Sep 20, 2013

Filsafat atau Sastra?




Oleh Marsigit

Berikut saya nukilkan sebuah pertanyaan dari Sdr Ahmad Mujahid;

Assalamu’aalikum Wr.Wb
Maaf bapak saya sebenarnya masih bingung apakah elegi ini sebuah refleksi dari pemahaman filsafat ataukah merefleksikan sebuah pemahaman tentang kesusastraan? Ataukah saya yang masih bingung batas kajian filsafat dengan batas kajian sastra, karena ketika saya membaca elegi ini ternyata dak jauh beda dengan ketika saya mengkaji sebuah ungkapan-ungkapan sastra. Karena dalam elegi ini saya di tuntut untuk bagaimana mengereti dan memahami kata-kata yang ada bukan melogikakan ini dengan pemahaman filsafati. Jadi tidak jauh beda dengan membaca karya sastra seoarang sastrawan. Ketika mendefinisikan filsafat itu sebagai sebuah berfikir reflek dan kritis serta bagaimana berfikir bijak, di elegi yang bapak buat ini tidak ada yang mencerminkan hal itu malah yang terjadi adalah sebuah tanggapan yang tidak mengarah kepada sebuah pemahaman filsafati atau tidak mengarah kepada tujuan belajar filsafat itu. Jadi, mohon bapak menjelaskan tentang filsafat itu sehingga bagaimana itu saya jadikan sebagai acuan atau ilmu untuk menanggapi elegi yang bapak tulis dan nantinya tanggapan saya bisa terarah.
Sekian

Jawaban Saya (Marsigit):

Obyek filsafat adalah segala yang ada dan yang mungkin ada.

Maka dalam perbincangan filsafat bisa saja kita mempelajari sastra, sastra bahasa atau bahasa itu sendiri.

Kajian filsafat bersifat intensif dan ekstensif.

Intensif itu artinya dalam sedalam-dalamnya. Ekstensif itu luas seluas-luasnya.

Terdapat tiga pilar dalam filsafat yaitu kajian ontologis, kajian epistemologis dan kajian aksiologis.

Dengan kajian ekstensif maka pemikiran filsafat menjangkan semua yang ada dan yang mungkin ada.

Maka filsafat dapat ditaruh didepan apapun yaitu di depan yang ada dan yang mungkin ada.

Dengan kajian intensif maka pemikiran filsafat akan menjangkau hakekat atau ontologisnya sampai kita tidak mampu lagi mempertanyakannya.

Untuk mempelajari filsafat kita dapat menggunakan bahasa analog.

Bahasa analog mampu mengungkap kualitas-kualitas subyek dan obyeknya hingga sampai tataran radix.

Bahasa analog juga sejalan dengan metode simplifikasi atau reduksi.

Metode reduksi adalah metode berpikir yang paling ampuh tetapi sekaligus paling berbahaya.

Sadar atau tak sadar, manusia itu pasti menggunakan metode reduksi karena secara hakikinya manusia itu memang bersifat reduktif.

Secara ontologis, maka yang ada dan yang mungkin ada itu hanya mempunyai 2 prinsip, yaitu prinsip identitas dan prinsip kontradiktif.

Maka. dengan obyek dan metode serta pilar yang ada maka tidak ada yang tersisa.

Bukan filsafat itu bukan sisa filsafat.

Tidak setuju filsafat itu bukan sisa filsafat.

Bahwa ketiadaan itu pun mungkin ada sebagai kajian filsafat.

Maka bukan filsafat itupun filsafat jadinya.

Tidak setuju filsafat itupun sedang berfilsafat jadinya.

Maka aku menemukan bahwa dirikupun ternyata adalah sebuah filsafat.

Jika sastra adalah khasanah bahasa maka akupun menemukan bahwa filsafat itupun ternyata adalah bahasa.

Jika engkau ingin mengetahui batas antara filsafat dan sastra bahasa, tentulah itu sangat baik.

Tetapi ternyata aku juga menemukan bahwa baik filsafat ataupun sastra bahasa itu ternyata keduanya adalah pikiranku.

Maka aku dapat sembunyikan filsafatku itu dalam sastra bahasaku.

Dan juga dapat aku sembunyikan bahasaku itu dalam filsafatku.

Jikalau engkau telah cukup jelas akan uraianku maka aku khawatir bahwa engkau telah termakan oleh jargonku.

Jika engkau masih ragu akan penjelasanku maka itulah sebenar-benar awal dari pengetahunmu.Namun ternyata saya menyadari bahwa diriku itu terbatas.

