Sep 20, 2013

Jargon Pertengkaran antara Subyek dan Obyek




Oleh Marsigit

Orang tua berambut putih:
Hemm indah betul dunia itu. Semakin diungkap semakin banyak pula yang tidak aku tahu. Kenapa aku tidak bisa istirahat? Ancamannya adalah mitos. Tetapi diperbatasan sana aku telah menemukan bahwa mitos itu logos, dan logos itu mitos, tidak itu iya dan iya itu tidak, awal itu akhir dan akhir itu awal, berubah itu tetap dan tetap itu berubah, subyek itu obyek dan obyek itu subyek,...dst. Tetapi aku sekarang sedang melihat para jargon telah menguasai dunia. Maka aku sedang menyaksikan bahwa dunia itu jargon dan jargon itu dunia. Samar-samar aku melihat di kejauhan ada pertengkaran antara jargon subyek dan jargon obyek. Wahai jargon subyek dan jargon obyek dengarlah diriku sebentar. Mengapa engkau kelihatannya sedang berselisih. Jargon subyek kelihatan sangat ganas dan kejam, sedangkan jargon obyek kelihatan sedang bersedih dan rendah diri. Bolehkah aku mengetahui pokok persoalannya?

Jargon subyek:
Wahai orang tua berambut putih. Kenalkanlah aku adalah jargon subyek. Sebenar-benar jargon itu adalah milikku. Maka tiadalah selain diriku dapat mengaku-aku memiliki jargon. barang siapa selain diriku mengaku-aku memiliki jargon, maka akan aku binasakan mereka itu. Maka saksikanlah wahai orang tua berambut putih, dengan lantang dan dengan penuh hikmat dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya aku proklamasikan bahwa jargon itu tidak lain tidak bukan adalah diriku. Jargon itu adalah kuasaku, jargon itu adalah jiwaku. Jika tidak ada jargon pada diriku maka tiadalah diriku itu. Maka beritahukanlah kepada obyek agar jangan sekali-kali mengklaim memiliki jargon. Jika para obyek tetap teguh pendirian maka dengan bengisnya aku akan hadapi mereka semua.

Jargon obyek:
Wahai orang tua berambut putih. Kenalkanlah aku adalah jargon obyek. Saya menyadari bahwa jargon para subyek itu begitu kuat dan mengerikan bagiku. Tetapi ketahuilah bahwa sebenarnya diriku juga berhak mempunyai jargon. Maka perkenankanlah bahwa diriku juga memiliki jargon. Maka saksikanlah wahai orang tua berambut putih, serendah-rendah dan sekecil-kecil diriku, maka aku itu sebetulnya adalah jargon juga. Jargon itu pelindungku. Jargon itu jiwaku. Jika tidak ada jargon pada diriku maka tiadalah diriku itu. Maka beritahukanlah kepada subyek agar menyadari bahwa diluar dirinya itu sebetulnya terdapat jargon diriku. Itulah sebenar-benar dan sebesar-besar ancaman bagi diriku, yaitu jargon para subyek. Ketahuilah tiadalah subyek itu jika tidak ada obyek.

Orang tua berambut putih:
Wahai jargon subyek. Supaya aku lebih mengerti tentang dirimu, maka ceriterakanlah tentang dirimu itu kepadaku. Siapakah dirimu, bagaimana dirimu, macam-macam dirimu, tujuan dirimu, dst.

Jargon subyek:
Terimakasih orang tua berambut putih. Aku adalah jargon subyek. Jikalau emosiku sudah terkendali maka aku dapat bercerita banyak tentang diriku kepadamu. Sebetul-betul yang terjadi tadi adalah aku telah sedikit berbohong kepadamu. Aku sebetulnya mengetahui bahwa jargon itu bukan hanya milikku, tetapi obyek pun mempunyai jargon. Tetapi ini off the record, jangan sampaikan kepada obyek. Mengapa? Karena jika engkau katakan hal ini kepada obyek maka kedudukanku sebagai subyek akan terancam. Ketahuilah bahwa setinggi-tinggi tujuanku adalah menjadi subyek yang kuat, yaitu sebear-benar subyek. Dalam rangka untuk mencapai tujuanku sebagai subyek sejati maka aku harus mengelola semua obyek sedemikian rupa sehingga semua obyekku itu terkendali dan dapat sepenuhnya aku kuasai. Maka aku melakukan segala daya dan upaya termasuk menggunakan jargonku agar obyek selalu dapat aku kuasai. Sebenar-benar ancaman bagi diriku di dunia ini adalah jargon-jargon para obyek. Maka aku sangat sensitif terhadap jargon para obyek. Dari pada jargon obyek menimbulkan masalah bagi diriku, maka lebih baik aku binasakan saja sebelum mereka lahir ke bumi.

