Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

48 comments:

  1. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Salah satu tokoh hedodism adalah Aristoppus. Menurutnya kesenangan atau kebahagiaan bersifat badani yaitu pada gerak dalam badan yaitu ada tiga kemungkinan. Pertama gerak kasar, yang menyebabkan ketidaksenangan seperti rasa sakit, kedua gerak halus, yang membuat kesenangan dan ketiga adalah tiada gerak, yaitu sebuah keadaan netral seperti kondisi saat tidur. Kesenangan yang terjadi adalah masa kini dan disini bukan masa lalu dan masa depan. Karena kesengann masa lalu sudah pergi dan kesenangan masa depan belum jelas atau tidak ada yang mengetahui. Menurut arittopus kesenangan memiliki batasan yaitu pengendalian diri. Pengendalian diri yang dimaksud adalah tidak berlebihan atau rakus. Misalnya saat makan kesengangan terjadi bukan saat kita makan dan minum sebanyak-banyaknya tetapi lebih kepada control dan pengendalian diri agar tidak rakus.

    ReplyDelete
  2. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb


    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Orang-orang dengan gaya hidup hedonisme biasanya mereka suka menghambur-hamburkan uangnya dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa senang. Yang penting senang itulah semboyangnya. Orang-orang dengan gaya hidup seperti ini biasanya juga sangat memperhatikan gengsi. Mereka akan malu jika baju mereka kalah merek dengan baju merek temannya.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Bentham (1748-1832) berpendapat bahwa kebahagiaan adalah kebaikan dan kebahagiaan itu menyenangkan dan tidak adanya rasa sakit. Sehingga ia menempatkanya kebahagiaan pada yang tertinggi. Paham Hedonisme berpendirian bahwa kenikmatan pribadi merupakan nilai hidup tertinggi dan tujuan utama serta terakhir dalam hidup manusia. Penyempitan arti dari hedonisme tak terpisahkan dari sikap konsumerisme yang merupakan sikap hidup yang lebih mau menikmati daripada menahan, lebih suka membeli daripada membuat sendiri, lebih suka mendapat daripada memberi.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Pandangan hidup ini mengajarkan pada pengikutnya atau mereka yang siap mengikutinya bahwa pemujaan terhadap kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar, dan itulah tujuan hidup yang paling hakiki bagi manusia.

    ReplyDelete
  5. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Hedonisme merupakan jebakan hidup yang saat ini sedang mewabah, bahkan tanpa kita sadari bahwa kita merupakan salah satu pelakunya. Hedonisme ini cukup berbahaya, orang-orang yang memiliki pandangan ini menganggap bahwa tujuan hidup mereka hanya untuk bersenang-senang. Dalam hal ini, material memiliki peran penting sebagai sumber utama kebahagiaan manusia. Salah-salah, hedonisme tidak lagi menjadi sebuah pandangan namun menjadi gaya hidup manusia. Na’udzubillah.

    ReplyDelete
  6. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dalam bahasa Yunani kata untuk kenikmatan adalah hedone, dari kata itu terbentuklah istilah “hedonism”. Sebagai ajaran etis, hedonism berpendirian bahwa kenikmatan, khususnya kenimatan pribadi, merupakan nilai hidup tertinggi dan tujuan utama serta terakhir hidup manusia. Secara umum kenikmatan tidak dapat dijadikan nilai etis yang paling tinggi dan dijadikan dasar pendirian untuk menilai baik-buruknya hal, perkara, perbuatan. Sebab kenikmatan itu bermacam-macam tingkat dan bentuknya dan bersifat subjektif, berbeda untuk masing-masing orsng dan relatif, menurut orang perorangan yang merasakan. Kenikmatan makin tak dapat dijadikan cita-cita dan kriteria etis bila dipersempit menjadi kenikmatan indriawi, sensual karena manusia makhluk rohani, dan perbuatan etis manusia justru berpangkal pada sifat rohaninya itu. Itulah kelemahan hedonism. Adapun kelemahan itu masih diperbesar karena dalam praktek hedonism diikuti oleh konsumerisme, sikap yang hanya mau mengkonsumsi yang berat sebelah itu.

