Sep 20, 2013

Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika




Ass,
Referensi bisa ditelusuri pada History of Philosophy Timeline seperti yang dapat di akses pada website berikut:

http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/
http://www.andrew.cmu.edu/user/avigad/Papers/PhilMath.pdf
http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/maths/
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics
http://www.bu.edu/wcp/MainMath.htm


Selamat membaca dan mempersiapkannya. Amin

Marsigit

77 comments:

  1. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Matematika adalah ilmu logika yang sangat terstruktur, tapi harus menggali cukup dalam dan akan dapat menemukan beberapa pasir. Membuat dasar terbaik untuk matematika adalah dengan melibatkan filsafat.

    ReplyDelete
  2. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Metode matematika yang deduktif, dan karena itu logika memiliki peranan penting dalam pengembangan matematika. pemikiran logis cocok di mana matematika dapat dilakukan sehingga dapat disebut sistem fondasi logis untuk matematika.

    ReplyDelete
  3. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Terimakasih Pak Marsigit, setelah membaca referensi ini saya mendapat banyak pengetahuan tentang filsafat matematika, logika, dan dasar dari matematika itu sendiri. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan saya.

    ReplyDelete
  4. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Terima kasih atas link-linknya Pak, sangat bermanfaat bagi referensi pengetahuan saya. Dari salah satu link dijelaskan bahwa filsafat matematika dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. Filsuf memberikan perhatian ontologis dan epistemologis tentang matematika mengingat bahwa matematika merupakan pengetahuan untuk mempelajari entitas abstrak yang diperoleh dengan cara deduksi dari prinsip-prinsip dasar, statusnya yang berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam yang tidak lebih terbuka untuk direvisi. Ketika matematikawan profesional prihatin dengan dasar subjek mereka, mereka dikatakan terlibat dalam penelitian dasar. Ketika filsuf profesional menyelidiki pertanyaan filosofis tentang matematika, mereka dikatakan berkontribusi pada filosofi matematika. Di sini terlihat bahwa tiada ada perbedaan antara filsafat matematika dan dasar matematika.

    ReplyDelete
  5. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Ada beberapa point yang dapat diambil dalam elegi ini.salah satunya adalah Filsuf memberikan perhatian ontologis dan epistemologis tentang matematika mengingat bahwa matematika merupakan pengetahuan untuk mempelajari entitas abstrak yang diperoleh dengan cara deduksi dari prinsip-prinsip dasar, statusnya yang berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam yang tidak lebih terbuka untuk direvisi.

    ReplyDelete
  6. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Matematika adalah ilmu logika yang sangat terstruktur, Membuat dasar terbaik untuk matematika adalah dengan melibatkan filsafat. logika memiliki peranan penting dalam pengembangan matematika. pemikiran logis cocok di mana matematika dapat dilakukan sehingga dapat disebut sistem fondasi logis untuk matematika.

    ReplyDelete
  7. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Terimakasih pak atas link-link yang diberikan. Link-link tersebut dapat menjadi referensi untuk belajar filsafat. Dengan membaca banyak referensi kita bisa berfilsafat dengan lebih mengacu kepada pemikiran para filsuf dan tidak terus menerus hanya menurut pendapat diri sendiri saja

    ReplyDelete
  8. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Seperti dalam link http://plato.stanford.edu/entries/philosophy-mathematics/ kita juga bisa mengetahui filosofi dari matematika itu sendiri. Terdapat berbagai pengetahuan seperti logika, intuisi, formalisme, dan lain ssbagainya

    ReplyDelete
  9. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Atau dalam link http://www.britannica.com/EBchecked/topic/369237/philosophy-of-mathematics kita bisa mengetahui pemikiran-pemikiran Plato dan Aristotle mengenai philosophy of mathematics

    ReplyDelete
  10. Terimakasih banyak bapak atas link Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika telah bapak bagikan. Sangat berguna bagi saya pribadi khususnya untuk lebih peka terhadap sejarah perkembangan filsafat matematika. Ada beberapa Filsuf matematika yaitu Pythagoras, Plato, Aristoteles, Leibniz, Kant, dll. Dalam perjalanan sejarahnya, matematika berperan membangun peradaban manusia sepanjang masa.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  11. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari link yang pertama, saya jadi mengetahui bahwa matematika adalah ilmu yang dalam memperoleh ilmu pengetahuan dengan cara didaktif, sedangkan ilmu sain selain matematika memperoleh ilmu pengetahuan dengan cara induktif, itulah mengapa mtematiak di filsafat memiliki tempat yang special atau khusus, selain itu ke spesial an matematika dibanding yang lain adalah bahwa di matematika jarang sekali terdapt revisi dalam ilmunya diandingkan dengan ilmu sain lainnyas eperti biologi dsb.

    ReplyDelete
  12. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    S1 pendidikan matematika c 2013

    Dari linkndia atas saya jadi mwngwtahui perbedaan filsafata matematika dan matematika logik dan fundamental matematika, fislsafat matematika lebih ke arah epsitwmologi, yaitu yangbberkaitan dengan moral yang diperoleh dari matematika, kalau matematika logika, matematika yang terdiri dari teori pembuktian, teori permidelan, komputasi, dan himpunan, fundamen matematika dan filsafat matematika perbadaannya samar.

    ReplyDelete
  13. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dalam logisisme, proyek logisis mencoba untuk mereduksi mateatika menjadi logika. Karena logika itu mengarah pada sesuatu yang netral atau sesuatu yang ontologis proyek ini terlihat mengharmoniskan dengan susana anti plato pada zaman itu.