Orang tua berambut putih:
Maaf jargon subyek, saya belum begitu jelas dengan uaraian-uraianmu itu. Dapatkah engkau memberikan contoh konkritnya. Jika perlu silahkan para anggotamu menyampaikan kepadaku.

Jargon subyek ketua :
Wahai orang tua berambut putih. Kenalkanlah saya adalah jargon subyek ketua. Mulanya biasa saja bagi diriku, ketika aku sebagai anggota. Tetapi kemudian tidak biasa bagi diriku ketika aku, entah kenapa, bisa terpilih sebagai ketua. Ketika aku menjadi ketua maka aku merasakan seluruh tubuhku bergetar dan bergemuruh mengalami perubahan jargon. Tadinya aku sangat menyayangi jargon-jargon ku sebagai anggota. Maka setelah aku menjadi ketua aku mulai kehilangan jargon anggota, dan kemudian mulailah aku di dominasi oleh jargon ketua. Ketahuilah bahwa dalam rangka untuk mempertahankan diriku sebagai ketua, maka aku telah mengambangkan banyak tak berhingga jargon-jargon. Contoh sederhana dari jargonku itu adalah: sebagai anggota itu harus jujur, sebagai anggota itu harus peduli, sebagai anggota harus patuh, sebagai anggota harus bijak. Begitu aku menemukan para anggotaku tidak sesuai dengan jargonku maka aku segera menggunakan kekuasaanku sebagai ketua. kekuasaanku sebagai ketua itu mengalir melalui jargon-jargonku: sebagai ketua itu harus jujur, sebagai ketua itu harus peduli, sebagai ketua itu harus adil, sebagai ketua itu harus bijak. Tetapi begitu aku menemukan bahwa diriku tidak sesuai dengan jargon-jargon, ternyata muncul jargon-jargonku yang lain: ketua harus terhormat, ketua harus wibawa, jangan tampakkan kelemahanmu, tutupilah kesalahanmu..dst. Maka jargon yang paling populer bagi diriku sebagai ketua adalah: berbohong demi kebaikan, tidak adil demi keadilan, menghukum demi membebaskan..dst. Ternyata muncul jargon populer berikutnya: manusia itu tidak pernah terlepas dari kesalahan, maka demi menjaga statusku sebagai ketua terpaksa aku harus menggunakan jargon topeng, yaitu topeng kepribadian. Sebenar-benar jargon topeng adalah menutupi segala kelemahanku dan dosa-dosaku di hadapan para obyek. Kalau bisa apakah jargon topengku itu dapat menyembunyikan diriku dari Tuhan? Oh orang tua berambut putih, janganlah engkau teruskan pertanyaanmu itu, dan janganlah rongrong kewibawaanku sebagai ketua. Itulah diriku, yaitu sebenar-benar jargon subyek ketua. Maka aku sangat menyukai semua kesempatan di mana aku bisa memproduksi semua jargon-jargon subyek ketua, agar diketahui oleh para obyek-obyekku. Seminar, konferensi, workshop, pengajian, diskusi, kampanye, koran, radio, TV, debat ...semuanya aku manfaatkan untuk memproduksi jargon-jargonku.

Orang tua berambut putih:
Wahai jargon obyek. Supaya aku lebih mengerti tentang dirimu, maka ceriterakanlah tentang dirimu itu kepadaku. Siapakah dirimu, bagaimana dirimu, macam-macam dirimu, tujuan dirimu, dst.

