Jan 13, 2013

HOLISM





Ass, jika ingin membaca Holism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Holisme adalah gagasan bahwa sistem yang ada (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, linguistik, dll) dan sifat mereka harus dilihat sebagai keseluruhan, bukan sebagai koleksi bagian. Dalam KBBI, holisme berarti cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala, dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh. Contoh holisme dapat ditemukan di seluruh sejarah manusia dan dalam konteks sosial budaya paling beragam, seperti yang telah dikonfirmasi oleh banyak penelitian etnologis. Sama halnya dalam proses pembelajaran di kelas, dari berbagai atau sejumlah siswa yang mempunyai karakteristik yang berbeda, maka hendaknya guru tidak hanya terfokus pada satu siswa atau sekelompok anak saja yang mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih tinggi, tetapi juga harus memperhatikan siswa yang tingkat intelegensinya menengah ke bawah agar tujuan dari pembelajaran dapat dicapai oleh seluruh siswa dalam kelas tersebut.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya: sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Holisme adalah konsep yang mewakili semua keutuhan di alam semesta, dan itu adalah faktor karena keutuhan itu menandakan faktor-faktor nyata di alam semesta. Holisme juga menyatakan teori alam semesta seperti Materialisme dan Spiritualisme bahwa realitas tertinggi di alam semesta bukan materi atau roh tetapi keutuhan sebagaimana didefinisikan dalam Holisme dan Evolution. Holisme sering diambil sebagai tesis bahwa keseluruhan lebih daripada jumlah bagian-bagiannya. Beberapa interpretasi yang berbeda dari epigram ini membuktikan relevan dengan fisika, seperti yang akan kita lihat. Berikut ini adalah pernyataan awal Sejalan samar nonseparability: Keadaan keseluruhan tidak didasari oleh negara bagian-bagiannya. Hal ini sudah jelas baik yang holisme dan nonseparability yang pengertian terkait dan bahwa hubungan mereka tepat perlu diklarifikasi

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Holisme merupakan suatu paham bahwa suatu sistem tidak dapat dipandang dari sebagian-sebagiannya saja. Konfirmasi Holisme adalah suatu pemikiran dalam fisafat ilmu. Pemikiran ini bertentangan dengan pemikiran reduksionisme. Prinsip holisme sendiri diutarakan dengan indah oleh Aristoteles "keseluruhan lebih dari bagian dari anggota-anggotanya.Konfirmasi holisme dalam sebuah teori tidak dapat dites secara terpisah dari keseluruhan sistem. Sebuah teori bisa diisolasi dan diuji secara terpisah dari pendukung-pendukung yang lain.Sistem alam tidak dapat dipahami apabila kita mempelajarinya dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Holisme ialah suatu pemikiran yang beranggapan bahwa alam semesta cenderung membentuk sesuatu yang utuh sehingga sesuatu tersebut lebih besar daripada sekedar gabungan-gabungan bagian hasil evolusi. Menurut pemikiran holism, sistem alam semesta baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Sistem alam tidak dapat dipahami apabila dipelajari dengan cara memisahkan bagian-bagiannya, sistem harus dipelajari secara utuh sebagai suatu kesatuan.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Holisme merupakan aliran filsafat yang memandang sesuatu sebagai satu kesatuan, bisa juga dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang saling berhubungan bekerja sama. Seperti halnya ilmu pengetahuan, ilmu tidak akan menjadi ilmu jika dipahami secara terpisah-pisah, ilmu pengetahuan adalah suatu sistem kesatuan. Sebagai seorang guru, haruslah dalam menyampaikan ilmu haruslah tersampaikan semuanya dalam satu bab misalnya, jangan sampai tertinggal meski itu hanya satu syarat, namun itu akan menimbulkan persepsi yang berbeda, bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi kontradiksi dalam ilmu tersebut. Solusinya adalah seorang guru harus mempersiapkan pembelajaran yang sistematis untuk menghindari keterceceran materi.