    ReplyDelete
  14. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Intuisiisme berasal dari peerjaan ahli matematika LEJ brouwer. Menurut intuiisme, matematika sebuah aktifitas membangun secara esensi. Bilangan natral dalah membangun mental, bilangan real adalah konstruksi mental, pembutian dan teorema dalah kontruksi mental, mana matematika adalah ontruksi mentalkonstruksi matematika di produksi oleh ahli matematika ideal seperti abstraksi dibuat oleh kontingen, batasn fisik dari hidup rel ahli matematika. Tapi bhakn ahli matematika ideal tetap terbatas. Dia tidak dapat melengkapi kontrusi takterbatas. Meskopun dia dapat melengkapi bagiannya inisial terbatas yang besar secara arbitrari. Ini mengikuti bahwa intuisionisme menolak secara resolusi keadaan infinit aktual atau infinit yang lengkap;

    ReplyDelete
  15. Nuha FAzlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    setelah membaca aliran formalisme yang dibawa oleh hilbert, ternta dulu waktu saya di SMP dan SMA saya menganggap bahwa matematika adlah formal, ini dibuktikan bahwa saya menganggap matematika itu adalah sebuah game/permainan. Bagaimana dalam ermasalahn matematika kita tidak boleh melanggar aturan-aturan yang ada di matematika dalam bermain yaitu tujuan permainannya adalah menyelesaikan permaslahan matematika, dan dalma pembukatian matematika juga terliha sebagai game, yaitu bagaiman kita permainan ini mengajak/mengarahkan kita untuk menguba sesuatu dengan cara sedemiakian rupa denagn simbol dan aturan matematikka menuju aturan/rumus yang ingin dibuktikan

    ReplyDelete
  16. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Predikativisme, seperti yang telah disebutkan di awal, predikativisme tidak terdeskripsi secara ordinal seperti salah satu sekolah. Tetapi ini hanya untuk alasan kontingen yang sebelum datangnya perang dunia kedua tidak muncul untuk tingkat kepentingan sekolah lain.
    Awal mula prediktivisme sebagai dasar usaha russle. Do ace of poincare, dia datang di diagnosis berikut dari paradox russle. Argumen dari paradox russel mendefinisikan kumpulan C dari semua wujud matematika yang memenuhi x∈x. argument tersebut kemudian berjalan dengan menanyakan apakah C itu snediri berteu dengan keadaan ini, dan diperoleh kontradiksi.

    ReplyDelete
  17. Nuha Fazlussalam
    1330244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Platonisme
    Tahun sebelum perang dunia kedua ini menjadi keberatan berat telah muncul melawan tiap tiga program anti plato di filsaft matematika. Predikativisme adalh penegcualian, tetapi ini pada waktu sebuah program tanpa penahan. Oleh karena itu ruang diabuat untuk memperbarui interest di prospek pandangan plato tentang nature matematika. Di gambaran platonistk, subjek matematika terdiri dari wujud abstrak

    ReplyDelete
  18. Nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    platonisme godelgodel adalah platonis yang berkenaan dengan objek matematika dan berkenaan dengan konsep matematika. Tetapi pandangan platonistiknya lebih luarbiasa daripada ahli matematika pada umumnya.
    Godel memegang bahwa ada sebuah paralelsime kuat antara teori plausibel objek matematika nda konsep matematika di satu sisi, dan teori plausibel objek fisik dan sifat fisik dis isi lain. Seperti objek fisik dan sifat fisik, objek dan konsep matematika seobjektf objek dan sifat fisik. Obejk dan konsep matematik adalah seperti objek dan sifat fisik. Terpostulasi supaya memperoleh teori yang memuaskan baik dari pengalaman kita.

    ReplyDelete
  19. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Naturalisme dan indispensability
    Quine dirumuskan kritik yang metodologi dari filosofi tradisioanl. Dia menyarankan metodolgi filsafat yang berbeda, yang menjadi dikenal sebagai naturalisme. Menurut naturalisme, teori terbaik kita adalah teori saintifik terbaik kita. Jika kita ingin memperoleh jawaban tersedia terbaik untuk pertanyaan filosofi seperti apa yang kita tahu? Dan macam macam wujud apa yang ada? Kita seharusnya tidak mencapai untuk epistemologi tradisional dan teori metafisik. Kita seharusnya juga menahan diri dari memulai epistemologi fundamental atau penyelidikan metafisik memulai dari prinsip awal. Daripada, kitas eharusnya konsultasi dan analisis teori saintifik terbaik kita. Mereka muat, albeit sering implicit, akun terbaik aktual kta dari apa yang ada, apa yang ita ketahui, dan bagaimana kita menegathuinya.
    Putnam terapan penerapan quine naturalistik untuk ontologi matematika. Karen agalilei, teori terbaik kita dari ilmu natural adalah diekspresikan secara matematis. Teori newto gravitasi, misalnya, bergantung pada teori klasik bilangan real. Oleh karena itu komitmen ontologi untuk wujud matematika terlihat melikat pada teori saintifik terbaik kita. Garis ini menjelsakan dapat diperkuat dengan mencapai untuk tesis quinean confirmasi holisme.

    ReplyDelete
  20. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Platonisme sederhana
    Bernays mengamati bahwa ahli matematika di usaha dia “naif” menngani objek dia menggunaakn cara platonistik. Setiap usah aahli matematika, dia mengatakan, adalah seorang platonis. Tetapi ketik seorang ahli matematika sedang menjalankan tugas oleh filusuf yang menanykannya tentang komitmen ontologi, dia menyesuaikan dengan posisi non plato samar-samar. Ini telah diambil oleh beberapa untuk mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan pertanyaan filosofi tentang nature objek matematika dan pengetahuan matematika

    ReplyDelete
  21. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Masalah epistemologi banekraf
    Banekraf telah memformulasikan masalh epistemologi untuk bermacam posisi platonistikda dalam filsafat ilmu.argumennya secara spesifik mengarah berlawanan akun intuisi matematika seperti godel. Argumen benkraf mula dari premis teori terbaik kita adalah teori pengetahuan yang kasual. Ini kemudain dicatat bahwa menurut platonisme, objek abstrak di terlokalisasi secar temporer dan spasial, dimana darah dagng matematisian terlokaliasasi secara ruang dan waktu. Teori epistemologi terbaik kita kemudain memberitahu kita bahwa pengetahauan wujd matematika seharusnya mengahsilkan dari interaksi kasula dengan wujud wujud ini. Tetapi ini sulit untuk mmbayangkan bagaimana ini bisa menjadi kasus/permasalahan.

