Jan 13, 2013

UNIFORMITARIANISM





Ass, jika ingin membaca tentang Uniformitarianism, bisa konek berikut:


Wss

43 comments:

  1. 16709251041
    PPs PMat B 2016

    Uniformitarianism menyatakan anggapan bahwa segala hal yang ada di dunia ini tidaklah tetap, semuanya terus berputar an akan terulang membentuk spiral yang akan terus berkembang. Uniformitarianism juga diasumsikan sebagai proses geologi yag membentuk bumi kemudian akan terus terulang pada masa yang aka datang. Seperti halnya letusan gunung berapi yang terjadi pada saat ini dulunya juga pernah terjadi.

    ReplyDelete
  2. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Menurut James Hutton (1785), Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai “The present is the key to the past” dan sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu. Pada tahun 1785, Hutton mengemukakan perbedaan yang jelas antara hal yang alami dan asal usul batuan beku dan sedimen. James Hutton berhasil menyusun urutan intrusi yang menjelaskan asal usul gunungapi. Dia memperkenalkan hukum superposisi yang menyatakan bahwa pada tingkatan yang tidak rusak, lapisan paling dasar adalah yang paling tua. Ahli paleontologi telah mulai menghubungkan fosil-fosil khusus pada tingkat individu dan telah menemukan bentuk pasti yang dinamakan indek fosil. Indek fosil telah digunakan secara khusus dalam mengidentifikasi horison dan hubungan suatu tempat dengan tempat lainnya.

    ReplyDelete
  3. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Uniformitarianisme adalah prinsip atau asumsi bahwa terdapat hukum-hukum alam yang sama dengan proses yang diterapkan sekarang selalu digunakan di masa lalu dan berlaku di manapun dalam ruang lingkup alam semesta. Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai hukum alam dan proses, maksudnya yaitu uniformitarianisme merupakan pengetahuan yang dianggap benar sebelum adanya pengamatan nyata, dan pengetahuan tersebut tidak dapat dipetik langsung dari pengamatan itu. Ini merupakan asumsi filosofis dalam domain metafisika dan postulat yang tidak dapat diverifikasikan menggunakan analisis ilmiah.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Uniformitarianisme adalah salah satu konsep penyatu dalam ilmu geosains. Konsep ini menyatakan bahwa proses Katastrofik bukanlah yang bertanggung jawab pada bentuk bumi pada permukaannya.Uniformiti menyatakan bahwa bumi berkembang dalam waktu yang sangat panjang melalui berbagai proses geologi dan geomorfik.Pada filsafat kealaman, uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Uniformitarianisme berpandangan tentang keseragaman. Menurut paham ini, bumi memiliki sejarah yang panjang. Hukum-hukum alam dan proses yang sedang terjadi di alam semesta sekarang ini ialah juga terjadi di masa lalu. Paham ini memunculkan prinsip yang menyatakan bahwa masa kini merupakan kunci masa lalu. Uniformitarianism ini telah menjadi prinsip utama dalam geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan yang lain. Namun, naturalisme geologi modern tidak lagi memegang prinsip gradualisme yang ketat.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Keseragaman alam yang secara teratur berulang dari masa lalu hingga masa kini, disebutkan dapat membenarkan penelitian ilmiah atau penalaran induktif. Penalaran induktif adalah penyimpulan secara umum berdasar kejadian-kejadian khusus, sehingga tentu keseragaman pada masa lalu di alam semesta dapat membantu dalam membuat teori. Namun bagaimana dengan ilmu matematika yang menggunakan penalaran deduktif? Setelah kejadian umum terjadi, baru diambil sebuah kesimpulan dan akan berlaku untuk semua. Menurut saya, penalaran deduktif juga diperlukan keseragaman, tanpa keseragaman hal yang terjadi setelah teori diterapkan, hal tersebut bukanlah deduktif. Mungkinkah uniformitarianisme juga erat kaitannya dengan penalaran deduktif?

