Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





47 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Kapitalisme asalnya dari kata kapital, yang berarti modal. Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana sektor industri perdagangan, dan alat-alat produksi dikontrol oleh pihak privat atau sektor swasta dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebsar-besarnya. Kapitalisme secara global merupakan tingkat tinggi dimana suatu negara menjadi serakah untuk mengalahkan berbagai musuhnya, menindas dan mendominasi kekayaan dunia. kegiatan ekonomi yang dilakukannya bukan untuk memperkaya, mensejahterakan rakyat tetapi segelintir orang yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Dapat dimaknai juga sebagai sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi baang, manjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya.
    Kapitalisme sering menjadi perdebatan keras antara kaum pro dan kontra. Dalam dunia Islam kapitalisme merupakan paham yang dihindari. Paham ini merupakan paham individual yang arogan, tanpa ada kompromi antara tiap umat.

    ReplyDelete
  4. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Capitalism merupakan isu sentral yang sedang mewabah di dunia saat ini. Capitaism sendiri memiliki berbagai definisi dari berbagai sumber. Menurut saya definisi capitalism yang paling sesuai yakni; suatu sistem sosial yang berbasiskan pada pengakuan atas hak-hak individu termasuk hak milik dimana semua kepemilikan adalah milik privat atau pribadi.

    Adam Smith dan david Ricardo adalah tokoh doktrin yang menyatakan bahwa kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan dengan memberi kebebasan mereka untuk mencapai kepentingannya sendiri. Kapitalisme tentu memiliki sisi positif dan negatif. Sisi negatif yang semoga terhindar yakni k”keserakahan” manusia menguasai hingga hilang kepedulian terhadap manusia lain.

    ReplyDelete
  5. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Imperialism merupakan lanjutan dari tahap kapitalisme, yang membutuhkan monopoli dan ekspor modal keuangan untuk mempertahankan kolonialisme. Sedangkan contoh nyata yang terjadi di tanah Air adalah PT.Freeport di Papua yang dikuasai pihak asing. Sehingga, salah satu investasi terbesar di Indonesia tidaklah dikelola tuan rumah. Bahkan , budaya-budaya Indonesia juga mulai dilirik, dipelajari, dikuasai hingga direbut oleh bangsa lain. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus harus mulai menyadari bahaya Imperialisme ini yang mungkin akan menjadi akar terjajahnya Indonesia kembali. Kita harus mulai menanamkan jiwa Nasionalisme dalam diri dan mulai perubahan sejak sekarang

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Kapitalisme yang adalah pandangan mengenai perekonomian di dunia. Negara penganut kapitalisme berpegang teguh bahwa penguasa perekonomian negara adalah pihak swasta. Hal ini dilakukan agar warga negara menjadi mandiri dan semangat dalam bersaing terutama dalam ranah perekonomian. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya jika pemerintah tidak ikut andil dalam perekonomian negara, karena jika ada warga yang kemampuan bersaingnya rendah justru akan terdepak dari suatu persaingan tanpa ada yang merasa iba. Sederhananya, yang kaya bisa menjadi sangat kaya, dan yang miskin dan tidak bisa survive dengan keadaan justru semakin miskin.

    ReplyDelete
  7. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Kapitalisme merupakan sebuah sistem perekonomian yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan pada asas pengembangan peran kapita (modal). Penganut paham ini meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi untuk mendapatkan kepentingan-kepentingan pribadi. Paham ini melihat keuntungan (kapital) sebagai fokus utama kegiatannya. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete
  8. Budi Yanto
    1709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Kapitalisme diartikan sebagai kebebasan atas hak-hak individua tau dengan kata lain setiap individu memiliki hak dalam setiap sistem ekonomi dimana alat-alat produksi dan distribusi serta pengembaannya menjadi hak milik pribadi atau swasta tanpa adanya campur tangan pemerintah. Dapaun dampak dari kapitalisme adalah penjajahan dan ekspoitasi negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, egoistik, mementingkan urusan dan hak pribadi, perampasan tenaga productif atau gaji rendah, sistem riba, KKN, meningkatkan kesenjangan social atau terkotak-kotak berdasarkan status social dan ekonomi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  9. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P.Matematika/A/2016

