Jan 13, 2013

THEISM





Ass, jika ingin membaca tentang Theism, bisa konek berikut:


Wss

34 comments:

  1. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Theisme merupakan Paham yang meyakini tentang sifat Tuhan yang abadi, tidak pernah berubah dan tidak terpengaruh oleh dunia. Theisme meyakini keberadaan akan Tuhan. Dalam paham ini dibangun argumen-argumen yang menyatakan bahwa Tuhan itu ada. Bukti-bukti akan adanya Tuhan dibagi menjadi dua yaitu, bukti a priori dan bukti a posteriori. Bukti a priori terdiri dari satu macam yaitu
    Argumen kosmologis, desain atau argumen teleologis, argumen moral Dan argumen pengalaman religius. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: maha penyayang dan maha mulia.

    ReplyDelete
  2. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Teisme merupakan ilmu yang mengajarkan adanya Tuhan. Teisme terbagi menjadi Monoteisme, Politeisme, Panteisme/Panenteisme, Deisme, Autoteisme, Euteisme, Dysteisme, dan Misoteisme. Lawan dari teisme adalah ateisme, dimana ateisme beranggapan tidak adanya Tuhan. Sebagai umat islam temasuk dalam monoteisme. Yakni mentauhidkan Allah subhanahu wa Ta’ala. Secara istilah syar’i, makna tauhid adalah menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan yang benar dengan segala kekhususannya (Syarh Tsalatsatil Ushul, 39). Dari makna ini sesungguhnya dapat dipahami bahwa banyak hal yang dijadikan sesembahan oleh manusia, bisa jadi berupa Malaikat, para Nabi, orang-orang shalih atau bahkan makhluk Allah yang lain, namun seorang yang bertauhid hanya menjadikan Allah sebagai satu-satunya sesembahan saja.

    ReplyDelete
  3. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Theisme merupakan paham yang mempercayai bahwa Tuhan itu ada. Dalam prosesnya theisme berasal dari kepercayaan keluarga, kepercayaan bahwa Tuhan itu satu dan abadi, serta kepercayaan yang berasal dari filosofis yang benar. Teisme merupakan istilah yang sering menggambarkan konsepsi klasik Allah yang ditemukan dalam agama Kristen, Yahudi, Islam, Sikh, dan Hindu.The teisme Istilah berasal dari theos Yunani yang berarti "dewa". The teisme Istilah ini pertama kali digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688). Sedangkan, ateisme adalah penolakan teisme dalam arti yang luas teisme; yaitu penolakan keyakinan bahwa bahkan ada satu dewa. Penolakan arti sempit teisme dapat mengambil bentuk seperti deisme, panteisme, dan politeisme.

    ReplyDelete
  4. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Dalam arti yang luas, teisme memiliki kayakinan tentang keberadaan Tuhan. Dalam pengertian yang lebih spesifik, teisme merupakan doktrin tauhid tentang sifat-sifat Tuhan dan hubungan Tuhan dengan alam semesta. Menurut paham ini, Tuhan merupakan imanen, transenden, tertinggi, dan maha sempurna. Seorang theis mempercayai bahwa alam semesta diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan yang dimiliki oleh Tuhan. Tuhan aktif mengawasi dan juga memelihara alam semesta.

    ReplyDelete
  5. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Teisme adalah kepercayaan terhadap dewa, hal ini menunjukkan suatu spiritual. Menurut Auguste Compte pada abad ke 19, spiritual atau kepercayaan dalam beragama termasuk dalam kehidupan pada masa archaic, tribal, dan tradisional. Sedangkan saat ini kita berada pada masa pos-pos modern jauh dari masa tradisional apalagi archaic. Selain itu, Auguste Compte juga mengungkapkan bahwa masa spiritual berada di dalam lingkup filsafat, di mana filsafat sendiri juga dilingkupi oleh kehidupan modern dan positivisme. Semoga meski kita sudah berada pada jaman pos-pos modern, kita masih menjadi manusia yang teisme, selalu beragama, dan percaya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Dalam pengertian yang luas, Teisme diartikan sebagai kepercayaan terhadap satu dewa. Penekannya pada spiritual. Pada abad ke-19, Aguste Comte menjelaskan bahwa spiritual atau kepercayaan dalam beragama termasuk dalam kehidupan pada masa archaic, tribal, dan tradisional. Kita saat ini sedang berada pada masa pos modern jauh dari masa tradisional apalagi archaic. Lebih lanjut, dijelaskan bahwa masa spiritual berada di dalam lingkup filsafat, dimana filsafat sendiri juga dilingkupi oleh kehidupan modern dan positivisme. Oleh karena itu, semoga di zaman yang semakin modern ini, kita tetap berpegang teguh pada Teisme, selalu percaya adanya Tuhan, sehingga kehidupan spiritual kita menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  7. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016


    Teisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan entitas bernama Tuhan. Orang yang menganut paham teisme disebut teis (theist). Paham teisme terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada paham Ketuhanan yang dianutnya ada 1)Teisme yang mempercayai Tuhan personal 2.) Deisme .3). Panteisme 4)Panenteisme. Sedangkan Teisme berdasarkan jumlah Tuhan terdiri dari: 1).Monoteisme paham yang mempercayai HANYA satu Tuhan; 2).Politeisme merupakan paham yang mempercayai banyak Tuhan dalam terminologi lain, kepercayaan terhadap banyak Dewa juga termasuk politeisme; 3)Monolatrisme merupakan paham yang mempercayai banyak Tuhan (deities) tapi dalam praktik ibadahnya hanya menyembah satu Tuhan.
    Banyaknya konsep teisme adalah suatu problematika tersendiri, yaitu pemahaman yang berbeda mengenai entitas Tuhan. Seperti apakah Tuhan itu? Apakah Tuhan itu? Setiap konsep menawarkan solusi yang berbeda-beda untuk mengenal Tuhan, tapi itu semua kembali pada keimanan/keyakinan masing-masing. Namun dibalik itu semua, teisme percaya akan Tuhan, dan disinilah teisme bersatu dalam melawan argumen-argumen ateisme.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Theism merupakan antonim dari atheism. Maka, apabila atheisme berarti sama sekali tidak percaya Tuhan, theism menganut sebuah kepercayaan yang pasti akan keberadaan Tuhan.

    ReplyDelete
  9. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Theisme atau teisme adalah suatu sikap menyepakati klaim esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Contoh: maha penyayang dan maha mulia. Theism menganut sebuah kepercayaan yang pasti akan keberadaan Tuhan. Sebagai conton adalah Katholik yang yakin akan Ketuhanan Yesus Kristus. Ataupun Islam yang percaya sepenuhnya bahwa tiada Tuhan selain Allah.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Theism adalah suatu paham percaya bahwa ada Allah yang adalah personal yang menciptakan manusia dan dunia ini, dan bahwa Allah adalah Allah yang maha kuasa, maha tahu,maha hadir. Teisme, dalam arti yang luas, adalah keyakinan bahwa setidaknya satu dewa ada. Dalam pengertian yang lebih spesifik, teisme umumnya doktrin tauhid tentang sifat dewa, dan hubungan itu dewa untuk alam semesta. Teisme, dalam arti khusus ini, conceives Tuhan sebagai pribadi, hadir dan aktif dalam pemerintahan dan organisasi dunia dan alam semesta. Sebagai teisme tersebut menggambarkan konsepsi klasik Allah yang ditemukan dalam agama Kristen, Yahudi, Islam, Sikh, dan beberapa bentuk Hindu. Dari artikel di atas dapat diambil hikmah bahwasannya segala kegiatan kita bertujuan untuk ibadah namun ibadah yang kita lakukan haruslah secara rutin dilakukan, tidak hanya ketika hari besar. Hal ini adalah salah karean ibadah yang ikhlas tidak mengenal hari baik, hari besar dll namun ibadah dilakukan secara rutin dan menjadi sebuah kebiasaan.

    ReplyDelete
  11. Rhomiy Handican
    16709251031
    Pps Pendidikan Matematika B 2016

    Theism adalah paham yang percaya bahwa tuhan menciptakan dan membina, Theism percaya Tuhan menciptakan alam semesta, dan berlakunya hukum alam, tetapi Tuhan mempunyai hubungan personal dengan manusia. saya meyakini theism karena berdasarkan alquran Islam merupakan satu-satunya agama yang mengajarkan sebuah konsep Ketuhanan berupa pengesaan Tuhan, dalam rangka memurnikan keagungan-Nya selaku Pencipta tunggal, Pembina tunggal (dari alam semesta), serta Illah (sesembahan) tunggal. Dalam penjabaran Al-Quran, dapat terlihat sebuah penekanan bahwa Allah adalah Dzat Yang Tunggal : “Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan Dia.” (Al-Ikhlas (112) : 1-4).

