyarakat, institusi, filsafat dan sejarah. Dalam hal ini organisme dipandang sebagai suatu hirarki, kesatuan yang saling membutuhkan dan masing-masing bagian memiliki peran dalam mempertahankan suatu keseluruhan.

    ReplyDelete
  19. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Hegelianism merupakan filosofi dari G. W. F. Hegel yang menyimpulkan bahwa “rasional adalah nyata. Hal ini menunjukkan bahwa semua realitas mampu diekspresikan secara rasional dengan tujuan untuk mengurangi kesatuan yang lebih sitntesis dalam idelism yang mutlak.

    ReplyDelete
  20. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelianisme adalah filosofi G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa "rasional saja adalah nyata", [1] yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.

    ReplyDelete
  21. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    filsafat Hegelianisme yaitu filsafat dengan tokoh Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Hegelianisme yang memiliki pemikiran bahwa pendekatan dialektik merupakan dasar dari sebuah pergerakan pemikiran dan memandang bahwa perbandingan Hegel mengenai apa yang merupakan rational dan realitas sebagai sebuah perintah untuk memajukan realitas budaya dan politik.

    ReplyDelete
  22. Pemikiran Hegel dalam Filsafat juga menginginspirasi pemikiran politik dimana untuk menuju sebuah negara kesatuan selalu ada pertentangan. Dalam politik, penganut Hegelian cenderung menggunakan konsep pertentangan ini.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Hegelianisme berkembang pada abad ke 19 dan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Pengandaian dasar dialektika Hegel adalah rasionalisme internal, yakni pengertian bahwa keseluruhan kenyataan dipahami sebagai manifestasi ruh, senantiasa terhubung satu sama lain dengan jejaring yang tak terputus. Ketika Hegel berbicara tentang ‘ruh dunia’ atau ‘akal dunia,’ yang dimaksudkannya adalah seluruh perkataan manusia.

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Hegelianisme merupakan pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Hegeliansme pada umumnya meninggalkan dialektika dan membatasi penerapannya hanya pada bidang kesadaran.

    ReplyDelete
  25. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari sallah satu link diatas ddiketahui bahwa Hegelianisme adalah filosofi G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh ucapan bahwa "rasional saja adalah nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak. Paham ini berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Saya kira untuk reality tanpa dialektika seperti berbicara terbatas pada apa yang ada. Sementara realita dalam dialektika akan memetakan realita-realita yang ada menjadi suatu sajian yang menarik yang mengandung nilai etik juga estetiknya.

    ReplyDelete
  26. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    From the links given by Prof, The term is here so construed as to exclude Hegel himself and to include, therefore, only the ensuing Hegelian movements. As such, its thought is focused upon history and logic, a history in which it sees,

    ReplyDelete
  27. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    From the links given by Prof, The term is here so construed as to exclude Hegel himself and to include, therefore, only the ensuing Hegelian movements. As such, its thought is focused upon history and logic, a history in which it sees,

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Hegelianisme ini merupakan pandangan filsafat oleh seorang filsuf yang bernama G. W. F. Hegel. Hegelianisme adalah suatu pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelenisme ini berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Hegelianisme merupakan pandangan dari Hegel yang menjelaskan mengenai dialektik. Dalam paham ini, tidak ada sesuatu yang benar secara mutlak dan absolut di dunia ini karena adanya komunikasi dua arah. Yang ada hanyalah semangat revolusioner dalam pertentangan antar tesis oleh anti tesis menjadi sintesis.

    Sama seperti penjelasan dalam postingan sebelumnya tentang dialektisme bahwa dalam Islam tidak dikenal antitesis sebagai lawan yang harus diciptakan dari tesis. Islam mewajibkan ishlah (perbaikan) atau mengembalikan kepada trek yang benar atau mengembalikan kepada hukum-hukum Allah (al-Haq) jika terjadi kecenderungan manusia menuju al-Batil serta jika terjadi dialektika dikalangan umat, bukan membuat sintesa yang memungkinkan mengakomudir keduanya yang jelas dilarang dalam islam. Tashlih (perbaikan) bukanlah sintesa, tashlih adalah upaya mengembalikan sesuatu perkara kepada tempatnya, kepada hukum-hukumnya yang Haq jika sesuatu cenderung kepada al-Batil. Mensintesa ada tiga kemungkinan, memenangkan, mengalahkan, atau mengakomodir keduanya. Maka mensintesa antara dua perkara yang berkonflik adalah perkara yang terlarang. (https://stoenitself.wordpress.com/2012/06/10/islam-tidak-mengenal-dialektika-hegel/)

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel dapat dikatakan sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan gagasan mengenai sejarah dalam filsafat, dan hal yang konkret penting adalah untuk bisa keluar dari lingkaran philosophia perennis, yakni masalah-masalah abadi dalam filsafat. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena (wikipedia).