    Kapitalisme tidak memandang Humanisme. Prinsip dasar kapitalisme adalah "optimum profit minimum cost". Segala sesuatu yang akan mendatangkan keuntungan akan dilakukan, meskipun ada nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai lain yang dilanggar. Paham ini berkaitan erat dengan materialisme, liberalisme dan hedonisme. Kesemuanya saling mendukung dan melengkapi. Paham yang berseberangan dengan paham kapitalisme,materialisme, liberalisme dan hedonisme adalah sosialisme, marxisme dan komunisme, yang ketiganya berorientasi pada persamaan hak atas ekonomi. Dan paham ini berkembang di Russia, korea utara dan China. Meskipun saat ini mungkin hanya korea utara yang masih murni menggunakan paham komunisme dan sosialisme dalam kebijakan ekonominya.

    ReplyDelete
  10. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Paham kapitalisme merupakan suatu aliran yang menekankan sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu dimana sebuah sistem perekonomian memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Dalam hal ini dapat berupa memproduksi barang, menjual barang, menyalurkan barang dan lain sebagainya. Keadaan ini membuat setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya dan pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Berdasarkan prinsip ini pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang dibagikan di atas, Imperialisme adalah tahap tertinggi dari kapitalisme, oleh Vladimir Lenin yang menjelaskan fungsi dari modal dalam menghasilkan laba dari penjajahan imperialis, sebagai tahap akhir dari perkembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Esai adalah sintesis dari modifikasi dan perkembangan dari teori ekonomi Lenin dirumuskan dalam Das Kapital.

    ReplyDelete
  12. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan belaka. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi.
    Istilah kapitalisme, dalam arti modern, sering dikaitkan dengan Karl Marx. Dalam magnum opus Das Kapital, Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Namun, sementara Marx jarang menggunakan istilah “kapitalisme”, namun digunakan dua kali dalam interpretasi karyanya yang lebih politik, terutama ditulis oleh kolaborator Friedrich Engels.

    ReplyDelete
  13. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Kapitalisme (Kapital) adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Pandangan ini dilihat dari ranah perekonomian. Oleh karena itu, pemerintah harus adil dalam mengatur perekonomian negara sehingga tidak terjadi perpincangan dalam roda perekonomian.

    ReplyDelete
  14. Bayu Adhiwibowo
    16709251014 / S2 Pend. Matematika
    Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Hal ini akan berakibat bahwa seseorang yang tidak memiliki modal maka tidak akan bisa berbuat apa-apa. Mereka akan sdemakin tidak punya apa-apa karena bisa saja harga-harga menajdi naik.

    ReplyDelete
  15. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada asas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Karena meluasnya paham ini, mengakibatkan lahirnya banyak malapetaka terhadap dunia dan menjadi racun didalam agama. Tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanan dan menaburkan hama-hama, hingga ia campur tangan politis, sosial dan kultural terhadap bangsa-bangsa di dunia.
    Pada dasarnya kapitalisme tegak diatas pemikiran aliran bebas dan aliran klasik, dan memrangi agama. Pada mulanya bersifat pembangkang terhadap kekuasaan gereja, dan akhirnya membangkan setiap peraturan yang mengandung moral.
    Mereka kaum kapitalisme tidak mementingkan peraturan bermoral. Melainkan mereka hanya memikirkan mengenai apa yang bisa menimbulkan manfaat bagi diri sendiri. Dan khususnya mereka lebih mementingkan ekonomi, mereka berpikir matrealistis.
    Kapitalisme bersuara dan membela paham liberalisme yaitu paham kebebasan dalam memilh agama. Dimana kebebasan itu sebelumnya hanya berlaku didalam lingkaran politik, telah berubah dan masuk pada kebebasan moral dan sosial. Dan selanjutnya berubah menjadi permisifisme.

