Jan 13, 2013

TELEOLOGICAL ARGUMENT





Ass, jika ingin membaca tentang Teleological Argument, bisa konek berikut:


Wss Wr Wb

39 comments:

  1. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Teleological argument terdiri dari dua kata yaitu teleological dan argument. Teleological atau teleologi adalah pengetahuan yang menjelaskan segala sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Argument adalah suatu diskusi yang melibatkan beberapa sudut pandang yang berlainan. Teleological argument sendiri merupakan argumen tentang keberadaan Tuhan. Tokoh dalam Teleological argument adalah Socrates dari Yunani. Dimana filosofinya mempengaruhi perkembangan agama Ibrahim dalam berbagai cara.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Berdasarkan sumber bacaan dapat disimpulkan bahwa Argumen teleologi seperti argumen kosmologi. Kosmos (kosmetik) artinya indah dan teratur, kebalikan dari chaos, disorder. Tanpa adanya pencipta, pengatur, dan pengendali, semesta ini tidak terwujud sedemikian indah dan teraturnya. Dalam skala kecil memang terjadi chaos. Tapi jika dikaji secara mendalam, semuanya itu terjadi dan berproses menurut kaidah dan hukum semesta yang berlaku. Sedangkan, yang mengendalikan perilaku semesta ini kalau bukan Yang Maha Kreatif, Maha Indah, dan Maha Pengatur, siapa lagi kalau bukan Allah Aza Wajala. Tentu saja keyakinan dan iman kepada Allah tidak ditentukan oleh kedalaman sebuah argumen. Namun argumen berupa penalaran yang logis dan solid akan membantu kadar keimanan seseorang.

    ReplyDelete
  3. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Argumen teleologis atau argumen tentang keberadaan Tuhan. Teleological berasal dari kata telos, yang berarti tujuan. Dengan kata lain, alam ini berproses dengan adanya menuju ke suatu tujuan tertentu. Dan segala yang ada di dalamnya bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. William Paley ( 1743 – 1805 M ), seorang teolog Inggris, menyatakan bahwa alam ini penuh dengan keteraturan. Semua yang ada di alam ini seperti bintang, langit, gunung, tumbuhan, dan sebagainya adalah ciptaan Tuhan dan Tuhan menciptakan itu semua ada tujuan tertentu. Dalam paham teleologi, segala sesuatu dipandang sebagai organisasi yang tersusun dari bagian – bagian yang mempunyai hubungan erat dan saling bekerja sama. Tujuan dari itu semua adalah untuk kebaikan dunia dalam keseluruhan. Alam ini beredar dan berevolusi bukan karena kebetulan, tetapi beredar dan berevolusi kepada tujuan tertentu, yaitu kebaikan universal, dan tentunya ada yang menggerakkan menuju ke tujuan tersebut dan membuat alam ini beredar maupun berevolusi ke arah itu. Zat inilah yang dinamakan Tuhan.

    Waalaikum salam wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Teleological argument mengacu pada beberapa tujuan, akhir atau fungsi. Teleologikal berhubungan dengan keteraturan seperti struktur , fungsi atau keterkaitan. Saya tertarik untuk membaca mengenai etika teleologi. Pada paham ini menyebutkan bahwa baik buruknya sesuatu itu ditentukan berdasarkan pandangan etika berdasarkan tujuan tertentu. . Paham ini merupakan bagian dari filsafat moral. Saya juga belajar mengenai etika teleologi kosmik dimana menurut paham ini manusia merupakan bagian dari alam dan kosmos, yang memiliki tujuan moral untuk mengembangkan alam secara terus menerus. Paham ini menghubungkan kegiatan moral manusia dan sosial

    ReplyDelete
  5. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Argumen teleologis atau fisiko-teologis, juga dikenal sebagai argumen dari desain, adalah argumen bagi keberadaan Tuhan atau, lebih umum, untuk pencipta cerdas "berdasarkan bukti dirasakan desain yang disengaja di alam atau fisik". Argumen teleologis untuk keberadaan Tuhan, juga disebut argumen dari desain atau bukti physicotheological, adalah argumen posteriori untuk keberadaan Tuhan berdasarkan desain jelas dan tujuan di alam, di luar ruang lingkup kegiatan manusia seperti. Kita sebagai manusia harus percaya tentang adanya Tuhan. Dalam islam kepercayaan kepada Allah adalah kewajiban karena masuk dalam rukun iman yaitu rukun iman yang pertama.