    ReplyDelete
  7. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Holism atau Holisme berasal dari kata ‘holos’ yang artinya keseluruhan. Holisme diperkenalkan oleh Jan Smuts pada tahun 1926. Holisme sendiri merupakan aliran filsafat yang berpandangan bahwa alam semesta ini merupakan satu kesatuan yang utuh, bukan kesatuan dengan bagian-bagian yang terpisah.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  8. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi dibagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  9. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Secara sederhana, makna holism atau holisme berati memandang sesuatu secara utuh. Apapun, harus dipelajari dan dipahami dengan benar menjadi satu kesatuan unsur yang tidak terpisah. Salah satu jebakan filsafat dapat terjadi adalah apabila kita memahaminya sepenggal-sepenggal. Bahaya sekali memaknai sesuatu secara sepenggal.
    Karena sisi depan tentu tak sama dengan sisi belakang, begitupun sisi kanan tak sama dengan sisi kiri. Selalu ada perbedaan, maka memaknai sesuatu haruslah secara utuh.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Definisi Kata Holisme ho.lis.meNomina (kata benda) cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala, dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh Itulah definisi dari Holisme. Holisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkahlaku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian/komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain. Pandangan holistik dalam kepribadian, yang terpenting adalah Kepribadian normal ditandai oleh unitas, integrasi, konsistensi dan koherensi (unity, integration, consistency, dan coherence), Organisme dapat dianalisis dengan membedakan tiap bagiannya, tetapi tidak ada bagian yang dapat dipelajari dalam isolasi, dan Organisme memiliki satu dorongan yang berkuasa, yakni aktualisasi diri (self actualization), serta Pengaruh lingkungan eksternal pada perkembangan normal bersifat minimal. Potensi organisme, jika terkuak di lingkungan yang tepat, akan menghasilkan kepribadian yang sehat dan integral. Penelitian komprehensif terhadap satu orang lebih berguna daripada penelitian ekstensif terhadap banyak orang mengenai fungsi psikologis yang diisolir.

    ReplyDelete
  11. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Holism atau holisme adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah. Oleh karena itu dalam memandang organisme, holisme menegaskan bahwa organisme selalu bertingkah laku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian/ komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan, dan apa yang terjadi dibagian satu akan mempengaruhi bagian yang lain.

    ReplyDelete
  12. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang diberikan di atas holisme adalah gagasan bahwa sistem dan sifat sesuatu harus dilihat sebagai keseluruhan, bukan sebagai koleksi bagian. Ini sering mencakup pandangan bahwa sistem berfungsi sebagai keutuhan dan fungsi tidak dapat sepenuhnya dipahami hanya dari segi komponen.

    ReplyDelete
  13. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Holisme adalah suatu cara pandang yang menyeluruh dalam memempersepsi realitas. Berbeda dengan cara pandang mekanistik yang melihat keseluruhan adalah jumlah dari bagian-bagian, paradigma holistik memandang keseluruhan lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya.

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Holism dalah salah satu pola gaya berpikir secara menyeluruh dengan mempertimbangkan segala aspek yang mungkin mempengaruhi tingkah laku manusia atau suatu kejadian. Dalam artian bahwa berpikir holistik itu tidak hanya melihat masalah dari satu sisi aja, tapi mempertimbangkan sisi-sisi lain yang bahkan terkadang sebenernya kurang atau tidak disadari. Berpikir holistik membuat kita meminimalisir adanya keputusan-keputusan premature, dan membuat kita jadi lebih bijaksana.

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Holism atau holism dalam bahasa Indonesia adalah gagasan bahwa sistem (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, linguistik, dll) dan sifat mereka harus dilihat sebagai keseluruhan, bukan sebagai koleksi bagian (https://en.wikipedia.org/wiki/Holism). Ini sering mencakup pandangan bahwa sistem berfungsi sebagai keutuhan dan fungsi mereka tidak dapat sepenuhnya dipahami hanya dari segi komponen mereka. Saya kira pemikiran holism menghendaki bahwa segala sesuatu yang berangkai harus dilihat secara utuh sebagai sebuah kesatuan tidak diperkenankan ada satu bagian atau komponen yang luput dari penglihatan jika ingin memahami atau mempelajarinya. Melihat kehidupan dengan pemikiran holism berarti melihat utuh antara struktur material, formal, normative, dan spiritual dari struktur kehidupan kita.

    ReplyDelete
  16. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang holism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  17. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, holism atau holisme adalah gagasan bahwa sistem (fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, linguistik, dll.) dan sifat-sifatnya harus dipandang sebagai keutuhan, bukan sebagai bagian.

    ReplyDelete
  18. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013


    Istilah holism diciptakan oleh Jan Smuts di Holism dan Evolution (1926). Definisi lengkap tersedia dalam paragraf penutup Bab V Umum konsep holism.