    ReplyDelete
  7. Johanis Risambessy
    PPs PEP B 2016

    Uniformitarianisme merupakan sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Prinsip keseragaman ini dapat digunakan untuk membenarkan penalaran induktif maupun penelitian ilmiah, sehingga dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan dengan melihat apa yang terjadi pada masa lalu. Tetapi keseragaman tidak bisa tergantung pada penalaran induktif.

    ReplyDelete
  8. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Uniformitarianism adalah teori bahwa semua fenomena geologi dapat dijelaskan sebagai akibat dari kekuatan-kekuatan yang ada memiliki dioperasikan seragam dari asal-usul bumi untuk masa ini. Sebuah ilmu sangat bergantung pada keseragaman karena tanpa hal tersebut tidak akan mungkin menyimpulkan peristiwa masa lalu yang dapat kita perkirakan akan terjadi pada masa depan. Selain itu, prediksi ilmiah dan teori ilmiah tidak akan mungkin tanpa keseragaman. Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan. Ini adalah asumsi filosofis dalam domain metafisika dan postulat tanpa bukti yang tidak dapat diverifikasi menggunakan analisis ilmiah

    ReplyDelete
  9. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai “The present is the key to the past” dan sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Pada filsafaat kealaman, uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum alam yang berlaku sekarang selalu beroperasi di jagad ini baik pada masa lampau maupun di tempat manapun di jagad ini

    ReplyDelete
  10. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. (sumber: www.wikipedia.com)

    Uniformitarianism juga dapat disebut sebuh doktrin yang dikemukakan oleh James Hutton (1785), bapak geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau.

    ReplyDelete
  11. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Apabila masuk keranah filsafat uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa adanya hukum alam yang berlaku sekarang maupun di tempat manapun di jagad ini.

    ReplyDelete
  12. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Bagi orang-orang geologi kata Uniformitarianisme sudah tidak asing lagi, merupakan satu hukum dasar dalam pengembangan ilmu geologi. Uniformitarianisme adalah salah satu konsep pemersatu paling penting dalam Geosains. Ini konsep yang dikembangkan di akhir 1700-an, menunjukkan bahwa proses bencana tidak bertanggung jawab atas alam yang ada di permukaan bumi. Konsep tentang uniformitarianisme diasumsikan bahwa hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam sekarang, selalu dioperasikan di alam semesta di masa lalu. Hal ini sering diringkas sebagai "saat ini adalah kunci ke masa lalu," karena meyakini bahwa segala sesuatu terus terjadi karena terbentuknya dunia pada awalnya.
    Lebih lanjut Charles Lyell pada awal abad 19 mengembangkan pandangan hutton yang lebih dahulu kedalam prinsip geologi ”uniformitarianisme” yang diterbitkan dalam bukunya Principles of Geology (1830-1833). Lyell mengemukakan bahwa gunung dan lembah dan ciri-ciri fisik permukaan bumi tidak diciptakan seperti bentuknya sekarang atau tidak dibentuk oleh bencana yang berturut-berturut, tetapi terbentuk oleh berlanjutnya proses vulkanis, pergolakan, erosi, glasiasi dan sebagainya dalam jangka waktu yang sangat lama dan masih berlangsung sampai sekarang.

    ReplyDelete
  13. Ide-ide di balik uniformitarianisme berasal dari karya ahli geologi Skotlandia James Hutton. Pada 1785, Hutton disampaikan pada pertemuan Royal Society Edinburgh bahwa bumi memiliki sejarah yang panjang dan bahwa sejarah ini dapat ditafsirkan dari segi proses saat diamati. Sebagai contoh, tanah terbentuk oleh pelapukan batuan dasar selama ribuan tahun. Dia juga menyarankan bahwa teori-teori supranatural tidak diperlukan untuk menjelaskan sejarah geologi Bumi.