Agar saya mampu menggapai batas pikiranku maka akupun dapat menggunakan metode hermenitika, yaitu menterjemahkan dan diterjemahkan.

Tetapi aku kemudian menemukan bahwa dunia yang sedang aku pelajari itu ternyata sama persis seperti yang aku pikirkan.

Maka aku menyimpulkan bahwa filsafat itu tidak lain tidak bukan adalah pikiranku sendiri.

Namun tidaklah mudah aku menggapai pikiranku, karena aku menemukan bahwa setiap jengkal perjalanan pikiranku terdapat terminal-terminal pemberhentian tentang kejelasan pikiranku.

Maka kemudian aku juga menemukan bahwa sebenar-benar bahaya yang aku hadapi dalam berpikirku adalah jika aku tidak mau berpikir lagi.

Keadaan itulah yang kemudian dikatakan oleh banyak orang sebagai mitos dalam pikiranku.

Maka sebenar-benar berfilsafat adalah usaha terus menerus untuk menggapai logos dan menggapai bukan mitos.

Maka aku juga menemukan bahwa semua yang ada dan yang mungkin ada itu pada hakekatnya adalah cermin bagi diriku untuk dapat menangkap mitos-mitosku.

Maka apalah yang engkau maksud dengan pemahaman filsafat itu.

Jika engkau telah paham betul tentang hakekat pemahaman filsafat, maka akupun masih khawatir jangan-jangan itu juga salah satu mitos besarmu.

Maka marilah kita selalu saling terjemah dan menterjemahkan. Semoga kita semua mampu menggapai terang.

Amiin

Demikianlah jawaban saya semoga bermanfaat bagai para mahasiswa yang sedang belajar filsafat.

Amiin.

48 comments:

  1. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dari yang saya pahami, filsafat mempunyai cangkupan yang sangat luas. Obyek filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada. Dalam mempelajari filsafat bisa saja kita belajar tentang ilmu lain seperti sastra karena dalam filsafat kita akan bermain dengan bahasa yang masih berhubungan dengan sastra. Oleh karena itu, sastra masih masuk dalam bagian filsafat. Filsafat dapat diletakkan di depan apapun yang ada dan yang mungkin ada. Seperti filsafat matematika, filsafat seni, filsafat bahasa, dan lain sebagainya. Berbeda dengan sastra yang hanya memiliki cangkupan lebih sempit.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Terkait pertanyaan antara "filsafat atau sastra" ini, sependek pengetahuan saya Filsafat dan sastra itu saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Filsafat bisa disajikan dalam bentuk karya sastra atau karya sastra bisa berisi ajaran-ajaran filsafat. Baik sastra maupun filsafat sama-sama merupakan sebuah reflektif. Dalam sastra, biasanya berisi ajakan untuk melihat apa yang bisa dipetik, disimpulkan, maupun dipahami dalam sastra tersebut dalam hal ini merupakan refleksi evaluasi sedangkan dalam filsafat justru menuntut adanya pemikiran kritis secara radikal, menanggapi, mempertanyakan, memilih dan memilah yang tepat dalam hal ini merupakan refleksi kritis.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dalam filsafat hal yang selalu ingin dicapai adalah logos. Mengubah mitos menjadi logos adalah satu hal yang harus dilakukan. Dalam pembincangan definisi suatu ilmu, paham saja belum cukup untuk mengemas ilmu tersebut menjadi logos. Contohnya ketika seorang guru mengajarkan materi Pythagoras, mudahnya guru langsung memberikan tripel Pythagoras yang mungkin, dan anak disuruh menghafal. Anak paham bagaimana cara mencari panjang sisi ketika dua sisi lain diketahui. Namun asal muasal dari aturan tersebut tidak diketahui. Teorema Pythagoras merupakan logoa, bagi yang memahaminya secara menyeluruh. Namun untuk kasus diatas teorema Pythagoras menjadi mitos saja.

    ReplyDelete
  4. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sastra atau filsafat merupakan sesuatu yang berdampingan dan saling melengkapi. Dimana sastra sama-sama mebicarakan dunia manusia. Demikian juga filsafat menekankan pada usaha untuk mempertanyakan dan hakikat keberadaan manusia. Jika dilihat dua disiplin ilmu ini memiliki objek yang sama yaitu manusia. Hanya saja filsafat lebih mencari hakikat dari hidup manusia sedangkan sastra hanya sebatas hal hal umum dan tidak lebih dalam dari filsafat. Secara asasi, baik karya sastra maupun filsafat merupakan suatu hasil refleksi penulis atas keberadaan manusia. Hanya saja, jika sastra merupakan refleksi evaluatif, filasafat merupakan refleksi kritis. Semakin bermutu karya sastra itu semakin mendalam pula nilai nilai filsafat yang terkandung di dalamnya.

