Sep 20, 2013

Elegi Wancara dengan Dr Marsigit, MA bidang Pendidikan




by Marsigit 

EDUCATION

What subjects do you teach? What types of students do you have?
Mathematics Education
Philosophy of Mathematics Education

Epistemology
Psychology of mathematics education
Research on mathematics education
English for mathematics education
Method of teaching learning of mathematics
Philosophy
Microteaching
Lesson Study
Educational Management
Curriculum Development
Peer Teaching
International Perspective of Education
Ideology of Education
Can you provide a link to a site where we can see something about what you do or the center where you work?
http://staff.uny.ac.id
How have your past experiences prepared you for teaching? How did you become interested in education?
I develop the schema before teaching.
I perceive education is belong to students
Who was your most influential teacher and why?
My influential figure is Paul Ernest, Jaworsky, Ebbutt and Straker, Piaget, Immanuel Kant
What is your educational philosophy?
My educational philosophy is progressive, democratic, student centred, constructivist, facilitating, education for all, liberating, collaboration, sharing, education as a need, development, ...
What is the most challenging aspect of teaching for you?
The challenging aspect of education is how to improve individual human resources and its society
What kind of relationship do you have with your students?
I try to FACILITATE their learning. Students are adults and active learners. They should take their responsibility in their learning. They are the counterpart of their teachers. The teacher should promote communication in an unlimited time and space.
What is the secret to instilling interest in knowledge?
The secret is not instilling but constructing
What is your philosophy on homework and grading?
Homework is just for preaparation/apperception for next activity
There is no the best grading.
Is it possible to teach creativity? how?
Creativity can not be teach, but it need to be facilitated and encouraged. Creativity is something life. So the nature of students is their creativity. Creativity will come out from mutual synergistic interaction among students, teachers, environment and its society in the context of space and time.
How do you establish authority? What do you do when a discipline problem arises?
It is very bad if the teacher think authority first. It should be the last. It is better if the authority is the results of a process. So the teacher will get his authority in nature.
How do you individualize your teaching? How do you handle the different ability levels of students in classes?
We need various method, resources and schema in order to facilitate differences and individual. Teacher should facilitate individual students to learn. There are various schema: schema of teaching, schema of interaction, and schema of achieving students' competencies. Method of teaching should flexible and dynamic.
What cooperative learning means to you. How have you used it?
I prefer cooperative approach than competitive one. Cooperation starts from the opens of mind, ability to hear, wishes to receive, good perception, positive thinking, ability to response, ability to deliver question, wishes to share, develop similar goal, develop similar method and scheme, provide space and time.
What do you expect from your supervisor? What qualities would you like to have in your principal?
Principal should understand philosophy to get clear picture of education; and should have concrete action to get meaningful educational practices.
What issues in education are of greatest concern to you?
My biggest issues of education is how to liberate education and education as a need. The key words of education issues are critical thinking, communication and universal.
Would it be a good thing if teachers had economic incentives based on student performance?
No, it is not good. Teachers' incentives should not directly based on students performance. Because education is for a longer term program
Besides more financial resources, what do today's schools lack?
Schools lack of vision and capacity and lack of collaborations
What are some ways you have incorporated technology into the classroom.
Technology should be perceived as a tool for communicating and promote interaction among the students and teachers.
In light of new technologies, do we need to reinvent the school, its methods and objectives?
To some extent, technology is teachers' creativity
If you could create the ideal school, what would it be like?
The ideal school should be a laboratory for students' development
What do you think schools will be like in 20 years?
In 20 years to come, the schools will influenced by mix factors e.g. local, national, international, etc
What are your professional goals? Where do you want to be in five years?
My professional goal is HRD. In 5 years to come I want to contribute/share my capacity systemically, rather than individual or a small group.
What qualities would you need to see in someone before advising him/her to go into teaching?
The teacher should make sure that education is the process of translating and to be translated.

Update, 2012
Yogyakarta

22 comments:

  1. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Who was your most influential teacher and why?
    Adalah pertanyaan yang paling menarik menurut saya, dimana ketika saya ditanya tentang hal tersebut saya tidak bisa menjawabnya. What is your educational philosophy? Sama dengan pertanyaan pertama saya pun masih ragu dan kebingungan seandainya diberikan pertanyaan tersebut. Dari situlah saya menyadari bahwa ternyata saya masih belum memahami proses diri saya sendiri. Saya belum kenal diri saya sendiri. Padahal pengetahuan terhadap diri sendiri adalah landasan primer untuk dapat berinteraksi dengan siswa/mahasiswa.