    ReplyDelete
  16. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Kapitalisme ialah sebuah sistem ekonomi yang menginginkan kendali ekonomi yang berada di tangan masing-masing rumah tangga dan juga berbagai bisnis pribadi (World Book Encyclopedia). Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang, yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Di Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. Saat ini, kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan belaka. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu

    ReplyDelete
  17. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Prinsip-prinsip kapitalisme diantaranya: 1)Mencari keuntungan dengan berbagai cara dan sarana kecuali yang terang-terangan dilarang Negara karena merusak masyarakat seperti heroin dan semacamnya;2) Mendewakan hak milik pribadi dengan membuka jalan selebar-lebarnya agar tiap orangmengarahkan kemampuan dan potensi yang ada untuk meningkatkan kekayaan danmeliharanya serta tidak ada yang menjahatinya. Karena itu dibuatlah peraturan-peraturanyang cocok untuk meningkatkan dan melancarkan usaha dan tidak ada campur tangan Negaradlam kehidupan ekonomi kecuali dalam batas-batas yang sangat diperlukan oleh peraturanumum dalam rangka mengokohkan keamanan;3) Perfect competition;4) Price system sesuai dengan tuntutan permintaan dan kebutuhan bersandar pada peraturanharga yang diturunkan dalam rangka mengendalikan komoditas dan penjualannya.

    ReplyDelete
  18. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal, sehingga pemerintah tidak ikut campur tangan, hanya berperan sebagai pengawas saja. Sistem kapitalisme ini hanya menguntungkan segelintir orang saja bukan untuk kesejahteraan rakyat banyak. Jadi yang kaya akan semakin kaya sedangkan yang miskin juga akan semakin miskin.

    ReplyDelete
  19. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dalam http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html dijelaskan bahwa hal penting untuk menentukan "Kapitalisme" benar yaitu dengan mendefinisikan kapitalisme secara tepat. Kapitalisme satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Kapitalisme dijelaskan sebgai sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar besarnya.

    ReplyDelete
  20. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Istilah kapitalisme, hampir pasti selalu berhubungan dengan sistem perekonomian. Kapitalisme dalam arti modern, sering dikaitkan dengan Karl Marx. Dalam bukunya “ magnum opus Das Kapital”, Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Namun, sementara Marx jarang menggunakan istilah “kapitalisme”, namun digunakan dua kali dalam interpretasi karyanya yang lebih politik, terutama ditulis oleh kolaborator Friedrich Engels. Pada abad ke-20 pembela sistem kapitalis sering menggantikan kapitalisme jangka panjang dengan frase seperti perusahaan bebas dan perusahaan swasta dan diganti dengan kapitalis rente dan investor sebagai reaksi terhadap konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.

    ReplyDelete
  21. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Dari salah satu link diatas Imperialisme, Tahap Tertinggi Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menjelaskan fungsi dari modal dalam menghasilkan laba dari penjajahan imperialis, sebagai tahap akhir dari perkembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Dari penjelasan ini dapat dilihat bahwa orientasi imperialism atau kapitalisme tertinggi adalah memastikan keuntungan yang lebih besar. Sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar dimana pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi, ini adalah masalah karna semangat kapitalisme menhgarah pada ketidaksetaraan tingkat ekonomi yang mengancam harmoni kehidupan dalam peradaban manusia.

    ReplyDelete
  22. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Capitalism is the the economic and social system (and also the mode of production) in which the means of production are predominantly privately owned and operated for profit, and distribution and exchange is in a mainly market economy. It is usually considered to involve the right of individuals and corporations to trade (using money) in goods, services, labour and land.