    ReplyDelete
  6. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Teleological argument adalah suatu pendapat tentang keberadaan Tuhan. Argumen teleologi tentang Tuhan merupakan bangunan pemikiran berdasarkan keteraturan alam semesta, keindahan alam semesta, dan juga kebertujuan kehidupan di alam semesta. Menurut pendapat ini semuanya itu mengarah pada kondisi tertentu yang sudah final. Perencana yang menciptakan alam semesta dan tujuan akhir dari alam semesta yang dimaksud oleh pendapat ini adalah Tuhan YME.

    ReplyDelete
  7. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pendapat dari teleologikal adalah pendapat mengenai tujuan atau akhir dari cara pandang teleologika. Memeriksa maksud dari keobyektifan dalam memandang organisme alam dalam menyusun sistem penimbangan teleologis. Hal tersebut di antaranya merupakan pengertian menurut glosarium dari Immanuel Kant. Argumen posteriori mengenai keberadaan Tuhan berdasarkan adanya alam.

    ReplyDelete
  8. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Merupakan argument bagi pengakuan terhadap keberadaan Tuhan. Dalam hal ini, pengakuan terjadi berdasarkan bukti yang dirasakan dan dialami (pengalaman). Konsep agama yang meyakinkan keberadaan Tuhan tentang penciptaan ilmu pengetahuan dan argument yang cerdas. Semua yang ada dalam alam ini, dari yang bernyawa sampai yang tak bernyawa, semuanya mempunyai tugas dan bekerjasama untuk tujuan tertentu. Jadi menurut teleological argument, alam ini mempunyai tujuan dalam evolusinya. Sesunggunya taka da yang mampu menentukan tujuan itu, kecuali Allah SWT Sang Maha Kuasa atas alam semesta ini.

    ReplyDelete
  9. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Teleological atau teleologi adalah ajaran yang menerangkan segala sesuatu dan segala kejadian menuju pada tujuan tertentu. Teleologi merupakan sebuah studi tentang gejala-gejala yang memperlihatkan keteraturan, rancangan, tujuan, akhir, maksud, kecenderungan, sasaran, arah dan bagaimana hal-hal ini dicapai dalam suatu proses perkembangan.
    Dalam arti yang lebih luas, teleologi merupakan ajaran filosofis-religius tentang eksistensi tujuan dan “kebijaksanaan” objektif di luar manusia.

    Maka, dalam teleologi dipahami mana yang benar dan mana yang salah namun yang menjadi dasar adalah mana yang baik dan mana yang jahat. Dalam teleologi pula dipahami mana yang benar dan mana yang slaah namun yang menjadi ukuran adalah tujuan dan akibat. Betapapun salahnya sebuah tindakan menurut hukum, tetapi jika itu bertujuan dan berakibat baik maka tindakan tersebut dinilai baik. Oleh karena itu, ajaran ini sebenarnya dapat menimbulkan bahaya karena menghalalkan segala cara. It’s dangerous.

    ReplyDelete
  10. Konstantinus Denny Pareira Meke
    NIM. 16709251020
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Eleological argument adalah suatu argumen atau pendapat tentang keberadaan Tuhan. Kita sebagai manusia kita harus percaya tentang adanya Tuhan. Versi awal argumen ini mungkin timbul di Yunani Kuno dengan Socrates. Plato, muridnya, dan Aristoteles, murid Plato, yang dikembangkan berbeda dan pendekatan yang kompleks untuk masalah ini, tapi filsuf kemudian klasik seperti Plotinus dan Stoa dibawa ini tradisi dan versi dikembangkan yang akhirnya diterima ke dan digunakan oleh agama-agama Abrahamik. Ada banyak kritik dari berbagai versi argumen teleologis. Terutama penting adalah argumen logis umum yang dibuat oleh David Hume dalam bukunya Dialogues Concerning Natural Religion, diterbitkan 1779, dan penjelasan tentang kompleksitas biologis yang diberikan di Charles Darwin Origin of Species, yang diterbitkan pada tahun 1859. teleologi saat ini pusat konsep agama penciptaan penciptaan ilmu pengetahuan dan desain yang cerdas, yang disajikan dengan klaim bahwa ini adalah penjelasan ilmiah alternatif bertentangan dengan evolusi

