Sep 20, 2013

Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika




Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:

http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm


Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin

Marsigit

13 comments:

  1. Desi Nurwidawati
    S3 PEP 18701261009

    Penjelasan tentang sejarah filsafat matematika yang dapat dijadikan rujukan untuk belajar sejarah dan perkembangan ilmu matematika khususnya filsafat matematika. Filsafat matematika merupakan cabang dari ilmu matematika. Mempelajari lebih dalam bidang ilmu matematika harusnya tidak terlepas pula belajar ilmu filsafat matematika. Seorang ilmuwan dan praktisi matematika paling tidak membaca sejarah filsafat matematika untuk mengetahui dasar ilmu matematika sehingga paham asal dan dapat mengkomunikasikan ilmu itu dengan mudah kepada masyarakat awam maupun siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Jika seorang guru matematika dapat menyampaikan ilmu matematikanya dengan pendekatan filsafat matematika maka matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Filsafat mendasari perkembangan berbagai ilmu pengetahuan. Filsafat berkaitan erat dengan ilmu matematika. Perkembangan ilmu matematika membutuhkan pemahaman filsafat sebagai dasar keilmuannya agar sesuai dengan ruang dan waktunya. Adapun perkembangan-perkembangan tersebut didapat melalui sinstesis-sintesis ilmu yang saling berhubungan. Juga tesis dan anti tesis yang didapatkan sehingga dapat membentuk keilmuan yang baru.
    Para filsuf mengembangkan ilmu filsafat sebagai acuan hidup manusia. Imamnuel kant mengkategorikan filsafat ke dalam modernitas dan spiritualitas. Modernitas merupakan tingkat tertinggi filsafat yang membentuk pola dan gaya hidup masyarakat yang hedonis, determinis, egois, eksistensialis, pluralis, liberalis, dsb. di lain sisi, para filsuf muslim berpendapat bahwa spiritualisme adalah level tertinggi filsafat, yaitu keyakinan dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  3. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari beberapa link yang diberikan, saya tertarik untuk mengulas tentang artikel yang ada pada tautan http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/ dengan artikel yang berjudul "The Philosophy of Mathematics"
    Pada artikel menjelaskan tentang filsafat matematika yang berorientasi pada isu-isu mendasar.
    1. Fondasi
    Matematika adalah bangunan yang sangat terstruktur yang terletak di fondasi yang dalam. Disebut fondasi karena Matematika adalah ilmu logis, terstruktur rapi, dan beralasan. Pada sistem logika fondasi, metode matematika deduktif dan logika memiliki peran mendasar dalam pengembangan matematika. Kerangka logis yang sesuai di mana matematika dapat dilakukan oleh karena itu dapat disebut sistem fondasi logis untuk matematika.
    2. Masalah
    Terdapat beberapa masalah yang menarik dalam filsafat matematika. Beberapa masalah filosofis yang menarik yang menyangkut matematika yaitu ada arti, ontologi, epistemologi, aplikasi, fondasi dan komputasi.
    3. Filsuf
    Terdapat beberapa catatan yang singkat tentang apa yang telah dipilih oleh para filsuf terhadap filsafat matematika yaitu adalah dari Plato, Aristotle, Leibniz, Kant, Frege, Russell, Wittgenstein, Brouwer, Hilbert, dan Lakatos.
    4. Logika
    Logika adalah teori filosofis tentang status kebenaran matematika yaitu secara logis diperlukan atau analitik.
    Terdapat argumen yang melawan logisme yaitu secara umum dipahami bahwa teori set diperlukan untuk melakukan matematika modern. Keberadaan set, bagaimanapun, tidak perlu secara logis. Karena itu, kebenaran matematika adalah kontingen.
    Terdapat pula argumen yang mendukung logisme yaitu kebenaran matematika adalah sama di semua dunia yang mungkin, karena mereka tidak tergantung pada keberadaan set, hanya pada konsistensi anggapan bahwa set yang diperlukan ada. Karena benar di setiap dunia yang mungkin, matematika harus diperlukan secara logis.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  4. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Filsafat adalah hal yang penting dalam kehidupan, mampu menjawab segala pertanyaan dengan metode berpikir yang logis dan tidak terikat norma dan dogma. Filsafat itu bersifat terbuka. Sekali lagi, filsafat tidak memberikan jawaban mutlak yang berlaku sepanjang masa.Filsafat mengajarkan kita untuk melakukan analisis, dan mengemukakan ide dengan jelas serta rasional.