    ReplyDelete
  22. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Struktualisme dan nominalisme
    Usaha benekraf telah memotivasi filusuf untuk mengembangka teori-teoru struktualis dan nominalis di dalam filsafat matematika. Dan sejak akhir 1980 an, kombinasi struktualisme dan noinalisme juga telah dikemabangkan.

    ReplyDelete
  23. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Matematika tanpa wujud abstrak
    Goodman dan qune telah mencoba di awal-awal untuk menerima dengan berat hati dan memulai pada proyek untuk memformulsikan ulang teori – teori dari ilmu alamtanpa membuat wujud-wujud abstrak. Konstruksi ulang nominalistik teori-teori ilmiah membuktikan menjadi tugas yang sulit. Quine, untuk seseorang, meninggalkannya setelah usaha awal ini. Di dekade yang lalu banyak teori-terori yang telah diajukan yang mengaku memberikan konstruksi ulang nominalistik matematika.


    ReplyDelete
  24. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Struktualisme in rebus
    Lahan tasir fiskalis aritmatik dan analisis tidak hanya menganggap rendah argumen quine dan putnam. Ini juga memberikan secara parsial jawaban untuk tantanga epitemologi banekraf. Ini bukanlah tugas yang sederhana untuk memberikan akun tentang bagaimana manusia memperoleh pengethauan ruang dan waktu nyata/real secara fisik. Jdi kita tdiak lagi memerlukan untuk menjelaskan bagaimana darah daging atematisia berdiri berhubungan dengan wujud non fisik. Tetapi masalah identifikasi benecraf masih tetap. Seseorang mungkin bertanya-tanya kenan titik ruang waktu atau wilayah ruang waktu daripada bermain peran yang lain bilangan pi misalnya/

    ReplyDelete
  25. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Fiksionalisme
    Menurut proposa sebelumnya, statmen matematika aslinya ada benar dan cocok misal secara nominalistik, diterjemahkan. Akun nominalistik matematia yang tidak akan didiskusikan berpegang bahwa semua statemen matematika esnsialadalah salah karena tdaik ada wujud matematika.
    Fiksionalisme memegang bahwa teori-teori matematika adalah seperti cerita fiksi seperti cerita bersambung atau novel. Teori-teori matematika mendeskripsikan wujud-wujud fiksi, di cara yangs ama bahwa fiksi liteartur mendeskripsikan karakter fiksi. Posisi ini dibuat pertama di bab pegenalan, dan ditahun skerang-sekarang ini mnejadi populer.


    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Terima kasih atas referensi yang diberikan oleh bapak. Mengetahui tentang matematika platonime dan matematika non platonisme. Semoga ilmu yang bapak berikan dapat menambah pengetahuan dan ladang amal jariyah.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Topik khusus
    Di beberapa tahun akhir-akhir ini, sub disiplin filsafat matematika telah mulai muncul. Mereka mengemabngkan pada sebuah cara yang tidak ditentukan secara lengkap dengan (debat besar) tentang nature matematika. Pada bagian ini, kita melihata beberap disin sebagai berikut.
    a. Fisafat teori himpunan
    Banyak teori himpunan seperti di beberapa sense fondasi matematika. Ini terlihat bahwa hanya sekitar beberapa dari matematika dapat di bawa ke teori himpunan, bahkan sesautu aneh jika mensetting ke teori himpunan. Tahn akhir-akhir ini, filsafat teori himpunan muncul sebagai disiplin filsafat . ini tidak berartti bahwa di debat spesifik di filsafat teori himpunan ini tidak dapat membuat sebuah perbedaan besar apak satu mendekatinya dari titik pandang formalistik atau dari titik pandang platonistik.
    b. Kategoristik
    Di pertengahan abad 19 dedekind membuktikan bahwa dasar aioma aritmatika, hingga isomorfisme, tepatnya satu model, dan bahwa sama memegang untuk axioma dasar analisis real. Jika sebuah teori memilikinya, hingga isomorfisma, teatnya satu model, maka itu dikatakan sebagai kategori. Jadi modulo isomrfisme, aritmatika dan analisis masing-masing memiliki tepatnya cenderung satu model.
    c. Komputasi dan pembuktian
    Hinga akhir-akhir ini, subjek komputasi tidak menerima banyak perhatian di kalangan filsafat matematika. Ini mungkin karena di bagian faktanya bahwa style ilbert axiomatisasi teori bilangan , komputasi direduksikan ke bentuk fakta di peano aritmatika. Tetapi situasi iitelah berubah di tahun akhir-akhir ini. Ini terlihat sejalan dengan kepentingan yang meningkat komputasi dalam praktek matematika , refleksi filsafat pada nosion komputasi akan terjadi tempat yang menonjol lebih di filsafat matematika pada tahun yang akan datang.