    ReplyDelete
  11. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Argumen teleologis atau fisiko-teologis, juga dikenal sebagai argumen dari desain, atau desain argumen cerdas argumen bagi keberadaan Tuhan atau, lebih umum, untuk pencipta cerdas "berdasarkan bukti yang dirasakan dari desain yang disengaja dalam alam atau fisik dunia. Hal ini secara historis terkait erat dengan konsep teologi natural.
    Versi tercatat paling awal dari argumen ini berhubungan dengan Socrates di Yunani kuno, meskipun telah berpendapat bahwa ia mengambil argumen yang lebih tua. Plato, muridnya, dan Aristoteles, murid Plato, mengembangkan pendekatan yang kompleks untuk usulan bahwa kosmos memiliki penyebab yang cerdas, tapi itu Stoa yang, di bawah pengaruh mereka, mengembangkan baterai argumen penciptaan luas dikenal dengan label Desain Argumen.

    ReplyDelete
  12. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Teleologi merupakan tujuan yang berpendirian bahwa yang berlaku dalam kejadian alam bukanlah kaidah sebab akibat, akan tetapi sejak semua memamng ada sesuatu kemauan atau kekuatan yang mengarahkan alam ke suatu tujuan. Argumen teleologikal merupakan sebuah argumen tentang gagasan yang mendasari segala gejala baik yang lahiriah maupun yang batiniah yang terdapat dalam suatu pribadi mutlak yakni Tuhan, Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Argumen teleologis (teleological argument) merupakan salah satu argumen eksistensi Tuhan, yang didasarkan pada pemikiran filosofis bahwa dunia atau alam ini menunjukkan keteraturan, ketentraman dan kesempurnaan yang bertujuan (teleological order), dan kenyataan tersebut sangat tidak mungkin terjadi begitu saja, tentu ada yang mengaturnya. Sang Pengatur itulah yang disebut Tuhan (An Intelligent Designer), atau (Supernatural Designer).

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Argumentasi teleologis adalah a posteriori argumen untuk keberadaan Tuhan. Pada dasarnya, argumen ini mengatakan bahwa 1. artefak manusia adalah produk dari desain cerdas; mereka memiliki tujuan. 2. Alam semesta menyerupai artefak manusia. 3. Oleh karena itu: Ini adalah kemungkinan bahwa alam semesta adalah produk dari desain cerdas, dan memiliki tujuan. 4. Namun, alam semesta jauh lebih kompleks dari artefak manusia. 5. Oleh karena itu Mungkin ada desainer yang kuat dan sangat cerdas yang menciptakan alam semesta .Tiada lain Tiada Bukan yakni Allah SWT

    ReplyDelete
  15. Nanang Ade Putra Yaman
    16709251025
    PPs PM B 2016

    Assalamualaikum
    Teleologi berasal dari akar kata Yunani τέλος, telos, yang berarti akhir, tujuan, maksud, dan λόγος, logos, perkataan. Teleologi merujuk pada ajaran yang menerangkan segala sesuatu dan Teleologi merupakan sebuah studi tentang gejala-gejala yang memperlihatkan keteraturan, rancangan, tujuan, akhir, maksud, kecenderungan, sasaran, arah, dan bagaimana hal-hal ini dicapai dalam suatu proses perkembangan. Secara filosofis teleology merupakan study mengenai bukti perencanaan, fungsi, atau tujuan di alam maupun dalam sejarah. saya kira teleologi mengarah pada tindakan yang mengukur baik buruknya berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu.


    ReplyDelete
  16. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    filsafat Socrates mempengaruhi perkembangan agama-agama Ibrahim dalam banyak cara, dan argumen teleologis memiliki asosiasi lama dengan mereka. Pada Abad Pertengahan, para teolog Islam seperti Al-Ghazali digunakan argumen, meskipun itu ditolak sebagai tidak perlu dengan literalis Quran, dan seperti tidak meyakinkan oleh banyak filsuf Islam. Kemudian, argumen teleologis diterima oleh Saint Thomas Aquinas dan termasuk sebagai kelima nya "Lima Cara" membuktikan keberadaan Tuhan. Pada awal yang modern pendeta Inggris seperti William Turner dan John Ray yang terkenal pendukung. Pada awal abad ke-18, William Derham menerbitkan bukunya Physico-Teologi, yang memberikan "demonstrasi makhluk dan atribut Allah dari karya-karyanya penciptaan" nya. [6] Kemudian, William Paley, pada tahun 1802 karyanya pada teologi natural, menerbitkan presentasi yang menonjol dari argumen desain dengan versinya analogi pembuat jam dan penggunaan pertama dari frasa "argumen dari desain"

    ReplyDelete
  17. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pada abad ke-19 argumen ini sebagaimana yang disampaikan oleh William Paley merupakan bagian penting dari doktrin Gereja Inggris. argumen teleologis untuk keberadaan Allah yang dikemukakan hari ini oleh banyak orang, khususnya di Iran dan Amerika Serikat, yang menganggap bahwa ini memberikan dukungan ilmiah untuk iman mereka. Argumen yang sama merupakan inti dari teori Intelligent Design. lawan mereka mengklaim bahwa argumen tersebut tidak ilmiah karena mereka gagal memenuhi kriteria filsafat ilmiah, khususnya falsifiability dan naturalisme.