    ReplyDelete
  5. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B
    Objek filsafat itu merupakan yang ada dan yang mungkin ada, sehingga cakupan filsafat itu sangat luas. Mempelejari filsafat berarti sama dengan mempelajarai bahasa analog yaitu yang bersifat radix. Sama halnya dengan sastra, cakupan filsafat yaitu ilmu dan bahasa sastra. Mempelajari sastra juga mempelajari bahasa analog yaitu reduksi dan simplifikasi. Tujuan bahasa analog ini yaitu untuk mempermudah pembaca dalam memahami filsafat dan sastra. Jika harus memilih antara filsafat dan sastra, maka tidak ada pilihan yang absolut dari keduanya. Karena keduanya saling berkesinambungan, jika kita ingin mempelajari sastra maka kita juga akan belajar berfilsafat dan begitu sebaliknya jika ingin mempelajari filsafat maka kita juga akan belajar sastra.

    ReplyDelete
  6. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat siang, Prof.
    Saya coba berpendapat bahwa filsafat dan sastra merupakan dua bagian yang saling berhimpun. Filsafat adalah pikiran dan sastra adalah buah dari pikiran. Sebuah makna dan ide mampu dituangkan dalam sastra. Sastra adalah upaya dalam menjelaskan pikiran. Ketika pikiran terlalu sulit dijelaskan, maka bisa digunakan analogi untuk menjelaskannya.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  7. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dua hal yang bersifat “seram” ketika saya membacanya, karena sama-sama membutuhkan pemikiran yang kompleks, pemikiran yang luas sampai ke akar-akarnya agar bisa menguhubungkan satu sama lain. Sependapat dengan beliau bahwa filsafat mencakup ada dan yang mungkin ada, bisa dikatakan segala hal tentang kesastraan juga termasuk di dalamnya. Bila belajar sastra, secara tidak langsung juga belajar filsafat tetapi belum tentu sebaliknya. Jadi, kebingungan tetap menghantui apakah saya sedang belajar sastra atau filsafat itu harusnya menjadi kebingungan yang berfaedah karena secara tidak langsung sudah berfilsafat tentang sastra filsafat.

    ReplyDelete
  8. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Filsafat adalah cara berpikir untuk menggapai logos dan menggapai bukan mitos. Ketika belajar sastra artinya kita juga berusaha menggapai logos dalam bidang sastra. Berarti bahwa kita sedang berfilsafat disana. Jika kita merasa telah mengetahui logos sastra, saat itu juga mungkin kita telah termakan mitos. Jadi tidak ada perbedaan atau batas antara filsafat dan sastra itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Filsafat dan sastra bagi seorang yang baru saja mempelajari filsafat tentunya terasa sangat erat kaitannya. Terlebih lagi filsafat menggunakan bahasa analog yang memerlukan penalaran yang tinggi sehingga bisa berpikir secara filsafat atau berfilsafat. Seseorang bisa dikatakan berfilsafat saat dia sudah mulai berpikir. Sebenar-benarnya filsafat terasa sederhana saat mulai mempelajarinya karena filsafat adalah pola pikirmu.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  10. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran".

    ReplyDelete
  11. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Setelah membaca elegi di atas filsafat atau sastra, menurut saya keduanya saling berkaitan. Karena seperti yang kita ketahui Filsafat adalah ilmu olah pikiran, dan sastra adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam berbagai bentuk. Maka sastra itu sendiri adalah filsafat. Antara sastra dan filsafat terdapat hubungan yang berkesinambungan. Jadi filsafat atau sastra keduanya tidak bisa dipisahkan.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Filsafat dan sastra merupakan dua cabang ilmu yang menarik bagi saya. Semua hal dapat dijadikan sebagai filsafat, begitu pula dengan sastra yang dapat mencakup apa saja. Kaitannya disini yaitu, sastra merupakan salah satu media penyebaran filsafat, karena filsafat menggunakan bahasa. Terlebih lagi bahasa dalam filsafat merupakan bahasa analog. Seorang filsuf ataupun semua orang dapat berfilsafat mengenai apa yang ada dan apa yang mungkin ada di dalam maupun di luar dirinya melalui bahasa analog dalam bentuk tulisan. Dalam tulisan tersebut syarat akan makna yang bergantung pada dimensi ruang dan waktu