    ReplyDelete
  32. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika yang mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.
    https://www.britannica.com/topic/Hegelianism.
    https://id.wikipedia.org/wiki/Hegelianisme

    ReplyDelete
  33. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    #Bismillahirrahmanirrahim
    Perubahan masa ke masa membuat perkembangan pemikiran Hegel, sebagi indikasi berkembangnya sintesis atau ilmu pengetahuan. Terdapat empat tahap pembentukan dari Hegelianisme dari masa ke masa.
    1.Pertama, di sekolah Hegelian di Jerman pada periode tahun 1827-1850. Karena polemik terhadap lawan-lawan pemikirannya
    2.Tahap kedua (1850-1904) di negara-negara lain, muncul gerakan yang bernama neo-hegelianisme yang berpusat kepada logika dan reformasi dialektika.
    3.Tahap ketiga yang disebut sebagai renaisans Hegel dan dicirikan dengan ketertarika terhadap Pitologil, pemikiran yang menjangkau sebuah rekonstruksi dari kejadian menurut pemikiran Hegel yang sarat akan unsur kebudayaan, terutama Pencerahan (Enlightment) dan Romantisme yang menimbukan sikap irasionalistik dan eksistensialist dalam filsafat.
    4.Tahap keempat, setelah periode perang dunia kedua, terjadi pembahuruan dalam ilmu-ilmu marksisme di Eropa menimbulkan sebuah relasi pemikiran antara Hegel dan Karl Marx. Serta mempelajari pemikiran dasar Hegel.

    ReplyDelete
  34. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Dengan mengedepankan rasionalitas, hegel memperkenalkan konsep dimana tidak ada batasan dari kemampuan berpikir manusia. Ia berupaya membuat sebuah formula tunggal yang mampu menyelesaikan segala konsep idealisme pada filsafat. Konsep ini mendorong munculnya pemikiran hegelianisme, atau berbagai konsep filsafat yang dipengaruhi oleh hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  35. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Hegelianisme adalah sebuah paham dalam filsafat yang digagas oleh Hegel. Hegelianisme merupakan sebuah pemikiran ini yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Manusia yang menganut paham ini lebih menonjolkan realita, sesuatu yang terjadi dipikir dengan melihat sudut pandang sejarah. Kemudian, fenomena tersebut disesuaikan dengan menggunakan logika. Sehingga, akan terbentuk sebuah ide-ide mutlak terhadap fenomena yang terjadi.

    ReplyDelete
  36. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadic (Entwicklung) di setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan pengalaman, tetapi akan memberikan data pengalaman dengan filosofis, yang merupakan penjelasan akhirnya benar.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  37. Teori Hegel tentang Dialektika sangat populer. Bahkan Ir. Sukarno mengagumi pemikiran Filsuf ini. Awalnya saya mengira teori Dialektika adalah beraliran marx saja. Namun setelah dijelaskan Bapak Prof. Marsigit, menjadi teranglah bahwa pemikiran Filsuf bisa saja digunakan siapa saja untuk tujuan apa.
    Karena pada masa kritis pemerintahan kita saat itu teori ini digunakan sebagai alat pertentangan antar masyarakat.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  38. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Hegelianisme adalah suatu paham yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita. Paham ini didasarkan pada pandangan Hegel. Ia memandang bahwa segala sesuatu itu memiliki sejarah dan segala perubahan itu bersifat historis. Sejarah dipandangnya sebagai perkembangan roh dalam waktu, sedangkan alam merupakan perkembangan ide dalam ruang. Hegel menyatakan bahwa esensi dari Roh adalah kebebasan, maka kebebasan adalah tujuan dari sejarah. Sejarah baginya merupakan gerak kearah rasionalitas dan kebebasan yang semakin besar.

    ReplyDelete
  39. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Hegelianisme adalah filsafat GWF Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum yang "rasional saja adalah nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.Istilah di sini ditafsirkan untuk mengecualikan Hegel sendiri dan untuk memasukkan, karena itu, hanya gerakan Hegelian berikutnya. Dengan demikian
    hegelianisme merupakan filsafat yang diajukan oleh GWF Hegel bahwa pikiran difokuskan pada sejarah dan logika, sejarah di mana kita dalam berbagai perspektif, bahwa "rasional adalah nyata" dan logika memandang bahwa "kebenaran adalah Menyeluruh."

