Sep 20, 2013

Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika




Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:

http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm


Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin

Marsigit

41 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Matematika merupakan cabang dari sciences, begitupun filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat of science. Namun, filsafat matematika merupakan salah satu cabang filsafat yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan filsafat itu sendiri. Hal ini dikarenakan matematika dan filsafat mempunyai sejarah keterikatan satu dengan yang lain sejak jaman Yunani Kuno. Matematika di samping merupakan sumber dan inspirasi bagi para filsuf, metodenya juga banyak diadopsi untuk mendeskripsikan pemikiran filsafat. Kita bahkan mengenal beberapa matematikawan yang sekaligus sebagai sorang filsuf, misalnya Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert, G¨odel, and Weyl. Salah satu titik krusial yang menjadi masalah bersama oleh matematika maupun filsafat misalnya persoalan pondasi matematika, karena berkaitan dengan kebenaran matematika itu sendiri. Pada awal perkembangannya, kebenaran matematika adalah kebenaran absolutis atau mutlak. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, muncul berbagai pertentangan karena pondasinya tidaklah kuat. Sehingga, munculah beberapa aliran atau sekolah yang mencoba memperkuat pondasi matematika sehingga tidak dipertentangkan lagi, seperti logicism, intuisionism, formalism, dan predicativism.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Filsafat matematika adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan matematika serta hubungan matematika dengan segala segi dari kehidupan manusia. Landasan itu mencakup berbagai konsep pamgkal, anggapan dasar, asa permulaan, struktur teoritis, dan ukuran kebenaran. Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan rekaman sifat dan metodologi matematika dan untuk memahami kedudukan matematika di dalam kehidupan manusia. Sifat logis dan terstruktur dari matematika itu sendiri membuat pengkajian ini meluas dan unik di antara mitra-mitra bahasan filsafat lainnya. Oleh karena itu penting mengetahui sejarah filsafat matematika agar dapat mengaplikasikan matematika dengan benar.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Obyek matematika bersifat abstrak, maka belajar matematika memerlukan daya nalar yang tinggi. Demikian pula dalam mengajar matematika guru harus mampu mengabstraksikan obyek-obyek matematika dengan baik sehingga siswa dapat memahami obyek matematika yang diajarkan. Materi matematika disusun secara hierarkis artinya suatu topik matematika akan merupakan prasyarat bagi topik berikutnya. Oleh karena itu, untuk mempelajari suatu topik matematika yang baru, pengalaman belajar yang lalu dari seseorang akan mempengaruhi proses belajar mengajar matematika tersebut.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Matematika dan filsafat mempunyai sejarah keterikatan satu dengan yang lain sejak jaman Yunani Kuno. Matematika di samping merupakan sumber dan inspirasi bagi para filsuf,metodenya juga banyak diadopsi untuk mendeskripsikan pemikiran filsafat. Kita bahkan mengenal beberapa matematikawan yang sekaligus sebagai sorang filsuf,misalnya Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert,G¨odel, and Weyl. Pada abad terakhir di mana logika yang merupakan kajian sekaligus pondasi matematika menjadi bahan kajian penting baik oleh para matematikawan maupun oleh para filsuf. Logika matematika mempunyai peranan hingga sampai era filsafat kontemporer di mana banyak para filsuf kemudian mempelajari logika. Logika matematika telah memberi inspirasi kepada pemikiran filsuf, kemudian para filsuf juga berusaha mengembangkan pemikiran logika misalnya “logika modal”, yang kemudian dikembangkan lagi oleh para matematikawan dan bermanfaat bagi pengembangan program komputer dan analisis bahasa. Salah satu titik krusial yang menjadi masalah bersama oleh matematika maupun filsafat misalnya persoalan pondasi matematika.

    Sumber:
    http://susahsenang-matematika.blogspot.co.id/2015/12/sejarah-dan-filsafat-matematika.html

