Sep 20, 2013

Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika




Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:

http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm


Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin

Marsigit

70 comments:

  1. Filsafat dan matematika lahir dan tumbuh bersama. Seorang filsuf juga seorang matematikawan. Matematika dan filsafat saling melengkapi. Filsafat digunakan uncuk mencapai kebajikan dan kebenaran. Untuk memperoleh kebenaran maka seseorang harus berpikir logis serta sistematis. Logis dan sistematis sudah menjadi karakter dalam matematika. Seperti Pythagoras yang mengembangkan filsafat dan matematika. Filsafat digunakan untuk mempelajari matematika dan matematika digunakan untuk memahami filsafat.

    ReplyDelete
  2. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Berbicara tentang filsafat pendidikan, saya mengetahui ada 9 aliran filsafat pendidikan, yaitu: Filsafat Pendidikan Idealisme, Filsafat Pendidikan Realisme, Filsafat Pendidikan Materialisme, Filsafat Pendidikan Pragmatisme, Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Filsafat Pendidikan Progresivisme, Filsafat Pendidikan Esensialisme, Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme. Dimana dalam setiap aliran filsafat pendidikan tersebut terdapat keterkaitan yang sangat erat antara filsafat dengan pendidikan matematika. Filsafat Ilmu Pendidikan matematika berkembang sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan Matematika. Seperti dari temuan para ahli filsful dimana menunjukkan perkembangan dari temuan Descartes, Leibniz, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert,Godel, dan Weyl.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Filsuf matematika yang dikenal adalah Phytagoras, Plato, Aristoteles, Leibniz dan Kant. Dan masih banyak filsuf yang lainnya seperti Descartes, Bolzano, Dedekind, Frege, Brouwer, Hilbert, G¨odel, Weyl dan filsuf modern lainnya.
    Adapun beberapa pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika yaitu :
    Pandangan Plato: Bagi Plato yang penting adalah tugas akal untuk membedakan tampilan (penampakan) dari realita (kenyataan) yang sebenar-benarnya.
    Pandangan Aristoteles: Aristoteles menolak pembedaan Plato antara dunia ide yang disebutnya realita kebenaran, Aristoteles menekankan menemukan dunia ide yang permanen dan merupakan realita daripada abstraksi dari apa yang tampak.
    Pandangan Leibniz: Leibniz setuju dengan Aristhoteles, bahwa setiap proposisi didalam analisis terakhir berbentuk subjek-predikat. Konsep Leibniz tentang bidang studi matematika murni sangat berbeda dengan pandangan Plato dan Aristotheles karena menurutnya semua boleh mengatakan bahwa proposisi-proposisi adalah perlu benar untuk semua objek, semua kejadian yang mungkin, atau dengan menggunakan phrasenya yaitu dalam semua dunia yang mungkin.
    Immanuel Kant: Kant membagi proposisi ke dalam tiga kelas: Proposisi Analitis, Proposisi sintetis, dan Proposisi Aritmatika dan geometri murni.
    Phytagoras: Doktrin Phytagoras antara lain bahwa fenomena yang tampak berbeda dapat memiliki representative matematika yang identik (cahaya, magnet, listrik dapat mempunyai persamaan diferensial yang sama.

