The purpose of this blog is to communicate aspects of life such as philosophy, spiritual, education, psychology, mathematics and science. This blog does not mean political, business oriented, pornography, gender and racial issues. This blog is open and accessible for all peoples. Google Translator may useful to translate Indonesian into English or vise versa. (Marsigit, Yogyakarta Indonesia)
Sep 20, 2013
Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika
Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:
http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm
Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin
Marsigit
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Desi Nurwidawati
ReplyDeleteS3 PEP 18701261009
Penjelasan tentang sejarah filsafat matematika yang dapat dijadikan rujukan untuk belajar sejarah dan perkembangan ilmu matematika khususnya filsafat matematika. Filsafat matematika merupakan cabang dari ilmu matematika. Mempelajari lebih dalam bidang ilmu matematika harusnya tidak terlepas pula belajar ilmu filsafat matematika. Seorang ilmuwan dan praktisi matematika paling tidak membaca sejarah filsafat matematika untuk mengetahui dasar ilmu matematika sehingga paham asal dan dapat mengkomunikasikan ilmu itu dengan mudah kepada masyarakat awam maupun siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Jika seorang guru matematika dapat menyampaikan ilmu matematikanya dengan pendekatan filsafat matematika maka matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika B
Filsafat mendasari perkembangan berbagai ilmu pengetahuan. Filsafat berkaitan erat dengan ilmu matematika. Perkembangan ilmu matematika membutuhkan pemahaman filsafat sebagai dasar keilmuannya agar sesuai dengan ruang dan waktunya. Adapun perkembangan-perkembangan tersebut didapat melalui sinstesis-sintesis ilmu yang saling berhubungan. Juga tesis dan anti tesis yang didapatkan sehingga dapat membentuk keilmuan yang baru.
Para filsuf mengembangkan ilmu filsafat sebagai acuan hidup manusia. Imamnuel kant mengkategorikan filsafat ke dalam modernitas dan spiritualitas. Modernitas merupakan tingkat tertinggi filsafat yang membentuk pola dan gaya hidup masyarakat yang hedonis, determinis, egois, eksistensialis, pluralis, liberalis, dsb. di lain sisi, para filsuf muslim berpendapat bahwa spiritualisme adalah level tertinggi filsafat, yaitu keyakinan dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dari beberapa link yang diberikan, saya tertarik untuk mengulas tentang artikel yang ada pada tautan http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/ dengan artikel yang berjudul "The Philosophy of Mathematics"
Pada artikel menjelaskan tentang filsafat matematika yang berorientasi pada isu-isu mendasar.
1. Fondasi
Matematika adalah bangunan yang sangat terstruktur yang terletak di fondasi yang dalam. Disebut fondasi karena Matematika adalah ilmu logis, terstruktur rapi, dan beralasan. Pada sistem logika fondasi, metode matematika deduktif dan logika memiliki peran mendasar dalam pengembangan matematika. Kerangka logis yang sesuai di mana matematika dapat dilakukan oleh karena itu dapat disebut sistem fondasi logis untuk matematika.
2. Masalah
Terdapat beberapa masalah yang menarik dalam filsafat matematika. Beberapa masalah filosofis yang menarik yang menyangkut matematika yaitu ada arti, ontologi, epistemologi, aplikasi, fondasi dan komputasi.
3. Filsuf
Terdapat beberapa catatan yang singkat tentang apa yang telah dipilih oleh para filsuf terhadap filsafat matematika yaitu adalah dari Plato, Aristotle, Leibniz, Kant, Frege, Russell, Wittgenstein, Brouwer, Hilbert, dan Lakatos.
4. Logika
Logika adalah teori filosofis tentang status kebenaran matematika yaitu secara logis diperlukan atau analitik.
Terdapat argumen yang melawan logisme yaitu secara umum dipahami bahwa teori set diperlukan untuk melakukan matematika modern. Keberadaan set, bagaimanapun, tidak perlu secara logis. Karena itu, kebenaran matematika adalah kontingen.
Terdapat pula argumen yang mendukung logisme yaitu kebenaran matematika adalah sama di semua dunia yang mungkin, karena mereka tidak tergantung pada keberadaan set, hanya pada konsistensi anggapan bahwa set yang diperlukan ada. Karena benar di setiap dunia yang mungkin, matematika harus diperlukan secara logis.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Filsafat adalah hal yang penting dalam kehidupan, mampu menjawab segala pertanyaan dengan metode berpikir yang logis dan tidak terikat norma dan dogma. Filsafat itu bersifat terbuka. Sekali lagi, filsafat tidak memberikan jawaban mutlak yang berlaku sepanjang masa.Filsafat mengajarkan kita untuk melakukan analisis, dan mengemukakan ide dengan jelas serta rasional.