Jargon obyek:
Terimakasih orang tua berambut putih. Aku adalah jargon obyek. Jikalau aku terbebas dari segala tekanan maka aku dapat bercerita banyak tentang diriku kepadamu. Sebetul-betul yang terjadi tadi adalah aku telah menyampaikan apa adanya kepadamu. Aku sebetulnya mengetahui tidak merdeka dan merasa takut oleh aktivitas para subyek. Tetapi ini off the record, jangan sampaikan kepada subyek. Mengapa? Karena jika engkau katakan hal ini kepada subyek maka jiwaku bisa terancam. Padahal segenap jiwa ragaku itu tergantung sepenuhnya oleh subyek-subyekku. Ketahuilah bahwa setinggi-tinggi tujuanku adalah terbebas dari segala ancaman dan tekanan para subyek. Dalam rangka untuk mencapai tujuanku sebagai obyek sejati maka aku harus memproduksi jargon-jargonku. Maka aku melakukan segala daya dan upaya termasuk menggunakan jargonku agar dapat terhindar dari perbuatan sewenang-wenang para subyek. Sebenar-benar ancaman bagi diriku di dunia ini adalah jargon-jargon para subyek. Maka aku sangat sensitif terhadap jargon para subyek. Tetapi aplah dayaku sebagai obyek. Maka sebenar-benar diriku adalah tetap menjadi obyeknya para jargon subyek.

Orang tua berambut putih:
Maaf jargon obyek, saya belum begitu jelas dengan uaraian-uraianmu itu. Dapatkah engkau memberikan contoh konkritnya. Jika perlu silahkan para anggotamu menyampaikan kepadaku.

Jargon obyek anggota :
Wahai orang tua berambut putih. Kenalkanlah saya adalah jargon obyek anggota. Mulanya biasa saja bagi diriku, ketika aku sebagai anggota. Tetapi kemudian tidak biasa bagi diriku ketika aku mempunyai ketua baru. Ketika aku mempunyai ketua baru aku merasakan seluruh tubuhku bergetar dan bergemuruh mengalami perubahan jargon. Tadinya aku sangat menyayangi jargon-jargon ku sebagai anggota. Maka setelah aku mempunyai ketua aku mulai kehilangan jargon anggota, dan kemudian mulailah aku di dominasi oleh jargon ketua. Ketahuilah bahwa dalam rangka untuk mempertahankan diriku sebagai anggota yang hakiki, maka aku telah mengambangkan banyak tak berhingga jargon-jargon. Contoh sederhana dari jargonku itu adalah: sebagai anggota itu harus jujur, sebagai anggota itu harus peduli, sebagai anggota harus patuh, sebagai anggota harus bijak. Begitu aku menemukan diriku tidak sesuai dengan jargonku maka aku segera mohon ampun kepada Tuhan ku. Sementara kekuasaan ketuaku itu mengalir melalui jargon-jargon ketua: sebagai ketua itu memang harus jujur, sebagai ketua itu memang harus peduli, sebagai ketua itu memang harus patuh, sebagai ketua itu memang harus bijak. Tetapi begitu aku menemukan bahwa ketuaku tidak sesuai dengan jargon-jargonnya, ternyata muncul jargon-jargonku yang lain: ketua harus melindungi anggota, ketua harus menolong anggota, dst. Maka jargon yang paling populer bagi diriku sebagai anggota adalah: yang penting selamat, hidup itu tidak neko-neko, manusia itu hanya mampir ngombhe, apalah gunanya status itu, ketua itu tidak penting yang penting amal perbuatannya. Ternyata muncul jargon populer berikutnya: semua manusia itu tidak pada hakekatnya sama saja, maka demi menjaga statusku sebagai anggota sejati terpaksa aku harus menggunakan jargon topeng, yaitu topeng kepribadian. Sebenar-benar jargon topeng adalah menutupi segala kelemahanku dan dosa-dosaku di hadapan para subyek. Agar aku selamat dari penindasan para jargon subyek. Kalau bisa apakah jargon topengku itu dapat menyembunyikan diriku dari Tuhan? Oh orang tua berambut putih, janganlah engkau teruskan pertanyaanmu itu, dan janganlah rongrong kedudukanku sebagai anggota. Itulah diriku, yaitu sebenar-benar jargon obyek anggota. Maka aku sangat menyukai semua kesempatan di mana aku bisa memproduksi semua jargon-jargon obyek anggota, agar aku bisa berlindung dari ancaman para subyek. Aku ternyata tidak bisa menggunakan seminar, konferensi, workshop, pengajian, diskusi, kampanye, koran, radio, TV, debat ...untuk memproduksi jargon-jargonku. Jangankan memproduksi jargon, untuk menghindar dari jargon subyek saja kerepotan ketika saya berada di forum-forum itu.