    ReplyDelete
  4. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan-anggapan filsafat, dasar-dasar, dan dampak-dampak matematika. Tujuan dari filsafat matematika adalah untuk memberikan rekaman sifat dan metodologi matematika dan untuk memahami kedudukan matematika di dalam kehidupan manusia. Sifat logis dan terstruktur dari matematika itu sendiri membuat pengkajian ini meluas dan unik di antara mitra-mitra bahasan filsafat lainnya.
    Sejarah perkembangan kalkulus bisa ditilik pada beberapa periode zaman, yaitu zaman kuno, zaman pertengahan, dan zaman modern. Pada periode zaman kuno, beberapa pemikiran tentang kalkulus integral telah muncul, tetapi tidak dikembangkan dengan baik dan sistematis. Kalkulus juga digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih rinci mengenai ruang, waktu, dan gerak. Selama berabad-abad, para matematikawan dan filsuf berusaha memecahkan paradoks yang meliputi pembagian bilangan dengan nol ataupun jumlah dari deret takterhingga. Seorang filsuf Yunani kuno memberikan beberapa contoh terkenal seperti paradoks Zeno. Kalkulus memberikan solusi, terutama di bidang limit dan deret takterhingga, yang kemudian berhasil memecahkan paradoks tersebut.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Seperti yang telah diketahui bahwa ilmu filsafat merupakan dasar dari pendidikan matematika berdasarkan pendapat para filsuf. Para filsuf lebih mengkhususkan pada pertanyaan ontologis dan epistemologi mengenai matematika yang mengarah pada empiris. Awal dari filsafat ilmu berasal dari sekolah-sekolah yang dibangun berdasarkan aliran absolutism yaitu logicism, formalism, dan intuitionism. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan muncul sekolah predicativism.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Cakupan filsafat ilmu sangatlah luas. Salah satu cabang filsafat ilmu adalah filsafat matematika. Filsafat matematika berkembang dari jaman ke jaman sesuai dengan ruang dan waktu yang juga terus berkembang. Banyak sekali filsuf yang mengeluarkan pendapatnya tentang apa itu filsafat matematika. Semoga dengan adanya filsafat matematika dapat mempermudah kita dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Menurut Ross D.S. (2004) dalam Marsigit (2015), Filsafat Matematika adalah suatu kajian filsafat tentang objek atau konsep dan metode matematika yang meliputi kajian tentang hakekat bilangan, hakekat bangun-bangun geometri serta hakekat objek-objek lainnya yang terkait dengan pembahasan konsep dan metode matematika. Filsafat matematika juga mempelajari sumber-sumber dan bagaimana cara memperoleh objek-objek matematika serta bagaimana menetapkan nilai kebenaran suatu klaim matematika, inferensi matematika serta logika matematika. Prof. Marsigit menuliskan dalam bukunya yang berjudul Filsafat Matematika bahwa Di antara cabang-cabang ilmu pengetahuan, matematika dianggap mempunyai hubungan yang istimewa dengan ilmu filsafat. Di dalam sejarahnya, hampir semua filsuf besar menggunakan asas-asas matematika dan logika untuk menguraikan gagasan filsafatnya. Hal ini mungkin disebabkan karena metode matematika dianggap telah dapat memberikan kejelasan dan kepastian di dalam memperoleh kebenaran dan di dalam kemampuannya menjelaskan alam semesta. Dengan demikian, juga terdapat beberapa filsuf yang kemudian berusaha menjelaskan dan menguraikan secara filsafat tentang hakekat matematika.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak Marsigit, saya sangat terbantu dengan tautan yang bapak tuliskan disini. Ternyata tugas pak Marsigit kemarin, sumbernya dari sini. Saya kebingungan kemarin. Ternyata pekerjaan saya kemarin masih jauh dari idealnya. Berdasarkan referensi-referensi ini, filsuf yang berperan dalam pengembangan matematika adalah Socrates, Plato, Aristoteles, Descartes, David Hume, Immanuel Kant, David Hilbert, Godel, Frege, dan Barkeley.

    ReplyDelete
  9. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Matematika adalah alat yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sejarah matematika adalah penyelidikan terhadap asal mula penemuan di dalam matematika dan sedikit perluasannya, penyelidikan terhadap metode dan notasi matematika dimasa silam. Dalam perjalanan sejarahnya, matematika berperan membangun peradaban manusia sepanjang masa. Sebelum zaman modern dan penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia, contoh-contoh tertulis dari pengembangan matematika telah mengalami kemilau hanya di beberapa tempat.Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah Plimpton, Lembaran Matematika Rhind (MatematikaMesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umumdikenal sebagai teorema Pythagoras,yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dari tautan ini saya menemukan Mathematical Models of Spacetime in Contemporary Physics and Essential Issues of the Ontology of Spacetime Teori relativitas umum dan teori medan materi menghasilkan ontologi yang menarik tentang ruang-waktu dan, umumnya, tentang alam.

    ReplyDelete
  11. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas referensi yang telah Prof Marsigit bagikan. Setalah saya membuka beberapa link tersebut, saya jadi tahu bahwa filsuf-filsuf yang berperan dalam perkembangan filsafat matematika diantaranya Rene Descartes, Plato, Aristoteles, Pythagoras, Imanuel Kant, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  12. Muhammad Nur Fariza
    143401241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Bapak Prof Marsigit atas beberapa referensi di atas. Di salah satu referensi itu tardapat banyak hal tentang aliran aliran filsafat diantaranya logicism, intuitonism, formalism dan predicativism. Semoga dapat kami dapat belajar lebih baik sehingga dapat menambah pengetahuan kami dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  13. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi-referensi yang diberikan. Semoga dengan mempelajari sejarah perkembangan filsafat matematika dapat menambah wawasan saya untuk dapat menjadi pengajar yang inovatif dan terus maju.

    ReplyDelete
  14. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas referensi yang dibagikan, sangat bermanfaat bagi saya untuk lebih mempelajari ranah filsafat matematika.

    ReplyDelete
  15. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  16. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perkembangan Filsafat dalam bidang Matematika di dunia sudah tersebar luas. baik dari teori-teori yang dikemukakan para ahli maupun ilmu-ilmu tentang filsafat matematika lainnya. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi perkembangan ilmu selanjutnya dimasa yang akan datang sebagai referensi untuk memunculkan teori ataupun pendapat baru yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Referensi tersebut juga sangat bermanfaat sebagai alat pembuktian apakah teori-teori yang sudah berkembang di dunia ini kebenarannya valid atau masih ada kesalahan dan kekeliruan.