    ReplyDelete
  28. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 penddikan matematika c 2013

    Masa depan
    Di abad duapuluan, penelitian di bidang filsafa matematika berkisar palinga banyak di sekitar objek matematika, hukum fundamental yang mengaturnya, dan bagaiman kita memperoleh pengetahuan tentangnya. Ini adalah perhatian fondasional yang secra inti terhbung dengan metafisik tradisionla dan pertanyaan epistemologi.
    Di pertengahan kedau abad 20 puluan, penenliti di bidang filsafat ilmu pindah dari perhatian fondasional, pertanyaan filosofis yang berhubungan dengan pertumbuhan pengetahuan ilmiah dan pemahaman ilmiahmenjadi lebih terpusat. Seperti pada awal 70 an, ada suara bahwa perhatian yang sama searusnya terjadi di filsafat matematika.

    ReplyDelete
  29. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    terimakasih atas sumber-sumber yang bapak berikan. salah satu sumber menceritakan mengenai phylosophy of mathematics yang tentunya sangat bagus dan berguna bagi saya yang selaku calon pengajar matematika.

    ReplyDelete
  30. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang kedua tentang filsafat matematika, filsafat matematika bermain peran penting dalam filsafat analitik, baik sebagi subek inquiry dan sebagai landamark penting di dalama landscape filsafat yang lebih luas.
    Secara tradisional, dua pertanyaan sentral untuk filsafat matematika: apa itu objek matematika? Bagaiman kita memiliki pengetahuannya? Plato menawarkan jawaban sederhana berikut: objek matematikaabstrak, sepeti segitiga dan bola, adalah bentuk, yang refleksinya tidak sempurna di dunia nyata.
    Perkembangan abad 19 di dalam matematika, ahli sejarah mtematika mengabil abad 19 sebagai abad lahirnya style modern pikirna matematika yang diprediksi hari ini. Karena kebanyakan filsafat matematika di abad 20 difokuskan pada datangnya ke pada hal dengan beberpa perubhaa dramatik yang terjadi di abad sebelumnya, ini akan meneolong untuk survey beberpa perkembangan ini.
    Perkembangan abad 19 fondasi matematika, bekerja di fondasi matematika bertujuan untuk engindentifikasi dan megklarifikasi konsep fundamental subjekdan metode. Tugas ini tanpa tekrcuali melibatkan preposisi terhadap nature matematika , dan juga bekerja fondasional yang menyediakan jembatan antara refleksi filsafat dan praktek matematika
    Perkembangan abad 20 dalam logika matematika. Dimana kita berdiri? Kit telah mmpertimbangkan beberpa pertanyaan yang memperhatikan natur objek matematika dan pengetahuan kita tetangnya, secaa tradisioanl, menjadi pusat [erhatian pada filsafat matematika. Kita juga telah mempertimbangkan perkemabngan abad 19 pada matematika yang ditekankan isu-isu ini dengan pecerahan baru.
    Pandangan filosofis abad 20 awal, ahli logka matematika hanya mendeskripsikan keajuan pada dua hal yaitu dengan inquiry ke nture of mathematics dan akhirnya kita di dalam posisi mempertimbangkan beberpa pendirian filsafat yang muncul.
    Filsafat matematika hari ini, hari ini, ada usaha yang telah berjalan untuk menyesuaikan dan menguatkan usaha abad 20 awal untuk dasar pengetahuan matematika.

    ReplyDelete
  31. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Filsafat matematika itu terdiri dari :
    Fondasi
    Tidak hanya kumpulan fakta, namu filsafat matematiak adalah sebuah fondasi atau dasar pemikiran
    Apa itu fondasi
    Sejarah fondasi
    Sistem fondasi ligika
    Sintem fondasi alternatif

    filusuf
    Catatan singkat tentang orang-orang yang tela berjasa memberikan sumbangan terhadap filsafat matematika, orang – orang yang saling terjemah dan menerjemahkan,
    Plato
    Aristoteles
    Kant
    Russel
    Hibert

    Masalah
    Malsah-masalh yang muncul dan menarik bagi filsafat matematika
    Meaning
    Ontologi
    Epistemologi
    Fondasi
    Aplikasi
    Komputasi



    Logika
    Kita memberikan kepentingan spesial pada posisi pfilsafat yag menghubungkan matematika dan logika
    Argumen melawan logisisme
    Argumen sejalan dengan logisisme

    ReplyDelete
  32. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    filsafat matematika
    filsafat matematika, cabang filsafat yang focus pada dua pertanyaan mayor: satu fokus pada makna kalimat matematika ordinary dan fokus lain adalah apakah objek abstrak itu ada.

    ReplyDelete
  33. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ining saya komen adalah tentang “ mathematical model of spacetime in contemporary physics and essential issues of the ontology of spacetime” jika dartika ke dalam bahasa indonesia menurut saya yaitu model matematika ruang dan waktu dalam fisika kontemporer dan isu-isu esensial ontologi ruang dan waktu.

    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Teori umum elativitas dan teori objek menghasilkan sebuah ontologi yang menarik tentang ruang dan waktu, umumnya, tentang alam. Ini adalah monistik, anti monistik dan ontologi geometri-yang substansi adalah metric field yang semua even fisik dapat direduksi

    ReplyDelete
  34. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan atematik c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “semantic realism: why mathematicians mean what they say” yang jika diartikan dalam bahsa indonesia menurut saya realisme semantik: mengapa matematisian berati apa yang mereka katakan.