    ReplyDelete
  7. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016


    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia Wikipedia Indonesia ( id.wikipedia.org ). jadi hedonisme berorientasi pada kesenangan dunia. segala macam cara akan dilakukan untuk memuaskan hasrat kesenangan akan dunia. Faham ini sebagian besar dipakai oleh kaum sekuler yang berhubungan erat dengan kapitalisme,materialisme dan liberalisme.



    ReplyDelete
  8. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Hedonisme berasal dari kata dasar 'hedone' yang artinya adalah kesenangan. Hedonisme adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan bahwa tujuan dan kegiatan dari manusia hidup adalah untuk kesenangan. Kesenangan tidak hanya kesenangan jasmani dalam bentuk material saja, namun juga kesenangan rohani. Misalnya dengan memiliki banyak sahabata maka hidup akan menyenangkan secara batin. Kesenangan yang dimaksud adalah tidak secara berlebihan, menurut Rasulullah SAW segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, selain itu jika kesenangan didapat secara berlebihan justru akan terasa tidak nikmat. Orang yang mencari kesenangan secara berlebihan cenderung menjadi 'hedon', boros dalam belanja barang yang tidak penting misalnya. Oleh karena itu perlu suatu pengendalian dalam meraih kesenangan dalam hidup.

    ReplyDelete
  9. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Hedonism adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan hidup bahwa orang-orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut pandangan hedonism, kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Dalam mencapai kebahagian tersebut, gaya hidupnya serba glamour, mewah, lux, dll. Seorang hedonis akan cenderung mengutamakan materi dan memandang dunia adalah segalanya, sedangkan akhirat hanyalah impian kosong yang menjadi racun kenikmatan dunia. Segala yang dimiliki akan dikorbankan demi nafsu yang terus menggelora. Inilah fenomena yang saat ini sangat menjamur.

    ReplyDelete
  10. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Hedonisme berisi pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup sebaik-baiknya. Penganut paham ini menjalani hidup dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Hedonisme menganggap orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Istilah "hedonisme ( kesenangan) mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dalam cara yang kita lakukan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk menggambarkan. Klaim bahwa kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal yang penting utamanya adalah apa yang membuat hedonisme khas dan filosofis yang menarik.

    ReplyDelete
  12. 366. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Filsafat Hedonis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik untuk satu hidup itu). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya sakit secara intrinsik tidak berharga. Hedonis biasanya menentukan kenikmatan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan. Dengan kenikmatan dan rasa sakit sehingga didefinisikan, hedonisme sebagai teori tentang apa yang berharga bagi kita secara intuitif menarik. Memang, daya tariknya ini dibuktikan oleh fakta bahwa hampir semua perawatan historis dan kontemporer kesejahteraan mengalokasikan setidaknya beberapa ruang untuk diskusi hedonisme. Sayangnya untuk hedonisme, diskusi jarang mendukung itu dan beberapa bahkan menyesalkan fokus pada kesenangan.

    ReplyDelete
  13. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani hēdonismos dari akar kata hēdonē, artinya "kesenangan". Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri.
    Menurut sumber yang saya baca, Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  14. Sehingga, menurut saya paham hedonism adalah suatu paham yang mengajak manusia untuk selalu berbuat baik dengan tidak merugikan orang lain. Kebahagiaan itu tidak ternilai harganya, karena itu semampu mungkin kalau bisa manusia harus selalu berusaha menuju kebahagiaan. Dan dalam paham ini, berbuat menyakiti orang lain adalah sesuatu yang tidak ada harganya sama sekali, sedangkan yang ada harganya adalah suatu kesenangan atau kebahagiaan sendiri tanpa menyakiti orang lain.

    ReplyDelete
  15. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat “apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?” Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah pandangan yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan. Dengan demikian, para hedonisme adalah orang-orang yang menghindarkan penderitaan dan boleh jadi adalah orang yang mencapai kesenangan meskipun membuat orang lain menderita. Perilaku hedonisme inilah yang sebenarnya banyak dipegang secara sengaja atau tidak oleh manusia zaman sekarang. Kesenangan (pleasure) dianggap oleh filsuf Aristoteles sebagai pandangan yang menjadikan manusia sebagai budak dari keinginan-keinginannya. Manusia seperti ini akan merasa nyaman apabila memakai pakaian bagus dan mahal. Ia akan bahagia jika memiliki mobil baru dan mempunyai rumah mewah. Kehidupan seperti ini dikritik sebagai kehidupan yang semu. Bagi orang-orang hedonis, mereka hidup untuk mencari kenikmatan, bukan untuk menikmati hidup.