Orang tua berambut putih:
Sudah jelas duduk perkaranya. Ternyata semuanya memerlukan jargon. Subyek memerlukan jargon untuk memantapkan kedudukannya sebagai subyek, sedangkan obyek memerlukan jargon untuk melindungi dirimya. Ketahuilah bahwa Tuha itu maha bijaksana. Tuhan telah menciptakan segalanya termasuk suasana di mana subyek dan obyek dapat hidup bersama-sama dalam jargon-jargonnya. Maka solusi yang terbaik adalah menterjemahkan dan diterjemahkan wahai engkau para subyek dan obyek agar engkau saling memahami jargonmu masing-masing. Ketahuilah bahwa di batas sama subyek itu adalah obyek, dan obyek itu adalah subyek. Maka semua jargonmu itu akan lenyap diperbatasan pikiranmu masing-masing. Dengan ini aku peringatkan kepada subyek. Janganlah engkau bertindak melebihi batas. Tiadalah manusia itu pernah menjadi subyek sejati. Sebenar-benar subyek absolut adalah Tuhan YME. Sebenar-benar bukan jargon adalah kuasa dan milik Tuhan YME.

36 comments:

  1. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    “Subyek memerlukan jargon untuk memantapkan kedudukannya sebagai subyek, sedangkan obyek memerlukan jargon untuk melindungi dirinya”. Ya, sebenarnya subjek dan objek itu adalah dua hal yang saling membutuhkan. Subjek tidak akan lengkap tanpa objek, begitupun sebaliknya. Sebagai subjek juga tidak boleh bertindak melampaui batas dan semena-mena dengan objeknya. Karena yang sering salah justru subjeknya, bukan objek. Tiadalah manusia yang merupakan subjek sejati, karena subjek sejati hanyalah Allah SWT. Hidup hanya sementara di dunia yang fana. Maka dari itu, jadilah subjek yang baik, yang mampu memanfaatkan objek dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  2. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Secara lebih luas yaitu subyek sebagai penguasa dan obyek sebagai daksa yang harus patuh pada berbagai ruang dan waktu termasuk misalkan contohnya pada sistem pemerintahan kita. Dimana pemimpin memiliki pedoman-pedomana jargon seperti yang telah disebutkan di atas dan obyek juga memiliki jargon-jargon seperti yang telah disebutkan di atas. Setiap kita diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Sehingga itulah yang menyebabkan adanya kemajemukan dalam kehidupan. Setiap subjek atau pun obyek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka sudah seharusnya tak perlu ada subyek sebagai penguasa dan obyek sebagai daksa yang harus patuh. Karena kita semua adalah sama.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan elegi di atas kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa dalam hidup ini tidak bisa dipungkiri bahwa adanya Penguasa dan yang dikuasai, adanya pemimpin dan dipimpin, adanya Presiden dan rakyat, adanya ketua dan anggota, begitu seterusnya. Dalam menduduki posisi kita dalam hidup ini, posisikanlah sesuai dengan batas-batasnya masing-masing. Misalnya ketua mengatur anggota dalam batasnya sebagai ketua harus diperhatikannya, begitu pula dengan anggota. Jabatan dan kekuasaan yang dimiliki itu adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan nanti. Jadi kita harus menjalankannya dengan penuh rasa tanggung jawab yang tinggi.

    ReplyDelete
  4. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dari artikel diatas, yang dapat saya pahami yaitu bahwa dalam hidup ini ada kebaikan dan ada juga keburukan. Semuanya itu saling berkaitan. Ada senang dan ada susah juga. Begitu pula dengan subyek dan obyek. Mereka saling berkaitan. Subyek dapat menjadi obyek, dan begitu juga sebaliknya, obyek dapat menjadi subyek. Perilaku dan tindakan kita juga demikian. Apa yang kita lakukan adalah pilihan kita. Baik atau buruknya yang kita lakukan adalah pilihan kita.