    ReplyDelete
  14. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Hal ini mengacu invarian dalam prinsip-prinsip metafisik yang mendasari ilmu, seperti keteguhan struktur kausal seluruh ruang-waktu, tetapi telah digunakan juga untuk menggambarkan invarian spatiotemporal dari hukum-hukum fisika. Meskipun sebuah postulat dapat dibuktikan bahwa tidak dapat diverifikasi dengan menggunakan metode ilmiah, uniformitarianism telah menjadi prinsip utama dari hampir semua bidang ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Uniformitarianisme merupakan sebuah paham yang menyatakan bahwa alam semesta kita memiliki keteraturan yang dapat menyebabkan suatu peristiwa akan dapat terulang kembali. Kita dapat mempelajari kejadian masa lalu dengan melihat kesamaannya karena akan dapat terulang kembali pada masa kini maupun masa depan, sehingga dengan menganalisisnya baik dengan penalaran induktif maupun penelitian ilmiah kita akan dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan.

    ReplyDelete
  16. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Uniformitarianism is the assumption that the same natural laws and processes that operate in the universe now have always operated in the universe in the past and apply everywhere in the universe (https://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism). Yang berarti Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Uniformitarianisme secara epistemology dalam Wikipedia Indonesia dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan. Sehingga dianggap postulat tanpa bukti yang tidak dapat diverifikasi menggunakan analisis ilmiah. Saya kira dalam konteks matematika Uniformitarianism mengajarkan bahwa penalaran deduktif induktif atau induktif deduktif baik digunakan dalam matematika



    ReplyDelete
  17. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Aliran uniformitarianism dipelopori oleh William Whewell pada akhir abad ke-18. Dalam uniformitarianism berpandangan bahwa masa sekarang merupakan kunci ke masa lalu. Paham yang menyatakan bahwa alam semsesta kita memili keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  18. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Uniformitarianism diasumsikan sebagai proses geologi yag membentuk bumi kemudian akan terus terulang pada masa yang aka datang. Seperti halnya letusan gunung berapi yang terjadi pada saat ini dulunya juga pernah terjadi.Uniformitarianism juga dapat disebut sebuh doktrin yang dikemukakan oleh James Hutton (1785), bapak geologi modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Charles Lyell pada awal abad 19 mengembangkan pandangan hutton yang lebih dahulu kedalam prinsip geologi ”uniformitarianisme” yang diterbitkan dalam bukunya Principles of Geology (1830-1833). Lyell mengemukakan bahwa gunung dan lembah dan ciri-ciri fisik permukaan bumi tidak diciptakan seperti bentuknya sekarang atau tidak dibentuk oleh bencana yang berturut-berturut, tetapi terbentuk oleh berlanjutnya proses vulkanis, pergolakan, erosi, glasiasi dan sebagainya dalam jangka waktu yang sangat lama dan masih berlangsung sampai sekarang. Apabila masuk keranah filsafat uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa adanya hukum alam yang berlaku sekarang maupun di tempat manapun di jagad ini.

    ReplyDelete
  20. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    "The present is a guide to interpreting the past" atau yang berarti "Saat ini adalah penuntun untuk menggambarkan masa lalu" (dan masa depan). Kalimat tersebut merupakan konsep dasar dari uniformitarianisme yang menjelaskan bahwa apa yang telah terjadi di masa lalu dapat dilihat di masa sekarang atau masa sekarang dapat menjelaskan apa yang terjadi dimasa lalu. Dengan begitu uniformitarianisme beranggapan bahwa jika kita bisa melihat masa lalu dari masa sekarang itu berart bahwa masa masa depan bisa melihat masa sekarang yag kita alami atau dengan kata lain kita mampu memprediksi (bukan melihat) apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  21. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Uniformitarianism is the assumption that the same natural laws and processes that operate in the universe now have always operated in the universe in the past and apply everywhere in the universe.

    ReplyDelete
  22. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Namun dari apa yang saya pahami, bahwa konsep "uniformity" dalam geologi jika dibawa kedalam ranah filsafat dan kehidupan secara umum, meskipun mereka menggunakan konsep empirisme dan melakukan penelitian, tetap saja akan menyalahi konsep ruang dan waktu. Mereka secara umum meberikan klaim bahwa terdapat pola-pola yang sama antara apa yang terjadi di masa lampau dan masa sekarang begitupun nanti dimasa yang akana datang sehingga mamapu memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan. Namun, itu seakan memabawa kita untuk mencoba memaksa diri untuk melompati waktu, padahal waktu itu linear dan kontinum.