    ReplyDelete
  13. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Filsafat adalah olah piker. Jika kita sedang berfikir tentang hakekat suatu hal, artinya kita sedang berfilsafat. Objek filsafat adalah segala yang ada dan yang mungkin ada. Oleh karena itu apa pun dapat kita kaji dalam filsafat. Kajian dalam filsafat bersifat intensif dan ekstensif. Artinya dalam sedalam dalamnya, dan luas seluas-luasnya. Dalam mengkaji sesuatu tentu kita butuh media. Bahasa merupakan salah satu media yang kita gunakan untuk mengkaji filsafat. Sastra juga merupakan bagian dari bahasa. Yang saya tangkap dari elegi-elegi ini adalah bahwa sastra/ bahasa yang digunakan merupakan media yang dipilih oleh Prof Marsigit untuk menyampaikan gagasan-gagasan beliau. Yang artinya merupakan filsafat beliau.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari artikel di atas, dapat ditemukan bahwa keraguan adalah awal dari pengetahuan. Jika kita merasa yakin terhadap penjelasan guru, maka, kita tidak akan mencari tahu lagi. Sedangan seorang guru juga memiliki keterbatasan. Keraguyan ini yang akan menuntun kita untuk mencari suatu hal lebih banyak lagi sehingga kita tidak termakan jargon dari guru.

    ReplyDelete
  15. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Karena objek kajian filsafat meliputi yang ada dan yang mungkin ada, maka sastra dapat menjadi salah satu objek dari kajian filsafat. Sementara itu berfilsafat ialah terjemah menterjemahkan. Untuk saling terjemah dan menterjemahkan tentu filsafat juga memerlukan bahasa. Maka keduanya saling berkaitan. Tetapi kita tidak boleh berhenti pada suatu kesimpulan, karena ketika kita berhenti maka kita terjebak oleh mitos.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Filsafat merupakan ilmu yang sangat luas karena berfilsafat sama dengan berfikir. Dalam mempelajari filsafat seringkali saya menemui bahasa-bahasa yang kurang familiar sehingga membutuhkan pemahaman yang tinggi, begitupun dalam sastra sangat identik dengan bahasa analog yang sulit dimengerti.

    ReplyDelete
  17. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat malam Prof.
    Filsafat memiliki jangkauan yang sangat luas. Sastra ada di dalamnya. Artinya sastra merupakan bagian dari filsafat itu sendiri. Sastra merupakan cara pandang terhadap suatu hal. Cara pandang bermula dari buah pikiran. Artinya sastra sebagai buah pikiran yang didasari oleh pikiran para filsuf yang telah memahami filsafat lebih jauh. Artinya adanya kesinambungan antara filsafat dan sastra. Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Filsafat dan sastra adalah dua hal yang saling berkaitan. sulit untuk membuat batasan yang jelas untuk keduanya. Didalam filsafat terdapat sastra, dan didalam sastra terdapat filsafat. Filsafat dan sastra itu sendiri menggunakan bahasa sebagai media penyampainya sehingga memiliki makna.

    ReplyDelete
  19. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Elegy diatas menjelaskan hubungan antara Filsafat dan, dimana filsafat meruapakan olah pikir, dan sastra merupakan hasil sebuah pemikiran. Sama halnya dengan objek filsafat yaitu ada dang mungkin ada, begitupun sastra yaitu mengenai yang ada dan mungkin ada. Sehingga sastra merupakan bagian dari filsafat itu. Belajar filsafat dan sastra kedua membutuhkan pikiran yang kritis dan ikhlas dalam hati.

    ReplyDelete
  20. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Di bawah filsafat itu ada psikologi wacana. Psikologi sendiri itu bisa bermacam-macam, bisa psikologi terapan, atau yang lainnya. Pada psikologi wacana kita bisa menggali potensi-potensi apa yang baik untuk diri kita dan baik untuk diri orang lain. Bisa berawal dari yang paling sederhana saja, misalnya nama. Kita bisa memaknai nama kita sendiri. Hal ini mungkin saja merupakan wujud nyata dari hubungan yang terjalin antara filsafat dan sastra.