    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Saya berpendapat bahwa jika kita memberdakan antara realisme ontologi dan realisme semantik maka kita tidak lagi harus memilih antara platonisme dan foralisme. Jika kita mengktegorikan teori sebagai bahasa matematika, maka bahasa analisis konten dan struktur apa yang kita katakan pada dan tenatng teori matematikamembolehkan kta untuk menjastifikasi inklusi konsep dan teori matematika sebagai lejitimasi objek studi filsafat

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “the issue of experiment in mathematics” yang diartikan ke dalam bahas indonesia artinya isu eksperimen pada matematika.
    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Isu status pengetahaun matematika a priori atau a posteriori telah dipertimbangakn secara erulang-ulang oleh filsafat matematika . sekarang ini, perkembangan teknologi komputer dan dorongan nya dalam bkerja setiap hari matematisian telah mengatur sebuah pencerahan pada masalah tersebut. Ini terlihat bahwa komputer melaksanakan 2 fungsi dalam matematia, komputer membawa kalkulai numerika dan komputer mengahdirkan penelitian area baru

    ReplyDelete
  36. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “the problems of understanding mathematics” yang artiny dlam bahas indonesia masalah-masalah dalam memahami matematika
    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Paper ini berusaha untuk menjelaskan struktur proses memahami objek matematika seperti, notions, definisi, teorema, atau teori matematika. Memahami adalah proses tidak langsung dari kognisi yang terdir dari memperoleh sense apa yang dipahami, menunjukkan dalam kemamuan untuk menerpakan apa yang dipahamidi keadaan dan sitasi yang lain. Seharusya pemahaman ini di tangani secara fungsional: karena memperoleh sense

    ReplyDelete
  37. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “reflesxive substantion of an one way ascendancy of mathematics over ethics” yang artinya dalam ahasa indonesia adalah substansi reflexi dari kekutan satu arah dari matematika seluaruh etika.
    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Russel dan popper adalah konkordan dengan plato dengan respek untuk kebebasan matematika pada sensasi. Beth memberikan opini dari kebebsan yang lengkapantara dunia sains dan matematika dan yurispondensi matematika. Untuk pertama kalinya, posisi plato, russel dan popper disubstansiasi di paper ini melalui reflexi hegel metdode ilmiah natural.

    ReplyDelete
  38. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “the cartesian doubt experiment and mathematics” yang artinya dalam bahasa indonesia eksperimen meragukan kartesian dan matematika.
    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Pandangan bahwa deskartes menyebut preposisi matematika ke dalam keraguan sebagai menentang semua kepercayaan fokus common sense ontologi dengan mengasumsikan bahwa semua kepercayaan berasal dari persepsi terlihat di akhir pada presupposisi bahwa masalah kartesian keraguan memerhatikan matematika adalah sebagai contoh maslah keraguan yang berkaitan dengan keberwujudan substansi. Saya berpendapat bahwa masalhnya bukan “apakah saya menghitung objek aktual atau gambar kosong”. Tetapi “ apakah saya menghtung apa yang saya hitung dengan benar”

    ReplyDelete
  39. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Dari link yang terakhir, terdapat kumpulan paper yang berkaitan dengan filafat matematika,

    Judul yang ingin saya komen adalah tentang “translation, quotation and truth” yang artinya dalam bahasa indonesia adalah terjemahan, tetapan dan kebenaran.

    Yang saya dapat dari membaca abstraknya yaitu
    Jika kebenaran logika adalah kebenaran karena hanya bentuk sintatiknya, maka matematika adalah berbedad dari logika, bahkan jika semua kebenaran matematika dalah dapat diturunkan dari definisi dan prinsip logika. Ini sering dikaburkan oleh hal yang masuk akal dari prinsip substitusi sinonim yaitu implisit dalam konsep fregean analitisitas

    ReplyDelete
  40. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Terima kasih kepada Bapak Prof. Marsigit atas link yang diberikan dan sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan saya tentang filsafat matematika. Seperti kita ketahui bahwa filsafat dapat mencakup semua aspek kehidupan, berbicara filsafat sangatlah luas. Banyak para filsuf yang berfilsafat, namun setiap berpendapat tidak jarang terjadi perbedaan. Perbedaan dalam berfilsafat bukan berarti benar atau salah, karena berfilsafat mengandung banyak pemikiran yang dapat diambil ilmunya dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

    ReplyDelete
  41. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu, di samping disiplin ilmu seperti filsafat fisika dan filsafat biologi. Namun, filosofi matematika menempati tempat khusus dalam filsafat ilmu. Selain itu, metode investigasi matematika sangat berbeda dari metode penyelidikan dalam ilmu alam. Status pengetahuan matematika juga tampaknya berbeda dari status pengetahuan dalam ilmu alam. Teori-teori ilmu-ilmu alam tampaknya kurang tertentu dan lebih terbuka untuk revisi dari teori matematika.

    ReplyDelete
  42. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B


    Ketika matematikawan profesional prihatin dengan dasar subjek mereka, mereka dikatakan terlibat dalam penelitian dasar. Ketika filsuf profesional menyelidiki pertanyaan filosofis tentang matematika, mereka dikatakan untuk berkontribusi pada filosofi matematika. Tentu saja perbedaan antara filsafat matematika dan dasar matematika tidak jelas, dan semakin banyak interaksi yang ada antara filsuf dan matematikawan bekerja pada pertanyaan yang berkaitan dengan sifat matematika, semakin baik.

    ReplyDelete
  43. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Filsafat mempelajari tentang semua aspek kehidupan, begitu pula filsafat matematika yang mencoba menjelaskan alam dan kehidupan. KEmudian muncul pandangan yang bervariasi terhadap matematika seiring berjalannya waktu. Plato berpandangan tentang matematika adalah bagian dari dunia transedental yaitu suatu realitas objektif yang merupakan tempat pengetahuan sejati yang hanya dapat digapai dengan intelek. Kemudian muncul pandangan Aristoteles, bahwa matematika bagian dari logika yang kemudian oleh Frege dikembangkan menjadi matematika formal. Kemudian muncul matematika yang berhubungan dengan geometri yang dibangun oleh Euclides dengan aksioma dan teorema. Kemudian Imanuel Kant berusaha memahami matematika melalui konsep analitik, dan seterusnya hingga sekarang matematika berdiri begitu kuat menjadi Ratu pengetahuan yang masih terus dapat berkembang tak ada batasannya.