    ReplyDelete
  19. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Holisme adalah konsep yang mewakili semua keutuhan di alam semesta, dan itu adalah faktor karena keutuhan itu menandakan faktor-faktor nyata di alam semesta.Holisme menekankan bahwa organisme selalu bertingkahlaku sebagai kesatuan yang utuh, bukan sebagai rangkaian bagian komponen yang berbeda. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi di bagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  20. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Holisme merupakan aliran filsafat yang memandang sesuatu sebagai satu kesatuan, Holisme juga menyatakan teori alam semesta seperti Materialisme dan Spiritualisme bahwa realitas tertinggi di alam semesta bukan materi atau roh tetapi keutuhan sebagaimana didefinisikan dalam Holisme dan Evolution. Secara sederhana, makna holism atau holisme berati memandang sesuatu secara utuh. sehingga semuanya harus dipelajari dan dipahami dengan benar menjadi satu kesatuan unsur yang tidak terpisah.

    ReplyDelete
  21. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Holistik adalah cara pandang secara keseluruhan dan kesatuan dari suatu obyek .Holisme merupakan suatu pemikiran tentang alam semesta, baik yang bersifat fisik, atau non fisik,material maupun non material, sebagai satu kesatuan dari bagian-bagian yang tidak terpisahkan. Segala yang ada di alam adalah suatu sistem dalam kesatuan yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Sistem terdiri dari bagian-bagian atau unit-unit yang saling berhubungan dan membentuk suatu sistem yang menyeluruh...

    ReplyDelete
  22. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Cara berfikir holistik adalah upaya untuk memahami sesuatu secara utuh-menyeluruh-tidak terpecah belah-tidak parsialistik,tidak terkotak kotak kedalam pandangan yang partikularistik,dan itu ibarat upaya merangkai potongan potongan puzzle untuk menemukan rahasia gambar yang utuh-menyeluruh.
    Sedangkan kontra dari Holistik adalah cara berfikir partikularistik yaitu upaya untuk mencari bagan yang merupakan bagian dari keseluruhan atau ibarat upaya menemukan potongan potongan puzzle.mengapa, karena dalam konsep kebenaran menyeluruh semua wujud empirik itu hanya merupakan bagan dari keseluruhan bukan keseluruhan itu sendiri.karena konsep kebenaran menyeluruh ibarat sebuah bangunan besar yang bagan bagan nya dibentuk oleh unsur unsur yang bersifat empirik dan yang non empirik-yang bersifat lahiriah dan yang bersifat batiniah,analoginya, manusia keseluruhannya adalah jiwa-raga nya bukan hanya raga nya bukan pula hanya jiwa nya semata

    ReplyDelete
  23. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Paham Holisme dalam filsafat adalah suatu teori bahwa kepercayaan kita datang secara paket. Paham ini mengatakan bahwa suatu sistem tidak bisa dipandang dari bagian-bagiannya saja. Sistem secara keseluruhan mempengaruhi bagaimana bagian bekerja. Untuk mengetahui konsep raja maka kita harus tahu konsep krajaan dan kekuasaan. Jadi menurut pandangan ini kita harus memandang segala sesuatu secara keseluruhan agar mendapatkan kebenaran.

    ReplyDelete
  24. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Holism merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem yang ada di alam semesta. Holisme secara ilmiah percaya bahwa perilaku sistem tidak dapat diprediksi secara sempurna, tidak peduli berapa banyak data yang tersedia. Sistem alami dapat menghasilkan perilaku yang tidak terduga, dan diperkirakan bahwa perilaku sistem tersebut tidak dapat direduksi secara komputatif, sehingga tidak dapat memperkirakan keadaan sistem tersebut tanpa simulasi penuh semua kejadian yang terjadi dalam sistem.

    ReplyDelete
  25. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Holisme merupakan suatu ide mengenai cara pandang secara keseluruhan, bukam dilihat sebagian atau unsur-unsur tertentu. Jika kita terapkan dalam kehidupan, maka implikasinya adalah kita tidak seharusnya mudah menyerah dalam menghadapi satu masalah, kita harus mampu melihat masalah itu secara keseluruhan, melihat hikmah dibalik masalah itu. Kaitannya dalam bidang pendidikan yaitu menandakan bahwa anak didik adalah individu yang memiliki beragam pemikiran, sehingga sebagai seorang guru dalam mengajar haruslah secara menyeluruh, bukan hanya untuk siswa tertentu.

    ReplyDelete
  26. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Di dalam kehidupan kita pasti ada yang namanya siste. Dimana di dalamnya terdapat berbagai komponen sistem yang saling berkesinambungan. Semua saling berkaitan dan saling melengkapi. Holism adalah gagasan secara keseluruhan tentang sistem yang natural seperti biologis, jasmani, bahan kimia, mental, dan bahasa.