    ReplyDelete
  16. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  17. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Hedonisme berasal dari kata dasar 'hedone' yang artinya adalah kesenangan. Istilah "hedonisme ( kesenangan) mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dalam cara yang kita lakukan. Hedonisme menganggap orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat

    ReplyDelete
  18. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Hedonisme menurut anggapan umum identik dengan hidup enak dan foya-foya tanpa mempedulikan lagi akibat-akibat, termasuk bencana, pada masa depan. Hedonisme dalam pengertian ini akan mengancam masa depan umat manusia dan lingkungannya. Hedonisme menggejala sebagai sikap hidup yang memuja kenikmatan dan kebahagiaan dari sisi materi saja. Kenikmatan selalu dipandang sebagai sesuatu yang sifatnya jasmaniah saja. Nilai jasmaniah sebagai nilai utama.

    ReplyDelete
  19. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Sikap hedonistik yang identik dengan hidup enak tersebut berpangkal pada tidak adanya kepastian, dimana kenyataan bisa berbalik setiap saat secara tiba-tiba. Oleh karenanya orang beranggapan bahwa hari ini adalah segala-galanya. Jika besok penguasa berganti maka kesempatan akan hilang, dan jika besok dunia musnah karena perang nuklir maka berakhirlah kenikmatan duniawi. Hedonisme diperkirakan disebabkan karena rasa terancam, yang kemudian berbalik menjadi ancaman. Sikap hidup hedonistik mengandung nilai-nilai yang selain buruk juga bersifat destruktif. Contohnya, individualisme menggejala semakin radikal, juga ambisi merebut peluang untuk memperoleh keuntungan materi yang sebesar-besarnya. Dalam skala besar, hedonisme melahirkan suasana kompetitif yang keras dan persaingan tidak sehat. Kenyataan tersebut telah menyimpang jauh dari pemahaman kenikmatan yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  20. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia.Lalu Aristippos dari Kyrene(433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan.

    ReplyDelete
  21. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Aliran Hedonisme adalah aliran yang menyatakan bahwa ukuran baik buruk ialah sejauh mana suatu perbuatan mendatangkan kenikmatan (hedone) bagi manusia.Jadi aliran ini berpendapat semakin mendatangkan kenikmatan maka suatu perbuatan tersebut semakin baik,demikian sebaliknya....

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Hedonism is the philosophy that pleasure is the most important pursuit of mankind, and the only thing that is good for an individual. Hedonists, therefore, strive to maximise their total pleasure (the net of any pleasure less any pain or suffering). They believe that pleasure is the only good in life, and pain is the only evil, and our life's goal should be to maximize pleasure and minimize pain.

    ReplyDelete
  23. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari link diatas dikatakan bahwa Istilah "hedonisme," dari kata ἡδονή Yunani (Hedone) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dalam cara yang kita lakukan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk digambarkan. Hedonisme menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Saya kira prilaku hedonism tidak disadari sudah menggerogoti saudara-saudara kita yang sebenarnya paham ini sangat bertentangan dengan budaya dan ideology agama kita. Maka kita harus peka terhadapnya

    ReplyDelete
  24. Hedonisme bisa melanda siapa saja, termasuk diri kita sendiri. Sebenar-benar fenomena adalah dari diri sendiri. Mengejar kesenangan dunia adalah salah satu sifat manusia. Sehingga tidak heran teori ini ada karena sumbernya dari sifat manusia sendiri.
    Dalam sejarah politik tradisional maupun modern.
    Kejatuhan sebuah rezim dan pemerintahan salah satu disebabkan oleh Hedonisme. Namun, banyak juga yang menggunakan teori ini untuk mencapai kesenangan hidup di dunia.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  25. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan menjadi bahagia dengan mencari kesenangan sebanyak mungkin dan berusaha menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Perilaku hedonis ini dapat dikarenakan sifat dasar manusia yang selalu tidak puas dan menginginkan hidup senang terus-menerus. Contoh perilaku hedonis ini ialah selalu berbelanja barang mewah, selalu kecanduan bermain game, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya

    ReplyDelete
  26. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Hedonisme adalah paham sebuah aliran filsafat yang berasal dari Yunani yang bertujuan untuk menghindari kesengsaraan dan menikmati kebahagiaan sebanyak mungkin dalam kehidupan di dunia. Kala itu, hedonisme masih mempunyai arti positif. Dalam perkembangannya, penganut paham ini mencari kebahagiaan berefek panjang tanpa disertai penderitaan. Mereka menjalani berbagai praktik asketis, seperti puasa, hidup miskin, bahkan menjadi pertapa agar mendapat kebahagiaan sejati. Namun waktu kekaisaran Romawi menguasai seluruh Eropa dan Afrika, paham ini mengalami pergeseran ke arah negatif dalam semboyan baru hedonisme. Semboyan baru itu: carpe diem (raihlah kenikmatan sebanyak mungkin selagi kamu hidup).

    ReplyDelete
  27. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Hedonisme berangkat dari pendirian bahwa menurut kodratnya manusia mengusahakan kenikmatan atau kesenangan. Dalam kehidupan sehari-hari mereka beranggapan bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari perasaan-perasaan menyenangkan sebanyak mungkin dan sebisa mungkin menghindari perasaan-perasaan yang tidak enak. Hedonisme mau mencapai kebahagiaan dengan cara mencari nikmat sebanyak-banyaknya. Dengan sifat yang hedonisme ini maka manusia tidak akan pernah puas karena ini menjadi tujuan hidup mereka dan juga lebih mementingkan diri sendri demi mengejar kenikmatan tersebut.

    ReplyDelete
  28. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Hedonime adalah paham yang mengunggulkan kesenangan yang berlebih-lebihan. Ini adalah sebuah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Sesungguhnya tujuan dari kehidupan ini adalah akhirat dan kita hidup didunia untuk mencari bekal amal kebaikan untuk kebaikan dan kebahagiaan di akhirat.

    ReplyDelete
  29. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Tanpa kita sadari atau tidak aliran ini telah mewabah dalam kehidupan. Aliran yang menganggap bahwa hidup di dunia ini bertujuan untuk bersenang-senang, sehingga membuat kita terserat dengan kehidupan yang kita jalani. Karena materi merupakan hal paling penting yang menjadi tolak ukur kebahagiaan.

    ReplyDelete
  30. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Hedonisme merupakan sebuah paham untuk mendapatkan kebahagiaan yang sebanyak-banyaknya dengan melakukan hal apapun yang terkadang dapat bertentangan dengan norma agama maupun norma masyarakat. Paham ini tumbuh subur dalam masyarakat kapitalisme seperti sekarang, karena kapitalisme menganggap bahwa kebebasan dalam bertindak dan bertingkah laku telah menjadi perbuatan yang sah. Ini adalah salah satu paham yang harus dicegah dalam diri seorang muslim. Kebahagiaan itu memang sah untuk dicapai oleh seorang manusia, namun yang patut diperhatikan adalah cara yang ingin diperoleh pun harus berdasarkan aturan Allah SWT. Islam pun sudah memberi kabar bahwa kebahagian seorang mukmin adalah ketika keridho’an Allah menjadi tujuan kebahagiaan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  31. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    The term "hedonism," from the Greek word ἡδονή (hēdonē) for pleasure, refers to several related theories about what is good for us, how we should behave, and what motivates us to behave in the way that we do. types of hedonisme, they are: Folk Hedonism, Value Hedonism and Prudential Hedonism, Motivational Hedonism, Normative Hedonism, Hedonistic Egoism, and Hedonistic Utilitarianism

    ReplyDelete
  32. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Filosofis hedonis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, dan terutama kesejahteraan. Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya sakit secara intrinsik tidak berharga. Jika teori hedonistik diidentifikasi kenikmatan dan rasa sakit hanya sebagai dua unsur penting, bukan hanya elemen penting dari apa yang mereka menggambarkan, maka mereka tidak akan hampir sama populer karena mereka semua. Hedonisme sebagai teori tentang apa yang berharga bagi kita secara intuitif menarik.