    ReplyDelete
  23. Kapitalisme berhubungan dengan pemilik modal. Mereka yang memiliki modal besar akan mampu menguasai dan mengendalikan bukan hanya faktor ekonomi, tapi juga sosial dan politik. Inilah yang dijadikan alat pertentangan dalam Dialektikanya Marx. Bagi Marx kelompok kapitalisme telah membuat kesenjangan lebar antara kaya dan miskin sehingga dimunculkan paham pertentangan yang akarnya dari teori Hegel tentang Dialektika.
    Dalam penerapannya di Indonesia, teori pertentangan Marx tidak relevan karena memunculkan konflik horisontal bukan hanya konflik vertikal.
    Kapitalisme dalam politik memainkan peran yang sangat besar, dimana para pemilik modal mampu memainkan dan mengubah arah kebijakan untuk kepentingan tertentu. Indonesia dengan Filsafat Pancasila memiliki pandangan sendiri tentang konsep sosial, ekonomi dan politik yang sesuai dengan karakter masyarakat dan bangsa Indonesia..

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Kapitalisme adalah filsafat yang dibangun atas permodalan atau dapat juga diartikan sebagai suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang. Dengan begitu orang yang mempunyai modal banyak maka akan sangat menguntungkan dalam melakukan bisnis. Agar kapitalisme untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari pasar rumah, penggabungan bank dan kartel industri menghasilkan keuangan kapitalisme-ekspor dan investasi modal ke negara-negara dengan ekonomi terbelakang. Mereka lebih memanfaatkan ekonomi negara yang terbelakang agar bisa mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Dengan sistem ini maka yang kaya semakin kaya dan mendapatkan modal serta keuntungan yang lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  25. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Kapitalisme adalah pengendalian yang dilakukan oleh pihak-pihak swasta industri dan alat-alat produksi dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Mereka tidak memandang pada konsumen yang memiliki tingkat ekonomi yang cenderung lebih rendah daripada kaum kapitalis.

    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Kapitalisme lahir dari prinsip sekularisme, yakni pemisahan agama dari kehidupan. Dalam pandangan Kapitalisme, manusia berhak menentukan aturan main kehidupannya.
    Sistem politik Kapitalisme merujuk pada demokrasi. Dalam demokrasi, kedaulatan (hak membuat hukum) ada di tangan rakyat. Jhon Lock mengemukakan bahwa manusia itu dijamin oleh konstitusi dan dilindungi oleh pemerintah. Pemerintah harus memakai sistem perwakilan, jadi harus dalam rangka demokratis.

    Dalam sistem ekonomi Kapitalisme, pemberlakuan kepemilikan diatur atas dasar “modal”. Kapital (modal) menjadi fokus utama dalam sistem ekonomi ini. Dasar sistem ekonomi Kapitalisme adalah kebebasan kepemilikan, artinya setiap individu bebas memiliki apapun dan menguasai kekayaan apapun. Untuk itu manfat menjadi tolok ukurnya. Tidak ada ruang untuk tolok ukur benar dan salah. Salah satu ciri khas dari sistem ekonomi ini adalah keberadaan pasar modal.

    Kebobobrokan sistem Kapitalisme semakin nyata. Pelan tapi pasti sistem ekonomi kapitalis sedang menuju kehancurannnya. Saat ini dunia sedang menuju ke jurang krisis yang kemungkian lebih buruk dari “Great Depression” pada era tahun 1930-an. Angka kemiskinan penduduk dunia terus bertambah. Di Indonesia berdasarkan data Biro Pusat Statistik Pada Maret 2016, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran perkapita perbulan di bawah Garis Kemiskinan) mencapai 28,01 juta orang (10,86 persen). Namun, kalau berdasarkan data penerimaan bantuan iuran BPJS atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi peserta miskin Penerima Bantuan Iuran (PBI) tahun 2016 meningkat dari 86,4 juta jiwa menjadi 92,4 juta jiwa.

    Kegagalan Kapitalisme dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat sebenarnya wajar karena kesalahan bukan hanya terkait dengan problem cabangnya, tetapi dari kesalahan yang bersifat radikal atau fundamental.

    Di bawah ini adalah kekeliruan-kekeliruan mendasar sistem ekonomi kapitalis.
    1) Memandang kelangkaan sebagai persoalan utama ekonomi.
    2) Melakukan swastanisasi atau privatisasi milik publik.
    3) Menolak peran negara.
    4) Menghalalkan segala cara dalam pengembangan harta.
    5) Menjadikan ekonomi non-riil, bunga, pajak dan utang sebagai pilar-pilar ekonomi.