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Theisme adalah paham yang meyakini keberadaan Tuhan. Tuhan aktif mengawasi dan juga memelihara alam semesta. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Teisme terbagi menjadi Monoteisme, Politeisme, Panteisme/Panenteisme, Deisme, Autoteisme, Euteisme, Dysteisme, dan Misoteisme. Lawan dari teisme adalah ateisme, dimana ateisme beranggapan tidak adanya Tuhan.

    ReplyDelete
  13. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Theisme merupakan paham yang mempercayai keberadaan entitas bernama Tuhan. Seseorang yang memiliki pandangan Theisme ini akan berpendapat bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan tertentu. Lawan dari Theisme ialah Atheisme yaitu sebuah pandangan filosofi yang tidak memercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap theisme.

    ReplyDelete
  14. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Theism, in the field of comparative religion, or when contrasted with Atheism is more broadly defined as the belief in the existence of deities. In popular parlance, or when contrasted with deism, the term often describes the classical conception of god(s) that is found in the monotheistic and polytheistic religions. A belief in a god or gods, without rejection of revelation. (https://en.wikipedia.org/wiki/Theism). Teisme yang dimaksud adalah kepercayaan terhadap tuhan atau dewa-dewa tanpa menolak wahyu. Saya sebagai muslim memandang teisme adalah mentauhidkan Allah dengan konsekuensi mengikuti pedoman yang diwahyukan kepada nabinya dan meninggikannya yang paling tinggi dalam segala urusan dunia dimana dunia hanya perantara menuju tempat mulia disisnya kelak sebagaimana yang dijanjikan.


    ReplyDelete
  15. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Theism atau teisme merupakan aliran filsafat yang mempercayai bahwa ada kehadirannya dewa atau Tuhan. Teisme dikelompokkan menjadi dua, yaitu monoisme dan politeisme. Teisme pertama kali dipelopori oleh Ralph Cudworth pada tahun 1617-1688. Ateisme merupakan aliran yang berkebalikan dengan teisme, yang tidak mempercayai adanya Tuhan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha. Dalam pengertian yang lebih spesifik, teisme umumnya doktrin tauhid tentang sifat dewa, dan hubungan itu dewa untuk alam semesta. Teisme, dalam arti khusus ini, conceives Tuhan sebagai pribadi, hadir dan aktif dalam pemerintahan dan organisasi dunia dan alam semesta.

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Theism percaya Tuhan menciptakan alam semesta, dan berlakunya hukum alam, tetapi Tuhan mempunyai hubungan personal dengan manusia. saya meyakini theism karena berdasarkan alquran Islam merupakan satu-satunya agama yang mengajarkan sebuah konsep Ketuhanan berupa pengesaan Tuhan, dalam rangka memurnikan keagungan-Nya selaku Pencipta tunggal, Pembina tunggal dari alam semesta, serta Illah sesembahan tunggal.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum wr. wb.
    Dalam filsafat Theism merupakan pertanyaan lama akankah kita percaya bahwa Tuhan itu ada atau tiada. Konsep theism sendiri mempercayai keberadaan Tuhan dalam berbagai bentuk eksistensinya dalam pikiran manusia bisa jadi Tuhan yang maha Tunggal dan Tuhan yang dipresentasikan dalam dewa-dewa.
    Fokus dari theism disini merujuk bagimanakah Tuhan itu ada dan memberikan pengharapan atas segala aspek kehidupan manusia. Selaksa pikir yang menuju kepercayaan atas Tuhan memberikan sifat kepasrahan dari manusia bahwa kehidupan ini adalah sebuah anugrah dari Tuhan dan oleh karenanya kita berusaha membalas dengan keyakinan dan peribadatan yang merujuk bagaimana kita memanfaatkan hidup sebagai pemberian Tuhan.
    Dwi Margo Yuwono
    16701261028
    PEP S3 KELAS A

    ReplyDelete
  19. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Theisme merupakan kontra dari atheisme dan merupakan salah satu bagian dari kajian Teologi. Theisme sendiri merupakan sua[u paham yang meyakini Tuhan itu Ada.Argumen-argumen yang dibangun untuk membuktikan bahwa Tuhan ituAda, merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh Teologi. Dalam paham Theisme secara lebih luas mereka menganggapa bahwa Tuhan itu bersifat transenden dan dalam skala yang lebih kecil, Tuhan itu bersifat imanen. Paham yang menganggap Tuhan bersifat imanen salaha satunya adalah pantheisme yang menganggap bahwa Tuhan itu ada dalam diri ciptaan-Nya, termasuk makhluk hidup dan makhluk mati yangb ada dalam alam semesta.