    ReplyDelete
  23. Uniformitarianisma berpendapat bahwa hukum yang mengatur alam selalu tetap dalam hal dimensi dan waktu, sementara pada kenyataannya tidak ada hukum yang mengatur alam, yang ada hanyalah alam yang berperilaku sesuai dengan keharusannya. Untuk membantah teori itu, saya mungkin ingin mengambil contoh sederhana, yaitu pola bilangan prima. Apakah ada yang mampu membuat formula untuk bilangan prima? Bahkan matematikawan sekaliber Riemann hanya mampu membuat hipotesis (Riemann zeta function tentang fungsi zeta) untuk menjawab pola bilangn prima, dan tak terjawab sampai saat ini. Bilangan prima mungkin saja terlihat sederhan dimata kita, namun dalam pandangan saya, bilangan prima adalah pola bilangan yang sangat rumit. Kita tidak mampu melihat bilangan prima ke-1875 adalah berapa. Pola bilangan prima bisa menggambarkan kita konsep pola alam itu sendiri. Dan bahwa pola acak bilangan tetaplah menggambarkan sebuah pola namun tak dapat diformulasikan untuk mengetahui bilangan yang berada pada suku ke-n (atau dalam hal ini masa depan).
    Anggaplah setiap bilangan pada bilangan prima adalah sesuatu yang terjadi di dunia ini, misalnya bencana alam (karena kita berbicara tentang geologi), apakah unformitarianis bisa memprediksi bencana apa yang terjadi berikutnya, bisakah mereka memprediksi bencana alam yang akan terjadi pada tahun 2675? Atau apakah bumi masih ada pada tahun itu?

    ReplyDelete
  24. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Uniformitarisme merupakan sebuah paham yang cenderung mengganggap sama segala sesuatudan proses yang ada di alam semesta mulai dari jaman dahulu sampai sekarang. Prinsip uniformitarisme menjadi prinsip utama dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan dari hamper semua bidang ilmu pengetahuan yang menganggap sebuah postulat yang dibuktikan tidak dapat diverifikasi kebenarannya dengan metode ilmiah.

    ReplyDelete
  25. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Uniformitarianism adalah teori bahwa semua fenomena geologi dapat dijelaskan sebagai akibat dari kekuatan-kekuatan yang ada memiliki dioperasikan seragam dari asal-usul bumi untuk masa ini. Teori ini juga berkaitan dengan hukum alam yang mana hukum tersebut tidak berubah.

    ReplyDelete
  26. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016
    Uniformitarianisme merupakan paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Paham ini menyatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini mempunyai kecenderungan untuk berulang kembali. Keteraturan dan tidak keteraturan saat ini telah terjadi pada masa lampau dan kemungkinan juga akan terjadi pada saat yang akan datang...

    ReplyDelete
  27. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dalam ilmu filsafat, terdapat suatu paham atau konsep mengenai dunia yang bertolak belakang dengan paham yang dipercayai pada masa saat itu dicetuskan dimana semua kebenaran berlandaskan atas Injil Uniformitarianisme dipahami sebagai suatu konsep yang mempercayai bahwa bumi berkembang di dalam suatu waktu yang amat panjang dengan melewati beraneka ragam proses geologi dan geomorfik. Uniformitarianisme berkembang dan diperkenalkan pertama kali oleh William Whewell (1832).

    ReplyDelete
  28. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A
    Unifotmitarianisme adalah paham yang menyatakan dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati di masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Oleh karena itu kejadian dan pengalaman yang pernah dialami hendaknya menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  29. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Uniformitarianisme berkaitan dengan keseragaman dan keteraturan. Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. (sumber: www.wikipedia.com)

    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  30. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Paham uniformitarianisme adalah bagian dari teori evolusi dan juga konsep dasar geologi. Faham ini berdasar pada perubahan fisik yang terjadi perlahan dan memakan waktu lama sekali. Karena paham ini menyadari bahwa bumi selalu berubah. Bumi sudah terbentuk sebelum kita mempelajarinya. Dan apa yang kita pelajari hari ini tentang sains juga sudah berlangsung di masa lampau.