    ReplyDelete
  18. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    Teleology dalam kaitannya dengan filsafat ketuhanan dapat dimakni sebagai tujuan yang bermakna tuhan menjadikan alam ini diatur menurut suatu tujuan tertentu. Semua yang ada dalam alam ini, dari yang bernyawa sampai yang tak bernyawa, semuanya mempunyai tugas dan bekerjasama untuk tujuan tertentu. Jadi menurut teleological argument, alam ini mempunyai tujuan dalam evolusinya. Karena sebenarnya segala yang ada di dunia ini memiliki fungsi dan tujuan tertentu dalam penciptaannya.

    ReplyDelete
  19. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Argumen teleologis merupakan salah satu argumen eksistensi Tuhan, yang didasarkan pada pemikiran filosofis bahwa dunia atau alam ini menunjukkan keteraturan, ketentraman dan kesempurnaan yang mempunyai tujuan, dan kenyataan tersebut sangat tidak mungkin terjadi begitu saja, tentu ada yang mengaturnya. Sang Pengatur itulah yang disebut Allah. Dari sini kita ambil maknanya bahwa setiap manusia mempunyai tujuan hidup dan tujuan hidup yang paling utama adalah selalu menyembah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Teleological argument adalah penjelasan tentang kecerdasan dan kesempurnaan penciptaan yang mana dapat mengetahui tentang hakekat keberadaan Tuhan dan kita dapat meyakininya. Hal ini akan bermanfaat bagi kita untuk selalu meyakini keberadaan, anugrah, dari Tuhan.

    ReplyDelete
  21. martin/Rwanda
    PPS2016PEP B
    According to what i have red, theological arguments are built on the following:
    Human artifacts are products of intelligent design; they have a purpose.
    2. The universe resembles these human artifacts.
    3. Therefore: It is probable that the universe is a product of intelligent design, and has a purpose.
    4. However, the universe is vastly more complex and gigantic than a human artifact is.
    5. Therefore: There is probably a powerful and vastly intelligent designer who created the universe.

    ReplyDelete
  22. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Sebuah studi yang menekankan tentang gejala-gejala yang memperlihatkan keteraturan, rancangan, tujuan, akhir, maksud, kecenderungan, sasaran, arah, dan bagaimana hal-hal ini dicapai dalam suatu proses perkembangan biasanya diistilahkan dengan teleologi. Dalam hal etika, teleologi mengerti tentang mana yang benar, mana yang salah, namun bukan ukuran yang terakhir, yang terpenting adalah tujuan dan akibat. Bagaimanapun sebuah tindakan yang salah menurut hukum, tetapi jika bertujuan dan berakibat baik, maka tindakan itu dinilai baik.

    ReplyDelete
  23. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Teleological argument adalah pandangan yang berpendapat bahwa segala sesuatu telah diatur menurut tujuan tertentu. Teleological argument sendiri lebih membahas tentang keberadaan Tuhan. dimana dipercaya bahwa bagian-bagian dari alam ini mempunyai hubungan yang erat satu dengan yang lain dan bekerjasama dalam menuju tercapainya sutu tujuan tertentu, yaitu menuju kebaikan dunia dalam keseluruhan. Manusia adalah mahluk yang paling mulia sehingga dalam kehidupan di dunia manusia berada pada kedudukan yang paling tinggi karena manusia dianugerahi akal sehat untuk dapat memikirkan dan mengusahakan kebaikan dan kesempurnaan dunia ini dalam keseluruhan. Oleh karena itu segala keteraturan yang terjadi dan tercipta dalam kehidupan di dunia ini adalah semua berasal dari sang Pencipta yakni Tuhan YME

    ReplyDelete
  24. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Teleological argument merupakan argumen tentang keberadaan Tuhan. Bahwa kita sebagai manusia harus mengakui keberadaan Allah dan menyadari kekuasaan penciptaannya. Semua apa yang Allah ciptakan mempunyai tujuan tertentu. Ini termasuk rukun iman yang pertama.


