Jan 13, 2013

DUALISM




Ass, jika ingin membaca tentang Dualism, bisa konek berikut:


Wss

35 comments:

  1. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan salah satu sumber di atas, dualism, atau ya lebih dikenal dengan sebutan dualisme adalah keadaan yang menunjukkan adanya dua bagian atau pemisahan. Dualisme sering terjadi dalam organisasi atau politik, karena ada perbedaan pendapat/pemikiran atau kepentingan golongan tertentu di antara sesama anggota kelompok. Terdapat berbagai macam jenis dualism, di antaranya, dualisme moral, dualisme dalam hal teologi, ontologi, dualisme dalam hal fisafat ilmu, dualisme dalam hal filsafat pikiran, dan sebagainya. Berdasarkan alamat website http://www.iep.utm.edu/dualism/, dualisme dalam filsafat pemikiran adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran / tubuh. Sebaliknya, beberapa filsafat Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Berdasarkan bahan bacaan dapat saya rangkumkan bahwa Dualisme (dualism) berasal dari kata Latin yaitu duo (dua). Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Masing-masing substansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi. Ada juga yang menyatakan bahwa dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Dualism merupakan paham yang menggabungkan antara kebajikan dengan kejahatan dalam satu wadah. Paham yang membenarkan percampuran antara keduanya. Orang yang berpikiran dualis akan melihat sesuatu itu secara mendua. Dia akan memisahkan peranan antara jiwa dan raga, antara perbuatan dan hati. Dan akhirnya dia akan berpendapat, perbuatan boleh melakukan kesalahan tetapi hati selalu dalam kebenaran. Mencuri boleh asalkan dengan niat baik. Menjadi pelacur silahkan saja asalkan dengan niat baik untuk menghidupi keluarganya. Dualisme ini adalah paham yang sangat berbahaya. Paham yang telah dianut Barat selama beratus-ratus tahun ini terang saja juga ikut mempengaruhi umat di dunia pada umumnya dan Islam secara khusus lewat gerakan Westernisasi. Maka dari itu hal ini perlu diantisipasi bersama.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan http://id.wikipedia.org/wiki/Dualisme konsep dualism menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Gagasan tentang dualisme jiwa dan raga berasal setidaknya sejak zaman Plato dan Aristoteles dan berhubungan dengan spekulasi tantang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Plato dan Aristoteles berpendapat, dengan alasan berbeda, bahwa "kecerdasan" seseorang tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan dengan fisik.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dualisme menunjukkan keadaan dua bagian. Dalam filsafat pikiran, dualisme adalah pandangan tentang hubungan antara pikiran dan materi yang mengklaim bahwa pikiran dan materi adalah dua kategori ontologis terpisah. Dualisme pikiran-tubuh mengklaim bahwa baik pikiran maupun materi dapat dikurangi satu sama lain dengan cara apapun. Tradisi filsafat dualis Barat (seperti yang dicontohkan oleh Descartes) menyamakan pikiran dengan sadar diri dan berteori pada kesadaran atas dasar dualisme pikiran/tubuh. Sebaliknya, beberapa filosofi Timur menarik garis metafisik antara kesadaran dan materi - materi mana termasuk tubuh dan pikiran.

    ReplyDelete
  5. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Dualisme merupakan pandangan filsafat yang menyatakan adanya dua substansi. Menurut pandangan ini, segala yang ada dan yang mungkin ada bersumber dari dua substansi atau hakikat dengan menggabungkan antara idealism dan materialism. Sehingga dualisme mengatakan bahwa wujud alam ini terdiri dari dua hakikat sebagai sumber, yaitu hakikat materi dan rohani. Materi ada karena adanya rohani dan sebaliknya rohani ada karena terdapat materi. Dualisme berlainan dengan monoism yang mengajarkan bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal.

    ReplyDelete
  6. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Tokoh dualisme adalah Plato, Aristoteles, dan Rene Descartes yang mempercayai konsep filsafat yang menyatakan konsep dua hal. Di dunia ini begitu banyak contoh dualisme, siang-malam, kanan-kiri, depan-belakang. Bahkan dalam menjalani kehidupan sebagai manusia, dituntut untuk selalu menyeimbangkan antara idealis dan realita, dalam membuat ide haruslah mempertimbangkan pengalaman, karena hal tersebut diyakini akan memperoleh hasil yang luar biasa dibandingkan hanya mementingkan idealis atau realita saja.