    ReplyDelete
  21. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Belajar filsafat bisa di mana saja, kapan saja karena memang sejak dulu sudah terlaksana segala kegitatan, perilaku manusia yang bisa disebut berfilsafat. Sedangkan untuk menjadi seorang sastrawan baru bisa dilaksanakan bila sudah ada kemauan untuk bersastra. Karena sastra tidak semua orang ingin mempelajarinya, tetapi tanpa disadari kadang hal-hal yang terucap oleh bibir ini sudah bersajakkan makna. Sehingga baik filsafat maupun sastra sama-sama dimulai dari pikiran-pikiran manusia yang melayang-melayang bak ingin terwujud dalam dunia nyata.

    ReplyDelete
  22. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Sejak awal saya menganggap filsafat itu adalah ilmu berpikir. Maka tujuan dari elegi-elegi ini adalah sarana yang disediakan oleh Prof Marsigit agar para mahasiswa senantiasa berpikir. Ancaman terbesar adalah sat dimana seorang manusia berhenti untuk berpikir, jika tidak berpikir maka sungguh hidupnya tidak hidup, mungkin seperti analogi yang Bapak katakan seperti mayat-mayat yang berjalan. Mayat-mayat yang berjalan itulah gambaran dari manusia yang tidak berpikir. Namun dikatakan pula bahwa kpeutusan untuk tidak berpikir juga merupakan berpikir, ya memang benar karena sebuah keputusan ada karena proses berpikir. Tidak ada yang salah saat menganggap bahwa filsafat mungkin mirip dengan sastra, yang terpenting dari hal tersebut adalah kadaan dimana terus memikirkan dimana letak perbedaan antara keduanya, antara sastra dan filsafat. Semakin dipikirkan memang semakin banyak yang berkontradiksi dengan sesuatu yang sudah kita yakini kebenarannya sebelumnya. Namun, apakah kita harus berhenti dan menyerah atas kontradiksi-kontradiksi tersebut? Nampaknya jika menyerah maka kita telah terancam menjadi mitos. Teruslah berpikir, teruslah berusaha mencari klarifikasi atas kontradiksi yang melanda pikiran. Walau mungkin kejelasan tersebut akan sulit untuk dicapai, karena jika jelas sudah tercapai maka mungkin akan berhenti untuk berpikir karena tidak ada yang dipikirkan lagi. Maka saya mengartikan kontradiksi adalah sebagai awal dari berpikir dan berpikir awal dari memperoleh pengetahuan. Jika masih merasakan kontradiksi-kontradiksi berbahagialah, jika sudah merasa dimana semuanya sesuai dengan yang dikehendaki maka waspadalah.

    ReplyDelete
  23. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat dan sastra mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan. Filsafat merupakan sebuah sastra atau bahasa dan bahasa juga termasuk kedalam obyek dari filsafat. Obyek filsafat meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Untuk dapat memahami sebuah bahasa dalam filsafat diperlukan pemahaman yang baik. Pemahaman tersebut merupakan sebuah cerminan dari olah pikir yang kita lakukan. Saling terjemah dan menerjemahkan adalah hal yang harus kita lakukan untuk dapat memahami sebuah filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  24. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Filsafat merupakan pikiran itu sendiri dalam rangka menggapai logos. Sastra merupakan hasil pemikiran. Filsafat dan satra saling berkaitan. Terdapat sastra dalam filsafat dan dalam filsaat ada sastra. Karena keduanya merupakan bahasa. Kajian filsafat membahas objek yang ada dan mungkin ada sementara kajian sastra membahas kehidupan manusia dimana keduanya sama-sama berkaitan dengan manusia dan pemikirannya.

    ReplyDelete
  25. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Sastra dan filsafat adalah dua hal yang sama-sama merupakan refleksi seseorang atas keberadaan manusia. Menurut referensi lain yang saya baca, bedanya jika sastra merupakan refleksi evaluatif, maka filsafat merupakan refleksi kritis. Apa yang diungkapkan filsafat adalah catatan kritis yang diawali dan diakhiri dengan pertanyaan radikal yang menyangkut hakikat.

    ReplyDelete
  26. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Hubungan sastra dan filsafat laksana dua sisi mata uang, permukaan yang satu tidak dapat dipisahkan dari permukaan yang lainnya, bersifat komplementer, saling melengkapi. Masalahnya, karya sastra membicarakan dunia manusia. Demikian juga filsafat, betapapun penekanannya pada usaha unutuk mempertanyakan hakikat dan keberadaaan manusia, sumbernya tetap bermuara pada manusia sebagai objeknya. Jika demikian apakah kemudian itu berarti karya sastra identik dengan filsafat? Tentu saja tidak. Mengapa tidak? Di mana pula letak persamaan dan perbedaannya? Justru dalam hal itulah hubungan sastra dengan filsafat lalu melahirkan masalah sendiri.