    ReplyDelete
  44. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Philosophy matematika, cabang filsafat yang berkaitan dengan dua pertanyaan utama: satu mengenai makna dari kalimat matematika biasa dan yang lain mengenai masalah apakah benda abstrak ada. Yang pertama adalah pertanyaan sederhana penafsiran: Apa cara terbaik untuk menafsirkan kalimat matematika standar dan teori? Dengan kata lain, apa yang sebenarnya dimaksud dengan kalimat biasa matematika seperti "3 Perdana," "2 + 2 = 4," dan "Ada jauh lebih banyak bilangan prima." Dengan demikian, tugas utama dari filosofi matematika adalah untuk membangun sebuah teori semantik untuk bahasa matematika.

    ReplyDelete
  45. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Jika matematika adalah sebuah ilmu maka filsafat matematika adalah cabang dari filsafat ilmu seperti filsafat biologi dan filsafat fisika. Karena adanya kontradiksi pada matematika, misal dalam teori himpunan dan teori fungsi, sehingga hasil dari krisis kontradiksi ini adalah pengembangan dari sejumlah sekolah dalam filsafat matematika yang bertujuan untuk menjelaskan sifat dari pengetahuan matematika untuk mendirikan kembali kepastiannya. Kelompok aliranna dikenal sebagai logicism, formalisme dan konstruktivisme (menggabungkan intuitionisme). Kemudian hal yang keempat muncul sebagai predicativism.

    ReplyDelete
  46. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Terimakasih pak atas referensinya, sangat membantu saya dalam memahami mata kuliah filsafat matematika dan sejarah matematika

    ReplyDelete
  47. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013
    Pada referensi yang pertama dapat kita ambil bahwa "If mathematics is regarded as a science, then the philosophy of mathematics can be regarded as a branch of the philosophy of science". Artinya Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu.

    ReplyDelete
  48. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Beberapa hal yang dibahas pada referensi pertama yaitu :
    1. Philosophy of Mathematics, Logic, and the Foundations of Mathematics.
    2. Four schools (Logicism, Intuitionism, Formalism, Predicativism)
    3. Platonism (Gödel's Platonism, Naturalism and Indispensability, Deflating Platonism, Benacerraf's Epistemological Problem, Plenitudinous Platonism,
    4. Structuralism and Nominalism (What Numbers Could Not Be, Ante Rem Structuralism, Mathematics Without Abstract Entities, In Rebus structuralism, Fictionalism)
    5. Special Topics (Philosophy of Set Theory, Categoricity, Computation and Proof)
    6. The Future

    ReplyDelete
  49. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    ketika kita mempelajari matematika maka kita tidak terlepas dari mempelajari logika, karena matematika adalah ilmu tentang logika yang sering didekati secara deduktif yaitu dengan menetapkan terlebih dahulu definisi dan teoremanya, setelah itu dilakukan penelusuran dan penemuan untuk memperoleh teorema-teorema lain. bahkan dapat pula dikatakan bahwa logika merupakan pondasi sekaligus metode dalam matematika.

    ReplyDelete
  50. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    ketika kita mempelajari matematika maka kita tidak terlepas dari mempelajari logika, karena matematika adalah ilmu tentang logika yang sering didekati secara deduktif yaitu dengan menetapkan terlebih dahulu definisi dan teoremanya, setelah itu dilakukan penelusuran dan penemuan untuk memperoleh teorema-teorema lain. bahkan dapat pula dikatakan bahwa logika merupakan pondasi sekaligus metode dalam matematika.

    ReplyDelete
  51. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam link yang pertama dijelaskan bahwa Philosophy matematika berbeda dengan philosophy ilmu yang lainnya. Matematika dapat dipandang dalam beberapa aliran, seperti logicism, intuitionism, platonism, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  52. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam link yang pertama dijelaskan bahwa Philosophy matematika berbeda dengan philosophy ilmu yang lainnya. Matematika dapat dipandang dalam beberapa aliran, seperti logicism, intuitionism, platonism, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  53. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Filosofi matematika memainkan peran penting dalam filsafat analitik, baik sebagai
    subjek penyelidikan dalam dirinya sendiri, dan sebagai tonggak penting dalam yang lebih luas
    lanskap filosofis. pengetahuan matematika telah lama dianggap sebagai paradigma pengetahuan manusia dengan kebenaran yang baik diperlukan dan tertentu, sehingga memberikan akun pengetahuan matematika adalah bagian penting dari epistemologi. objek matematika
    seperti nomor dan set adalah contoh archetypical dari abstracta, karena kita memperlakukan benda-benda tersebut dalam wacana kita seolah-olah mereka adalah independen dari waktu dan ruang; mencari tempat untukbenda-benda tersebut dalam kerangka yang lebih luas dari pikiran adalah tugas utama dari ontologi, atau metafisika.

    ReplyDelete
  54. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Karya Immanuel Kant pergi jauh untuk mengklarifikasi dan meredakan beberapa perbedaan antara rasionalis dan sikap empiris. Misalnya, Kant membantu menggarisbawahi perbedaan antara menyatakan bahwa konsep timbul dari pengalaman, dan menyatakan bahwa itu muncul dengan pengalaman. Menurut Kant, masalah ini bukan apakah kita dilahirkan dengan konsep segitiga atau apakah kita mengembangkan konsep ini dari waktu ke waktu. Agak, fakta yang relevan adalah bahwa pembenaran yang tepat untuk pernyataan tentang segitiga tidak perlu membuat referensi untuk pengalaman. Kebenaran yang memiliki karakter ini, seperti kebenaran matematika, Kant disebut apriori. Kebenaran yang tersisa, yaitu orang kita membenarkan oleh mengacu pada pengalaman kami, ia disebut a posteriori.