    ReplyDelete
  5. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Masing – masing objek dan subjek memilki jargon sendiri – sendiri. Oleh karena itu kunci agar bisa berdampingan dengan damai, adalah selalu terjemah dan menterjemahkan. Semoga kita senantiasa terhindar dari perpecahan.

    ReplyDelete
  6. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam kehidupan tentunya manusia saling membutuhkan. Seperti halnya dengan Subyek perlu obyek, dan obyek perlu subyek. karena keterkaitannya, mereka menjadi berguna dan bermakna. Saling membutuhkan satu sama lain, seperti dimana subyek adalah dokter sebagai pendiagnosa, dan obyek yang didiagnosa adalah pasien. Jika subyek tidak mempunyai obyek, maka siapa yang ingin didiagnosa. Ketika obat yang dikasih dokter tidak membuat sembuh pasien, kemudian pasien marah kepada dokter. Begitu pun sebaliknya dokter malah menyalahkan pasien. Disinilah Subyek dan obyek bisa jadi bertengkar jika salah satu dari mereka saling menyalahkan.. Keduanya tidak sadar bahwa seharusnya dijadikan refleksi diri antara dokter dan pasien agar tidak terjadinya pertengkaran saling menyalahkan.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Subyek dan obyek adalah dua hal yang berbeda namun saling melengkapi agar dapat menggapai hermenitika. Hal yang wajar bahwa setiap perbedaan pasti adanya suatu pertengkaran demi mencari jalan terbaik bersama, dan jalan terbaik itu ialah melengkapi satu sama lain.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Jargon pertengkaran atau perselisihan antara subjek dan objek. Subjek dan objek itu harus ada secara beriringan dan bersama. Mereka berbeda, namun keduanya saling membutuhkan. Subjek melakukan tindakan, sedangkan objek itu yang dilakukan oleh subjek, atau yang dilakukan tindakan. Jadi, keduanya sangat penting. Jika ada subjek tanpa objek, maka tidak akan terjadi suatu tujuan. Padahal, subjek dan objek memiliki suatu tujuan bersama. Tujuan menemukan keharmonisan.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarka artikel yang saya baca tentang Jargon pertengkaran atau perselisihan antara subjek dan objek. Dimana Subjek dan objek itu harus ada secara beriringan dan bersama. Mereka berbeda, namun keduanya saling membutuhkan. Subjek melakukan tindakan, sedangkan objek itu yang dilakukan oleh subjek, atau yang dilakukan tindakan. jadi, keduanya sangat penting. Jika ada subjek tanpa objek, maka tidak akan terjadi suatu tujuan. Padahal, subjek dan objek memiliki suatu tujuan bersama. Tujuan menemukan keharmonisan.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Subyek dan obyek kita andaikan sebagai orang besar dan orang kecil. Orang besar yang saya maksudkan adalah orang berkuasa sedangkan orang kecil adalah rakyat biasa. Setuju dengan yang dinyatakan oleh Bapak bahwa orang berkuasa ingin selalu memantapkan kedudukannya sedangkan rakyat biasa ingin menjamin perlindungan dirinya. Walaupun demikian, siapa yang bisa menjamin kedudukan seseorang dan apa yang tidak mungkin terjadi. Jika Allah berkehendak bisa saja rakyat biasa menjadi orang berkuasa dan orang berkuasa dijadikan-Nya sebagai rakyat biasa. Atau dengan kata lain tidak ada subyek sejati. Karena yang sebenar-benarnya subyek absolut adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Memang benar saling menterjemahkan dan diterjemahkan adalah solusi terbaik untuk memahami kedudukan subyek dan obyek. Keduanya memiliki jargon nya masing-masing untuk memantapkan kedudukan dan melindungi dirinya. Pada saatnya subyek akan menjadi obyek jika tidak MENGADA, dan obyek akan menjadi subyek jika MENGADA. Namun yang harus kita ingat adalah tidak ada manusia yang dpaat bertindak sebagai subyek sejati, karena sebenar-benarnya subjek adalah Dia Sang Pencipta dan sebenar-benar bukan jargon adalah kuasa dan milik Tuhan YME.