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    I read those kinds of interview’s questions and I realize that there are huge percepective there. Prof. Marisigit’s Experiences and Knowledges have been affected broad tremendous society to learn.
    There is a question that I interested in more. “What kind of relationship do you have woth your students?” – I think sort of teachers have a special relationship with their students however how they facilitate and construct student’s knowledge is more interesting to discuss. Prof. Marsigit conducted adult and active learning through the activitiy in the classroom and comment on his blog. We, as student, can actively ask or comment about something that does not limit time and space. We can share our ideas and discuss all of them with him. Because he put himself not only as teacher but as counterpart of his student also.

    ReplyDelete
  3. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Proses pengajaran di Sekolah sekarang memang harus mengikuti perkembangan dari pada teknologi. Kesadaran dan kemampuan guru memang harus ditingkatkan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang memasuki industry 4.0 serta membuat sesuatu kegiatan belajar lebih menarik dan bervariasi harus terus dilakukan. Dimana hal itu akan sangat membantu anak dalam memahami suatu pelajaran. Kreativitas guru juga perlu ditingkatkan agar dapat meningkatkan semangat belajar anak khususnya untuk mata pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  4. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Seperti yang dikatakan Pak Marsigit tentang beliau yang telah mencoba memfasilitasi pembelajaran mahasiswa karena sejatinya mahasiswa adalah orang dewasa dan pembelajar aktif. Sehingga mahasiswa harus mengambil tanggung jawab mereka dalam pembelajaran. Mahasiswa adalah rekan guru dan guru harus mempromosikan komunikasi tanpa batas waktu dan ruang.
    Hal ini sangat saya rasakan dengan adanya blog ini karena saya bisa terus belajar tentang filsafat dan pendidikan tanpa terikat ruang dan waktu karena saya bisa mengaksesnya kapanpun. Setelah itu dengan Tes Jawab Singkat yang diberikan saat perkuliahan juga sangat mendukung adanya uji kemampuan setelah membaca dan memahami postingan di blog ini.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  5. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Menyoroti What issues in education are of greatest concern to you? Masalah terbesarnya adalah memahami bahwa pendidikan adalah suatu kebutuhan. Memang sangat penting untuk menyadari bahwa pendidikan adalah seuatu kebutuhan bagi manusia. Bahkan sampai akhir hayat manusia masih membutuhkan pendidikan. Oleh karena itu dunia pendidikan diharapkan harus betul-betul diarahkan untuk mampu menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, disamping itu memiliki moral yang baik. Seperti ditulisan dielegi ini mengenai kreativitas. Untuk menghasilkan manusia yang mampu bersaing adalah dengan melatih kreatifitasnya. Yaitu dengan difasilitasi dan didorong untuk mengeluarkan kreatifitasnya. Karena kreatifitas bukanlah sesuatu yang bisa diajarkan. Ia akan keluar dari interaksi saling sinergis antara siswa, guru, lingkungan dan masyarakatnya dalam konteks ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  6. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, harmonis, dinamis. guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. filosofis pendidikan sesungguhnya merupakan suatu sistem gagasan tentang pendidikan dan dedukasi atau dijabarkan dari suatu sistem gagasan filsafat umum yang diajurkan oleh suatu aliran filsafat tertentu. Terdapat hubungan implikasi antara gagasan-gagasan dalam cabang-cabang filsafat umum tehadap gagasan-agasan pendidikan. Landasan filosofis pendidikan tidak berisi konsep-konsep tentang pendidikan apa adanya, melainkan berisi tentang konsep-konsep pendidikan yang seharusnya atau yang dicita-citakan.

    ReplyDelete
  7. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    “What kind of relationship do you have with your students? I try to FACILITATE their learning”

    Memang tugas guru sejatinya adalah memfasilitasi siswa dalam pembelajaran. Siswa lah yang aktif mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. cara guru memfasilitasi siswa dapat diwujudkan dengan menyajikan/ menyediakan/ mendesain aktifitas-aktifitas pembelajaran yang beragam agar siswa mempunyai pengalaman-pengalaman belajar. Dari pengalaman-pengalaman tersebutlah siswa diharapkan mampu membangun pengetahuan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Technologies sometime are defined by the tool but I am on your side about technology is sometime is teachers' creativity, sir. As a teacher we are not limited by the technologies we have if we have creativity in the learning process.