    ReplyDelete
  55. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Matematika berasal dari tanah arab di sekitar sungai nil yang hidup mengelompok dan bertani, kemudian diawali dengan konsep pengukuran dengan tali, kemudian berkembang menjadi mengenal berbagai macam bentuk. Sampai pada akhirnya dapat membangun piramida yang merupakan penerapan dari bangun segitiga. Filsuf matematika yang berkembang saat itu adalah phytagoras, plato, Aristoteles, Leibniz dan Kant. Plato beranggapan bahwa yang penting dalam matematika adalah pemikiran yang dapat membedakan tampilan dari realita yang sebenar-benarnya. Sedangkan phytagoras memandang sebagai fenomena yang tampak berbeda dapat memiliki representative matematika yang identik.

    ReplyDelete
  56. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Matematika merupakan kajian yang masuk akal atau logis. Dalam mempelajari matematika perlulah untuk melakukan kegiatan menalar. Matematika itu pasti dapat dipahami, dipikirkan, dibuktikan, dan dievaluasi.

    ReplyDelete
  57. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pada awal dekade abad ke 20 terdapat 3 aliran non-platonistic matematika yang berkembang yaitu : logicism, formalism, dan intuitionism kemudian berkembang menjadi 4 dengan ditambah predicativsm
    1.Logicism
    Projek logika terdiri dalam upaya untuk mengurangi matematika menjadi logika, karena logika dalam lingkup yang netral tentang hal-hal ontologis. Beberapa ahli berusaha menunjukkan bagaimana matematika dapat dikurangi menjadi logika diantaranya Frege, Russell, Wright, Bools.

    ReplyDelete
  58. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    2. Intuitionism
    Menurut intuitionism, matematika pada dasarnya merupakan kegiatan konstruksi. Bilangan merupakan konstruksi mental, bilangan real merupakan konstruksi mental, bukti dan teorema merupakan konstruksi mental, artinya matematika merupakan konstruksi mental. Konstruksi Matematika dibuat oleh matematikawan ideal, yaitu, abstraksi terbuat dari kontingen, keterbatasan fisik yang nyata kehidupan matematika. Tetapi bahkan matematikawan yang ideal tetap menjadi makhluk yang terbatas. Dia tidak pernah bisa menyelesaikan konstruksi yang tak terbatas, meskipun dia bisa menyelesaikan bagian awal hingga bagian yang cuku rumit. Ini mensyaratkan bahwa intuitionism tegas menolak keberadaan aktual (atau selesai) tak terbatas; hanya berpotensi koleksi terbatas diberikan dalam kegiatan konstruksi.

    ReplyDelete
  59. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    3. Formalism
    David Hilbert berpendapat bahwa bilangan dapat diambil untuk menjadi simbol. Simbol adalah entitas abstrak, tapi mungkin entitas fisik dapat memainkan peran bilangan asli. Dia berpikir bahwa matematika yang lebih tinggi tidak lebih dari permainan formal. Laporan tingkat tinggi matematika adalah string uninterpreted simbol. Membuktikan pernyataan tersebut tidak lebih dari sebuah permainan di mana simbol dimanipulasi sesuai dengan aturan tetap. Titik dari 'permainan matematika yang lebih tinggi', dalam pandangan Hilbert, dalam membuktikan laporan aritmatika dasar, yang memiliki interpretasi langsung (Hilbert 1925).

    ReplyDelete
  60. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    4. Predicativism
    Asal predicativism terletak pada karya Russell. Pada isyarat dari Poincaré, ia membuat diagnosis dan paradoks Russell. Argumen dari paradoks Russell mendefinisikan koleksi C dari semua entitas matematika yang memenuhi ¬x∈ x. Argumen tersebut kemudian mulai dengan menanyakan apakah C itu sendiri memenuhi kondisi ini, dan berasal kontradiksi.

    ReplyDelete
  61. Dita Aldila Krisma
    13301241002
    Pendidikan Matematika I 2013

    Gödel adalah Platonis berkenaan dengan objek matematika dan sehubungan dengan konsep-konsep matematika (Gödel 1944; Gödel 1964). Tapi pandangan Platonistic nya lebih canggih dibandingkan dengan matematika di jalan. Gödel menyatakan bahwa ada paralelisme kuat antara teori yang masuk akal objek matematika dan konsep di satu sisi, dan teori-teori yang masuk akal dari benda-benda fisik dan sifat di sisi lain.

    ReplyDelete
  62. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang berasal dari kata philia yang berarti persahabatan dan cinta, dan sophia yang berarti kebijaksanaan. Sehingga dalam arti arti harfiahnya adalah seorang pencinta kebijaksanaan. Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. Filsafat matematika adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan matematika serta hubungan matematika dengan segala segi dari kehidupan manusia. Sampai sekarang para filsuf dan ahli matematika masih mencoba merumuskan apa sesungguhnya matematika itu.