    ReplyDelete
  33. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Hedonisme adalah suatu paham yang menyamakan kebaikan dengan kesenangan atau kenikmatan. Paham ini memandang baik segala sesuatu yang dapat memuaskan keinginan manusia dan meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Menurut paham ini, orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari kesengsaraan dan perasaan-perasaan yang menyakitkan dalam kehidupannya di dunia ini. Bagi penganut paham ini, pemujaan terhadap kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar dan itulah tujuan hidup yang paling hakiki bagi manusia

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Para penganut paham ini beranggapan bahwa hidup ini hanya sekali atau YOLO (You Olny Live Once), sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup sepuasnya. Bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Pandangan mereka terangkum dalam pandangan Epikuris yang menyatakan,"Bergembiralah engkau hari ini, puaskanlah nafsumu, karena besok engkau akan mati".

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat "apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?". Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos dari Kyrene (433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencari sesuatu yang lain lagi. Pandangan tentang hedonisme ini kemudian dilanjutkan seorang filsuf Yunani lain bernama Epikuros (341-270 SM). Menurutnya, tindakan manusia mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Meskipun demikian, hedonisme Epikurean lebih luas karena tidak hanya mencakup kesenangan badani saja—seperti Kaum Aristippos--, melainkan kesenangan rohani juga, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan. Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya sakit secara intrinsik tidak berharga.

    ReplyDelete
  36. Hedonisme melahirkan sistem pemerintahan yang anarkhi. Demokrasi adalah kemasan luar sementara hedonisme adalah sifat sesungguhnya penguasa, maka akan muncul anarkhi dalam kemasan demokrasi. Sejarah membuktikan berapa banyak negara yang mengaku sebagai negara demokrasi namun sebenarnya adalah anarkhi kesewenang-wenangan penguasa karena kesenangan kelompok dan kroni lebih diutamakan.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  37. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Ketika filsuf membahas hedonisme, mereka kemungkinan besar akan mengacu pada hedonisme tentang nilai, dan terutama sedikit lebih kepada spesifik teori hedonisme tentang kesejahteraan. Hedonisme sebagai teori tentang nilai (Nilai hedonisme) menyatakan bahwa semua dan hanya kenikmatan adalah pada hakekatnya berharga (bernilai) dan semua dan hanya rasa sakit adalah pada haekaktnya tidak berharga (tidak bernilai). Hedonis biasanya menentukan kenikmatan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan. Dengan demikian, yang dianggap menyebabkan kesenangan dan rasa sakit, misalnya mendengar tentang kematian orang yang dicintai keduanya dianggap menyebabkan rasa sakit. Dengan kenikmatan dan rasa sakit sehingga didefinisikan, hedonisme sebagai teori tentang apa yang berharga bagi kita.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  38. pemahaman sy tentang hedonisme ialah bermakna, kesenangan merupakan satu-satunya manfaat atau kebaikan. Dengan demikian hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah doktrin (filsafat etika) yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan dan menghindar dari segala penderitaan.

    M Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  39. 16701251016
    PEP B S2

    Memandang dunia adalah tujuan hidup adalah paham hedonisme. Pemahaman yang mendasari golingan ini adalah selalu mengumpulkan kesenangan, hidup berorientasi terhadap material. Yang mana dalan masanya tidak terlepas dari ruang yang lalu, sekarang, hibgga esok adalah selalu hanya untuk mengejar kesenangan duniawi. Pada kenyataannya hedon dipandang sebagai orang yang memaknai hidup namun sebenarnya tidak bermakna, lebih venderung pola hidup bosors dan menghambur hamburkan uang. Dilihat dari kacamata spiritual maka seharusnya orang mencari dan menggapai dunia hanyalah sebagai sarana untuk menggapai akhirat sebagaimana kekal kehidupannya. Bukan malah mengesampingan, sehingga melampaui batasan batasan yang ada. Bahwasanya orang yang melampaui batas adalah tidak baik