    ReplyDelete
  27. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Jadi, filsafat dan sastra pada dasarnya berbeda, namun mereka berjalan bersama-sama dalam kehidupan manusia. Ketika manusia berfilosofi, maka energy nya akan terkuras, dan dengan bersastra energy mereka akan terisi kembali. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa filsafat dan sastra tak bisa dipisahkan, karena mereka berada dalam lingkup kebersamaan yang erat dan penting.

    ReplyDelete
  28. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Mempelajari filsafat tidaklah semudah yang kita bayangkan, karena bahasa/sastra orang awam dengan para filsuf memiliki makna yang berbeda. Sastra yang digunakan dalam filsafat adalah bahasa analog atau bahasa pengandaian maka makna dalam suatu tulisan para filsuf tidaklah langsung tersurat tetapi tersirat penuh makna.

    ReplyDelete
  29. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Jadi, Filsafat memiliki cakupan yang sangat luas dan sastra berada di dalamnya. Artinya sastra merupakan bagian dari filsafat. Sastra merupakan cara pandang terhadap suatu hal. Cara pandang bermula dari buah pikiran. Artinya sastra sebagai buah pikiran yang didasari oleh para filsuf yang telah memahami filsafat lebih jauh. Sehingga ada kesinambungan antara filsafat dan sastra.

    ReplyDelete
  30. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam berfilsafat berkaitan dengan sastra. Begitu juga dengan elegi-elegi tentang filsafat yang Bapak sampaikan sangat erat kaitannya dengan sastra. Filsafat dibuat dalam bentuk elegi agar lebih mudah dipahami. Namun terkadang kita juga tidak bisa langsung memahami makna dari suatu elegi. Itulah sebagai tanda dari kekurangan kita sebagai manusia. Untuk itu kita harus belajar dengan hati yang ikhlas agar dapat lebih memahami elegi-elegi yang kita baca.

    ReplyDelete
  31. hendra B.
    18701261008
    PEP S3 2018

    mitos-mitos berupa kejadian-kejadian atau fenomena yang sering terjadi dilingkungan masyarakat akan tetapi masyarakat sulit menjelaskan mengnai asal usul terjadinya, sehingga dibuatlah sebuah ceritra yang dikemas secara fenomenologi dengan bahasa yang bisa orang percaya dengan cerita tersbut. namun sejauh perkembangan filsafat maka mitos mulai tergantikan dengan logos akan tetapi meskipun mitos tergantikan oleh tetap saja sastra terus berada pada hakikatnya sebagai bahasa.

    ReplyDelete
  32. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dituliskan bahwa “Maka dalam perbincangan filsafat bisa saja kita mempelajari sastra, sastra bahasa atau bahasa itu sendiri”. Ini berarti sastra dan filsafat merupakan sesuatu yang berdampingan dan saling melengkapi. Karya sastra membicarakan dunia manusia, sedangkan penekanan filsafat pada usaha unutuk mempertanyakan hakikat dan keberadaaan manusia, dan sumbernya tetap bermuara pada manusia sebagai objeknya. Semua karya sastra yang bermutu akan selalu terkandung nilai-nilai filsafat, baik itu menyangkut sikap dan pandangan hidup tokoh yang digambarkannya atau tema karya sastra itu sendiri. Semakin bermutu karya sastra itu, semakin mendalam pula kandungan filsafatnya.

    ReplyDelete
  33. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dalam hypothetical analysis saya, filsafat dan sastra sama-sama tidak mudah dipahami, butuh perenungan untuk menerjemahkannya, apalagi menafsirkannya. Meskipun siapa saja bebas melakukannya, tapi --sebagaimana dinyatakan Prof. Marsigit-- sebaiknya merefer tokoh-tokohnya. Filsafat dan sastra bisa dikatakan sama-sama menjangkau apa pun yang ada dan yang mungkin ada. Keduanya saling terhubung dan saling ada dalam masing-masing. Hal ini sepertinya terkait dengan sifat kajian filsafat yang intensif dan ekstensif. Untuk mengetahuinya, perlu menghindari cara berpikir yang reduktif sehingga dapat mencapai logos, bukan mitos. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete

  34. Hajra Yansa
    19701251012 PEP 2019 A

    Assalamualaikum Prof.
    Filsafat adalah induk dari semua ilmu. Termasuk sastra berada dalam naungannya, dan dua-duanya adalah bahasa, cara manusia memandang sesuatu. Kedua-duanya menggunakan bahasa analog.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada Pak Prof. atas penjelasan mengenai refleksi dari pemahaman filfasat ini karena memang kajian filsafat jangkauannya sangat luas dan dalam.
    Terdapat beberapa kalimat yang menarik bagi saya, yaitu:
    “Bukan filsafat itu bukan sisa filsafat.
    Tidak setuju filsafat itu bukan sisa filsafat.
    Bahwa ketiadaan itu pun mungkin ada sebagai kajian filsafat.
    Maka bukan filsafat itupun filsafat jadinya.
    Tidak setuju filsafat itupun sedang berfilsafat jadinya.
    Maka aku menemukan bahwa dirikupun ternyata adalah sebuah filsafat.”
    Dari kalimat tersebut saya menyadari bahwa filsafat memang memiliki jangkauan yang luas dan dalam, bahkan ketika seseorang menganggap dirinya tidak setuju dengan filsafat malah justru termasuk sedang berfilsafat. Dan sesuatu yang tiada juga mungkin ada jika dikaji dalam kajian filsafat.

    ReplyDelete
  36. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut pemahaman saya, filsafat dan sastra adalah sesuatu yang beriringan dan bersinggungan satu sama lain. Antara filsafat dan sastra, keduanya merupakan obyek pikiran. Sastra adalah khasanah bahasa dan filsafat adalah bahasa. Dalam berfilsafat kita dapat menggunakan bahasa analog sehingga secara tidak langsung kita juga mempelajari sastra. Kajian dalam filsafat sifatnya diperluas seluas-luasnya dan diperdalam sedalam-dalamnya dengan usaha terus menerus untuk menggapai logos dan bukan menggapai mitos.

    ReplyDelete
  37. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Dalam kajian filsafat, berfilsafat berarti munculnya kesadaran jika belum tahu, menyadari dan mengetahui mengenai ketidaktahuan, menyadari kapan mulai mengetahui, serta menyadari batas antara tahu dan tidak tahu. Filsafat adalah pemahaman yang sederhana di dalam kompleksitas, namun filsafat juga pemahaman yang kompleks di dalam kesederhanaan. Filsafat terdiri dari paradigma (asumsi dasar) dan ideologi (landasan). Sehingga menurut saya, filsafat membantu untuk memahami makna kehidupan termasuk maksa ilmu pengetahuan yang sebenarnya.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  38. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Filsafat merupakan kebebasan berpikir bagi manusia terhadap segala sesuatu tanpa ada batasan dengan berpatokan pada hukum keraguan atas segala hal. Filsafat memiliki istilah yang khas, yaitu hakikat. Hakikat merupakan pemahaman atau hal yang sangat mendasar. Filsafat merupakan suatu proses kritik atau hasil pemikiran mengenai kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi inilah yang menjadi arti formal. Filsafat diturunkan kepada ideologi yang terbagi menjadi tiga ranah, yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Dalam postingan tersebut, Bapak menyebutkan berbagai makna dari setipa persoalan. Dari beberapa halt u saya dapat menemukan banyaknya kontradiksi. Maka sebenar-benarnya hidup adalah kontradiksi. Maka dalam proses belajar kita perlu terus belajar, agar tidak mudah terjebak dalam jebakan filsafat. Agar tidak mudah terjebak dalam jebakan filsafat maka kita perlu mengetahui apa yang mitos dan yang bukan mitos.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  40. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Berdasarkan elegi di atas, kajian filsafat bersifat intensif dan ekstensif atau bersifat dalam dan luas. Objek kajiannya pun meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada. Filsafat adalah suatu ilmu yang berpusat pada pikiran manusia. Filsafat dapat dikatakan berhubungan dengan sastra. Karena ketika kita belajar berfilsafat sama halnya kita belajar sastra.

    ReplyDelete
  41. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih Bapak untuk informasi mengenai Filsafat atau Sastra? yang telah Bapak share kepada kami. Filsafat sangatlah berbeda dengan sastra namun saling berkaitan. Filsafat mempelajari mengenai pemikiran para filsuf, hal tersebut berbeda dengan sastra. Namun, sebenarnya filsafat adalah bahasa sastra dan merupakan olah pikir. Seperti artikel yang Prof muat, kita dapat berfilsafat melalui sastra atau bersastra dalam filsafat.