    ReplyDelete
  17. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Filsafat matematika berawal dari fenomena alam yang terjadi di daerah asal mula terciptanya suatu peradaban. Salah satu fenomena alam dalam filsafat matematika adalah fenomena matematika yang cenderung dikhususkan pada mencari solusi matematika, cara matematika serta metode penyelesaian. Tujuan utama dari filsafat matematika adalah menginterpretasikan matematika, dan dengan begitu menjelaskan kedudukan matematika dalam dunia intelektual keseluruhan. Ini berarti filsafat matematika harus mengatakan sesuatu tentang matematika, sesuatu tentang aplikasi-aplikasi matematika, sesuatu tentang bahasa matematis.

    ReplyDelete
  18. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih kepada Prof Marsigit yang telah memberikan kami berbagai macam referensi untuk menambah pengetahuan kami. Kami sebagai pembaca akan memanfaatkan referensi tersebut sebagai sumber pengetahuan tentang filsafat matematika. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  19. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan salah satu link, yaitu https://www.britannica.com/topic/philosophy-of-mathematics saya mengetahui bahwa filsafat matematika adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama yaitu mengenai makna kalimat matematika biasa dan mengenai masalah keberadaan benda abstrak

    ReplyDelete
  20. Junianto
    PM C
    17709251065

    Pada dekade pertama abad 20 dikembangkan teori filosofis yang berhubungan dengan matematika, yakni logicism, formalism, intuitionism, dan yang muncul kemudian adalah predicativism. Matematika dan filsafat matematika mempunyai sejarah yang saling berkaitan. Filsafat yang merupakan induk dari ilmu-ilmu lain, sedangkan matematika merupakan cabang dari ilmu tersebut.

    ReplyDelete
  21. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PM A 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof, terima kasih atas sumber sumber referensi ilmu yang diberikan.
    Filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat. Jika matematika dianggap sebagai sains, maka filsafat matematika dapat juga dikatakan sebagai cabang dari filsafat sains. Filsafat matematika memainkan peranan penting dalam filsafat analitik. Filsafat matematika fokus pada dua pertanyaan utama, yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.

    ReplyDelete
  22. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Terima kasih Pak atas sharing terkait referensi sejarah perkembangan filsafat matematika. Filsafat matematika merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama: satu mengenai makna kalimat matematika biasa dan yang lainnya mengenai masalah apakah benda abstrak. Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Pengantar beberapa masalah filosofis menarik yang menyangkut matematika seperti ontology, epistemology, pondasi, menghitung, aplikasi. Beberapa filsuf telah berkontribusi pada filsafat matematika diantaranya adalah Plato, Aristoteles, Leibniz, Kant, Frege, Russell, Wittgenstein, Brouwer, Hilbert dan Lakatos.

    ReplyDelete
  23. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Waalaikumsalam Wr.Wb
    Terimakasih Pak sudah membagikan referensi sumber bacaan terkait sejarah perkembangan filsafat matematika.
    Filsafat matematika merupakan refleksi terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan matematika. Matematika dan filsafat saling berkaitan sejak jaman Yunani kuno. Dibuktikan dengan beberapa matematikawan yang juga seorang filsuf seperti Phytagoras, Plato, Aristoteles, I.kant, Godel dan descartes. Menurut filsuf, matematika merupakan inspirasi untuk mendeskripsikan pikiran filsafat. Salah satu peranan matematika hingga sampai pada era filsafat kontemporer adalah logika matematika, hingga para filsuf tertarik untuk mempelajarinya dan sampai pada tahap mengembangkan pemikiran logika matematika.

    ReplyDelete
  24. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Sejarah merupakan rangkaian peristiwa yang telah terlewati baik dalam hidup seseorang ataupun dalam penemuan sesuatu hal. Seperti itu juga matematika juga memiliki sejarahnya. Jika ditinjau dari sejarah hubungan filsafat dan matematika maka dapat dilihat bahwa teori filosof yang berkaitan dengan matematika yang meliputi logis, formal, intuitif dan prediksi itu dikembangkan pada abad 20. Teori-teori ini tidak menjadi mengherankan jika berkaitan dengan matematika, karena filsafat itu adalah berkaitan dengan olah pikir, sedangkan matematika juga beranjak dari kemampuan olah pikir.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas link yang telah bapak bagikan semoga kami bisa memanfaatkan ilmu yang bapak sharing melalui link-link tersebut, melalui link tersebut saya memperoleh informasi bahwa dalam filsafat matematika terdapat empat aliran yaitu logikaisme, Intuisi, formalisme dan predicativisme. Selain itu terdapat informasi beberapa filsuf yang berkontribusi pada filsafat matematika seperti Plato, Frege, Aristotle, Kant, Leibniz, Russel, Brouwer, Wittgenstein, Hilbert, Lakatos. kemudian informasi lain yang berkaitan dengan filsafat matematika.