    ReplyDelete
  7. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme dapat dipahami sebagai pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik. Ada juga yang menyatakan bahwa dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani.

    ReplyDelete
  8. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Gagasan tentang dualism muncul karena adanya pendapat, bahwa “kecerdasan” tidak bisa diidentifikasi dan dijelaskan dengan fisik. Adanya perbedaan antara jiwa dan raga, dan paham ini mengkalim bahwa mental merupakan entitas non-fisik. Substansi dualisme bertentangan dengan semua jenis materialisme.Kemudian muncullah Descartes yang pertama kali mendefinisikan dengan jelas bahwa, jiwa dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak sebagai tempat kecerdasan.
    Maka pada intinya, dualism adalah pandangan yang menyatakan adanya dua substansi.

    ReplyDelete
  9. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Berdasarkan link yang Bapak bagikan di atas, saya mendapati bahwa gagasan tentang dualism atau dualisme sudah ada sejak zaman Plato dan Aristoteles. Namun versi dualisme secara umum diterapkan oleh Rene Descartes pada tahun 1641. Adapun menurut Plato dan Aristoteles dualisme berhubungan dengan spekulasi tentang eksistensi jiwa yang terkait dengan kecerdasan dan kebijakan. Kecerdasan seseorang (bagian dari jiwa) tidak dapat dijelaskan melalui kondisi fisik seseorang tersebut.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Dualisme (dualism) berasal dari kata Latin yaitu duo (dua). Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Masing-masing substansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi, misalnya substansi adi kodrati dengan kodrati, Tuhan dengan alam semesta, roh dengan materi, jiwa dengan badan dll. paham dualisme dianggap suatu varian dari paham idealisme. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan adanya dua substansi yang mendasari dunia. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualis dikalangan antropolog pasti memandang manusia dari dua sisi: akal dan nafsu, jiwa dan raga, kebebasan dan taqdir. Dalam filsafat ilmu, dualisme pasti merujuk kepada dichotomi subyek-obyek, realitas subyektif dan obyektif. Kebenaran pun menjadi dua kebenaran obyektif dan subyektif. Bahkan di zaman postmo kebenaran ada dua absolut dan relatif.

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Dualisme menunjukkan keadaan dari dua bagian. Dualisme Istilah ini awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner yang kekal, makna yang diawetkan dalam metafisis dan filosofis dualitas wacana tetapi telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Dualisme Moral adalah kepercayaan dari pelengkap atau konflik antara kebajikan dan jahat. Ini hanya berarti bahwa ada dua berlawanan moral yang bekerja, terlepas dari interpretasi apa yang mungkin menjadi "moral" dan independen tentang bagaimana ini dapat diwakili. Yang bertentangan moral yang mungkin, misalnya, ada dalam pandangan dunia yang memiliki satu tuhan, lebih dari satu tuhan, atau tidak. Sebaliknya, ajaran agama megenai dua Tuhan atau bitheism menyiratkan (setidaknya) dua dewa. Sementara bitheism menyiratkan harmoni, ajaran agama megenai dua Tuhan menyiratkan persaingan dan oposisi, seperti antara baik dan jahat, atau terang dan gelap, atau musim panas dan musim dingin. Sebagai contoh, sistem ditheistic akan menjadi salah satu di mana satu tuhan kreatif, merusak yang lain.

    ReplyDelete
  12. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link yang tertera di atas dualism atau dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dualisme ini merupakan pandangan yang menegaskan eksistensi dari dua bidang (dunia) yang terpisah, tidak dapat direduksi, dan unik. Misalnya: roh/materi, jiwa/raga, dunia noumenal/dunia fenomenal. Dualisme ini pada umumnya berbeda dengan monisme.

    ReplyDelete
  13. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Dualisme merupakan kenyataan bahwa manusia menyadari segala sesuatu yang ada diluar dirinya sebagian dengan melalui kontak langsung yaitu dengan pancaindera. Pancaindera adalah kunci kesadaran dari diri manusia itu sendiri. Kemudian melalui pancaindera sampai ke pusat syaraf dan disana ditafsirkan sebagai suatu kesadaran rasional, atau kesadara rohaniah. Manusia sebagai makhluk hidup adalah integritas antara unsur jasmaniah dan rohaniah. Perwujudan manusia ialah kesatuan harmonis dan wajar antara fungsi rohani dan jasmani. Sehingga adanya dua hal yang memisahkan manusia yaitu jasmani dan rohani.