    ReplyDelete
  5. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Terima kasih atas link-linknya Pak, sangat bermanfaat bagi referensi pengetahuan saya. Dari salah satu link dijelaskan bahwa filsafat matematika dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. Sehingga melalui hal tersebut smeoga filsafat dapat memberikan sumbangan pengetahuan baru yang lebih kontemporen dan berguna dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Pada saat dulu, karena matematika dianggap bagian dari ilmu alam maka filsafat matematika dapat dianggap cabang filsafat sains. Namun karena bahasannya cukup berbeda dengan sains maka matematika memilki filsafat yang khas sendiri. Sehingga para filsuf memberikan perbedaan tentang ontologi dan epistimologi mengenai matematika secara berbeda dengan ilmu sains. Filsafat matematika mendefinisikan matematika dengan sudut yang berbeda. Mulai dari para filsuf Platonism, Strukturalism dan lain-lain.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    Terimakasih Prof. Marsigit atas sharing nya. Filsafat matematika memang berkembang seiring perkembangan zaman. Perkembangan zaman inilah yang melahirkan para philosopers seperti Plato, Aristoteles, Leibniz, Kant, Frege, Russell dan lainnya. Yang menjadi ciri khas juga bahwa matematika merupakan ilmu tentang logika, dan bagaimana menerapkan matematika yang abstrak dikaitkan dengan kehidupan nyata.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Filsafat matematika adalah segenap pemikirin para philosof, sepertyi immanuel kant, aristotele, godle, dan lain sebagainya yang mencurahka pemikiran mereka pada matematika. Kita tahu filsafat matematika itu ada yang memiliki paham absolut dan fallibilist, dan ada yang strukturalistik, mekanistik, realistik, esmperis, yang mana kesemunya itu teredapat perbedaannya, sehinga matematika horizontal dan vertikal juga ada yang berbeda. Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan rekaman sifat dan metodologi matematika dan untuk memahami kedudukan matematika di dalam kehidupan manusia

    ReplyDelete
  9. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Matematika dan filsafat mempunyai sejarah keterikatan satu dengan yang lain sejak jaman Yunani Kuno. Matematika di samping merupakan sumber dan inspirasi bagi para filsuf, metodenya juga banyak diadopsi untuk mendeskripsikan pemikiran filsafat. Kita bahkan mengenal beberapa matematikawan yang sekaligus sebagai sorang filsuf,misalnya Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert,G¨odel, and Weyl. Pada abad terakhir di mana logika yang merupakan kajian sekaligus pondasi matematika menjadi bahan kajian penting baik oleh para matematikawan maupun oleh para filsuf. Logika matematika mempunyai peranan hingga sampai era filsafat kontemporer di mana banyak para filsuf kemudian mempelajari logika.Logika matematika telah memberi inspirasi kepada pemikiran filsuf, kemudian para filsuf juga berusaha mengembangkan pemikiran logika misalnya “logika modal”, yang kemudian dikembangkan lagi oleh para matematikawan dan bermanfaat bagi pengembangan program komputer dan analisis bahasa. Salah satu titik krusial yang menjadi masalah bersama oleh matematika maupun filsafat misalnya persoalan pondasi matematika.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Filsafat matematika berkaitan dengan masalah yang terkait erat dengan masalah utama metafisika dan epistemologi. Selain itu filsafat matematika berkaitan erat dengan foundation dan logicism.
    Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Di sini kita melihat fondasi tersebut. Sementara Logika adalah teori filosofis tentang status kebenaran matematis, dengan kecerdasan logis dan analitis.

    ReplyDelete
  11. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016

    pada awalnya filsafat matematika termasuk dalam filsafat sains, satu ruang lingkup dengan filsafat fisika atau filsafat biologi. namun pada perkembangannya matematika dapat diperdalam lagi pada keadaan abstrak, dan juga hukum-hukum matematika pasti dan tidak mengalami revisi. jika pun ada revisi, harus menunggu ada suatu keadaan dan pembuktian yang menjadi kontradiksinya (dan ini jarang terjadi). sehingga lambat laun filsafat matematika agak berbeda dengan filsafat sains. karena hukum-hukum sains akan mengalami revisi sesuai dengan perubahan alam semesta. akhirnya filsafat matematika mempunyai porsi tersendiri dan tidak masuk dalam filsafat sains secara keseluruhan

    ReplyDelete
  12. Filsafat dan matematika lahir dan tumbuh bersama. Seorang filsuf juga seorang matematikawan. Matematika dan filsafat saling melengkapi. Filsafat digunakan uncuk mencapai kebajikan dan kebenaran. Untuk memperoleh kebenaran maka seseorang harus berpikir logis serta sistematis. Logis dan sistematis sudah menjadi karakter dalam matematika. Seperti Pythagoras yang mengembangkan filsafat dan matematika. Filsafat digunakan untuk mempelajari matematika dan matematika digunakan untuk memahami filsafat.