    ReplyDelete
  63. filsafat selalu ada dalam setiap pengetahuan, tak terkecuali matematika. sejarah filsafat yanga terdapat pada link diatas dapat membuat pengalaman dalam sejarah matematika. filsafat pd matematika tidak bisa lepas dari logika, intuisi, platonisem dan teori.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  64. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Terima kasih untuk bapak Marsigit yang telah memberikan referensi sejarah perkembangan filsafat. Link tersebut sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan kami lebih mendalam tentang filsafat terutama filsafat matematika. Jika matematika dianggap sebagai ilmu, maka filsafat matematika dapat dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu, di samping disiplin ilmu seperti filsafat fisika dan filsafat biologi

    ReplyDelete
  65. Vety Triyana K
    13301241027
    P Matematika I 2013
    Terima kasih Bapak, karena telah memberikan tambahan referensi. Ilmu pengetahuan merupakan hal yang kaitannya sangat erat dengan manusia dan menjadikan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Salah satu cabang perkembangan ilmu pengetahuan adalah matematika. matematika dan filsafat merupakan bagian dari bentuk korelasi yang dibagun dalam bentuk logika berpikir, karena dari alasan itu peran filsafat sangat penting dalam pengembagan kemampuan berpikir seseorang dalam memahami konteks ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  66. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Banyak ahli filsuf yang menjelaskan tentang filsafat matematika, mulai dari zaman Yunani sampai dengan zaman Modern yang salah satu tokoh dalam zaman modern adalah Immanuel Kant. Pada jaman Yunani Kuno, selama periode dari sekitar 600 SM sampai 300 SM, yang dikenal sebagai periode klasik matematika, matematika berubah dari fungsi praktis menjadi struktur yang koheren pengetahuan deduktif. Kant berpendapat menyebutkan bahwa matematika adalah pengetahuan sintetik a priori dan peran intuisi sangat penting dalam matematika. Filsafat matematika terus berkembang sampai zaman sekarang yaitu zaman pos modern atau matematika kontemporer.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  67. Postingan ini dapat memberikan referensi bagi kita mengenai filsafat pendidikan matematika. Semua orang bisa membaca referensi ini lewat link yang sudah diberikan oleh Prof Marsigit. Dapat diperoleh informasi bahwa sejarah filsafat melahirkan berbagai ilmu filsafat lainnya, tak terkecuali sejarah filsafat matematika
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  68. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Terima kasih atas link-linknya Pak, sangat bermanfaat bagi referensi pengetahuan saya. Dari salah satu link dijelaskan bahwa filsafat matematika dianggap sebagai cabang dari filsafat ilmu. sehingga melalui hal tersebut smeoga filsafat dapat memberikan sumbangan pengetahuan baru yang lebih kontemporen dan berguna dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  69. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Berdasarkan sumber referensi tersebut, filsafat matematika merupakan cabang dari filsafat. Jika matematika dianggap sebagai sains, maka filsafat matematika dapat juga dikatakan sebagai cabang dari filsafat sains. Filsafat matematika memainkan peranan penting dalam filsafat analitik. Filsafat matematika fokus pada dua pertanyaan utama, yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.

    ReplyDelete
  70. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link-link referensi tentang sejarah perkembangan filsafat matematika. InsyaAllah link-link tersebut akan bermanfaat bagi kami selaku pembaca dan selaku calon guru. Dan semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  71. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari salah satu sumber di atas, matematika yang ada pada saat ini mulai dikembangkan pada abad ke 19. Para sejarawan matematika biasanya menetapkan kelahiran style modern mahematical thought pada abad ke 19. Meski sudah sekian lama, namun pada saat ini masih banyak guru di Indonesia, yang bisa dikatakan sebagai ahli matematika, masih menggunakan ketradisionalan pada saat mengajar di kelas, misal seperti menggunakan metode ceramah dari awal pembelajaran sampai akhir.

    ReplyDelete
  72. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Seharusnya mayoritas guru pada saat ini, pada zaman modern ini, sudah menerapkan pembelajaran berbasis modern, tidak tradisional lagi. Sehingga kita tahu bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia bisa dibilang cukup lambat. Semoga kedepannya Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Di semua bidang khususnya pendidikan.

    ReplyDelete
  73. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Sejarah perkembangan filsafat matematika sangat luas. Dimana Filsafat matematika adalah cabang filsafat yang berujuan untuk merenungkan dan menjelaskan sifat dari matematika. Didalamnya mengenai dasar untuk pengetahuan matematika, sifat kebenaran matematika, ciri kebenaran matematika, dan mengapa kebenaran itu diperlukan. Secara tradisional, filsafat matematika bertujuan untuk memberikan dasar kepastian pengetahuan matematika. Pembahasan ini hanya sekilas tentang filsafat matematika, link ini membantu kita untuk melihat sejarah perkembangannya lebih dalam lagi.

    ReplyDelete
  74. Luthfannisa Afif Nabila
    13301240141
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih bapak Marsigit atas link yang bapak share mengenai Referensi Sejarah Perkembangan Filsafat Matematika. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  75. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Terima kasih atas link yang di berikan prof. sangat bermanfaat bagi kami, matematika dalam ilmu pengetahuan menjadi cabang utama dari sebuah filosofi ilmu karena matematika adalah ilmu dasar dan ilmu tertua di deretan displin ilmu lainnya sebagai acuan melahirkan disiplin ilmu lainnya seperti fisika biologi dll.

    ReplyDelete
  76. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Asal muasal filsafat ada karena filsafat merupakan pemikiran para filsuf, begitu pula dengan matematika juga berasal dari pemikiran, dari suatu masalah yang akan dicari solusinya. Matematika merupakan salah satu himpunan bagian dari filsafat, karena filsafat dapat mencakup semua aspek kehidupan. Oleh karena itu filsafat dan matematika merupakan dua hal yang harus dipelajari secara intensif dan ekstensif.

    ReplyDelete
  77. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Filsafat matematika dapat dikategorikan sebagai salah satu cabang dari filsafat. Bidang kajian dalam filsafat matematika yang pertama adalah fokus pada makna dari kalimat matematika biasa dan yang kedua fokus pada isu-isu apakah objek abstrak ada. Selain itu, filsafat matematika juga fokus pada masalah yang berhubungan erat dengan masalah sentral pada metafisik dan epistemology.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id