    ReplyDelete
  26. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof tas semua sumber informasi dan pengetahuan yang telah di share kepada kami. Insya Allah dipergunakan dengan baik dan akan sangat bermanfaat. Wassalam.

    ReplyDelete
  27. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Manfaat dari membaca seluruh elegi di sini salah satunya adalah kita diberikan beberapa pengetahuan yang memang sempat tidak bisa kita fikirkan karena mungkin enggan untuk memikirkan karena terlalu pusing untuk memikirkan hal yang tidak penting. Sejakar perkembangan filsafat matematika perlu dimengerti oleh para calon guru matematika guna mengetahui bagaimana kita bisa menyampaikan inti dari matematika kepada siswa-siswinya. Pada hakikatnya matematika bukan mata pelajaran yang susah. Namun disini sering kali kita sebagai guru yang salah menyampaikan maksud dari yang dipelajari sehingga membuat para siswa merasakan kebingungan. Sebagai guru kita harus memposisikan pemahaman kita seperti pemahaman usia siswa-siswi kita agar apa yang kita sampaikan dapat tersalur dengan baik kepada siswa
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  28. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Filsafat matematika sangatlah luas cangkupannya, bahkan untuk mempelajari filsafat matematika terasa sangat kurang kalau hanya satu semester saja. Referensi yang bapak berikan akan sangat membantu kita dalam mempelajai filsafat khususnya pada ilmu matemaika. Bicara filsafat bukan hanya dari satu sudut pandang saja, modal utamanya adalah berpikiran terbuka dan juga harus penuh dengan keikhlasan tanpa adanya rasa sombong. Dengan belajar filsafat kita jadi lebih belajar untuk memandang segala sesuatu tidak hanya dari satu sisi saja.

    ReplyDelete
  29. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B


    Terimakasih atas link yang diberikan diatas, setelah saya buku, Dari 4 link diatas yang perhatian saya adalah konsep foundation yang tercantum dalam link ketika (http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/) yaitu : "Mathematics is a logical science, cleanly structured, and well-founded". Bahwa memang Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Semua rumus-rumus matematika lahir dari gejala alam dan untuk pengembangan ilmu alam.

    ReplyDelete
  30. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link referensi di atas, semoga dengan segala kemudahan yang telah diberikan, kami dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan bijaksana.

    ReplyDelete
  31. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Setiap ilmu memiliki tokohnya masing-maisng sebagai pencetus atau pengembang ilmu tersebut, contohny dalam filsafat matematika terdapat tokoh seperti Plato, Phytagoras, Aristoteles, Newton dan Kant telah mempengaruhi pemikiran matematika saat ini. Adapun pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika seperti membentuk dan mengkonstruksi pengetahuan oleh siswa sendiri secara aktif dan mandiri dan tugas guru berrtindak sebagai mediator dan fasilitator yang selalu melayani siswa melalui strategi, model, dan pendekatan yang terbaik untuk siswanya.

    ReplyDelete
  32. Junianto
    17709251065
    PM C

    Saya mencoba memberikan komentar terkait jurnal “The problems of Understanding Mathematics” oleh Jaroslaw Mrozek. Jurnal ini berkaitan dengan dengan masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran matematika. Kemudian juga menjelaskan bagaimana struktur proses pemahaman benda matematis seperti definisi, teorema atau teori matematika. Hal ini memang menjadi salah satu hal yang cukup fundamental karena berkaitan erat dengan pemahaman siswa. Apalagi objek matematika yang merupakan benda pikir membuat kajian ini menjadi salah satu alternatif untuk memahami bagaimana struktur dan proses pemahaman dari seorang siswa.

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Matematika dipandang sebagai ilmu yang tidak hanya diinterpretasikan sebagai nilai atau angka pada suatu bilangan. Matematika meliputi bahasa yang dapat diperoleh dari pengalaman seseorang. Selain itu, matematika memiliki multi dimensi, seperti konsep, logika, kenyataan dan pengalaman. Saya dapat menyimpulkan bahwa matematika tidaklah hanya sebatas definisi dari suatu bilangan. Satu sifat dari konsep yang ada mampu dijelaskan dengan berbagai cara.

    ReplyDelete
  34. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Membuka link http://www.bu.edu/wcp/Papers/Math/MathMroz.htm dan membaca salah satu artikelnya terkait The Problems of Understanding Mathematics, bahwa matematikawan harus mampu memahami obyek-obyek matematika seperti pengertian, definisi, teorema, dan teori matematika. Selain paham juga harus bisa menghubungkan dengan permasalahan-permasalahan lain. Di artikel ini juga dijelaskan bahwa jangan sampai salah mengartikan sebuah simbol, sehingga bisa menimbulkan banyak pengertian.