    ReplyDelete
  40. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Berdasakan link di atas menjelaskan bahwa hegelianisme merupakan aliran pemikiran dalam falsafat yang bersumber pada falsafah Hegel. Setelah kematian Hegel, para pengikutnya terpecah menjadi aliran kiri dan aliran kanan. Aliran kanan herpegang pada asas konservatif yang ada pada falsafah Hegel sedangkan aliran kiri menitikberatkan pada sifat revolusioner yang terkandung dalam pemikiran Hegel.

    ReplyDelete
  41. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Terdapat empat tahap pembentukan dari Hegelianisme. Pertama, terjadi di salah satu sekolah Hegelian di Jerman pada periode tahun 1827-1850. Tahap kedua (1850-1904) Hegelianisme tersebar di negara-negara lain, munculah gerakan yang bernama neo-hegelianisme yang berpusat kepada logika dan reformasi dialektika. Tahap ketiga yang disebut sebagai renaisans Hegel dan dicirikan dengan ketertarika terhadap Pitologil dari terbitan catatan-catatan dan dari penelitian sejarah, pemikiran ini menjangkau sebuah rekonstruksi dari kejadia menurut pemikiran Hegel yang sarat akan unsur kebudayaan, terutama Pencerahan (Enlightment) dan Romantisme yang menimbukan sikap irasionalistik dan eksistensialist dalam filsafat. Dalam tahap keempat, setelah periode perang dunia kedua, pembahuruan dalam ilmu-ilmu marksisme di Eropa menimbulkan sebuah relasi pemikiran antara Hegel dan Karl Marx dan tentang nilai-nilai dari ide Hegel yang mempengaruhi Marksisme yang secara khusus berpusat kepada masalah-masalah sosial dan politik.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  42. Berdasakan artkel tersebut menjelaskan bahwa hegelianisme merupakan aliran pemikiran dalam falsafat yang bersumber pada falsafah Hegel. akan tetapi setelah kematian Hegel, aliran Hegel terpecah menjadi dua yaitu aliran kiri dan aliran kanan. Aliran kanan herpegang pada asas konservatif yang ada pada falsafah Hegel sedangkan aliran kiri menitikberatkan pada sifat revolusioner yang terkandung dalam pemikiran Hegel.

    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  43. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Dalam paham hegelianisme, beberapa hegelian melukiskan kenyataan sebagai dialektika ruh dan mengabstraksi segala sesuatu menjadi sebuah sistem abstrak yang meremehkan manusia konkret atau individu. Yang merupakan kenyataan adalah ide abstrak atau Roh, dan bukan pengalaman manusia individual. Dalam sistem abstrak tersebut bahkan kesadaran manusia konkret hanyalah sebuah momen dalam dialektika Roh. Bukan manusia yang sadar diri, melainkan Roh menyadari dirinya dalam manusia konkret itu.

    ReplyDelete
  44. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Hegelian beranggapan bahwa manusia konkret hanyalah alat bagi Roh itu. Oleh karena itu, Hegel memandang tinggi idea-idea yang semakin bersifat kolektif, sebab semakin objektif sebuah idea semakin benar dan semakin reallah idea itu. Yang makin benar adalah "kita","ras", "zaman kita", "Roh dunia", dan bukan "aku" atau "pikiranku".

    ReplyDelete
  45. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelianisme merupakan merupakan reaksi atas materialisme dan positifisme yang tidak memberikan ruang metafisis bagi doktrin agama

    ReplyDelete
  46. Hegelianism adalah filosofi oleh G.W.F. Hegel yang dapat diringkas oleh diktum yang "rasional sendiri nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu dinyatakan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas kesatuan lebih sintetis dalam sistem mutlak idealisme. Setelah kematian Hegel, aliran Hegel terpecah menjadi dua yaitu aliran kiri dan aliran kanan. Aliran kanan berpegang pada asas konservatif yang ada pada falsafah Hegel sedangkan aliran kiri menitikberatkan pada sifat revolusioner yang terkandung dalam pemikiran Hegel.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  47. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Helegianisme merupakan salah satu filsafat yang diberi nama sesuai dengan nama tokoh filsafatnya. Hegelianisme berasal dari kata Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id