    ReplyDelete
  13. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berbicara tentang filsafat pendidikan, saya mengetahui ada 9 aliran filsafat pendidikan, yaitu: Filsafat Pendidikan Idealisme, Filsafat Pendidikan Realisme, Filsafat Pendidikan Materialisme, Filsafat Pendidikan Pragmatisme, Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Filsafat Pendidikan Progresivisme, Filsafat Pendidikan Esensialisme, Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme. Dimana dalam setiap aliran filsafat pendidikan tersebut terdapat keterkaitan yang sangat erat antara filsafat dengan pendidikan matematika. Filsafat Ilmu Pendidikan matematika berkembang sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan Matematika. Seperti dari temuan para ahli filsful dimana menunjukkan perkembangan dari temuan Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert,Godel, dan Weyl.

    ReplyDelete
  14. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Filsuf matematika yang dikenal adalah Phytagoras, Plato, Aristoteles, Leibniz dan Kant. Dan masih banyak filsuf yang lainnya seperti Descartes, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert, G¨odel, Weyl dan filsuf modern lainnya.
    Adapun beberapa pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika yaitu :
    Pandangan Plato: Bagi Plato yang penting adalah tugas akal untuk membedakan tampilan (penampakan) dari realita (kenyataan) yang sebenar-benarnya.
    Pandangan Aristoteles: Aristoteles menolak pembedaan Plato antara dunia ide yang disebutnya realita kebenaran, Aristoteles menekankan menemukan dunia ide yang permanen dan merupakan realita daripada abstraksi dari apa yang tampak.
    Pandangan Leibniz: Leibniz setuju dengan Aristhoteles, bahwa setiap proposisi didalam analisis terakhir berbentuk subjek-predikat. Konsep Leibniz tentang bidang studi matematika murni sangat berbeda dengan pandangan Plato dan Aristotheles karena menurutnya semua boleh mengatakan bahwa proposisi-proposisi adalah perlu benar untuk semua objek, semua kejadian yang mungkin, atau dengan menggunakan phrasenya yaitu dalam semua dunia yang mungkin.
    Immanuel Kant: Kant membagi proposisi ke dalam tiga kelas: Proposisi Analitis, Proposisi sintetis, dan Proposisi Aritmatika dan geometri murni.
    Phytagoras: Doktrin Phytagoras antara lain bahwa fenomena yang tampak berbeda dapat memiliki representative matematika yang identik (cahaya, magnet, listrik dapat mempunyai persamaan diferensial yang sama.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar, dan dampak-dampak matematika. Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan rekaman sifat dan metodologi matematika dan untuk memahami kedudukan matematika di dalam kehidupan manusia. Sifat logis dan terstruktur dari matematika itu sendiri membuat pengkajian ini meluas dan unik di antara mitra-mitra bahasan filsafat lainnya.
    Sejarah perkembangan kalkulus bisa ditilik pada beberapa periode zaman, yaitu zaman kuno, zaman pertengahan, dan zaman modern. Pada periode zaman kuno, beberapa pemikiran tentang kalkulus integral telah muncul, tetapi tidak dikembangkan dengan baik dan sistematis. Kalkulus juga digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih rinci mengenai ruang, waktu, dan gerak. Selama berabad-abad, para matematikawan dan filsuf berusaha memecahkan paradoks yang meliputi pembagian bilangan dengan nol ataupun jumlah dari deret takterhingga. Seorang filsuf Yunani kuno memberikan beberapa contoh terkenal seperti paradoks Zeno. Kalkulus memberikan solusi, terutama di bidang limit dan deret takterhingga, yang kemudian berhasil memecahkan paradoks tersebut.

    ReplyDelete
  16. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Seperti yang telah diketahui bahwa ilmu filsafat merupakan dasar dari pendidikan matematika berdasarkan pendapat para filsuf. Para filsuf lebih mengkhususkan pada pertanyaan ontologis dan epistemologi mengenai matematika yang mengarah pada empiris. Awal dari filsafat ilmu berasal dari sekolah-sekolah yang dibangun berdasarkan aliran absolutism yaitu logicism, formalism, dan intuitionism. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan muncul sekolah predicativism.