    ReplyDelete
  35. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Matematika dan filsafat tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Filsafat berhubungan dengan cara berpikir seseorang terhadap sesuatu, tidak terkecuali objek pikir pada matematika. Menurut saya, matematika adalah subset dari filsafat sehingga anggota (objek pikir) matematika adalah salah satu anggota (objek pikir) filsafat. Filsafat digunakan untuk memahami matematika, begitu pula sebaliknya ilmu (cara berpikir) matematika yang sudah ada (terdahulu) digunakan seseorang (setelahnya) untuk belajar menjawab pertanyaan filsafat. Mungkin saya kurang pemahaman, tetapi menurut saya filsafat matematika adalah cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan (logika) matematika yang dilakukan oleh para filsuf dan matematikawan di masa lalu.

    ReplyDelete
  36. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    ttps://powermathematics.blogspot.co.id/2013/09/referensi-sejarah-perkembangan-filsafat.html#comment-form

    Saya mencoba untuk membaca stau link sebagimana yang tertera di atas.Berdasarkan hasil bacaaa saya melihat bahwa dijelaskan terkait pandangan Plato dan Arisoteles terhadap matematika.Filsafat matematika mempertanyakan tentang dua hal mengenai makna matematika dan teori matematika.Peran filsafat matematika bagaimana membangun makna dan teori untuk bahasa matematika.Para filsuf matematika mencoba memberikan tanggapan terhadap pernyataan Plato yang menyatakan bahwa benda –benda nampak abstrak secara nonspatiotemporal, nonfisik, dan nonmental.Banyak para filsuf yang tidak percaya pada ojek abstrak sebab percaya yang demikian adalah suatu yang aneh atau gaib.

    ReplyDelete
  37. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Filsafat matematika adalah cabang filsafat yang membahas matematika. Pada salah satu link di atas disebutkan bahwa filsafat matematika adalah cabang dari filsafat sains. Disebutkan pula metode deduktif sebagai cara mendapatkan pengetahuan matematika. Di samping itu, saya juga melihat bahwa filsafat matematika berusaha menjelaskan peranan matematika dalam kehidupan. Jadi matematika tidak hanya dipandang sebagai suatu mata pelajaran yang wajib ditempuh di sekolah, melainkan sebagai salah satu bekal dalam kehidupan di dunia. Karena matematika sendiri tidak terlepas dari aktivitas pada kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  38. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sebenar-benar filsafat adalah hidup. Filsafat dapat dipandang dari berbagai sudut pandang dan objeknya ada dimana-mana, meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Termasuk di dalamnya adalah matematika. Filsafat matematika merupakan bidang dari ilmu filsafat yang mengkaji masalah yang berkaitan dengan matematika. Namun berbeda dengan matematikawan yang mengkaji mengenai teori - teori ataupun rumus matematis, para filsuf memiliki objek kajian sendiri tentang matematika, yakni mengenai hakekat matematika.

    ReplyDelete
  39. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Filsafat itu adalah pemikiran dari para filsuf. Dan karena merupakan pemikiran para filsuf, pastilah setiap filsuf memiliki masing- masing pendapat dalam memandang sesuatu. Maka sejarah perkembangan filsafat adalah sejarah perkembangan pikiran para filsuf. Jika kita ingin mempelajari sejarah perkembangan filsafat maka kita juga tidak akan terlepas dari pemikiran para filsuf. Kita harus mempelajari tentang sejarah pemikiran para filsuf untuk memahami sejarah perkembangan filsafat.

    ReplyDelete
  40. Rosnida Nurhayati
    PPs PMB 2017
    17709251042

    Mempelajari sejarah filsafat berarti kita mempalajari alur pemikiran para filsuf terdahulu, walaupun mungkin tidaklah mudah tapi dengan adanya referensi diatas bisa menambah bahan kami untuk belajar. terimakasih pak.

    ReplyDelete
  41. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Matematika merupakan bagian dari ilmu sains. Pengetahuan matematika berkembang dengan cara yang berbeda dari ilmu sains. Jika pada ilmu sains pengetahuan dibangun melalui induktif dan eksperimen maka berbeda dengan matematika yang pengetahuan dibangun secara deduktif. Dalam matematika suatu generalisasi dari sifat, teori atau dalil itu dapat diterima kebenarannya sesudahnya dibuktikan secara deduktif karena matematika memiliki kekakhasan sehingga para filsuf tertarik dalam menggali lebih dalam segala aspek yang ada dalam ilmu matematika yang bersifat kongkrit dan keaslian atau validitas dari sifat-sifat matematika.