    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  25. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Argumen teleologis (teleological argument) merupakan salah satu argumen eksistensi Tuhan, yang didasarkan pada pemikiran filosofis bahwa dunia atau alam ini menunjukkan keteraturan, ketentraman dan kesempurnaan yang bertujuan (teleological order), dan kenyataan tersebut sangat tidak mungkin terjadi begitu saja, tentu ada yang mengaturnya. Sang Pengatur itulah yang disebut Tuhan (An Intelligent Designer) (Manson, 2014)

    ReplyDelete
  26. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Argumen teleologis merupakan argumen yang menyatakan bukti adanya eksistensi Tuhan. Dengan berfikir dan merenung maka kita akan menyadari bahwa segala penciptaan alam semesta, manusia, dan kehidupan membuktikan akan adanya keberadaan Tuhan. Di dalam tubuh kita pun terdapat keajaiban yang banyak. Misalnya, jantung yang berdetak, pembuluh darah yang panjangnya 7 kali keliling bumi, penciptaan sel. Adapula penciptaan Tata surya yang begitu rapi dan teratur berjalan dengan orbitnya. Tiadalah makhluk yang dapat mengaturnya selain Allah SWT.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  27. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Argumen teologikal atau argumen psiko-teologikal adalah sebuah argumen tentang keberadaan Tuhan, yang sangat erat kaitannya dengan konsep teologi natural. Argumen teleologi tentang Tuhan merupakan bangunan pemikiran berdasarkan keteraturan dan kebertujuan kehidupan di alam semesta ini yang semuanya mengarah pada kondisi tertentu yang sudah final. Pemikiran ini meyakini bahwa fenomena semesta terjadi tidak secara acak maupun buksn suatu kebetulan, melainkan karena adanya The Great and Smart Designer, Sang Pencipta.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  28. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Teleological Argument adalah argument bagi pengakuan terhadap keberadaan Tuhan., dalam hal ini pengakuan terjadi berdasarkan bukti yang dirasakan dan dialami (pengalaman). Konsep agama yang meyakinkan keberadaan Tuhan tentang penciptaan ilmu pengetahuan dan argument yang cerdas. Hal ini disajikan dengan penjelasan ilmiah alternatif. Seseorang tidak akan mungkin bertemu dengan Tuhan kalau hanya dipikirkan saja. Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa “jika kamu ingin bertemu dengan Tuhan, maka shalatlah. Jika Tuhan mengizinkan untuk bertemu denganmu, maka pasti kamu akan bertemu denganNya”.

    ReplyDelete
  29. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Argumen teleologis merupakan argumen posteriori untuk keberadaan Tuhan berdasarkan desain jelas dan tujuan di alam, di luar ruang lingkup kegiatan manusia. Berbagai konsep teleologi yang dikembangkan oleh filsuf kuno dan klasik, seperti Plato, yang mengusulkan artificer ilahi, yang lainnya, terutama Aristoteles, menolak kesimpulan bahwa dalam mendukung teleologi lebih naturalistik.

    ReplyDelete
  30. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    TELEOLOGICAL ARGUMENT adalah filsafat ynag mengakui keberadaan Tuhan berdasarkan bukti yang dirakan atau pengalaman. Keberadaan Tuhan ditunjukan dengan menyuguhkan bukti-bukti yang ada. Berbagai analogi dan demonstrasi dibuat untuk meyakinkan mereka mengenai keberadaan Tuhan.
    Dalam Islam, keberadaan Allah jelas terasa dengan merasakan keagungan berupa nikmat serta azab bagi yang ingkar. Maka dalam belajar filsafat kita harus memulai dan mengakhiri dengan doa, agar kita terlindung dari pemikiran di luar batas kemampuan kita sebagai manusia.

    ReplyDelete
  31. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Teleological argument itu memiliki arti yang sama dengan penjelasan dari suatu bentuk. Penjelasan dari suatu bentuk tersebut adalah penjelasan tentang keberadaan Tuhan.Atau secara general dapat dikatakan dengan penjelesana tentang kecerdasan dan kesempurnaan penciptaan. Dari definisi ini maka kita akan mengetahui tentang hakekat keberadaan Tuhan dan kita dapat meyakininya. Dikatakan secara general adalah tentang kecerdasan penciptaan.Disini saya sedikit menyimpulkan bahwa penjelasan tentang keberadaan Tuhan adalah kesempurnaan ciptaan-Nya. Sehingga kita dapat meyakini keberadaan Tuhan.