    ReplyDelete
  27. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Suatu pemikiran yang menyatakan bahwa sistem alam semesta, baik yang bersifat fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental-psikis, dan kebahasaan, serta segala kelengkapannya harus dipandang sebagai sesuatu yang utuh dan bukan merupakan kesatuan dari bagian-bagian yang terpisah diistilahkan dengan holisme. Holisme merupakan salah satu karakteristik penting dalam penelitian kualitatif, karena menganggap suatu objek penelitian misalnya manusia tidak dapat dimaknai bila dipisahkan dari konteksnya. Selain itu, berpikir holistik penting dalam kehidupan dimana kita sebagai makhluk sosial di zaman globalisasi ini. Berpikir holistik akan membuat orang lebih mudah beradaptasi dengan suasana, lingkungan, dan manusia yang baru serta berbeda.

    ReplyDelete
  28. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Holism in general terms (whether in science, sociology, economics, linguistics or philosophy) is the idea that all the properties of a given system cannot be determined or explained by its component parts alone, but the system as a whole determines in an important way how the parts behave. I think this word has the relationship with holistic which means judjing the entity not the detail.

    ReplyDelete
  29. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Cara pendekatan para holisme terhadap suatu masalah itu sebagai kesatuan yang utuh. Pandangan mereka bukan merupakan kesatuan yang terpisah-pisah. Sehingga pemikirannya dari sitem alam semesta baik yang bersifat fisik, sosial , ekonomi, mental-psikis, kebahasaannya sesuatu yang lengkap. Jiwa dan tubuh bukan dua unsur yang terpisah tetapi bagian dari satu kesatuan dan apa yang terjadi dibagian satu akan mempengaruhi bagian lain.

    ReplyDelete
  30. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016


    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Holisme berkaitan dengan keutuhan, keseluruhan. Tidak bisa dipandang dari sebagian sebagian saja namun harus komprehensif. Ini adalah pemikiran yang menyatakan bahwa alam ini secara fisik maupun mental dan segala sesuatu di dalamnya harus dipandang sebagai sesuatu yang menyeluruh, utuh dan tidak terpisah bagian bagiannya.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dalam filsafat bahasa, ini menjadi klaim yang disebut holisme semantik, bahwa makna dari kata atau kalimat individu hanya dapat dipahami dalam hal hubungan untuk tubuh yang lebih besar dari bahasa, bahkan seluruh teori atau seluruh bahasa. Dalam filsafat pikiran, keadaan mental dapat diidentifikasi hanya dalam hal hubungan dengan orang lain. Hal ini sering disebut sebagai 'holisme isi' atau 'holisme yang mental'.

    ReplyDelete
  33. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Holisme adalah suatu paham bahwa suatu sistem tidak bisa dipandang dari bagian-bagiannya saja. Sistem secara keseluruhan mempengaruhi bagaimana bagian bekerja. Diambil dari kata holos yang artinya “total” atau “semua”. Confirmation holism adalah suatu pemikiran dalam filsafat ilmu. Pemikiran ini bertentangan dengan pemikiran reduksionis. Dalam konfirmasi holisme sebuah teori tidak bisa di tes secara terpisah dari keseluruhan sistem. Sebuah teori tidak bisa diisolasi dan diuji secara terpisah dari teori-teori pendukung yang lain. Ini karena sebuah teori selalu didukung dengan teori-teori yang lain.

    ReplyDelete
  34. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Kata Holistik pertama dikenal di dunia Kesehatan khususnya kedokteran, kata ini kemudian diguna-kan secara lebih luas di berbagai bidang Ilmu Pengetahuan lainnya. Dalam buku ini kata Holistik digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang bulat, utuh, dan menyatu, tidak terpisah-pisah, dan tidak terkotak-kotak, meskipun setiap elemennya masih dapat dibedakan, tetapi tidak dapat dipisahkan.

    Holisme adalah suatu paham yang memandang suatu masalah sebagai satu kesatuan yang utuh. Holisme ini juga menggunakan pendekatan untuk menyelesaikan masalah sebagai bagian yang integral.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  35. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Holisme berasal dari bahasa Yunani (ὅλος) holos yang artinya semua atau keseluruhan. Holisme merupakan ide bahwa sistem (fisika, biologi, kimia, sosial, ekonomik, mental,psikologi, linguistik, dll) dan bagian-bagiannya harus dipandang sebagai keseluruhan, bukan sebagai koleksi pembagian. Dalam filsafat, doktrin yang lebih menekankan prioritas pada keseluruhan dari bagian-bagiannya disebut holisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id