    ReplyDelete
  42. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Sejarah filsafat matematika tentu tidak lepas dari pemikiran para filsuf. Para filsuf telah meletakkan pondasi-pondasi awal pengetahuan dimana manusia zaman sekarang tinggal mengembangkannya. Matematika yang kita pelajari sekarang adalah akumulasi dari matematika yang dikonstruk oleh para filsuf dan kita perlu mengapresiasinya. Seperti konsep Phytagoras, yang ditemukan Phytagoras. Kini kita tinggal menerapkannya dan mengembangkan konsep tersebut untuk menghitung panjang sisi miring dari suatu segitiga siku-siku. Begitu juga dengan konsep-konsep lain seperti trigonometri, limit, integral, dan lainnya tidak lepas dari pemikiran filsuf terdahulu.

    ReplyDelete
  43. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Terima kasih atas link-linknya Pak, sangat bermanfaat bagi referensi pengetahuan saya. Dari salah satu link dijelaskan bahwa filsafat matematika dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. Filsuf memberikan perhatian ontologis dan epistemologis tentang matematika mengingat bahwa matematika merupakan pengetahuan untuk mempelajari entitas abstrak yang diperoleh dengan cara deduksi dari prinsip-prinsip dasar, statusnya yang berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam yang tidak lebih terbuka untuk direvisi. Ketika matematikawan profesional prihatin dengan dasar subjek mereka, mereka dikatakan terlibat dalam penelitian dasar. Ketika filsuf profesional menyelidiki pertanyaan filosofis tentang matematika, mereka dikatakan berkontribusi pada filosofi matematika. Di sini terlihat bahwa tiada ada perbedaan antara filsafat matematika dan dasar matematika.

    ReplyDelete
  44. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Membaca artikel dari Mr. Jeremy Avigad saya masih belum memahami secara menyeluruh, hanya saja dalam paper tersebut dipelajari filsafat matematika yang menjadi poin penyusun penting bagi filsafat analitik, serta di dalamnya dibahas pemahaman mengenai filosofi tradisionalis dan matematika natural serta overview mengenai filosofi matematika. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  45. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Mempelajari filsafat tidak cukup dalam hitungan hari, bulan maupun tahun. Karena sebenar-benar belajar ialah agar suatu saat kita dapat menjadi saksi. Dalam persaksian tersebut kita memerlukan argumen yang dapat menguatkan. Argumentasi tersebut kita latih dan kita bangun selama proses belajar. Dalam tulisan kedua, dibahas mengenai pemahaman dan persepsi para filsuf mengenai matematika yang dispsialkan pada ontologi dan epistemologi matematika. Sangat menantang untuk dipelajari dan dipahami, terima kasih Prof. Marsigit.

    ReplyDelete
  46. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak Prof. karena telah berbagi berbagai macam link tentang sejarah perkembangan filsafat matematika yang pastinya akan menambah pengetahuan kami. Filsafat itu merentang sepanjang zaman. Filsafat yang merupakan olah pikir melahirkan pemikiran-pemikiran tentang filsafat matematika yang berasal dari pemikiran para filsuf. Filsafat matematika itu mengalami reduksi dan akumulasi hingga saat ini dan mungkin akan terus seperti itu hingga akhir zaman.

    ReplyDelete
  47. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Cita-cita tertingi dari filsuf adalah menjadi saksi. Setiap fenomena kejadian menjadi saksi, sebenar-benar filsafat adalah pikiran filsuf. Filsafat menjadikan hidup seseorang hidup, berpikir, dan melakukan tindakan berpikir. Maka filsafat menjadi langkah dalam mencari kebenaran. Terimakasih Prof referensi yang diberikan

    ReplyDelete
  48. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Untuk link dari britania, terkait dngan filsafat matematika. Secara umum membahas dua hal, yakni matematika standard an bagaimana object matematika yang abstrak itu diadakan. Matematika standar mencakup bahasan mengapa 3 dinamakan prima? Mengapa 4+4=8 ? . Filsafat matematika lebih jauh akan membahas itu.

    ReplyDelete
  49. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas referensi bacaan mengenai tokoh dan sejarah perkembangan filsafat matematika. Berbicara tentang tokoh matematika atau matematikawan. Ada seorang matematikawan yang menurut saya dia adalah seorang filsuf. Dia adalah Aristotel. Seorang matematikawan yang tertarik dengan paradox-paradox dari yunani. Paradox erat hubungannya dengan silogisma, tetapi selalu berakhir kontradiksi sehingga kesimpulan yang diambil sering kali bertentangan dengan logika. Menurut saya hal ini sangat menarik. Selain memahami hal-hal logis di dalam matematika, Plato juga mendalami tentang paradox yang cenderung merupakan filsafat. Ini lah yang memberi motivasi kepada saya untuk mempelajari filsafat matematika.