    ReplyDelete
  5. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dari salah satu sumber yang dilampirkan diatas membahas mengenai filsafat matematika. Dimana jika matematika dianggap sebagai sebuah ilmu maka filsafat matematika adalah cabang dari ilmu filsafat. Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar dan dampak-dampak matematika. Namun para filsuf telah memberikan perhatian khusus terhadp filsafat matematika baik secara ontologis, epistemologis matematika. Filsafat matematika membahas benda-benda abstrak yang berusaha diubah menjadi benda yang kongkrti.

    ReplyDelete
  6. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Filsafat dan matematika sangat berkaitan erat. Filsafat adalah suatu olah pikir yang mencakup semua kehidupan lapisan masyarakat mulai dari spritual, akal, dan pikiran. Sementara matematika adalah sarana untuk berpikir dan menalar dan dianggap sebagai sumber dari segala ilmu pengetahuan sehingga filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat juga yang membahas mengenai matematika yang cakupannya juga begitu luas.

    ReplyDelete
  7. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Referensi sejarah mengenai perkembangan filsafat matematika telah banyak ditekuni para ahli di masa lampau. Semakin banyak referensi maka semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat ilmu yang begitu luas. Untuk mempelajari filsafat matematika tersebut diperlukan referensi referensi terkait sejarah perkembangannya. Sejarah tersebut tidak hanya membahas mengenai ilmu secara materiil, formal dan sebagainya namun sampai pada sejarah adanya kontradiksi di dalamnya dan sebagainya

    ReplyDelete
  8. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A
    Dalam salah satu sumber yang saya baca mengenai filsafat matematika telah dijelaskan bahwa matematika dianggap sebagai ilmu mmaka filsafat matematika dianggap sebagai cabang filsafat ilmu. Filsafat matematka menempati tempat khusus dalam filsafat sains. Karean metode penyelidikan matematika berbeda nyata dari metode penyelidikan dalam ilmu alam. Matematika menggunakan metode deduksi sedangkan ilmu lain menggunakan metode induksi.

    ReplyDelete
  9. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Seperti kita ketahui bahwa matematika menjadi dasar dari berbagai ilmu. Salah satunya adalah matematika, Terima kasih telah memberikan bacaan mengenai perkembangan filsafat.

    ReplyDelete
  10. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat. Jika matematika dianggap sebagai sains, maka filsafat matematika dapat juga dikatakan sebagai cabang dari filsafat sains. Filsafat matematika memainkan peranan penting dalam filsafat analitik. Filsafat matematika fokus pada dua pertanyaan utama, yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.

    ReplyDelete
  11. Aji Joko Budi Pramono
    PEP-S3-2018
    18701261003

    Filsafat adalah pikiran manusia yang radikal, artinya mengesampingkan pendirian-pendirian dan pendapat-pendapat “yang diterima saja” mencoba memperlihatkan padangan yang merupakan akar dari lain-lain pandangan dan sikap praktis. Sedangkan, adanya matematika itu karena kemampuan proses berpikir manusia tentang pengalaman permasalahan yang ditemui dan dipecahkan, yang kemudian pengalaman pemecahan masalah tersebut menjadi suatu yang terkonstruksi sebagai suatu konsep matematika yang kemudian dapat digunakan sebagai alat pemecahan masalah yang sama atau yang baru.

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat sore Prof.
    Filsafat adalah buah pikir. Filsafat matematika adalah pemikiran mengenai matematika. Matematika lahir dari buah pemikiran para pecinta matematika terdahulu. Tidak lain dan tidak bukan adalah bagian dari para filsuf itu pula. Artinya filsafat dan matematika adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Begitu pula dengan rukun ilmu lainnya. Matematika berkaitan dengan pemecahan masalah. Dalam konteks ini, filsafat diperlukan dalam menuntut penyelesaian masalah tersebut. Filsafat hadir dalam bentuk pemikiran atau cara pandang menyelesaikan permasalahan matematika tersebut. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Dari sejarah perkembangan matematika di atas dapat dilihat bahwa dasar dari matematika merujuk pada logika, intuisi, formalisme dan predikatisme. Untuk tingkat sekolah, dasar yang perlu di pelajari adalah logika, intuisi dan formalsme.

    ReplyDelete