    Sumber:
    (https://hizbut-tahrir.or.id/2016/10/01/kesalahan-mendasar-kapitalisme/)

    Sehingga dari pemaparan tersebut, kapitalisme merupakan ideologi yang rusak sejak kelahirannya. Dalam praktiknya akan menimbulkan banyak kerusakan-kerusakan segala lini kehidupan manusia. Maka, solusi mendasar dalam mengatasi krisis multidimensial hanyalah mengganti sistem kapitalisme yang destruktif dengan sistem islam yang sempurna.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Kapitalisme sebagai ideologi sebagai sistem pemikiran dan juga keyakinan yang dipakai oleh kelas dominan untuk dapat menjelaskan pada diri mereka sendiri bahwa bagaimana sistem sosial mereka beroperasi dan juga apa prinsip-prinsip yang akan diajukannya, ideologi ini melihat pada pencarian keuntungan (kapital) sebagai fokus utamanya.

    ReplyDelete
  28. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Adam Smith, yang disebut sebagai bapak kapitalisme, pertama kali menguraikan konsep kapitalisme di dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations, yang diterbitkan di tahun 1776. Smith yakin bahwa perekonomian akan paling baik ialah yang diatur oleh tangan persaingan (competition) yang tak terlihat, yaitu pertempuran di antara dunia usaha untuk mendapatkan suatu pengakuan konsumen. Bahwa persaingan di antara perusahaan akan dapat mengarah pada pengakuan konsumen terhadap produk dan juga harga yang terbaik, sebab produsen yang kurang efisien secara bertahap akan terlempar keluar dari persaingan.

    ReplyDelete
  29. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Dari buku Adam smith yang diterbitkan memaparkan, bahwa perekonomian yang paling baik tersebut atas dasar persaingan. Untuk mendapatkan pengakuan dari konsumen. Pandangan tersebut dikatakan benar bagi para pencari harta dan kekuasaan, namun pandangan tersebut akan runtuh dengan pandangan moral, bahwa kompetisi yang terbaik itu bukanlah pengakuan, tetapi kontribusi dan pemberian manfaat dari segala sisi kemanusiaan. Dengan berlandaskan ilmu pengetahuan dan hati sebagai nakhodanya. Bertujuan untuk kemakmuran bersama, bukan seperti sekarang, ekonomi hanya bagi yang kaya dan punya harta, yang miskin tetap miskin dengan kemiskinannya. Apalagi ditambah denagn pandagnan falsafah ketimuran, bahwa spiritual sebagai absolut yang didukung dengan perekonomian untuk kemaslahatan bersama

    ReplyDelete
  30. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Kapitalisme adalah suatu paham yang memandang bahwa setiap orang memiliki kebebasan yang sebebas-bebasnya untuk mengembangkan kekuasaan dan pengaruhnya demi mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.Kapitalisme biasanya dipakai dalam istilah ekonomi yang dapat diartikan sebagai suatu sistem ekonomi dimana setiap sektor eknonomi seperti perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikuasai oleh satu pihak untuk mengeruk keungtungan yang sebesar-besarnya. Sistem dasar kapitalisme membuat kehidupan terasa seperti arena perlombaan. Semua orang berlomba mencari kemenangan, sehingga kehidupan dalam sistem kapitalisme berubah menjadi rimba, dimana yang kuat menguasai yang lemah. Dengan demikian, dalam paham ini nilai-nilai moral tidaklah menjadi hal yang perlu diperhatikan kecuali hal tersebut dapat membawa manfaat dan keuntungan pribadi.

    ReplyDelete
  31. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Kapitalisme merupakan sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Satu diantara prinsipnya yaitu mendewakan hak milik pribadi dengan membuka jalan selebar-lebarnya agar setiap orang mengerahkan kemampuan dan potensi yang ada untuk menigkatkan kekayaan dan memeliharanya serta tidak ada yang menjahatinya. Karena itu dibuatlah peraturan-peraturan yang cocok untuk menigkatkan dan melancarkan usaha dan tidak ada campur tangan Negara dalam kehidupan ekonomi kecuali dalam batas-batas yang sangat diperlukan.