Elsa Apriska
ReplyDelete18709251005
S2 PM A 2018
Dari salah satu sumber yang dilampirkan diatas membahas mengenai filsafat matematika. Dimana jika matematika dianggap sebagai sebuah ilmu maka filsafat matematika adalah cabang dari ilmu filsafat. Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar dan dampak-dampak matematika. Namun para filsuf telah memberikan perhatian khusus terhadp filsafat matematika baik secara ontologis, epistemologis matematika. Filsafat matematika membahas benda-benda abstrak yang berusaha diubah menjadi benda yang kongkrti.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Filsafat dan matematika sangat berkaitan erat. Filsafat adalah suatu olah pikir yang mencakup semua kehidupan lapisan masyarakat mulai dari spritual, akal, dan pikiran. Sementara matematika adalah sarana untuk berpikir dan menalar dan dianggap sebagai sumber dari segala ilmu pengetahuan sehingga filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat juga yang membahas mengenai matematika yang cakupannya juga begitu luas.
Amalia Nur Rachman
ReplyDelete18709251042
S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018
Referensi sejarah mengenai perkembangan filsafat matematika telah banyak ditekuni para ahli di masa lampau. Semakin banyak referensi maka semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat ilmu yang begitu luas. Untuk mempelajari filsafat matematika tersebut diperlukan referensi referensi terkait sejarah perkembangannya. Sejarah tersebut tidak hanya membahas mengenai ilmu secara materiil, formal dan sebagainya namun sampai pada sejarah adanya kontradiksi di dalamnya dan sebagainya
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Dalam salah satu sumber yang saya baca mengenai filsafat matematika telah dijelaskan bahwa matematika dianggap sebagai ilmu mmaka filsafat matematika dianggap sebagai cabang filsafat ilmu. Filsafat matematka menempati tempat khusus dalam filsafat sains. Karean metode penyelidikan matematika berbeda nyata dari metode penyelidikan dalam ilmu alam. Matematika menggunakan metode deduksi sedangkan ilmu lain menggunakan metode induksi.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Seperti kita ketahui bahwa matematika menjadi dasar dari berbagai ilmu. Salah satunya adalah matematika, Terima kasih telah memberikan bacaan mengenai perkembangan filsafat.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat. Jika matematika dianggap sebagai sains, maka filsafat matematika dapat juga dikatakan sebagai cabang dari filsafat sains. Filsafat matematika memainkan peranan penting dalam filsafat analitik. Filsafat matematika fokus pada dua pertanyaan utama, yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.
Aji Joko Budi Pramono
ReplyDeletePEP-S3-2018
18701261003
Filsafat adalah pikiran manusia yang radikal, artinya mengesampingkan pendirian-pendirian dan pendapat-pendapat “yang diterima saja” mencoba memperlihatkan padangan yang merupakan akar dari lain-lain pandangan dan sikap praktis. Sedangkan, adanya matematika itu karena kemampuan proses berpikir manusia tentang pengalaman permasalahan yang ditemui dan dipecahkan, yang kemudian pengalaman pemecahan masalah tersebut menjadi suatu yang terkonstruksi sebagai suatu konsep matematika yang kemudian dapat digunakan sebagai alat pemecahan masalah yang sama atau yang baru.
Totok Victor Didik Saputro
ReplyDelete18709251002
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Selamat sore Prof.
Filsafat adalah buah pikir. Filsafat matematika adalah pemikiran mengenai matematika. Matematika lahir dari buah pemikiran para pecinta matematika terdahulu. Tidak lain dan tidak bukan adalah bagian dari para filsuf itu pula. Artinya filsafat dan matematika adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Begitu pula dengan rukun ilmu lainnya. Matematika berkaitan dengan pemecahan masalah. Dalam konteks ini, filsafat diperlukan dalam menuntut penyelesaian masalah tersebut. Filsafat hadir dalam bentuk pemikiran atau cara pandang menyelesaikan permasalahan matematika tersebut. Terima kasih.
SUHERMI
ReplyDelete18709251007
S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A
Dari sejarah perkembangan matematika di atas dapat dilihat bahwa dasar dari matematika merujuk pada logika, intuisi, formalisme dan predikatisme. Untuk tingkat sekolah, dasar yang perlu di pelajari adalah logika, intuisi dan formalsme.