    ReplyDelete
  31. Uniformitarianism menurut James Hutton, 1785: peristiwa yang terjadi pada masa geologi lampau dikontrol oleh hukum-hukum alam yang mengendalikan peristiwa masa kini. Hukum ini dikenal dengan semboyan "The present is the key to the past", maksudnya adalah bahwa proses-proses geologi alam yang terlihat masa sekarang ini dipergunakan sebagai dasar pembahasan proses geologi masa lampau.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  32. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Uniformitarianism merupaka proses kenampakan yang sangat lambat dan dalam waktu yang panjang, dan bukan datang tiba-tiba. Prosesnya yang berlangsung sejak dari dulu hingga sekarang, yang berbeda diantaranya yang waktu dan kejadiannya belum tentu sama persis dalam perjalanannya.

    ReplyDelete
  33. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Uniformitarianisme adalah salah satu konsep pemersatu paling penting dalam geosains. Uniformitarianisme merupakan asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan menerapkan mana-mana di alam semesta. Ini sudah termasuk konsep gradualistik bahwa "masa kini adalah kunci ke masa lalu" dan berfungsi pada tingkat yang sama. Uniformitarianism telah menjadi prinsip utama geologi dan hampir semua bidang ilmu pengetahuan, tetapi ahli geologi modern yang naturalisme, sementara menerima geologi yang telah terjadi di waktu yang mendalam, tidak lagi berpegang pada gradualisme ketat.

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    yang saya daoat dari http://www.encyclopedia.com/earth-and-environment/geology-and-oceanography/geology-and-oceanography/uniformitarianism tenatng uniformitarianisme adalah berkaitan denagn geology dan berkitan dengan sejarah, yait apa yang terjadi atau menguji sesuatu pada saat ini itu akan berkitan denagn pada masal lampau. dan apa yang ada pada masak yang akan datang akan dtentukan pada masal sekarang.

    ReplyDelete
  36. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    UNIFORMITARIANISM adalah teori keseragaman. niformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali.[1] Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Uniformitarianisme, dinyatakan sebagai invarian spasial dan temporal dari hukum alam dan proses-prosesnya, yang artinya adalah pengetahuan priori atau anggapan yang seharusnya benar sebelum pengamatan dilakukan, bukan sesuatu yang didapatkan setelah dilakukannya pengamatan

    ReplyDelete
  37. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Teori Pra-Darwin Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell ( 1797 – 1875 ). Paham ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Misalnya, terbentuknya gunung selalu diimbangi dengan erosi gunung. Teori uniformitarianisme memang menjelaskan kejadian evolusi geologis, tetapi dapat menjelaskan kejadian terbentuknya spesies.

    Mekanisme alam atau sunnatullah adalah suatu ketentuan yang telah ditetapkan Allah demi keteraturan, keserasian, dan keharmonisan alam jagat raya ini serta kesejahteraan manusia yang hidup di dunia ini. Atau dengan kata lain, sunnatullah dapat diartikan sebagai hukum-hukum Allah yang berlaku di alam raya ini atau biasa disebut sebagai hukum alam. Hukum-hukum Allah diantaranya ada hukum yang berkaitan dengan alam raya dan ada pula hukum yang berkaitan dengan manusia. Kalau hukum Allah yang berlaku bagi manusia dalam kehidupan bermasyarakat, disebut sunnatullah, kalau hukum yang berlaku antara manusia dengan alam disebut dengan takdir.

    Pada hakekatnya segala sesuatu yang tercipta, benda hidup maupun mati, nyata ataupun tidak, semuanya adalah milik Allah semata yang pada akhirnya semuanya akan kembali kepada-Nya. Baik secara suka atau terpaksa, segala alam yang ada itu menjadi tunduk dan patuh pada hukum dan ketetapan Allah.