    ReplyDelete
  12. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Subjek dan objek memang tidak bisa dipisahkan karena keduanya bisa dikatakan kembar tapi tak sama. Sama-sama mempunyai jargon yang berbeda tetapi saling terjemah dan menterjemahkan. Dari itu antara keduanya harus bisa seimbang, maka tugas kita untuk bisa menyeimbangkannya sehingga dunia tetap dalam damai.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Tidak sepatutnya terjadinya pertengkaran atau perselisihan antara subyek dan objek. Seharusnya terjadi saling keterkaitan di antara keduanya, karena subjek dan objek saling membutuhkan karena subjek dan objek berjalan berdampingan untuk mencapai suatu standar yang menjadi tujuan bersama. Jika salah satunya tiada maka tidak akan mencapai tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  14. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Suatu perbedaan dan pertengkaran jangan dianggap sebagai suatu hal yang akan memisahkan. Justru dengan adanya perbedaan akan menjadikan sesuatu menjadi satu dan saling mengisi satu sama lain. Ada kebaikan maka ada keburukan, dengan menyadari adanya keburukan, maka lakukanlah suatu kebaikan yang dapat mengurangi atau menghilangkan keburukan.
    Berlaku juga layaknya subjek dan objek, subjek sebagai si pelaku kerja dan objek adalah yang dikenai kerja. Tidak akan ada objek jika tidak ada subjek, dan sebaliknya. Agar terjadi suatu harmoni yang seimbang, maka sebagai si subjek jangan lah berlaku otoriter terhadap objek.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Sebenar-benarnya subyek adalah Tuhan YME, subyek itu yang memiliki obyek. Manusia pun dapat menjadi subyek, namun tidak mutlak, hanya dalam waktu yang sementara saja. Subyek membutuhkan pembenaran diri bahwwa dia adalah subyek, namun sebagai manusia kita sebaiknya bijaksana jika sebagai subyek, karena subyek yang kita tempati tidak akan bertahan lama.

    ReplyDelete
  16. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kadang subyek lebih dominan daripada obyek. Kita sebagai subyek, kita harus bisa memimpin diri kita dan lingkungan kita dalam kebenaran. Namun kita sebagai manusia yang tidak pernah sempurna selalu diikuti dengan kesalahan, oleh karena itu kita dapat menjadi objek, ada kala kita perlu dipimpin dan dilindungi oleh subyek, namun objek juga harus memiliki pendirian. Dalam pendidikan, guru (subjek) sebagai pengelola dan pengatur pembelajaran perlu memperhatikan kondisi siswa. Siswa (objek) yang telah mempunyai bekal pengetahuan dan kemampuan awal tentu tidak begitu saja menerima apa yang diajarkan oleh guru. Guru perlu mencari metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar dengan baik.

    ReplyDelete
  17. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Subyek dan obyek adalah dua hal pasti ada di detiap kesempatan. Ketika menjadi subjek janganlah bersikap dan bertindak semena-mena kepada objek tetapi lakukan semuanya dengan semnagat kebersamaan, penghargaan dan penghormatan. Sebagi objek juga harus menyadari ada batasan-batasan yang harus dimengerti. Keihlasan dan ketulusanlah yang akan membangun keharmonisan antara objek dengan subjek. Dan perlu diketahui tidak selamanya kita menjadi obyek dan juga jadi subyek.

    ReplyDelete
  18. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    walaupun subyek dan obyek sangat berbeda, namun mereka saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Tuhan telah menciptakan suasana dimana subyek dan obyek dapat bersama-sama dalam jargon-jargonnya. Bagi subyek yang memiliki kekuasaan tinggi, janganlah bertindak melebihi batasan yang ada. Tidak ada di dunia ini adalah subyek sejati, karena sebenar-benar subyek absolut itu adalah milik Allah.

    ReplyDelete
  19. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pertengkaran Subyek dan Obyek. Obyek tidak dikatakan obyek jika tidak memiliki subyek, namun pada ruang dan waktu berbeda obyek bisa menjadi subyek. Begitu pula dengan subyek, pada ruang dan waktu yang lain bisa menjadi obyek. Kelakuakan obyek tergantung pada subyeknya. Jargon objek dan subjek adalah dua hal yang saling berlawanan. Contohnya ada mitos ada logos, Ada baik ada buruk, ada tua ada muda, ada senang ada sedih, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan subjek dan objek. Subjek dan objek saling berkaitan antara keduanya. Subjek dapat menjadi objek dan objek dapat pula menjadi subjek. Sama halnya dengan perilaku dan tindakan kita. Apa yang kita lakukan itu adalah pilihan karena pada dasarnya hidup ini adalah pilihan. Jadi obyek dan subyek saling terikat satu sama lain, itulah jargonnya.