    ReplyDelete
  32. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Menurut Karl Marx, kapitalisme adalah sebuah sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam sistem kapitalisme ini, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, meliankan hanya untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Sepanjang pertengahan akhir abad 19 kapitalisme memasuki tahap yang tertinggi, yaitu imperialisme, yang oleh Vladimir Lenin didefinisikan sebagai penjelasan menjelaskan fungsi dari modal dalam menghasilkan laba dari penjajahan imperialis, sebagai tahap akhir dari perkembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  33. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Kapitalisme atau Kapital ialah sistem ekonomi di mana terdapat perdagangan, industri dan juga alat-alat produksi yang dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan untuk membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Adam Smith, yang disebut sebagai bapak kapitalisme, pertama kali menguraikan konsep kapitalisme di dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations, yang diterbitkan di tahun 1776.

    ReplyDelete
  34. Kapitalisme hidup dan berkembang di Eropa dan Amerika dengan pertimbangan sebagai negara industri dan menghasilkan teknologi sehingga memiliki nilai kapital yang tinggi dibanding negara agraris. Perjanjian perdagangan internasional berakibat pada kesenjangan ekonomi negara industri dan negara agraris yang kian lebar. Menyadari ketimpangan ini negara-negara selatan mulai bergeliat, dan tanpa disadari nilai-nilai kapitalisme telah digunakan sebagai rujukan dengan membangun kapitalisme dengan model yang berbeda.

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP 2016 A
    16701261007

    ReplyDelete
  35. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dalam “Important of Philosophy”. "Capitalism" secara konvensional didefinisikan bersama istilah ekonomi, sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Definisi inti dari kapitalisme adalah definisi politik: Kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Kapitalisme secara etimologis berasal dari bahasa latin merujuk pada kata “capital” atau “capitale” yang memiliki arti kepala. Istilah kapitalisme diartikan sebagai sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Maksudnya adalah bahwa dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.

    ReplyDelete
  37. sepemahaman sy kapilasisasi merupan suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya dengan bebas untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Sementara itu pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi pemilik moda. dalam pendidikan kapitalisasi dapat menjadikan pendidikan sbg bisnis sehingga pendidikan dijadikan komersialisasi.

    M Saufi Rahman
    PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  38. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Menurut Karl Marx, kapitalisme adalah suatu sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam sistem kapitalisme ini, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, melainkan hanya untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  39. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    kapitalisme adalah falsafah, cara berpikir, pandangan hidup, dan paradigma. Pandangan, falsafah, dan cara berpikir dibentuk oleh lingkungan dunia dimana ia tumbuh. Dan karena lingkungan dunia di mana ia bertumbuh itu adalah selalu dinamis dan berubah, maka falsafah dan paradigma seperti kapitalisme mengalami penyesuaian dari masa ke masa dan mengalami akulturasi di dalam konteks masyarakat dimana ia diam. Misalnya saja kapitalisme Amerika Serikat berbeda dengan kapitalisme Eropa dan Australia (yang lebih egalitarian dan sosialistik).

    ReplyDelete
  40. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    kapitalisme sebagai pandangan hidup dan kerja terlahir dari kelas saudagar (borjuis) yang berhasil mewujudkan kekayaannya bukan karena warisan tetapi karena semangat bekerjanya sendiri. Kapitalisme juga menggeser feodalisme, bukan saja dalam hubungan antar masyarakat, melainkan juga dalam cara bekerja. Dalam era feodalisme, seorang anak tuan tanah mungkin tidak usah bekerja sampai mengeluarkan keringat untuk menikmati kekayaan dan keberhasilan; sebaliknya seorang anak buruh tani harus membanting tulang setiap harinya hanya untuk hidup sekedarnya. Dalam masyarakat kapitalis, keluarga-keluarga kelas borjuis tidak berpandangan seperti itu. Setiap anak harus berpendidikan dan bekerja keras untuk dapat berhasil dan bersaing di dunia kerja dan anak buruh pun dapat menikmati mobilitas sosial ke atas bila ia mau bekerja keras.