    ReplyDelete
  9. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Saya tertarik untuk menanggapi jawaban pertanyaan tentang apa yang diharapkan dari pengawas dan kualitas dari principal. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tentu diperlukan orang-orang yang mengerti filsafat pendidikan. Terutama bagi orang-orang yang memiliki wewenang di dalam membuat kebijakan pendidikan dan mengawasi pendidikan. Seperti halnya ketika proses penyusunan kurikulum pendidikan matematika, harus melibatkan orang-orang yang benar-benar memahami pendidikan dan yang tidak kalah pentingnya ialah mengerti praktiknya di lapangan.

    ReplyDelete
  10. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Memahami pendidikan sangat perlu dilakukan bagi seorang pendidik. Membentuk jati diri sebelum memulai mendidik para siswa adalah langkah awal yang harus dilakukan. Hal ini diperlukan karena menjadi bekal bagi pendidik dalam memahami karakteristik siswa-siswanya. Selanjutnya menciptakan karakteristik pembelajaran tersendiri. Karakteristik ini berguna sebagai daya tarik bagi siswa sehingga siswa menjadi terbiasa dengan pembelajaran yang diterapkan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari beberapa jawaban Pak Marsigit, mengenai What kind of relationship do you have your students? Saya setuju bahwa peran guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator. Guru memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tugas guru sebagai fasilitator adalah merancang pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa lah yang berusaha untuk membangun konsep. Sehingga pembelajaran akan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari jawaban pertanyaan “what is the secret to instilling interest in knowledge?” Saya setuju bahwa pengetahuan itu tidak ditanamkan kepada siswa. Hal ini terkait dengan pertanyaan sebelumnya bahwa guru adalah fasilitator maka pengetahuan bukan ditanamkan tetapi dikonstruksi oleh siswa. Siswa bukanlah seperti empty vessel karena siswa pastinya sudah memiliki pengetahuan sebelumnya yang dapat dimanfaatkan untuk membangun konsep-konsep baru. Oleh karena itu tugas guru adalah mengembangkan kemampuan siswa dan memfasilitasi untuk membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Saya setuju mengenai kreativitas itu tidak diajarkan melainkan difasilitasi dan didorong. Dalam pembelajaran mungkin tidak secara implisit diajarkan tetapi kreativitas itu dapat dilatih. Kreativitas siswa juga dipengaruhi oleh metode dan media pembelajaran yang diterapkan guru. Karena kreativitas secara alami berasal dari siswa itu sendiri. Guru hanya mengarahkan serta memancing siswa. Misalnya guru menggunakan metode pembelajaran open-ended akan mendorong kreativitas siswa karena dalam metode tersebut siswa bisa menggunakan berbagai strategi untuk menemukan suatu konsep atau suatu jawaban. Namun, tentunya kreativitas disini tetap ada dasar teorinya.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Penggunaan teknologi dalam pembelajaran memang sangat diperlukan saat ini. Karena dengan teknologi belajar menjadi tidak terikat oleh ruang dan waktu. Selain itu, dengan menggunakaan teknologi pembelajaran akan lebih bermakna, misalnya dengan teknologi dapat memvisualkan konsep matematika yang abstrak. Sehingga sangat amat membantu siswa dalam proses mengkonstruksi konsep.

    ReplyDelete
  15. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    What is your philosophy on homework and grading?
    Homework is just for preaparation/apperception for next activity
    There is no the best grading

    Saya tertarik dengan pernyataan Bapak pada jawaban tersebut, bahwa tugas merupakan persiapan untuk aktivitas berkutnya dan tidak ada nilai yang terbaik. Jika setiap guru menyadari pemikiran seperti ini, maka setiap anak didik tidak akan ada yang merasa bahwa tugas adalah beban.