    ReplyDelete
  20. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Teisme yang berasal dari istilah kata Yunani ‘theos’ yang berarti dewa. Maka teisme diartikan sebagai suatu kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan. Proses teisme tidak menyangkal bahwa Tuhan dalam beberapa hal yang kekal dan abadi. Namun secara khusus, proses teisme adalah hasil dari teori yang mengambil kategori menjadi, perubahan, dan waktu sebagai dasar untuk metafisika.

    ReplyDelete
  21. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Theisme berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang maha sempurna, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Theisme kadang– kadang didefinisikan secara luas untuk meliputi kepercayaan akan keberadaan Tuhan atau dewa. Dalam pandangan Islam berarti Allah SWT itu sebagai pencipta dunia dan mengatur segala isinya sehingga kita tuntut untuk menyembahnya.

    ReplyDelete
  22. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Pada tautan yang telah diberikan pada artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa teisme merupakan suatu paham yang berkenaan dengan Tuhan. Teisme pertama kali dikenalkan oleh Ralph Cudworth, yang berasal dari kata “theos” dengan “dewa”. Sehingga dapat dikatakan bahwa teisme merupakan suatu konsepsi klasik yang berkaitan dengan keberadaan Tuhan. Keberadaan Tuhan dimana dipercayai oleh beberapa agama antara lain Yahudi, Islam, Kristen, Hindu, dan sebagainya. Sementara itu lawan dari paham teisme adalah ateisme, yaitu paham yang tidak percaya keberadaan Tuhan.

    ReplyDelete
  23. martin/Rwanda
    pps2016pep B
    Basing on what I have red, Theism is the belief in the existence of one or more divinities or deities (gods), which are both immanent (i.e. they exist within the universe) and yet transcendent (i.e. they surpass, or are independent of, physical existence). These gods also in some way interact with the universe (unlike in Deism), and are often considered to be omniscient, omnipotent and omnipresent.

    The word "theism" was first coined in English in the 17th Century to contrast with the earlier term Atheism. "Deism" and "theism" changed meanings slightly around 1700, due to the increasing influence of Atheism: "deism" was originally used as a synonym for today's "theism", but came to denote a separate philosophical doctrine (see Deism).

    Theism incorporates Monotheism (belief in one God), Polytheism (belief in many gods) and Deism (belief in one or more gods who do not intevene in the world), as well as Pantheism (belief that God and the universe are the same thing), Panentheism (belief that God is everywhere in the universe but still greater and above the universe) and many other variants (see the section on Philosophy of Religion). What it does not include is Atheism (belief that there are no gods) and Agnosticism (belief that it is unknown whether gods exist or not).

    ReplyDelete
  24. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Teisme adalah paham ketuhanan yang berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Sempurna,sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Kebenaran dari teisme adalah sebagian besar pemikir mengakui adanya suatu realitas tertinggi yang perlu dianut, dalam kehidupan yang selalu berubah,teisme menawarkan suatu landasan yang kokoh, sebagian besar aliran pandangan menempatkan manusia dalamposisi tertinggi, teisme adalah suatu tujuan tertinggi bagi kehidupan.

    ReplyDelete
  25. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dalam aliran teisme mereka berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan di samping berada di alam (imanen), tetapi Dia juga jauh dari alam (transenden). Ciri lain dari aliran teisme adalah mereka menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. Teisme juga dapat dibedakan dalam hal kepercayaan tentang Tuhan dan hubungan-Nya dengan alam. Sehingga mereka yakin bahwa Tuhan itu tidak berubah.

    ReplyDelete
  26. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Theism adalah kontradiksi dari atheism. Maka, theism berarti mempercayai Allah, iman kepada Allah. Mengakui adanya Allah dan menjalankan perintah agama agama.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  27. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Teisme adalah suatu paham ketuhanan yang menyatakan bahwa alam diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Sempurna, sehingga antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Kebenaran dari teisme adalah sebagian besar pemikir mengakui adanya suatu realitas tertinggi yang perlu dianut, dalam kehidupan yang selalu berubah,teisme menawarkan suatu landasan yang kokoh, sebagian besar aliran pandangan menempatkan manusia dalamposisi tertinggi, teisme adalah suatu tujuan tertinggi bagi kehidupan.