    ReplyDelete
  17. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Cakupan filsafat ilmu sangatlah luas. Salah satu cabang filsafat ilmu adalah filsafat matematika. Filsafat matematika berkembang dari jaman ke jaman sesuai dengan ruang dan waktu yang juga terus berkembang. Banyak sekali filsuf yang mengeluarkan pendapatnya tentang apa itu filsafat matematika. Semoga dengan adanya filsafat matematika dapat mempermudah kita dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menurut Ross D.S. (2004) dalam Marsigit (2015), Filsafat Matematika adalah suatu kajian filsafat tentang objek atau konsep dan metode matematika yang meliputi kajian tentang hakekat bilangan, hakekat bangun-bangun geometri serta hakekat objek-objek lainnya yang terkait dengan pembahasan konsep dan metode matematika. Filsafat matematika juga mempelajari sumber-sumber dan bagaimana cara memperoleh objek-objek matematika serta bagaimana menetapkan nilai kebenaran suatu klaim matematika, inferensi matematika serta logika matematika. Prof. Marsigit menuliskan dalam bukunya yang berjudul Filsafat Matematika bahwa Di antara cabang-cabang ilmu pengetahuan, matematika dianggap mempunyai hubungan yang istimewa dengan ilmu filsafat. Di dalam sejarahnya, hampir semua filsuf besar menggunakan asas-asas matematika dan logika untuk menguraikan gagasan filsafatnya. Hal ini mungkin disebabkan karena metode matematika dianggap telah dapat memberikan kejelasan dan kepastian di dalam memperoleh kebenaran dan di dalam kemampuannya menjelaskan alam semesta. Dengan demikian, juga terdapat beberapa filsuf yang kemudian berusaha menjelaskan dan menguraikan secara filsafat tentang hakekat matematika.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit, saya sangat terbantu dengan tautan yang bapak tuliskan disini. Ternyata tugas pak Marsigit kemarin, sumbernya dari sini. Saya kebingungan kemarin. Ternyata pekerjaan saya kemarin masih jauh dari idealnya. Berdasarkan referensi-referensi ini, filsuf yang berperan dalam pengembangan matematika adalah Socrates, Plato, Aristoteles, Descartes, David Hume, Immanuel Kant, David Hilbert, Godel, Frege, dan Barkeley.

    ReplyDelete
  20. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika adalah alat yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sejarah matematika adalah penyelidikan terhadap asal mula penemuan di dalam matematika dan sedikit perluasannya, penyelidikan terhadap metode dan notasi matematika dimasa silam. Dalam perjalanan sejarahnya, matematika berperan membangun peradaban manusia sepanjang masa. Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, contoh-contoh tertulis dari pengembangan matematika telah mengalami kemilau hanya di beberapa tempat.Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah Plimpton, Lembaran Matematika Rhind (MatematikaMesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umumdikenal sebagai teorema Pythagoras,yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.

    ReplyDelete
  21. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dari tautan ini saya menemukan Mathematical Models of Spacetime in Contemporary Physics and Essential Issues of the Ontology of Spacetime Teori relativitas umum dan teori medan materi menghasilkan ontologi yang menarik tentang ruang-waktu dan, umumnya, tentang alam.

    ReplyDelete
  22. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas referensi yang telah Prof Marsigit bagikan. Setalah saya membuka beberapa link tersebut, saya jadi tahu bahwa filsuf-filsuf yang berperan dalam perkembangan filsafat matematika diantaranya Rene Descartes, Plato, Aristoteles, Pythagoras, Imanuel Kant, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nur Fariza
    143401241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Bapak Prof Marsigit atas beberapa referensi di atas. Di salah satu referensi itu tardapat banyak hal tentang aliran aliran filsafat diantaranya logicism, intuitonism, formalism dan predicativism. Semoga dapat kami dapat belajar lebih baik sehingga dapat menambah pengetahuan kami dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  24. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi-referensi yang diberikan. Semoga dengan mempelajari sejarah perkembangan filsafat matematika dapat menambah wawasan saya untuk dapat menjadi pengajar yang inovatif dan terus maju.

    ReplyDelete
  25. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas referensi yang dibagikan, sangat bermanfaat bagi saya untuk lebih mempelajari ranah filsafat matematika.

    ReplyDelete
  26. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Ketika matematikawan profesional prihatin dengan dasar subjek mereka, mereka dikatakan terlibat dalam penelitian dasar. Ketika filsuf profesional menyelidiki pertanyaan filosofis mengenai matematika, mereka dikatakan berkontribusi terhadap filsafat matematika. Tentu saja perbedaan antara filosofi matematika dan dasar matematika tidak jelas, dan semakin banyak interaksi antara filsuf dan matematikawan yang mengerjakan pertanyaan yang berkaitan dengan sifat matematika, semakin baik.

    ReplyDelete
  27. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Terimakasih atas referensi sejarah perkembangan filsafat matematika ini Prof. Kami akan memanfaatkannya sebagai ladang menggali ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  28. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih referensi yang telah dibagikan. Semoga dapat menjadi tambahan ilmu yang baik untuk saya dalam mengartikan setiap tulisan bapak dalam blog ini. Dalam upaya memahami dimensi bapak berada.