    ReplyDelete
  14. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Dari http://www.iep.utm.edu/dualism/ diperoleh bahwa bentuk paling dasar dari dualisme adalah dualisme substansi, yang mensyaratkan bahwa pikiran dan tubuh terdiri dari dua zat ontologis yang berbeda. Menurut dualis, pikiran (atau jiwa) terdiri dari zat non-fisik, sementara tubuh didasari bahan fisik yang dikenal sebagai materi. Menurut sebagian dualis substansi, pikiran dan tubuh mampu mempengaruhi satu sama lain.

    ReplyDelete
  15. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    dualisme adalah konsep bahwa pikiran kita adalah lebih dari sekedar otak kita. Konsep ini mensyaratkan bahwa pikiran kita memiliki non-material, dimensi spiritual yang mencakup kesadaran dan mungkin atribut yang kekal. Salah satu cara untuk memahami konsep ini adalah untuk mempertimbangkan diri kita sebagai wadah termasuk tubuh fisik kita dan otak fisik bersama dengan terpisah pikiran non-fisik, jiwa, atau jiwa. Pikiran, jiwa, atau jiwa dianggap bagian sadar bahwa memanifestasikan dirinya melalui otak dengan cara yang sama bahwa gambar gelombang dan gelombang suara menampakkan diri melalui televisi. Gelombang gambar dan suara juga non-materi seperti pikiran, jiwa, atau jiwa.

    ReplyDelete
  16. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum

    Dari salah satu link diatas dijelaskan bahwa dualism menunjukan keadaan dari dua bagian misalnya dalam aspek moral, dualism berarti kepercayaan dari komplemen (keimbangan) antara kebajikan dan kejahatan. Sikap dualism hadir ketika baiknya atau idealnya hanya memerlukan munculnya sikap padu dalam suatu wadah pengambilan sikap. Saya kira sikap dualism berbahaya tatkala hadir dan memuat kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah atau semesta.

    ReplyDelete
  17. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    S2 PEP B 2016

    Istilah dualisme berasal dari kata Latin duo yang berarti dua. Paham dualisme berpendirian bahwa kenyataan dikendalikan oleh dua prinsip, kekuatan dan kekuasaan, maka dalam pandangan ini ada realitas tertinggi (Tuhan) dan alam semesta yang masing-masing bergerak menurut azaznya masing-masing. Dalam pandangan filosofis dualisme merupakan penegasan akan eksistensi dari dua bidang yang terpisah. Selain itu ada juga pandangan yang memamahimi dualisme sebagai ajaran atau faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakikat yaitu hakikat materi dan hakikat ruhani. Kedua macam hakikat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, sama asasi dan abadi. Perhubungan antara keduanya itu menciptakan kehidupan dalam alam. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakikat ini adalah terdapat dalam diri manusia.

    ReplyDelete
  18. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Rene Descartes (1596-1650 M) seorang filsuf Prancis, mengatakan bahwa pembeda antara dua substansi yaitu substansi pikiran dan substansi luasan (badan). Jiwa dan badan merupakan dua sebstansi terpisah meskipun didalam diri manusia mereka berhubungan sangat erat. Dapat dimengerti bahwa dia membedakan antara substansi pikiran dan substansi keluasan (badan). Maka menurutnya yang bersifat nyata adalah pikiran.

    ReplyDelete
  19. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang dualism dalam filsafat. InsyaAllah link tersebut dan isinya akan bermanfaat bagi seluruh pembaca dalam blog ini khususnya saya, mungkin sekarang, besok, atau seterusnya. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  20. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dari link tersebut, menyebutkan bahwa dualisme berasal dari kata duo dalam bahasa Latin yang berarti "dua". Dualisme menyatakan satu dari dua bagian. Istilah dualisme ini awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner co-eternal, yaitu sebuah makna yang diawetkan dalam metafisis dan filosofis dualitas, tetapi pada umumnya dualisme digunakan untuk menunjukan sebuah sistem yang terdiri dari dua bagian.

    ReplyDelete
  21. Naja Nusaibah
    13301241042
    S1 Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dalam filsafat ilmu, dualisme sering mengacu pada dikotomi antara "subjek" (pengamat) dan "objek" (yang diamati). Dualisme lain, dalam filsafat Popperian of science mengacu pada "hipotesis" dan "sanggahan", misalnya, sanggahan percobaan. Gagasan ini juga diterapkan untuk filsafat politik Popper.

    ReplyDelete
  22. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Aliran ini berpendapat bahwa benda terdiri dari dua macam hakikat sebagai asal sumbernya, yaitu hakikat materi dan hakikat ruhani, benda dan ruh, jasad dan spirit. Materi bukan muncul dari ruh dan ruh bukan muncul dari benda. Sama-sama hakikat. Kedua macam hakikat itu masing-masing bebas dan berdiri sendiri, sama-sama azali dan abadi. Hubungan keduanya menciptakan kehidupan dalam alam ini. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama ini kedua hakikat ini adalah dalam diri manusia.
    Tokoh paham ini adalah Rene Descartes. Sebagai pendobrak filsafat modern Descartes mempunyai concern yang jauh lebih rumit. Ia tidak lagi melihat alam yang secara terus-menerus dijadikan objek kajian dalam ilmu pengetahuan. Lebih jauh lagi ia melihat relasi antara subjek yang mengetahui dengan objek yang diketahui. Dengan demikian ia memosisikan manusia tidak hanya sebagai subjek saja tetapi sekaligus sebagai objek.

    ReplyDelete
  23. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dualism merupakan paham yang menggabungkan antara kebajikan dengan kejahatan dalam satu wadah. Paham yang membenarkan percampuran antara keduanya. Orang yang berpikiran dualis akan melihat sesuatu itu secara mendua. Dia akan memisahkan peranan antara jiwa dan raga, antara perbuatan dan hati. Dan akhirnya dia akan berpendapat, perbuatan boleh melakukan kesalahan tetapi hati selalu dalam kebenaran. Dualisme dapat dipahami sebagai pandangan filosofis yang menegaskan eksistensi dari dua bidang yang terpisah, tidak dapat direduksi dan unik.

    ReplyDelete
  24. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dualisme Istilah ini awalnya diciptakan untuk menunjukkan oposisi biner yang kekal, makna yang diawetkan dalam metafisis dan filosofis dualitas wacana tetapi telah lebih umum dalam penggunaan lain untuk menunjukkan sistem yang berisi dua bagian penting. Substansi dualisme bertentangan dengan semua jenis materialisme. Kemudian lahirlah faham Descartes yang mendefinisikan dengan jelas bahwa, jiwa dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak sebagai tempat kecerdasan.

    ReplyDelete
  25. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Dualisme dengan tokoh Plato, Aristoteles, dan Rene Descarte menunjukkan bahwa suatu keadaan dari dua bagian. Pendefinisian dua bagian ini relatif, tergantung tentang aspek apa yang dikaji. Misalkan dualisme ontologis, dunia dibagi menjadi dua kategori menyeluruh, posisi dan kombinasi dari dua prinsip dasar alam semesta dari yin dan yang. Dualisme moral adalah kepercayaan dari pelengkap atau konflik antara kebajikan dan jahat.

    ReplyDelete
  26. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Dualisme dari apa yang ada di dalam dan apa yang ada di luar diri manusia, yaitu badan dan jiwa. Dua hal tersebut ada di dalam diri manusia. Karena jika hanya ada jiwa, maka tidak bisa disebut manusia, begitu juga jika hanya ada badan tanpa jiwa. Maka keduanya harus ada dalam diri manusia. Berdasarkan link-link tersebut dijelaskan bahwa dalam dualism, 'pikiran' dikontraskan dengan 'tubuh' dalam ruang dan waktu yang berbeda, serta aspek yang berbeda. Berdasarkan link-link di atas, menurut Descartes manusia dan semua yang ada dan yang mungkin ada hal di dunia ini memiliki dualisme.