    ReplyDelete
  42. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Menurut Immanuael Kant (1724-1804) filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya empat persoalan yang akan ditanyakan yaitu pertama, apakah yang dapat kita ketahui? Maka jawabannya termasuk dalam metafisika. Kedua, apakah yang seharusnya kita kerjakan? Jawabannya dalam bidang etika. Ketiga, sampai di manakah harapan kita? Jawabannya termasuk pada bidang agama. Terakhir, apakah yang dinamakan manusia itu? Jawabannya termasuk pada bidang antropologi dan sosiologi yang menyangkut interaksi manusia.

    ReplyDelete
  43. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, sastra adalah bagian dari filsafat. Dan filsafat menggunakan sastra dalam mengartikannya. dari kacamata filsafat, batasan sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. di dalam sastra mengandung banyak aspek filsafat, begitu juga sebaliknya. Sastra dan filsafat bagaikan sisi mata uang, permukaan yang satu tidak bisa dipisahkan dengan permukaan lainnya. Hal itu saya katakan karena baik sastra maupun filsafat sama sama membicarakan tentang dunia manusia. Hanya saja filsafat lebih mencari hakikat dari hidup manusia sedangkan sastra hanya sebatas hal hal umum dan tidak lebih dalam dari filsafat. Terimakasih

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. emanfaatan filsafat secara umum ini yaitu ketidakterikatan oleh ruang dan waktu. Kegunaan secara khusus yaitu dapat berupa pemecahan masalah secara tertentu atau spesifik dalam dimensi ruang dan waktu yang terbatas. Subjek filsafat adalah seseorang yang berfikir/ memikirkan hakekat sesuatu dengan sungguh dan mendalam. Dengan berfilsafat kita lebih menjadi manusia, lebih mendidik dan membangun diri sendiri. Dari pelajaran filsafat kita diharapkan menjadi orang yang dapat berpikir sendiri. Memberikan dasar-dasar pengetahuan kita, memberikan padangan yang sintesis pula sehingga seluruh pengetahuan kita merupakan kesatuan.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  45. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Filsafat dan sastra memiliki keterkitan yang erat. Kaitannya disini yaitu, sastra merupakan salah satu media penyebaran filsafat, karena filsafat menggunakan bahasa. Terlebih lagi bahasa dalam filsafat merupakan bahasa analog. Seorang filsuf ataupun semua orang dapat berfilsafat mengenai apa yang ada dan apa yang mungkin ada di dalam maupun di luar dirinya melalui bahasa analog dalam bentuk tulisan. Dalam tulisan tersebut syarat akan makna yang bergantung pada dimensi ruang dan waktu

    ReplyDelete
  46. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut Immanuel Kant, filsafat adalah ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan, yaitu: "apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika); "apakah yang dapat kita kerjakan? (dijawab oleh etika); "sampai di manakah pengharapan kita? (dijawab oleh antropologi). Berfilsafat tidak hanya sebatas pada ruang lingkup suatu bidang ilmu. Berfilsafat mengajarkan untuk berfikir secara liar namun tetap ada pada koridor adab dan spiritual. Cakupan yang dikaji dalam filsafatpun tidak terbatas pada apa yang ada di dalam pikiran, namun juga di luar pikiran yang dikomunikasikan menggunakan bahasa analog. Sehingga tidak mengherankan jika dalam perkuliahan filsafat, ranah yang diungkap tidak terpusat pada satu kajian permasalahan saja, tetapi open mind terhadap beberapa kondisi sekaligus.

    ReplyDelete
  47. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Masalah hubungan sastra dan filsafat sesungguhnya bukanlah masalah baru. Sejak manusia mengenal cerita-cerita mitologis, sejak itu pula sesungguhnya hubungan sastra dengan filsafat dalam pengertian yang lebih luas sulit dipisahkan. Dalam sebuah karya sastra akan terkandung nilai-nilai filsafat, entah menyangkut sikap dan pandangan hidup tokoh yang digambarkannya atau tema karya sastra itu sendiri. Dalam berfilsafat pun juga membutuhkan bahasa yang tepat, jadi pasti juga ada nilai-nilai sastra dalam filsafat. Maka benar adanya bahwa filsafat dapat disembunyikan dalam sastra bahasa, demikian pula dengan sastra bahasa yang dapat disembunyikan dalam filsafat.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete