Sep 20, 2013

Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika




Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:

http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm


Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin

Marsigit

21 comments:

  1. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  2. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perkembangan Filsafat dalam bidang Matematika di dunia sudah tersebar luas. baik dari teori-teori yang dikemukakan para ahli maupun ilmu-ilmu tentang filsafat matematika lainnya. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi perkembangan ilmu selanjutnya dimasa yang akan datang sebagai referensi untuk memunculkan teori ataupun pendapat baru yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Referensi tersebut juga sangat bermanfaat sebagai alat pembuktian apakah teori-teori yang sudah berkembang di dunia ini kebenarannya valid atau masih ada kesalahan dan kekeliruan.

    ReplyDelete
  3. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Filsafat matematika berawal dari fenomena alam yang terjadi di daerah asal mula terciptanya suatu peradaban. Salah satu fenomena alam dalam filsafat matematika adalah fenomena matematika yang cenderung dikhususkan pada mencari solusi matematika, cara matematika serta metode penyelesaian. Tujuan utama dari filsafat matematika adalah menginterpretasikan matematika, dan dengan begitu menjelaskan kedudukan matematika dalam dunia intelektual keseluruhan. Ini berarti filsafat matematika harus mengatakan sesuatu tentang matematika, sesuatu tentang aplikasi-aplikasi matematika, sesuatu tentang bahasa matematis.

    ReplyDelete
  4. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih kepada Prof Marsigit yang telah memberikan kami berbagai macam referensi untuk menambah pengetahuan kami. Kami sebagai pembaca akan memanfaatkan referensi tersebut sebagai sumber pengetahuan tentang filsafat matematika. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  5. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan salah satu link, yaitu https://www.britannica.com/topic/philosophy-of-mathematics saya mengetahui bahwa filsafat matematika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama yaitu mengenai makna kalimat matematika biasa dan mengenai masalah keberadaan benda abstrak

    ReplyDelete
  6. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pada dekade pertama abad 20 dikembangkan teori filosofis yang berhubungan dengan matematika, yakni logicism, formalism, intuitionism, dan yang muncul kemudian adalah predicativism. Matematika dan filsafat matematika mempunyai sejarah yang saling berkaitan. Filsafat yang merupakan induk dari ilmu-ilmu lain, sedangkan matematika merupakan cabang dari ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PM A 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof, terima kasih atas sumber sumber referensi ilmu yang diberikan.
    Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat. Jika matematika dianggap sebagai sains, maka filsafat matematika dapat juga dikatakan sebagai cabang dari filsafat sains. Filsafat matematika memainkan peranan penting dalam filsafat analitik. Filsafat matematika fokus pada dua pertanyaan utama, yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.

    ReplyDelete
  8. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Terima kasih Pak atas sharing terkait referensi sejarah perkembangan filsafat matematika. Filsafat matematika merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama: satu mengenai makna kalimat matematika biasa dan yang lainnya mengenai masalah apakah benda abstrak. Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Pengantar beberapa masalah filosofis menarik yang menyangkut matematika seperti ontology, epistemology, pondasi, menghitung, aplikasi. Beberapa filsuf telah berkontribusi pada filsafat matematika diantaranya adalah Plato, Aristoteles, Leibniz, Kant, Frege, Russell, Wittgenstein, Brouwer, Hilbert dan Lakatos.

    ReplyDelete
  9. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Waalaikumsalam Wr.Wb
    Terimakasih Pak sudah membagikan referensi sumber bacaan terkait sejarah perkembangan filsafat matematika.
    Filsafat matematika merupakan refleksi terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan matematika. Matematika dan filsafat saling berkaitan sejak jaman Yunani kuno. Dibuktikan dengan beberapa matematikawan yang juga seorang filsuf seperti Phytagoras, Plato, Aristoteles, I.kant, Godel dan descartes. Menurut filsuf, matematika merupakan inspirasi untuk mendeskripsikan pikiran filsafat. Salah satu peranan matematika hingga sampai pada era filsafat kontemporer adalah logika matematika, hingga para filsuf tertarik untuk mempelajarinya dan sampai pada tahap mengembangkan pemikiran logika matematika.

    ReplyDelete
  10. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sejarah merupakan rangkaian peristiwa yang telah terlewati baik dalam hidup seseorang ataupun dalam penemuan sesuatu hal. Seperti itu juga matematika juga memiliki sejarahnya. Jika ditinjau dari sejarah hubungan filsafat dan matematika maka dapat dilihat bahwa teori filosof yang berkaitan dengan matematika yang meliputi logis, formal, intuitif dan prediksi itu dikembangkan pada abad 20. Teori-teori ini tidak menjadi mengherankan jika berkaitan dengan matematika, karena filsafat itu adalah berkaitan dengan olah pikir, sedangkan matematika juga beranjak dari kemampuan olah pikir.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas link yang telah bapak bagikan semoga kami bisa memanfaatkan ilmu yang bapak sharing melalui link-link tersebut, melalui link tersebut saya memperoleh informasi bahwa dalam filsafat matematika terdapat empat aliran yaitu logikaisme, Intuisi, formalisme dan predicativisme. Selain itu terdapat informasi beberapa filsuf yang berkontribusi pada filsafat matematika seperti Plato, Frege, Aristotle, Kant, Leibniz, Russel, Brouwer, Wittgenstein, Hilbert, Lakatos. kemudian informasi lain yang berkaitan dengan filsafat matematika.

    ReplyDelete
  12. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof tas semua sumber informasi dan pengetahuan yang telah di share kepada kami. Insya Allah dipergunakan dengan baik dan akan sangat bermanfaat. Wassalam.

    ReplyDelete
  13. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Manfaat dari membaca seluruh elegi di sini salah satunya adalah kita diberikan beberapa pengetahuan yang memang sempat tidak bisa kita fikirkan karena mungkin enggan untuk memikirkan karena terlalu pusing untuk memikirkan hal yang tidak penting. Sejakar perkembangan filsafat matematika perlu dimengerti oleh para calon guru matematika guna mengetahui bagaimana kita bisa menyampaikan inti dari matematika kepada siswa-siswinya. Pada hakikatnya matematika bukan mata pelajaran yang susah. Namun disini sering kali kita sebagai guru yang salah menyampaikan maksud dari yang dipelajari sehingga membuat para siswa merasakan kebingungan. Sebagai guru kita harus memposisikan pemahaman kita seperti pemahaman usia siswa-siswi kita agar apa yang kita sampaikan dapat tersalur dengan baik kepada siswa
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Filsafat matematika sangatlah luas cangkupannya, bahkan untuk mempelajari filsafat matematika terasa sangat kurang kalau hanya satu semester saja. Referensi yang bapak berikan akan sangat membantu kita dalam mempelajai filsafat khususnya pada ilmu matemaika. Bicara filsafat bukan hanya dari satu sudut pandang saja, modal utamanya adalah berpikiran terbuka dan juga harus penuh dengan keikhlasan tanpa adanya rasa sombong. Dengan belajar filsafat kita jadi lebih belajar untuk memandang segala sesuatu tidak hanya dari satu sisi saja.

    ReplyDelete
  15. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B


    Terimakasih atas link yang diberikan diatas, setelah saya buku, Dari 4 link diatas yang perhatian saya adalah konsep foundation yang tercantum dalam link ketika (http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/) yaitu : "Mathematics is a logical science, cleanly structured, and well-founded". Bahwa memang Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Semua rumus-rumus matematika lahir dari gejala alam dan untuk pengembangan ilmu alam.

    ReplyDelete
  16. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link referensi di atas, semoga dengan segala kemudahan yang telah diberikan, kami dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan bijaksana.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Setiap ilmu memiliki tokohnya masing-maisng sebagai pencetus atau pengembang ilmu tersebut, contohny dalam filsafat matematika terdapat tokoh seperti Plato, Phytagoras, Aristoteles, Newton dan Kant telah mempengaruhi pemikiran matematika saat ini. Adapun pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika seperti membentuk dan mengkonstruksi pengetahuan oleh siswa sendiri secara aktif dan mandiri dan tugas guru berrtindak sebagai mediator dan fasilitator yang selalu melayani siswa melalui strategi, model, dan pendekatan yang terbaik untuk siswanya.

    ReplyDelete
  18. Junianto
    17709251065
    PM C

    Saya mencoba memberikan komentar terkait jurnal “The problems of Understanding Mathematics” oleh Jaroslaw Mrozek. Jurnal ini berkaitan dengan dengan masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran matematika. Kemudian juga menjelaskan bagaimana struktur proses pemahaman benda matematis seperti definisi, teorema atau teori matematika. Hal ini memang menjadi salah satu hal yang cukup fundamental karena berkaitan erat dengan pemahaman siswa. Apalagi objek matematika yang merupakan benda pikir membuat kajian ini menjadi salah satu alternatif untuk memahami bagaimana struktur dan proses pemahaman dari seorang siswa.

    ReplyDelete
  19. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Matematika dipandang sebagai ilmu yang tidak hanya diinterpretasikan sebagai nilai atau angka pada suatu bilangan. Matematika meliputi bahasa yang dapat diperoleh dari pengalaman seseorang. Selain itu, matematika memiliki multi dimensi, seperti konsep, logika, kenyataan dan pengalaman. Saya dapat menyimpulkan bahwa matematika tidaklah hanya sebatas definisi dari suatu bilangan. Satu sifat dari konsep yang ada mampu dijelaskan dengan berbagai cara.

    ReplyDelete
  20. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Membuka link http://www.bu.edu/wcp/Papers/Math/MathMroz.htm dan membaca salah satu artikelnya terkait The Problems of Understanding Mathematics, bahwa matematikawan harus mampu memahami obyek-obyek matematika seperti pengertian, definisi, teorema, dan teori matematika. Selain paham juga harus bisa menghubungkan dengan permasalahan-permasalahan lain. Di artikel ini juga dijelaskan bahwa jangan sampai salah mengartikan sebuah simbol, sehingga bisa menimbulkan banyak pengertian.

    ReplyDelete
  21. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Matematika dan filsafat tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Filsafat berhubungan dengan cara berpikir seseorang terhadap sesuatu, tidak terkecuali objek pikir pada matematika. Menurut saya, matematika adalah subset dari filsafat sehingga anggota (objek pikir) matematika adalah salah satu anggota (objek pikir) filsafat. Filsafat digunakan untuk memahami matematika, begitu pula sebaliknya ilmu (cara berpikir) matematika yang sudah ada (terdahulu) digunakan seseorang (setelahnya) untuk belajar menjawab pertanyaan filsafat. Mungkin saya kurang pemahaman, tetapi menurut saya filsafat matematika adalah cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan (logika) matematika yang dilakukan oleh para filsuf dan matematikawan di masa lalu.

    ReplyDelete