    ReplyDelete
  29. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sumber-sumber referensi tersebut sangat berguna bagi kami calon guru matematika. Pengembangan pembelajaran matematika yang baik didasari oleh sejarah filsafat matematika. Terima kasih Prof. atas diberikannya sumber-sumber tersebut. Kami akan berusaha memahami dimensi yang lebih tinggi dari pada yang sekarang.

    ReplyDelete
  30. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Filsafat matematika adalah cabang ilmu filsafat yang bertujuan untuk merefleksikan dan menjelaskan hakekat matematika. Filsafat matematika pada dasarnya adalah pemikiran reflektif terhadap matematika. Pemikiran filsafat jiga bersifat reflektif.

    ReplyDelete
  31. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan ilmu mengenai sifat matematika dan untuk memahami kedudukannya dalam kehidupan sehari hari. Ilmu matematika ini sudah digunakan sejak zaman dahulu, dulu digunakan untuk perdaganagan, perhitungan hari dll, dan ilmu matematika masih terus berkembang sampai saat ini. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya matematika terhadap pengaruh kemajuan zaman. Untuk itu sangat penting dalam memahami filsatat sejaarah matematika untuk pengaplikasian dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  32. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Marsigit atas referensi sejarah perkembangan filsafat matematika yang telah diberikan. Semoga dengan menggunakan referensi ini kita dapat lebih mengenal matematika itu sendiri dan juga akan sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya.

    ReplyDelete
  33. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Matematika dan filsafat memiliki sejarah yang saling berkaitan satu sama lain. Matematika sebagai ilmu yang logis, terstruktur, rapi, dan beralasan banyak diadopsi untuk mempelajari ilmu filsafat.

    ReplyDelete
  34. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ternyata telah banyak pula yang membahas tentang filsafat matematika. Sebelum ini, saya mengira bahwa filsafat dan matematika adalah dua hal yang tidak saling terkait, tetapi ternyata tidak karena filsafat sebenarnya dekat dengan segala hal di dunia. “Jika matematika dianggap sebagai ilmu pengetahuan, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang filsafat sains”, kalimat tersebut saya dapatkan dari link https://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/.

    ReplyDelete
  35. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada link http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/, berisi tentang berbagai macam pemikiran para filsuf tentang filsafat matematika. Ditampilkan dalam bentuk yang lebih mudah karena dikelompok-kelompokkan. Terdapat bagian yang mendaftar semua filsuf yang memiliki pemikiran filsafat matematika, seperti Plato, Aristotle, Leibniz, dan lain-lain, dan ketika dipilih akan muncul penjelasan tentang tokoh-tokoh tersebut.

    ReplyDelete
  36. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Terima kasih Bapak sudah memberikan link mengenai sejarah perkembangan filsafat matematika. Ini sangat bermanfaat bagi kami dalam mempelajari lebih dalam mengenai filsafat matematika.

    ReplyDelete
  37. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  38. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perkembangan Filsafat dalam bidang Matematika di dunia sudah tersebar luas. baik dari teori-teori yang dikemukakan para ahli maupun ilmu-ilmu tentang filsafat matematika lainnya. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi perkembangan ilmu selanjutnya dimasa yang akan datang sebagai referensi untuk memunculkan teori ataupun pendapat baru yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Referensi tersebut juga sangat bermanfaat sebagai alat pembuktian apakah teori-teori yang sudah berkembang di dunia ini kebenarannya valid atau masih ada kesalahan dan kekeliruan.

    ReplyDelete
  39. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Filsafat matematika berawal dari fenomena alam yang terjadi di daerah asal mula terciptanya suatu peradaban. Salah satu fenomena alam dalam filsafat matematika adalah fenomena matematika yang cenderung dikhususkan pada mencari solusi matematika, cara matematika serta metode penyelesaian. Tujuan utama dari filsafat matematika adalah menginterpretasikan matematika, dan dengan begitu menjelaskan kedudukan matematika dalam dunia intelektual keseluruhan. Ini berarti filsafat matematika harus mengatakan sesuatu tentang matematika, sesuatu tentang aplikasi-aplikasi matematika, sesuatu tentang bahasa matematis.

    ReplyDelete
  40. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih kepada Prof Marsigit yang telah memberikan kami berbagai macam referensi untuk menambah pengetahuan kami. Kami sebagai pembaca akan memanfaatkan referensi tersebut sebagai sumber pengetahuan tentang filsafat matematika. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  41. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan salah satu link, yaitu https://www.britannica.com/topic/philosophy-of-mathematics saya mengetahui bahwa filsafat matematika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama yaitu mengenai makna kalimat matematika biasa dan mengenai masalah keberadaan benda abstrak

    ReplyDelete