    ReplyDelete
  41. 16701251016
    PEP B S2

    Paham yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan sekitar adalah bentuk pemikiran yang memandang sebuah kemajuan meskipun pemikiran jenius yang muncul adalah hasil dari berbagai tekanan, untuk memecahkan persoalan, hingga akhirnya mencapai kejayaan. Paham kapitalis yang marak dan banyak diterapkan bagi penganutnya adalah berpandangan untuk mencapai kekuasaan, kekayaan untuk dirinya sendiri, sehingga tampak terkesan rakus, bahkan untuk menggapai niatnya tak segan untuk melakukan tindakan senonoh dan penindasan.

    ReplyDelete
  42. Pandangan kaputalis dalam skala yang lebih besar, sistem pemerintahan misalnya. Dalam bidang ekonomi, pelaku pelaku ekonomi adalah berdasarkan kepemilikan swasta atau pribadi. Sehingga seluruh alat produksi sampai proses penentuan harga juak komuditi adalah untuk menghasilkan keubtungan sebebsar besarnya, tanpa melihat lebih luas lagi kesejahteraan umat.
    Akan tetapi keberadaan pemerintah tidak bisa menjadi kontrol, tidak dapat melakukan intervensi, sehingga pergerakannnya semakin bebas, luas dan tak terbatas. Adapula intervensi yang dilakukan pemerintah jika dopandang jelek adalah untuk pribadinya sendiri, untuk kepentingan sendiri, golongan, dan bukan untuk kepntingan khalayak umum

    ReplyDelete
  43. Efek dari kehiduoan kapitalis yang jelas terlihat dalam skala kecil individu dalam sosial adalah menghargai hak individu dengan sepenuhnya tanpa mengurangi sedikitpun. Maka perlindungan terhadap hak, kebenaran tiap individu adalah suatu hal yang legal. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, individu tidak banyak berperan dalam menanggapi persoalan. Yang dapat dilakukan hanyalah sebisanya, semanpunya untuk bertahan hidup. Jika dalan material maka yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin, dan sengsara. Belum lagi efek penindasan atas berbagai kemauan penguasa

    ReplyDelete
  44. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kapitalisme dapat diartikan sebagai kebebasan atas hak-hak individua atau dengan kata lain setiap individu memiliki hak dalam setiap sistem ekonomi dimana alat-alat produksi dan distribusi serta pengembaannya menjadi hak milik pribadi atau swasta tanpa adanya campur tangan pemerintah. Dapat dimaknai juga sebagai sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian. Kapitalisme sering menjadi perdebatan keras antara kaum pro dan kontra. Dalam dunia Islam kapitalisme merupakan paham yang dihindari. Oleh karena itu, pemerintah harus adil dalam mengatur perekonomian negara sehingga tidak terjadi perpincangan dalam roda perekonomian.

    ReplyDelete
  45. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Kapitalisme secara konvensional didefinisikan bersama istilah ekonomi yaitu sebagai sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi pribadi atau badan usaha milik dan pengembangan adalah proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Sedangkan definisi politik bahwak kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu. Jika dimaknai positif, kapitalisme merupakan sistem politik moral sebab satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang.

    ReplyDelete
  46. Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Sistem ini telah banyak melahirkan malapetaka terhadap dunia. Tetapi kapitalisme terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultural terhadap bansa-bangsa di dunia.
    Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi dimana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  47. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Kapitalisme lahir karena di latar belakangi oleh paham liberalisme yang tidak memberikan kepuasan kepada para penguasaha dan pekerja untuk mengembangkan usahanya. Kapitalisme sendiri menimbulkan malapetaka bagi banyak manusia, karena paham kapitalisme memberikan kebebasan kepada perusahaan untuk melakukan apa yang diinginkan dan di perlukan untuk memajukan perusahaan mereka.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id