    ReplyDelete
  27. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dualisme adalah ajaran yang menyatakan realitas itu terdiri dari dua substansi yang berlainan dan bertolak belakang. Rene Descartes (1596-1650 M) mengatakan bahwa pembeda antara dua substansi yaitu substansi pikiran dan substansi luasan (badan). Jiwa dan badan merupakan dua sebstansi terpisah meskipun didalam diri manusia mereka berhubungan sangat erat. Dapat dimengerti bahwa dia membedakan antara substansi pikiran dan substansi keluasan (badan).

    ReplyDelete
  28. MARTIN/RWANDA
    PPS2016PEP B
    Actually, as philosophy is divided into 4 parts which are methaphisics, ontology, epistemology and oesthetics, i can classify dualism in methaphisics because Dualism is the belief that there are two kinds of reality: material (physical) and immaterial (spiritual). In Philosophy of Mind, Dualism is the position that mind and body are in some categorical way separate from each other, and that mental phenomena are, in some respects, non-physical in nature.

    ReplyDelete
  29. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Dualism adalah moral yang terdapat pada diri manusia baik moral kebaikan atau kejahatan. Saat melihat kejadian akan respon kejadian tersebut yaitu kebajikan atau kejadian seanjutnya muncul suatu pertentangan dalam diri kita apa yang akan dilakukan.

    ReplyDelete
  30. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Konsep ini mengarah pada dua substansi. Ada dua pihak yang berbeda pandangan dan sama sama tidak bisa diresukdi. Paham ini kontradiksi dari monoisme. sikap dualism berbahaya tatkala hadir dan memuat kepentingan subyektif individu atau kepentingan kelompok dalam suatu wadah atau semesta.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  31. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Dualism adalah keadaan mental pada diri manusia. Mental ini berupa kebaikan dan keburukan yang tersimpan dalam hati manusia. Kebaikan dan keburukan itu akan muncul silih berganti. Keburukan akan selalu mempengaruhi piiran manusia, sedangkan kebaikan hanya bias diraih dengan selalu mengingat kepada Tuhan. Jika kita dihadapkan pada suatu kondisi, kita harus bisa memanajemen diri kita agar selalu menanggapi hal tersebut dengan positif.

    ReplyDelete
  32. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Christian wolff menerapkan istilah dualism secara resmi untuk menunjukkan oposisi metafisis antara pikiran dan materi. Istilah dualisme semenjak itu menjadi terminologi filsafat dan diterapkan pada banyak oposisi dalam agama, metafisika dan epistemologi. Pada umumnya, dualisme diterapkan dalam konteks gagasan-gagasan yang menyangkut pengamatan terdalam mengenai keberadaan/hubungan antara jiwa dan raga.

    ReplyDelete
  33. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Dualisme adalah ajaran atau aliran/faham yang memandang alam ini terdiri atas dua macam hakekat yaitu hakekat materi dan hakekat rohani. Kedua macam hakekat itu masing-masing bebas berdiri sendiri, sama azazi dan abadi. Perhubungan antara keduanya itu menciptakan kehidupan dalam alam. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakekat ini adalah terdapat dalam diri manusia.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  34. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Dualisme berasal dari bahasa latin duo yang berarti dua, merupakan suatu keadaan dari dua bagian yg berlainan dan bertolak belakang. Masing-masing substansi bersifat unik dan tidak dapat direduksi. Ada pula yang mengatakan bahwa dualisme adalah paham yang memiliki ajaran bahwa segala sesuatu yang ada, bersumber dari dua hakikat atau substansi yang berdiri sendiri-sendiri. Orang yang pertama kali menggunakan konsep dualisme adalah Thomas Hyde (1700), yang mengungkapkan bahwa antara zat dan kesadaran (pikiran) yang berbeda secara subtantif.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  35. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga, dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik. Plato dan Aristoteles berpendapat, dengan alasan berbeda, bahwa "kecerdasan" seseorang (bagian dari budi atau jiwa) tidak bisa diidentifikasi atau dijelaskan dengan fisik. Versi dari dualisme yang dikenal secara umum diterapkan oleh René Descartes (1641), yang berpendapat bahwa budi adalah substansi nonfisik. Descartes adalah yang pertama kali mengidentifikasi dengan jelas budi dengan kesadaran dan membedakannya dengan otak, sebagai tempat kecerdasan. Sehingga, dia adalah yang pertama merumuskan permasalahan jiwa-raga dalam bentuknya yang ada sekarang.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id