    ReplyDelete
  16. 135. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    pertanyaan Is it possible to teach creativity? how? Adalah menarik bagi saya. Karena ada juga yang mengatakan kreatif itu diajarkan. Tetapi saya setuju dengan pendapat pak prof bahwa Kreativitas tidak bisa diajarkan, tetapi perlu difasilitasi dan didorong. Kreativitas adalah sesuatu kehidupan. Jadi sifat siswa adalah kreativitas mereka. Kreativitas akan muncul dari interaksi saling sinergis antara siswa, guru, lingkungan dan masyarakatnya dalam konteks ruang dan waktu. Jadi kreativitas itu tidak diajarkan tapi dapat tumbuh melalui interaksi antar guru dan siswa dalam dimensi ruang dan waktu. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    How have your past experiences prepared you for teaching? How did you become interested in education? Pertanyaan yang wajib menurut saya untuk mengetahui sejauh mana kesiapan guru sebagai fasilitator sebelum dan sesudah berinteraksi dengan siswa dan lingkungannya. Dan jawabannya adalah Saya mengembangkan skema sebelum mengajar. Saya merasa pendidikan adalah milik siswa. Mengembangkan skema adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan guru dengan mengkombinasikan skema lama dan skema baru. Dan juga yang tidak kalah penting adalah merasa bahwa pendidikan adalah kebutuhan siswa. Sehingga pendidikan adalah milik siswa yang harus diberikan sesuai dengan kebutuhannya. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pada pertanyaan dan jawaban terakhir dari elegi di atas, What qualities would you need to see in someone before advising him/her to go into teaching? The teacher should make sure that education is the process of translating and to be translated. Menurut saya dalam proses tersebut seorang guru haruslah dapat memberi kesempatan kepada murid-murid di kelas melalui cara memberikan banyak pengalaman belajar bagi mereka. Memilih dan mencobakan model pembelajaran yang beragam untuk memberikan siswa pengalaman dalam belajar.

    ReplyDelete
  19. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Pertanyaan tentang apa yang membuatmu tertarik dalam dunia pendidikan? Kita dari kecil awalnya sudah disekolahkan oleh orangtua kita untuk sekolah mulai dari tk hingga perguruan tinggi, alasannya bukan karena tertarik namun memang sepertinitu kata orang tua kita harus sekolah. Namun ketika sudah dalam tahap belajar di sekolah, pelajaran pelajaran yang membuat kita tertarik dalam dimana guru dapat membuat suasana belajat begitu menyenangkan, media yang cocok , karakteristik pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal seperti itulah yang membuat menimbulkan minat belajar siswa sehingga siswa memahami materi dengan mengenal konsepnya bukan memahami materi dengan sekadar menghafal konsepnya.

    ReplyDelete
  20. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Pendidikan adalah milik siswa. Tugas dan peran dari pendidik bukanlah mentransfer ilmunya kepada siswa, namun bagaimana ia mampu memfasilitasi siswa untuk mencapai prestasi optimalnya. Dan untuk mencapai itu, tentunya tidak bisa dilakukan dengan usaha yang biasa-biasa saja. Pendidik harus terus belajar untuk menjadi pendidik yang inovatif dan fasilitator terbaik untuk siswa.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari wawancara Bapak di atas untuk menjadi seorang pengajar harus memastikan bahwa pendidikan merupakan proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Menurut saya seorang guru haruslah mampu menerjemahkan ilmu yang ada dengan sebaik-baiknya. Memahami hakikat dari ilmu tersebut. Sehingga nantinya ketika guru mentransfer ilmunya kepada siswa, ilmu tersebut dapat diterjemahkan dengan baik oleh siswa.

    ReplyDelete
  22. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Menanggapi jawaban dari pertanyaan “Is it possible to teach creativity? how?”, yaitu kreativitas tidak bisa diajarkan, tetapi perlu difasilitasi dan didorong. Saya setuju dengan pendapat ini, karena proses kreatif memiliki karakteristik, yaitu melibatkan berpikir atau berperilaku imajinatif yang memiliki tujuan tertentu. Kemudian proses berpikir ini harus menghasilkan sesuatu yang orisinil dan hasilnya harus memiliki nilai dalam kaitannya dengan tujuan. Kreativitas adalah sesuatu kehidupan, sehingga kreativitas akan muncul dari interaksi saling sinergis antara siswa, guru, lingkungan dan masyarakatnya dalam konteks ruang dan waktu.

    ReplyDelete