    ReplyDelete
  40. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hedonisme memiliki arti "pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama hidup. Anggapan awal paham ini adalah manusia selalu mengejar kesenangan hidupnya, baik jasmani ataupun rohani. Pencetus paham ini adalah Aristipos dan Epikuros. Mereka melihat bahwa manusia melakukan setiap aktivitas -pasti- untuk mencari kesenangan dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  41. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Apabila dipahami secara mendalam, ada beberapa kelemahan dari Hedonisme ini, pertama anggapan bahwa setiap aktivitas manusia adalah untuk mencari kesenangan pribadinya. Tapi apakah benar hal tersebut adalah tabiat manusia yang memotivasi setiap tingkah laku kita? Jawabannya adalah, tidak! Contohnya orang tua kita, mereka bekerja untuk mencari uang, tetapi setelah mendapat penghasilan uangnya malah diberikan pada kita. Seandainya mereka melakukan hal tersebut untuk kesenangan pribadinya (seperti yang menjadi konsepsi dasar Hedonisme) mereka tidak akan memberikan uang hasil usahanya kepada kita. Malahan mungkin saja akan bersenang-senang untuk mereka sendiri dan tidak ada sepeser pun uang tersebut untuk kesenangan kita.

    ReplyDelete
  42. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Hedonisme memandang bahwa sesuatu yang baik adalah sesuatu yang kita senangi dan yang buruk adalah sesuatu yang tidak kita senangi. Namun baik-buruk, terpuji-tercela bergantung kepada selera atau perasaan individu. Selera tiap individu pastilah berbeda, hal ini akan menimbulkan pandangan subjektif terhadap baik dan buruk, efek dari perbedaan standar ini adalah benturan keinginan tiap individu yang akan menghasilkan konflik antar individu.

    ReplyDelete
  43. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Hedonisme berkaitan dengan keduniaan.Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian.Sebagai umat beragama, haruslah menyadari bahwa dunia adalah sementara.Kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu.Hedonisme berdampak menjadikan seseorang individualistis, konsumtif dan materialistis.

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  44. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Hedonism memiliki pandangan hidup bahwa orang-orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya.

    ReplyDelete
  45. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Hedonisme dalam bahasa Yunani, hedone berarti kegembiraan, kesenangan, atau kenikmatan. Secara sederhana, pengertian hedonisme adalah paham atau etika yang diwujudkan dengan gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan utama dalam hidup. Menurut penganut hedonisme, suatu perbuatan disebut baik sejauh menyebabkan kesenangan, memberi kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan. Saat segala kebutuhan tidak terpenuhi, akan mengalami ketegangan dan penderitaan. Jadi, kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan bagi para penganut hedonisme menduduki posisi tertinggi dalam hidup mereka. sebagi manusia sudah menjadi keinginan naluriah untuk menggapai kesenangan di dunia, namun kita harus juga mengingat posisi kita sebagai seorang hamba yang bertugas untuk senantiasa beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  46. Hedonisme adalah paham atau etika yang diwujudkan dengan gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan utama dalam hidup. Hal ini sesuai dengan falsafah etika hedonisme yang berpandangan, bahwa kenikmatan atau kesenangan adalah realitas hidup yang tidak perlu dihindarkan dan setiap orang suka merasakan kesenangan atau kenikmatan. Orientasi hidup selalu diarahkan ke sana dengan sebisa mungkin menghindari perasaan-perasaan yang tidak enak atau menyakitkan.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  47. Hedonism bersal dari kata yunani yang berarti kesenangan,sesuatu yang baik bagi kita dan memotivasi kita untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan dengan cara kita sendiri. Menurut pemahaman saya, hedonism merupakan paham yang mungkin bisa di terima oleh masyarakat, karena paham ini menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan adalah hal yang sangat penting. Paham ini hanya menerima sesuatu yang bersifat kesenangan dan kenikmatan. Namun, mereka Cuma mengacu pada rasa kesenangan saja karena menurut sebagian orang kesenanganlah yang bisa membuat mereka hidup lebih lama sehingga mereka suka berfoya-foya. Ini sangat tidak wajar dan sangat bertolak belakang dengan agama Islam, karena agama Islam tidak membenarkan menghambur-hamburkan uang dan terlalu bersenang-senang.

    M Saufi Rahman
    PEP KElas A
    16701261024

    ReplyDelete
  48. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah pandangan yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan. Dengan demikian, para hedonisme adalah orang-orang yang menghindarkan penderitaan dan boleh jadi adalah orang yang mencapai kesenangan meskipun membuat orang lain menderita.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id