    ReplyDelete
  20. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Subjek dan objek sama-sama membutuhkan jargon. Objek butuh untuk melindungi dirinya dari kesemena-menaan subjeknya. Sedangkan subjek membutuhkan jargon untuk menjaga eksistensi dirinya sebagai subjek. Subjek adalah objek bagi subjeknya subjek. Sedangkan Objek adalah subjek bagi objeknya objek. Sehingga keduanya haruslah menempatkan diri pada posisinya

    ReplyDelete
  21. Pertengkaran, perpecahan, permusuhan dan dendam ternyata dimulai dari kesombongan dan ego nafsu dari diri pribadi. Manusia yang tidak mau mengalah dengan orang lain karena merasa ilmunya, hartanya, kedudukannya, amalnya, kemuliaannya, ibadahnya, kecantikannya, ketampanannya lebih tinggi dari orang lain. Dengan kesombongan dan ego nafsunya akan merendahkan, mengecilkan dan meremehkan orang lain. (untuk diriku sendiri: janganlah sombong dengan jabatan guru sehingga mudah mengatakan bodoh pada muridnya entah itu diucapkan atau hanya dalam pikiran, janganlah sombong dengan harta yang dipunyai atau harta yang tidak dimiliki dengan mengatakan atau menuduh sombong pada orang lain). Subyek ingin merendahkan obyek begitupula dengan obyek yang ingin menentang subyek dengan kekuatannya. Masing masing seharusnya menyadari perannya masing-masing dan tidak berlaku sombong. Lebih baik melihat hubungan yang saling mengutungkan daripada meninggikan kedudukan masing-masing. Subyek perlu obyek dan sebaliknya. Guru perlu siswa dan sebaliknya.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Obyek dan subyek tidak bisa dipisahkan. Obyek akan mempunyai arti jika ada subyek. Jika ada obyek pastilah ada subyek. Subyek-subyek dibutuhkan untuk menjadikannya obyek. Terdapat banyak sekali obyek dan subyek di dunia yang terdiri dari sesuatu hal yang ada dan yang mungkin ada. Subyek dan obyek mempunyai banyak macam jenis. Tuhan telah menciptakan segalanya termasuk suasana di mana subyek dan obyek dapat hidup bersama-sama dalam jargon-jargonnya. Agar subyek dan obyek saling sinkron maka solusi yang terbaik adalah menterjemahkan dan diterjemahkan. Pikiran manusia tentu mempunya batas sehingga kita sebagai subyek tidak boleh bertindak melebihi batas. Karena sebenar-benar subyek absolut adalah Tuhan YME.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Subjek dan objek selalu bejalan beriringan dan bergantung satu sama lain sesuai dengan tugasnya masing-masing. Agar subjek dan objek dapat berjalan beriringan maka diperlukan menterjemahkan dan diterjemahkan. Subjek yang absolut hanyalah Allah SWT yang mempunyai segala alam semesta beserta isinya yang kita harus menjaga dan melestarikannya sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika

    subyek dan obyek adalah kesatuan yang sama sama memiliki jargon. menerjemahkan dan diterjemahkan. jargon subyek dan obyek akan lenyap dengan pikiran karena absolut adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Subjek dan objek itu sebetulnya objek dan subjek. Bisa pula menjadi subjek dan subjek. Bisa pula menjadi objek dan objek. Tergantung berapa jumlahnya, dan dalam konteks apa. Saya adalah subjek bagi saya yang berkomentar. Objek komentar saya adalah tulisan pak Marsigit. Saya dan komentar saya adalah objek bagi pak Marsigit. Sehingga tidak akan ada subjek, bila tidak ada objek. Begitu pula tidak ada objek, bila tidak ada subjek.