    ReplyDelete
  32. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016



    Teleological argumen adalah pandangan atau pendapat tentang spiritual dalam arti adalah keberadaan Tuhan. Tuhan memang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Kita tidak tahu bentuk Tuhan, kita juga tidak tahu dimana keberadaan Tuhan. Yang harus kita tanamkan adalah bahwa Tuhan itu selalu ada di manapun kita berada. Tuhan berada di hati dan pikiran kita dan kita harus meyakini bahwa Tuhan itu ada.

    ReplyDelete
  33. nuha fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    Teleological arguenat atau argumen teleologikakl adalah sebuah argumen untuk existensi tuhan atau lebih umumnya, ntuk sebuah pencipta yang intelligen” berdasarkan bukti yang terjaga dari rancangan yang disengajadi dalam alam atau dunia fisik”. Menurut sejarah, argumen telelogika itu terasosiasi lebih dekat dengn akonsep teologi natural

    ReplyDelete
  34. Teleological argument adalah argumen untuk mengakui keberadaan Allah dari bukti-bukti yang ada, dan karenaNya alam semesta ini diciptakan. Juga dikenal sebagai argumen dari Sang Pencipta atau argumen untuk mencipta. Ketika ada argumen yang berbicara tentang alam semesta yang memerintahkan, itu berarti bahwa alam memerintahkan sesuai tujuan. Jadi akan lebih masuk akal untuk menganggap bahwa alam semesta itu ada karena diciptakan oleh Tuhan yang Maha Kuasa untuk mencapai tujuan daripada untuk menganggap bahwa itu adalah kebetulan.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  35. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Argumen taleologis mempunyai bentuk keteraturan (tujuan, rancangan, pola) ada dalam semesta. Keteraturan tidak ada tanpa seesuatu yang mengatur dalam hal ini Allah SWT lah ada sebagai sumber keteraturan itu. Juga dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang bergerak menuju tujuan-tujuan, serta telologi argumen menganggap alam semesta sebagai suatu keseluruhan mempunyai suatu tujuan yang merupakan perjuangan arah alam semesta. Allah ada sebagai pencipta dan pemelihara tujuan itu.

    ReplyDelete
  36. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Teleological argument adalah argumen tentang keberadaan Tuhan. Kita dapat mengetahui bahwa alam yang sudah ada ini memiliki Sang Pencipta yang tidak akan bisa ditandingi penciptaanNya. Walaupun Sang Pencipta tidak bisa dilihat dengat mata manusia biasa tapi manusia meyakini bahwa Sang Pencipta yang mengatur segala hal dalam alam semesta pasti ada. Untuk itu manusia diharapkan dapat menjaga apa yang telah diciptakanNya.

    ReplyDelete
  37. YUNDA VICTORINA TOBONDO
    16709251015
    P.MAT A 2016

    Berdasarkan sumber bacaan yang dianjurkan, teleogical argiment adalah suatu argumen tentang keberadaan Tuhan. Menurut saya, berbicara tentang Tuhan maka kita tidak dapat menggunakan logika untuk mencari keberadaanNya bahkan untuk membuktikan keberadaanNya. Tuhan itu kedudukannya ada pada level spiritual dimana level ini berkaitan dengan hati. Oleh karenaNya, apabila kita ingin mencari keberadaan Tuhan, maka tiliklah hati kita, bersihkan hati kita maka kita akan melihat Tuhan.

    ReplyDelete
  38. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Teleological argumen yaitu suatu paham yang mencari tentang kebenaran Tuhan. Dalam paham ini orang-orang membuat suatu diskusi untuk mengetahui kebenaran-kebenaran yang terjadi di dunia ini yang bertujuan untuk mencari tahu baik buruknya sesuatu terhadap tujuan yang ingin dicapainya sehingga berimplikasi kepada hal yang besar yaitu kebaikan dunia secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  39. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Argumen teleologis atau fisiko-teologis, juga dikenal sebagai argumen dari desain, atau argumen tentang keberadaan Tuhan. Hal ini secara historis terkait erat dengan konsep teologi natural. Para teolog berupaya menggunakan analisis dan argumen-argumen rasional untuk mendiskusikan, menafsirkan dan mengajar dalam salah satu bidang dari topik-topik agama.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id