    Hanya karena sifat kasih dan saying dari Allah maka manusia yangi ciptakan adalah diberi tugas sebagai kholifah di bumi ini bertugas untuk megelola, membudayakan, memanfaatkan dan melestarikan alam. Tugas tersebut diberikan kepada manusia karena Allah menciptakn manusia sebagai makhluk yang terbaik, seperti yang disebutkan dalam surat At Tiin ayat 4. Manusia di dalam kehidupannya di dunia dibekali oleh Allah dengan potensi dasar. Potensi dasar itu dapat nampak dan dilihat dalam jiwa, raga, tubuh, dan ruh.

    Dari potensi dasar manusia yang berupa akal yang bias melahirkan daya berfikir dan daya nalar, akhirnya manusia dapat menundukkan, menguasai, dan memanfaatkan alam. Dengan akal itu pula manusia dapat mengamati, meneliti, menganalisis gejala-gejala alam yang timbul, dan menguasai rahasia-rahasianya. Sehingga pada puncak penelitian dan penemuannya itu, akan wujud dan keagungan Allah sebagai penciptanya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  38. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016


    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keteraturan yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Orang yang menganut paham ini percaya bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu. Mereka bisa meramalkan masa depan dengan melihat dari kejadian atau peristiwa dari masa lalu.

    ReplyDelete
  39. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Uniformitarianisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa dalam alam semesta ada keteraturan sehingga suatu peristiwa akan terulang kembali. Keseragaman yang diamati pada masa lalu akan muncul pada masa kini maupun masa depan. Prinsip keseragaman alam digunakan untuk membenarkan baik penalaran induktif maupun penelitian ilmiah. Hal ini dapat dipahami secara sederhana bahwa masa depan akan terlihat seperti masa lalu.
    Berdasarkan penjelasan ini, dapat dikatakan bahwa paham ini merupakan suatu paham yang memandang dalam hidup ini terdapat suatu pola yang secara siklik akan terus berulang, namun dengan melihat pola saja kita tidak dapat meprediksi masa depan kita, karena itu semua masih menjadi rahasia.

    ReplyDelete
  40. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Uniformitarianisme berkembang dan diperkenalkan pertama kali oleh William Whewell (1832). Paham ini menyatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini mempunyai kecenderungan untuk berulang kembali.Oleh karena itu kejadian dan pengalaman yang pernah dialami hendaknya menjadi pembelajaran untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik, serta lebih menyiapkan kejadian yang akan datang pada masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  41. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada pak Marsigit atas informasi mengenai beberapa link referensi di atas tentang Uniformitarianism. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kami.

    ReplyDelete
  42. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari http://www.encyclopedia.com/topic/uniformitarianism.aspx , terdapat informasi bahwa pada tahun 1837, nama uniformitarianisme diciptakan oleh William Whewell (1794-1866) sebagai istilah dimaksudkan untuk menyampaikan rasa Hutton mengenai ketertiban dan keteraturan dalam operasi alam dan rasa Lyell bahwa ada keseragaman tarif proses geologi melalui waktu. Ini adalah definisi Whewell yang menjadi definisi yang paling umum dari uniformitarianisme.

    ReplyDelete
  43. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Uniformitarianism, Uniformitarianisme adalah asumsi bahwa hukum-hukum alam yang sama dan proses yang beroperasi di alam semesta sekarang selalu beroperasi di alam semesta di masa lalu dan berlaku di mana-mana di alam semesta. Hal ini mengacu invarian dalam prinsip-prinsip metafisik yang mendasari ilmu, seperti keteguhan struktur kausal seluruh ruang-waktu, tetapi juga telah digunakan untuk menggambarkan invarian spatiotemporal dari hukum-hukum fisika. Meskipun sebuah postulat dapat dibuktikan bahwa tidak dapat diverifikasi dengan menggunakan metode ilmiah, uniformitarianism telah menjadi pertama prinsip utama dari hampir semua bidang ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id