    ReplyDelete
  26. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Pada dasarnya suatu subyek itu dapat berubah menjadi obyek begitupun sebaliknya. Karena antara subyek dan obyek itu sangat berkaitan satu sama lainnya. Dimana keduanya saling melengkapi dan membutuhkan. Sebenarnya kita tidak perlu berdebat karena hanya akan membuang - buang waktu saja dan akan memperpanjang permasalahan alangkah baiknya bila saling memberikan masukan. Kita ketahui bahwa antara subyek dan obyek saling berhubungan dalam melakukan suatu kegiatan. Tanpa adanya obyek, peran subyek menjadi hampa karena tidak ada sesuatu yang dituju. Begitu juga sebaliknya jika tidak ada subyek, maka siapa lagi yang bertugas menjadi pemimpin atau pemberi arahan. Tim yang baik terlahir ketika mereka sepaham untuk tujuan bersama (golongan) bukan untuk kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  27. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. dari elegi diatas sya merefleksi bahwa objek dan subjek memiliki kedudukan masing-masing dan saling berhubungan. Objek dan subjek itu memiliki hubungan menterjemahkan dan diterjemahkan. Jika salah satu dari objek maupun subjek berdiri sendiri maka mereka akan kehilangan makna.

    ReplyDelete
  28. Umy Maysyaroh
    14301241014
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Antara subyek dan obyek, keduanya ada untuk saling melengkapi. Subyek memerlukan jargon untuk memantapkan kedudukannya, sedangkan obyek memerlukan jargon untuk melindungi dirinya. Keduanya dapat hidup saling berdampingan dengan damai seandainya dapat saling memahami satu sama lain. Tak lupa pula untuk senantiasa mengembalikan segala urusan kepada Allah, karena sebenar-benarnya jargon adalah miliki-Nya.

    ReplyDelete
  29. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Sebaik-baiknya guru adalah yang memberikan kesempatan kedasa murid untuk membuat jalannnya sendiri, tidak harus mengikuti jalan yang sudah ada.

    ReplyDelete
  30. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Guru harus mampu mengenali siapa dirinya sebenarnya yang dpat dikenali dari kata-kata, pertanyaan, apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan, dsb.

    ReplyDelete
  31. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Belajar yang baik adalah jika konstruktivisme merupakan cara yang paling tepat untuk digunakan guru dalam mengajarkan kepada murid.

    ReplyDelete
  32. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Belajar adalah guru dan murid yang bertemu di dalam ilmu berlandaskan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

    ReplyDelete
  33. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih Prof. Marsigit atas elegi yang diberikan membuka wawasan dan pengetahuan saya mengenai hakekat guru.

    ReplyDelete
  34. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ternyata antara subyek dan obyek sama-sama memerlukan jargon. Subyek memerlukan jargon untuk memantapkan kedudukannya sebagai subyek, sedangkan obyek memerlukan jargon untuk melindungi dirinya. Allah SWT maha bijaksana sehingga menciptakan makhluknya untuk saling berdampingan. Demikian juga dengan subyek dan obyek dapat hidup bersama-sama dalam jargon-jargonnya.

    ReplyDelete
  35. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Jargon pertengkaran antara subyek dan obyek banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing subyek dan obyek memiliki kepentingan yang berbeda. Agar keduanya bisa bekerjasama tentu dibutuhkan saling pengertian dan hormat menghormati antara subyek dan objek sehingga bisa memunculkan sinergi yang positif. Baik subyek maupun obyek tentunya sama-sama saling membutuhkan untuk saling melengkapi.

    ReplyDelete
  36. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Subyek memerlukan jargon untuk memantapkan kedudukannya sebagai subyek, sedangkan obyek memerlukan jargon untuk melindungi dirinya. Tuhan telah menciptakan segalanya dengan ke-Maha Sempurna-Nya termasuk menciptakan subyek dan obyek hidup berdampingan bersama jargon-jargonnya. Maka kita sebagai makhluk-Nya haruslah mampu memahami jargon kita masing-masing. Maka semua jargon kita itu akan lenyap diperbatasan pikiran kita masing-masing. Maka jangan lah kita bertindak melebihi batas. Sesungguhnya tak ada manusia yang pernah menjadi subyek sejati karena sebenar-benar subyek absolut adalah Tuhan YME dan sesungguhnya sebenar-benar bukan jargon adalah kuasa dan milik Tuhan YME.

    ReplyDelete