    ReplyDelete
  28. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Theism merupakan tesis dari kepercayaan akan adanya sang pencipta yakni tuhan. Sedangkan antitesis dari theism adalah atheism yakni kepercayaan dengan tidak adanya tuhan. Manusia yang mengandalakan logika dalam proses berpikirnya cenderung melogikakan akan adanya tuhan sehingga mengganggap kecil keberadaannnya serta meniadakannnya. Namun bagi manusia yang mengguunkan logika dan hati dalam proses berpikirnya menjadikan manusia dapat melihat bahwa segala sesuatu tidak mungkin dengan sendirinya ada/tercipta kemudian tiada semua itu pasti terdapat sumber kekuatan yang lebih besar yang ada dibalik semuanya yakni tuhan.

    ReplyDelete
  29. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B S2 2016

    Theism adalah suatu sikap menyepakati klaim esksistensi Tuhan. Seorang theis mempercayai semesta alam diciptakan dengan tujuan yang dimiliki tuhan. Tuhan memiliki sifat-sifat seperti bisa senang, marah, dan sebagainya. Tuhan juga biasanya diklaim oleh theist memiliki karakter personal seperti manusia, hanya saja sikap tersebut semuanya positif dan memiliki level maha.

    ReplyDelete
  30. Theism adalah kepercayaan akan adanya Tuhan atau Dewa, terutama kepercayaan pada satu Tuhan yang menciptakan alam semesta, mengaturnya dan mrngatur hubungan antar makhlukNya. Theisme terbagi menjadi Monotheism, Politheism, Pantheism/Panentheism, Deisme, Autotheism, Eutheism, Dystheism, dan Misotheisme. Lawan dari theism adalah atheism, kepercayaan akan tidak adanya Tuhan.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  31. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Theism atau teisme merupakan suatu pandangan yang mengakui akan keberadaan Tuhan di dalam hidup ini. Namun, berkaitan dengan mengakui akan keberadaan Tuhan, menurut saya perlu ditekankan bahwa dengan mengaku saja tidaklah cukup melainkan harus diringi dengan rasa percaya penuh pada sosok Tuhan itu. Karena, esensi dari berTuhan adalah mengaku dan percaya pada Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Theisme berkaitan erat dengan ranah agama, karena theisme memiliki makna sebagai kepercayaan terhadap keberadaan Tuhan. Jika theisme sebagai thesis, maka atheisme adalah antitesisnya. Dan seseorang yang menganut atheisme tidak mempercayai adanya Tuhan. Biasanya seseorang menjadi atheis karena menganggap ilmu yng dimiliki dapat memecahkan banyak persoalan hidup sehinggga keberadaan Tuhan tidak dibutuhkan. Kebalikannya theism yang mempercayai Tuhan beranggapan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini ada karena adanya Tuhan, tidak akan ada dunia ini tanpa adanya Tuhan yang menciptakan. Karena hidup di dunia ini memiliki unsur dasar yaitu fatal dan vital.

    ReplyDelete
  33. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Sebutan teisme pertama digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688) [1], dan digunakan sebagai lawan kata ateisme, sebutan yang dicetuskan sekitar tahun 1587. Teisme adalah kepercayaan terhadap keberadaan Tuhan atau dewa. Menurut Cudworth, “Seseorang disebut penganut Theist ketika dia secara penuh kesadaran dan pemahaman menjadi, atau memikirkan keberadaan dirinya di dunia ini dikarenakan adanya hal lain.” Aliran ini meyakini bahwa Tuhan berada dalam entitas yang dapat dikenali tetapi berbeda.. Teisme dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme (Kepercayaan terhadap satu Tuhan), politeisme (Kepercayaan terhadap banyak Tuhan), Pantheisme dan Panentheisme, Deisme, Autotheisme, dan Value-Judgment Theisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c2013


    Tesim, di ranah perbandingan agam, atau yang berlawaann denagn atheisme, terdifinisi secara luas/umum sebagai kepercayaan pada existensi dewa, istilah sering menggambarkan konsepsi klasik tenatng tuhan yang didapat di agama moteis dan politeis` percaya atau berimana pada tuhan tanpa ada ingkar/menilak sebagai karakter dari deism

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id