Herlingga Putuwita Nanmumpuni
ReplyDelete18709251033
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Matematika adalah ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. Filsafat matematika berkaitan dengan masalah yang terkait erat dengan masalah sentral metafisika dan epistemologi. Matematika muncul untuk mempelajari entitas abstrak. Ini membuat orang bertanya-tanya apa sifat entitas matematika dan bagaimana kita dapat memiliki pengetahuan tentang entitas matematika.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dikutip dari https://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/: Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu, di sebelah disiplin ilmu seperti filsafat fisika dan filsafat biologi. Namun, karena materi pelajarannya, filsafat matematika menempati tempat khusus dalam filsafat sains. Sedangkan ilmu alam menyelidiki entitas yang terletak di ruang dalam waktu, sama sekali tidak jelas bahwa ini juga kasus objek yang dipelajari dalam matematika. Selain itu, metode investigasi matematika sangat berbeda dari metode investigasi dalam ilmu alam. Sedangkan yang terakhir memperoleh pengetahuan umum menggunakan metode induktif, pengetahuan matematika tampaknya diperoleh dengan cara yang berbeda: dengan deduksi dari prinsip-prinsip dasar. Status pengetahuan matematika juga tampak berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam. Teori-teori ilmu alam tampaknya kurang pasti dan lebih terbuka untuk direvisi daripada teori matematika. Untuk alasan ini matematika menimbulkan masalah yang cukup khas untuk filsafat. Oleh karena itu para filsuf telah memberikan perhatian khusus pada pertanyaan ontologis dan epistemologis mengenai matematika. terimakasih
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Matematika merupakan suatu ilmu, sehingga filsafat matematika merupakan salah satu cabang dari filsafat ilmu. Karena materi pembelajarannya yang berbeda dari pembelajaran sains lainnya, maka filsafat matematik menempati tempat khusus dalam filsafat sains. Hal tu juga disebabkan metode investigasi matematika sangat berbeda dari metode investigasi dalam ilmu alam. Matematika muncul untuk mempelajari sesuatu yang entitasnya abstrak.
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Setiap yang ada di dunia ini pasti memiliki sejarahnya masing-masing. Begitu juga dengan filsafat matematika yang memiliki refernsi sejarah dalam perkembangannya. Dengan mengetahui sejarah perkembangan filsafat matematika, kita menjadi lebih paham makna dan motivasi yang tersimpan dalam sejarah. Filsafat berasal dari pikiran para filsuf yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun hingga memunculkan aliran filsafat dan ilmu pengetahuan yang baru.
Dini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Seseorang yang mengemvan ilmu matematika di rasa perlu mengetahui bagaimana sejarah perkembangan filasafat, siapa filsuf filsuf dan tokohnya. Sejarah ini dapat kita jadikan sebagai pedoman, pegangan atau petunjuk dalam mencari sebuah informasi pengetahuan. Kita perlu mempelajari sejarahnya agar tidak terjebak dengan mitos. Belajar sejarah juga akan menambah pengetahuan kita terhadap bidang yang akan kita tekuni.
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Terdapat empat ranah filsafat matematika yaitu logicism, intuitionsm, formalis, dan predica
Ranah yang pertama yaitu logicism yang mana salah satu tokohnya adalah Russell. Russell sendiri mencoba mereduksi matematika menjadi logika. Russell mendalilkan bahwa hanya sifat-sifat benda matematika yang telah terbukti ada, yang menentukan kelas. Namun, Russell menemukan bahwa prinsip-prinsip dari logika yang diketiknya tidak cukup untuk menyimpulkan bahkan hukum dasar aritmatika
Eka Puspita Sari
ReplyDelete18709251035
S2 PM B 2018
Filsafat adalah ilmu tentang berpikir. Dan matematika juga merupakan ilmu, maka matematika juga memiliki filsafat. Karena filsafat adalah apa saja, dan dirimu adalah filsafat itu sendiri. Matematika yang dianggap diperoleh dengan cara yang berbeda dari ilmu lain seperti sains yaitu dengan cara deduksi dari prinsi-prinsip dasar. Status matematika juga dianggap berbeda dengan ilmu lain. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan matematika diberikan perhatian khusus oleh para filsuf. Perbedaan matematika dengan ilmu lain tersebut mengajarkan bahwa berbeda itu unik dan indah. Berbeda bukanlah sebuah masalah besar, justru malah membuat matematika itu sendiri spesial, buktinya adalah para filsuf itu sendiri yang justru memberikan perhatian lebih pada matematika.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Terimakasih atas link yang telah dibagikan sehingga mampu menambah pengetahuan tentang filsafat. Matematika merupakan kata benda dan setiap kata benda mampu dipelajari dengan filsafat sehingga antara filsafat dan matematika akan lahir yang namanya filsafat matematika. Filsafat itu sangat penting dan perlu untuk dipelajari, termasuk dalam matematika.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Ada 9 aliran dalam filsafat pendidikan, yaitu: Filsafat Pendidikan Idealisme, Filsafat Pendidikan Realisme, Filsafat Pendidikan Materialisme, Filsafat Pendidikan Pragmatisme, Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Filsafat Pendidikan Progresivisme, Filsafat Pendidikan Esensialisme, Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.Ada keterkaitan yang sangat erat antara filsafat dengan pendidikan matematika. Filsafat Ilmu Pendidikan matematika berkembang sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan Matematika.