    ReplyDelete
  50. Latifah Fitriasari
    PM C

    Sering kali kita membaca dua sejarah besar antar Islam dan Barat seakan-akan tak pernah saling bertemu antara keduanya atau seperti kali ini pun ilmu filsafat yang dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang dapat merubah paradigma berfikir manusia mengalami perkembangan. Perkembangan iptek yang pesat adalah berkat dukungan matematika. Landasan dukungan disebabkan kekuatan matematika pada struktur dan penalarannya. Perkembangan matematika sering merintis kemungkinan penerapannya yang baru pada berbagai bidang ilmu lain. Ternyata perkembangan matematika dilihat dari kualitas dan kekuatannya jauh lebih penting daripada dilihat secara kuantitas.

    ReplyDelete
  51. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Filsafat matematika merupakan salah satu cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama: satu mengenai makna kalimat matematika biasa dan yang lainnya mengenai masalah apakah benda abstrak ada. Materi tentang filosofi matematika ini berorientasi pada isu-isu mendasar. Matematika adalah ilmu yang logis, terstruktur dengan rapi, dan beralasan. Di sini kita melihat fondasi tersebut.

    ReplyDelete
  52. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu, di samping disiplin ilmu seperti filsafat fisika dan filsafat biologi. Namun, karena materi pelajaran, filosofi matematika menempati tempat khusus dalam filsafat ilmu. pengetahuan matematika tampaknya diperoleh dengan cara yang berbeda: dengan deduksi dari prinsip-prinsip dasar. Status pengetahuan matematika juga tampaknya berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam. Untuk alasan matematika ini menimbulkan masalah dari jenis yang cukup khas untuk filsafat. Oleh karena itu filsuf telah diberikan perhatian khusus untuk pertanyaan ontologis dan epistemologis tentang matematika.

    ReplyDelete
  53. Di satu sisi, filsafat matematika prihatin dengan masalah yang berkaitan erat dengan masalah pusat metafisika dan epistemologi. Sepintas, matematika muncul untuk mempelajari entitas abstrak. Hal ini membuat orang bertanya-tanya apa sifat entitas matematika terdiri dan bagaimana kita dapat memiliki pengetahuan tentang entitas matematika. Jika masalah ini dianggap sebagai terselesaikan, maka salah satu mungkin mencoba untuk melihat apakah objek matematika entah bagaimana bisa milik dunia konkret setelah semua.
    Ketika matematikawan profesional prihatin dengan dasar subjek mereka, mereka dikatakan terlibat dalam penelitian dasar. Ketika filsuf profesional menyelidiki pertanyaan filosofis tentang matematika, mereka dikatakan untuk berkontribusi pada filosofi matematika. Tentu saja perbedaan antara filsafat matematika dan dasar matematika tidak jelas, dan lebih banyak interaksi yang ada antara filsuf dan matematikawan bekerja pada pertanyaan yang berkaitan dengan sifat matematika, semakin baik.

    ReplyDelete
  54. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Jika berbicara tentang filsafat matematika, di kepala saya teringat dengan Pythagoras. Dimana Pythagoras berhasil menemukan dalilnya yaitu Tripel Pythagoras. Saya ingin bertaya Prof, Apakah Tripel Pythagoras merupakan bentuk nyata dari filsafat?

    ReplyDelete
  55. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Filsafat adalah hasil pemikiran para filsuf dan filsafat ini merangkum dalam berbagai ilmu pengetahuan, tidak terkecuali matematika. Pembelajaran matematika, yang berorientasi pada kontruktivisme pun berasal dari pemikiran-pemikiran para filsuf terdahulu, seperti Aristotelian yang mengatakan bahwa pengetahuan matematika itu terbentuk karena interkasi dengan benda nyatanya. Pbm mtk anak-anak pun ada karena para filsuf tersebut, karena itu pelaksanaannya pun harus sesuai dengan hasil pemikiran para filsuf tersebut. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  56. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Perkembangan Filsafat dalam bidang Matematika di dunia sudah tersebar luas. baik dari teori-teori yang dikemukakan para ahli maupun ilmu-ilmu tentang filsafat matematika lainnya. Ilmu-ilmu tersebut sangat berguna bagi perkembangan ilmu selanjutnya dimasa yang akan datang sebagai referensi untuk memunculkan teori ataupun pendapat baru yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Referensi tersebut juga sangat bermanfaat sebagai alat pembuktian apakah teori-teori yang sudah berkembang di dunia ini kebenarannya valid atau masih ada kesalahan dan kekeliruan.

    ReplyDelete
  57. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Sebenar-benarnya filsafat adalah ilmu olah pikir yang sesuai dengan ruang dan waktu. Hanya orang-orang ahli filsuf yang mampu membuat sejarah perkembangan filsafat matematika. Matematika adalah bagian dari ilmu sains yang bersifat abstrak. Filsafat matematika pastinya mengkaji tentang ilmu matematika, yang mana dengan filsafat, matematika dapat dibuktikan kebenarannya. Ontologi dan Epistemologi selalu menjadi dasar akan sebuah ilmu pengetahuan, begitu juga dalam matematika. Karenanya perkembangan filsafat dalam bidang matematika ini bisa tersebar luasa dan tetap ada.