Darwis Cahyo Nugroho
ReplyDelete18709251038
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum wr.wb
Dari salah satu sumber yang dilampirkan diatas ada sebuah artikel yang membahas filsafat matematika. Dimana jika matematika dianggap sebagai sebuah ilmu maka filsafat matematika adalah cabang dari ilmu filsafat. Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji pandangan filsafat, dasar dan dampak matematika. Namun para filsuf telah memberikan perhatian khusus terhadp filsafat matematika baik secara ontologis dan epistemologis matematika. Filsafat matematika membahas matematika yang abstrak berusaha diubah menjadi benda yang kongkrit (dunia nyata).
hendra b.
ReplyDelete18701261008
PEP S3 2018
filsafat sangat menarik untuk ditelusuri utamanya mahasiswa yang bidang keilmuannya adalah matematika. Terimakasih atas linknya prof. semoga bisa menambah kahzanah keilmuan kami.
sintha fardu anggraeni
ReplyDelete19709251071
S2 pend matematika/ D/ 2019
Terimaksih Bapak Prof Marsigit. Filsafat matematika adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan matematika serta hubungan matematika dengan segala segi dari kehidupan manusia. Landasan itu mencakup berbagai konsep pamgkal, anggapan dasar, asa permulaan, struktur teoritis, dan ukuran kebenaran. Sampai sekarang para filsuf dan ahli matematika masih mencoba merumuskan apa sesungguhnya matematika itu. Banyak definisi matematika telah dikemukakan,namun banyak pula sanggahannya.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Filsafat matematika adalah salah satu cabang ilmu dalam matematika. Dalam mempelajari matematika hendaknya dipelajari juga filsafat matematika karena dapat menguatkan dasar berpikir matematis. Selain itu, guru yang dapat menerapkan filsafat matematika dalam proses pembelajaran dirasa akan mempu menyampaikan materi dengan lebih bermakna, karena pendekatan filsafat memahami proses berpikir manusia secara matematis. Dengan mempelajari filsafat matematika dan sejarahnya akan memudahkan seseorang dalam mempelajari dasar dasar ilmu matematika.
Wassalamu'alaikum wr wb
Rifki Rinaldo
ReplyDelete19709251070
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Filsafat Matematika merupakan pemikiran atau penalaran mengenai permasalahan dalam matematika. Dalam berfilsafat matematika diperlukannya pemikiran yang teoritis, sistematis, dan dapat mengkaji dasar-dasar dalam bermatematika. Filsafat matematika dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran dapat dimaknai dengan baik oleh siswa.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Sebelumnya terima kasih kepada Bapak Prof Marsigit yang telah memberikan link bahan bacaan yang berbobot kepada para mahasiswanya. Saya telah membuka link tersebut, salah satunya adalah dari pikiran Plato yang diposting oleh Stanford Encyclopedia of Philosophy. Saya mengutip dari tulisan tersebut yaitu tentang intuisi matematika yang dikutip dari L.E.J. Brouwer yang berbunyi “According to intuitionism, mathematics is essentially an activity of construction. The natural numbers are mental constructions, the real numbers are mental constructions, proofs and theorems are mental constructions, mathematical meaning is a mental construction”
Dari pernyataan tersebut dapat dikaitkan dengan peran guru didalam kelas. Karena matematika dianggap sebagai kegiatan konstruksi mental, maka tugas guru adalah untuk membantu siswa agar dapat mengkontruksi dengan baik. Selain itu saya juga dapat belajar bahwa ternyata dengan mempelajari berbagai pandangan para filsuf dapat membuat kita lebih paham dengan peran dan tugas kita didalam sebuah lingkungan.
Wassalamu'alaikum wr wb
Vera Yuli Erviana
ReplyDeleteNIM 19706261005
S3 Pendidikan Dasar 2019
Assalamualaikum Wr. Wb.
Filsafat mendasari perkembangan berbagai ilmu pengetahuan. Filsafat berkaitan erat dengan ilmu matematika. Perkembangan ilmu matematika membutuhkan pemahaman filsafat sebagai dasar keilmuannya agar sesuai dengan ruang dan waktunya. Mempelajari lebih dalam bidang ilmu matematika harusnya tidak terlepas pula belajar ilmu filsafat matematika. Seorang ilmuwan dan praktisi matematika paling tidak membaca sejarah filsafat matematika untuk mengetahui dasar ilmu matematika sehingga paham asal dan dapat mengkomunikasikan ilmu itu dengan mudah kepada masyarakat awam maupun siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Sekar Hidayatun Najakh
ReplyDelete19701251007
S2 PEP A 2019
Assalamualaykum wr wb...
Filsafat sangat erat kaitannya dengan perkembangan dan pemahaman ilmu pengetahuan. Mulai dari lahirnya teori, hukum, prinsip, postulat, maupun asumsi. Ilmu, termasuk matematika merupakan unsur dari suatu proses, prosedur, dan produk. Paradigma yang terbentuk adalah proses merupakan jalan lahirnya penelitian, prosedur merupakan jalan lahirnya metode, dan produk merupakan jalan lahirnya pengetahuan yang sistematis. Ideologinya, tentang apa yang dikaji disebut ontologi, yaitu cabang dari metafisika yang membicarakan eksistensi dan ragam-ragam dari suatu kenyataan. Maka seharusnya matematika dalam pembelajarannya mengikuti alur tersebut.
Terimakasih Prof...
Yufida Afkarina Nizar Isyam
ReplyDelete19709251073
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Seprti yang kita tahu bahwa mempelajari filsafat itu sangatlah penting karena filsafat itu bersifat universal selalu membongkar, mempertanyakan dan memperbaharui dirinya. Sementara bagi kita yang berkecimpung di dunia matematika maka pentinglah pula untuk mempelajari filsafat matematika. Segala sesuatu pasti memiliki sejarah dan perkembangannya. Dari sejarah itulah kita bisa mempelajari dan memperkuat sumber-sumber dari pertanyaan kita selama ini mengenai filsafat matematika. Untuk itulah referensi mengenai sejarah dan perkembangan filsafat matematika di atas sangatlah penting dipelajari.
Latifa Krisna Ayu
ReplyDelete19709251060
S2 Pendidikan Matematika D
Filsafat matematika memainkan peran penting dalam filsafat analitik, baik sebagai subjek penyelidikan dalam dirinya sendiri, dan sebagai landmark penting dalam lanskap filosofis yang lebih luas. Pengetahuan matematika telah lama dianggap sebagai paradigma pengetahuan manusia dengan kebenaran yang penting dan pasti, sehingga memberikan penjelasan tentang pengetahuan matematika merupakan bagian penting dari epistemologi. Objek-objek matematika seperti angka dan himpunan adalah contoh arketipikal abstrak, karena kita memperlakukan objek-objek semacam itu dalam wacana kita seolah-olah mereka tidak tergantung pada ruang dan waktu; menemukan tempat untuk objek-objek semacam itu dalam kerangka pemikiran yang lebih luas adalah tugas utama ontologi, atau metafisika.
Terima kasih
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Sejarah filsafat matematika menurut pandangan Plato yaitu yang penting adalah tugas akal untuk membedakan tampilan (penampakan) dari realita (kenyataan) yang sebenar-benarnya. Menurutnya ketetapan abadi/permanent bebas untuk dipahami adalah hanya merupakan karakteristik pernyataan-pernyataan matematika. Plato yakin bahwa terdapat objek-objek yang permanen tertentu bebas dari pikir yang anda sebut ‘satu’, ‘dua’, ‘tiga’ dan sebagainya. Bagi Plato matematika bukanlah idealisasi aspek-aspek tertentu yang bersifat empiris akan tetapi sebagai deskripsi dari bagian realitanya.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Sejarah filsafat matematika menurut Aristoteles yaitu menekankan menemukan dunia ide yang permanen dan merupakan realita daripada abstraksi dari apa yang tampak. Sedangkan menurut Leibniz tentang bidang studi matematika murni sangat berbeda dengan pandangan Plato dan Aristotheles karena menurutnya semua boleh mengatakan bahwa proposisi-proposisi adalah perlu benar untuk semua objek, semua kejadian yang mungkin, atau dengan menggunakan phrasenya yaitu dalam semua dunia yang mungkin.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Menurut Kant pandangannya terhadap ilmu matematika dibagi menjadi tiga kelas proposisi yaitu proposisi analitis, sintetis, dan aritmatika serta geometri murni. Sedangkan pandangan Phytagoras antara lain bahwa fenomena yang tampak berbeda dapat memiliki representative matematika yang identik (cahaya, magnet, listrik dapat mempunyai persamaan diferensial yang sama).