    ReplyDelete
  58. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas referensi yang diberikan kepada kami. Sebagai seorang praktisi dalam pendidikan matematika sebaiknya memang harus mengetahui perkembangan filsafat matematika. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya para praktisi filsafat maupun matematika.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  59. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Terimakasih, Pak, telah menyediakan link-link tersebut. Semua link tersebut dapat menambah referensi belajar filsafat pendidikan matematika saya. Dengan banyak membaca, semakin kita dapat meningkatkan kapasitas diri.

    Sekali lagi terimakasih ,Pak.

    ReplyDelete
  60. Terimakasih bapak telah membagikan link tersebut di atas. Melalui link tersebut saya mengetahui bahwa filsafat adalah salah satu ilmu yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya. Manusia memiliki perkembangan pandangan dan pola pikir seiring dengan semakin bertambahnya perkembangan dunia, sesuai dengan keadaan peradaban manusia tersebut, maka ilmu filsafat pun berkembang.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  61. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Saya tertarik dengan peryataan yang menyebutkan bahwa teori-teori ilmu alam nampaknya kurang pasti dan lebih terbuka untuk revisi daripada teori matematika. begitulah yang kami pelajari selama ini disekolah maupun di perguruan tinggi. entah itu benar atau tidak, namun yangkami pahami adalah matematika merupakan ilmu pasti. sedangkan ilmu alam lainnya bisa saja mengalami perubahan suatu waktu. berikut saya berikan contohnya. pada pelajaran IPA di SMP, tentang pembuatan magnet secara digosok. ternyata terdapat perbedaan konsep yang ada di jaman dulu wakatu saya sekolah dengan jaman sekarang saat saya membantu siswa saya mengerjakan PR IPA. saya belum mengetahui konsep mana yang benar karena belum mendapatkan bukti ilmiah tentang hal itu.

    ReplyDelete
  62. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sejarah filsafat matematika menggambarkan tokoh seperti Phytagoras, Plato, Aristoteles, Leibniz dan Kant telah mempengaruhi pemikiran kita saat ini. Adapun pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika seperti filsafat konstrukfimisme yang berpandangan bahwa belajar adalah membentuk pengertian oleh pelajar.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  63. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Adapun pemikiran atau pandangan mereka terhadap ilmu matematika seperti filsafat konstrukfimisme yang berpandangan bahwa belajar adalah membentuk pengertian oleh pelajar. Jadi siswa harus aktif sedangkan guru bertindak sebagai mediator dan fasilitator.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  64. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof atas liinknya yang telah dibagikan. Belajar tentang filsafata berarti belajar tentang bagaimana para filsuf berpendapat. Pendapat para filsuf ini mengalami perkembangan dari zaman kezaman sehingga perkembangan filsafat tergantung dari perkembangan apa yang yang para filsuf pikirkan dan juga pandang. Jadi perkembangan filsafat trgantung dari perkembangan sudut pandang dan juga pemikiran para filsuf.

    ReplyDelete
  65. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Filsafat pada dasarnya adalah pikiran dari para filsuf. selain itu kita ketahui bahwa setiap pemikiran seseorang itu akan berbeda-beda, hal tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Sehingga, apabila kita ingin mempelajari sejarah perkembangan filsafat pada sejatinya kita mempelajari perkembangan pikiran dari para filsuf serta mempelajari terait alur pemikiran dari para filsuf.

    ReplyDelete
  66. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih Prof atas referensinya. Semoga dengan membaca referensi-referensi yang telah Prof Marsigit bagikan tersebut dapat membantu saya dalam mengenal sejarah perkembangan filsafat dari masa ke masa.

    ReplyDelete
  67. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih prof atas link yang telah diposting diatas. Referensi tersebut sangat bermanfaat dan membantu dalam mempelajari perkembangan pemikiran dari para filusuf dengan baik.

    ReplyDelete
  68. Okta islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Prof atas postingan link referensinya. Semoga referensi yang telah di posting dapat menambah sumber pengetahuan dan m=membantu dalam pembelajaran filsafat.

    ReplyDelete
  69. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih atas link yang diberikan, Prof. Mempelajari filsafat berarti mempelajari bagaimana seorang filsuf memandang suatu masalah ataupun keadaan. Semoga dengan membaca link-link yang diberikan di atas dapat membantu untuk mengenal sejarah filsafat dari dulu hingga sekarang.

    ReplyDelete
  70. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas referensi yang sudah dibagikan kepada kami. Semoga dengan adanya link tersebut dapat menjadi tambahan ilmu untuk kami semua terutama mengenai filsafat.

    ReplyDelete